SI1221473158

Dari widuri
Revisi per 29 Januari 2016 06.21 oleh Deny Pangestu Gunawan (bicara | kontrib) (Sistematika Penulisan)


Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN MEDIA DESIGN MAGAZINE SEBAGAI SARANA PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI

PADA SMK MANDIRI 2

BALARAJA


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1221473158
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO COMPANY PROFILE SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI

PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK

KABUPATEN TANGERANG


Disusun Oleh :

NIM
: 1221473158
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
Ir. Untung Rahardja, M.T.I
       
Junaidi, M.Kom
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 


LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA DESIGN MAGAZINE SEBAGAI SARANA PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI

PADA SMK MANDIRI 2

BALARAJA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1221473158
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
Wahyu Hidayat, S.I.Kom
   
Wahyu Hidayat, S.E
NID : 12002
   
NID : 10010


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA DESIGN MAGAZINE SEBAGAI SARANA PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI

PADA SMK MANDIRI 2

BALARAJA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1221473158
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA DESIGN MAGAZINE SEBAGAI SARANA PENUNJANG

INFORMASI DAN PROMOSI

PADA SMK MANDIRI 2

BALARAJA


Disusun Oleh :

NIM
: 1221473158
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1221473158

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Perkembangan dan penggunaan teknologi komputer saat ini bukan hal yang asing bagi dunia pendidikan. Karena dalam dunia pendidikan, komputer merupakan alat atau akses yang sangat penting dalam menunjang majunya dunia pendidikan, sehingga dapat memperlancar tugas atau kegiatan instansi yang terkait dalam dunia pendidikan tersebut. Penggunaan komputer sangat penting dalam memperlancar atau mempermudah dalam proses pengajaran, Pengolahan Data, Membuat Desain, Membuat soal Ujian, Penyimpanan data-data yang penting bahkan sebagai bahan pendidikan itu sendiri, tanpa ada penggunaaan komputer yang mempermudah dalam mengakses segala bentuk data mungkin dunia pendidikan yang ada belum semaju dan berkembang seperti sekarang ini. SMK Mandiri 2 Balaraja merupakan salah satu lembaga pendidikan. Dengan terus berkembangnya teknologi multimedia, maka penulis melaksanakan SKRIPSI sesuai dengan jurusan dan konsentrasi yang penulis ambil dengan menempati bagian desain. Dengan melaksanakan SKRIPSI pada SMK Mandiri 2 Balaraja, penulis mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat khususnya pada bagian desain dalam pembuatan media promosi magazine. Sehingga penulis dapat menuliskan laporan SKRIPSI dengan judul : “ PERANCANGAN MEDIA DESIGN MAGAZINE SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA”.

Desain, Media promosi

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN MEDIA DESIGN MAGAZINE SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di STMIK Raharja.

Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom., selaku dosen pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  5. Bapak Wahyu Hidayat, S.E., selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis untuk kelancaran penyusunan Skripsi ini.
  6. Bapak Hade Surahman, S.Kom , selaku stakeholder yang telah memberikan masukan dan motivasi baik dalam perancangan maupun penyusunan laporan Skripsi ini.
  7. Seluruh Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan yang berguna bagi penulis.
  8. Ayah, Ibu, Adik serta saudara-saudara tersayang yang selalu memberikan kasih sayang, perhatian, semangat, dukungan moril dan materil serta do’a untuk keberhasilan penulis.
  9. Lusiana Dewi yang selalu mendukung dalam menyusun laporan skripsi.
  10. Sahabat-sahabatku, dan rekan-rekan seperjuangan, dan semua teman mahasiswa di Perguruan Tinggi Raharja yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Terima kasih atas bantuannya.

Akhir kata, penulis mengucapkan semoga amal baik yang telah diberikan untuk kepentingan penulis dalam penyusunan laporan ini, mendapat imbalan serta pahala yang setimpal dari yang Maha Kuasa Allah Subhanahu Wata’ala, Amin.

Tangerang, Januari 2016




Deny Pangestu Gunawan





DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Daftar Guru dan Pegawai SMK Mandiri 2 Balaraja

Tabel 3.2. Material Produk

Tabel 3.3. Daftar Pesaing

Tabel 3.4. Budget Produksi Media

DAFTAR BAGAN

Bagan 3.1. Struktur Organisasi SMK Mandiri 2 Balaraja

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Tampilan Pada Adobe Ilustrator

Gambar 2.2. Tampilan Pada Adobe Photoshop

Gambar 4.1. Layout kasar cover depan dan cover belakang

Gambar 4.2. Layout kasar hal 1 dan 14

Gambar 4.3. Layout kasar hal 13 dan 2

Gambar 4.4. Layout kasar hal 3 dan 12

Gambar 4.5. Layout kasar hal 11 dan 4

Gambar 4.6. Layout kasar hal 5 dan 10

Gambar 4.7. layout kasar hal 9 dan 6

Gambar 4.8. Layout kasar hal 7 dan 8

Gambar 4.9. Layout komprehensif Cover depan dan belakang

Gambar 4.10. Layout Komprehensif hal 1 dan 14

Gambar 4.11. Layout Komprehensif hal 13 dan 2

Gambar 4.12. Layout Komprehensif hal 3 dan 12

Gambar 4.13. Layout Komprehensif hal 11 dan 4

Gambar 4.14. Layout Komprehensif hal 5 dan 10

Gambar 4.15. Layout Komprehensif hal 9 dan 6

Gambar 4.16. Layout Komprehensif hal 7 dan 8

Gambar 4.17. Final Artwork cover depan dan belakang

Gambar 4.18. Final Artwork hal 1 dan 14

Gambar 4.19. Final Artwork hal 13 dan 2

Gambar 4.20. Final Artwork hal 3 dan 12

Gambar 4.21. Final Artwork hal 11 dan 4

Gambar 4.22. Final Artwork hal 5 dan 10

Gambar 4.23. Final Artwork hal 9 dan 6

Gambar 4.24. Final Artwork hal 7 dan 8

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat sangat mendukung dalam persaingan dunia bisnis, begitu pula dalam dunia pendidikan yang dimana mereka saling berlomba dalam menginformasikan inovasi terbaik mereka, yang ditujukan agar dapat diketahui dan dapat menarik perhatian masyarakat.

Oleh karena itu banyak yang menawarkan jasa untuk ikut andil dalam menginformasikan lembaga-lembaga pendidikan. Jika dilihat dari segi kebutuhan pada program informasi penggunaan media penunjangnya kurang lebih hampir sama, seperti halnya menggunakan media penunjang berbasis cetakan, elektronik dan masih banyak bentuk media-media penunjang yang mengacu pada perkembangan teknologi sarana produksi media khususnya perkembangan teknologi multimedia.

Informasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui media advertising atau periklanan. Sampai saat ini, iklan masih dianggap pilihan yang menarik sebagai sarana mempublikasikan produk karena dapat menjangkau masyarakat secara luas untuk mengenalkan dan lebih mendekatkan produk kepada konsumen. Iklan berperan penting sebagai salah satu sumber informasi yang diperlukan konsumen untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada.

Hingga saat ini media informasi yang berbasis cetakan lebih sering dipergunakan, walaupun dengan biaya yang terhitung lebih besar. Akan tetapi bentuk media cetakan dapat lebih bertahan lama dan lebih fleksibel. Dengan segala keunggulan media berbasis cetakan diharapkan nilai-nilai efektifitas bisa terpenuhi kebutuhannya. Iklan yang efektif tidak hanya menyampaikan informasi saja, tetapi juga menyampaikan pesan – pesan yang akan menimbulkan citra positif bagi konsumen. Banyak jenis dan ragamnya media berbasis cetakan, diantaranya Brosur, Poster luar atau poster dalam, Majalah, Spanduk dan ragam media cindera mata lainnya. Jika kita kaji dengan begitu banyaknya ragam.

Sekecil apapun penilaian dari publik dapat mempengaruhi -eksistensi suatu perusahaan atau lembaga pendidikan, karena secara langsung dan tidak langsung semua kegiatannya akan selalu berhubungan dengan publik, baik publik ekternal maupun publik internal. Begitu pula yang dilakukan oleh SMK Mandiri 2 Balaraja, SMK ini juga telah menggunakan layanan web sebagai media informasi.

Berdasarkan data yang peneliti miliki, media informasi yang sudah ada belum bisa memenuhi target. Oleh karena itu penulis sebagai mahasiswa Program Studi Teknik Informatika yang dibekali keterampilan penguasaan dibidang rancangan media grafis, dengan responsif telah melakukan analisa-analisa terhadap penyelenggara pendidikan di SMK Mandiri 2 Balaraja. Dari hasil wawancara penulis telah menyimpulkan dan menentukan topik penelitian yang diberi judul “PERANCANGAN MEDIA DESIGN MAGAZINE SEBAGAI SARANA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK MANDIRI 2 BALARAJA”.

Dari hasil rancangan media majalah tersebut nantinya akan diprogramkan penerbitannya dengan skala periode-periode yang telah ditetapkan berdasarkan volume kegiatan yang akan dipublikasikan, dan tidak dilupakan yang pasti sumber pendanaan biaya produksi media tiap-tiap periode penerbitan.

Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang yang disampaikan, penulis dapat merumuskan beberapa point yang menjadi permasalahan pada SMK Mandiri 2 Balaraja yaitu, sebagai berikut :

  1. Media komunikasi seperti apa yang dapat digunakan dalam memberikan informasi tentang SMK Mandiri 2 Balaraja?
  2. Target seperti apa yang akan dicapai melalui perancangan media informasi dan promosi berbentuk magazine pada SMK Mandiri 2 Balaraja ini?
  3. Bagaimana merancang sebuah magazine yang dapat menarik perhatian sehingga informasi dan promosi yang diberikan dapat efektif ?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan dari permasalahan yang ada menjadi lebih terarah, penulis membatasi ruang lingkup dari perancangan magazine yang akan dibuat. Adapun permasalahan yang berhubungan dengan perancangan tersebut meliputi hal – hal yang digunakan sebagai penunjang informasi dan promosi terkait dengan profil sekolah, sejarah, visi misi yang bisa menggambarkan SMK Mandiri 2 Balaraja secara keseluruhan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Media magazine yang dihasilkan agar dijadikan sarana penunjang kegiatan operasional yang efektif dalam perolehan siswa baru untuk tiap-tiap tahun kedepannya.
  2. Efektifitas dari tiap-tiap media yang dirancang diharapkan dapat meningkatkan perolehan calon siswa baru dan dapat menunjukkan eksistensi sekolahan yang bersangkutan.
  3. Bentuk magazine yang kreatif diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Manfaat Penelitian

  1. Dengan menggunakan media majalah sekolah tersebut siswa akan termotivasi kepada setiap penyelenggaraan kegiatan sekolah, karena mereka berharap setiap penerbitan publikasi kegiatan sekolah minimal gambar atau nama mereka tercantum dalam penerbitan tersebut.
  2. Meningkatkan jumlah calon siswa/siswi baru di SMK Mandiri 2 Balaraja dari tahun lalu.
  3. Menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal perancangan magazine serta bagaimana menggunakan aplikasi pendukungnya untuk nantinya bisa dijadikan pengalaman sebagai acuan yang mampu diterapkan pada dunia kerja.

Metodologi Penelitian

Untuk memperoleh dan melengkapi data–data yang diperlukan dalam penulisan laporan skripsi terkait dengan perancangan media design magazine ini, penulis menggunakan beberapa metode. Adapun metode yang penulis gunakan adalah sebagai berikut :

Analisis Permasalahan

Analisis permasalahan di dapatkan pada saat penulis melakukan pertemuan dengan kepala sekolah SMK Mandiri 2 Balaraja yaitu Bpk. Dedi Afandi, S.P. melalui tanya jawab dan interview.

Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi

    Observasi dilakukan untuk pengambilan data yang diperlukan untuk perancangan Media Design Magazine melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada SMK Mandiri 2 Balaraja.

  2. Metode Wawancara (Interview)

    Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan gambaran mengenai media penunjang magazine seperti apa yang diinginkan oleh SMK Mandiri 2 Balaraja.

  3. Studi Pustaka

    Studi pustaka adalah pengumpulan data–data berupa teori, mempelajari dan memahami buku–buku diktat. Penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat berdasarkan pada buku-buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berkaitan dengan penulisan Laporan Skripsi konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB), sebagai panduan secara teoritis.

Metode Sumber Data

Menurut sumbernya data dapat dibedakan menjadi dua bagian:

  1. Data Internal yaitu data menggambarkan keadaan atau kejadian di dalam suatu instansi pendidikan di SMK Mandiri 2 Balaraja agar mendapatkan beberapa keterangan atau data yang diperlukan untuk pembuatan laporan skripsi ini.
  2. Data Eksternal yaitu data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan diluar suatu instansi pendidikan SMK Mandiri 2 Balaraja.

Metode Analisa Perancangan

Perancangan media komunikasi visual sebagai penunjang media informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelumnya, selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang di ajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang menggunakan aplikasi program komputer grafis. Media-media yang akan digunakan sebagai sarana penunjang informasi SMK Mandiri 2 Balaraja dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator CS6, dan Adobe Photoshop CS6.

Metode Konsep Design

Akan disampaikan tahapan-tahapan proses konsep design yaitu :

a. Perencanaan Media

b. Perencanaan Pesan

c. Perencanaan Visual

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan Laporan Skripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan disertakan sistematika penyampaiannya, sebagai berikut :

Pada Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Penelitian, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup Penelitian, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang akan dibahas dalam laporan skripsi.

Berisi konsep dasar-konsep dasar yang mendasari laporan skripsi secara teoritis dan ilmiah, diantaranya Konsep Dasar Perancangan, Konsep DasarInformasi, Konsep Dasar Media, Konsep Dasar Desain, Definisi-definisi,, Aplikasi Penunjang Produksi Media Rancangan dan Literature Review.

Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi, Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab, Informasi Tentang Produk, Market Analisis, Potensial Market, Segmentasi Pemasaran, Tujuan Pemasaran, Stratregi Pemasaran, Budget Produksi Media, Konfigurasi Hardware.

<p style="line-height: 2"Berisi tahapan-tahapan Perencanaan Media berisi Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media. Perencanaan Pesan (Perencanaan Kreatif), yang berisi Tujuan Pesan (Tujuan Kreatif) dan Strategi Pesan (Strategi Kreatif) Perencanaan Visual, yang berisi Tujuan Visual, Strategi Visual dan Proses Desain (Designing).Pada Proses Desain terdapat Layout Kasar, Layout Komprehensif dan Final ArtWork.</p>

Pada Bab ini berisikan tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan yang diberikan penulis kepada Perusahaan sebagai pemecahan masalah dalam perancangan yang telah dibuat.

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

BAB II

IDENTIFIKASI MASALAH

BAB IV

KONSEP DESAIN

BAB V

PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA


Contributors

Deny Pangestu Gunawan