SI1321477367

Dari widuri
Revisi per 20 Januari 2017 10.50 oleh AINUL MUTAKIN (bicara | kontrib) (Jenis-Jenis Informasi)


Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DAN

INFORMASI SGS DAN FGS PADA

PERGURUAN TINGGI

RAHARJA


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg



Disusun Oleh :

NIM : 1321477367

NAMA : AINUL MUTAKIN


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DAN

INFORMASI SGS DAN FGS PADA

PERGURUAN TINGGI

RAHARJA


Disusun Oleh :

NIM
: 1321477367
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual & Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 19 Juni 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DAN

INFORMASI SGS DAN FGS PADA

PERGURUAN TINGGI

RAHARJA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1321477367
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi MAVIB


Disetujui Oleh :

Tangerang, 19 Juni 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 12002
   
NID : 14011

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DAN

INFORMASI SGS DAN FGS PADA

PERGURUAN TINGGI

RAHARJA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1321477367
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Teknik Informatika

Konsentrasi MAVIB

Tahun Akademik 2013

Disetujui Penguji :

Tangerang, 17 September 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DAN

INFORMASI SGS DAN FGS PADA

PERGURUAN TINGGI

RAHARJA

Disusun Oleh :

NIM
: 1321477367
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: MAVIB

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 19 Juni 2014

 
 
 
 
 
NIM : 1321477367

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

The rapid development of technology in this era easier for people to get information easily and quickly accessible where they are using a smartphone all information desired by people can access easily. However, today's society is more shaped like the type of visual media with an attractive appearance are like in making promotional videos and information Student Get Student (SGS) and Family Get Student (FGS). Higher Education Prog Tangerang City is private institutions engaged in education, the current College Prog already using print media and visual media, but the program Get Student Student (SGS) and the Family Get Student (FGS) still use namely print media brochure. Therefore, the authors wanted to make a design of promotional videos and information which was supposed to be the media promotion and effective information can be used by stakeholders and for Higher Education Prog inform the Student Get Student (SGS) and the Family Get Student (FGS). As a guideline in the process production of video-based media used kosep design production The concept is called Media Production. On the concept has some including preproduction stages, Production and postproduction for The needs of the authors chose the title of the problem problems thesis titled "PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DAN INFORMASI SGS & FGS PADA PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA. In the production process of this author using some software that include Final Cut Pro, After Effects, and Adobe Illustrator. Expected promotional video and this information helpful for the Higher Education Prog. Keywords: Video, profile, SGS, FGS.

Keywords  : video profile, Information, Promotion, FGS, SGS

ABSTRAKSI

Pesatnya perkembangan teknologi di era ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat untuk diakses dimana mereka berada dengan menggunakan smartphone semua informasi yang diinginkan oleh masyarakat dapat akses dengan mudah. Namun masyarakat saat ini lebih menyukai jenis media berbentuk visual dengan tampilan yang menarik seperi dalam pembuatan video promosi dan informasi Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS). Perguruan Tinggi Raharja Kota Tangerang adalah instansi swasta yang bergerak dibidang pendidikan, saat ini Perguruan Tinggi Raharja sudah menggunakan media cetak dan media visual, namun pada program Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS) masih menggunakan media cetak yaitu brosur. Oleh karena itu penulis ingin membuat sebuah rancangan video promosi dan informasi yang diharap dapat menjadi media promosi dan informasi yang efektif dapat digunakan oleh stakeholder dan bagi Perguruan Tinggi Raharja dalam menginformasikan mengenai Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS). Sebagai pedoman dalam proses produksi media berbasis video digunakan kosep perancangan produksi yang disebut Konsep Produksi Media. Pada konsep tersebut memiliki beberapa tahapan diantaranya Preproduction, Production dan Postproduction karena kebutuhan tersebut maka penulis memilih permasalahan menjadi judul dalam permasalahan skripsi yang berjudul “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DAN INFORMASI SGS DAN FGS PADA PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA”. Pada proses production ini penulis menggunakan beberapa software yaitu diantaranya Final Cut Pro, After Effect, dan Adobe Illustrator. Diharapkan video promosi dan informasi ini bermanfaat bagi pihak Perguruan Tinggi Raharja.

Kata kunci : video profile, informasi, promosi, FGS,SGS


KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrahim, Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI DAYA TARIK PROMOSI DAN INFORMASI SGS DAN FGS PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja. Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, S.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  5. Bapak Wahyu Hidayat S.I.Kom, selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan masukan dan motivasi baik dalam perancangan maupun penyusunan laporan Skripsi ini.
  6. Bapak Erick Febriyanto.S.Kom., selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  7. Bapak Dede Cahyadi S.E, selaku stakeholder yang telah banyak memberikan waktu dan dukungan serta saran yang membangun.
  8. Seluruh Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna bagi penulis.
  9. Ayah, Ibu, Adik dan keluargaku yang selalu memberikan kasih sayang, semangat, dukungan moril dan materil serta do’a untuk keberhasilan penulis.
  10. Teman UGD dan CB yang memberikan semangat luar biasa.
  11. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan laporan Skripsi ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik dalam penulisan, penyajian ataupun isinya. Oleh karena itu, penulis senantiasa menerima kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapat dijadikan acuan bagi penulis untuk menyempurnakannya dimasa yang akan datang.

Akhir kata, penulis mengucapkan semoga amal baik yang telah diberikan untuk kepentingan penulis dalam penyusunan laporan Skripsi ini, mendapat imbalan serta pahala yang setimpal dari Allah Subhanahu Wata’ala, Amin.


Tangerang, Januari 2016
AINUL MUTAKIN
NIM. 1321477367

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Jurusan / Program Studi S2 Pada STMIK Raharja

Tabel 3.2. Jurusan / Program Studi Pada STMIK Raharja

Tabel 3.3. Jurusan / Program Studi pada AMIK Raharja

Tabel 3.4. Material Produk

Tabel 3.5. Harga Produk

Tabel 3.6. Kompetitor

Tabel 3.7. Budget

Tabel 3.8. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.9. Elisitasi Tahap II

Tabel 3.10. Elisitasi Tahap III

Tabel 3.11. Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1. Storyboard SGS

Tabel 4.2. Storyboard FGS

Tabel 4.3. Script Writing SGS

Tabel 4.3. Script Writing FGS

Tabel 4.4. Storyboard SGS

Tabel 4.5. Rundown SGS

Tabel 4.6. Rundown FGS

Tabel 4.7. Daftar Pemain dan Crew

Tabel 4.8. Time Schedule produksi

Tabel 4.9. Anggaran Produksi

Tabel 4.10. Kesan Visual effect

DAFTAR BAGAN

Bagan 4.1. Tahap Konsep Produksi MAVIB (KPM)

Bagan 4.2. Bagan Preproduction

Bagan 4.3. Bagan Production

Bagan 4.4. Bagan Postproduction

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Tampilan pada Final Cut Pro

Gambar 2.2. Tampilan pada Adobe After Effect CC 2015

Gambar 2.3. Tampilan pada Adobe Illustrator CC 2015

Gambar 3.1. Struktur Organisasi Akademik Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.1. Nikon D5100

Gambar 4.2. Tripod

Gambar 4.3. Slider

Gambar 4.4. Mic Kendwood KW320

Gambar 4.5. Adobe After Effect CC 2015

Gambar 4.6. Adobe Illustrator CC 2015

Gambar 4.7. Adobe After Effect CC 2015

Gambar 4.8. Final Cut Pro


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Saat ini keterbukaan akses informasi diera global memungkinkan sebuah informasi tersebut dapat dengan mudah untuk diakses dan didapatkan secara cepat oleh seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan, hanya dengan bermodalkan smartphone yang terkoneksi dengan internet masyarakat sudah dapat mencari informasi kapanpun dimanapun mereka berada, tidak terlepas dari penyebaran informasi tersebut baik itu berbentuk media cetak maupun media elektronik. Dari media-media tersebut masyarakat mendapatkan informasi yang mereka inginkan, namun pada umumnya masyarakat lebih senang dan tertarik dengan jenis media informasi yang dikemas secara unik dan bersifat interaktif dan menghibur seperti jenis media berbentuk video.

Media Audio Visual adalah gabungan dari gambar-gambar yang diputar secara berurutan dalam satu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabungkan tersebut biasanya dinamakan frame dan untuk kecepatan saat gambar dibaca disebut frame rate dengan satu fps (Frame per Second) dan dikombinasikan atau dipadukan dengan audio atau suara sehingga membuat para audience mengerti pesan yang disampaikan dalam media informasi berbentuk video tersebut, selain itu menjadikan ciri khas dari jenis media informasi berbentuk video itu sendiri.

Pada umumnya jenis media informasi dan promosi dalam bentuk video banyak digunakan dalam sebuah iklan komersial saja, namun pada perkembangan diera global saat ini jenis media informasi dan promosi dalam bentuk video dapat kita temukan dan kita lihat dalam berbagai bidang dan manfaat, ada yang menggunakan jenis media informasi dan promosi dalam bentuk video untuk memberikan penjelasan, langkah langkah menjalankan sebuah program atau memecahkan suatu masalah, ada jenis media informasi dan promosi dalam bentuk video yang memamerkan sebuah produk atau jasa dan ada jenis media informasi berbentuk video yang menginformasikan mengenai profil sebuah instansi atau perusahaan agar dapat dikenal oleh masyarakat sekitar salah satunya seperti yang sekarang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Raharja.

Perguruan Tinggi Raharja adalah salah satu lembaga instansi di Kota Tangerang yang bergerak dalam bidang pendidikan dengan banyak fasilitas, metode pembelajaran dan tenaga pengajar yang berkualitas. Perguruan Tinggi Raharja adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu. upaya yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Raharja adalah pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global yang selalu dilakukan.

Secara geografis letak Perguruan Tinggi Raharja tepat berada di tengah-tengah Kota Tangerang sehingga sangat mudah untuk akses kendaraan dari mana saja karena posisi Perguruan Tinggi Raharja sangat strategis dan banyak dilalui oleh angkutan umum. Saat ini sarana penunjang yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja sudah menggunakan jenis media informasi berbentuk video dan media cetak yang dapat disebarkan kepada calon para mahasiswa-mahasiswi melalui sosial media maupun ditempel atau dipasang ditempat tempat yang strategis, dalam hal ini media yang digunakan oleh Perguruan Tinggi Raharja dinilai sudah baik namun masih belum mendapatkan respon yang positif dari khalayak yang dituju dan dinilai masih kurang. Sesuai dengan interview yang sudah dilakukan penulis kepada staf marketing.

Perguruan Tinggi Raharja menginginkan mempunyai jenis media informasi dan promosi dalam bentuk video yang dapat menjelaskan mengenai program Student Get Student dan Family Get Student dengan mengajak para mahasiswa-mahasiswinya untuk ikut serta dan aktif membantu dalam mempromosikan Perguruan Tinggi Raharja kepada teman-teman maupun keluarga besar agar ikut bergabung menjadi pribadi raharja. dengan dibuatnya informasi berbentuk video yang menjelaskan mengenai Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS) ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi mahasiswa-mahasiswi untuk aktif mencari generasi pribadi raharja di setiap tahunnya.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang yang disampaikan di atas penulis telah merumuskan beberapa permasalahan yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja yaitu, di antaranya sebagai berikut :

  1. Jenis media seperti apakah yang baik untuk digunakan sebagai informasi promosi pada Perguruan Tinggi Raharja hingga saat ini ?
  2. Bagaimana cara membuat rancangan media penunjang informasi dan promosi pada Program Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS) di Perguruan Tinggi Raharja yang dapat menarik minat dari para mahasiswa-mahasiswi untuk mengikuti program Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS)?
  3. Dari hasil rancangan media informasi dan promosi yang sudah selesai dibuat dan setelah dilakukan implementasi oleh penulis, maka target apa yang diinginkan oleh Perguruan Tinggi Raharja?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan lebih terarah maka penulis membatasi ruang lingkup permasalahan yang sedang diteliti. Adapun permasalahannya adalah hal yang berhubungan dengan perancangan media informasi dan promosi dalam bentuk video yang digunakan menjadi sarana untuk meningkatkan jumlah mahasiswa-mahasiswi baru Perguruan Tinggi Raharja untuk tahun berikutnya yang berisikan mengenai suasana gedung kampus dan informasi seputar Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS).

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penulis melakukan penelitian adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mempermudah marketing untuk menyampaikan pesan mengenai Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS) maka diperlukan jenis media berbentuk video promosi yang isi dari video tersebut mencakup seluruh informasi mengenai Program Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS).
  2. Untuk mendapat perhatian dari para audiencenya maka didalam pembuatan video Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS) harus memiliki alur cerita yang unik serta disebar luaskan melalui media sosial seperti di TV kampus, facebook dan youtube.
  3. Untuk hasil dari video yang sudah dibuat maka diharapkan para pribadi raharja dapat mengikuti program Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS). serta diharapkan dari hasil Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS) ini dapat meningkatkan jumlah calon pribadi raharja disetiap smesternya.

Manfaat Penelitian

Manfaat bagi Perguruan Tinggi Raharja

  1. Dengan menggunakan jenis media berbentuk video ini, Perguruan Tinggi Raharja akan lebih mudah dalam memberikan informasi mengenai Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS) kepada para mahasiswa-mahasiswi baru maupun kepada masyarakat umum sehingga maupun mendapatkan informasi secara cepat, tepat, akurat dan menarik.
  2. Dapat memberikan kemudahan bagi Perguruan Tinggi Raharja dalam proses penyampaian sebuah informasi baik informasi penerimaan mahasiswa dan mahasiswi baru.
  3. Menyediakan jenis media informasi berbentuk video pada Perguruan Tinggi Raharja dengan effect - effect visual agar para audience tertarik untuk melihat dan menimbulkan kesan di benak audience.

Metode Penelitian

Untuk dapat memperoleh data yang di perlukan penulis dalam penyusunan laporan skripsi ini maka penulis perlu menggunakan beberapa metode. adapun metode yang di gunakan di antaranya adalah sebagai berikut

Metode Analisa Permasalahan

Saat ini penyembaran informasi mengenai Program Student Get Student (SGS) dan Family Get Student (FGS) masih menggunakan media cetak seperti selembaran kertas yang ditempel dimading dan tempat-tempat yang strategis. oleh karena itu dibutuhkan jenis media berbentuk video yang dapat disebar di media sosial dan di TV kampus.

Metode Sumber Data

  1. Sumber data Primer
    Adalah data yang diperoleh secara langsung dari Perguruan Tinggi Raharja, baik melalui observasi ataupun wawancara.
  2. Sumber Data Sekunder
    Adalah data yang diperoleh dengan mempelajari buku-buku dan sumber data lainnya yang berkaitan dengan objek penelitian ini.

Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi
    Data-data yang di gunakan sebagai pendukung laporan skripsi yang di dapatkan dengan cara peneliti datang langsung ke Perguruan Tinggi Raharja ke bagian marketing yang menangani perihal penerimaan mahasiswa mahasiswi baru. Peneliti menanyakan hal-hal yang telah di program untuk mendapatkan perolehan mahasiswa mahasiswi baru khususnya sarana penunjang yang selama ini di pergunakan pada Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Interview (wawancara)
    Wawancara yang di lakukan secara terstruktur dengan mengumpulkan data-data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait pada bagian marketing yaitu Bapak Dede Cahyadi, S.E. selaku ketua marketing.
  3. Studi Pustaka
    Selain melakukan observasi dan wawancara penulis juga melakukan pengumpulan data dengan cara studi pustaka. Di dalam metode ini penulis berusaha melengkapi data-data yang relevan dalam pemilihan judul yang penulis ajukan baik dari buku–buku atau dari referensi yang lain.

Metode Analisa Perancangan Media

Pengolahan suatu data atau informasi yang akan di gunakan harus di analisa terlebih dulu, setelah di analisa data atau informasi kemudian akan diolah menggunakan sebuah software. Dalam perancangan jenis media informasi dam promosi dalam bentuk video maka dibutuhkan software yang mendukung di antaranya yaitu Adobe After Effects CC 2015 Final Cut Pro 7 untuk mengedit bagian video. Adobe Illustrator CC 2015 untuk mengedit bagian text.

Konsep Produksi Media

Untuk mendapatkan hasil rancangan media yang baik dan berkualitas seperti yang diinginkan maka digunakan konsep Produksi Media yang disebut KPM (Konsep Produksi Media MAVIB), yang didalamnya terdaat tahapan Preproduction, Tahapan Production dan Tahapan Postproduction.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan ilmiah ini terbagi atas lima bab yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini berisikan mengenai latar belakang masalah, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan laporan skripsi

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini diuraikan tentang teori-teori yang penulis gunakan sebagai landasan dan acuan dalam penyelesaian penulisan laporan ilmiah, konsep dasar perancangan, informasi promosi, desain, elisitasi dan media audio visual.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini berisi mengenai gambaran umum Perguruan Tinggi Raharja, sejarah singkat, wewenang dan tanggung jawab, struktur organisasi, informasi tentang produk, market analisis, potensial market segmentasi pemasaran, stratregi pemasaran, dan analisa masalah.

BAB IV KONSEP PRODUKSI MEDIA

Bab ini menjelaskan konsep Produksi Media ialah tahapan-tahapan mencapai efisiensi produk dengan menggunakan teknik MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) sehingga akan menjadi lebih baik dalam segi produksi. Dalam bab ini diuraikan tentang Perencanaan Media meliputi :Preproduction, Production, Postproduction.

BAB V PENUTUP

Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran yang diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Soepadmo Gatoet (2013: 10)[1] , Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.

Proses Perencanaan Secara Umum

Menurut Hendi Hendratman (2012:09-12)[2] , Proses Perancangan Secara Umum dapat dibagi kedalam beberapa bagian :

  1. Persiapan Data
    Data merupakan sekumpulan text atau gambar yang harus kita pilah dan seleksi terlebih dahulu, apabila data tersebut sangat penting maka akan ditampilkan dan apabila data tersebut kurang penting dapat dibuang atau ditampilkan lebih kecil. Data dapat berupa informasi yang berupa foto, text, judul atau estetis yang berupa bingkai, background, efek grafis dan sebagainya. Untuk desain yang menggunakan komputer data harus dalam format digital atau file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan dalam mengubah suatu data analog ke digital seperti scanner, kamera digital akan sangat membantu.
  2. Ide
    Dalam mencari ide kreatif akan diperlukan studi banding seperti wawancara agar ide desain yang dibuat dapat diterima dan membangkitkan kesan yang sulit untuk dilupakan.
  3. Konsep
    Sesuatu hal yang sudah direncanakan dengan baik yang menentukan tujuan kelayakan dan segmen yang ingin dituju. Oleh karena itu desain komunikasi visual dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
  4. Media
    Dalam mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang ingin dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai sasarannya media cetak, elektronik, luar ruangan dan lain sebagainya.
  5. Visualisasi
    yang dimaksud disini merupakan penjabaran yang berasal dari sebuah konsep ke dalam bentuk visual. Visualisasi erat kaitannya dengan pemilihan warna, layout sampai finishing dan hasil akhir yang akan diperoleh dari proses ini ialah sebuah visualisasi desain yang sesuai dengan keinginan klien.
  6. Produksi
    Produksi adalah proses akhir yang bertujuan agar hasil dari visualisasi yang sudah sesuai dengan keinginan klien dapat dipergunakan sebagaimana tujuan awalnya. Apakah sebagai media cetak, media elektronik ataupun media luar ruangan. Proses produksi tidak dilakukan oleh seorang desainer tetapi desainer yang baik akan melakukan proses produksinya sendiri agar hasil visualisasinya sesuai dengan apa yang diinginkan.
  7. Pengertian Project
    Projek dapat berupa objek atau gambar yang sudah dibuat melalui proses desain yang menarik sesuai dengan harapan dan dapat mewakili suatu bentuk desain yang nantinya akan menjadi suatu projek yang memiliki nilai visual yang menarik dan dapat digunakan sebagai sarana tercapainya suatu tujuan.

Konsep Dasar Promosi

Pengertian Promosi

Menurut Naveen Baweja (2015:85)[3] Promotion includes providing information about the product, pursuing the target consumers to buy the product and influence them. The various activities that help ease the availability bale of goods are commonly known as "promotion activities" or promotional mix. They include all those activities that are undertaken sale of products. Promotion includes providing information about the attributes of the product and communicating messages satisfying its shareholders, government dealers and the like. The main objectives of sales promotion activities are under:

  1. Providing Information
  2. Increase in Sales
  3. Reducing Seasonal Decline
  4. Dever Providing Information
  5. Conviction of Buyers
  6. To Keep Memory Alive

Tujuan promosi ialah, memberi informasi, menarik perhatian dan selanjutnya memberi pengaruh meningkatnya penjualan. Sedangkan tujuan utamanya adalah :

  1. Memperoleh Perhatian
  2. Mendidik
  3. Mengingatkan, dan
  4. Meyakinkan

Bentuk Promosi

Menurut Dewi Immaniar Desrianti dkk (2014:425-426)[4] Beberapa tugas khusus itu disebut bentuk promosi, yaitu :

  1. Personal selling, adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjualdan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calonpelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membelinya.
  2. Mass selling, adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling, namun merupakan alternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.
  3. Promosi Penjualan, adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
  4. Public Relations (Hubungan Masyarakat), adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.
  5. Direct Marketing (Pemasaran Langsung), adalah sistem pemasaran yang bersifat interatif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi..

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Informasi

Menurut Gurdev Singh (2013:20)[5] Information is the product of human brain in action. When an individual begins to think, a variety of thoughts and ideas flood his mind. He stores some of these ideas in his mind and his memory retains some pieces of knowledge. Thus, it can be said that a human brain is generator of ideas. These thoughts and ideas are based on certain facts. The results of observation or measurement by the human brain in action are called data; any fact or all facts about something are data. When these data are arranged in an organised manner or presented in logical way, they are treated as information. Thus, we can say that information originates from an idea that creeps in the mind of a human being as a result of observation. One of the important aspects of information service is dissemination of information to the users that will keep them well informed and up to date in their area of interest”.

Jenis-Jenis Informasi

Menurut O’Brien (2012 : 15)[6]


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan