SI1221472795: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
Baris 388: Baris 388:
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">ABSTRAKSI</p></div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">ABSTRAKSI</p></div>
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">Isi abstraksi dengan bahasa indonesis.</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">Event adalah media komunikasi yang merupakan jembatan untuk meyampaikan suatu maksud atau tujuan dari pemilik event kepada target tertentu. Pada era ini event banyak diselenggarakan sebagai media promosi ataupun informasi. Perguruan Tinggi Raharja adalah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan berbasis komputer dalam orientasinya. Setiap tahunnya Perguruan tinggi Raharja selalu mengadakan event yang diadakan secara rutin sesuai dengan jadwal kalender kegiatan akademik yaitu RAKER XII dan Wisuda 2016. Dalam sebuah event, Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu kebutuhan pokok sebagai sebuah alat penyampaian informasi dari sebuah event. Pengadaan event yang berlangsung biasanya membutuhkan berbagai bentuk media informasi dengan  pesan yang up to date dan jelas, serta membutuhkan nuansa desain yang baru setiap tahunnya. Unsur-unsur tersebut sebagai media penyampaian informasi yang dibutuhkan sebuah event seperti memperkenalkan sebuah event sesuai dengan misi yang diharapkan. Melalui perancangan Desain Raker XII dan Wisuda 2016  ini diharapkan akan mendukung serta mensukseskan event Raker XII tahun 2015 dan Wisuda 2016 pada Perguruan Tinggi Raharja, serta meningkatkan image Perguruan Tinggi Raharja agar dapat lebih dikenal masyarakat luas.</p></div>
  
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''Kata Kunci: ........''</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Media Event, Media Informasi ''</p></div>
  
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">''ABSTRACT''</p></div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">''ABSTRACT''</p></div>
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''Isi abstract dengan bahasa inggris.'' </p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''Event is a communication medium that is a bridge to meyampaikan an intent or purpose of the owner of the event to a specific target. In this era, many events organized as media campaigns or information. Prog Universities are institutions engaged in the field of computer-based education in orientation. Each year the College Prog always hold events are held on a regular basis in accordance with the schedule of the academic calendar of events that is RAKER XII and Graduation 2016. In an event, Visual Communication Design is one of the basic needs as a means of delivering information of an event. Procurement event which takes place usually requires various forms of media with messages that information up to date and clear, and requires nuance new designs each year. Such elements as a medium to deliver information needed an event such as the introduction of an event in accordance with the expected mission. Through design Raker XII and Graduation Design in 2016 is expected to support and success of the event Raker XII in 2015 and 2016 at the College Graduation Prog, and improve the image of Higher Education Prog to be more widely known.'' </p></div>
  
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''Keywords : ............''</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">''Keywords : Visual Communication Design, Media Event, Media Information''</p></div>
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''KATA PENGANTAR'''</div>
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''KATA PENGANTAR'''</div>

Revisi per 9 Februari 2016 10.20

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI PENUNJANG EVENT PADA PERGURUAN

TINGGI RAHARJA SEMESTER GANJIL TA. 2015/2016


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1221472795
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI PENUNJANG EVENT PADA PERGURUAN

TINGGI RAHARJA SEMESTER GANJIL TA. 2015/2016

Disusun Oleh :

NIM
: 1221472795
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, ..... 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi,M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERACANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI PENUNJANG EVENT PADA PERGURUAN

TINGGI RAHARJA SEMESTER GANJIL TA. 2015/2016

Dibuat Oleh :

NIM
: 1221472795
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Disetujui Oleh :

Tangerang,.... 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 06124
   
NID : 06126

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI PENUNJANG EVENT PADA PERGURUAN

TINGGI RAHARJA SEMESTER GANJIL TA. 2015/2016

Dibuat Oleh :

NIM
: 1221472795
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

SEBAGAI PENUNJANG EVENT PADA PERGURUAN

TINGGI RAHARJA SEMESTER GANJIL TA. 2015/2016

Disusun Oleh :

NIM
: 1221472795
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, ..... 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1221472795

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Event adalah media komunikasi yang merupakan jembatan untuk meyampaikan suatu maksud atau tujuan dari pemilik event kepada target tertentu. Pada era ini event banyak diselenggarakan sebagai media promosi ataupun informasi. Perguruan Tinggi Raharja adalah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan berbasis komputer dalam orientasinya. Setiap tahunnya Perguruan tinggi Raharja selalu mengadakan event yang diadakan secara rutin sesuai dengan jadwal kalender kegiatan akademik yaitu RAKER XII dan Wisuda 2016. Dalam sebuah event, Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu kebutuhan pokok sebagai sebuah alat penyampaian informasi dari sebuah event. Pengadaan event yang berlangsung biasanya membutuhkan berbagai bentuk media informasi dengan pesan yang up to date dan jelas, serta membutuhkan nuansa desain yang baru setiap tahunnya. Unsur-unsur tersebut sebagai media penyampaian informasi yang dibutuhkan sebuah event seperti memperkenalkan sebuah event sesuai dengan misi yang diharapkan. Melalui perancangan Desain Raker XII dan Wisuda 2016 ini diharapkan akan mendukung serta mensukseskan event Raker XII tahun 2015 dan Wisuda 2016 pada Perguruan Tinggi Raharja, serta meningkatkan image Perguruan Tinggi Raharja agar dapat lebih dikenal masyarakat luas.


Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Media Event, Media Informasi

ABSTRACT

Event is a communication medium that is a bridge to meyampaikan an intent or purpose of the owner of the event to a specific target. In this era, many events organized as media campaigns or information. Prog Universities are institutions engaged in the field of computer-based education in orientation. Each year the College Prog always hold events are held on a regular basis in accordance with the schedule of the academic calendar of events that is RAKER XII and Graduation 2016. In an event, Visual Communication Design is one of the basic needs as a means of delivering information of an event. Procurement event which takes place usually requires various forms of media with messages that information up to date and clear, and requires nuance new designs each year. Such elements as a medium to deliver information needed an event such as the introduction of an event in accordance with the expected mission. Through design Raker XII and Graduation Design in 2016 is expected to support and success of the event Raker XII in 2015 and 2016 at the College Graduation Prog, and improve the image of Higher Education Prog to be more widely known.


Keywords : Visual Communication Design, Media Event, Media Information

KATA PENGANTAR


Bissmillahirahmanirahim

Dengan memanjatkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENUNJANG EVENT PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA SEMESTER GANJIL TA. 2015/2016”, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting di Perguruan Tinggi Raharja.

Terselesaikannya Skripsi ini tidak lepas dari pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis baik dalam segi moril, materil maupun spiritual. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai Dosen Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  2. Bapak Drs. PO. Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja dan Stakeholder yang telah meberi masukan dan kesempatan kepada penulis dalam melaksanakan SKRIPSI.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Jenjang Strata 1.
  4. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., M.si. selaku dosen Pembimbing I dan Staff Ahli MAVIB Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan banyak masukan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi penulis.
  5. Ibu [Giandari Maulani]], M.Kom selaku dosen Pembimbing II telah memberikan masukan dan motivasi baik dalam perancangan maupun penulisan laporan.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  7. Kedua orang tua, abang dan saudara keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.
  8. Novan Nanda Ajita yang telah mendukung pengerjaan laporan ini.
  9. Teman-teman seperjuangan yang saling membantu dan memberi saran dalam menyelesaikan laporan SKRIPSI yaitu Riska Andriyanti, Bang Alay, Ka Andi, Siti Isnaini, Desi, Ka Kochaiy, Deka, Ogim, Hanif dan Pajrin.
  10. Sahabat-sahabat yang selalu mendukung dan membantu yaitu Riska Andriyanti, Rahmawati, Yuni Haryati, Eka Purwandari, Abdillah Firdaus, Sondol dan Nyoman.
  11. Semua pihak dan teman-teman yang tidak dapat disebutkan satu-persatu pada kesempatan ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Skripsi ini masih banyak terdapat kekurangan. Dengan segala keterbatasan dan kesederhanaan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun Akhir kata, kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya.


Tangerang, ..... 2016
DEVY ROSITARINI
NIM. 1221472795

Daftar isi

DAFTAR TABEL


DAFTAR GAMBAR


DAFTAR SIMBOL


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Media Komunikasi Visual merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam sebuah event. Menyesuaikan dengan perkembangan saat ini gaya desain sangat dibutuhkan dalam sebuah alat penunjang dari sebuah event. Media informasi event adalah sarana yang digunakan untuk memberikan informasi acara atau kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kepada masyarakat umun.

Melalui media informasi yang akan disampaikan akan lebih efektif dan lebih efesien. karena pada dasarnya, bentuk penyampaian informasi kepada audience tidak terlepas dari penetapan bentuk media penyaluran pesan itu sendiri. Pentingnya pemahaman komunikasi ini bertujuan agar informasi yang disampaikan dapat memberikan dampak yang diinginkan, mencapai sebuah kesamaan kehendak. Segala jenis komunikasi, baik komunikasi yang bersifat instruksional maupun motivasional, bertujuan agar penerima pesan melakukan sesuatu seperti yang dikehendaki. Masyarakat pun ikut berperan aktif dalam mendapatkan, mencari dan menyebarkan informasi baik dalam bentuk digital ataupun cetak.

PerguruanTinggi Raharja adalah salah satu Perguruan Tinggi yang aktif di Tangerang.Perguruan Tinggi Raharja mempertahankan keberadaannya dalam ranah pendidikandan tidak pernah berhenti untuk mengembangkannya. Perguruan Tinggi Raharja adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerakdibidang Pendidikan teknologi informasi, karena itu Perguruan Tinggi Raharjaharus dapat meningkatkan kemajuan dunia pendidikan dalam memfasilitasi sistempendukung informasi yang semakin meningkat.

Setiaptahunnya Perguruan Tinggi Raharja selalu mengadakan event yang diadakansecara rutin sesuai dengan jadwal kalender kegiatan akademik. Untuk ituPerguruan Tinggi Raharja, selalu berusaha menyampaikan informasi yang up todate mengenai penyelenggaraan event yang berlangsung kepada audience,yaitu seluruh pribadi raharja khususnya dan masyarakat Kota Tangerang umumnya.Pengadaan event yang berlangsung biasanya membutuhkan berbagai bentukmedia informasi dengan pesan yang up to date dan jelas, sertamembutuhkan nuansa desain yang baru setiap tahunnya, agar audience yangmelihat tidak merasa bosan dan tertarik untuk mengetahui informasi mengenai eventyang akan berlangsung.

Untukitu Perguruan Tinggi Raharja membutuhkan sebuah media komunikasi visualpenunjang dalam acara RAKER 2015 dan WISUDA 2016. Komunikasi dalam kegiatanpenunjang event membutuhkan media seperti flyer, banner,poster, spanduk, undangan, dan lain-lain. Dengan adanya media tersebut dapatmendukung keberhasilan dari sebuah acara dalam penyampaian informasi menjadi lebih baikdari yang di harapkan. .

Berdasarkananalisa di atas, penulis mencoba mengambil tema dalam Skripsi ini dengan judul:“PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENUNJANG EVENT PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA TA.2015/2016”.

Rumusan Masalah

Berdasarkanlatar belakang diatas dan hasil pengamatan yang dilakukan, maka penulismerumuskan beberapa permasalahan yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja yaitu,sebagai berikut :

  1. Media dalam bentuk apa yang efektif dalam memberikan informasi/pesanyang sesuai dan dapat menunjang acara tersebut ?

  2. Bagaimana merancang media yang mempunyai nilai daya tarik kepadapeserta yang mengikuti acara tersebut ?

Ruang Lingkup

Sesuaidengan masalah penelitian yang dirumuskan di atas, selanjutnya penelitimerumuskan pembatasan ruang lingkup masalah penelitian. Adapun maksudnya agarpermasalahan yang diteliti menjadi jelas, terarah dan tidak terlalu luassehingga dapat dihindari salah pengertian tentang masalah penelitian. Makapembatasan masalah yang akan diteliti adalah hal-hal yang berhubungan dengan mediakomunikasi visual yang digunakan sebagai sarana penunjang kegiatan acaraRAKER 2015 dan WISUDA 2016 di Perguruan Tinggi Raharja.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini,diantaranya sebagai berikut :

  1. Menerapkan Media Komunikasi Visual supaya dapat memberikan informasi yang lebih efektifdan komunikatif mengenai acara yang diadakan Perguruan Tinggi Raharja.

  2. Efektifitasdari tiap-tiap media yang dirancang diharapkan dapat dijadikan daya tarik dalam menginformasikanacara yang berlangsung di kampus Perguruan Tinggi Raharja.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini, diantaranya sebagai berikut :

  1. Dengan Media komunikasi Visual dapat menyampaikan informasi secaralebih efektif dan detail ,terstruktur dan konsisten kepada setiap peserta acaradengan format teks, gambar, yang dikemas dalam media komunikasi visual.

  2. Agar melalui perancagan media eventdalam bentuk media komunikasi visual dapat mempunyai daya tarik dalampenyampaian informasi pada audience, sehinggadapat menunjang penampilan event yangdiselengarakan.

Metode Penelitian

Adapun penelitian yangdilakukan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penyusunan laporanSkripsi, ada beberapa tahapan, adapun tahapan yang dilakukan adalah sebagaiberikut :


Metode Analisa Permasalahan

Topik permasalahan ditetapkan berdasarkan hasil wawancara yangdilakukan peneliti dengan pihak kampus dalam hal ini saya mewawancarai stakeholder yaitu Bapak Sugeng Santoso,M.Kom, selaku Asisten Direktur Akademik Perguruan Tinggi Raharja. Melakukan wawancarapada hari kamis tanggal 9 oktober 2015.

Metode Pengumpulan Data

  1. Observasi

    Data - data yang digunakan sebagai pendukung laporan Skripsi di dapatkan dengan cara meneliti langsung ke Perguruan Tinggi Raharja ke bagian desain dan menanyakan hal-hal yang akan dibutuhkan dalam kegiatan tersebut.

  2. Wawancara (Interview)

    Wawancara dilakukan selain mengumpulkan datauntuk mendukung laporan penelitian, wawancara dilakukan sekaligus untukmenetapkan topik penelitian skripsi yang akan dilakukan peneliti dengan Bapak Sugeng Santoso, M.Kom.

  3. Studi Pustaka

    Untuk melengkapi teori-teori dasar dalam membentuk laporan secara teoritis, peneliti menggunakan buku-buku yang berhubungan denganaplikasi-aplikasi penunjang produksi media rancangan, selain itu juga buku buku yang berkaitan dengan pengertian perancangan, promosi dan desain grafis.

Metode Analisa Perancangan

Untuk menghasilkan media berbasis visual yang baik dan berkualitas, peneliti menggunakan aplikasi penunjang seperti Adobe Photoshop CS 3 dan Adobe Ilustrator CS 3.

Metode Konsep Desain

Konsep desain yang digunakan penulis dalam penelitian Skripsi ini akan menyampaikan :

  1. Konsep Media

  2. Konsep Pesan

  3. Konsep Visual

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisanilmiah ini terbagi atas 5 (lima) bab yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Babini berisi mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, ruang lingkuppenelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian dansistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis menjelaskankonsep-konsep dasar/umum, teori-teori khusus, dan literature review yang akan mendasari laporan penelitian skripsiyang penulis ajukan.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini berisi tentang gambaranumum obyek yang diteliti yaitu, mengenai sejarah singkat, struktur organisasi,wewenang dan tanggung jawab, productinformation, market analisis, potensial market,market segmentation, marketingobjective dan marketing strategy,budget produksi media, konfigurasi hardware, elisitasi.

BAB IV KONSEP DESAIN

Berisi tentang Perencanaan Media(Konsep Media) yaitu, mengenai Tujuan Media, Strategi Media, Program Media,Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif) yang meliputi Tujuan Kreatif dan StrategiKreatif, Perencanaan Visual (Konsep Visual) yaitu, Tujuan Visual, StrategiVisual, Penulisan Naskah (Copy Writting),Pengarahaan Visualisasi dan Proses Desain.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan,saran, dan kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yangdilakukan. \.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunanhasil laporan skripsi. .

DAFTAR LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiranyang melengkapi laporan sebagai lampiran. .


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

Suatu konsep dasar sistem sangat diperlukan sebelum melakukan perancangan sistem. Untuk itu sebaiknya kita mengetahui konsep dasar sistem terlebih dahulu. Dimana pada definisi sistem terdapat 2 kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem, yaitu dengan menekankan pada prosedurnya dan menekankan pada elemennya.

1. Definisi Sistem

Menurut Hartono (2013:9), ”Sistem adalah suatu himpunan dari berbagai bagian atau elemen, yang saling berhubungan secara teroganisasi berdasar fungsi-fungsinya, menjadi satu kesatuan”.

Menurut Taufiq (2013:2), “Sistem adalah kumpulan dari sub-sub sistem abstrak maupun fisik yang saling terintegrasi dan berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.

Berdasarkan kedua definisi di atas, maka dapat disimpulkan sistem adalah sekelompok unsur yang saling terhubung satu sama lain yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2. Karakteristik Sistem

Menurut Sutabri (2012:20), sebuah sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan sebagai suatu sistem. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Komponen Sistem(Components)
    Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu subsistem. Setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar atau sering disebut “supra sistem”.
  2. Batasan Sistem (Boundary)
    Ruang lingkup sistem yang merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem yang lain atau sistem dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
  3. Lingkungan Luar Sistem (Evinronment)
    Bentuk apapun yang ada diluar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut lingkungan luar. Lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Dengan demikian, lingkungan luar tersebut harus tetap dijaga dan dipelihara. Lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan. Kalau tidak, maka akanmengganggu kalangsungan hidup dari sistem tersebut.
  4. Penghubung Sistem (Interface)
    Media yang menghubung sistem dengan subsistem yang lainya disebut penghubung sistem. Penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem lain melalui penghubung tersebut. Dengan demikian, dapat terjadi suatu integrasi sistem yang membentuk satu kesatuan.
  5. Masukan Sistem (Input)
    Energi yang dimasukan kedalam sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal input). Contoh, didalam suatu unit sistem komputer, “program” adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan “data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
  6. Keluaran Sistem (Output)
    Hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Keluaran ini merupakan masukan bagi subsistem yang lain seperti informasi. Keluaran yang dihasilkan adalah informasi. Informasi ini dapat digunakan sebagai masukan untuk pengambilan keputusan atau hal-hal lain yang menjadi input bagi subsitem lain.
  7. Pengolahan Sistem (Process)
    Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran, contohnya adalah sistem akuntansi. Sistem ini akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.
  8. Sasaran Sistem (Objective)
    Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic. Jika suatu sistem tidak memiliki sasaran maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

3. Klasifikasi Sistem

Menurut Taufiq (2013:8), sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya:

Konsep Dasar Informasi

Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep Dasar Teknologi Informasi

Teori Khusus

1. Definisi

Literature Review

BAB III

ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Gambaran Umum Perusahaan

Sejarah Singkat Perusahaan

Perguruan Tinggi Raharja bermula dari sebuah lembaga kursus komputer yang bernama LPPK (Lembaga Pendidikan dan Penelitian Komputer) Raharja yang terletak di Jl. Gatot Subroto km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang.LPPK Raharja diresmikan pada tanggal 3 Januari 1994 oleh bapak walikota Tangerang Drs. H. Zakaria Mahmud, Raharja telah terdaftar pada Depdiknas Kotamadya Tangerang dengan nomor 201/PLSM/02.4/L.93. Lembaga inilah yang mempelopori penggunaan operating system windows dan aplikasinya diwilayah Tangerang dan sekitarnya, hal tersebut mendapat respon positif dan jumlah peminatnya pun meningkat pesat seiring dengan kerjasama yang di lakukan oleh lembaga ini dengan sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Tangerang.

Karena semakin pesatnya perkembangan dan pertumbuhan akan komputerisasi dan meningkatnya peminat masyarakat Tangerang maka pada tanggal 24 Maret 1999 LPPK Raharja berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika yang diresmikan melalui surat keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 56/D/O/1999 yang diserahkan langsung dari Bapak Prof. Dr. Udju D. Rusdi selaku Koordinator KOPERTIS wilayah IV Jawa Barat kepada ketua yayasan Nirwana Nusantara Ibu Kasarina Sudjono. Pada tanggal 2 Februari 2000 dengan menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika.

Pada tanggal 2 Februari 2000 AMIK Raharja Informatika menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menjalankan studi formal untuk program Diploma I (DI) dengan memberikan gelar Ahli Pratama dan Program Diploma II (DII) dengan memberikan gelar Ahli Muda dan Diploma III (DIII) dengan memberikan gelar Ahli Madya kepada lulusannya, sesuai dengan surat keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta wilayah IV Jawa Barat dengan Nomor 3024/004/KL/1999.

Kemudian pada tanggal 7 September 2000 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 354/Dikti/Kep/2000 menambah 2 program yakni D3 Teknik Informatika dan D3 Komputer Akuntasi.

Kini AMIK Raharja Informatika mempunyai 3 (tiga) program studi Diploma III dengan jurusan Manajemen Informatika (MI), Teknik Informatika (TI), dan Komputer Akuntansi (KA) yang masing-masing jurusan memberikan gelar Ahli Madya (A.md), Ahli Muda (AM), Ahli Pratama (AP) kepada lulusannya.

Pada tanggal 20 Oktober 2000 dalam usahanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari pada lulusan AMIK RAHARJA INFORMATIKA meningkatkan statusnya dengan membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) RAHARJA. Dengan surat keputusan Nomor 42/01/YNN/PR/II/200. ketua Yayasan Nirwana Nusantara mengajukan permohonan pendirian STMIK RAHARJA kepada Mendiknas KOPERTIS Wilayah IV jawa barat dengan 3 (tiga) program studi SI Jurusan Sistem Informasi (SI), Teknik Informatika(TI), dan Sistem Komputer (SK), hal tersebut telah mendapat tanggapan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan surat keputusan Nomor 5706/D/T/2000. Tidak hanya sampai disini, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas lulusan RAHARJA sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Raharja, bahwa dalam kurun waktu tidak lebih dari 5 tahun sudah berdiri Universitas RAHARJA.

Pada saat ini, Perguruan Tinggi Raharja pun telah meningkatkan mutu dan kualitasnya melalui sertifikat Akreditasi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 5 April 2006 dengan sertifikat Akreditasi Nomor 00117/Ak-1-DIII-03/DFXMEI/IV/2002 yang berisi Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika Terakreditasi A.
  2. Pada tanggal 4 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08479/Ak-X-SI-001/CAGTLF/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa studi Strata 1 Teknik Informatika di STMIK Raharja terakreditasi B.
  3. Pada tanggal 11 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08523/Ak-X-S1-002/CAGSIM/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Strata 1 Sistem Informasi di STMIK Raharja terakreditasi B.
  4. Pada tanggal 3 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 006/BAN-PT/AK-VIII/DPI-III/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika terakreditasi B.
  5. Pada tanggal 25 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 019/BAN-PT/AK-X/SI/VIII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program Strata 1 Sistem Komputer di STMIK Raharja terakreditasi B.
  6. Pada tanggal 29 Desember 2007 sesuai surat keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 017/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/XII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Teknik Informatika di AMIK Raharja Informatika dengan terakreditasi B.
  7. Pada tanggal 18 Januari 2008 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 019/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/I/2008 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma Tiga Komputerisasi Akuntansi di AMIK Raharja Informatika terakreditasi A.
  8. Pada tanggal 08 Juli 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 010/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.
  9. Pada tanggal 23 September 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.

Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Tugas dan Tanggung Jawab

1. Presiden Direktur

Wewenang :

  1. Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada visi, misi, fungsi dan tujuan pendirian Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan administrasi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tanggung Jawab :

  1. Pemimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga edukatif, mahasiswa, tenaga administrasi dan terhadap lingkungan.

2. Direktur

Wewenang:

  1. Merupakan wakil presiden direktur.
  2. membantu presiden direktur dalam berbagai kegiatan.

3.Pembantu (Bidang Akademik)

Wewenang :

  1. Menjalankan program kebijaksanaan akademik.
  2. Mengawasi dan membina serta mengembangkan program studi sesuai kebijaksanaan yang telah digariskan.
  3. Membina dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Mengadakan afiliasi.
  5. Membina dan mengembangkan kelembagaan.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

4.Pembantu Direktur II (Administrasi)

Wewenang :

  1. Melaksanakan dan mengelola seluruh kegiatan administrasi dan keuangan.
  2. Membina dan mengembangkan kepegawaian.
  3. Mengadakan sarana dan prasarana kepegawaian.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang keuangan dan administrasi.

5. Pembantu Direktur III (Bidang Kemahasiswaan)

Wewenang :

  1. Membina kegiatan kemahasiswaan.
  2. Membina kehidupan mahasiswa dalam kampus sehingga dapat mengembangkan penalaran.
  3. Membina dan mengawasi kegiatan lembaga mahasiswa serta unit kegiatan khusus akademik.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang kemahasiswaan serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa.

6.Asisten Direktur Akademik

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan proses belajar mengajar.
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  4. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
  5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
  6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
  7. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan JRS yang efektif dan efisien, pengimplementasian pelaksanaan proses belajar mengajar, kemajuan kualitas pelayanan akademik yang berkesinambungan, dan kelancaran proses belajar mengajar.

7. Kepala Jurusan

Wewenang:

  1. Mengusulkan kepada Assisten Direktur Akademik tentang perubahan mata kuliah dan materi kuliah yang dianggap telah kadaluarsa bahkan perubahan kurikulum jurusan.
  2. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang kenaikan honor dosen binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pengadaan seminar, pelatihan, penambahan kelas perkuliahan pengangkatan dosen baru dan pemberhentian dosen.
  4. Memberikan kebijakan administratif Akademik seperti cuti kuliah, perpindahan jurusan, ujian susulan, dan pembukaan semester pendek.
  5. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pembukaan peminatan/konsentrasi baru dalam jurusannya.
  6. Memberikan sanksi Akademik kepada mahasiswa yang melanggar tata tertib Perguruan Tinggi Raharja.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan dan pengimplementasian kurikulum, SAP dan bahan ajar, monitoring kehadiran dosen dalam perkuliahan, jam konsultasi dan tugas-tugas yang disampaikan ke dosen, terlaksananya penelitian, seminar, pembinaan prestasi akademik mahasiswa dan peningkatan jumlah mahasiswa dalam jurusannya.

8. Asisten Direktur Finansial

Wewenang:

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pembuatan budget pada setiap bagian dan pelaksanaan pemakaian dana.
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor, pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  3. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya dan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan budgeting pada setiap bagian, dan tersedianya dana atas budget yang telah disetujui.
  2. Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pendanaan aktifitas yang berkesinambungan.
  3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.

9. Layanan Keuangan Mahasiswa(LKM)

Wewenang:

  1. Mengusulkan prosedur layanan keuangan kepada Asisten Direktur Finansial
  2. Mengusulkan tentang unit baru yang dibutuhkan kepada Asisiten Direktur Finansial.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran proses penerimaan keuangan mahasiswa
  2. Bertanggung jawab atas penagihan tunggakan mahasiswa.

10. Asisten Direktur Operasional(ADO)

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  4. Memberikan kebijaksanaan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
  5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
  6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan kalender akademik tahunan.
  2. Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan dan kualitas pelayanan yang berkesinambungan pada bidangnya.
  3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.

11. Registrasi Perkuliahan dan Ujian(RPU)

Bagian registrasi perkuliahan dan ujian terdiri dari dua bagian antara lain:

A. Layanan Registrasi Mahasiswa (LRM)

Wewenang :

  1. Berwenang memberikan kebijakan yang berhubungan dengan proses registrasi mahasiswa.
  2. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya
  3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan
  4. Mengusulkan kepada ADO untuk pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi POM mulai dari persiapan hingga pada penutupan setiap semesternya.
  2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi batal tambah dan jumlah mahasiswa yang melakukan POM.
  3. Bertanggung jawab atas seluruh informasi mengenai registrasi mahasiswa.

B. Perkuliahan dan Ujian (PU)

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada ADO atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar serta kebijakan yang diambil.
  2. Mengusulkan kepada ADO tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang dianggap telah melanggar tata tertib karyawan.
  4. Mengusulkan kepada kepala jurusan untuk kelas perkuliahan yang dapat dibuka.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pendokumentasian perkuliahan dan ujian.

Tata Laksana Sistem Yang Berjalan

Prosedur Sistem Yang Berjalan

Rancangan Prosedur Sistem Berjalan

Analisa Sistem Yang Berjalan

Metode Analisa Sistem

Analisa Masukan, Analisa Proses, Analisa Keluaran

Konfigurasi Sistem Berjalan

Permasalahan yang dihadapi dan Alternatif Pemecahan Masalah

User Requirement

Elisitasi Tahap I

Elisitasi Tahap II

Elisitasi Tahap III

Final Draft Elisitasi

BAB IV

HASIL PENELITIAN

Rancangan Sistem Usulan

Prosedur Sistem Usulan

Use Case Diagram Sistem Yang Diusulkan

Activity Diagram Yang Diusulkan

Sequence Diagram Yang Diusulkan

Perbedaan Prosedur Antara Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Rancangan Basis Data

Normalisasi

Spesifikasi Basis Data

Flowchart System yang diusulkan

Rancangan Program

Rancangan Prototipe

Konfigurasi Sistem Usulan

Spesifikasi Hardware

Aplikasi Yang Digunakan

Hak Akses

Testing

Evaluasi

Implementasi

Schedule

Penerapan

Estimasi Biaya

BAB V

PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan Terhadap Rumusan Masalah

Ini isi dari kesimpulan terhadap rumusan masalah

Ini isi dari kesimpulan terhadap rumusan masalah

Ini isi dari kesimpulan terhadap rumusan masalah

Kesimpulan Terhadap Tujuan dan Manfaat Penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap tujuan dan manfaat penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap tujuan dan manfaat penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap tujuan dan manfaat penelitian

Kesimpulan terhadap metode penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap metode penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap metode penelitian

Ini isi dari kesimpulan terhadap metode penelitian

Saran

Ini berisi saran anda

Kesan

DAFTAR PUSTAKA


DAFTAR LAMPIRAN

Contributors

Devy