SI1321477206: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Metode Pengumpulan Data.)
Baris 1: Baris 1:
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
<p style="line-height: 1">'''PERANCANGAN MEDIA VIDEO GAJAH SPIRIT'''</P></div>
+
<p style="line-height: 1">&nbsp;'''PERANCANGAN MEDIA VIDEO GAJAH SPIRIT'''</P></div>
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
 
<p style="line-height: 1">'''PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK.'''</P></div>
 
<p style="line-height: 1">'''PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK.'''</P></div>

Revisi per 24 Januari 2017 06.07

 PERANCANGAN MEDIA VIDEO GAJAH SPIRIT

PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK.

TANGERANG.


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO GAJAH SPIRIT

PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK.

TANGERANG.

Disusun Oleh :

NIM
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Februari 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA VIDEO GAJAH SPIRIT

PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK.

TANGERANG.

Dibuat Oleh :

NIM
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang Februari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Drs. Sugeng Widada, M.Si.)
   
(Dra. Nurlaila Suci Rahayu Rais, M.M., M.H.)
NID : 06098
   
NID : 02013

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO GAJAH SPIRIT

PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK.

TANGERANG.

Dibuat Oleh :

NIM
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, Februari 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO GAJAH SPIRIT

PADA PT. GAJAH TUNGGAL TBK.

TANGERANG.

Disusun Oleh :

NIM
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Februari 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1321477206

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Peran karyawan terhadap kemajuan perusahaan itu sangatlah penting, maka dibutuhkan suatu media yang bisa memberikan semangat terhadap karyawannya. Salah satunya berupa video mars perusahaan, video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Oleh karena itu video bisa menambah semangat pekerjanya dan dapat menambahkan nilai positif terhadap mars perusahaan. Video mars perusahaan ini dibuat untuk memberikan semangat terhadap karyawan, dan meningkatkan nilai-nilai perusahaan.


Kata Kunci: Mars perusahaan, video.


ABSTRACT

The role of employees to the company's progress is very important, it needed a medium that can give encouragement to its employees. One of them a firm mars video, video is the technology to capture, record, process, transmit and rearranging the moving image. Therefore the video can pep up workers and can add positive value to mars companies. Video mars company was created to provide encouragement for employees, and enhance the company's values.


Keywords : Mars enterprise, video.


KATA PENGANTAR


Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “Perancangan Media Video Gajah Spirit Pada PT. Gajah Tunggal Tbk. Tangerang”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.

Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Raharja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku pembantu ketua I bagian akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Program Studi Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Drs. Sugeng Widada, M.Si., selaku staf ahli konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) dan selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  5. Ibu Dra. Nurlaila Suci Rahayu Rais, M.M., M.H., selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  6. Bapak Parjiyo selaku staff Departemen HR Operasional di PT. Gajah Tunggal Tbk., yang telah membimbing saya di perusahaan untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  7. Ibu Rani Dita selaku stakeholder di PT. Gajah Tunggal Tbk., yang telah membimbing saya di perusahaan untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  8. Ibu Dyan Puspitasari, M.Pd., selaku Staff Departemen Training di PT. Gajah Tunggal Tbk., yang telah memperhatikan dan membimbing saya untuk dapat bisa melakukan observasi.
  9. Seluruh staff dan karyawan Departemen HR Operasional di PT. Gajah Tunggal Tbk. yang telah menyediakan tempat, untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  10. Seluruh staff dan karyawan plant D di PT. Gajah Tunggal Tbk. yang telah partisipasi di dalam perancangan video.
  11. Seluruh dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna bagi penulis.
  12. Seluruh staff dan karyawan Perguruan Tinggi Raharja atas kerjasamanya.
  13. Ayah, Ibu, dan Adik tersayang yang selalu memberikan kasih sayang, perhatian, semangat, dukungan moril dan materil serta do’a untuk keberhasilan penulis.
  14. Rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan dukungan.
  15. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Demikian penulis ucapkan terima kasih, Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Akhir kata kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.


Tangerang, Februari 2017
Bayu Budiman
NIM. 1321477206


BAB I

PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan begitu pesat, untuk mencapai nilai keberhasilan kinerja pada sebuah usaha dibutuhkan sarana penunjang peningkatan motivasi semangat bekerja, hal tersebut juga dimanfaatkan sebagai sarana ikatan moral tentang kebanggaan terhadap suatu hal yang dimiliki dari sebuah perusahaan. Dalam momentum menjelang berlangsungnya sebuah kegiatan agar yang terkait dengan kegitan tersebut memiliki semangat keberhasilan maka perlu diberikan nilai penambah semangat dalam bentuk mars spirit yang ditunjukkan melalui bentuk instrumen lagu dan bentuk gambar video sebagai semangat kegiatan dalam sebuah perusahaan.

PT. Gajah Tunggal Tbk. sebuah badan usaha yang menghasilkan sebuah produk ban memiliki beberapa bagian yang terkait operasional perusahaan. Dalam menyatukan semangat kinerja pada setiap bagian yang terdapat di perusahaan digunakan media motivasi yang disebut video gajah spirit. Dari hasil analisa yang dilakukan, bahwa hingga saat ini dalam meningkatkan semangat penyelenggaaraan momentum kegiatan-kegiatan baru terdapat bentuk mars gajah spirit. Agar bentuk media mars gajah spirit tersebut lebih memberi nilai kebanggaan dari yang berupa instrument lagu gajah spirit saja, perlu disempurnakan dengan ditambahkan gambar video penunjang penambah semangat dalam suatu penyelenggaraan kegiatan dalam bentuk visual.

Berdasarkan kondisi tersebut diatas, penulis termotivasi untuk menyempurnakan bentuk mars gajah spirit yang semula baru berupa instrumen lagu spirit untuk ditambahkan bentuk visual yang disebut video mars GT Spirit PT. Gajah Tunggal Tbk. dalam tema perancangan media yang diberi judul “Perancangan Media Video Gajah Spirit Pada PT. Gajah Tunggal Tbk. Tangerang.”

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Bentuk media seperti apa yang dapat membangun semangat kinerja dan kebersamaan yang akan dipergunakan pada PT. Gajah Tunggal Tbk.?

  2. Bagaimana merancang merancang media video gajah spirit secara instrumen lagu dan visual dapat membangun semangat dalam setiap kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh PT. Gajah Tunggal Tbk.?

  3. Target apa yang diiginkan oleh PT. Gajah Tunggal Tbk. setelah mengaplikasikan bentuk video gajah spirit tersebut?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan lebih terarah, ruang lingkup pembahasan dibatasi hal-hal yang dibutuhkan dalam perancangan media video yang dipergunakan sebagai sarana motivasi semangat sebuah kegiatan yang di selenggarakan oleh PT. Gajah Tunggal Tbk.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan

    Penulis mengelompokkan menjadi tiga bagian yaitu:

  1. Tujuan Operasional

    Menerapkan konsep video gajah spirit sebagai sarana informasi dan promosi yang lengkap dan terperinci.

  2. Tujuan Fungsional

    Secara fungsional media video gajah spirit PT. Gajah Tunggal Tbk. dapat memberikan informasi yang lebih efektif mengenai seluruh ruang lingkup perusahaan.

  3. Tujuan Individual

    Untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman sebagai bekal bekerja secara profesional serta melengkapi kreatifitas dalam memperoleh ide-ide secara teoritis maupun praktis dalam menyelesaikan Skripsi.

Manfaat

  1. Bagi penulis

    a. Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang video internalisasi penunjang komunikasi dan informasi yaitu video gajah spirit.

    b. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.

    c. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan serta mampu menerapkan ilmu yang didapat secara teoritis dalam perkuliahan.

  2. Bagi perusahaan

    a. Sebagai penunjang komunikasi dan informasi terhadap relasi dan memperlihatkan media video gajah spirit pada saat rapat untuk melakukan sebuah kerja sama dengan klien.

    b. Meningkatkan citra dan sebagai aset perusahaan.

    c. Memberikan informasi tentang perusahaan yang lebih terperinci sehingga konsumen atau relasi PT. Gajah Tunggal Tbk. lebih meyakinkan untuk terus menjadi relasi atau konsumen tetap.

Metodologi Penelitian

Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Metode Analisa Permasalahan, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisa Perancangan Media, dan Metode Konsep Desain.

Metode Analisa Permasalahan

Untuk mendapatkan permasalahan penelitian skripsi ini penulis melakukan wawancara pada hari senin tanggal 7 November 2016 pada Departemen HR Operasional yaitu bapak Parjiyo.

Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi
    Penulis melakukan metode observasi untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam proses penyusunan laporan penelitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung.
  2. Interview
    Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara langsung atau tanya jawab secara lisan dengan narasumber atau stakeholder yaitu pada Departemen HR Operasional yaitu bapak Parjiyo. yang terlibat langsung dalam materi pembahasan ini.
  3. Studi Pustaka
    Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber, yaitu membaca buku-buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berhubungan dengan topik penelitian.

Metode Analisa Perancangan Media

Media Video gajah spirit yang dibutuhkan oleh PT. Gajah Tunggal Tbk. akan diproduksi dengan menggunakan aplikasi program komputer video grafis diantaranya: Adobe Premiere CC, Adobe Photoshop CC, dan Adobe After Effects CC.

Metode Konsep Produksi Mavib (KPM)

Konsep produksi mavib yang digunakan penulis dalam penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut :

  1. Pre Production
  2. Production
  3. Post Production

Sistematika Penulisan

Agar dapat memahami lebih jelas dalam penyusunan Skripsi ini dimana masing-masing bab saling berkaitan dan menjadi satu kesatuan. Maka penulis mengelompokkan materi Skripsi ini menjadi beberapa bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis menjelaskan konsep-konsep dasar yang akan mendasari laporan penelitian skripsi yang penulis ajukan.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan yaitu, mengenai Sejarah, Product Information, video internalisasi, Gajah Spirit.

BAB IV KONSEP DESAIN

Berisi perencanaan (konsep video), strategi video, program video, konsep kreatif yang meliputi tujuan kreatif dan strategi kreatif, konsep visual, (tujuan visual, strategi visual, dan pengarahaan visual.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran–lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.