SI1221473414

Dari widuri
Revisi per 7 Februari 2017 05.52 oleh Intan rosmaditha (bicara | kontrib) (←Membuat halaman berisi '<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"> <p style="line-height: 1">'''PERANCANGAN MEDIA BULETIN SEBAGAI SARANA'''</P></div> <di...')

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA BULETIN SEBAGAI SARANA

INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI PADA

TK AL-HUSNI MAUK TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA BULETIN SEBAGAI SARANA

INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI PADA

TK AL-HUSNI MAUK TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 19 Februari 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA BULETIN SEBAGAI SARANA

INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI PADA

TK AL-HUSNI MAUK TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
( Drs. Sugeng Widada, M.Si.)
   
( Sugeng Santoso, M.Kom.)
NID : 06098
   
NID : 03009

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA BULETIN SEBAGAI SARANA

INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI PADA

TK AL-HUSNI MAUK TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, 19 Januari 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA BULETIN SEBAGAI SARANA

INFORMASI DAN PROMOSI PADA

TK AL-HUSNI MAUK TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 19 Januari 2017

 
 
 
 
 
NIM : 1221473414

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Tujuan penelitian mengajukan rancangan media Buletin adalah untuk meningkatkan citra sebuah lembaga pendidikan berupa rancangan media komunikasi penyampaian informasi agar masyarakat mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan lembaga TK AL-HUSNI Mauk Tangerang. Agar menghasilkan rancangan media Buletin yang menarik dan informatif digunakan konsep desain yang terdapat tahapan Perencanaan Media, Perencanaan Pesan dan Perencanaan Visual. Manfaat dari rancangan media yang diusulkan untuk meningkatkan perolehan calon siswa untuk tiap-tiap tahunnya.


Kata kunci: Rancangan, media, Buletin


ABSTRACT

The research objective is to submit a draft Bulletin media to enhance the image of an educational institution such as the design of communication media to deliver information so that people know the activities of the Institute TK AL-HUSNI Mauk Tangerang. In order to produce a draft media Bulletin attractive and informative to use a design concept that there are stages of media planning, planning and planning visual message. Benefits of media design is proposed to increase the acquisition of prospective students for each year.


Keywords: design, media, bulletin.


KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah atas Rahmat dan Hidayah yang diberikan Allah SWT kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan Skripsi ini, dengan judul ”PERANCANGAN MEDIA BULETIN SEBAGAI SARANA INFORMASI KEGIATAN DAN PROMISI PADA TK AL-HUSNI MAUK TANGERANG”.

Penulis menyadari bahwa penyusunan Laporan ini masih terdapat beberapa kekurangan, karena keterbatasan kemampuan penulis dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang.

Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga terlaksananya penulisan Laporan Skripsi ini. Ucapan terima kasih terutama kepada:

  1. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur STMIK Raharja.
  2. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja..
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Asisten Direktur bidang akademik dan juga sekaligus sebagai Dosen pembimbing II.
  4. Bapak Sugeng Widada, Drs.,M.S.I, selaku Dosen pembimbing I.
  5. Bapak Junaidi, M.Kom selaku kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  6. Kedua Orang tua tercinta dan segenap keluarga yang memberikan motivasi dan tak henti-hentinya memanjatkan doa demi kemudahan saya menyelesaikan Laporan Skripsi ini.
  7. Ibu Endah Rosdiana, S.Pd selaku Kepala Sekolah TK AL-HUSNI Mauk Tangerang, Segenap staff kurikulum dan guru-guru yang telah memberikan banyak kemudahan dalam membantu penulis untuk memenuhi kelengkapan-kelengkapan administrasi skripsi.
  8. Serta sahabat-sahabat Anak Bawah yang telah banyak membantu baik dukungan riil maupun moril yang tak dapat penulis cantumkan namanya satu persatu.
  9. Dan untuk kekasih tercinta Ackto Priyandi yang telah memberi semangat selama berlangsungnya skripsi hingga final.

Akhir kata, semoga Allah SWT. Memberikan balasan yang melimpah kepada mereka yang telah membantu penulis dalam penyusunan Laporan Skripsi ini. Aamiin.


Tangerang,19 Januari 2017
Intan Rosmaditha
NIM. 1221473414


DAFTAR TABEL

Tabel 2.1. Fungsi tools CorelDrawX6

Tabel 3.5.1. Tabel Daftar Pesaing

Tabel 3.10. Tabel Budget Produksi buletin

Tabel 3.12.1. Tabel Elisitasi Tahap 1

Tabel 3.12.2. Tabel Elisitasi Tahap 2

Tabel 3.12.3. Tabel Elisitasi Tahap 3

Tabel 3.12.4. Tabel Final Elisitasi

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Menu Bar CorelDrawX6

Gambar 2.2 Tampilan Jendela Program Photoshop CC

Gambar 2.2. Toolbar CorelDrawX6

Gambar 2.3. Gambar Halaman muka Photoshop

Gambar 2.4. Letak fasilitas menu bar dalam photoshop

Gambar 2.5. Tool Box

Gambar 3.1. Gambar Struktur Organisasi TK AL-HUSNI

Gambar 4.1. Layout Kasar cover Buletin

Gambar 4.2. Layout Kasar isi Buletin Sambutan

Gambar 4.3. Layout Kasar isi Buletin Profil Sekolah

Gambar 4.4. Layout Kasar isi Buletin Visi dan Misi

Gambar 4.5. Layout Kasar isi Buletin Sarana dan Prasarana

Gambar 4.6. Layout Kasar isi Buletin Kegiatan disekolah

Gambar 4.7. Layout Kasar isi Buletin Galeri hasil karya

Gambar 4.8. Layout Kasar isi Buletin Lembar mewarnai 1

Gambar 4.9. Layout Kasar isi Buletin Lembar mewarnai 2

Gambar 4.10. Layout Kasar isi Buletin Kegiatan diluar sekolah

Gambar 4.11. Layout Kasar isi Buletin Galeri kegiatan lainnya

Gambar 4.12. Layout Kasar isi Buletin Memperingati hari Kartini

Gambar 4.13. Layout Kasar isi Buletin Wisuda

Gambar 4.14. Layout Kasar isi Buletin Pensi Pelepasan

Gambar 4.15. Layout Kasar isi Buletin Informasi Pendaftaran

Gambar 4.16. Layout Kasar Cover belakang Buletin

Gambar 4.17. Layout Komprehensif cover Buletin

Gambar 4.18. Layout Komprehensif isi Buletin Sambutan

Gambar 4.19. Layout Komprehensif isi Buletin Profil Sekolah

Gambar 4.20. Layout Komprehensif isi Buletin Visi dan Misi

Gambar 4.21. Layout Komprehensif isi Buletin Sarana dan Prasarana

Gambar 4.22. Layout Komprehensif isi Buletin Kegiatan disekolah

Gambar 4.23. Layout Komprehensif isi Buletin Galeri hasil karya

Gambar 4.24. Layout Komprehensif isi Buletin Lembar mewarnai 1

Gambar 4.25. Layout Komprehensif isi Buletin Lembar mewarnai 2

Gambar 4.26. Layout Komprehensif isi Buletin Kegiatan diluar sekolah

Gambar 4.27. Layout Komprehensif isi Buletin Galeri kegiatan lainnya

Gambar 4.28. Layout Komprehensif isi Buletin Memperingati hari Kartini

Gambar 4.29. Layout Komprehensif isi Buletin Wisuda

Gambar 4.30. Layout Komprehensif isi Buletin Pensi Pelepasan

Gambar 4.31. Layout Komprehensif isi Buletin Informasi Pendaftaran

Gambar 4.32. Layout Komprehensif Cover Belakang Buletin

Gambar 4.33. Final Artwork cover Buletin

Gambar 4.34. Final Artwork isi Buletin Sambutan

Gambar 4.35. Final Artwork isi Buletin Profil Sekolah

Gambar 4.36. Final Artwork isi Buletin Visi dan Misi

Gambar 4.37. Final Artwork isi Buletin Sarana dan Prasarana

Gambar 4.38. Final Artwork isi Buletin Kegiatan disekolah

Gambar 4.39. Final Artwork isi Buletin Galeri hasil karya

Gambar 4.40. Final Artwork isi Buletin Lembar mewarnai 1

Gambar 4.41. Final Artwork isi Buletin Lembar mewarnai 2

Gambar 4.42. Final Artwork isi Buletin Kegiatan diluar sekolah

Gambar 4.43. Final Artwork isi Buletin Galeri kegiatan lainnya

Gambar 4.44. Final Artwork isi Buletin Memperingati hari Kartini

Gambar 4.45. Final Artwork isi Buletin Wisuda

Gambar 4.46. Final Artwork isi Buletin Pensi Pelepasan

Gambar 4.47. Final Artwork isi Buletin Informasi Pendaftaran

Gambar 4.48. Final Artwork Cover Belakang Buletin



BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang Penelitian

Kemajuan teknologi informasi maju begitu pesat, penggunaan sarana media penunjang informasi dalam mempromosikan sebuah penyelenggaraan lembaga pendidikan bersaing begitu pesat, tiap-tiap lembaga pendidikan umumnya menggunakan media sarana penunjang informasi yang begitu menarik kepada khalayak sasaran.

Seiring dengan perkembangan lembaga dan kondisi hingga saat ini dalam mempromosikan lembaga sekolah TK AL-HUSNI baru digunakan penyampaian informasi dari mulut ke mulut, belum menggunakan informasi melalui media yang dirancang secara spesifik dan kreatif sebagai daya tarik yang ditujukan kepada masyarakat.

Sesuai hasil wawancara yang dilakukan kepada Ibu Endah Rosdianah, S.Pd, agar dapat lebih menarik perhatian kepada masyarakat dalam meningkatkan perolehan calon siswa setiap tahunnya.

Informasi peningkatan jumlah penduduk melalui pertambahan kelahiran anak, setiap tahunnya terdata peningkatan sebanyak 100 sampai dengan 150 anak, sedangkan perolehan siswa ditargetkan 70 siswa, sesuai capaian tersebut dinilai dari pihak pengelola belum tercapai. Untuk memenuhi target yang telah ditetapkan, agar program promosi dapat efektif dan dapat dijadikan daya tarik informasi yang ditujukan kepada masyarakat, pihak lembaga menghendaki dirancang sebuah media yang dapat dijadikan penyampaian informasi kegiatan sekolah sekaligus sebagai daya tarik program promosi sekolah.

Saya selaku mahasiswa program studi Teknik Informatika, konsentrasi MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang desain grafis dalam penelitian skripsi mengambil tema, Perancangan media Buletin yang dapat digunakan sebagai penyampaian informasi kegiatan lembaga sekolah sekaligus digunakan sebagai sarana dalam mempromosikan TK AL-HUSNI Mauk Kabupaten Tangerang.


Rumusan Masalah

1. Media promosi dan informasi seperti apakah yang ada sebelumnya pada TK AL-HUSNI?

2. Media dalam bentuk apa yang dapat menunjang informasi dan promosi pada TK AL-HUSNI?

3. Kepada siapakah nantinya perancangan media buletin ini akan di tujukan?

4. Apa saja isi terdapat pada buletin informasi dan promosi pada TK AL-HUSNI?


Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan lebih fokus dan terarah, pembahasan permasalahan skripsi dibatasi hal-hal yang berhubungan dan dibutuhkan pada perancangan media bulletin yang digunakan sebagai penunjang informasi dalam mempromosikan lembaga pendidikan TK AL-HUSNI Mauk, Kabupaten Tangerang, maka penulis membatasi ruang lingkup pembahasan yang akan diteliti yaitu pada pembuatan buletin baik pembuatan cover buletin dengan konsep desain yang simple, adapun isi buletin yang berisi tentang informasi sekolah baik profil, sarana dan prasarana sekolah, kegiatan belajar mengajar, kegiatan bermain sambil belajar, dan aktifitas ekstrakulikuler sekolah dan dilengkapi dengan lembar belajar dan mewarnai pada bagian tengah halaman buletin, agar orang tua murid dapat membaca informasi seputar sekolah dan kegiatannya, begitupun bagi anak dapat melihat buletin dengan membaca gambar yang telah di rancang secara visual dalam bentuk buletin dan dapat mengasah motorik halus anak dengan lembar edukasi yang telah tertera.


Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan penelitian

a. Untuk menyediakan media informasi sekaligus media promosi untuk lembaga pendidikan TK AL-HUSNI yang belum tersedia sebelumnnya.

b. Untuk menjelaskan semua kegiatan murid-murid yang ada di dalam sekolah maupun diluar sekolah secara visual kepada pembaca.

c. Untuk memperkenalkan lembaga pendidikan ini kepada masyarakat sekitar agar lebih mengetahui informasi secara visual.


Manfaat penelitian

a. Bagi Mahasiswa

Dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dalam membuat pengembangan desain media promosi yang telah diajarkan selama menuntut ilmu pada Perguruan Tinggi, sehingga menjadi terlatih dan berpengalaman dalam bidang desain komunikasi visual.

b. Bagi Masyarakat

Agar mendapatkan informasi yang lebih akurat dan tervisualisasi tentang sekolah TK AL-HUSNI, dengan media promosi yang digunakannya, sehingga dapat menarik minat para orang tua untuk mendaftarkan putra/putrinya ke sekolah.

c. Bagi Sekolah

Agar sekolah TK AL-HUSNI, dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, sehingga diharapkan dengan pengembangan media buletin yang digunakan sebagai media informasi dan promosi untuk sekolah tersebut dapat meningkatkan angka pendaftaran settiap tahunnya.

Metodologi Penelitian

Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dalam penulisan karya ilmiah Tugas akhir ini, penulis menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :

1. Metode Analisis Permasalahan

Analisis permasalahan penelitian dihasilkan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yakni memaparkan dan mendeskripsikan permasalahan yang dihasilkan dari interview.

2. Metode Pengumpulan Data

Data-data penunjang laporan skripsi dikumpulkan dengan:

a. Metode Observasi Untuk mendapatkan data yang dikumpulkan melalui observasi, peneliti datang dan melakukan interview langsung kepada pengelola lembaga sekolah dalam hal ini ibu Endah Rosdianah, S.Pd selaku kepala sekolah.

b. Metode Wawancara (Interview) Pada saat melakukan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2016, wawancara dilaksanakan kepada kepala sekolah.

c. Metode Studi Pustaka Untuk memperoleh data dukung tentang teori dasar yang dibutuhkan pada landasan teori, peneliti membaca buku-buku yang berhubungan dengan desain grafis, aplikasi-aplikasi program penunjang rancangan sebuah media beserta literature-literatur yang relevan dengan topik penelitian.

3. Metode Analisis Perancangan Media

Media Komunikasi Visual yang dibutuhkan oleh TK AL-HUSNI akan diproduksi dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis yaitu: Corel Draw X6 dan Adobe Photoshop CC.

4. Metode Konsep Desain

Konsep desain yang digunakan penulis dalam penelitian tugas akhir ini akan menyampaikan:

a. Perencanaan Media

b. Perencanaan Pesan

c. Perencanaan Visual



Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas dalam penyusunan Tugas akhir ini dimana masing-masing bab saling berkaitan dan menjadi satu kesatuan. Maka penulis mengelompokkan materi Laporan Tugas akhir ini menjadi beberapa bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut:


BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian serta Sistematika Penulisan.


BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis menjelaskan konsep-konsep dasar yang akan mendasari laporan penelitian Tugas akhir yang penulis ajukan.


BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini berisi tentang gambaran umum Obyek yang diteliti yaitu, mengenai sejarah singkat, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, product information, market analisis, potensial market, market segmentation, marketing objective, marketing strategy, budget produksi media, konfigurasi hardware dan elisitasi.


BAB IV KONSEP DESAIN

Berisi tentang Perencanaan Media (Konsep Media) yaitu, mengenai Tujuan Media, Strategi Media, Program Media, Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif) yang meliputi Tujuan Kreatif dan Strategi Kreatif, Perencanaan Visual (Konsep Visual) yaitu, Tujuan Visual, Strategi Visual, Penulisan Naskah (Copy Writing), Pengarahaan Visualisasi dan Proses Desain.


BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.


DAFTAR PUSTAKA


LAMPIRAN


BAB II

LANDASAN TEORI


Konsep Dasar Perancangan

Pengertian Perancangan

Menurut Pujirianto dalam buku Pengajaran Pemahaman melalui Desain yang diterbitkan oleh indeks Jakarta (2012:27),[1], Perancangan adalah wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.

Menurut Soepadmo dalam buku Panduan mudah merancang bangunan oleh Niaga swadaya Jakarta (2013:10)[2], ”Perancangan adalah setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini”.

Berdasarkan teori dasar yang dikemukakan di atas, pengertian perancangan sesuai dengan topik penelitian, perancangan adalah perencanaan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif melalui tahapan proses dalam desain.


Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Menurut Maimunah dalam Jurnal CCIT Vol.5 No.3 Media Company Profile sebagai sarana penunjang informasi dan promosi oleh Perguruan Tinggi Raharja (2012:284)[3],” Media adalah sarana untuk menyimpan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto”

Menurut desrianti dalam Jurnal CCIT Vol.5 No.2 Audio Visual As One of the Teaching Reasources On Ilearning oleh Perguruan Tinggi Raharja (2012:133)[4], Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertian media yang diberikan AECT (Association for Education Communication and Technology) ini menunjukkan bahwa istilah “media” memiliki makna yang sangat umum, ini disebabkan kata “segala bentuk” yang terdapat dalam pengertian tersebut memberikan makna bahwa yang disebut media tidak terbatas pada satu jenis media tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa Media adalah sarana dalam berbagai unsur komunikasi grafis untuk menyampaikan informasi kepada public yang berupa media cetak maupun media visual.


Alternatif Media

Secara umum media yang tersedia dapat dikelompokkan menjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang dan media lini bawah.

a. Media cetak, yaitu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Bentuk-bentuk iklan dalam media cetak biasanya berupa iklan baris, iklan display, suplemen, pariwara dan iklan masyarakat. Jenis-jenis media cetak terdiri atas: surat kabar, buku profil, buletin, tabloid, brosur dan lain-lain. .

b. Media elektronik, yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (disisipkan ditengah-tengah film atau acara), pengumuman acara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas: televisi, radio dan internet.

c. Media luar ruangan (outdoor), yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis, gedung, pagar tembok dan sebagainya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi: billboard, baliho, poster, spanduk umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa, dan lain-lain.

d. Media dalam ruangan (indoor), yaitu media iklan (biasanya berukuran kecil) yang dipasang disuatu ruangan, gedung atau toko-toko lainnya. Jenis-jenis media dalam ruangan meliputi: poster, sticker, katalog, etalase, hanging design, point of purchase, floor stand dan lain-lain.

e. Media lini atas, yaitu media utama dalam langkah berpromosi. Hal ini dilakukan untuk menjangkau target audience secara menyeluruh. Media lini atas terdiri dari media yang berkaitan dengan media cetak dan media elektronik.

f. Media lini bawah, yaitu media penunjang dalam berpromosi. Bertujuan sebagai alternatif dalam berpromosi yang sifatnya kontinyu.


Konsep Dasar Buletin

Pengertian Buletin

Menurut Menurut Barbie Zelizer dalam buku Keywords in News and Journalism Studies oleh Mixed Sources (2012:13)[5], “Bulletin a british term for the delivery format of broadcast news, Often called a newcast in the US, Bulletins comprise the core of the network’s assembled news reports and related types of content, such as weather information, positioning them at a specified time in the schedule”. (“Buletin istilah Inggris untuk format pengiriman siaran berita, Sering disebut siaran baru di AS, Buletin merupakan inti dari laporan berita yang dirakit jaringan dan jenis terkait konten, seperti informasi cuaca, posisi mereka pada waktu yang ditentukan dalam susunan acara”).

Menurut Asep Syamsul dalam buku Kamus Jurnalis oleh Simbiosa Rektama Media (2008:26)[6]“Buletin adalah format penerbitan pers berupa lembaran ,biasanya lembaran sentilan atau fotokopi, berukuran kertas folio atau kuarto, terdiri dari empat sampai delapan lembar”.

Dapat disimpulkan bahwa Buletin adalah media cetak yang berisi susunan berita acara ataupun surat kabar yang membahas suatu topik pembicaraan yang di rancang secara visual dalam lembaran yang tidak terlalu banyak dan singkat.


Konsep Dasar Informasi

Pengertian Informasi

Menurut Tata Sutabri dalam buku Analisis Sistem Informasi oleh CV Andi Offset (2012:22)[7], ”Informasi adalah data yang telah diklarifikasikan atau diolah atau diimplementasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan”.

Menurut Putu Agus dalam buku Sistem Informasi dan Implementasinya oleh Informatika (2014:8)[8], ”Informasi merupakan hasil pengolahan data dari suatu atau berbagai sumber, yang kemudian diolah, sehingga memberikan nilai, arti, dan manfaat. Proses pengolahan ini memerlukan teknologi”.

Dapat disimpulkan bahwa Informasi adalah data yang telah di klarifikasikan atau diolah sehingga memberikan nilai, arti atau manfaat.


Bentuk-bentuk Informasi

a. Informasi manajerial

Informasi strategis untuk manajerialtingkat atas, informasi taktis untuk manajerial tingkat menengah, dan informasi operasional untuk manajerial tingkat bawah.

b. Sumber informasi

Sumber informasi dibagi, menjadi informasi internal dan eksternal. Informasi internal adalah informasi yang menggambarkan keadaan (profile), sedangkan informasi eksternal adalah informasi yang menggambarkan ada tidaknya perubahan di luar organisasi. Informasi ini biasanya lebih banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan manajerial tingkat atas.

c. Informasi rutinitas

Informasi rutinitas, dibagi menjadi informasi rutin dan insendentil. Informasi rutin digunakan secara periodik terjadwal dan digunakan untuk penanggulangan masalah rutin, sedangkan informasi insendentil diperlukan untuk penanggulangan masalah khusus.

d. Informasi fisik

Informasi fisik, dapat diartikan susunan yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan tenaga pelaksanaan yang secara bersama-sama saling mendukung untuk menghasilkan suatu produk, dan sistem informasi dari segi fungsi merupakan suatu proses berurutan dimulai dari pengumpulan data dan diakhiri dengan komunikasi.


Konsep Dasar Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis

Menurut Hendratman dalam buku Computer Graphic Design oleh informatika (2014:3)[9], “Desain Grafis dapat di atrikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam Gambar”.

Menurut Wibowo dalam buku Belajar Desain Grafis dan Tipografi (2013:10)[10],“Desain adalah metode penyampaian pesan visual berbentuk teks dan gambar dari komunikator kepada komunikan. Berbentuk sebuah objek, system, komponen dan struktur, dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintregrasi dengan teknologi”.

Berdasarkan teori dasar diatas pengertian bahwa desain grafis adalah suatu proses pemikiran yang di wujudkan secara visual yang melalui sebuah tahapan.


Unsur-Unsur Desain Grafis

Desain yang menekankan tanpa keindahan akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. ’Menarik’ atau ’indah’ bisa dilihat dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin),maka desain akan menarik apabila indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. Keindahan yang dibahas disini lebih ditekankan pada kemampuan mata sebagai penilai. Tetapi sebelum mendesain, kita perlu mengenal terlebih dahulu unsur-unsur dalam desain itu sendiri.


Pengertian Typografi

Menurut Hendratman dalam buku Computer Graphic Design oleh Informatika (2014:151)[9], ”Typography adalah ilmu yang mempelajari tentang penempatan, penataan huruf untuk mendapatkan kesan tertentu agar pembaca bisa mendapat informasi secara maksimal”.

Menurut Danton Sihombing dalam buku Tipografi dalam desain grafis oleh Gramedia Pustaka Utama (2015:6)[10],“Typography adalah disiplin ilmu yang mempelajari karakter, fungsi karakter, fungsi huruf dan pemakaiannya dalam sebuah desain. Seni pemilihan huruf cetak dan pemakaian huruf tertentu dalam kesesuaian dengan maksud yang khas juga penataan huruf, penyebaran ruang dan pengaturan huruf dapat membantu pembaca secara maksimal serta dapat mempengaruhi suasana hati pembacanya, jarang pembaca menikmati corak sebagai tujuan utamanya”.

Dapat disimpulkan bahwa Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang penempatan maupun karakter huruf yang dapat mempengaruhi suasana hati pembacanya.


Pengertian Tentang Psikologi Warna

A. Pengertian Warna

Menurut Hendratman dalam buku Computer Graphic Design oleh Informatika (2014:81)[9], ”Warna adalah suatu komponen desain yang membentuk keindahan sekaligus menimbulkan persepsi psikologis, sugesti, suasana tertentu”.

Menurut Wibowo dalam buku Belajar Design Grafis dan Tipografi (2013:148)[10], Secara obyektif ”Warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga, kuning, ungu). Jenis warna yang demikian disebut Spectrum atau warna cahaya”. Secara Subyektif ”Warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu”.

Dapat disimpulkan warna adalah suatu komponen desain yang berasal dari sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai yang menimbulkan persepsi psikologis, sugesti dan suasana tertentu.

B. Jenis atau bentuk warna

  1. Warna primer
    Warna Primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna: kuat dan kontras.
  2. Warna sekunder
    Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran 2 (dua) warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan tiga warna pula, yaitu jingga, (merah+kuning), hijau (kuning+biru), dan ungu (merah+biru).
  3. Warna Quarter
    Warna yang merupakan hasil percampuran 2 (dua) warna tersier, yaitu coklat jingga adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijau adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat biru.
  4. Warna Tersier
    Warna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna–warna sekunder yang menghasilkan tiga warna, yaitu orange–jingga, orange–hijau, dan hijau–jingga..
  5. Warna Complementer
    Dua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning, merah dan hijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warna ini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinya dapat bergerak..

C. Makna Simbolik Warna

Menurut Hendratman dalam buku Computer Graphic Design oleh Informatika (2014 :121)[11]

  1. Warna Merah
    Emosi yang kuat, energi keberanian, perjuangan, kemauan keras, nafsu, aktif, agresif, marah, dominasi, panas, dan bahaya.
  2. Warna Kuning
    Menonjol, akrab, spontan, semangat, ceria , main-main, kreatif, bebas, pengecut, dan tidak punya sikap.
  3. Warna Hijau
    Alami, sehat, rileks, kesuburan, pertumbuhan, penyembuhan, muda, pembaruan, sukses, keinginan, keberuntungan, kebanggaan, kekerasan hati, berkuasa, kurang formal, kurang serius, terlalu umum alias kurang unik atau esklusif bagi beberapa orang.
  4. Warna Biru Tua
    Konsentrasi, kooperatif, cerdas, tenang, bijaksana, integratif, banyak teman, keamanan, teknologi, kebersihan,keteraturan, kaku, keras, perasa, dan serius.
  5. Warna Putih
    Suci, bersih, tepat, tidak bersalah, sederhana, tidak tegas, kosong, tanpa ekspresi, kurang usaha, santai, dan melambangakan perkawinan.
  6. Warna Hitam
    Power, kepatuhan, kemakmuran, canggih, anggun, tidak bersalah, sederhana, abadi, berkelas, sombol kejahatan, formal, kematian, horor, misteri, mistik, alam gaib, ketakutan, dan berduka.
  7. Warna Biru Muda
    Ketenangan, ketentraman, kesedihan, teduh, kepercayaan, santai, dan tidak enak dimakan.
  8. Warna Orange
    Energi, semangat, flamboyan, segar, kemajuan, muda, keseimbangan, ceria, hangat, ramah, kreatif, murah dan feminim.
  9. Warna Cokelat
    Kenyamanan, daya tahan, antik, kekuatan, solidaritas, membumi, tenang, matang, handal, kotor, kumal, kuno, kurang bersemangat, dan pesimis.
  10. Warna Ungu
    Spiritual, kebangsawanan, fantasi, mimpi, misteri, sombong, kasar, keangkuhan, kurang teliti, tidak membumi, tidak masuk akal, dan tidak akrab.
  11. Warna Pink
    Kasih sayang, pengasuhan, lembut, cinta, asmara, tidak mengancam, dan sangat tidak cocok bagi laki-laki.
  12. Warna Abu-Abu
    Netral, tidak berpihak, keamanan, kehandalan, kesederhanaan, kedewasaan, millennium, kurang energy, tidak meyakinkan, tidak peduli, tidak merangsang, tidak jelas, tidak menarik, sedih dan kuran intelek.


Pengertian Citra atau Image

Menurut Sunarya dalam Diktat Perkuliahan Aplikasi Program Komputer MAVIB II oleh Perguruan Tinggi Raharja (2013:37)[12], “Citra atau image adalah bagaimana perusahaan tersebut ingin dirasakan dan dipandang oleh masyarakat, (konsumen, network/supplier, pemerintah bahkan oleh competitor )”

Menurut Madenda dalam buku Pengolahan Citra dan Video Digital oleh Erlangga (2016:2)[13],“ Citra adalah representasi dari informasi yang terkandung didalamnya sehingga mata manusia dapat menganalisis dan menginterpretasikan informasi tersebut sesuai dengan tujuan yang diharapkan”.

Dapat disimpulkan Citra adalah pandangan terhadap suatu hal oleh masyarakat yang menganalisis informasi tertentu.


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan