SI1314476950

Dari widuri
Revisi per 27 Januari 2017 04.05 oleh Meylda Sarah Parwati (bicara | kontrib) (Konsep Dasar WordPress)


Lompat ke: navigasi, cari



PENERAPAN OFFICIAL SITE JURUSAN SISTEM KOMPUTER (SK)

BERBASIS WEBOMETRICS SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA PERGURUAN TINGGI


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1314476950
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PENERAPAN OFFICIAL SITE JURUSAN SISTEM KOMPUTER (SK)'

BERBASIS WEBOMETRICS SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1314476950
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Februari 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Nur Azizah, M.Akt., M.Kom)
NIP : 99001
       
NIP : 10002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PENERAPAN OFFICIAL SITE JURUSAN SISTEM KOMPUTER (SK)

BERBASIS WEBOMETRICS SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1314476950
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Komputer Akuntansi

Disetujui Oleh :

Tangerang, Feberuari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
   
(Indri Handayani,S.Kom., M.T.I)
NID : 14013
   
NID : 99001

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PENERAPAN OFFICIAL SITE JURUSAN SISTEM KOMPUTER (SK)

BERBASIS WEBOMETRICS SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1314476950
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Komputer AKuntansi

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, Februari 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PENERAPAN OFFICIAL SITE JURUSAN SISTEM KOMPUTER (SK)

BERBASIS WEBOMETRICS SEBAGAI MEDIA INFORMASI

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1314476950
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer AKuntansi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, Februari 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1314476950

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

Each university or college certainly has useful official site to provide accurate information about the campus to a broad audience. Perguruan Tinggi Raharja has official raharja.ac.id. But current official site Raharja still hasn't been able to provide accurate information for students from each Department, for example, a student majoring in computer systems. This research was conducted over three (3) pieces problems found. With the support of three (3) methods of research were limited with 6 (six) scope. Identification of the implementation phase of the research is done using blackbox testing. And there are 15 strategies are summarised in the final draft elisitasi which serve as an achievement in the process of writing. In support of the program design stage to use methods of HIPO (Hirarchy Plus Input Process Output). The alternative solution of the problem is the official site for computer system, an official site which is devoted to the lecturer and students majoring in computer systems with the url sk.raharja.ac.id. Official site for computer systems also apply the webometrics criteria to help imporive rank Webometrics Perguruan Tinggi Raharja. This research is expected to improve the quality of information for lecturers and students majoring in computer system and can conduct Perguruan Tinggi Raharja to wards a better rank Webometrics.


Keywords : Information, Department Of Computer Systems, Webometrics.


ABSTRAK

Setiap Universitas atau Perguruan Tinggi pastinya memiliki official site yang berguna untuk memberikan informasi yang akurat seputar kampus tersebut kepada khalayak luas. Perguruan Tinggi Raharja memiliki official site resmi yaitu raharja.ac.id. Namun saat ini official site Raharja masih belum mampu menyediakan informasi yang akurat untuk mahasiswa dari setiap jurusan, contohnya mahasiswa jurusan Sistem Komputer. Penelitian ini dilakukan atas 3 (tiga) buah permasalahan yang ditemukan. Dengan dukungan 3 (Tiga) metode penelitian yang dibatasi dengan 6 (Enam) Ruang lingkup. Tahap identifikasi implementasi penelitian dilakukan dengan menggunakan blackbox testing. Dan terdapat 15 strategi yang dirangkum di dalam final draft elisitasi yang dijadikan sebagai sebuah pencapaian di dalam proses penulisan. Guna mendukung tahap perancangan program digunakan metode HIPO (Hirarchy Plus Input Process Output). Alternatif pemecahan masalahnya adalah official site Jurusan Sistem Komputer, sebuah official site yang dikhususkan bagi dosen dan mahasiswa jurusan Sistem Komputer dengan url sk.raharja.ac.id. Official site jurusan Sistem Komputer juga menerapkan kriteria-kriteria webometrics untuk membantu meningkatkan rank Webometrics Perguruan Tinggi Raharja. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas informasi bagi para dosen dan mahasiswa jurusan Sistem Komputer serta dapat menghantarkan Perguruan Tinggi Raharja menuju rank yang lebih baik di Webometrics.


Kata Kunci: Informasi, Jurusan Sistem Komputer, Webometrics.

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah, peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Peneliti dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, peneliti mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah peneliti menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja juga sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  2. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  4. Ibu Nur Azizah, M.Akt.,M.Kom. selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  5. Ibu Indri Handayani, S.Kom., M.T.I. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis..
  6. Bapak Hendra Kusumah, S.Kom selaku Stakeholderyang telah memberikan kontribusi di dalam lancarnya proses penelitin skripsi ini.
  7. Bapak Ferry Sudarto, M.Kom., M.Pd selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer yang telah memberikan kontribusi serta memberikan masukan terhadap sistem yang telah dibuat.
  8. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan.
  9. Keluarga tercinta yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini apat terselesaikan dengan baik
  10. Teman - teman seperjuangan Rojali Team (Amel, Novi, Ela, Eka, Ami) yang selalu ada dan memberikan semangat.
  11. Teman-teman Timur2 (UVO, RUSIA, OZBI, HOUR, I-GO)
  12. Seluruh anggota REC yang telah memberikan dukungan, arahan dan masukan yang sangat berarti dalam menyelesaikan Skripsi ini
Tangerang, 17 Januari 2017
MEYLDA SARAH PARWATI
NIM. 1314476950

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1. Indikator Penilaian Webometric

Tabel 3.1. Jurusan/Prodi Pada STMIK Raharja

Tabel 3.2. Jurusan/Prodi Pada AMIK Raharja Informatika

Tabel 3.3. Analisis SWOT Berjalan

Tabel 3.4. Matriks Analisi SWOT Berjalan

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II

Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III

Tabel 3.8. Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1. Perbedaan Prosedur

Tabel 4.2. Blackbox Testing Login SSO (Single Sign On)

Tabel 4.3. Blackbox Testing Menu Subscriber

Tabel 4.4. Time Schedule

Tabel 4.5. Estimasi Biaya

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1. Webometrics

Gambar 1.2. Alur yang berjalan

Gambar 2.1. Logo WordPress

Gambar 2.2. Logo Plugin WordPress

Gambar 2.3. Visi Misi Sistem Komputer

Gambar 2.4. Ten Pilar iLearning

Gambar 2.5. Logo iLearning Media

Gambar 2.6. Logo Rinfo

Gambar 3.1. Green Campus

Gambar 3.2. Pribadi Raharja

Gambar 3.3. Struktur Organisasi Divisi Akademik Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.4. Use Case Yang Berjalan

Gambar 3.5. Activity Diagram Yang Berjalan

Gambar 3.6. Sequence Diagram Yang berjalan

Gambar 4.1. Use Case Diagram Untuk Admin

Gambar 4.2. Use Case Diagram Untuk Subscriber

Gambar 4.3. Use Case Diagram Untuk User

Gambar 4.4. Activity Diagram Untuk Admin

Gambar 4.5. Activity Diagram Untuk Author

Gambar 4.6. Activity Diagram Untuk Subscriber

Gambar 4.7. Activity Diagaram User

Gambar 4.8. Sequence Diagram Yang Diusulkan

Gambar 4.9. Sequence Diagram Untuk User

Gambar 4.10. Flowchart yang diusulkan untuk Admin

Gambar 4.11. Flowchart Yang diusulkan untuk User.

Gambar 4.12. HIPO Pada Official Site Sistem Komputer.

Gambar 4.13. Tampilan Halaman Login.

Gambar 4.14. Tampilan Halaman Dashboard

Gambar 4.15. Tampilan Halaman Utama

Gambar 4.16. Viewboard official site sk.raharja.ac.id

Gambar 4.17. Visitor Counting Per Artikel.

Gambar 4.18. Fitur Subscribe sk.raharja.ac.id.

Gambar 4.19. Daftar Kelas CCIT

Gambar 4.20. Data Alumni CCIT

Gambar 4.21. Visi Misi Jurusan Sistem Komputer

Gambar 4.22.Penelitian Berbasis Raspberry Pi

Gambar 4.23. Penelitian Berbasis Arduino

Gambar 4.24. Logo StatCounter

Gambar 4.25.Visitor Counting Pada Official Site Sistem Komputer

Gambar 4.26. Daftar Data Dosen CCIT

Gambar 4.27.' Data Mahasiswa CCIT

Gambar 4.28. Tampilan User Friendly

Gambar 4.29. Responsive dengan HP

Gambar 4.30. Responsive dengan laptop

Gambar 4.31. Inbound Official Site Sistem Komputer

Gambar 4.32. Jumlah Subscriber pada Official Site Ssitem Komputer

Gambar 4.33. Favicon Official Site Sistem Komputer

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL HIPO

DAFTAR SIMBOL UML

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setiap Universitas atau Perguruan Tinggi pastinya memiliki official site yang berguna untuk memberikan informasi yang akurat seputar kampus tersebut kepada khalayak luas. Informasi yang disediakan pada official site tersebut pun harus yang berkualitas demi menunjang segala kebutuhan pada suatu Perguruan Tinggi. Dengan semakin pesatnya teknologi saat ini maka berdampak pada penyampaian informasi yang lebih modern. Penyampaian informasi yang lebih modern disini yaitu penyampaian informasi yang dapat diakses dimana saja, kapan saja, oleh siapa saja. Webiste merupakan salah satu contohnya, Website menjadi salah satu tempat orang banyak untuk mencari informasi. Menurut Sibero (2013: 11)[1] “Website adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada jaringan internet.”

Mengingat saat ini pentingnya Teknologi Informasi di dalam dunia pendidikan untuk mencari sebuah informasi seputar jurusan yang ada dikampus, dengan adanya media yaitu website tersebut segala macam informasi yang berhubungan dengan jurusan kampus dapat terpublikasi dengan baik dan setiap mahasiswa mengetahui informasi tersebut secara tepat, akurat, dan relevan. Dikutip dari Tenia Wahyuningrum [2] dalam Jurnal SELISIK 2016 bahwa Suatu Perguruan Tinggi, memiliki keinginan untuk menjadi World Class University. Salah satu cara yang digunakan untuk menilai suatu Universitas adalah dengan melakukan pengukuran aktivitas civitas akademika di dunia maya melalui domain web Universitas yang disebut Webometrics.

Gambar 1.1. Webometrics
Sumber : http://www.webometrics.info/en


Webometrics Ranking of World Universities juga dikenal sebagai Web Ranking dari Universitas, adalah sistem peringkat untuk universitas di dunia berdasarkan indikator komposit yang memperhitungkan baik volume isi Web (jumlah halaman web dan file) dan visibilitas dan dampak dari publikasi web ini sesuai dengan jumlah inlinks eksternal (kutipan situs) yang mereka terima.

Saat ini kita juga telah berada di era yang semua telah terhubung ke internet atau yang sering disebut Internet of Things. Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote control, berbagi data, dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik.

Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer di STMIK Raharja yang salah satu konsentrasi unggulannya adalah CCIT (Creative Communication Innovative and Technology). CCIT mempunyai kompetensi dibidang pengontrolan devices melalui embedded IP dan dapat melakukan pengontrolan devices melalui gadget dan memiliki kemampuan dalam teknologi jaringan. Namun dalam hal ini masih kurangnya Teknologi dan informasi yang mengarah ke IoT atau Internet of Things tersebut. Masih di sadari belum adanya sosialisasi teknologi baru dalam hal penerapan keunggulan pada Perguruan Tinggi. Maka dari itu dirasa perlu adanya informasi lebih mengenai hal tersebut dan lebih mendekatkannya kepada mahasiswa akan hal tersebut.

Rumusan Masalah

Informasi mengenai Jurusan pada Sistem Kompuer itu sendiri dirasa masih kurang karena setiap mahasiswa harus mengakses raharja.ac.id yang merupakan official Site dari Perguruan Tinggi Raharja. Sehingga informasi yang disajikan dalam raharja.ac.id masih bersifat umum atau menyeluruh dari Perguruan Tinggi Raharja itu sendiri.

Gambar 1.2. Alur yang berjalan

Maka dari itu dibuatlah beberapa subdomain untuk membantu meningkatkan rank webometrics pada Perguruan Tinggi Raharja. Salah satu subdomain nya adalah website milik jurusan Sistem Komputer dengan url sk.raharja.ac.id yang bertujuan sebagai media informasi bagi pribadi raharja khusunya mahasiswa/i jurusan Sistem Komputer.

Diketahui dari website Webometrics bahwa saat ini Perguruan Tinggi Raharja masih menduduki peringkat 233 di Indonesia dan peringkat ke 14.942 di dunia. Tentunya sebagai Perguruan Tinggi yang sudah terakreditasi dengan baik, Perguruan Tinggi Raharja ingin mencapai posisi atau rank yang lebih tinggi lagi di Webometrics.

Meneruskan dari beberapa hal yang sudah dibahas di atas, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal yang dijadikan sebagai rumusan permasalah, antara lain :

  1. Bagaimana mahasiswa jurusan Sistem Komputer saat ini dapat mengetahui informasi mengenai Internet of Things ?

  2. Bagaimana penerapan Official Site ini dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa akan informasi yang akurat seputar jurusan Sistem Komputer?

  3. Bagaimana Official Site jurusan Sistem Komputer dapat meningkatkan rank Perguruan Tinggi Raharja pada Webometrics?

Berdasarkan rumusan masalah diatas diperoleh judul “Penerapan Official Site Jurusan Sistem Komputer (SK) Berbasis Webometrics Sebagai Media Informasi Pada Perguruan Tinggi”

Ruang Lingkup

Untuk mempermudah penulisan laporan Skripsi ini, maka harus ada yang namanya batasan atau ruang lingkup masalah, berikut merupakan ruang lingkup permasalahan yang akan dibahas diantaranya :

  1. Peneliatian ini dilakukan sebagai media informasi bagi mahasiswa/i jurusan Sistem Komputer.

  2. Penelitian ini berfokus untuk menaikkan rank Webometrics untuk Perguruan Tinggi Raharja.

  3. Penelitian ini berfokus pada mahasiswa/i jurusan Sistem Komputer

  4. Penelitian ini berfokus untuk konsentrasi CCIT Creative Communication Innovative and Technology).

  5. Masih dibatasi untuk mahasiswa aktif Perguruan Tinggi Raharja.

  6. Diimplementasikan untuk pengguna Rinfo (Pribadi Raharja).

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah pembahasan mengenai hal - hal apa saja yang dijadikan sebagai sebuah tujuan atau pencapaian dari penelitian yang ditargetkan. Tujuan dari penelitian merupakan suatu hal yang sangat penting karena tujuan akan membuat suatu penelitian menjadi lebih terarah dan sesuai dengan rencana awal. Adapun 3 tujuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Untuk membantu mahasiswa Jurusan Sistem Komputer mengetahui informasi mengenai Internet of Things.

  2. Memberikan informasi yang akurat dan update bagi mahasiswa dan dosen jurusan Sistem Komputer.

  3. Untuk menaikkan rank Perguruan Tinggi Raharja pada Webometrics.

Manfaat Penelitian

Setiap penelitian khususnya penelitian yang bergerak di bidang teknologi tentunya bertujuan untuk memberikan manfaat. Manfaat yang diberikan tentunya dapat sangat membantu para pengguna nantinya.

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Adanya official site Sistem Komputer, dengan informasi update tentang internet of things dapat memudahkan bagi mahasiswa sistem Komputer untuk mendapatkan informasi tentang Internet of Things.

  2. Mahasiswa jurusan Sistem Komputer mendapatkan informasi yang akurat dan update seputar jurusan Sistem Komputer pada sk.raharja.ac.id

  3. Adanya manfaat Official site Sistem Komputer dalam domain Raharja.ac.id untuk meningkatkan rangking webomatrics pada Perguruan Tinggi Raharja.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan Skripsi ini, maka Menurut Rapina (2011: 15)[3], teknik pengumpulan data, yaitu:

  1. Metode Observasi (Pengamatan)

    Menurut Rapina (2011: 15)[3], Observasi merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung ke tempat yang dijadikan objek penelitian. Peneliti telah melakukan pengamatan secara langsung terhadap sistem kerja yang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja yang berlangsung selama 4 minggu. Kemudian dari pengamatan yang telah dilakukan, peneliti dapat mengumpulkan data sebagai sumber informasi dalam hal membantu dalam proses menganalisa untuk pembangunan sistem tersebut.

  2. Metode Wawancara (Interview Research)

    Menurut Rapina (2011: 15)[3], Wawancara merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan data dengan cara menanyakan secara langsung kepada pihak yang berkaitan dengan penelitian. . Metode ini dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan pihak terkait pada Perguruan Tinggi Raharja secara langsung. Dan metode wawancara ini dilakukan bersama Bapak Hendra Kusumah, S.Kom selaku Stakeholder.

  3. Metode Studi Pustaka

    Menurut Rapina (2011: 15)[3], studi pustaka adalah mencari atau mengumpulkan bahan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti untuk memperoleh data sekunder dengan membaca, mempelajari, dan mendalami literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.Metode ini berguna untuk memperoleh informasi dan juga data dari sejumlah sumber (literature), buku, dan beberapa jurnal untuk keperluan pengamatan serta perancangan yang terkait dalam laporan ini.

Metode Analisis Sistem

Menurut Murad (2013: 51)[4], tahap analisa merupakan tahap dalam mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai sistem yang diteliti dengan melakukan metode-metode pengumpulan data sehingga ditemukan kelebihan dan kekurangan sistem serta user requirement. Selain itu, tahap ini juga dilakukan untuk mencari pemecah masalah dan menganalisa bagaimana sistem akan dibangun untuk memecahkan masalah pada sistem sebelumnya. dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis sistem elisitasi yang terdiri dari elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi dengan pencapaian strategi pada penelitian ini. Terdapat dua tinjauan dalam penyusunan elisitasi, yaitu tinjauan dari segi fungsional sistem dan non fungsional sistem.

Selain itu peneliti juga menggunakan metode analisa sistem yang digunakan yaitu berupa analisis SWOT. SWOT adalah sebuah metode prosedur analisis kondisi yang mengklarifikasi kondisi objek dalam empat kategori Strength(Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Faktor Pendukung) dan Threat (Faktor Penghambat atau Ancaman). Sedangkan faktor analisa SWOT dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal.

Metode Perancangan

Menurut Soetam Rizky (2011: 140)[5], Perancangan adalah sebuah proses untuk mendefinisikan sesuatu yang akan dikerjakan dengan mengunakanteknik yang bervariasiserta didalamnya melibatkan deskripsi mengenai arsitektur serta detai mengenaikomponen dan juga keterbatasan yang akan dialami dalam proses pengerjaan nya”.

Pada metode perancangan sistem ini peneliti menggambarkan dalam bentuk sebuah gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output)sebagai bentuk dokumentasi program yang dapat dimengerti oleh pengguna secara baik dan juga menggunakan UML (Unified Modelling Language) sebagai modelling tools untuk menggambarkan rancangan sistem yang ada saat ini,diantaranya yang digunakan Usecase Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram

Metode Pengujian Sistem

Pengujian adalah proses eksekusi suatu program untuk menemukan kesalahan sebelum digunakan oleh pengguna akhir (end- user). Salah satu metode pengujian perangkat lunak yang digunakan adalah Black Box Testing. Black-Box Testing itu sendiri merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional pada perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program.

Sistematika Penulisan

Agar memudahkan peneliti dalam membuat laporan penulisan dan pembahasannya secara sistematis, oleh karena itu penulisan membagi menjadi 5 (lima) bab dan setiap bab terbagi dalam sub bab-sub bab dengan urutan pembahasan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan mengenai latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, dan sistematik penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini membahas mengenai konsep dasar sistem, konsep dasar informasi, konsep dasar sistem informasi dan teknologi informasi, konsep dasar internet, konsep dasar wordpress, konsep dasar analisa SWOT, definisi iLearning, definisi TPi, serta literature lain yang berkaitan dengan penelitian skripsi ini.

BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN

Bab ini membahas mengenai analisa gambaran serta sejarah singkat Perguruan Tinggi Raharja, tujuan Perguruan Tinggi Raharja, arti nama raharja, arti green campus, arti pribadi raharja, struktur organisasi, jurusan/prodi Perguruan Tinggi Raharja, permasalahan yang dihadapi serta alternatif pemecahan masalah.

BAB IV METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini membahas mengenai analisa sistem berjalan dengan menggunakan metode analisa SWOT dan analisa berdasarkan sistem berjalan, strategi, prosedur sistem usulan dengan menggunakan rancangan program HIPO (Hirarchy Plus Input Process Output) dan rancangan prototype, testing dengan menggunakan blackbox, evaluasi, konfigurasi sistem usulan, serta yang terakhir ada estimasi biaya.

BAB V PENUTUP

Berisikan tentang kesimpulan, saran dan kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil laporan Skripsi.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Definisi Penerapan

Penerapan sistem adalah suatu proses implementasi sistem yang sudah dikembangkan. Dan dalam hal dapat juga dianalisa beberapa kendala sistem yang sudah dioperasikan.

Menurut Yulia Djahir dan Dewi Pratita (2014: 74) [6]Penerapan adalah kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan suatu sistem yang bekerja.

Definisi Media

Menurut Untung Raharja dkk (2012 : 133) [7] Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertian media yang diberikan AECT (Association for Education Communication and Technology) ini menunjukkan bahwa istilah “media” memiliki makna yang sangat umum, ini disebabkan kata “segala bentuk” yang terdapat dalam pengertian tersebut memberikan makna bahwa yang disebut media tidak terbatas pada satu jenis media tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)[8], media adalah alat; alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk; yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dan sebagainya): wayang bisa dipakai sebagai -- pendidikan; perantara; penghubung; -- cetak sarana media massa yang dicetak dan diterbitkan secara berkala seperti surat kabar, majalah; sebagai contoh :

  1. Elektronik, sarana media massa yang mempergunakan alat-alat elektronik modern, misalnya radio, televisi, dan film;

  2. Film, sarana media massa yang disiarkan dengan menggunakan peralatan film (film, proyektor, layar); alat penghubung yang berupa film;

  3. Massa, sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas; .

  4. Pendidikan, alat dan bahan yang digunakan dalam proses pengajaran atau pembelajaran;

  5. Periklanan, sarana komunikasi massa yang menyediakan beberapa bentuk periklanan, misalnya surat kabar, televisi, dan radio.

Kemudian berdasarkan pengertian yang telah disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa media adalah sebuah sarana yang digunakan untuk melakukan sesuatu, dapat juga dikatakan sebagai wadah atau perangkat yang menampung dimana dalam penelitian ini official site sk.raharja.ac.id dimaksudkan sebagai media bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi bagi jurusan Sistem Komputer.

Konsep Dasar Informasi

Definisi Informasi

Menurut Abdul Kadir (2013: 45), [9],mendefinisikan informasi adalah sebuah data yang sudah melewati tahap pemrosesan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan orang yang menggunakan data tersebut.

Menurut Hutahaean (2015: 9), [10],Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya. Sumber informasi adalah data. Data kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) dan kesatuan nyata.

Menurut Yulia Djahir dan Dewi Pratita (2014: 10) , [6],Inbahwa Informasi adalah hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Informasi adalah wujud dari sebuah data yang telah diolah. Dimana data-data tersebut berisikan sebuah pengetahuan yang dapat mmeberikan manfaat bagi si penerima.

Kualitas Informasi

Pernyataan yang dikemukakan oleh Yakub dan Vico Hisbanarto (2014: 20)[11] kualitas informasi (quality of information) tergantung dari accurate, timeliness, dan relevance.

  1. Akurat (accurancy), Akurat memiliki arti bahwa informasi tidak boleh memiliki kesalahan yang dapat menyesatkan. Dalam hal ini akurat juga dapat berarti sebuah informasi yang bersifat jelas dalam penyampaian maknanya. Ini merupakan hal yang penting, karena terdapat banyak gangguan yang bisa merusak informasi. Komponen akurat meliputi:

    1. Completeness, Kelengkapan informasi dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Untuk itu, informasi harus bersifat lengkap.

    2. Correctness, Kebenaran juga harus menjadi hal yang penting, yang harus dimiliki oleh sebuah informasi.

    3. Security, Tingkat keamanan dari sebuah informasi juga harus baik.

  2. Tepat waktu (timeleness), Informasi harus memiliki ketepatan waktu. Karena informasi yang sudah kadaluarsa tidak memiliki arti lagi, hal ini dikarenakan informasi merupakan landasan untuk pengambilan keputusan.

  3. Relevan (relevance), Informasi harus memiliki manfaat bagi penggunanya dan memiliki hubungan informasi bagi orang yang berbeda.

Nilai Informasi

Menurut Hutahaean (2015: 11-12)[10], nilai informasi ditentukan oleh dua hal yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Suatu informasi dikatakan lebih bernilai jika manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.

Fungsi Informasi

Menurut Hutahaean (2015: 9)[10],fungsi utamanya yaitu menambah pengetahuan atau mengurangi ketidakpastian pemakai informasi, karena informasi berguna memberikan gambaran tentang suatu permasalahan sehingga pengambil keputusan dapat dapat menentukan keputusan lebih cepat, informasi juga memberikan standard, ataupun maupun indikator bagi pengambil keputusan.

Lingkungan Informasi

Manajeman modern sangat dipengaruhi oleh sumber daya informasi. Keputusan yang strategis sangan bergantung kepada informasi. Dikutip oleh Abdul Kadir (2013:41) [9]

Definisi Media Informasi

Media informasi merupakan sebuah alat untuk mengumpulkan dan menyusun kembali sebuah informasi sehingga menjadi bahan yang bermanfaat bagi penerima informasi, adapun penjelasan Sobur (2006) media informasi adalah “alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual”.

Jenis-jenis Media Informasi Media informasi sebagai alat yang menyampaikan suatu informasi harus tepat sasaran agar dapat tersampaikan dengan baik pada target sasaran sehingga dapat bermanfaat bagi pembuat dan penerima informasi, media informasi dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu :

  1. Media Lini Atas merupakan media yang tidak langsung bersentuhan dengan target audiens dan jumlahnya terbatas tetapi jangkauan target yang luas, seperti billboard, iklan televis, iklan radio, dan lain-lain.

  2. Media Lini Bawah Suatu media iklan yang tidak disampaikan atau disiarkan melalui media massa dan jangkauan target hanya berfokus pada satu titik atau daerah, seperti brosur. Poster, flyer, Sign System dan lainlain.

Konsep Dasar Sistem Informasi

Definisi Sistem Informasi

Pernyataan yang dikemukakan oleh Sutarman (2012: 13) Sistem informasi adalah sistem yang dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memperoses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, instruksi) dan output (laporan, kalkulasi).

Menurut Taufiq (2013: 17), “Sistem Informasi adalah kumpulan dari sub-sub sistem yang saling terintegrasi dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah tertentu dengan cara mengolah data dengan alat yang namanya komputer sehingga memiliki nilai tambah dan bermanfaat bagi pengguna”.

Pernyataan yang dikemukakan oleh Rudi Tantra (2012) dalam Rohmat Taufiq (2013: 18), sistem informasi adalah cara yang terorganisir untuk mengumpulkan, memasukkan, dan memproses data dan menyimpannya, mengelola, mengontrol, dan melaporkannya sehingga dapat mendukung perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan.

Berdasarkan ketiga pendapat para ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi merupakan sebuah sistem yang terdiri dari input,proses,output sehingga tercapai sebuah informasi yang mendukung pengambilan keputusan didalam suatu organisasi untuk dapat mencapai sasaran dan tujuannya.

Klasifikasi Sistem Informasi

Menurut Abdul Kadir (2013: 89) Ada berbagai cara untuk mengelompokkan sistem informasi. Adapun klasifikasi yang sering dipakai selalu berdasarkan pada:

  1. Level Organisasi

  2. Area Fungsional

  3. Dukungan yang diberikan, dan

  4. Arsitektur sistem informasi.

Komponen Sistem Informsasi

Pernyataan yang dikemukakan oleh Hutahaean (2014: 13-14) bahwa Sistem informasi terdiri dari beberapa komponen yang disebut dengan istilah blok bangunan (building block) yaitu sebagi berikut :

  1. Blok masukkan (Input Block)

  2. Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input disini termasuk metode-metode dan media yang digunakan untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen dasar.

  3. Blok model (Model Block)

  4. Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan metode matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang sudah diinginkan.

  5. Blok keluaran (Output Block)

  6. Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

  7. Blok keluaran (Output Block)

  8. Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

  9. Blok teknologi (Technology Block)

  10. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dini secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari unsur utama yaitu Teknisi (human ware atau brainware), Perangkat lunak (software), Perangkat keras (hardware).

  11. Blok basis data (Database block)

  12. Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasi nya.

  13. Blok kendali (Control Block)

  14. Banyak faktor yang dapat merusak sistem informasi, misalnya bencana alam, api, temperatur tinggi, air, debu, kecurangan-kecurangan, kejanggalan sistem itu sendiri, kesalahan-kesalahan ketidak efisienan, sabotase dan sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung diatasi.

Teori Khusus

Konsep Dasar Webiste

Definisi Webiste

Pernyataan yang di kemukakan oleh Murad (2013: 49),“Web adalah sistem dengan informasi yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lainnya yang tersimpan dalam sebuah server web internet yang disajikan dalam bentuk hypertext”.

Menurut Dukom (2011: 5) website adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page, yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau sub domain di World Wide Web (WWW) di internet.

Menurut Taufiq Ginanjar (2014:5), Website adalah rangkaian atau sejumlah halaman di internet yang memiliki topik saling terkait untuk mempresentasikan suatu informasi. Website merupakan miniatur dan representasi dan perorangan, lembaga, organisasi, ataupun perusahaan yang bersangkutan. Website memberikan informasi, gambaran, serta visualisasi orang/lembaga yang membuatnya.

Berdasarkan 3 (tiga) pendapat yang telah dikemukakan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa website merupakan sebuah tempat di internet, yang mempunyai halaman-halaman yang didalamnya terdapat teks, gambar, suara, animasi, dan video serta dapat diakses menggunakan browser.

Jenis-jenis Website

Menurut (Sumaryadi Adi, 2014:4-9) Web dapat dapat dikelompokan kedalam beberapa kelompok bisa berdasarkan tujuannya, besar kecilnya hingga karakteristik website itu sendiri .

Jenis Website berdasarkan sifatnya :

  1. Website Dinamis, merupakan website yang kontennya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis ini antara lain adalah wikipedia, mypangandaran, abatasa, detik, tokobagus dan blog. Faktor utama yang membuat sebuah web menjadi dinamis adalah Content Management System. Dengan adanya CMS ini, siapapun yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate contentnya dengan sangat mudah.

  2. Blok model (Model Block)

  3. Website Statis, merupakan website yang jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan yang sangat sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil organisasi.

Jenis Website berdasarkan sifatnya :

  1. Search Engine

  2. Fungsi dan website ini adalah sebagai Pencari website lain. Contohnya adalah Google, dan Yahoo!

  3. Blog

  4. Blog ini bisa dibilang catatan harian dan pemilik website. Fungsi dan website blog adalah publikasi artikel / content yang berfokus pada manajemen artikel.

  5. Social Networking

  6. Contoh dari website networking ini adalah facebook dan twitter, dimana website menyediakan fasilitas untuk para member agar dapat berinteraksi dengan member yang lain.

  7. Forum

  8. Website forum sebenarnya mirip dengan website networking, namun lebih berfokus pada kemampuan para member untuk berdiskusi. Website forum yang terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus.

  9. Berita

  10. Website berita berfungsi untuk mengelola dan mempublikasikan berita kepada para pengunjung di internet. Website berita yang paling banyak pengunjungnya di Indonesia sekarang ini adalah detik.

  11. Gallery

  12. Fungsi dan website gallery adalah menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online, mengelolanya, kemudian mempublikasikannya. Contoh website gallery adalah picasa.

  13. Multimedia

  14. Siapa yang tidak tahu Youtube? Itulah contoh website multimedia, dimana kita dapat melakukan streaming untuk video, maupun audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengakses website multimedia akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi yang cukup tinggi.

  15. E-Learning

  16. Biasanya website e-learning dimanfaatkan oleh organisasi pendidikan untuk menyediakan fasilitas belajar melalui internet. Pembelajaran dapat menjadi interaktif dengan adanya website e-learning ini. Contoh website e-learning adalah website-website universitas.

  17. 9. E-Commerce

  18. Website E-Commerce adalah yang paling booming sekarang ini. Website jenis E-Commerce berperan sebagai toko online. Contohnya adalah Tokobagus, Amazon, Bhineka dan E-Bay.

Konsep Dasar Internet

Definisi Internet

Pernyataan yang dikemukakan oleh Sibero (2011) “Internet (Interconnected Network) adalah Sebuah jaringan komputer yang memungkinkan jaringan secara global dapat terhubung. Internet merupakan sebuah jaringan di dalam jaringan yang luas. Internet memiliki sebuah protocol komunikasi bernama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) seperti halnya komputer lokal maupun jaringan komputer area ”.

Pernyataan yang dikemukakan oleh Abdul Kadir (2013: 306), Internet merupakan sebuah jaringan besar yang dapat menghubungkan jutaan komputer dan tidak memiliki kaitan apapun terhadap suatu organisasi.

Dari kedua definisi yang terdapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa internet adalah seluruh jaringan komputer yang dapat terhubung untuk melayani pengguna di seluruh dunia.

Dalam konteks ini, penelitian merupakan sistem yang berbasis online dimana membutuhkan sebuah koneksi untuk mengaksesnya, maka itu internet dapat dikaitkan ke dalam teori dasar penelitian.

URL (Uniform Resource Locators)

Menurut Candra dan Dadang (2013: 87) URL (Uniform Resource Locators) adalah rangkaian karakter dari sebuah standart format tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat dari suatu sumber dokumen atau gambar tertentu

Dalam konteks ini, URL dibutuhkan bertujuan untuk mengakses sistem yang telah di online-kan. Dengan adanya URL maka user tahu alamat yang akan dituju ke dalam sistem tersebut. Berdasarkan judul yang telah disebutkan pada BAB sebelumnya serta pembahasan yang ada di atas, maka URL ini masuk ke dalam teori dasar penelitian.

Konsep Dasar Content Management System

Definisi Content Management System

Menurut Taufiq Ginanjar (2014:5), CMS atau Content ManagementSystem adalah software yang sudah terintegrasi untuk membuat konten dan halaman-halaman website yang kita inginkan tanpa harus membangun website dan nol sekali karena CMS telah menyediakan template, layout dan design yang bisa kita manfaatkan untuk membuat website yang sesuai keinginan atau tujuan kita.

Jenis - Jenis CMS :

  1. CMS untuk membuat personal blog, contohnya WordPress.

  2. CMS untuk membuat web e-Commerce, contohnya PrestaShop, OsCommerce, Opencart, Drupal.

  3. CMS untuk membuat web e-Learning, contohnya Moodle.

  4. CMS untuk membuat personal web, contohnya joomla!, Mambo.

  5. CMS untuk membuat e-Office, contohnya katanya (Kantor Maya).

  6. CMS untuk membuat web e-Forum, contohnya phpBB, MYBB,Vbulletin.

Konsep Dasar WordPress

Definisi WordPress
Gambar 2.1 Logo WordPress

Dikutip dari Wordpress.org, WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus pada estetika, standar web, dan kegunaan.

Dikutip dari Wikipedia, WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk di modifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramanya (programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2 . WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap peran perangkat lunak umber terbuka untuk blog.

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automatic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan aksesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus. Adapun keunggulan dari wordpress antara lain yaitu gratis, berbasis kode (open source), pengoperasiannya mudah, satu blog Wordpress dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user) sehingga wordpress sering digunakan untuk blog komunitas dimana anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.

Kelebihan WordPres

Menurut Taufik Ginanjar (2014: 6 ) Kelebihan dari Wordpress yaitu :

  1. Wordpress memiliki konfigurasi (pengaturan) yang mudah digunakan oleh pemula (user friendly).

  2. Wordpress bisa didesign untuk website apapun. Wordpress bisa dijadikan toko online, bisa juga dijadikan jejaring sosial, company profile, portal berita, website bisnis, website personal dan lain lain.

  3. Wordpress merupakan CM5 yang sangat populer dan banyak digunakan orang di seluruh dunia, sehingga fitur-fiturnya selalu update.


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan

Contributors

Meylda Sarah Parwati