SI1314475568: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Literature Review)
(Literature Review)
Baris 832: Baris 832:
  
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Makalah ini membahas bagaimana tim pengembangan perangkat lunak di Universitas Yordania Jerman (GJU) mengadopsi proses pengembangan manajemen dan pengembangan perangkat lunak dalam rangkaian ISO / IEC 29110 untuk menerapkan Sistem Informasi Siswa yang kompleks (SIS). Secara khusus, ini mengidentifikasi poin-poin kunci yang harus dipertimbangkan dalam tahap analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan penyebaran selama proses pengembangan SIS yang berulang dan berulang. SIS adalah aplikasi berbasis web tiga tingkat terdistribusi yang memungkinkan pendaftar melakukan berbagai tugas seperti pengaturan sistem, pendaftaran, registrasi, pemrosesan nilai, kelulusan, dan pelaporan. Ini diluncurkan pada semester pertama 2015/2016 dan memungkinkan administrasi untuk menjaga lingkungan belajar yang nyaman, menilai kinerja instruktur, meningkatkan praktik pengajaran, dan memperbaiki konten kursus. Hasil pengukuran sistem dan survei pengguna menyatakan bahwa SIS kaya fitur, mudah digunakan, cepat, handal, stabil, sangat tersedia, dan terukur.<ref name="Feras Al-Hawari, Hala Barham and Mohammad Habahbeh. 2017. The software engineering of a three-tier web-based student information system (MyGJU). Journal Computer Applications and Engineering Education. Vol.25. Issue 2. </ref></p></li>
 
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Makalah ini membahas bagaimana tim pengembangan perangkat lunak di Universitas Yordania Jerman (GJU) mengadopsi proses pengembangan manajemen dan pengembangan perangkat lunak dalam rangkaian ISO / IEC 29110 untuk menerapkan Sistem Informasi Siswa yang kompleks (SIS). Secara khusus, ini mengidentifikasi poin-poin kunci yang harus dipertimbangkan dalam tahap analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan penyebaran selama proses pengembangan SIS yang berulang dan berulang. SIS adalah aplikasi berbasis web tiga tingkat terdistribusi yang memungkinkan pendaftar melakukan berbagai tugas seperti pengaturan sistem, pendaftaran, registrasi, pemrosesan nilai, kelulusan, dan pelaporan. Ini diluncurkan pada semester pertama 2015/2016 dan memungkinkan administrasi untuk menjaga lingkungan belajar yang nyaman, menilai kinerja instruktur, meningkatkan praktik pengajaran, dan memperbaiki konten kursus. Hasil pengukuran sistem dan survei pengguna menyatakan bahwa SIS kaya fitur, mudah digunakan, cepat, handal, stabil, sangat tersedia, dan terukur.<ref name="Feras Al-Hawari, Hala Barham and Mohammad Habahbeh. 2017. The software engineering of a three-tier web-based student information system (MyGJU). Journal Computer Applications and Engineering Education. Vol.25. Issue 2. </ref></p></li>
 
<li style="text-align: justify;line-height:2;">Penelitian ini dilakukan oleh Feras Al-Hawari, Hala Barham and Mohammad Habahbeh [2017]. <ref name="Feras">Feras Al-Hawari, Hala Barham and Mohammad Habahbeh. 2017. The software engineering of a three-tier web-based student information system (MyGJU). Journal Computer Applications and Engineering Education. Vol.25. Issue 2. </ref></li>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 2">''Makalah ini membahas bagaimana tim pengembangan perangkat lunak di Universitas Yordania Jerman (GJU) mengadopsi proses pengembangan manajemen dan pengembangan perangkat lunak dalam rangkaian ISO / IEC 29110 untuk menerapkan Sistem Informasi Siswa yang kompleks (SIS). Secara khusus, ini mengidentifikasi poin-poin kunci yang harus dipertimbangkan dalam tahap analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan penyebaran selama proses pengembangan SIS yang berulang dan berulang. SIS adalah aplikasi berbasis web tiga tingkat terdistribusi yang memungkinkan pendaftar melakukan berbagai tugas seperti pengaturan sistem, pendaftaran, registrasi, pemrosesan nilai, kelulusan, dan pelaporan. Ini diluncurkan pada semester pertama 2015/2016 dan memungkinkan administrasi untuk menjaga lingkungan belajar yang nyaman, menilai kinerja instruktur, meningkatkan praktik pengajaran, dan memperbaiki konten kursus. Hasil pengukuran sistem dan survei pengguna menyatakan bahwa SIS kaya fitur, mudah digunakan, cepat, handal, stabil, sangat tersedia, dan terukur.''</p></div>
 
  
 
</ol>
 
</ol>

Revisi per 23 Februari 2018 02.27


PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN SPP

PADA SMK ISLAM IQRO PASAR KEMIS

SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1314475568
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2017/2018

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN SPP

PADA SMK ISLAM IQRO PASAR KEMIS

Disusun Oleh :

NIM
: 1314475568
Nama
Jenjang Studi
: Strata I
Jurusan
: SISTEM INFORMASI
Konsentrasi
: KOMPUTER AKUNTANSI

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 23 Januari 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan SISTEM INFORMASI
           
           
           
           
(Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM)
       
(Nur Azizah, M.Akt., M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 078010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN SPP

PADA SMK ISLAM IQRO PASAR KEMIS


Dibuat Oleh :

NIM
: 1314475568
Nama
: Saeful Aenul Yakin

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan SISTEM INFORMASI

Konsentrasi KOMPUTER AKUNTANSI

Disetujui Oleh :

Tangerang, 23 Januari 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Khozin Yuliana, Ir.,MM)
   
(H. Abdul Hamid Arribathi, S.Ag.,MM)
NID : 15015
   
NID : 13005

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN SPP

PADA SMK ISLAM IQRO PASAR KEMIS


Dibuat Oleh :

NIM
: 1314475568
Nama
: Saeful Aenul Yakin

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan SISTEM INFORMASI

Konsentrasi KOMPUTER AKUNTANSI

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Penguji :

Tangerang, 23 Januari 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
( )
 
( )
 
( )
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN SPP

PADA SMK ISLAM IQRO PASAR KEMIS

Disusun Oleh :

NIM
: 1314475568
Nama
: Saeful Aenul Yakin
Jenjang Studi
: Strata I
Jurusan
: SISTEM INFORMASI
Konsentrasi
: KOMPUTER AKUNTANSI

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 23 Januari 2018

 
 
 
 
 
(Saeful Aenul Yakin)
NIM : 1314475568

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

Islamic Vocational School Iqro Pasar kemis has the vision, mission and goals of graduates who have faith, piety and morality as well as competent in mastery of science and technology. But now Islamic vocational high school Iqro Pasar Kemis still use conventional way in conducting SPP transactions that is by noting the payment card and payment data manually recorded on the book. This causes the payment process to take a long time and a large error rate, but it also inhibits the speed of data access and information delivery to be too late. With the existing problems then the researchers propose the design of payment systems to facilitate the process of payment of SPP. The research method used is SWOT analysis, for design method using Unified Modeling Language (UML), and system testing method using Blackbox Testing. This research is expected to provide easiness in the implementation of school fee payment activities as well as easiness in the delivery of school fee payment information to students and parents of students.

Keywords : Student, SPP, Transaction

ABSTRAK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Iqro Pasar kemis memiliki visi, misi dan tujuan mencetak lulusan yang beriman, bertaqwa serta berakhlak mulia juga kompeten dalam penguasaan IPTEK. Namun saat ini SMK Islam Iqro Pasar Kemis masih menggunakan cara konvensional dalam melakukan transaksi SPP yaitu dengan mencatat pada kartu pembayaran kemudian data pembayaran direkap secara manual pada buku. Hal ini menyebabkan proses pembayaran membutuhkan waktu lama dan tingkat kesalahan yang besar, selain itu juga menghambat tingkat kecepatan akses data dan penyampaian informasi menjadi terlambat. Dengan permasalahan yang ada maka peneliti mengusulkan perancangan sistem pembayaran untuk memudahkan proses pembayaran SPP. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis SWOT, untuk metode perancangan menggunakan Unified Modelling Language (UML), dan metode pengujian sistem menggunakan Blackbox Testing. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pelaksanaan kegiatan pembayaran SPP sekolah serta kemudahan dalam penyampaian informasi pembayaran SPP sekolah kepada siswa dan orang tua siswa.

Kata kunci : Siswa, SPP, Pembayaran

KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat myelesaikan skripsi dengan judul sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. "Perancangan Sistem Pembayaran SPP Pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis" sesuai dengan waktu yang telah ditentukan..

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Sistem Informasi konsentrasi Sistem Informasi Manajemen STMIK Raharja Tangerang.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.

  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.

  3. Ibu Nur Azizah, M.Akt.,M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.

  4. Bapak Khozin Yuliana, Ir.,MM selaku pembimbing I.

  5. Bapak Abdul Hamid Arribathi, S.Ag.,MM Selaku pemnbimbing II.

  6. Bapak Jamaludin, ST.,MT selaku stakeholder sekaligus kepala sekolah SMK Islam Iqro Pasar kemis.

  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.

  8. Kedua orang tua yang selalu memberikan dukungan serta doanya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan laporan skripsi ini.

  9. Kepada sahabat – sahabat, Raharja FC, Jari-Jari FC, dan AIB yang telah memberi support kepada penulis.

  10. Dian Kurniati yang telah membantu dan memberi support kepada penulis.

Penulis meyadari dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga laporan skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.

Tangerang, 23 Januari 2018
Saeful Aenul Yakin
NIM. 1314475568

DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1. Struktur Organisasi SMK Islam Iqro Pasar Kemis

Gambar 3.2. Use Case Diagram yang berjalan

Gambar 3.3. Activity Diagram yang berjalan

Gambar 3.4. Matriks SWOT

Gambar 4.1. Use Case Diagram Usulan

Gambar 4.2. Activity Diagram Usulan

Gambar 4.3. Sequence Diagram Usulan

Gambar 4.4. Class Diagram Usulan

Gambar 4.5. Rancangan Tampilan Login

Gambar 4.6. Rancangan Tampilan Home

Gambar 4.7. Rancangan Tampilan Pembayaran

Gambar 4.8. Rancangan Tampilan Daftar Siswa

Gambar 4.9. Rancangan Tampilan Jurusan

Gambar 4.10. Tampilan Login

Gambar 4.11. Tampilan Home

Gambar 4.12. Tampilan Menu Pembayaran

Gambar 4.13. Tampilan Data Siswa

Gambar 4.14. Tampilan Jurusan

DAFTAR TABEL


Tabel 3.1. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.2. Elisitasi Tahap II

Tabel 3.3. Elisitasi Tahap III

Tabel 3.4. Final Draft Elisitasi

Tabel 4.1. Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Tabel 4.2. Tabel Siswa

Tabel 4.3. Tabel Pembayaran

Tabel 4.4. Tabel Prodi

Tabel 4.5. Tabel Kelas

Tabel 4.6. Tabel Mata Pelajaran

Tabel 4.7. Tabel Jenis Bayar

Tabel 4.8. Tabel User

Tabel 4.9. Tabel Daftar Pengujian

Tabel 4.10. Black Box Testing Login

Tabel 4.11. Black Box Testing Menu Pembayaran

Tabel 4.12. Black Box Testing Input Data Siswa

Tabel 4.13. Tabel Time Schedule

Tabel 4.14. Tabel Estimasi Biaya

DAFTAR SIMBOL

Gambar 1. Daftar Simbol Use Case Diagram

 

Gambar 2. Daftar Simbol Sequence Diagram

 

Gambar 3. Daftar Simbol Activity Diagram

 

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sistem pembayaran sekolah adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk mendata dan men-inventaris siswa yang sudah membayar atau belum di sekolah tersebut. Ketepatan, keakuratan, dan kecepatan dalam pembayaran merupakan faktor utama untuk menjaga kredibilitas sekolah serta dapat memperlancar pembiayaan kegiatan belajar mengajar juga mendukung untuk menunjang pembelian dan pemeliharaan sarana prasarana sekolah. Untuk hal itu dibutuhkan ketersediaan alat – alat yang menunjang kegiatan tersebut diantaranya adalah komputer.

Komputer adalah salah satu alat yang dapat membantu penyelesaian tugas-tugas tersebut. Perkembangan komputer saat ini sangat pesat umumnya dalam segala bidang dan khususnya dalam bidang pendidikan terutama administrasi keuangan. Dengan adanya komputer, segala urusan administrasi keuangan yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan komputer.

Di SMK Islam Iqro Pasar Kemis layanan pembayaran masih dilakukan secara manual. Dengan cara menginput data pembayaran siswa, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan kadang terjadi suatu kesalahan dalam proses pengerjaannya. Dengan adanya komputer diharapkan sistem yang digunakan dalam melakukan pekerjaan terutama dalam menginput data pembayaran siswa dapat berjalan dengan cepat serta dapat menyimpan hasil yang telah diolah secara cepat dan tepat sehingga akan mudah mengakses kembali bila suatu saat nanti dibutuhkan. Dan juga untuk menjaga keamanan data itu sendiri.

Kekurangan lain pada sistem yang berjalan yaitu waktu pada saat sidang berlangsung tidak lebih dari 1 jam yang digunakan untuk sesi pengecekan berkas penilaian objektif, sesi presentasi dan yang terakhir yaitu sesi pertanyaan yang dilakukan oleh Dewan Penguji kepada peserta sidang, sehingga waktu sidang terbagi dengan pengecekan berkas penilaian objektif terutama pada penilaian objektif poin ke 6 (enam) dan ke 8 (delapan) yaitu penilaian objektif Sertifikat Tridharma dan penilaian objektif Berkas Sidang.

Berdasarkan alasan tersebut di atas, maka penulis mengambil judul “Perancangan Sistem Pembayaran SPP Pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis” tujuannya untuk lebih mempermudah dalam melakukan kegiatan transaksi dan melihat kembali data-data yang diperlukan oleh pihak-pihak yang membutuhkan.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan beberapa masalah yaitu:

  1. Bagaimana sistem informasi pembayaran SPP yang berjalan saat ini pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis?

  2. Apakah proses pembayaran SPP Pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis saat ini sudah berjalan secara efektif dan optimal?

  3. Bagaimana merancang sebuah sistem pembayaran SPP pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis?

Ruang Lingkup

Mengingat begitu luasnya bidang yang ada pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis, penulis membatasi permasalahan yaitu sistem pembayaran SPP pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis sebatas pada layanan keuangan siswa, system pengolahan data pembayaran yang dilakukan yaitu mulai dari pengumpulan data sampai dengan pembuatan laporan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu :

  1. Untuk mengetahui sistem informasi pembayaran SPP yang berjalan saat ini pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis.

  2. Untuk mengetahui bagaimana proses pembayaran SPP yang berjalan saat ini pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis sudah efektif dan optimal.

  3. 3. Untuk merancang sebuah sistem pembayaran SPP di SMK Islam Iqro Pasar Kemis secara terkomputerisasi.

Manfaat Penelitian

Manfaat dilakukan penelitian ini penulis mengharapkan :

  1. Dapat mengetahui bagaimana sistem informasi pembayaran SPP yang berjalan pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis.

  2. Dapat memberikan masukan untuk merancang sebuah sistem pembayaran SPP pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis.

  3. Dapat mempermudah proses kegiatan pembayaran SPP secara terkomputerisasi pada SMK Islam Iqro Pasar Kemis.

Metode Penelitian

Jenis Penelitian

Dalam metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat suatu individu, keadaan tertentu untuk menentukan frekuensi penyebaran suatu gejala, dan hubungan antar kejadian yang diselidiki.

Metode Pengumpulan Data

Menulis menggunakan beberapa metode penelitian untuk mendapatkan data, yaitu :

  1. Observasi (Observation Research)

    Pada kegiatan ini penulis melakukan pengamatan secara langsung dan melaksanakan pencatatan secara sistematis terhadap unsur-unsur yang dianggap perlu dalam pengumpulan data hendaknya dikemukakan dan dijelaskan dalam laporan. Sifat dan tujuan penelitian, sifat dan wujud data yang hendaknya dikumpulkan di SMK Islam Iqro Pasar Kemis.

  2. Wawancara (Interview Research)

    Selain melakukan observasi terhadap SMK Islam Iqro Pasar Kemis, penulis juga melakukan wawancara terhadap orang-orang yang bersangkutan dangan proses pembayaran SPP di sekolah tersebut seperti, bagian keuangan dan kasir.

  3. Studi Pustaka (Library Research)

    Pada kegiatan ini penulis melakukan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan penelitian sebagai sumber tertulis yang memuat informasi.

Metode Analisa Sistem

Pada penelitian ini penulis menggunakan metode analisis SWOT. Dengan analisis SWOT ini akan dispesifikasikan tujuan dari kegiatan proyek atau usaha dimaksud dan diidentifikasi faktor – faktor internal dan eksternal yang bersifat favorable dan unfavorable dalam mencapai tujuan. Analisi SWOT ini kemudian dijadikan dijadikan sebuah strategi yang akan dibuktikan implementasi pencapaiannya.

Metode Perancangan Sistem

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode UML (Unified Modelling Language) untuk mendukung proses perancangan sistem.

Metode Testing

Metode yang digunakan untuk pengujian perangkat lunak yaitu Black-Box Testing. Black-Box Testing merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional pada perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program.

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah dan memperjelas dalam pembahasan masalah, penulis menyusun laporan skripsi menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penyampaian sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan secara umum tentang latar belakang, pembahasan masalah umum, metode penelitian ruang lingkup manfaat dan tujuan serta sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini membahas mengenai definisi perancangan sistem, definisi sistem, definisi data, definisi informasi, definisi sistem informasi, dan definisi yang diambil dari kutipan buku dan jurnal yang berkaitan dengan penyusuna laporan skripsi dan beberapa literature review.

BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Bab ini membahas masalah dan gambaran umum, sejarah singkat sekolah, struktur organisasi dan fungsinya, serta wewenang dan tanggung jawab pada sekolah, analisa sistem menggunakan Unified Modeling language (UML) dan elisitasi.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Bab ini berisikan tentang rancangan sistem usulan dengan menggunakan Unified Modeling language (UML), testing dengan menggunakan blackbox dan estimasi biaya.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisikan : kesimpulan, rekomendasi yang diberikan sebagai tidak lanjut yang diperlukan untuk melakukan peerbaikan di instansi tersebut, dan saran ditunjukan pada peneliti / pihak lain, dimana ada temuan baru dalam instansi tersebut yang belum peneliti lakukan agar ditindaklanjuti oleh peneliti lain.


DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Definisi Perancangan Sistem

Menurut Indraswuri (2013:2)[1], menyatakan bahwa “Perancangan sistem adalah strategi untuk memecahkan masalah dan mengembangkan solusi terbaik bagi permasalahan itu. Perancangan sistem adalah termasuk bagaimana mengorganisasi sistem ke dalam subsistem-subsistem, perangkat keras, perangkat lunak, serta prosedur-prosedur. Penjelasan lain dari perancangan sistem adalah tahap awal dimana pendekatan awal untuk menyelasaikan masalah yang dipilih.”.

Menurut O’Brien dan Marakas (2013: 639)[2], menjelaskan “ perancangan sistem adalah sebuah kegiatan merancang dan menentukan cara mengolah sistem informasi dari hasil analisa sistem sehingga dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna termasuk diantaranya perancangan user intersface, data dan aktivitas proses”.

Definisi Sistem

Menurut Sidh dalam Jurnal Computech & Bisnis Vol. 7 No. 1 (2013:21)[3], “Sistem adalah sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan”.

Sedangkan menurut Tyoso (2016:1)[4], mengatakan “Sistem merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen yang membentuk satu kesatuan. Sebuah organisasi dan sistem informasi adalah sistem fisik dan sosial yang ditata sedemikian rupauntuk mencapai tujuan tertentu.”

Dari beberapa pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan sistem adalah suatu jaringan yang terkumpul untuk menyelesaikan suatu tujuan tertentu.

Definisi Data

Menurut Rusdiana (2014:71) [5],“Data adalah fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti sehubungan dengan kenyataan, simbol-simbol, gambar-gambar, angka-angka, huruf atau simbol yang menunjukkan suatu ide, objek, kondisi, atau situasi dan lainnya, yang didapatkan melalui suatu obeservasi atau secara data diartikan sebagai keterangan tentang sesuatu“

Data adalah bahan mentah bagi informasi, dirumuskan sebagai kelompok lambang – lambang tidak acak menunjukan jumlah – jumlah, tindakan – tindakan, hal – hal dan sebagainya (Hutahean, 2014:8). [6]

Menurut penjelasan di atas data adalah fakta yang dapat diolah untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat.

Definisi Informasi

Menurut Maimunah, dkk dalam Jurnal CCIT Vol. 5 No. 3 (2012:284)[7],“Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya, dan bermanfaat dalam mengambil suatu keputusan. Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan”.

Informasi merupakan salah satu jenis sumber daya yang paling utama yang dimiliki oleh suatu oraganisasi, apapun jenis organisasi tersebut (Djahir dan Pratita, 2014:8).[8]

Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan Informasi adalah data yang diolah sehingga berguna bagi seseorang atau orbanisasi yang membutuhkan.

Definisi Sistem Informasi

Sistem informasi adalah serangkaian prosedur formal dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan ke pengguna (Mahatmyo, 2014:6).[9]

Menurut Aswati, dkk dalam jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 2 (2015:80)[10], “Sistem informasi merupakan seperangkat fungsi operasional manajemen kepada yang mampu menghasilkan suatu keputusan yang tepat, cepat dan jelas yang merupakan suatu susunan yang disusun secara sistematik dan teratur dari jaringan-jaringan informasi yang menghubungkan setiap bagian dari suatu sistem, sehingga dimungkinkan diadakan komunikasi antar bagian fungsional”.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah kumpulan sub-sub sistem yang terinntegrasi untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Teori Khusus

Definisi Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran adalah suatu sistem yang mencakup pengaturan kontrak/perjanjian, fasilitas operasional, dan mekanisme teknis yang digunakan untuk penyampaian, pengesahan dan penerimaan intruksi pembayaran, serta pemenuhan kewajiban pembayaran melalui pertukaran “nilai” antarperorangan, bank, dan lembaga lainnya baik domestik maupun cross border ‘antarnegara’ (Subari, 2017:2).[11]

Sedangkan menurut Alam S (2013:255)[12], “Sistem pembayaran adalah suatu cara yang disepakati untuk mentransfer nilai (value) antara pembeli dan penjual dalam suatu transaksi”.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem pembayaran adalah suatu cara pertukaran nilai yang telah disepakati antara dua orang atau kelom.

Definisi SPP

SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) adalah sumbangan yang dikenakan kepada wajib bayar untuk digunakan bagi keperluan penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan (Maulana).

SPP adalah sejumlah biaya yang dikenakan kepada calon siswa sebagai sumbangan pembangunan kepada pihak sekolah yang dibayar setiap bulan.

Definisi Flowchart

Flowchart adalah representasi grafik yang menggambarkan setiap langkah yang akan dilakukan dalam suatu proses, yang merupakan alat bantu yang digunakan untuk menerangkan logika program, berupa suatu bagan yang menjelaskan secara rinci langka-langkah dari proses program (Hadi, Karim, Hidayat, 2017:61).[13]

Flowchart adalah gambaran atau bagan yang memerlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta intruksinya (Prawiyanti dan Triyono, 2013:45).[14]

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Flowchart adalah gambaran langkah-langkah dari proses suatu program.

Definisi Blackbox Testing

Blackbox testing berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak. Tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input an melakukan pengetesan spesifikasi fungsional program (Mustaqbal, dkk 2015:34).[15]

Menurut Aisyah dalam Jurnal SENSI (2016:177)[16], “Blackbox Testing adalah metodelogi uji coba yang memfokuskan pada keperluan fungsional perangkat lunak. pengujian blackbox berusaha menemukan fungsi-fungsi yang tidak benar atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database ekstrenal, kesalahan kinerja dan inisialisasi dan kesalahan terminasi”.

Mengambil penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Blackbox adalah suatu metode untuk menguji sebuah perabgkat lunak berjalan dengan baik atau tidak.

Definisi Elisitasi

Elisitasi adalah suatu metode untuk analisa kebutuhan dalam rekayasa perangkat lunak (Prastomo, 2014:166).[17]

Elisitasi kebutuhan adalah sekumpulan aktivitas yang ditunjukkan untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pelanggan, pengguna sistem, dan pihak lain yang memiliki kepentingan dalam pengembangan sistem (Siahaan, 2012:66).[18]

Berdasakan pendapat ahli di atas dapat disimpulkan elisitasi adalah metode untuk menganalisa kebutuhan sebuah sistem.

Definisi Unified Modelling Language (UML)

Unified Modelling Language (UML) adalah salah satu standar bahasa yang banyak digunakan di dunia industri untuk meendefinisikan requirement, membuat analisa dan desain, serta menggambarkan arsitektur dalam pemrograman berorientasi objek (Lilyani Asri Utami, 2015:36).[19]

Unified Modelling Language (UML) bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak (Imbar dan Hartanto, 2015:13).[20]

Menurut penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Unified Modelling Language (UML) adalah bahasa pemodelan untuk mendefinisikan suatu sistem dengan menggunakan gambar.

Literature Review

“Penelitian sebelumnya (Literature Review) merupakan survey literature tentang penemuan – penemuan yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya (empirical fiding)yang berhubungan dengan topik penelitian” (Mulyandi, 2013:17-153).[21]

Terdapat beberapa penelitian yang memiliki korelasi yang searah dengan penelitian yang akan dibahas dalam penelitian ini, antara lain :

  1. Penelitian ini dilakukan oleh Adhani, dkk pada tahun 2015 yang berjudul “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Dan Pembayaran Spp Menggunakan Zachman Framework”. Penelitian ini menjelaskan bahwa Saat ini proses penerimaan siswa baru dan pembayaran Surat Perintah Pembayaran (SPP) dilakukan dengan metode konvensional dimana proses seleksi dilakukan dengan cara yaitu referensi sekolah menengah pertama dimana langsung diterima tanpa dilakukan tes tertulis, dan pembayaran yang dilakukan secara bergilir dan seringkali melebihi target waktu yang ditentukan dikarenakan tidak adanya sistem yang mampu membantu proses penerimaan dan pembayaran pada sekolah tersebut.[22]

  2. Penelitian ini dilakukan oleh Anggit Susanto pada tahun 2016 yang berjudul “Perancangan Aplikasi Pembayaran Spp Pada Sma N 1 Ambarawa Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0”. Penelitian ini menjelaskan bahwa SMA Negeri 1 Ambarawa adalah intitusi pendidikan yang selalu ingin mengikuti perkembangan teknologi informasi yang sedang berkembang. Bidang administrasi keuangan yang selama ini masih terasa sulit untuk dikerjakan karena masih menggunakan cara manual. Sehingga informasi yang dihasilkan terkadang masih mengalami kekeliruan dan keterlambatan pembuatan laporan. Hal ini disebabkan terbatasnya sumber daya manusia dan banyaknya data yang dikelola. Dalam hal ini tentunya proses pengolahan harus diolah secara efektif, efisien dan proses pengolahan data yang dijalankan harus mudah dalam pengisian data, pemprosesan data dan pelaporannya. Sedangkan ditinjau dari kefektifan sebuah sistem baik dari segi manfaat, biaya, maupun waktu yang digunakan, kesemuanya itu harus dapat mendukung tercapainya pemenuhan akan informasi pengolahan data yang berkualitas.[23]

  3. Penelitian ini dilakukan oleh Sudirman, dkk pada tahun 2012 yang berjudul “Perancangan Program Aplikasi Transaksi Pembayaran SPP, UTS dan UAS Menggunakan Metode Analisis dan Desain Berorientasi Objek Model Unified Approach (UA)” . Penelitian ini membahas Program Aplikasi Transaksi Pembayaran SPP yang ada di SMK Muhammadiyah Garut, sebagai sarana untuk pendukung aktivitas transaksi pembayaran di bagian Tata Usaha Sekolah. Dengan meningkatnya siswa yang masuk ke SMK Muhammadiyah Garut, Petugas Tata Usaha mengalami kesulitan menghadapi siswa yang melakukan pembayaran SPP dengan proses manual, dan mengakibatkan pencatatan, penyimpanan data pada transaksi pembayaran SPP disimpan dalam bentuk manual yang ditulis pada buku-buku besar, sehingga petugas mengalami kesulitan dalam pencarian informasi data siswa yang sudah atau belum melakukan pembayaran, dan petugas kesulitan dalam pembuatan laporan yang tepat dan akurat. Sebagai sarana untuk mengatasi permasalahan diatas,penulis membuat program aplikasi transaksi pembayaran SPP, UTS dan Uas, menggunakan metode analisa dan pengembangan sistem yang digunakan metodologi berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA) dikemukan oleh Ali Bahrami (1999) yang terdiri dari tahapan-tahapan Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Design (OOD) dengan menggunakan notasi grafis standar Unified Modelling Language (UML) untuk memodelkan kebutuhan sistemnya. Bedasarkan analisa dan perancangan pada sistem informasi transaksi pembayaran SPP, UTS dan UAS di SMK Muhammadiyah Garut, mampu menghasilkan aplikasi perangkat lunak yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan menunjang fasilitas dalam aktivitas administrasi khususnya pembayaran SPP, UTS dan UAS di SMK Muhammadiyah Garut.[24]

  4. Penelitian ini dilakukan oleh Ali Syahbana pada tahun 2013 yang berjudul “Pembangunan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Pacitan”. Penelitian ini membahas Madrasah Aliyah Ma’arif Pacitan mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan administrasi pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan insidental dimulai dari pencatatan pembayaran, pemberian bukti pembayaran dan pencarian data pembayaran semua dilakukan secara konvensional. Dokumentasi pembayaran hanya berupa penulisan di buku besar. Sehingga segala sesuatu yang menyangkut tentang data tersebut mempunyai kegunaan atau nilai tertentu yang diperlukan tidak dapat mudah ditemukan. Sistem administrasi keuangan yang berjalan saat ini dapat dikatakan masih kurang efisien dan efektif, semua proses masih dilakukan secara konvensional. Dampak dari sistem lama akan menyebabkan dapat tertundanya hal-hal penting keputusan sekolah yang berhubungan dengan pembiayaan kegiatan belajar mengajar. Dengan dibangunnya Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Keuangan Siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Pacitan secara terkomputerisasi diharapkan dapat membantu petugas untuk dapat mempercepat proses kegiatan pembayaran SPP dan insidental, mengurangi kekeliruan pencatatan dan memperkecil resiko kerusakan serta kehilangan data.[25]

  5. Penelitian ini dilakukan oleh Fristanto, dkk pada tahun 2014 dengan judul “Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan Insidental Pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Tinatar Punung”. Penelitian ini menjelaskan tentang sistem yang berjalan mulai dari proses pendataan siswa hingga pembayaran keuangan siswa ini masih kurang efektif dan kurang efisien dimana dalam pencatatan terutama dalam pembayaran SPP dan Insidental dilakukan secara berulang-ulang sehingga menyebabkan proses yang lama dalam mengolah data-data dan dapat menghabiskan waktu terutama untuk menentukan sebuah keputusan dalam menindaklanjuti informasi yang di dapat dari siswa. Pembayaran SPP dan insidental di SMK muhammadiyah Tinatar punung masih konfensional dan belum terkomputerisasi dengan baik. Dengan dibuatnya sistem informasi pembayaran SPP dan insidental siswa pada SMK Muhammadiyah Tinatar punung, Pengelolaan data pembayaran menjadi lebih mudah dan akurat, karena pengelolaan pembayaran menggunakan sistem yang terkomputerisasi.[26]

  6. Penelitian ini dilakukan oleh Sari dan Lidya pada tahun 2017 yang berjudul “Mobile Application Reminder of SPP Payment Schedule’s and School Activities Information Based SMS Gateway”. Penelitian ini menjelaskan bahwa untuk membangun informasi fasilitas Jadwal Pembayaran dan Penyebaran SPP Kegiatan Informasi di TK Alfaduta Dumai. Ini aplikasi mampu menangani proses pembayaran dan menyampaikan Kegiatan informasi lebih efisien menggunakan informasi teknologi. Aplikasi ini akan membantu penyebarannya informasi dengan cepat dan mengurangi keterlambatan pembayaran informasi dengan menggunakan fasilitas SMS (Short Message Service) Gateway untuk orang tua / wali. Aplikasi ini menggunakan SMS Gateway yang bisa menyebarkan pesan ke pengguna otomatis dan cepat. Ini terhubung langsung dengan database nomor ponsel dan operator tidak harus mengetikkan ratusan angka dan pesan di ponsel telepon, karena semua nomor akan diambil secara otomatis dari database. Mekanisme ini memungkinkan semua jenis pengumuman dikirim melalui SMS menggunakan Mobile Application Reminder Payment Jadwalkan Informasi Kegiatan SPP dan Sekolah. SMS itu Gateway akan bisa memudahkan administrator dan sekolah untuk memberikan berbagai informasi kepada orang tua atau wali, dan mengatasi keterlambatan pembayaran SPP setiap bulan.[27]

  7. Makalah ini membahas bagaimana tim pengembangan perangkat lunak di Universitas Yordania Jerman (GJU) mengadopsi proses pengembangan manajemen dan pengembangan perangkat lunak dalam rangkaian ISO / IEC 29110 untuk menerapkan Sistem Informasi Siswa yang kompleks (SIS). Secara khusus, ini mengidentifikasi poin-poin kunci yang harus dipertimbangkan dalam tahap analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan penyebaran selama proses pengembangan SIS yang berulang dan berulang. SIS adalah aplikasi berbasis web tiga tingkat terdistribusi yang memungkinkan pendaftar melakukan berbagai tugas seperti pengaturan sistem, pendaftaran, registrasi, pemrosesan nilai, kelulusan, dan pelaporan. Ini diluncurkan pada semester pertama 2015/2016 dan memungkinkan administrasi untuk menjaga lingkungan belajar yang nyaman, menilai kinerja instruktur, meningkatkan praktik pengajaran, dan memperbaiki konten kursus. Hasil pengukuran sistem dan survei pengguna menyatakan bahwa SIS kaya fitur, mudah digunakan, cepat, handal, stabil, sangat tersedia, dan terukur.[28]


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan

Contributors

Aenul Yakin