SI1221473324

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA SMK

AL-HIKMAH CURUG KABUPATEN

TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1221473324
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA SMK

AL-HIKMAH CURUG KABUPATEN

TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1221473324
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juni 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
Ir. Untung Rahardja, M.T.I
       
Junaidi, M.Kom
NIP : 000594
       
NIP : 001405


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA SMK

AL-HIKMAH CURUG KABUPATEN

TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1221473324
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juni 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
Lusyani Sunarya, S.Sn.,M.Si
   
Mulyati, S.E.,M.M.,M.Pd
NID : 06124
   
NID : 11003


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA SMK

AL-HIKMAH CURUG KABUPATEN

TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1221473324
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, Juni 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(...............)
 
(...............)
 
(...............)
NID : .....
 
NID : .....
 
NID : .....


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA SMK

AL-HIKMAH CURUG KABUPATEN

TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1221473324
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juni 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1221473324

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAK

Perkembangan dunia pendidikan dan kemajuan teknologi terutama di bidang pemasaran pada era globalisasi sekarang ini telah membawa dampak pada persaingan yang ketat, sehingga mengharuskan setiap lembaga pendidikan untuk berlomba-lomba melakukan promosi penjualan dengan menggunakan berbagai bentuk media yang secara visual dapat dijadikan sebagai sarana dalam menginformasikan tentang produk dari sebuah lembaga pendidikan yang diimplementasikan kedalam media promosi. Salah satu bentuk dari media promosi tersebut adalah dalam bentuk media komunikasi visual yang berfungsi sebagai sarana informasi dan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media informasi dan promosi berbasis desain komunikasi visual yang mempunyai peranan penting untuk menginformasikan tentang produk dari sebuah lembaga pendidikan kepada masyarakat luas. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode analisis permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisis perancangan media dan metode konsep desain yang meliputi perencanaan media, perencanaan pesan, dan perencanaan visual. Permasalahan yang ada pada SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang adalah masih minimnya media komunikasi visual yang digunakan dalam menunjang program promosinya, karena masih menggunakan media banner dan brosur sehingga diperlukan adanya pengembangan serta penambahan media komunikasi visual yang baru yang lebih efektif dan menarik untuk menunjang program promosinya. Berdasarkan analisis permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini akan mengembangkan media komunikasi visual yang digunakan sebagai sarana promosi pada SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang. Melalui pengembangan media komunikasi visual ini diharapkan dapat memperluas informasi keberadaan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang, serta dapat meningkatkan image SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.


Kata Kunci : Desain Komunikasi Visual, Media Informasi, Media Promosi

ABSTRACT

The development of education and technological advances, especially in the field of marketing in this era of globalization has had an impact on the fierce competition, so it requires each institution to compete conduct a sales promotion using various forms of media that visually can be used as a means to inform about products of an educational institution that is implemented into a media campaign. One form of the media campaign is in the form of visual communication media serves as a means of information and promotion. The purpose of this study was to develop a media and promotional information based visual communication design that has an important role to inform about the products of an educational institution to the public. The methodology used in this study include problem analysis methods, data collection methods, analytical methods and method of designing media design concept that includes media planning, planning messages, and visual planning. The problems that exist in SMK Al-Hikmah Curug Tangerang District is still a lack of visual communication media used to support the programs of promotion, because they use the media banners and brochures so necessary to the development and the addition of visual communication media new, more effective and appealing for support program promotion. Based on the analysis of this problem, so in this study will develop visual communication media are used as a means of promotion at SMK Al-Hikmah Curug Tangerang District. Through the development of visual communication media is expected to expand the presence information SMK Al-Hikmah Curug Tangerang District, and to improve the image of SMK Al-Hikmah Curug Tangerang District in order to be recognized by the public.


Keywords : Visual Communication Design, Media Information, Media Promotion


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi ini, dengan judul “PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA SMK AL-HIKMAH CURUG KABUPATEN TANGERANG”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja.

Terselesaikannya skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si., selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak memberikan bimbingan, saran, dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi penulis.
  5. Ibu Mulyati, S.E., M.M., M.Pd., selaku Dosen Pembimbing II yang telah banyak memberikan bimbingan dan motivasi baik dalam perancangan maupun penulisan laporan.
  6. Bapak Ahmad Syafe’i, M.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Stakeholder yang telah bersedia memberikan penulis tempat untuk melaksanakan observasi pada SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang dan memberikan nasehat serta saran yang membangun untuk penulis kedepannya.
  7. Seluruh Dosen STMIK Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
  8. Kedua orang tua serta keluarga tercinta, yang selalu mendo’akan yang terbaik dan memberikan motivasi serta bimbingannya secara moril untuk penulis demi kemudahan penulis dalam menyelesaikan laporan skripsi ini.
  9. Teman-teman seperjuangan yang saling membantu dan memberikan saran dalam menyelesaikan laporan skripsi ini dan seluruh mahasiswa STMIK Raharja yang telah banyak membantu, memberikan do’a, semangat, pengetahuan, dukungan serta saran dan kritik yang bermanfaat dan berharga bagi penulis.
  10. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan laporan skripsi ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan serta penulisan laporan skripsi ini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan skripsi ini.

Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan pembaca umum laporan skripsi ini, semoga Allah SWT senantiasa menyertai dan meridhoi langkah kita semua dalam meraih kesuksesan. Amin.

Tangerang, Juni 2016




Nia Levianty Kosasih






DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Material Produk

Tabel 3.2 Kondisi Pesaing

Tabel 3.3 BudgetProduksi Media

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.6 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.7 Final Elisitasi

Tabel 4.1 Tabel Penggunaan Media Tahun 2016

Tabel 4.2 Tabel Penggunaan Media Tahun 2017


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Tampilan Jendela Program Aplikasi Adobe Photoshop CS5

Gambar 2.2 Tampilan Jendela Program Aplikasi CorelDraw X5

Gambar 3.1 Stuktur Organisasi SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang

Gambar 4.1 Layout Kasar X-Banner

Gambar 4.2 Layout Kasar Flyer

Gambar 4.3 Layout Kasar Map

Gambar 4.4 Layout Kasar Shopping Bag

Gambar 4.5 Layout Kasar Kalender Dinding

Gambar 4.6 Layout Kasar Jam Dinding

Gambar 4.7 Layout Kasar Baliho

Gambar 4.8 Layout Kasar Spanduk

Gambar 4.9 Layout Kasar Banner

Gambar 4.10 Layout Kasar Brosur

Gambar 4.11 Layout Kasar Poster

Gambar 4.12 Layout Kasar Umbul-umbul

Gambar 4.13 Layout Kasar Amplop

Gambar 4.14 Layout Kasar Kop Surat

Gambar 4.15 Layout Kasar Memo

Gambar 4.16 Layout Kasar Buku Tamu

Gambar 4.17 Layout Komprehensif X-Banner

Gambar 4.18 Layout Komprehensif Flyer

Gambar 4.19 Layout Komprehensif Map

Gambar 4.20 Layout Komprehensif Shopping Bag

Gambar 4.21 Layout Komprehensif Kalender Dinding

Gambar 4.22 Layout Komprehensif Jam Dinding

Gambar 4.23 Layout Komprehensif Baliho

Gambar 4.24 Layout Komprehensif Spanduk

Gambar 4.25 Layout Komprehensif Banner

Gambar 4.26 Layout Komprehensif Brosur

Gambar 4.27 Layout Komprehensif Poster

Gambar 4.28 Layout Komprehensif Umbul-umbul

Gambar 4.29 Layout Komprehensif Amplop

Gambar 4.30 Layout Komprehensif Kop Surat

Gambar 4.31 Layout Komprehensif Memo

Gambar 4.32 Layout Komprehensif Buku Tamu

Gambar 4.33 Final Artwork X-Banner

Gambar 4.34 Final Artwork Flyer

Gambar 4.35 Final Artwork Map

Gambar 4.36 Final Artwork Shopping Bag

Gambar 4.37 Final Artwork Kalender Dinding

Gambar 4.38 Final Artwork Jam Dinding

Gambar 4.39 Final Artwork Baliho

Gambar 4.40 Final Artwork Spanduk

Gambar 4.41 Final Artwork Banner

Gambar 4.42 Final Artwork Brosur

Gambar 4.43 Final Artwork Poster

Gambar 4.44 Final Artwork Umbul-umbul

Gambar 4.45 Final Artwork Amplop

Gambar 4.46 Final Artwork Kop Surat

Gambar 4.47 Final Artwork Memo

Gambar 4.48 Final Artwork Buku Tamu


BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang Penelitian

Persaingan yang semakin ketat dalam dunia pendidikan menuntut setiap lembaga pendidikan khususnya yang berada di Kabupaten Tangerang baik negeri maupun swasta untuk selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan keilmuan yang semakin berkembang dan maju. Persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin ketat juga dirasakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di Kabupaten Tangerang, saat ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan yang siswanya diarahkan pada keterampilan dan keahlian masing-masing, sehingga lulusannya diharapkan dapat terjun langsung ke dunia kerja.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak hanya mengajarkan pengetahuan layaknya sekolah lanjutan tingkat SMA, namun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga mengajarkan siswa keterampilan dan keahlian. Keterampilan dan keahlian tersebut sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Untuk itu, keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) cukup menjawab kebutuhan masyarakat dan dunia kerja saat ini. Salah satu lembaga pendidikan menengah kejuruan yang berada di Kabupaten Tangerang adalah SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.

SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta yang berada di Kabupaten Tangerang yang telah berdiri sejak tahun 2002. SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang ini sudah 14 tahun menjadi mitra masyarakat dan pemerintah dalam membina dan mendidik serta menjadi pilihan tiap generasi untuk menghasilkan lulusan yang produktif, kreatif, terampil, mandiri, dan berakhlakul karimah. Ribuan lulusan dari generasi ke generasi yang tersebar dengan segala aktivitas yang dilakukan menjadi bukti bahwa SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang layak menjadi pilihan bagi setiap calon siswa dan siswi baru.

Walaupun demikian, sekolah yang membuka 3 Kompetensi Keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Akuntansi (AK), dan Administrasi Perkantoran (AP) ini tak luput dari ketatnya persaingan khususnya dalam menarik minat calon siswa dan siswi baru untuk bergabung di SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang. Hal ini dikarenakan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang dikelilingi oleh beberapa sekolah lainnya yang juga gencar dalam mempromosikan sekolahnya masing-masing.

Dalam menghadapi persaingan antar lembaga pendidikan saat ini yang semakin ketat dan tak bisa dipungkiri lagi, maka SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang selalu berusaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif dengan tujuan untuk mencapai suatu keberhasilan dalam menarik minat calon siswa dan siswi barunya. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan melakukan promosi. Promosi merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan yang ada dalam dunia pendidikan saat ini. Peranan promosi sangatlah penting sehingga sangat mutlak untuk dilakukan dengan tujuan agar sekolah tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas. Biasanya promosi dilakukan dengan memasarkan atau memperkenalkan produk-produk dari lembaga pendidikan kepada masyarakat luas agar mereka dapat mengetahui keunggulan, fasilitas, visi dan misi, kualitas pendidikan serta program-program pendidikan yang dilaksanakannya.

Menurut Maimunah, dkk (2012:283-284)[1] menjelaskan bahwa “Promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu program pemasaran”. Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran, yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas sekolah atau lembaga pendidikannya agar bersedia menerima dan loyal pada lembaga pendidikan yang ditawarkan sekolah atau lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Setiap tahunnya di SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang selalu melakukan kegiatan promosi sekolah dalam rangka menarik minat calon siswa dan siswi baru untuk bergabung di sekolah tersebut. Kegiatan promosi tersebut dilakukan sebagai salah satu usaha dalam mengembangkan lembaga pendidikannya dan meningkatkan citra positifnya agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Kegiatan promosi yang dilakukan setiap tahunnya tentunya membutuhkan peranan media yang secara visual dapat dijadikan sebagai sarana dalam menginformasikan tentang ruang lingkup pendidikannya yang diimplementasikan kedalam media promosi. Salah satu bentuk dari media promosi tersebut adalah dalam bentuk media komunikasi visual. Media komunikasi visual merupakan salah satu sarana promosi yang dinilai efektif dan masih sangat dibutuhkan hingga saat ini dalam menunjang keberhasilan suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang pada setiap tahunnya.

Menurut Sunarya, dkk (2015:79)[2] menjelaskan bahwa “Media komunikasi visual adalah sarana untuk penyampaian pesan atau informasi kepada public dengan penggunaan media penggambaran yang hanya dapat terbaca oleh indera penglihatan”. Media komunikasi visual selalu mengkombinasikan seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya. Contoh dari media komunikasi visual, diantaranya dapat berupa spanduk, banner, brosur, baliho, billboard, umbul-umbul, flyer, pamflet, leaflet, x-banner, poster, kalender, jam dinding, payung, pulpen, shopping bag, dan lainnya.

Berdasarkan hasil wawancara dengan stakeholder SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang yaitu Bapak Ahmad Syape’i, M.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, beliau mengatakan bahwa proses promosi yang dilakukan setiap tahunnya masih menggunakan media komunikasi visual yang berupa media banner yang dipasang di sekitar area sekolah dan media brosur yang disebarkan ke setiap sekolah SMP/MTs, hal ini dilakukan dalam rangka promosi sekolah kepada khalayak dan kegiatan promosi seperti ini masih berlangsung hingga saat ini.

Mengingat bahwa perkembangan zaman di era globalisasi dan kemajuan teknologi di bidang pemasaran saat ini telah membawa dampak pada persaingan yang ketat dalam melakukan promosi sekolah. Sehingga proses promosi yang hanya menggunakan media banner dan brosur dianggap masih sangat kurang efektif dalam memberikan informasi dan promosi tentang SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang kepada masyarakat khususnya calon siswa dan siswi baru yang ingin bergabung di sekolah tersebut. Dilihat dari keberadaan media komunikasi visual yang ada di SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang yang masih tergolong minim hingga saat ini, sehingga pihak sekolah sangat membutuhkan adanya pengembangan pada media yang ada sebelumnya serta penambahan media komunikasi visual yang baru yang lebih efektif dan menarik untuk mempromosikan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.

Dengan adanya pengembangan serta penambahan media komunikasi visual ini diharapkan proses promosi yang dilakukan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang setiap tahunnya menjadi lebih efektif, sehingga dapat memperluas informasi keberadaan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang ini agar dapat dikenal oleh masyarakat luas khususnya masyarakat Kabupaten Tangerang dan dapat memberikan informasi-informasi yang lebih up to date dan menarik tentang SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang kepada masyarakat khususnya calon siswa dan siswi baru agar tertarik untuk bergabung di SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang, serta dapat membantu pihak pemasaran sekolah dalam meningkatkan jumlah angka pendaftaran sehingga dapat mencapai target pemasaran pada setiap tahunnya.

Berdasarkan analisis di atas, maka pada penelitian skripsi ini mengambil tema dengan judul : “Pengembangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Pada SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang”.

Rumusan Masalah

Berdasarkan dari uraian dan latar belakang permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang ada pada SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang, yaitu sebagai berikut :

1. Jenis media apa yang dibutuhkan pihak sekolah untuk mempromosikan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang?

2. Desain media komunikasi visual seperti apa yang efektif untuk mempromosikan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang?

3. Target seperti apa yang diharapkan pihak sekolah melalui pengembangan media komunikasi visual pada SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang?

Ruang Lingkup Penelitian

Sesuai dengan masalah penelitian yang dirumuskan diatas, dan agar pembahasan dari permasalahan yang ada menjadi lebih jelas dan terarah, maka dilakukan pembatasan ruang lingkup permasalahan pada hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan media komunikasi visual sebagai sarana promosi pada SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan dari penelitian ini, diantaranya sebagai berikut :

1. Untuk dapat mengetahui media apa yang sesuai kebutuhan sekolah dalam hal mempromosikan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.

2. Untuk dapat mengembangkan desain media komunikasi visual yang efektif dalam mempromosikan SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.

3. Untuk mencapai target pencapaian penerimaan siswa dan siswi baru pada tahun berikutnya serta meningkatkan image sekolah melalui pengembangan media komunikasi visual pada SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.


Manfaat dari penelitian ini, diantaranya sebagai berikut :

1. Dengan menggunakan media komunikasi visual diharapkan calon siswa dan siswi baru, relasi sekolah, dan masyarakat dapat mengetahui informasi yang lebih jelas dan efektif tentang SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.

2. Dengan menerapkan konsep desain yang lebih efektif diharapkan dapat menarik minat audience untuk bergabung di SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.

3. Melalui pengembangan media komunikasi visual ini diharapkan dapat membantu pihak pemasaran sekolah dalam meningkatkan pencapaian target pemasaran pada tahun berikutnya, serta dapat meningkatkan image SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang.

Teori Khusus

Aplikasi Penunjang Desain

Pengertian CorelDraw X5

<p style="line-height: 2">Menurut Arts (2012 : 01)[3], CorelDraw X5 adalah sebagai dasar pemahaman seni menggambar di komputer, yang lebih menekankan pada teknik penggunaan fasilitas dasar pada software berbasis CAD (Computer Aided Design) lainnya.</p>

<p style="line-height: 2">Menurut Dukom (2012 : 03)[4], CorelDraw X5 merupakan program aplikasi desain grafis yang menyediakan fasilitas, kemudahan dan keleluasaan bagi pengguna dalam membuat sebuah objek desain grafis.

Didalam lembar kerja CorelDraw X5 terdapat beberapa tools diantaranya yaitu :</p>
<p style="line-height: 2">a. Title Bar</p>
<p style="line-height: 2">Berfungsi menampilkan nama program, lokasi dan nama file yang sedang aktif.</p>
<p style="line-height: 2">b. Menu Bar</p>
<p style="line-height: 2">Menu Bar berada pada bagian atas kotak dialog utama sistem.</p>
<p style="line-height: 2">c. Standar toolbar</p>
<p style="line-height: 2">Standar toolbar terletak di bawah menu bar. Pada Standar toolbar, sistem meletakkan simbol proses cepat. Misalnya terdapat simbol seperti folder untuk membuka suatu data grafis CorelDraw.</p>
<p style="line-height: 2">d. Hints</p>
<p style="line-height: 2">Fasilitas ini memberikan petunjuk apa dan bagaimana memproses suatu objek gambar atau teks.</p>
<p style="line-height: 2">e. Property Bar</p>
<p style="line-height: 2">Fasilitas tambahan yang muncul setelah memilih salah satu alat dalam fasilitas toolbox. Tujuannya untuk mempermudah pemakai alat fasilitas toolbox terpilih.</p>
<p style="line-height: 2">f. Ruler</p>
<p style="line-height: 2">Digunakan sebagai alat ukur saat membuat objek pada halaman kerja.</p>
<p style="line-height: 2">g. Toolbox</p>
<p style="line-height: 2">Untuk menampilkan daftar sub alat tersebut dapat dilakukan dengan mengklik dan menahan simbol alat yang bersangkutan.</p>
<p style="line-height: 2">h. Status Bar</p>
<p style="line-height: 2">Sistem meletakkan berbagai informasi pada baris status yang terdapat pada sisi bawah kotak dialog utama.</p>
<p style="line-height: 2">i. Scrollbar</p>
<p style="line-height: 2">Digunakan untuk melihat area kerja, dapat melihat area sebelah kanan, kiri, atas, bawah dengan cara menekan dan menahan scrollbar ini.</p>
<p style="line-height: 2">j. Page Flipper</p>
<p style="line-height: 2">Digunakan untuk menambah halaman, untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain.</p>
<p style="line-height: 2">k. Color Palette</p>
<p style="line-height: 2">Untuk memberi warna pada objek gambar atau teks cukup melakukan klik seperti biasa. Sedangkan untuk memberi warna garis, klik kanan pada warna yang dipilih dalam kotak warna.</p>
<p style="text-align: center;"> Gambar 2.1. Tampilan Jendela Program Aplikasi CorelDraw X5


Menurut Madcoms (2011 : 02 – 10)[5], CorelDraw X5 adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak di otawa kanada. CorelDraw pada awalnya dikembangkan untuk sistem windows 2000 dan seterusnya. Versi CorelDraw untuk sistem linux dan mac OS pernah dikembangkan namun diberhentikan karena tingkat penjualannya rendah.Didalam lembar kerja CorelDraw X5 terdapat beberapa tools diantaranya yaitu :

1. Title Bar

Title Bar adalah salah satu bar pada CorelDraw yang merupakan nama file pada aplikasi aktif suatu halaman kerja. Dimana pada saat anda pertama kali membuka halaman baru, nama file tersebut adalah CorelDraw X5. Dan nama file tersebut akan berubah secara otomatis setelah anda menyimpan atau melakukan save pada kotak dialog save drawing dalam kotak file name halaman kerja tersebut sesuai dengan nama yang telah diberi. Pada title bar bagian sebelah kanan terdapat tiga tombol control, yaitu :

a. Minimize, berfungsi untuk menyembunyikan sementara aplikasi CorelDraw pada layar dan menyimpannya di bar windows.

b. Restore down/maximize, berfungsi untuk memperkecil tampilan aplikasi CorelDraw pada layar dan mengembalikannya ke halaman penuh pada layar.

c. Close, berfungsi untuk menutup aplikasi CorelDraw.

2. Menu Bar

Menu Bar adalah beberapa perintah pada CorelDraw yang didalamnya terdapat submenu kumpulan perintah lain. Bisa menggunakannya dengan cara klik menu yang diperlukan atau menggunakan tombol shortcut dengan keyboard. Misalnya akan membuka halaman baru, maka yang dilakukan disini adalah dengan cara klik menu File, lalu pilih submenu Open atau dengan menekan dan menahan tombol Ctrl lalu tekan O pada keyboard (Ctrl+O).

3. Toolbar

Toolbar adalah beberapa perintah berupa icon gambar dengan tampilan sesuai fungsinya yang tersedia dalam menu bar.

4. Toolbox

Toolbox adalah salah satu jenis toolbar yang berfungsi untuk membuat atau mengedit gambar. Diantara tool-tool yang terdapat dalam toolbox, ada beberapa tool yang memiliki flyout menu dengan ditandai sebuah gambar tanda panah kecil di pojok kanan bawah pada tool tersebut. Untuk menampilkan flyout menu tersebut bisa melakukannya dengan cara klik dan menahannya beberapa saat hingga keluar tool baru yang tersembunyi di dalamnya. Dibawah ini adalah penjelasan fungsi tool yang berada dalam toolbox, yaitu :

a. Pick Tool

Berfungsi untuk memilih, memiringkan/memutar, serta mengubah ukuran gambar.

b. Shape Edit Tool

Shape Tool, berfungsi untuk merubah bentuk gambar.

Smudge Brush Tool, berfungsi untuk membuat efek distorsi pada obyek garis.

Roughen Brush Tool, berfungsi untuk mengubah bagian outline pada garis vektor dari sebuah gambar.

Free Transform Tool, berfungsi untuk memutar gambar dengan bebas.

c. Crop Tool

Crop Tool, berfungsi untuk memotong dan mengambil bagian gambar yang terseleksi dari gambar bitmap dan membuang bagian gambar yang tidak terseleksi.

Knife Tool, berfungsi untuk memotong gambar.

Eraser Tool, berfungsi untuk menghapus bagian dari sebuah gambar yang tidak diperlukan.

d. Zoom Tool

Zoom Tool, berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan gambar.

Pan Tool, berfungsi untuk memindahkan tampilan gambar pada layar.

e. Freehand Tool

Freehand Tool, berfungsi untuk menggambar kurva dan segmen garis lurus.

2-Point Line Tool, berfungsi untuk menggambar garis lurus dengan cara menariknya dari titik awal ke titik akhir.

Bezier Tool, berfungsi untuk menggambar kurva satu segmen pada satu waktu.

Artistic Media Tool, berfungsi untuk menambahkan brush, menyemprot serta menambahkan efek kaligrafi dengan menggunakan freehand stroke.

Pen Tool, berfungsi untuk menggambar kurva dalam segmen dan setiap segmen preview gambar.

B-Spline Tool, berfungsi untuk menggambar garis lengkung dengan menetapkan titik kontrol yang membentuk kurva.

Polyline Tool, berfungsi untuk menggambar kurva yang terhubung dan garis lurus dalam satu tindakan berkesinambungan.

3-Point Curve, menggambar kurva dengan menariknya dari titik awal ke titik akhir kemudian menuju posisi titik pusat.

Firtual Segment Delete, berfungsi untuk memotong bagian gambar yang berpotongan dengan gambar lain.

f. Smart Fill Tool

Smart Fill Tool, berfungsi untuk membuat obyek dari dua gambar yang tupang tindih dan menerapkan obyek tersebut.

Smart Drawing, berfungsi untuk mengkonversi freehand stroke dengan membentuk dasar-dasar atau kurva yang diperhalus.

g. Rectangle Tool

Rectangle Tool, berfungsi untuk menggambar kotak dan persegi panjang dengan menariknya dalam halaman gambar.

3-Point Rectangle, berfungsi untuk menggambar kotak dan persegi panjang dengan dasar 3 titik. Yaitu dengan menariknya dari titik awal ke titik akhir kemudian menuju posisi titik pusat.

h. Ellips Tool

Ellips Tool, berfungsi untuk menggambar objek berbentuk lingkaran dan ellips dengan menariknya dalam halaman gambar.

3-Point Ellips, berfungsi untuk menggambar objek berbentuk lingkaran dan ellips dengan dasar 3 titik. Yaitu dengan menariknya dari titik awal ke titik akhir kemudian menuju posisi titik pusat.

i. Polygon Tool

Polygon Tool, berfungsi untuk menggambar polygon dengan menariknya dalam halaman gambar.

Star Tool, berfungsi untuk menggambar objek berbentuk bintang.

Complex Star Tool, berfungsi untuk menggambar bintang yang memiliki sisi berpotongan.

Graph Paper Tool, berfungsi untuk menggambar grid.

Spiral Tool, berfungsi untuk menggambar spiral simetris dan logaritmik.

j. Basics Shape Tool

Basic Shapes Tool, berfungsi untuk menggambar objek berbentuk lingkaran, silinder, hati dan sebagainya.

Arrow Shapes Tool, berfungsi untuk membuat gambar objek berbentuk anak panah dengan berbagai arah.

Flowchart Shapes Tool, berfungsi untuk menggambar simbol flowchart.

Banner Shapes, berfungsi untuk membuat gambar objek berbentuk pita dan ledakan.

Callout Shapes, berfungsi untuk membuat gambar objek berbentuk gelembung atau label yang biasanya dibuat untuk keterangan sesuatu.

k. Text Tool

Berfungsi untuk membuat dan mengedit teks/tulisan dan paragraf.

l. Table Tool

Berfungsi untuk membuat, memilih dan mengedit gambar tabel.

m. Parallel Dimension Tool

Parallel Dimension Tool, berfungsi untuk menggambar garis miring dimensi.

Horizontal or Vertical Dimension Tool, berfungsi untuk membuat gambar horizontal atau vertical dimensi.

Angular Dimension Tool, berfungsi untuk menggambar garis dimensi sudut.

Segment Dimension Tool, berfungsi untuk menampilkan jarak antara node terakhir pada segmen tunggal atau beberapa.

3-Point Callout, berfungsi untuk menggambar callout dengan dua segmen garis terdepan.

n. Straight – line Connector Tool

Straight-Line Connector Tool, berfungsi untuk menggambar garis lurus untuk menghubungkan dua buah objek.

Right-Angle Connector Tool, berfungsi untuk membuat gambar sudut kanan untuk menghubungkan dua buah objek.

Right-Angle Round Connector Tool, berfungsi untuk menggambar sudut siku-siku dengan sudut ronded untuk menghubungkan dua buah objek.

Edit Anchor, berfungsi untuk memodifikasi titik garis konektor dalam gambar.

o. Blend Tool

Blend Tool, campuran objek dengan menciptakan perkembangan objek peralihan dan warna.

Contour Tool, berfungsi untuk menerapkan serangkaian bentuk konsentris yang menyebar ke dalam atau keluar objek.

Distort Tool, berfungsi untuk transportasi objek dengan menerapkan push dan pull, zipper atau efek twister.

Drop Shadow Tool, berfungsi untuk menambah efek bayangan dibelakang atau di bawah sebuah gambar.

Envelope Tool, berfungsi untuk mengubah bentuk objek dengan menerapkan dan menyeret node.

Extrude Tool, berfungsi untuk menerapkan efek 3D untuk objek dalam menciptakan ilusi kedalaman.

Transparency Tool, berfungsi untuk mengungkap area gambar dibawah objek.

p. Color Eyedropper Tool

Color Eyedropper Tool, berfungsi untuk menunjukkan sampel warna dan menerapkannya pada objek.

Attribute Eyedropper Tool, berfungsi untuk menyalin objek atribut seperti isi, outline, ukuran, dan efek, serta menerapkannya ke objek lain.

q. Outline Pen

Outline Pen, berfungsi untuk menetapkan garis besar sifat seperti ketebalan baris, sudut bentuk dan jenis arrow.

Outline Colors, berfungsi untuk memilih warna outline dengan menggunakan color viewer dan color palettes.

Hairline Outline, berfungsi untuk membuat outline tipis pada sebuah objek.

Color, berfungsi untuk menetapkan pilihan warna secara detail untuk sebuah gambar yang dipilih.

r. Fill Tool

Uniform Fill, berfungsi untuk memilih warna isi yang solid untuk suatu benda.

Color palettes, color viewers, color harmonis, atau color blends.

Fountain Fill, berfungsi untuk mengisi objek dengan sebuah gradien warna atau bayangan.

Pattern Fill, berfungsi untuk menerapkan pola preset pattern fill ke objek atau membuat pola custom pattern fill.

Texture Fill, berfungsi untuk menerapkan preset texture fill pada objek untuk menciptakan ilusi dari berbagai tekstur, seperti air, awan dan batu.

PostScript Fill, berfungsi untuk menerapkan tekstur yang cukup rumit untuk objek.

No Fill, berfungsi untuk menghapus fill pada objek. Color, berfungsi untuk mengatur pilihan warna pada sebuah objek.

s. Interactive Fill Tool

Interactive Fill Tool, berfungsi untuk membuat fill secara dinamis dengan menggunakan penanda di halaman gambar dan property bar untuk mengubah sudut, titik tengah, dan warna.

Mesh Fill, berfungsi untuk mengisi sebuah objek dengan cara pencampuran beberapa warna atau bayangan diatur grid mesh.

5. Guidelines

Berfungsi untuk mengatur penempatan objek gambar pada halaman. Ada 3 macam guideline yang terdiri dari horizontal, vertical, dan miring. Anda dapat mengaturnya dengan memberi warna, memilih, memindahkan, memutar, mengunci, dan lain-lain sesuai dengan keperluan.

6. Status Bar

Berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi yang berhubungan dengan desain yang sedang dikerjakan.

7. Color Palette

Berfungsi untuk mengubah warna fill atau outline sebuah objek berupa pilihan warna yang tersedia.

Konsep Dasar Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Pengertian Multimedia

Menurut Binanto (2010 : 02)[6], Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi dan video yang disampaikan dengan komputer atau dimanipulasi secara digital dan dapat disampaikan dan dikontrol secara interaktif. Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi. Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik. Ada tiga jenis multimedia, yaitu :

1. Multimedia Interaktif

Pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan.

2. Multimedia Hiperaktif

Multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada.

3. Multimedia Linear

Pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir.

Pengertian Audio Visual

Menurut Atmohoetomo (2010 : 24 – 26)[7], Perkembangan teknologi dunia audio visual telah banyak mewarnai kehidupan manusia dari berbagai aspek kehidupan. Modernisme yang dianggap sebagai puncak peradaban manusia dengan di kumandangkan rasionalisme, ternyata dengan ditemukannya “teknologi digital” menggeser “logika matematis”. Dengan demikian akan terjadi ketidakjelasan antara “akal manusia” dengan “akal buatan” dan yang terjadi adalah jarak “rohani” yang terjadi sebatas dari layar monitor ke mata, kini lebih dekat sampai ke lensa mata, dan semakin dekat lagi hingga “diri kita” masuk ke mesin-mesin canggih melalui perangkat lunak Cyber dan Virtual.

Teknologi digital mulai dari perangkat perekaman gambar dan pengeditan melalui komputer grafis telah menguji kreatifitas para kreator film untuk mengukir imajinasinya melalui dunia maya, perkembangan audio visual mengalami pendekatan dengan para pemirsanya ketika diciptakannya film 3D (3 Dimensi) dengan bantuan kaca mata untuk menciptakan bentuk dimensinya disertai tata audio yang menggelegar memutar disekelilingi penonton melalui efek surround sound, seolah-olah kejadian tersebut berada ditengah-tengah mereka.

Audio visual merupakan gabungan dari dua kata yang berarti suara dan visual yang berarti gambar, atau dengan kata lain menjelaskan audio visual adalah alat peraga yang dapat dilihat dan didengar dalam hal ini gambar bergerak menimbulkan suara. Sedangkan pendapat lain mengatakan “Sebuah karya audio visual baik yang berbentuk karya film maupun karya video merupakan rangkaian dari beberapa macam adegan gambar bersuara yang tersusun secara menarik dalam sebuah cerita dengan pembatasan waktu tertentu”.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa audio visual merupakan unsur yang dimiliki oleh televisi berupa suara dan gambar, baik gambar bergerak maupun gambar mati atau still picture, sehingga menghasilkan suatu pesan yang dapat dimengerti oleh khalayak. Audio visual merupakan sinergi antara gambar, suara dan waktu yang terkait oleh komponen-komponennya baik secara kualitas maupun intensitasnya.

Pengertian Broadcasting

Menurut Arifin (2011 : 09)[8], Broadcasting adalah kegiatan di dalam cara menyampaikan pesan, ide, hasrat, kepada khalayak dengan menggunakan fasilitas frequency, dengan kata lain dunia broadcasting adalah merupakan suatu kegiatan penyiaran yang dilakukan oleh seorang penyiar. Di dalam lembaga penyiaran dari stasiun radio penyiaran bersifat audiorik dan penyiaran broadcasting televisi bersifat audio dan video. Broadcasting merupakan dunia penyiaran, dan ini dapat dikatakan suatu kegiatan yang senantiasa selalu menarik perhatian khalayak masyarakat luas, baik secara audiotorik maupun visual.

Konsep Dasar Elisitasi

Pengertian Elisitasi

Menurut Rahardja (2011 : 302)[9], “Elisitasi merupakan analisa kebutuhan rancangan media yang akan dibuat berdasarkan analisa media yang diajukan oleh perancang untuk dieksekusi atau dilaksanakan sesuai yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi”. Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu :

1. Elisitasi tahap I yaitu berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

2. Elisitasi tahap II merupakan hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi. Berikut penjelasan mengenai MDI :

a. M pada MDI berarti Mandatory (penting). Maksudnya, requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.

b. D pada MDI berarti Desirable. Maksudnya, requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Namun, jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistem tersebut lebih sempurna.

c. I pada MDI berarti Inessential. Maksudnya, requirement tersebut bukanlah bagian sistem yang dibahas, tetapi bagian dari luar sistem.

3. Elisitasi tahap III merupakan hasil penyusutan elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option I pada metode MDI. Selanjutnya, semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu :

a. T artinya Technical, bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement dalam sistem yang diusulkan?

b. O artinya Operasional, bagaimana tata cara penggunaan requirement dalam sistem akan dikembangkan?

c. E artinya Ekonomi, berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement di dalam sistem?

Metode TOE tersebut dibagi menjadi beberapa option, yaitu :

a. High (H) : Sulit untuk dikerjakan, karena teknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Maka requirement tersebut harus dieliminasi.

b. Middle (M) : Mampu dikerjakan.

c. Low (L) : Mudah dikerjakan.

4. Final draft elisitasi merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

Literature Review

Literature review adalah uraian tentang teori, temuan, dan bahan penelitian lainnya yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian untuk menyusun kerangka pemikiran yang jelas dari perumusan masalah yang ingin diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap Perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja, maka penulis melakukan literature review terhadap penelitian-penelitian sebelumnya sebagai berikut :

a. Laporan Kuliah Kerja Praktek Multimedia Audio Visual and Broadcasting Pada Bagian Desain SMK AT-Thahirin 2 Ciledug yang disusun oleh Sari Inti Aspri Riani pada Tahun 2012. Penelitian ini diambil dari Laporan mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan mempunyai kesamaan dalam topik atau pembahasan mengenai Desain Media Promosi dan Informasi. Adapun Laporan yang telah diteliti adalah Media Promosi dan Informasi yang ada pada SMK AT-Thahirin 2 Ciledug.

b. Laporan Kuliah Kerja Praktek Multimedia Audio Visual and Broadcasting Pada Kursus Kita yang disusun oleh Dien Siti Rahmawati pada Tahun 2012. Penelitian ini diambil dari Laporan mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan mempunyai kesamaan dalam topik atau pembahasan mengenai Desain Media Promosi dan Informasi. Adapun Laporan yang telah diteliti adalah Media Promosi dan Informasi yang ada pada Kursus Kita.

c. Laporan Kuliah Kerja Praktek Multimedia Audio Visual and Broadcasting Bagian Desain Media Promosi Di SMK Nusa Putra yang disusun oleh Ahmad Romly Al Baihaqi pada Tahun 2012. Penelitian ini diambil dari Laporan mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan mempunyai kesamaan dalam topik atau pembahasan mengenai Desain Media Promosi dan Informasi. Adapun Laporan yang telah diteliti adalah Media Promosi dan Informasi yang ada pada SMK Nusa Putra.

d. Laporan Kuliah Kerja Praktek Multimedia Audio Visual and Broadcasting Pada Bagian Desain SMK Yuppentek IV Tangerang yang disusun oleh Faisal Mustaqim pada Tahun 2014. Penelitian ini diambil dari Laporan mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan mempunyai kesamaan dalam topik atau pembahasan mengenai Desain Media Promosi dan Informasi. Adapun Laporan yang telah diteliti adalah Media Promosi dan Informasi yang ada pada SMK Yuppentek IV Tangerang.

e. Laporan Kuliah Kerja Praktek Pada Bagian Desain Informasi Di SMK Negeri 2 Kota Tangerang yang disusun oleh Rafif Tri Widiarso pada Tahun 2014. Penelitian ini diambil dari Laporan mahasiswa yang telah melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan mempunyai kesamaan dalam topik atau pembahasan mengenai Desain Media Promosi dan Informasi. Adapun Laporan yang telah diteliti adalah Media Promosi dan Informasi yang ada pada SMK Negeri 2 Kota Tangerang.


BAB III

PEMBAHASAN


Profil Perusahaan

Sejarah Singkat

SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Tangerang yang berdiri pada tahun 1983 yang pada saat itu dipimpin oleh Bapak Sarwodjo, BA dengan masa jabatan (1983 – 1986) dan saat ini SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Dedi Hidayat, M.Si dengan masa jabatan (2014 – sekarang). SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang juga merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua ketiga di Kabupaten Tangerang. Secara geografis, posisi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang berada di Jalan Raya Curug Km.2, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten 15810 dengan luas lahan mencapai 1,25 Hektar dengan atmosfer Green School karena hanya 25% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kesiswaan. Dan 75% wilayah di SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dapat dikatakan sebagai area hijau berwujud taman dimana di dalamnya terdapat 2 area yaitu lapangan dan taman. Sebuah area yang menjanjikan nuansa akademik bertradisi yang tenang dan asri. Pimpinan sekolah yang pernah bertugas di SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang sejak awal berdirinya yaitu :

1. Bapak Sarwodjo, BA (1983 – 1986)

2. Bapak Drs. Utang (1986 – 1988)

3. Bapak Imam Kurniawan, BA (1988 – 1991)

4. Bapak Drs. Moch Yunus Idrus (1991 – 1993)

5. Bapak Achda Sembada (1993 – 1993)

6. Bapak Djo Sudjadri, BA (1993 – 1996)

7. Bapak Drs. Yusdi (1996 – 1999)

8. Bapak Drs. Djuhana Sudjana (1999 – 2001)

9. Bapak Drs. H. Dedi (2001 – 2001)

10. Bapak Ade Heryanto, S.Pd (2001 – 2004)

11. Bapak Drs. H. Awan Setiadinata, M.M (2004 – 2007)

12. Bapak Drs. H. A. Rifa’ie Sirath (2007 – 2014)

13. Bapak Drs. H. Dedi Hidayat, M.Si (2014 – Sekarang)

Dalam pelaksanaan kerjanya Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dibantu oleh 4 orang Wakil Kepala Sekolah yaitu :

1. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum

2. Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas

3. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan

4. Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana

SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang saat ini terdiri dari beberapa kelas diantaranya kelas X, XI, dan XII. Untuk kelas X dibagi menjadi 2 jurusan yaitu jurusan IPA dan jurusan IPS. Pada jurusan IPA terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 247 siswa, sedangkan pada jurusan IPS terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 152 siswa. Kemudian, untuk kelas XI juga dibagi menjadi 2 jurusan yaitu jurusan IPA dan jurusan IPS. Pada jurusan IPA terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 204 siswa, dan pada jurusan IPS terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 203 siswa, sedangkan pada kelas XII juga sama dibagi menjadi 2 jurusan yaitu jurusan IPA dan jurusan IPS. Pada jurusan IPA terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 207 siswa, dan pada jurusan IPS terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 149 siswa. Maka secara keseluruhan jumlah kelas di SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang berjumlah 29 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 1162 siswa.

Dengan Akreditasi A, SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang secara aktif mengembangkan kerja sama global dengan banyak Perguruan Tinggi ternama Indonesia. Beberapa Universitas termuka seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya dan Universitas Nasional lainnya. Selain itu, SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang juga memperkuat kerjasamanya dengan beberapa asosiasi pendidikan dan riset diantaranya : LP3I Gunadarma, Primagama dan Pesona Laras (Tes IQ).

SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang juga merupakan sebuah lembaga pendidikan yang modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis serta religius yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu sekolah riset atau institusi akademik termuka di Kabupaten Tangerang. Sebagai sekolah riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Sementara itu, SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya. SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang telah menghasilkan lebih dari 9000 alumni, secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di Level Nasional. Bagaimanapun SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang tidak dapat melepaskan diri dari misi terkininya menjadi institusi pendidikan berkualitas tinggi, riset standar nasional dan menjaga standar di sejumlah Jurnal Nasional nomor satu.

SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang juga dilengkapi dengan banyak fasilitas yang mendukung perkembangan siswa dan sekolah saat ini. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah Laboratorium Komputer, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa, Ruang Kesenian, Ruang Multimedia, Ruang Aula dan Ruang Perpustakaan.

Ruang Lingkup

Berikut ini adalah bagian beserta sub-sub bagian yang terdapat pada bagian Tata Usaha (TU) SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

1. Kepala Sekolah merupakan pimpinan sekolah yang bertugas dalam mengkoordinator seluruh staff guru dan pegawai-pegawai sekolah serta bertanggung jawab atas sukses atau tidaknya sekolah tersebut.

2. Kepala Tata Usaha (TU) bertugas dalam mengatur seluruh urusan kepegawaian dan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta bertanggung jawab terhadap seluruh proses akademik yang berhubungan dengan proses administrasi.

3. Staff Urusan Inventaris bertanggung jawab sebagai pembantu pelaksana urusan inventaris dan membantu kesiswaan.

4. Staff Urusan Keuangan bertanggung jawab sebagai pembantu pelaksana dalam urusan seluruh proses administrasi keuangan sekolah.

5. Staff Urusan Kesiswaan bertanggung jawab sebagai pembantu pelaksana dalam urusan kesiswaan.

6. Staff Urusan Kepegawaian/Gaji bertanggung jawab sebagai pelaksana dalam urusan kepegawaian dan gaji PNS.

7. Staff Urusan Koperasi bertanggung jawab sebagai pembantu pelaksana bagian koperasi sekolah.

8. Staff Urusan Agenda/Persuratan bertanggung jawab sebagai pembantu pelaksana urusan agenda, persuratan, dan pengetikan.

9. Staff Urusan Perpustakaan bertanggung jawab sebagai pembantu pelaksana bagian perpustakaan.

10. Staff Admin Kurikulum dan Kesiswaan bertanggung jawab dalam mengatur jadwal belajar mengajar yang akan diberikan oleh siswa serta sebagai pembantu pelaksana urusan kesiswaan.

11. Staff Keamanan bertanggung jawab sebagai pembantu pelaksana keamanan sekolah.

12. Staff Kebersihan bertanggung jawab sebagai pembantu pelaksana urusan kebersihan lingkungan sekolah dan kebersihan kantor.

Visi, Misi dan Tujuan

a. Visi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

Menjadikan peserta didik SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang sebagai siswa yang pandai, religius, edukatif, sehat, tertib, amaliah, santun, ilmiah dan kreatif.

b. Misi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu, dengan mengoptimalkan pemanfaatan segala sumber daya dan daya dukung yang dimiliki oleh sekolah.

2. Mengembangkan dan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri sesuai dengan bakat, minat, dan kebutuhan peserta didik, serta mengikutsertakan dalam berbagai perlombaan/kejuaraan baik regional maupun nasional.

3. Melaksanakan penilaian secara komprehensif terhadap proses dan hasil belajar meliputi kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk seluruh KI dan KD.

4. Menyelenggarakan layanan Bimbingan dan Konseling komprehensif.

5. Menanamkan dan membudayakan nilai kehidupan (religius, santun, disiplin, jujur, tertib, cinta damai, ilmiah, amaliah, saling menghargai, sportif, patriotis, cinta lingkungan dan sebagainya) melalui pembiasaan.

6. Menegakkan tata tertib sekolah, dengan menerapkan prinsip reward and punishment secara proporsional dan mendidik.

7. Menyelenggarakan berbagai perlombaan di tingkat sekolah dengan harapan terjadi peningkatan kreatifitas peserta didik, sekaligus sebagai ajang pencarian siswa-siswa berbakat.

c. Tujuan SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

1. Peserta didik menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, serta sehat dan cerdas.

2. Peserta didik memiliki kemampuan dan daya saing untuk masuk ke perguruan tinggi sesuai program studi yang diminatinya.

3. Peserta didik memiliki kemampuan yang memadai untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi.

4. Peserta didik memiliki kemampuan dan daya saing untuk mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuan yang dimiliki dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

5. Peserta didik memiliki kemampuan dasar untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

6. Peserta didik memiliki kemampuan untuk memanfaatkan potensi diri yang dimiliki demi kepentingan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Struktur Organisasi

Sebuah lembaga pendidikan harus mempunyai suatu struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian serta menunjukkan kerangka hubungan di antara bagian-bagian maupun tugas dan tanggung jawabnya, serta menunjukkan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu organisasi. Sama halnya seperti SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang yang mempunyai struktur organisasi yang terdiri dari Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha (TU), Staff Tata Usaha (TU), Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Sarana Prasarana, Wakasek Humas, Dewan Guru, Wali Kelas, Guru Bidang Studi, BP/BK dan Siswa. Berikut ini adalah struktur organisasi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Gambar 3.1. Struktur Organisasi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

Wewenang dan Tanggung Jawab

Seperti halnya dengan sebuah perusahaan, SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dalam manajemen akademiknya terdapat bagian-bagian yang mempunyai wewenang serta tanggung jawab dalam menyelesaikan semua pekerjaannya. Setiap anggota disekolah mengembangkan wewenang dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka menciptakan suasana kerja yang kondusif untuk kemajuan dan perkembangan sekolah. Berikut ini wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang sebagai berikut :

1. Kepala Sekolah

Wewenang :

a. Menyelenggarakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

b. Pengelolaan teknik edukatif program diklat berdasarkan visi dan misi sekolah.

c. Mengkoordinator seluruh staff guru dan pegawai-pegawai sekolah serta bertanggung jawab atas sukses atau tidaknya sekolah tersebut.

d. Merencanakan dan mengarahkan semua kegiatan pendidikan.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab kepada Pemerintah Kota dan Dinas Pendidikan.

b. Bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan di sekolah, sesuai dengan visi dan misi sekolah.

2. Komite Sekolah

Wewenang :

a. Memberikan masukan terhadap kebijakan mutu pendidikan.

b. Mengawasi kebijakan sekolah.

c. Menangani kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan bendahara dan tugas sekolah lainnya.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas dan kewajiban komite sekolah.

b. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam mengelola dan mengendalikan aktivitas keuangan organisasi, administrasi atau pembukuan untuk menjamin ketepatan dan keamanan data dan kelancaran arus kas.

3. Kepala Tata Usaha (TU)

Wewenang :

a. Melaksanakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan administrasi dan tata usaha.

b. Menyusun dan melaksanakan program tata usaha sekolah.

c. Menyusun dan melaksanakan kegiatan keuangan sekolah.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terselenggaranya seluruh kegiatan ketatausahaan dan pelaksanaan fungsi hubungan masyarakat.

b. Bertanggung jawab sebagai pelaksana urusan kepegawaian dan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta bertanggung jawab terhadap seluruh proses akademik yang berhubungan dengan proses administrasi.

4. Staff Tata Usaha (TU)

Wewenang :

a. Melaksanakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan administrasi dan tata usaha.

b. Mengurus mutasi siswa dan membuat surat keterangan siswa.

c. Mengurusi pengisian buku induk siswa.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab dalam mengkoordinir dan mengatur seluruh kegiatan administrasi baik surat masuk maupun surat keluar mulai dari perencanaan, implementasi maupun evaluasi.

b. Bertanggung jawab dalam memelihara dan melindungi catatan mutu sehubungan dengan siswa seperti identifikasi status siswa dan status mata pelajaran selama proses belajar mengajar yaitu buku induk siswa.

5. Wakasek Kurikulum (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum)

Wewenang :

a. Menyelenggarakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan di sekolah yang berkaitan dengan KBM dan Penilaian.

b. Mengatur pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan ujian nasional.

c. Mengkoordinasikan pelaksanaan dan pengembangan kurikulum.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab terhadap seluruh hal yang berkaitan dengan kurikulum belajar mengajar dan mengatur jadwal pembelajaran yang akan diberikan oleh siswa.

b. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terlaksananya KTSP, KBM, dan Penilaian.

c. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah untuk mengkoordinir dan mengatur seluruh kegiatan akademik mulai dari perencanaan, implementasi maupun evaluasi.

6. Wakasek Kesiswaan (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan)

Wewenang :

a. Mengkoordinasikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

b. Mengkoordinasikan pemilihan kepengurusan dan diklat OSIS.

c. Mengkoordinasikan pelaksanaan 4K (Ketertiban, Kedisplinan, Keamanan dan Kekeluargaan).

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab terhadap seluruh hal yang berkaitan dengan siswa meliputi penerimaan siswa baru dan pembagian kelas.

b. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam penyelenggaraan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dan kegiatan bidang kesiswaan.

c. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah untuk mengkoordinir dan mengatur seluruh kegiatan kesiswaan mulai dari perencanaan, implementasi dan evaluasi.

7. Wakasek Sarana dan Prasarana (Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana)

Wewenang :

a. Menyelenggarakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan, perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.

b. Mengusulkan staff urusan sesuai bidang penanganan kebutuhan kegiatan.

c. Merencanakan pengembangan sarana prasarana sekolah.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab terhadap seluruh hal dalam penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana serta mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana di sekolah.

b. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terlaksananya pembangunan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana.

c. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah yang menyangkut penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana serta memelihara lingkungan yang dibutuhkan untuk mencapai kesesuaian terhadap persyaratan produk yaitu lancarnya proses belajar mengajar.

8. Wakasek Humas (Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas)

Wewenang :

a. Merencanakan pembinaan dan pengembangan karir serta kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan.

b. Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/wali siswa.

c. Membina hubungan sekolah dengan pengurus komite sekolah.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab dalam mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orangtua/wali siswa.

b. Bertanggung jawab dalam membina pengembangan hubungan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan lembaga sosial lainnya.

c. Bertanggung jawab dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah di bidang humas serta melaporkan dan mengevaluasi program kegiatan bidang humas.

d. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah untuk mengkoordinir dan mengatur seluruh kegiatan hubungan masyarakat.

e. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan.

9. Dewan Guru

Wewenang :

a. Melaksanakan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan tugas mengajar.

b. Membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari : silabus, program tahunan/semester, program rencana pelaksanaan pembelajaran, daftar nilai/skala nilai dan agenda mengajar.

c. Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, ujian nasional, penugasan, portopolio dan lain-lain.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab dalam membuat program pengajaran yang meliputi : analisa materi pelajaran, program tahunan, program satuan pelajaran, program rencana pengajaran dan lembar kegiatan siswa.

b. Bertanggung jawab dalam melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

c. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah berkenaan dengan kegiatan PKM menurut tingkat yang diajarkan.

d. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) serta bertanggung jawab dalam membuat program pengajaran yang meliputi : analisa materi pelajaran, program tahunan, program satuan pelajaran, program rencana pengajaran dan lembar kegiatan siswa.

10. Wali Kelas

Wewenang :

a. Melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pendampingan pembinaan dan monitoring kelas.

b. Mewakili Kepala Sekolah dan orang tua dalam pembinaan siswa.

c. Membantu pengembangan peningkatan kecerdasan dan keterampilan siswa.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab menangani seluruh kegiatan yang terjadi dalam kelas.

b. Bertanggung jawab dalam melaksanakan koordinasi tingkat kelas.

c. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terlaksananya pendampingan pembinaan dan monitoring kelas.

11. Guru Bidang Studi

Wewenang :

a. Menyusun program tahunan, program semester, pemetaan standar isi, silabus, KKM, RPP dan analisis hasil ulangan harian.

b. Mempelajari, menguasai dan melaksanakan KBM sesuai dengan kurikulum.

c. Merencanakan dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab atas penyusunan program dan pengembangan mata pelajaran serta mengkoordinasikan penyusunan naskah soal ulangan harian.

b. Bertanggung jawab atas pencapaian target kurikulum bidang studi masing-masing.

12. Guru BP/BK

Wewenang :

a. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan bimbingan konseling.

b. Melaksanakan pengembangan pelaksanaan bimbingan dan konseling.

c. Melaksanakan koordinasi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan bimbingan dan konseling.

d. Melaporkan seluruh tugas dan tanggung jawabnya kepada Kepala Sekolah secara berkala.

Tanggung jawab :

a. Bertanggung jawab dalam memberikan layanan bimbingan penyuluhan dan karir kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.

b. Bertanggung jawab dalam mengkoordinir dan mengatur seluruh proses bimbingan terhadap siswa mulai dari perencanaan, implementasi maupun evaluasi.

c. Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah yang berhubungan dengan bimbingan konseling (BK).

13. Siswa/Peserta Didik

Wewenang dan Tanggung jawab :

a. Siswa/peserta didik merupakan siswa yang menerima segala bentuk pembelajaran dari guru.

b. Menuntut ilmu sebaik-baiknya.

c. Mempertanggung jawabkan hasil pembelajarannya.

d. Mematuhi peraturan yang sudah diterapkan oleh pihak sekolah.

Daftar Relasi

SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang adalah sebuah sekolah yang bergerak dalam bidang pendidikan. SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang memiliki beberapa relasi atau rekan kerjasama. Berikut ini adalah beberapa relasi yang telah bekerjasama dengan SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Tabel 3.1. Tabel Relasi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

Tinjauan Umum

Skema Alur Kerja

Gambar 3.2. Skema Alur Kerja SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

Alur Kerja

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah merupakan pimpinan sekolah yang mengatur dan mengkoordinator seluruh staff guru dan pegawai-pegawai sekolah serta bertanggung jawab atas suksesnya atau tidaknya sekolah tersebut. Kepala Sekolah juga bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan di sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah.

Wakil Kepala Sekolahh

Wakil Kepala Sekolah bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam pengelolaan sekolah dan pelaksanaan tugas-tugas serta membantu dalam hal kegiatan sekolah serta mewakili Kepala Sekolah untuk menghadiri rapat khususnya yang berkaitan dengan masalah pendidikan.

Kepala Tata Usaha (TU)

Kepala Tata Usaha (TU) bertanggung jawab sebagai pelaksana urusan Kepegawaian dan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta bertanggung jawab terhadap seluruh proses akademik yang berhubungan dengan proses administrasi. Kepala Tata Usaha juga bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas terselenggaranya seluruh kegiatan ketatausahaan dan pelaksanaan fungsi hubungan masyarakat.

Urusan Kurikulum

Urusan Kurikulum bertanggung jawab terhadap seluruh hal yang berkaitan dengan kurikulum belajar mengajar dan mengatur jadwal pembelajaran yang akan diberikan oleh siswa serta bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah untuk mengkoordinir dan mengatur seluruh kegiatan akademik mulai dari perencanaan, implementasi maupun evaluasi.

Urusan Kesiswaan

Urusan Kesiswaan bertanggung jawab terhadap seluruh hal yang berkaitan dengan siswa meliputi penerimaan siswa baru, pembagian kelas dan kegiatan bidang kesiswaan serta bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah untuk mengkoordinir dan mengatur seluruh kegiatan kesiswaan mulai dari perencanaan, implementasi dan evaluasi.

Urusan Humas

Urusan Humas bertanggung jawab dalam mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orangtua/wali siswa serta bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan serta mengkoordinir dan mengatur seluruh kegiatan hubungan masyarakat.

Urusan Sarana dan Prasarana

Urusan Sarana dan Prasarana bertanggung jawab terhadap seluruh hal dalam penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana serta mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana di sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah yang menyangkut penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana serta memelihara lingkungan yang dibutuhkan untuk mencapai kesesuaian terhadap persyaratan produk yaitu lancarnya proses belajar mengajar.

Staff Tata Usaha (TU)

Staff Tata Usaha (TU) bertanggung jawab dalam mengkoordinir dan mengatur seluruh kegiatan administrasi baik surat masuk maupun surat keluar mulai dari perencanaan, implementasi maupun evaluasi serta bertanggung jawab dalam memelihara dan melindungi catatan mutu sehubungan dengan siswa seperti identifikasi status siswa dan status mata pelajaran selama proses belajar mengajar yaitu buku induk siswa.

Tinjauan Khusus

Daftar Project

1. Desain Spanduk Selamat Datang Siswa dan Siswi

2. Desain Spanduk Peringatan Tahun Baru Islam

3. Desain Spanduk Peringatan Hari Sumpah Pemuda

4. Desain Spanduk Peringatan Hari Pahlawan

5. Desain Spanduk Peringatan Hari Guru Nasional

6. Desain Spanduk Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

7. Desain Kartu Tanda Pelajar Siswa (Tampak Depan)

8. Desain Kartu Tanda Pelajar Siswa (Tampak Belakang)

9. Desain Kartu Tanda Anggota Perpustakaan (Tampak Depan)

10. Desain Kartu Tanda Anggota Perpustakaan (Tampak Belakang)

11. Desain Kartu Tanda Parkir (Tampak Depan)

12. Desain Kartu Tanda Parkir (Tampak Belakang)

13. Desain Jam Dinding

14. Desain Kalender

15. Desain X-Banner Visi dan Misi

16. Desain X-Banner Area Bebas Rokok

Latar Belakang dan Konsep Desain

1. Desain Spanduk Selamat Datang Siswa dan Siswi

a. Latar Belakang

Desain spanduk ini dibuat untuk mengucapkan Selamat Datang kepada seluruh siswa dan siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain spanduk ini menggunakan logo Kabupaten Tangerang, logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan gambar foto siswa/siswi yang telah di Transparency.

Warna

Pada desain spanduk ini menggunakan warna biru dan putih untuk background spanduk.

Font

Pada desain spanduk ini menggunakan Font Arial Black untuk penulisan “SELAMAT DATANG SISWA/SISWI” diberi warna kuning dengan drop shadow warna biru, “SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016” diberi warna biru dengan drop shadow warna putih dan Font Bernard MT Condensed untuk penulisan “WEBSITE : www.sman3kabtangerang.sch.id dan EMAIL : [email protected]” diberi warna putih dengan drop shadow warna biru.

Visual

Gambar 3.3. Desain Spanduk Selamat Datang Siswa dan Siswi

2. Desain Spanduk Peringatan Tahun Baru Islam

a. Latar Belakang

Desain spanduk ini dibuat untuk mengucapkan Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 H kepada seluruh masyarakat dan keluarga besar SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain spanduk ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang, gambar ketupat dan gambar masjid yang telah di Transparency.

Warna

Pada desain spanduk ini menggunakan warna biru untuk background spanduk.

Font

Pada desain spanduk ini menggunakan Font Gill Sans Ultra Bold untuk penulisan “SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG” diberi warna biru dengan drop shadow warna putih, Font Monotype Corsiva untuk penulisan “MENGUCAPKAN” diberi warna putih dengan drop shadow warna biru dan Font Impact untuk penulisan “SELAMAT TAHUN BARU ISLAM” diberi warna merah dengan outline warna putih, “1 MUHARRAM 1437 H” diberi warna hijau dengan outline warna kuning, “SUCIKAN HATI, KUATKAN TEKAD, UNTUK MENGGAPAI HARI YANG LEBIH BAIK DENGAN PENUH RIDHA ILLAHI” diberi warna putih dengan drop shadow warna biru dan “RABU, 14 OKTOBER 2015” diberi warna hitam dengan drop shadow warna putih.

Visual

Gambar 3.4. Desain Spanduk Peringatan Tahun Baru Islam

3. Desain Spanduk Peringatan Hari Sumpah Pemuda

a. Latar Belakang

Desain spanduk ini dibuat untuk mengucapkan Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-87 Tahun kepada seluruh masyarakat dan keluarga besar SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain spanduk ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan gambar bendera merah putih yang telah di Transparency.

Warna

Pada desain spanduk ini menggunakan warna merah dan putih untuk background spanduk.

Font

Pada desain spanduk ini menggunakan Font Gill Sans Ultra Bold untuk penulisan “SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA” diberi warna putih dengan drop shadow warna hitam, Font Cooper Std Black untuk penulisan “28 OKTOBER 1928 – 28 OKTOBER 2015” diberi warna putih dengan drop shadow warna hitam, Font Rosewood Std Regular untuk penulisan “87 TH” diberi warna putih dengan drop shadow warna merah, Font Impact untuk penulisan “MELALUI SUMPAH PEMUDA MARI WUJUDKAN PEMUDA/I INDONESIA MANDIRI, KREATIF & MAJU” diberi warna merah dengan outline warna putih dan drop shadow warna hitam dan Font Arial Black untuk penulisan “SMAN 3 KAB. TANGERANG” diberi warna hitam dengan drop shadow warna putih.

Visual

Gambar 3.5. Desain Spanduk Peringatan Hari Sumpah Pemuda

4. Desain Spanduk Peringatan Hari Pahlawan

a. Latar Belakang

Desain spanduk ini dibuat untuk mengucapkan Selamat Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2015 kepada seluruh masyarakat dan keluarga besar SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain spanduk ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan gambar pahlawan nasional yang telah di Transparency.

Warna

Pada desain spanduk ini menggunakan warna merah dan putih untuk background spanduk.

Font

Pada desain spanduk ini menggunakan Font Cooper Std Black untuk seluruh penulisan, yaitu untuk penulisan “SELAMAT HARI PAHLAWAN 2015” diberi warna hitam dengan outline warna putih dan drop shadow warna kuning, “10 NOVEMBER 1945 – 10 NOVEMBER 2015” diberi warna kuning dengan drop shadow warna hitam, “BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI JASA-JASA PAHLAWANNYA” diberi warna merah dengan outline warna putih dan drop shadow warna hitam dan “SMAN 3 KAB. TANGERANG” diberi warna hitam dengan drop shadow warna putih.

Visual

Gambar 3.6. Desain Spanduk Peringatan Hari Pahlawan

5. Desain Spanduk Peringatan Hari Guru Nasional

a. Latar Belakang

Desain spanduk ini dibuat untuk mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional HUT PGRI ke-70 Tahun 2015 kepada seluruh Guru SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain spanduk ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang, logo PGRI dan gambar foto seluruh guru SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang yang telah di Transparency.

Warna

Pada desain spanduk ini menggunakan warna merah dan putih untuk background spanduk.

Font

Pada desain spanduk ini menggunakan Font Gill Sans Ultra Bold untuk penulisan “SELAMAT HARI GURU NASIONAL” diberi warna kuning dengan drop shadow warna merah, Font Impact untuk penulisan “HUT PGRI KE-70 TAHUN 2015” diberi warna biru dengan outline warna putih dan drop shadow warna putih, Font Arno Pro Smbd Caption untuk penulisan “25 NOVEMBER 2015” diberi warna kuning dengan drop shadow warna merah, Font Lucida Bright untuk penulisan “MEWUJUDKAN REVOLUSI MENTAL MELALUI PERAN STRATEGI GURU” diberi warna putih dengan drop shadow warna merah dan Font Arial untuk penulisan “SMAN 3 KAB. TANGERANG” diberi warna hitam dengan drop shadow warna putih.

Visual

Gambar 3.7. Desain Spanduk Peringatan Hari Guru Nasional

6. Desain Spanduk Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

a. Latar Belakang

Desain spanduk ini dibuat untuk mengucapkan Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1437 H kepada seluruh masyarakat dan keluarga besar SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain spanduk ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan gambar masjid yang telah di Transparency.

Warna

Pada desain spanduk ini menggunakan warna hijau dan putih untuk background spanduk.

Font

Pada desain spanduk ini menggunakan Font Gill Sans Ultra Bold untuk penulisan “SELAMAT MEMPERINGATI” diberi warna merah dengan drop shadow warna putih, “MAULID NABI MUHAMMAD SAW” diberi warna kuning dengan drop shadow warna hijau, “12 RABIUL AWAL 1437 H” diberi warna hijau dengan drop shadow warna putih, Font Arial untuk penulisan “JADIKAN SEMANGAT MAULID UNTUK BERBAGI KEPADA SESAMA, SEBAGAI WUJUD KEPEDULIAN SOSIAL BERDASARKAN SUNNAH RASULULLAH SAW” diberi warna putih dengan drop shadow warna hijau, “KAMIS, 24 DESEMBER 2015” diberi warna hijau dengan drop shadow warna putih dan Font Impact untuk penulisan “SMAN 3 KAB. TANGERANG” diberi warna hitam dengan drop shadow warna putih.

Visual

Gambar 3.8. Desain Spanduk Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

7. Desain Kartu Tanda Pelajar Siswa (Tampak Depan)

a. Latar Belakang

Desain kartu pelajar ini dibuat untuk memberikan identitas pelajar kepada seluruh siswa/siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain kartu pelajar ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Warna

Pada desain kartu pelajar ini menggunakan warna biru dan kuning untuk background kartu pelajar.

Font

Pada desain kartu pelajar ini menggunakan Font Arial untuk penulisan “PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG”, “DINAS PENDIDIKAN”, “ALAMAT SEKOLAH” diberi warna putih dan “IDENTITAS SISWA” diberi warna biru dan Font Arial Black untuk penulisan “SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG” diberi warna kuning, “KARTU PELAJAR” diberi warna biru dan “MASA BERLAKU KARTU” diberi warna putih.

Visual

Gambar 3.9. Desain Kartu Tanda Pelajar Siswa (Tampak Depan)

8. Desain Kartu Tanda Pelajar Siswa (Tampak Belakang)

a. Latar Belakang

Desain kartu pelajar ini dibuat untuk memberikan identitas pelajar kepada seluruh siswa/siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain kartu pelajar ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan logo stempel SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Warna

Pada desain kartu pelajar ini menggunakan warna biru dan kuning untuk background kartu pelajar.

Font

Pada desain kartu pelajar ini menggunakan Font Arial Black untuk penulisan “JANJI PELAJAR” diberi warna kuning dan Font Arial untuk seluruh penulisan isi dari janji pelajar dan diberi warna biru.

Visual

Gambar 3.10. Desain Kartu Tanda Pelajar Siswa (Tampak Belakang)

9. Desain Kartu Tanda Anggota Perpustakaan (Tampak Depan)

a. Latar Belakang

Desain kartu anggota perpustakaan ini dibuat untuk memberikan identitas sebagai anggota perpustakaan kepada seluruh siswa/siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain kartu anggota perpustakaan ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Warna

Pada desain kartu anggota perpustakaan ini menggunakan warna biru untuk background kartu anggota perpustakaan.

Font

Pada desain kartu anggota perpustakaan ini menggunakan Font Arial untuk penulisan “PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG”, “DINAS PENDIDIKAN”, “ALAMAT SEKOLAH” diberi warna putih dan “IDENTITAS SISWA” diberi warna biru dan Font Arial Black untuk penulisan “SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG” diberi warna kuning, “KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN” dan “MASA BERLAKU KARTU” diberi warna biru.

Visual

Gambar 3.11. Desain Kartu Tanda Anggota Perpustakaan (Tampak Depan)

10. Desain Kartu Tanda Anggota Perpustakaan (Tampak Belakang)

a. Latar Belakang

Desain kartu anggota perpustakaan ini dibuat untuk memberikan identitas sebagai anggota perpustakaan kepada seluruh siswa/siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain kartu anggota perpustakaan ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan logo stempel SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Warna

Pada desain kartu anggota perpustakaan ini menggunakan warna biru untuk background kartu anggota perpustakaan.

Font

Pada desain kartu anggota perpustakaan ini menggunakan Font Arial Black untuk penulisan “TATA TERTIB PERPUSTAKAAN” diberi warna biru dan Font Arial untuk seluruh penulisan isi dari tata tertib perpustakaan dan diberi warna biru.

Visual

Gambar 3.12. Desain Kartu Tanda Anggota Perpustakaan (Tampak Belakang)

11. Desain Kartu Tanda Parkir (Tampak Depan)

a. Latar Belakang

Desain kartu tanda parkir ini dibuat untuk tanda parkir di area sekolah kepada seluruh siswa/siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain kartu tanda parkir ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Warna

Pada desain kartu tanda parkir ini menggunakan warna biru dan putih untuk background kartu tanda parkir.

Font

Pada desain kartu tanda parkir ini menggunakan Font Times New Roman untuk seluruh penulisan dan diberi warna hitam.

Visual

Gambar 3.13. Desain Kartu Tanda Parkir (Tampak Depan)

12. Desain Kartu Tanda Parkir (Tampak Belakang)

a. Latar Belakang

Desain kartu tanda parkir ini dibuat untuk tanda parkir di area sekolah kepada seluruh siswa/siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain kartu tanda parkir ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang yang telah di Transparency.

Warna

Pada desain kartu tanda parkir ini menggunakan warna biru dan putih untuk background kartu tanda parkir.

Font

Pada desain kartu tanda parkir ini menggunakan Font Times New Roman untuk seluruh penulisan dan diberi warna hitam.

Visual

Gambar 3.14. Desain Kartu Tanda Parkir (Tampak Belakang)

13. Desain Jam Dinding

a. Latar Belakang

Desain jam dinding ini dibuat untuk tanda pengingat waktu di dalam kelas dan kantor SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain jam dinding ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Warna

Pada desain jam dinding ini menggunakan warna biru, kuning dan putih.

Font

Pada desain jam dinding ini menggunakan Font Georgia untuk penulisan “SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG” diberi warna hitam dan drop shadow warna putih, Font Arial untuk penulisan “ALAMAT SEKOLAH” diberi warna hitam dan Font Bell MT untuk penulisan “ANGKA JAM” diberi warna hitam.

Visual

Gambar 3.15. Desain Jam Dinding

14. Desain Kalender

a. Latar Belakang

Desain kalender ini dibuat sebagai media informasi dan tanda pengingat waktu (hari, tanggal, bulan dan tahun).

b. Konsep Desain

Image

Pada desain kalender ini menggunakan logo Kabupaten Tangerang dan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Warna

Pada desain kalender ini menggunakan warna biru, kuning dan putih untuk background kalender.

Font

Pada desain kalender ini menggunakan Font Arial untuk penulisan “PEMERINTAH KABUPATEN TANGERANG”, “DINAS PENDIDIKAN” dan “ALAMAT SEKOLAH” diberi warna biru, Font Arial Black untuk penulisan “SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG” diberi warna kuning, Font Britannic Bold untuk penulisan “2016” diberi warna biru dan drop shadow warna putih, Font Arno Pro Smbd Caption untuk penulisan “WEBSITE” dan “EMAIL” diberi warna biru dan “VISI” SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang diberi warna putih dan Font Georgia untuk penulisan “JANUARI” dan “FEBRUARI” diberi warna biru dengan drop shadow warna putih, “1 JANUARI : TAHUN BARU 2016 MASEHI” dan “8 FEBRUARI : TAHUN BARU IMLEK” diberi warna merah.

Visual

Gambar 3.16. Desain Kalender

15. Desain X-Banner Visi dan Misi

a. Latar Belakang

Desain x-banner ini dibuat sebagai media informasi untuk seluruh siswa/siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang tentang Visi dan Misi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Pada desain x-banner ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Warna

Pada desain x-banner ini menggunakan warna biru dan putih untuk background x-banner.

Font

Pada desain x-banner ini menggunakan Font Gill Sans Ultra Bold untuk penulisan “VISI & MISI SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG” diberi warna biru dengan drop shadow warna putih, Font Arial untuk seluruh penulisan isi dari visi dan misi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan diberi warna biru, Font Arno Pro Smbd Caption untuk penulisan “BERPRESTASI” diberi warna putih dengan drop shadow warna biru dan Font Times New Roman untuk penulisan “(BERSIH, ELOK, RINDANG, PANDAI, RELIGIUS, EDUKATIF, SEHAT, TERTIB, AMALIAH, SANTUN, ILMIAH)” diberi warna putih dengan drop shadow warna biru.

Visual

Gambar 3.17. Desain X-Banner Visi dan Misi

16. Desain X-Banner Area Bebas Rokok

a. Latar Belakang

Desain x-banner ini dibuat sebagai media informasi dan himbauan untuk seluruh siswa/siswi SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang tentang Area Bebas Rokok (larangan untuk tidak merokok di area sekolah SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang).

b. Konsep Desain

Image

Pada desain x-banner ini menggunakan logo SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan gambar larangan merokok.

Warna

Pada desain x-banner ini menggunakan warna biru dan putih untuk background x-banner.

Font

Pada desain x-banner ini menggunakan Font Arial Black untuk penulisan “KAWASAN BEBAS ASAP ROKOK” dan “NO SMOKING AREA” diberi warna hitam dengan drop shadow warna putih, “TERIMA KASIH UNTUK TIDAK MEROKOK” diberi warna putih dengan drop shadow warna biru dan Font Arial untuk penulisan “SMA NEGERI 3 KABUPATEN TANGERANG” dan “LINDUNGI DAN SAYANGI ORANG DI SEKELILING ANDA” diberi warna biru dengan drop shadow warna putih, “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN” diberi warna hitam.

Visual

Gambar 3.18. Desain X-Banner Area Bebas Rokok


BAB IV

PENUTUP


Kesimpulan

Pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang yang dijalankan oleh penulis selama 287 jam atau kurang lebih selama 3 bulan dengan pelaksanaan setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jum’at, penulis mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja yang belum pernah didapatkan sebelumnya, penulis juga bisa merasakan bagaimana suasana dari lingkungan dunia kerja yang sesungguhnya. Pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang harus diperdalam agar dapat menyelesaikan project yang diberikan oleh pembimbing di SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Selama penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang, penulis mendapatkan kesempatan untuk membuat desain yang nantinya akan dijadikan sebagai media informasi sekolah. Dalam membuat sebuah desain diperlukan kreatifitas dalam menciptakan sebuah desain yang menarik.

Dengan melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP), penulis banyak mendapatkan pengalaman yang belum pernah didapat selama mengikuti perkuliahan. Maka dari itu, Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini adalah pengalaman yang sangat berguna bagi penulis dikemudian hari, yaitu menjadi lebih siap dalam menghadapi persaingan dunia kerja dan praktek yang dijalani pada Kuliah Kerja Praktek (KKP) tersebut yang nantinya akan diterapkan dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Saran

Adapun saran yang penulis sampaikan setelah melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang yaitu banyak sekali teknik membuat sebuah desain yang tentunya menjadikan desain itu lebih menarik dan tak biasa. Teknik ini dapat dipakai oleh seorang desain grafis agar hasil desain sesuai dengan yang diinginkan. Tidak sembarangan pula dalam membuat konsep sebuah desain, dalam pembuatan sebuah desain memang memerlukan banyak referensi agar mendapatkan berbagai macam ide baru dan hasil desain itu sendiri murni dari kreatifitas seorang desain grafis.

Membuat sebuah desain perlu adanya masukan atau pendapat dari orang yang mengerti tentang sebuah desain yang baik dan bagus, untuk mengetahui seberapa bagus atau tidaknya desain yang kita buat agar dapat membuat desain yang lebih baik lagi dan menarik tentunya dengan mengembangkan ide-ide dan kreatifitas seorang desain grafis.

Kesan

Selama penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang, penulis mendapatkan banyak pengalaman yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagaimana cara mendesain yang baik dan benar, dan banyak sekali masukan serta pelajaran yang penulis dapatkan selama melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang.

Penulis mengucapkan banyak terima kasih karena telah diperkenankan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang, dan penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pembimbing lapangan di SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang yang senantiasa membimbing penulis dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin dan penuh rasa tanggung jawab sehingga semua project dan tugas yang diberikan dapat diselesaikan sesuai pada waktunya.


Daftar Pustaka

  1. Maimunah, Lusyani Sunarya, Nina Larasati. 2012. Media Company Profile sebagai Sarana Penunjang Informasi dan Promosi. Journal CCIT Vol.5 No.3 – Mei 2012. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Sunarya, Lusyani, Mukti Budiarto, Jasmine Dara Assyifa. 2015. Keefektifan Media Komunikasi Visual sebagai Penunjang Promosi pada Perguruan Tinggi Raharja. Journal CCIT Vol.9 No.1 – September 2015. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Arts, Athenk. 2012. Buku Efek – Efek Terbaik CorelDraw dan Photoshop. Jakarta : Citra Media Pustaka.
  4. Dukom. 2012. Buku Mahir CorelDraw X5. Jakarta : Dunia Komputer.
  5. Madcoms. 2011. Kreasi Desain Kaos Distro dengan CorelDraw untuk Pemula – Expression Of Love. Yogyakarta : Andi.
  6. Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya. Jakarta : Andi.
  7. Atmohoetomo, Soegito. 2010. Media Audio Visual Pendidikan dan Proses Produksi Programnya. Yogyakarta : Pusdiklat Perpustakaan IKIP.
  8. Arifin, Eva. 2011. Buku Broadcasting To Be Broadcaster. Yogyakarta : Graha Ilmu.
  9. Rahardja, Untung, Hidayati, Mia Novalia. 2011. Peningkatan Kinerja Distributed Database Melalui Methode DMQ Base Level. Journal CCIT Vol.4 No.3 – Mei 2011. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.


LAMPIRAN

LAMPIRAN A

A.1. Surat Pengantar KKP

A.2. Form Validasi Kuliah Kerja Praktek (KKP)

A.3. Form Pergantian Judul

A.4. Kartu Study Tetap Final (KSTF)

A.5. Kwitansi Pembayaran Kuliah Kerja Praktek (KKP)

A.6. Kartu Bimbingan

A.7. Daftar Nilai

A.8. Daftar Mata Kuliah Yang Belum Diambil

A.9. Formulir Seminar Proposal KKP/TA/Skripsi

A.10. Sertifikat Prospek

A.11. Sertifikat TOEFL

A.12. Sertifikat IT Internasional (Minimal 1 sertifikat)

A.13. Sertifikat IT Nasional (Minimal 3 sertifikat)

LAMPIRAN B

B.1. Bukti Observasi (Surat Keterangan KKP)

B.1. Bukti Magang (Uraian Pekerjaan)

LAMPIRAN C

C.1. Berkas Absensi (Tabel Kegiatan KKP)