SI1312476562

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PENERAPAN IDU ILEARNING PLUS BERBASIS

GAMIFICATION SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA

PERGURUAN TINGGI


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1312476562
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI BUSINESS INTELLIGENCE

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PENERAPAN IDU ILEARNING PLUS BERBASIS

GAMIFCATION SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA

PERGURUAN TINGGI

NIM
: 1312476562
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Business Intelligence

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Nur Azizah, M.Akt., M.Kom)
NIP : 99001
       
NIP : 10002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PENERAPAN IDU ILEARNING PLUS BERBASIS

GAMIFICATION SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN JARAK JAUH

PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1312476562
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Business Intelligence

Disetujui Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
(Qurotul Aini, S.Kom. M.T.I)
NID : 12003
   
NID : 14012

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PENERAPAN IDU ILEARNING PLUS BERBASIS

GAMIFICATION SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA

PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1312476562
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Business Intelligence

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, 19 jANUARI 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(...)
 
(....)
 
(...)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PENERAPAN IDU ILEARNING PLUS BERBASIS

GAMIFICATION SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA

PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1312476562
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Business Intelligence

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 19 Januari 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1312476562

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

The Learning activity is the activity of learners to continue higher education such as lectures to achieve an objective such as the curriculum, the flexibility is obtained by distance learning, by applying distance learning media can make society for continuing education so that it can control the time as desired, because perkuliaha doesn't have to be face-to-face with the professors, all communications are contained in the millis class and iDu. But the process of learning through iDu iLearning Plus in College Raharja has not run with maximum optimization for the lack of teaching and learning activities in the media learning iDu iLearning Plus. In a study conducted there are 3 (three) of the problems faced by the media in distance learning, the resulting data is analyzed by using SWOT analysis. There are 15 (Fifteen) strategy project for the realization of such efforts. Stages of implementation that is applied to the presentation of information in the form of implementation of gamification on class iDu iLearning plus is in 4 classes, namely PA102Z (introduction to information technology), Intercultural Skills UL401Z personal, SK140Z (distributed systems) and MT103 (Linear Algebra), in order to enhance distance learning, as well as doing some checking class 50 and class Plus iLearning applied to terminate inactive users in the iDu iLearning Plus.


Keywords: distance learning, Gamification, iDu, iLearning Plus.

ABSTRAK

Kegiatan pembelajaran merupakan aktifitas peserta didik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi seperti perkuliahan untuk mencapai suatu tujuan seperti kurikulum, fleksibilitas merupakan hal yang didapatkan oleh pembelajaran jarak jauh, dengan menerapkan media pembelajaran jarak jauh dapat mempermudah masyarakat untuk melanjutkan pendidikan sehingga dapat mengontrol waktu sesuai yang diinginkan, karna perkuliaha tidak mesti tatap muka langsung dengan dosen, semua komunikasi terdapat didalam millis class dan iDu. Namun proses pembelajaran melalui iDu iLearning Plus di Perguruan Tinggi Raharja belum berjalan dengan maksimal karena kurangnya optimalisasi kegiatan belajar mengajar dalam media pembelajaran iDu iLearning Plus. Dalam penelitian yang dilakukan terdapat 3 (tiga) permasalahan yang dihadapi dalam media pembelajaran jarak jauh, data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan analisa SWOT .Terdapat 15 (Lima Belas) strategy project untuk merealisasikan upaya tersebut. Tahap implementasi yaitu diterapkannya penyajian informasi berupa implementasi gamification pada class iDu iLearning plus terdapat di 4 kelas yaitu PA102Z (Pengantar Teknologi Informasi), UL401Z Kecakapan Antar personal, SK140Z (Sistem Terdistribusi) dan MT103 (Aljabar Linier), guna untuk meningkatkanpembelajaran jarak jauh, serta dilakukannya pengecekan kelas sebanyak 50 kelas iLearning Plus dan diterapkannya terminate user yang tidak aktif dalam iDu iLearning Plus.


Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Gamification, iDu, iLearning Plus.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul "PENERAPAN IDU ILEARNING PLUS BERBASIS GAMIFICATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PERGURUAN TINGGI".

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1) Jurusan Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Raharja. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data dengan menggunakan beberapa metode seperti penelitian (observasi), wawancara dan beberapa sumber literature yang mendukung penulisan ini.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK RAHARJA.
  2. Bapak Dr. P.o. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  4. Ibu Nur Azizah, M.Akt., M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  5. Ibu Hani Dewi Ariessanti, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  6. Ibu Qurotul Aini, S.Kom., M.T.I selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  7. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Stakeholder yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Keluarga tercinta terutama Papa dan Mama yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini apat terselesaikan dengan baik.
  10. Rekan-rekan seperjuangan bimbingan bersama Group KAWAI dan RUSIA
  11. Rekan-rekan seperjuangan Group TimUR
  12. Ardi Yogo Priyono yang selalu memberikan dukungan dan motivasi sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan bersama

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penulisan Skripsi ini masih belum sempurna. Oleh karena itu penulis selalu terbuka terhadap segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Penulis berharap semoga penulisan Skripsi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.


Tangerang, 19 Januari 2016
Kitab Suci
NIM. 1312476562

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Sejarah Perguruan Tinggi Raharja

Tabel 3.2. Program Studi D3

Tabel 3.3. Program Studi S1

Tabel 3.4. Program Studi S2

Tabel 3.5. Presiden Direktur

Tabel 3.6. Direktur

Tabel 3.7. Pembantu (Bidang Akademik)

Tabel 3.8. Pembantu Direktur II (Administrasi)

Tabel 3.9. Pembantu Direktur III (Bidang Kemahasiswaan)

Tabel 3.10. Asisten Direktur Akademik

Tabel 3.11. Kepala Jurusan

Tabel 3.12. Asisten Direktur Finansia

Tabel 3.13. Layanan Keuangan Mahasiswa (LKM)

Tabel 3.14. Asisten Direktur Operasional (ADO)

Tabel 3.15. Layanan Registrasi Mahasiswa (LRM)

Tabel 3.16. Perkuliahan dan Ujian (PU)

Tabel 3.17. Analisa SWOT

Tabel 3.18 . .Matriks SWOT

Tabel 3.19 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.20 Elisitasi tahap II

Tabel 3.21 Elisitasi tahap III

Tabel 3.21 Final elisitasi

Tabel 4.1 Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Tabel 4.2 Kriteria Terminate

Tabel 4.3 pengecekan millis class bulan november 2016

Tabel 4.4 Black box Testing Login SSO (Single Sign On)

Tabel 4.5 Black box Testing Announcement

Tabel 4.6 Black box Testing Sign Up

Tabel 4.7 Black box Testing Menu Enroll Classes

Tabel 4.8 Black box Testing Uploade lessons

Tabel 4.9 Black box Testing Give Assignment

Tabel 4.10 Time Schedule

Tabel 4.11 Estimasi Biaya


DAFTAR GAMBAR


Gambar 1.1 Alur Kegiatan Pembelajaran Online

Gambar 2.1 Logo Widuri

Gambaran 2.2 Gambar Rinfo Docs

Gambaran 2.3 Rinfo Sheet

Gambaran 2.4 Rinfo Form

Gambaran 2.5 Unified Modeling Languang (UML)

Gambar 2.6 Ten Pillar IT iLearning

Gambaran 2.7 Logo iLearning Plus

Gambar 2.8 Logo iDu

Gambaran 2.9 Design Gamification,

Gambar 3.1 Logo Perguruan Tinggi Raharja<

Gambar 3.2. Arti Pribadi Raharja

Gambar 3.3. Arti Green Campus Raharja

Gambar 3.4 Maskot Raharja

Gambar 3.5. Stuktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambaran 3.6 Flow chart yang berjalan<

Gambaran 3.7 Use case diagram sistem yang berjalan

Gambaran 3.8 Activity diagram sistem yang berjalan

Gambaran 4.1 Use case diagaram pada lessons pembelajaran iDu iLearning Plus

Gambaran 4.2 Use Case Diagram Sistem Submit Assignment iDu Class pembelajaran iLearning Plus yang diusulkan<

Gambaran 4.3 Activity diagram pada lessons pembelajaran iDu iLearning Plus<

Gambaran 4.4 Activity diagram Sistem Submit Assignment iDu Class pembelajaran iLearning Plus yang diusulkan</i>

Gambaran 4.5 Lessons iDu class gamification yang diusulkan

Gambaran 4.6 Sequence Diagram Sistem Submit Assignment Pada Pembelajaran iLearning Melalui Aplikasi iDu yang Diusulkan

Gambar 4.7 Flowchart</i>

Gambaran 4.8 tampilan menu login pada iDu iLearning Plus

Gambaran 4.9 yang menampilkan homepada iDu iLearning Plus

Gambaran 4.10 Tampilan welcomeclass PA102Z pada dosen iLp

Gambaran 4.11 Tampilan welcome class MT103Z pada dosen iLp

Gambaran 4.12 Tampilan welcome class UL401Z pada dosen iLp

Gambaran 4.13 Tampilan welcome class SK140Z pada dosen iLp

Gambaran 4.14 Tampilan game class PA102Z pada dosen iLp

Gambaran 4.15 Tampilan game class UL401Z pada dosen iLp

Gambaran 4.16 Tampilan game class MT103Z pada dosen iLp

Gambaran 4.17 Tampilan game class SK140Z pada dosen iLP

Gambaran 4.18 Tampilan Lessons class PA102Z pada dosen iLp

Gambaran 4.19 Tampilan Lessons class UL401Z pada dosen iLp

Gambaran 4.20 Tampilan Lessons class MT103Z pada dosen iLp

Gambaran 4.21 Tampilan Lessons class SK140Z pada dosen iLp

Gambaran 4.22 tampilan lessons class PA102Z pada mahasiswa iLp

Gambaran 4.23 Tampilan Lessons class UL401Z

Gambaran 4.24 Tampilan Lessons class MT103Z pada mahasiswa iLp

Gambaran 4.25 Tampilan Lessons class SK140Z pada mahasiswa iLp

Gambaran 4.26 Tampilanassignment class PA102Z pada dosen iLp

Gambaran 4.27 Tampilan assignment class UL401Z pada dosen iLp

Gambaran 4.28 Tampilan assignment class MT103Z pada dosen iLp

Gambaran 4.29 Tampilan assignment class SK140Z pada dosen iLp

Gambaran 4.30 Tampilan assignment class PA102Z pada mahasiswa iLp

Gambaran 4.31 Tampilan assignment class MT103Z pada mahasiswa iLp

Gambaran 4.32 Tampilan assignment class UL401Z pada mahasiswa iLp

Gambaran 4.33 Tampilan assignment class SK140Z pada mahasiswa iLp

Gambaran 4.34 Terdapat announcement perihal registrasi semester genap 16-17

Gambaran 4.35 Terdapat like pada announcement sebanyak 10 mahasiswa iLp

Gambaran 4.36 Terdapat Comment pada announcement iDu iLp sebanyak 6 mahasiswa

Gambaran 4.37 Tampilan tamplate class iDu iLp

Gambaran 4.38 Tampilan level, point, badge pada template class iDu iLP

Gambaran 4.39 Tampilan game class PA102Z pada dosen iLp

Gambaran 4.40 Tampilan game class UL401Z pada dosen iLp

Gambaran 4.41 Tampilan game class MT103Z pada dosen iLp

Gambaran 4.42 Tampilan game class SK140Z pada dosen iLP

Gambaran 4.43 Tampilan Banner Rinfo

Gambaran 4.44 Tampilan Banner OJRS+

Gambaran 4.45 Tampilan Banner Fgr

Gambaran 4.46 tampilan Leardbord

Gambaran 4.47 Tampilan Counfigur idu class

Gambaran 4.48 kriteria penukaran point

Gambaran 4.49 Mengetahui comment mahasiswa iLp

Gambaran 4.50 Tampilan welcome class PA102Z pada dosen iLp

Gambaran 4.51 Tampilan welcome class MT103Z pada dosen iLp

Gambaran 4.52 Tampilan welcome class UL401Z pada dosen iLp

Gambaran 4.53 Tampilan welcome class SK140Z pada dosen iLp

Gambaran 4.54 Notification award point

Gambaran 4.55 banner prospek

Gambaran 4.56 banner kemerdekaan

Gambaran 4.57 banner selamat tahun baru

Gambaran 4.58 award point PA102Z

Gambaran 4.59 award point UL401Z

Gambaran 4.60 award point MT103Z<

Gambaran 4.61 award point SK140Z

Gambaran 4.62 remender email terminat user

Gambaran 4.63 account user yang tidak aktif

Gambaran 4.64 Pengecekan class ilearning plus