SI1312476304

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN VIEWBOARD WIDURI MENGGUNAKAN

MEDIAWIKI SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN

PERFORMA WIDURI WAYANG PADA

PERGURUAN TINGGI


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1312476304
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI BUSINESS INTELLIGENCE

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017

 



 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN VIEWBOARD WIDURI MENGGUNAKAN

MEDIAWIKI SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN

PERFORMA WIDURI WAYANG PADA

PERGURUAN TINGGI

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1312476304
Nama  : Siti Nurhayati
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Sistem Informasi
Konsentrasi  : Business Intelligence

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2017

Ketua         Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA         Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)         (Nur Azizah, M.Akt M.Kom)
NIP : 00594         NIP : 078010

 



 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PERANCANGAN VIEWBOARD WIDURI MENGGUNAKAN

MEDIAWIKI SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN

PERFORMA WIDURI WAYANG PADA

PERGURUAN TINGGI

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1312476304
Nama  : Siti Nurhayati

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Business Intelligence

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2017

Pembimbing I     Pembimbing II
       
       
       
       
(Khanna Tiara, S.Kom,. M.T.I )     (Indri Handayani, S.Kom,. M.T.I)
NID : 14013     NID : 14018

 



 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PERANCANGAN VIEWBOARD WIDURI MENGGUNAKAN

MEDIAWIKI SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN

PERFORMA WIDURI WAYANG PADA

PERGURUAN TINGGI

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 1312476304
Nama  : Siti Nurhayati

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Business Intelligence

Tahun Akademik 2016/2017

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, 19 Januari 2017

Ketua Penguji   Penguji I   Penguji II
         
         
         
         
(_______________)   (_______________)   (_______________)
NID : --------   NID : --------   NID : --------

 



 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 


PERANCANGAN VIEWBOARD WIDURI MENGGUNAKAN

MEDIAWIKI SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN

PERFORMA WIDURI WAYANG PADA

PERGURUAN TINGGI

 

Disusun Oleh :

NIM  : 1312476304
Nama  : Siti Nurhayati
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Sistem Informasi
Konsentrasi  : Business Intelligence

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

 

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 19 Januari 2017

 
 
 
 
 
(Siti Nurhayati)
NIM : 1312476304

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 




 

ABSTRACT

As the development of the times and the technology at the College at this time is very fast growing. The role of intellectual capital is becoming very important and strategic management articles to achieve competitive advantage. So in producing a system that must be consumed by the public should give the idea that beneficial, it is becoming an important element in the College functioned to help manage intellectual capital in the managerial decision-making process in order to improve the performance of the College. This research aims to implement a system to support user performance system towards a more competitive through a system of planning, measuring and improving performance-based intellectual capital. One is the Viewboard system in the Raharja College website is Widuri. The use of Viewboard on aMediawiki-based Thistle on information technology aims to design, measure, manage and develop intellectual capital, inter alia in the form of knowledge, skills and expertise of human resources Raharja College The use of key performance indicatorsanalyzed Raharja College to meet the quality standards at competitive Colleges. So by Viewboard on user ease and Widuri Admin Widuri know the process automatically.

Keywords: Viewboard, Widuri, College.

 

 

ABSTRAK

Seiring perkembangan zaman dan teknologi pada Perguruan Tinggi saat ini sangatlah cepat berkembang. Peranan modal intelektual menjadi sangat penting dan strategis dalam pengelolaan artikel untuk mencapai keunggulan kompetitif. Sehingga dalam menghasilkan suatu sistem yang semestinya dikonsumsi oleh umum harus memberi gagasan yang bermanfaat, hal ini menjadi elemen penting dalam Perguruan Tinggi yang difungsikan untuk membantu manajerial mengelola modal intelektual dalam proses pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan performa sistem untuk mendukung pengguna sistem kearah yang lebih kompetitif melalui sistem perencanaan, pengukuran dan meningkatkan kinerja berbasis modal intelektual. Salah satu implementasi sistem Viewboard dalam Perguruan Tinggi Raharja ialah website Widuri. Penggunaan Viewboard pada Widuri berbasis Mediawiki pada teknologi informasi bertujuan untuk mendesain, mengukur, mengelola dan mengembangkan modal intelektual, antara lain berupa pengetahuan, skill dan keahlian sumber daya manusia Perguruan Tinggi Raharja. Penggunaan indicator kinerja kunci Perguruan Tinggi Raharja dianalisis untuk memenuhi standar mutu Perguruan Tinggi yang kompetitif. Sehingga dengan Viewboard pada Widuri mempermudah pengguna serta Admin mengetahui proses Widuri secara otomatis.

Kata kunci: Viewboard, Widuri, Perguruan Tinggi.

 



 

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul "PERANCANGAN VIEWBOARD WIDURI MENGGUNAKAN MEDIAWIKI SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN PERFORMA WIDURI WAYANG PADA PERGURUAN TINGGI".

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan program Strata Satu (S1) Jurusan Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Raharja. Sebagai bahan penulisan, penulis mengambil data dengan menggunakan beberapa metode seperti penelitian (observasi), wawancara dan beberapa sumber literature yang mendukung penulisan ini.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.

  2. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si., selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.

  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.

  4. Ibu Nur Azizah, M.Akt., M.Kom., selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi STMIK Raharja.

  5. Ibu Khanna Tiara, S.Kom,. M.T.I selaku Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.

  6. Ibu Indri Handayani, S.Kom,. M.T.I selaku Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.

  7. Bapak Erick Febriyanto, S.Kom selaku Stakeholder yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.

  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.

  9. Keluarga tercinta yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.

  10. BI Team (Ayu, Fella, Heni, Iin, Meisa, Novita, Olis, Riska, Shella dan Tasya) yang telah memberikan motivasi yang tiada henti kepada penulis.

  11. Serta teman-teman Timur 2 dan Timur 3 yang telah memberikan dukungan kepada penulis.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penulisan Skripsi ini masih belum sempurna. Oleh karena itu penulis selalu terbuka terhadap segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Penulis berharap semoga penulisan Skripsi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Tangerang, 19 Januari 2017
Siti Nurhayati
NIM. 1312476304

 



DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja.

Tabel 3.2. Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja.

Tabel 3.3. Elisitasi Tahap I.

Tabel 3.4. Elisitasi Tahap II.

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap III.

Tabel 3.6. Final Draft Elisitasi .

Tabel 4.1. Perbedaan Prosedure Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan.

Tabel 4.2. Tabel List Pengujian Sistem.

Tabel 4.3. Tabel Blackbox Testing

Tabel 4.4. Tabel Blackbox Testing

Tabel 4.5. Tabel Blackbox Testing

Tabel 4.6. Tabel Blackbox Testing

Tabel 4.7. Tabel Blackbox Testing

Tabel 4.8. Tabel Blackbox Testing

Tabel 4.9. Tabel Blackbox Testing

Tabel 4.10. Tabel Time Schedule.

Tabel 4.11. Tabel Estimasi Biaya.


DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1. Renstra Manajemen Perguruan Tinggi Raharja Tahun 2015-2016.

Gambar 1.2. Alur Akses

Gambar 2.1. Diagram MediaWiki.

Gambar 3.1. Struktur Organisasi Akademik Perguruan Tinggi Raharja.

Gambar 3.2. Flowchart program pada sistem Widuri

Gambar 3.3. Use Case Diagram Yang Berjalan Pada Widuri

Gambar 3.4. Activity Diagram Yang Berjalan Pada Widuri

Gambar 3.5. Sequence Diagram Yang Berjalan Pada Widuri

Gambar 4.1. Use Case Diagram Yang Diusulkan.

Gambar 4.2. Activity Diagram Yang Diusulkan.

Gambar 4.3. Sequence Diagram Yang Diusulkan.

Gambar 4.4. Flowchart Sistem Yang Diusulkan.

Gambar 4.5. HIPO Pada Widuri secara keseluruhan.

Gambar 4.6. HIPO Pada Widuri pada menu khusus.

Gambar 4.7. Prototype Widuri

Gambar 4.8. Prototype Viewboard Menu Khusus Widuri

Gambar 4.9. Prototype Export

Gambar 4.10. Prototype Export Data Widuri

Gambar 4.12. Prototype Laporan Menu Khusus Widuri

Gambar 4.14. Prototype Widuri Wayang.

Gambar 4.15. Prototype Performa Widuri Wayang

Gambar 4.18. Pembuktian Strategi 1.

Gambar 4.19. Pembuktian Strategi 2.

Gambar 4.20. Pembuktian Strategi 2.

Gambar 4.21. Pembuktian Strategi 3.

Gambar 4.22. Pembuktian Strategi 4.

Gambar 4.23. Pembuktian Strategi 5.

Gambar 4.24. Pembuktian Strategi 5.

Gambar 4.25. Pembuktian Strategi 6.

Gambar 4.26. Pembuktian Strategi 6.

Gambar 4.27. Pembuktian Strategi 7.

Gambar 4.28. Pembuktian Strategi 8.

Gambar 4.29. Pembuktian Strategi 8.

Gambar 4.30. Pembuktian Strategi 9.

Gambar 4.31. Pembuktian Strategi 9.

Gambar 4.32. Pembuktian Strategi 9.

Gambar 4.33. Pembuktian Strategi 10.

Gambar 4.34. Pembuktian Strategi 10.

Gambar 4.35. Pembuktian Strategi 11.

Gambar 4.36. Pembuktian Strategi 12.

Gambar 4.37. Pembuktian Strategi 12.

Gambar 4.38. Pembuktian Strategi 13.

Gambar 4.39. Pembuktian Strategi 14.

Gambar 4.40. Pembuktian Strategi 15.

DAFTAR SIMBOL FLOWCHART

Simbol 1. Simbol Flowchart


DAFTAR SIMBOL UML

Simbol 2. Use Case Diagram


Simbol 3. Activity Diagram

DAFTAR SIMBOL HIPO

Simbol 2. HIPO

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Knerja atau performance merupakan sebuah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi organisasi yang dituangkan melalui perencanaan strategis suatu organisasi. (Moeheriono, 2012:95). Viewboard sangat penting untuk menampilkan data statistik secara akurat, dimana viewboard itu sendiri berfungsi untuk memberikan suatu informasi yang dibutuhkan atau informasi penting untuk diketahui secara umum.

Perguruan Tinggi Raharja adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia, dengan konsentrasi pengajaran manajemen dan ilmu komputer. Perguruan Tinggi Raharja selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman, termasuk dalam proses belajar mengajar. Jumlah mahasiswa yang semakin meningkat mengakibatkan sumber daya dan fasilitas-fasilitas yang ada selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan teknologi (Sunarya, 2013:78)

WikiGnome adalah sebutan untuk seorang pemakai wiki yang melakukan hal berguna yakni menyunting tanpa menuntut dengan ribuan perhatian. Mereka bekerja di belakang layar wiki yaitu yang menyangkut tentang hal yang tidak diurus yang sedikit dan berbagai hal dengan lembut. Adapun perilaku WikiGnome yaitu gemar memeriksa adanya kesalahan cetak dengan cara memperbaiki, mengoreksi tatabahasa yang masih belum baku, dan memperbaiki lapangan golf yang dirusak orang lain. Oleh karena itu, WikiGnome salah satu yang berpengaruh di dalam Widuri untuk mengukur dan mengendalikan isi dalam sistem Widuri.

Pada saat ini Widuri mempunyai terobosan baru seperti WikiGnome pada Wikipedia, di mana Widuri juga memiliki seseorang wiki yang disebut sebagai Widuri Wayang. Widuri Wayang merupakan seseorang yang bekerja di belakang layar Widuri yang memperbaiki artikel, CV, maupun laporan KKP, TA/Skripsi yang tidak sesuai dengan ketentuan penulisan di Widuri. Tolak ukur agar berhasil lolos pada Widuri harus melewati tahap scan plagiarisme melalui FGR. Plagiat yang diartikan sebagai tindakan menjiplak ide, gagasan atau karya orang lain untuk diakui sebagai karya sendiri atau menggunakan karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya sehingga menimbulkan asumsi yang salah atau keliru mengenai asal muasal dari suatu ide, gagasan atau karya. Karena definisi tersebut tidak secara spesifik membatasi pada ciptaan karya tulis, maka plagiarisme dapat pula digunakan untuk menyatakan tindakan penjiplakan ide, gagasan atau karya arsitektur. (Soelistyo 2011:8-9).

Photo:

Gambar 1.1. Logo Widuri

Widuri merupakan salah satu Ten Pilar IT iLearning yang berada di Perguruan Tinggi Raharja. Sistem Widuri dapat dilakukan setiap hari dimanapun dan kapanpun adapun untuk review artikel ilmiah dilakukan pada hari kerja dalam kurung waktu 1x24 jam.

Rumusan Masalah

Dari masa-kemasa Widuri sebagai sarana dari Perguruan Tinggi Raharja untuk membuat CV maupun artikel ilmiah seperti laporan TA/Skripsi, saat ini Widuri masih tahap mereview CV, sedangkan laporan TA/Skripsi belum dapat ke tahap review dan di lock agar tidak dapat di rubah oleh pengguna lain.

Peningkatan Widuri telah mengalami beberapa pengembangan seperti sudah mampu mereview CV yang terdapat di Widuri, akan tetapi kualitas Widuri masih belum maksimal karena untuk laporan TA/Skipsi masih dapat disunting dan masih terdapat menjiplak hasil karya orang lain, mengingat Widuri adalah media online yang dapat di konsumsi secara umum, hal ini perlu di tindak lanjuti ke tahap review.

Foto

Gambar 1.2. Alur Laporan TA/Skripsi di Review

Gambar 1.2. Menjelaskan tentang alur laporan TA/Skripsi yang berada di dalam Widuri ke tahap review oleh Widuri Wayang, sehingga laporan TA/Skripsi dapat di lock dan tidak dapat di sunting oleh siapapun.

Dalam menampilkan laporan yang di peroleh Widuri sebuah informasi yang penting dan menarik. Pada sistem sebelumnya belum terdapat sistem yang dapat memberikan informasi mengenai hasil laporan rekapan dan menghasilkan perhitungan jumlah keseluruhan secara akurat.

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan beberapa masalah, maka terdapat 3 rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana sistem Widuri yang berjalan saat ini?

  2. Bagaimana mengembangkan sistem review pada Widuri Wayang agar lebih optimal?

  3. Bagaimana meningkatkan kinerja Widuri Wayang dengan cara adanya Viewboard?

Berdasarkan permasalahan-permasalahan sudah dibahas melalui latar belakang dan juga perumusan masalah, maka dari itu penulis mengambil judul “Perancangan Viewboard Widuri Menggunakan MediaWiki Sebagai Penunjang Laporan Performa Widuri Wayang Pada Perguruan Tinggi” untuk jadi penelitian Skripsi.

Ruang Lingkup

Untuk mempermudah penulisan laporan Skripsi ini, maka harus ada batasan atau ruang lingkup masalah, berikut merupakan ruang lingkup permasalahan yang akan dibahas diantaranya, sistem dapat menampilkan statistik jumlah Widuri Wayang pada halaman utama Widuri, kategori yang mencangkup pada sistem Widuri, menampilkan performa Widuri Wayang di mulai dari periode 1 hingga periode 2 yang sedang berjalan saat ini, menampilkan 5 Widuri Wayang terpopuler, jumlah suntingan yang sudah di lakukan Widuri Wayang.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Dalam melakukan penelitian, peneliti mempunyai sejumlah tujuan. Tujuan dari penelitian juga bisa berbeda karena perbedaan masalah yang sedang di teliti. Memahami masalah dengan benar dan juga merumuskan dengan baik, besar kemungkinan pekerjaan merumuskan tujuan akan dapat dilalui dengan tepat. Tujuan dari penelitian merupakan suatu hal yang sangat penting karena tujuan akan membuat suatu penelitian menjadi lebih terarah dan sesuai dengan rencana awal.

Adapun 3 tujuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan sistem ke tahap review laporan TA/Skripsi oleh Widuri Wayang.

  2. Dengan mengoptimalkan ke tahap proses lock sehingga tidak dapat dirusak oleh pengguna lain.

  3. Menciptakan sebuah Viewboard yang bisa memberikan sebuah informasi yang akurat berdasarkan pada sistem Widuri.

Manfaat Penelitian

Manfaat yang diambil dari suatu penelitian merupakan sebuah hasil dari terlaksananya suatu tujuan dan terjawabnya dari sebuah rumusan masalah yang secara akurat.

Adapun 3 manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Adanya proses review laporan TA/Skripsi oleh Widuri Wayang, dapat menghasilkan sistem Widuri menjadi lebih baik.

  2. Dengan adanya proses lock pada laporan TA/Skripsi, membuat Penulis tidak khawatir akan disunting oleh pengguna lain.

  3. Adanya Viewboard yang dapat memberikan sebuah informasi kepada Pribadi Raharja berdasarkan dari data statistik sistem Widuri secara akurat.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Pada metode pengumpulan data, penulis melakukan sejumlah tahapan adalah sebagai berikut:

  1. Metode Observasi (Pengamatan)

    Observasi (pengamatan) adalah metode pengumpulan data melalui pengamatan langsung atau peninjauan secara cermat dan langsung di lapangan atau lokasi penelitian. Dalam hal ini, peneliti dengan berpedoman kepada desain penelitiannya perlu mengunjungi sebuah instansi akademik tepatnya pada Raharja Enrichment Center (REC) Perguruan Tinggi Raharja sebagai lokasi penelitian untuk mengamati berbagai hal atau kondisi yang ada di lapangan dan meminta data yang diperlukan sebagai bahan untuk menulis laporan penelitian. Kemudian dari pengamatan lapangan yang dilakukan selama 3 (tiga) minggu tersebut dijadikanlah pedoman untuk dilakukan pengamatan terhadap sistem yang akan dikembangkan. Beberapa data yang diambil seperti akses sistem Widuri, serta mengetahui statistik yang ada pada sistem Widuri dan kinerja Widuri Wayang dalam mereview yang di sistem Widuri. Dengan cara ini peneliti diharapkan dapat mengetahui dan memahami sistem yang akan peneliti analisa.

  2. Metode Wawancara

    Metode wawancara adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data-data pendukung dengan cara berkomunikasi langsung dengan pihak terkait di dalam Perguruan Tinggi Raharja mengenai sistem yang akan dirancang. Dalam penelitian kali ini penulis melakukan wawancara kepada Erick Febriyanto, S.Kom  selaku Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang menjadi stakeholder penulis di dalam penelitian ini.

  3. Metode Studi Pustaka

    Studi Pustaka adalah segala upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, buku tahunan dan sumber- sumber lain. Serta melakukan pencarian pada Internet. Dalam hal ini seorang peneliti berkewajiban mempelajari teori-teori yang mendasar masalah dan bidang penelitiannya. Selain itu, peneliti juga perlu memanfaatkan hasil penelitian dan pemikiran yang relevan dengan masalah penelitiannya untuk menghindari terjadinya pengulangan penelitian serupa atau duplikasi yang tidak diinginkan. Dengan melakukan kajian bahan-bahan pustaka yang ada, peneliti dapat memperoleh informasi secara sistematis, kemudian menuangkannya dalam bentuk rangkuman yang utuh. Melalui metode studi pustaka ini penulis mencari teori-teori yang berkaitan dengan ruang lingkup penelitian dan mempelajari referensi yang ada di dalam Jurnal Nasional/Internasional dan laporan tugas akhir atau skripsi dari kampus lain.

Metode Analisis Sistem

Menurut Murad (2013: 51), tahap analisa merupakan tahap dalam mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai sistem yang diteliti dengan melakukan metode-metode pengumpulan data sehingga ditemukan kelebihan dan kekurangan sistem serta user requirement. Selain itu, tahap ini juga dilakukan untuk mencari pemecah masalah dan menganalisa bagaimana sistem akan dibangun untuk memecahkan masalah pada sistem sebelumnya. dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis sistem elisitasi yang terdiri dari elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi dengan pencapaian strategi pada penelitian ini. Strategi yang dihasilkan pada penelitian ini juga telah memiliki data yang kuantitatif.

Metode Perancangan

Menurut Nasution (2012: 118), “Desain atau perancangan adalah tahapan di mana dimulai analisa mengenai bentuk input sistem, rancangan database, output sistem dan skema alur kerja program”. Dan pada metode perancangan sistem ini peneliti menggambarkan dalam bentuk sebuah gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output) sebagai bentuk dokumentasi program yang dapat dimengerti oleh pengguna secara baik, perancangan tersebut juga menggunakan UML (Unified Modeling Language), flowchart sebagai rancangan langkah atau prosedur program.

Metode Pengujian Sistem

Metode testing ini digunakan untuk menganalisis suatu identitas sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dikembangkan untuk mengeliminasi kesalahan pada sistem saat diterapkan. dalam penelitian ini peneliti menerapkan Black Box sistem dimana Black Box sistem ini berfungsi untuk mengetahui apakah perangkat lunak dapat berfungsi sebagaimana yang telah diharapkan.

Sistematika Penulisan

Agar memudahkan peneliti dalam membuat laporan penulisan dan pembahasannya secara sistematis, oleh karena itu penulisan membagi menjadi 5 (lima) bab dan setiap bab terbagi dalam sub bab-sub bab dengan urutan pembahasan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan mengenai latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, dan sistematik penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini menjelaskan mengenai teori-teori yang berkaitan dengan teori dasar atau umum dan teori-teori khusus yang berhubungan dengan sebuah analisa serta permasalahan yang telah dibahas pada bagian sistem yang sedang berjalan, dan literature review, dan semua literature akan dimasukkan ke dalam daftar pustaka.

BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN

Bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final draft elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, rancangan basis data,  flowchart, rancangan program, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testingevaluasi, implementasi, estimasi biaya.

BAB IV METODOLOGI PENELITIAN

Dalam bab ini penulis menguraikan sistem yang akan diusulkan seperti usulan prosedur yang baru, Analisa sistem yang berjalan yang terdiri dari Analisa elisitasi sistem. Untuk metode analisa berdasarkan prosedur sistem yang berjalan terdiri atas analisa masukan, analisa proses, dan analisa keluaran. Diagram HIPO (Hierarchy Plus Input Proces Output), rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, schedule implementasi, dan estimasi biaya.

BAB V PENUTUP

Berisikan tentang kesimpulan, saran dan kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil laporan Skripsi.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka ini berisi studi pustaka yang digunakan sebagai referensi untuk menyusun laporan ini.

LAMPIRAN

Lampiran ini merupakan daftar yang memuat keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Definisi Perancangan Sistem

Menurut Verzello/John Reuter III dalam Darmawan (2013:227), perancangan sistem adalah tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem: pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.

Menurut Deni Darmawan dan Kunkun Nur Fauzi (2013:228), perancangan sistem adalah sebuah proses yang menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan.

Menurut Satzinger, Jackson, dan Burd (2012:5), perancangan adalah sekumpulan aktivitas yang menggambarkan secara rinci bagaimana sistem akan berjalan. Hal itu bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan user.

Menurut Yakub (2012:145), perancangan sebagai gambaran, perencanaan, dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.

Adapun tujuan yang hendak dicapai dari tahap perancangan sistem mempunyai maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk memenuhi kebutuhan user mengenai gambaran yang jelas tentang perancangan sistem yang akan diimplementasikan.

  2. Untuk mulai membangun suatu program.

Kemudian dari keempat pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perancangan adalah sebuah rancangan atau gambaran secara jelas sehingga menghasilkan suatu sistem yang sesuai kebutuhan user.

Definisi Report

Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi karena dalam suatu organisasi dimana hubungan antara atasan dan bawahan merupakan bagian dari keberhasilan organisasi tersebut. Dengan adanya hubungan antara perseorangan dalam suatu organisasi baik yang berupa hubungan antara atasan dan bawahan, ataupun antara sesama karyawan yang terjalin baik maka akan bisa mewujudkan suatu sistem delegation of authority dan tanggungjawaban akan terlaksana secara efektif dan efisien dalam organisasi.

Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang disajikan itu merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan obejktif  yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan suatu kegiatan.

Dalam pembuatan suatu laporan formal, bahasa yang digunakan haruslah bahasa yang baik, jelas dan teratur. Bahasa yang baik tidak berarti bahwa laporan itu mempergunakan gaya bahasa yang penuh hiasan, melainkan dari segi sintaksis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan yang baik antara satu kata dengan kata yang lain dan antara satu kalimat dengan kalimat lain.

Definisi Performance Sistem

Kinerja adalah singkatan dari energi kerja, dalam bahasa Inggris adalah performance. Pengertian kinerja merupakan hasil atau keluaran yang dihasilkan oleh fungsi-fungsi atau indikator-indikator suatu pekerjaan atau suatu profesi dalam kurun waktu tertentu (Kurniadi A, 2013).

Menurut Rivai (2013:604), kinerja merupakan suatu istilah secara umum yang digunakan sebagian atau seluruh tindakan atau aktivitas dari suatu organisasi pada suatu periode dengan suatu referensi pada sejumlah standar seperti biaya masa lalu yang diproyeksikan dengan dasar efisiensi, pertanggungjawaban atau akuntabilitas manajemen dan semacamnya.

Standar kinerja sebagaimana yang dijelaskan Abdullah (2014:115) memiliki fungsi antara lain :

  1. Sebagai tolok ukur (benchmark) untuk menentukan keberhasilan dan ketidakberhasilan kinerja ternilai.

  2. Memotivasi karyawan agar bekerja lebih keras untuk mencapai standar. Untuk menjadikan standar kinerja yang benar-benar dapat memotivasi karyawan perlu dikaitkan dengan reward atau imbalan dalam sistem kompernsasi.

  3. Memberikan arah pelaksanaan pekerjaan yang harus dicapai, baik kuantitas maupun kualitas.

  4. Memberikan pedoman kepada karyawan berkenan dengan proses pelaksaan pekerjaan guna mencapai standar kinerja yang ditetapkan.

Pengukuran kinerja menurut Mardiasmo dalam Sinambela (2012: 187) mempunyai tiga tujuan, yaitu:

  1. Membantu memperbaiki kinerja agar kegiatan terfokus pada tujuan dan sasaran program unit kerja.

  2. Pengalokasian sumber daya dan pembuatan keputusan.

  3. Mewujudkan pertanggungjawaban publik dan memperbaiki komunikasi kelembagaan

Menurut Moeheriono (2012:95), kinerja atau performance merupakan gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiatan atau kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi, misi organisasi yang dituangkan melalui perencanaan strategis suatu organisasi.

Kemudian dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa performance merupakan tingkat pencapaian suatu aktivitas seseorang guna mencapai standar kinerja yang baik.

Konsep Dasar Sistem

1. Definisi Sistem

Menurut Mulyadi (2013:5), Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan. Prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan serta seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

Menurut Supriyati (2012:10), Dalam buku yang berjudul Sistem Informasi Manajemen yaitu, sistem merupakan kumpulan unsur dari subsistem / komponen-komponen / prosedur-prosedur baik phisik maupun nonphisik yang mempunyai fungsi dan prosedur tertentu, saling bekerja sama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2. Elemen Sistem

Menurut McLeod yang dikutip oleh Yakub (2012:3) tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen-elemen yang sama, tetapi susunan dasarnya sama.

Elemen – elemen yang terdapat dalam sistem ditandai dengan adanya :

  1. Tujuan

    Tujuan ini menjadi motivasi yang mengarahkan pada sistem, karena tanpa tujuan yang jelas sistem menjadi tak terarah dan tak terkendali.

  2. Masukan

    Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan untuk diproses. Masukan dapat berupa hal-hal berwujud maupun yang tidak berwujud. Masukan berwujud adalah bahan mentah, sedangkan yang tidak berwujud adalah informasi. Proses Proses merupakan elemen yang bertugas melakukan perubahan atau transformasi dari masukan / data menjadi keluaran / informasi yang berguna dan lebih bernilai.

  3. Keluaran

    Keluaran (output) merupakan hasil dari input yang sudah dilakukan pemerosesan sistem dan keluaran dapat menjadi masukan untuk subsistem lain.

  4. Batasan

    Batasan (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah diluar sistem. Selain itu juga sebagai batasan – batasan dari tujuan yang akan dicapai oleh sistem. Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem.

  5. Umpan Balik

    Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan masukan maupun proses. Umpan balik juga bertugas mengevaluasi bagian dari output yang dikeluarkan. Tujuannya untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan,

  6. Lingkungan

    Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem.

Contributors

Siti Nurhayati