SI1212472873

Dari widuri
Revisi per 18 September 2016 04.53 oleh Nursam Somantri (bicara | kontrib) (Konsep Dasar Website)


Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN VIEWBOARD IDUHELP! MENGGUNAKAN BOOTSTRAP

SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN PERFORMA IDUHELP! ONLINE

PADA: PERGURUAN TINGGI


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1212472873
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI BUSINESS INTELLIGENCE

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2015/2016

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN VIEWBOARD IDUHELP! MENGGUNAKAN BOOTSTRAP'

SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN PERFORMA IDUHELP! ONLINE

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1212472873
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Business Intelligence

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, ..... 2016

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Nur Azizah, M.Akt., M.Kom)
NIP : 99001
       
NIP : 10002

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN VIEWBOARD IDUHELP! MENGGUNAKAN BOOTSTRAP

SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN PERFORMA IDUHELP! ONLINE

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1212472873
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Business Intelligence

Disetujui Oleh :

Tangerang,.... 2016

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Ir. Khanna Tiara, S.Kom)
   
NID : 14013
   
NID : 99001

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN VIEWBOARD IDUHELP! MENGGUNAKAN BOOTSTRAP

SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN PERFORMA IDUHELP! ONLINE

PADA PERGURUAN TINGGI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1212472873
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Business Intelligence

Tahun Akademik 2015/2016

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2016

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN VIEWBOARD IDUHELP! MENGGUNAKAN BOOTSTRAP

SEBAGAI PENUNJANG LAPORAN PERFORMA IDUHELP! ONLINE

PADA PERGURUAN TINGGI

Disusun Oleh :

NIM
: 1212472873
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Business Intelligence

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, ..... 2016

 
 
 
 
 
NIM : 1212472873

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRACT

Service is very important and required by an institution that has a fairly large academic civitas especially on Perguruan Tinggi Raharja who has a service system iLearning eDucation Help! or commonly called by iDuHelp!, iDuHelp! is a container for helping the Pribadi Raharja in finding a solution on the scope of iDuHelp!. But on the system iDuHelp! There are some drawbacks still online that is is about information about the activities of the operator and the PIC (Person in Charge) that exist on the system iDuHelp! Online that could not be accessed in public only PIC (Person In Charge) and the Operator can access into the system iDuHelp! due to enter into the system iDuHelp! have to log in and the PIC (Person In Charge) is also still making a performance report manually. Therefore designed a viewboard iDuHelp! by using templates that are taken from the Bootstrap and the analysis method of the system elisitation. With the viewboard iDuHelp! later can issue an information about the top operators of the iDuHelp! and top customers and operator performance history iDuHelp! Online monthly, the function of the viewboard itself to support the service of iDuHelp! so better yet, so the PIC (Person In Charge) iDuHelp! operators performance report does not make iDuHelp! online manually again and recap automatically on viewboard iDuHelp!. in the viewboard there will also be information about the list of operators iDuHelp!, FAQ, viewboard can also be connected with the iMe iDuHelp!, forum RhjFox and viewboard Rooster, There will also be a list of operators and last log operator on the system iDuHelp!.


Keywords : iDuHelp!, Viewboard, Information.


ABSTRAK

Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh sebuah institusi yang memiliki civitas akademik yang cukup besar terutama pada Perguruan Tinggi Raharja yang memiliki sebuah sistem pelayanan yaitu iLearning eDucation Help! atau biasa disebut dengan iDuHelp!, iDuHelp! merupakan sebuah wadah untuk membantu para Pribadi Raharja dalam menemukan sebuah solusi yang ada pada ruang lingkup iDuHelp!. Namun pada sistem iDuHelp! Online masih terdapat beberapa kekurangan yaitu adalah mengenai informasi seputar aktifitas operator dan PIC (Person in Charge) yang ada pada sistem iDuHelp! online yang tidak bisa diakses secara public hanya PIC (Person In Charge) dan Operator yang dapat mengakses masuk kedalam sistem iDuHelp! karena untuk masuk kedalam sistem iDuHelp! harus login terlebih dahulu dan PIC (Person In Charge) juga masih membuat sebuah laporan performa secara manual. Maka dari itu dirancang sebuah viewboard iDuHelp! dengan menggunakan template yang diambil dari Bootstrap dan juga dengan menggunakan metode analisa sistem elisitasi. Dengan adanya viewboard iDuHelp! nantinya dapat mengeluarkan suatu informasi mengenai top operator iDuHelp! dan top customers dan history performa operator iDuHelp! Online perbulan, fungsi dari viewboard itu sendiri untuk menunjang pelayanan iDuHelp! agar lebih baik lagi, sehingga PIC (Person In Charge) iDuHelp! tidak membuat laporan performa operators iDuHelp! online secara manual lagi dan terotomatis terekap pada viewboard iDuHelp!. didalam viewboard juga akan ada informasi mengenai daftar operator iDuHelp!, fasilitas FAQ, viewboard juga dapat terkoneksi dengan iMe iDuHelp!, forum RhjFox dan viewboard Rooster, juga akan ada daftar operator dan terakhir last log operator pada sistem iDuHelp!.


Kata Kunci: iDuHelp!, Viewboard, Informasi

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah, peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Peneliti dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang. Sebagai bahan penulisan, peneliti mengambil data berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey serta studi pustaka yang mendukung penulisan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah peneliti menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja juga sebagai Dosen Pembimbing II yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  2. Bapak Padeli, M.Kom selaku Pembantu Direktur I (Pudir I) AMIK Raharja Informatika.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom. selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  4. Ibu Khanna Tiara, S.Kom. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. Ibu Nur Azizah, M.Akt.,M.Kom. selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  6. Bapak Ir. Yulianto, M.T.I S.Kom selaku Stakeholder
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan.
  8. Kedua orang tua dan saudara keluarga yang telah memberikan semangat dan juga dukungan, baik moril, materil maupun doa.
  9. Rekan-Rekan Timur (4G, URGEN, SHINOBI, DA-TEAM)
  10. Rekan-Rekan All Bimbingan Khanna
  11. Rekan-Rekan Grup 4G (Dwiki, Julipah dan Iis)
  12. Rekan-Rekan BLG (Danny, Dimas, Rizky, Reza, Endah, Fanni dan Lily)
  13. Rekan-Rekan Glueing (Ridwan,Hottiopan, Dwiki, Iis, Wulan, Yeti)
  14. Rekan-Rekan I-GO dan YG
  15. Seluruh anggota REC yang telah memberikan dukungan, arahan dan masukan yang sangat berarti dalam menyelesaikan Skripsi ini
Tangerang, 26 September 2016
Nursam Somantri
NIM. 1212472873

DAFTAR TABEL

Tabel 4.1 Elisitasi Tahap I

Tabel 4.2 Elisitasi Tahap II

Tabel 4.3 Elisitasi Tahap III

Tabel 4.4 Final Draft Elisitasi

Tabel 4.5 Tabel Pengujian Blackbox Pada Tabel Daftar Customers iDuHelp!

Tabel 4.6 Tabel Pengujian Blackbox Pada Tabel Daftar Operators iDuHelp!

Tabel 4.7 Tabel Pengujian Blackbox Pada History Rekap Peforma iDuHelp! Online

Tabel 4.8 Tabel Schedule Implementasi

Tabel 4.9 Estimasi Biaya


DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 10 Pillar IT Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 2.2 Logo iDuHelp!

Gambar 3.1 Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja

Gambar 3.2 Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja

Gambar 3.3 Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 4.1 Mind Mapping Project

Gambar 4.2 Pembuktian Strategi 1

Gambar 4.3 Pembuktian Strategi 2

Gambar 4.4 Pembuktian Strategi 3

Gambar 4.5 Pembuktian Strategi 3

Gambar 4.6 Pembuktian Strategi 4

Gambar 4.7 Pembuktian Strategi 5

Gambar 4.8 Pembuktian Strategi 5

Gambar 4.9 Pembuktian Strategi 6

Gambar 4.10 Pembuktian Strategi 7

Gambar 4.11 Pembuktian Strategi 7

Gambar 4.12 Pembuktian Strategi 8

Gambar 4.13 Pembuktian Strategi 9

Gambar 4.14 Pembuktian Strategi 10

Gambar 4.15 Pembuktian Strategi 11

Gambar 4.16 Pembuktian Strategi 12

Gambar 4.17 Pembuktian Strategi 13

Gambar 4.18 Pembuktian Strategi 14

Gambar 4.19 Pembuktian Strategi 15

Gambar 4.20 Flowchart program pada Viewboard iDuHelp! Online.

Gambar 4.21 HIPO (Hirarchy Plus Input Process Output)

Gambar 4.22 Rancangan Prototype Tampilan Home

Gambar 4.23 Rancangan Prototype Tampilan Daftar Customers iDuHelp!

Gambar 4.24 Rancangan Prototype Tampilan Daftar Operators iDuHelp!

Gambar 4.25 Rancangan Prototype Tampilan Last Login Operators

Gambar 4.26 Rancangan Prototype Tampilan History Performa Operators iDuHelp!

Gambar 4.27 Rancangan Prototype Tampilan Chart Performa Operators iDuHelp!

Gambar 4.28 Rancangan Prototype Tampilan Terhubung Ke iMe iDuHelp!

Gambar 4.29 Rancangan Prototype Tampilan Terhubung Ke Forum RhjFox

Gambar 4.30 Rancangan Prototype Tampilan Terhubung Ke Viewboard Rooster

Gambar 4.31 Rancangan Prototype Tampilan FAQ

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada saat ini yang serba modern ini banyak hal yang bisa dijadikan sebuah sarana informasi, kita bisa mencari informasi teknologi yang sudah dapat dijadikan sebagai sebuah sarana informasi. Teknologi saat ini yang bisa dijadikan sebuah tempat sarana informasi dan berita adalah internet. Internet bisa memberikan informasi sebanyak-banyak yang kita butuhkan, tetapi sebagian dari internet juga bisa memberikan informasi yang berdampak negative. Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diinterprestasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan (Sutabri, 2012:29)[1].

Pelayanan sebagai suatu aktivitas yang bersifat tidak kasat mata yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi atau hal-hal yang disediakan organisasi pemberi pelayanan yang dimaksud untuk memecahkan permasalahan customer yang dilayani (Gronroos, 2001 : 7)[2]. Sedangkan kualitas merupakan keseluruhan karakteristik produk dan jasa yang meliputi marketing, engineering, manufacture , dan maintenance dalam nama produk dan jasa tersebut dalam pemakaianya akan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan (Feigenbaum 1991)[3]. Jika customers mendapatkan sebuah pelayanan secara prima (excellent servise) maka perusahaan tersebut memiliki kualitas yang sangat baik.

Viewboard sendiri sangat penting untuk sistem iDuHelp!. Viewboard berfungsi untuk memberikan suatu informasi yang dibutuhkan atau juga informasi penting yang datanya diambil melalui database iDuHelp! online. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian serta merupakan suatu bentuk yang masih mentah yang belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut melalui suatu model untuk menghasilkan informasi. (Sutabri, 2012:2)[1]. Seperti poin para pengguna dan menunjukan peringkat dari keseluruhan pengguna. Viewboard juga bisa menjadi motivasi tersendiri untuk menjadi urutan paling teratas karena seluruh user bisa melihat performa dari semua user.

Perguruan Tinggi Raharja sebuah IT Campus yang memiliki sebuah sistem pelayanan yaitu iLearning Education Help! Atau biasa disebut dengan iDuHelp! . Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang berhubungan, terkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau tujuan tertentu.(Yakub, 2012:1)[4].

iDuHelp! Merupakan salah satu dari Ten Pilar IT iLearning yang ada di Perguruan Tinggi Raharja iDuHelp! dibagi menjadi 2 bagian yaitu iDuHelp! Online dan Offline. Pelayanan iDuHelp! Online dapat dilakukan pada hari kerja yaitu hari senin sampai hari jumat pada Pukul 08.00 s/d 21.00 WIB dan sedangkan iDuHelp! Offline Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dalam kurung waktu 2x24 jam. iDuHelp! Telah mengalami banyak pengembangan. tersebut Namun pelayanan iDuHelp! masih belum maximal karena sistem tidak bisa memberikan informasi seputar performa operator kepada seluruh Pribadi Raharja, selain itu juga ada permasalahan yang muncul karena PIC iDuHelp! masih membuat laporan secara manual dan tidak otomatis terekap sendiri, PIC atau Person In Charge adalah istilah yg digunakan untuk menunjukkan siapa orang yg bertangung jawab dalam menangani project atau hal-hal tertentu. Berdasarkan pada latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap sistem yang berjalan saat ini yang dituangkan dalam sebuah laporan Skripsi dengan sebuah judul yaitu '“Perancangan Viewboard iDuHelp! Menggunakan Bootstrap Sebagai Penunjang Laporan Performa iDuHelp! Online Pada Perguruan Tinggi”

Rumusan Masalah

Dalam penyelesaian suatu permasalahan maka harus melalui sebuah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan suatu pemecahan masalah yang berasal dari masalah yang peneliti hadapi. Dan rumusan masalah suatu adanya pertanyaan yang akan ditemukannya jawaban yang di pecahkan melalui metode pengumpulan data. Rumusan masalah sebuah awal dari penelitian yang selanjutnya akan dilanjutkan dengan pemecahan masalah.

Sesuai dengan latar belakang penelitian yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya. Penelitian ini berkaitan dengan Viewboard iDuHelp! dengan menggunakan Bootstrap pada Perguruan Tinggi Raharja maka dengan penelitian tersebut penulis dapat mengambil beberapa pokok permasalahan:


  1. Bagaimana agar dapat mengetahui informasi yang ada pada sistem iDuHelp! online?

  2. Bagaimana menampilkan sebuah informasi hasil rekapan performa dan chart dalam bentuk viewboard?

  3. Bagaimana menciptakan sebuah viewboard yang bisa memberikan sebuah informasi berdasarkan yang ada pada sistem iDuHelp! online?


Ruang Lingkup

Untuk mempermudah penulisan laporan Skripsi ini, maka harus ada yang namanya batasan atau ruang lingkup masalah, berikut merupakan ruang lingkup permasalahan yang akan dibahas diantaranya, menampilkan informasi berupa viewboard, sistem dapat menampilkan kalimat selamat datang kepada pengunjung, sistem dapat menampilkan daftar cutomers, pengaturan waktu sesuai dengan WIB, sistem dapat menampilkan daftar operators, sistem memiliki last login Operators, sistem dapat menampilkan report performa operators iDuHelp!, sistem dapat menampilkan Top 10 operator terbanyak menangani customers perbulan pada halaman utama, sistem dapat menampilkan Top 10 customers terbanyak bertanya pada iDuHelp! online perbulan pada halaman utama, sistem memiliki kolom searching, dan untuk lebih lengkapnya tertuang pada final draft elisitasi.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Setiap penelitian pastinya mempunyai beberapa tujuan dan manfaat, tujuan masalah menjabarkan secara jelas akan tujuan yang dilakukan terhadap objek penelitian yang dipilih. Berikut Tujuan penelitien :

  1. Untuk mengetahui informasi yang ada pada sistem iDuHelp! online maka diciptakannya viewboard iDuHelp! online yang dibuat dengan menggunakan Bootstrap.

  2. Menciptakan sebuah viewboard rekap hasil performa dan chart secara otomatis yang bisa merekap performa operator iDuHelp! online sehingga memberikan kemudahan bagi admin dalam membuat sebuah report dan agar menghasilkan sebuah keakuratan dari perhitungan jumlah customers yang diambil operators.

  3. Menciptakan sebuah viewboard yang bisa memberikan sebuah informasi yang berdasarkan pada sistem iDuHelp! online

Manfaat Penelitian

Manfaat yang diambil dari suatu penelitian merupakan sebuah hasil dari terlaksananya suatu tujuan dan terjawabnya dari sebuah rumusan masalah yang secara akurat. Dalam manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu masukan yang sangat bermanfaat untuk informasi dan komunikasi yang belakangan ini banyak yang mendapatkan pelajaran dari beragam ilmu. Dan didalam pemanfaatan praktis ini Dan didalam manfaat praktis penelitian ini diharapkan dapat menrekondisikan kebutuhan - kebutuhan guna meningkatkan sistem iLearning Education pada Perguruan Tinggi Raharja, mengatasi kendala - kendala yang muncul pada sistem, dapat dijadikan untuk fasilitas iLearning yang tersentralisasi, yang memuat seluruh informasi, yang kemudian diharapkan dapat memberikan informasi seputar Perguruan Tinggi Raharja yang akurat.

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Adanya viewboard iDuHelp! online ini Pribadi Raharja dapat mengetahui informasi seputar data sistem iDuHelp! yang dibuat dengan menggunakan bootstrap.

  2. Adanya sebuah viewboard rekap hasil performa dan chart otomatis dapat memberikan kemudahan bagi Admin dalam membuat sebuah report dan menghasilkan perhitungan jumlah customers yang ditangani oleh operators secara akurat.

  3. Adanya viewboard yang dapat memberikan sebuah informasi kepada Pribadi Raharja mengenai sebuah informasi berdasarkan yang ada pada sistem iDuHelp! online.

Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan Skripsi ini, maka digunakan metode pengumpulan data sebagai berikut, yaitu:

  1. Metode Observasi (Pengamatan)

    Metode pengamatan atau metode observasi ini dilakukan pada Raharja Enrichment Center (REC) Perguruan Tinggi Raharja dengan cara mengumpulkan data, informasi, dan mempelajari catatan serta dokumen yang ada. Adapun hasil yang didapat dari observasi selama 3 (tiga) bulan adalah mengetahui sistem kerja yang berjalan, sehingga peneliti dapat melaporkan kegiatan langsung pada apa yang pernah dilihat dan dipelajari sehingga dapat dituangkan dalam penulisan laporan ini.

  2. Metode Wawancara (Interview Research)

    Metode yang dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab kepada beberapa narasumber pada objek yang diteliti yaitu Raharja Enrichment Center (REC) pada Perguruan Tinggi Raharja. dalam hal ini proses tanya jawab dilakukan oleh peneliti bersama stakeholder yaitu bapak Yulianto, S.kom.

  3. Studi Pustaka

    Metode Studi pustaka ini untuk mendapatkan informasi dengan mempelajari buku-buku dan literature yang ada serta melakukan searching pada internet sebagai bahan referensi guna menunjang kelengkapan data dalam penyusunan laporan Skripsi ini.

Metode Analisa Sistem

Penelitian ini menggunakan analisa berupa metode analisa sistem. Analisa sistem salah satu hal yang sangat penting dalam memperoleh suatu temuan-temuan dari hasil penelitian, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisa sistem elisitasi yang terdiri dari elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi dengan pencapaian strategi pada penelitian ini. Strategi yang dihasilkan pada penelitian ini juga telah memiliki data yang kuantitaif.

Metode Perancangan

Pada metode perancangan sistem ini peneliti menggambarkan dalam bentuk sebuah gambaran diagram HIPO (Hierarchy Input Process Output) sebagai bentuk dokumentasi program yang dapat dimengerti oleh pengguna secara baik. Menggunakan Mind mapping sebagai kerangka penjelasan sistem dan flowchart sebagai rancangan langkah atau prosedur program.

Sistematika Penulisan

Agar memudahkan peneliti dalam membuat laporan penulisan dan pembahasannya secara sistematis, oleh karena itu penulisan membagi menjadi 5 (lima) bab dan setiap bab terbagi dalam sub bab-sub bab dengan urutan pembahasan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan mengenai latar belakng, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi penelitian, dan sistematik penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini menjelaskan mengenai teori-teori yang berkaitan dengan teori dasar atau umum dan teori-teori khusus yang berhubungan dengan sebuah analisa serta permasalahan yang telah dibahas pada bagian sistem yang sedang berjalan, dan literature review, dan semua literature akan dimasukkan ke dalam daftar pustaka.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini berisikan gambaran umum instansi, tata laksana sistem yang berjalan, analisa sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, user requirement yang terdiri dari 4 (empat) tahap elisitasi, yakni elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, serta final draft elisitasi yang merupakan final draft elisitasi yang diusulkan, tata laksana sistem yang diusulkan, rancangan basis data, flowchart, rancangan program, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, implementasi, estimasi biaya.

BAB IV METODOLOGI PENELITIAN

Dalam bab ini penulis menguraikan sistem yang akan diusulkan seperti usulan prosedur yang baru, Analisa sistem yang berjalan yang terdiri dari Analisa elisitasi sistem. Untuk metode analisa berdasarkan prosedur sistem yang berjalan terdiri atas analisa masukan, analisa proses, dan analisa keluaran. Mind Mapping sebagai dasar pemikiran dan konsep pembuatan laporan. Diagram HIPO (Hierarchy Plus Input Proces Output), rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing, evaluasi, schedule implementasi, dan estimasi biaya.

BAB V PENUTUP

Berisikan tentang kesimpulan, saran dan kesan yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil laporan Skripsi.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka ini berisi studi pustaka yang digunakan sebagai referensi untuk menyusun laporan ini.


LAMPIRAN

Lampiran ini merupakan daftar yang memuat keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

1. Definisi Perancangan

Menurut O’Brien dan Marakas (2009:639)[5], menjelaskan bahwa perancangan sistem adalah sebuah kegiatan merancang dan menentukan cara mengolah sistem informasi dari hasil analisa sistem sehingga dapat memenuhi kebutuhan dari pengguna termasuk diantaranya perancangan user interface, data dan aktivitas proses.

2. Tujuan Perancangan

Adapun tujuan yang hendak dicapai dari tahap perancangan sistem mempunyai maksud atau tujuan utama, yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk memenuhi kebutuhan pemakaian sistem (user).

  2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan menghasilkan rancangan bangun yang lengkap kepada pemrograman komputer dan ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat dalam pengembangan atau pembuatan sistem.

Konsep Dasar Analisa Sistem

1. Definisi Analisis Sistem

Menurut Yakub (2012:142)[4], Analisa sistem dapat diartikan sebagai suatu proses untuk memahami sistem yang ada, dengan menganalisa jabatan dan uraian tugas (business users), proses bisnis (business prosess), ketentuan atau aturan (business rule), masalah dan mencari solusinya (business problem and business soulution), dan rencana perusahaan (business plan).

Menurut Satzinger, J.W., Jackson, R.B., & Burd, S.D. (2010, p4)[6], Analisis sistem adalah tahapan penelitian terhadap sistem berjalan dan bertujuan untuk mengetahui segala permasalahan yang terjadi serta memudahkandalam menjalankan tahap selanjutnya yaitu tahap perancangan sistem

Bedasarkan pendapat para ahli yang dikemukakan diatas dapat diambil kesimpulkan bahwa analisa sistem adalah suatu proses yang digunakan untuk landasan konseptual dan bertujuan untuk memperbaiki fungsi yang ada pada sistem.

2. Tahap-Tahap Analisis Sistem

Menurut Agus Mulyanto (2009:126)[7], Tahap analisis sistem merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan di dalam tahap ini akan menyebabkan juga kesalahan di tahap selanjutnya. Tahapan ini bisa merupakan tahap yang mudah jika client sangat paham dengan masalah yang dihadapi dalam organisasinya dan tahu betul fungsionalitas dari sistem informasi yang akan dibuat. Tetapi tahap ini bisa menjadi tahap yang paling sulit jika client tidak bisa mengidentifikasi kebutuhannya atau tertutup terhadap pihak luar yang ingin mengetahui detail-detail proses bisnisnya.

Menurut Agus Mulyanto (2009:129)[7], Di dalam tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh seorang analis sistem, diantaranya adalah

Di dalam tahap analisa sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem, sebagai berikut:

  1. Identify, yaitu mengidentifikasikan masalah

  2. Understand,yaitu memahami kerja dari sistem yang ada

  3. Analyze, menganalisis sistem

  4. Report, yaitu membuat laporan hasil analisis.

3. Fungsi Analisis Sistem

Ada 4 (empat) fungsi analisa sistem sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi masalah–masalah kebutuhan pemakai (user).

  2. Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan pemakai.

  3. Memilih alternatif–alternatif metode pemecahan masalah yang paling tepat.

  4. Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya. Pada tugas atau fungsi terakhir dari analisa sistem menerapkan rencana rancangan sistemnya yang telah disetujui oleh pemakai.

Definisi Performa

Anwar Prabu Mangkunegara (2006:67)[8], Performa kinerja/prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya

Definisi Laporan

Menurut Rama dan Jones (2008, p250)[9], berpendapat, laporan adalah presentasi data yang telah terformat dan terorganisasi dengan baik.

1. Tipe – tipe laporan :

  1. Simple event list, laporan yang menyediakan daftar kejadian sederhana selama satu periode waktu yang disusun menurut tanggal kejadian atau nomor transaksi tanpa mengelompokkan atau sub total.

  2. Simple list, satu daftar kejadian atau daftar acuan sedeherhana.

  3. Single entity report, laporan yang hanya menyediakan perincian mengenai satu entitas seperti barang, jasa, agen atau kejadian.

  4. Status report, laporan yang menyediakan data ringkasan mengenai barang, jasa atau agen.

  5. Summary report, laporan yang meringkas data kejadian untuk sekelompok record terkait selama periode tertentu.

  6. Summary status report, laporan yang medaftar data acuan dan data ringkasan mengenai barang dan jasa atau agent.

Definisi Customer

Customer atau Pelanggan menurut Cambridge International Dictionaries dalam Lupiyoadi (2001:143)[10], adalah “a person who buys goods or a services” atau pelanggan adalah seseorang yang membeli barang dan jasa. Sementara menurut Webster’s 1928 Dictionary dalam Lupiyoadi (2001:143)[10] pelanggan adalah “one who frequents any place of sale for producing what he wants ...”. (Pelanggan adalah seseorang yang beberapa kali datang ke tempat yang sama untuk memenuhi apa yang diinginkan..).

Berdasarkan dari definisi diatas customers/pelanggan merupakan seseorang yang secara berulang kali datang ke suatu tempat yang sama untuk memuaskan keinginannya dengan memiliki suatu produk atau mendapatkan jasa.


Definisi Operator

Menurut Kamus besar bahasa indonesia (KBBI), Operator adalah orang yg bertugas menjaga, melayani, dan menjalankan suatu peralatan, mesin, telepon, radio, dan sebagainya.

Menurut Chasan Safrudin (2012)[11], Operator merupakan SDM yang tugasnya mengoperasikan menghidupkan hardware, menjalankan software,berinteraksi dengan hardware dan software yang sedang beroprasi, dan menyudahi operasi (menghentikan software dan mematikan hardware).

Berdasarkan definisi tentang operator diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa operator adalah orang yang bertugas untuk melayani dan mejalankan suatu sistem yang sedang beroperasi dalam suatu perusahaan atau instansi..

Teori Khusus

Konsep Dasar Tpi

1. Definisi TPi

Dikutip dari iMe Roadmap[12], untuk memudahkan pengelolaan dan meningkatkan kepuasan pelayanan kepada civitas akademika Perguruan Tinggi Raharja terutama dalam mendukung perkuliahan menggunakan metode iLearning maka perlu adanya 10 Pillar IT iLearning Perguruan Tinggi Raharja. Output yang diperoleh adalah merupakan hasil dari penelitian Tridharma Perguruan Tinggi antara dosen dengan mahasiswa yang diwadahi oleh (REC) Raharja Enrichment Centre.

2. Macam-Macam TPi

Gambar 2.1. 10 Pillar IT Perguruan Tinggi Raharja

Perguruan Tinggi Raharja telah memiliki 10 Pilar IT iLearning yang dihasilkan dari hasil penelitian, yaitu terdiri dari :

  1. iRMe (iLearning Raharja Multimedia e-Portfolio)

    Definisi singkat : adalah media penyimpanan CV Pribadi Raharja dalam bentuk online (e-portfolio). Pribadi Raharja bisa membangun CV mereka dengan praktis kapanpun dan dimanapun dengan konsep paperless yang ditunjang dengan kemajuan teknologi membuat iRme ini adalah bukti bahwa Raharja mendukung Go Green.

  2. Rinfo (Email Raharja.info)

    Definisi singkat : adalah layanan email gratis yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Raharja untuk semua Pribadi Raharja, alat komunikasi utama dan paling vital untuk para Pribadi Raharja. Setiap user Rinfo diberikan kapasitas sampai dengan 30GB. Semua kegiatan yang dilakukan akan mustahil tanpa adanya Rinfo ini. Selain itu, bisa juga dikatakan bahwa Rinfo terintegrasi semua pillar-pillar yang ada.

  3. iDu (iLearning Education)

    Definisi singkat : IDU (iLearning Education) merupakan sistem pembelajaran yang baru di kembangkan oleh perguruan tinggi raharja secara online untuk memudahkan civitas kampus dan mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan. iDU bukan merupakan website lokal,tetapi iDU dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

  4. iRAN (iLearning Raharja Ask & News)

    Definisi singkat : Raharja Ask and News adalah media aplikasi yang dirancang untuk memberikan layanan informasi, kejadian, pengetahuan atau peristiwa umum, maupun khusus di Perguruan Tinggi Raharja. News biasanya berkaitan dengan pekerjaan wartawan,dan wartawan adalah orang yang bekerja memburu, meliput, kemudian menuliskan berita (News). Raharja News yang merupakan bagian dari kumpulan aplikasi iRaharja.

  5. iDuHelp!

    Definisi singkat : adalah pelayanan yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Raharja untuk melayani kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada Pribadi Raharja yang meliputi, menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi, dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan TPi ataupun kegiatan kampus yang sesuai dengan ruang lingkup.

  6. Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning)

    Definisi singkat : adalah media sharing dan kolaborasi yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Raharja yang bisa digunakan oleh seluruh Pribadi Raharja. Widuri bisa digunakan untuk membuat laporan penelitian, CV, dan keperluan lainnya yang nantinya bisa menjadi sarana kolaborasi.

  7. Rooster (Role Online System Ticketing Raharja)

    Definisi singkat : merupakan sebuah sistem pelayanan informasi dengan menggunakan tiket online yang akan diberikan kepada pihak yang terkait, agar dapat memberikan informasi yang cepat, tepar dan akurat. Rooster ini telah digunakan pada perguruan Tinggi Raharja yang bertujuan untuk menunjang sistem pelayanan chat online dan offline yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja, salah satu contohnya adalah pelayanan iDuHelp! yang sedang berjalan saat ini.

  8. iMe (iLearning Media)

    Definisi singkat : adalah ada official portal blogging yang dipersembahkan untuk Pribadi Raharja dan setiap Pribadi Raharja akan mendapatkan subdomain sebagai media dokumentasi segala bentuk aktifitas tridharma.

  9. Magics (Multimedia Audio Gallery iLearning Community and Services)

    Definisi singkat : magics adalah media penyimpanan gambar, podcast dan video untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Setiap Pribadi Raharja berhak mendapatkan account magics yang bisa mereka gunakan sebagai tempat penyimpanan. .

  10. iSur (iLearning Survey)

    Definisi singkat : adalah sistem survey berbasis web yang digunakan untuk Pribadi Raharja melakukan survey kegiatan penelitian dan kegiatan akademik lainnya secara online.

Konsep Dasar iDuHelp!

1. Pengertian iDuHelp!

(Sumber: Logo dan Filosofi iDuHelp!)
Gambar 2.2 Logo iDuHelp!

Dikutip dari site iMe iDuHelp![12]. iDuHelp! Adalah sebuah sistem penerapan campus service system pelayanan secara in site dan off site dalam mendukung kegiatan iLearning Education(iDU) pada perguruan tinggi diharapkan nantinya bagi para Pribadi Raharja tidak kesulitan dalam mengakses informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Kampus. Dan diharapkan dengan adanya sistem ini bisa mengetahui perihal fasilitas dan news apa saja yang dimiliki kampus tanpa harus datang langsung ke kampus.

iDuHelp juga merupakan salah satu bagian dari 10 Pillar IT iLearning (TPi), yang akan sangat membantu kita dalam pembelajaran di iLearning. Apa itu iDuHelp? Pengertian iDuHelp itu sendiri adalah Sistem penerapan campus service system dengan bentuk layanan secara in site dan off site dalam mendukung kegiatan iLearning Education (iDU). Di dalam iDuHelp! terdapat dua pilihan untuk bertanya, yaitu:

  1. Online, disini kita dapat bertanya tentang ilearning dan akan mendapat jawaban langsung dari operator iDuHelp!. Di dalam iDuHelp! online memiliki keterbatasan waktu, karena waktu yang digunakan untuk bertanya itu pada hari senin s/d jumat dari jam 08:00 – 21:00.

  2. Offline, lain halnya dengan iDuHelp! online didalam iDuHelp! offline kita bisa meninggalkan pesan dan jawaban atas pertanyaan kita akan dikirimkan ke email yang diisi pada form iDuHelp offline.

2. Operator iDuHelp!

Operator iDuHelp! adalah Pribadi Raharja yang sedang menjalankan sebuah pengabdian Tridharma di Perguruan Tinggi Raharja Tugas Dari operator iDuHelp! adalah melayani dan memberikan suatu informasi yang dibutuhkan oleh Pribadi Raharja atau costumer iDuHelp! yang sesuai dengan ruang lingkup iDuHelp! yaitu 10 Pilar IT iLearning, dan bertugas sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

3. Customer iDuHelp!

Customer iDuHelp! adalah Pribadi Raharja yang sedang bertanya tentang seputar kampus melalui sistem iDuHelp! baik iDuHelp! online ataupun iDuHelp! offline sesuai dengan keluhan yang mereka alami dan sesuai dengan ruang lingkup iDuHelp! seperti Ten Pilar iT..

4. Pengertian Tridharma

Dikutip dari site iMe iDuHelp![12]. Tridharma perguruan tinggi adalah salah satu dasar tanggung jawab mahasiswa yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama, Mahasiswa adalah agent of chance dan agent of control, jelasnya. Mahasiswa adalah ujung tombak masyarakat, sekaligus pemuda yang seharusnya memiliki karakter dan idealisme yang bagus, Pengabdian kepada masyarakat merupakan tridarma akhir dari perguruan tinggi, setelah kita belajar dan mengerti essensi pendidikan, kita harus menjadikan ilmu yang kita miliki berguna bagi masyarakat sekitar terutama bangsa dan negara, sebagai mahasiswa kita harus mengembangkan kemampuan berdasarkan karakteristik ilmu pengetahuan yang dipelajari, karena ketika berbicara sistem, inovasi dan gagasan-gagasan kreatif akan selalu bisa dimunculkan.

Perguruan Tinggi Raharja terdapat sebuah pelayanan kampus yang bernama iDuHelp!, secara singkat dapat dijelaskan bahwa iDuHelp! ini adalah pelayanan yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Raharja untuk melayani kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada Pribadi Raharja yang meliputi, menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi, dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan TPi ataupun kegiatan kampus yang sesuai dengan ruang lingkup.

5. Training iDuHelp!

Noe, Hollenbeck, Gerhart & Wright (2003:251)[13] Training is a planned effort to facilitate the learning of job-related knowledge, skills, and behavior by employee. Hal ini berarti bahwa pelatihan merupakan suatu usaha yang terencana untuk memfasilitasi pembelajaran tentang pekerjaan yang berkaitan dengan pengetahuan, keahlian dan perilaku oleh para pegawai.

Beberapa manfaat pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan yang dikemukakan oleh Noe, Hollenbeck, Gerhart, Wright (2003)[13] , yaitu:

  1. Meningkatkan pengetahuan para karyawan atas budaya dan para pesaing luar,

  2. Membantu para karyawan yang mempunyai keahlian untuk bekerja dengan teknologi baru,

  3. Membantu para karyawan untuk memahami bagaimana bekerja secara efektif dalam tim untuk menghasilkan jasa dan produk yang berkualitas,

  4. 'Memastikan bahwa budaya perusahaan menekankan pada inovasi, kreativitas dan pembelajaran,

  5. Menjamin keselamatan dengan memberikan cara-cara baru bagi para karyawan untuk memberikan kontribusi bagi perusahaan pada saat pekerjaan dan kepentingan mereka berubah atau pada saat keahlian mereka menjadi absolut,

  6. Mempersiapkan para karyawan untuk dapat menerima dan bekerja secara lebih efektif satu sama lainnya, terutama dengan kaum minoritas dan para wanita..

Dikutip dari site iMe iDuHelp![12].. iDuHelp! (iLearning Education Help) adalah bentuk pelayanan kampus yang dijadikan sebagai salah satu kegiatan tridharma pada Perguruan Tinggi Raharja. Dengan adanya kegiatan tridharma ini maka diadakanlah training sebelum mahasiswa/i menjadi Operator iDuHelp!. Training iDuHelp! ini adalah salah satu upaya untuk memberikan pembelajaran dan pengalaman melalui praktek langsung mengenai cara untuk menjadi Operator iDuHelp! yang baik. Dengan adanya training ini diharapkan para operator memiliki kualitas yang baik sehingga meningkatkan mutu pelayanan kampus pada Perguruan Tinggi Raharja.

Konsep Dasar Website

1. Definisi Website

Menurut Hidayat (2010:6)[14] website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah domain yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling berhubungan. Jadi dapat dikatakan bahwa, pengertian website adalah kumpulan halaman-halaman. yang digunakan untuk menampilkani informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman. Hubungan antara satu halaman website dengan halaman website lainnya disebut dengan hyperlink, sedangkan teks yang dijadikan media penghubung disebut hypertext.

Menurut Arief (2011:7)[15] “Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, animasi, video) didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser”.

2. Jenis-Jenis Website

Seiring dengan perkembangannya waktu begitupun juga dengan teknologi yang semakin maju, website juga mengalami perkembangan yang sangat bermanfaat. Dalam mengelompokan jenis-jenis web, dan lebih terlihat lebih terarah dengan bedasarkan Fungsi, sifat atau style' dan Bahasa pemograman yang dipakai.

Jenis-jenis web bedasarkan sifat atau stylenya:

  1. Web Dinamis, merupakan website yang menyediakan sebuah konten atau sebuah isi yang selalu berubah setiap waktu.

  2. Web Statis merupakan website yang mempunyai sebuah konten yang sangat jarang berubah.contoh dari Web Statis adalah Web Profil organisasi.

    1. Independent and single: inisiatif proyek tidak memiliki latar belakang institusi atau organisasi dan di rancang sendiri per individu.

    2. Embedded: proyek awalnya diprakarsai oleh atau dari dalam organisasi publik atau swasta dan pada awalnya ditujukan untuk tetap menjadi bagian dari organisasi tersebut. (contoh: NGO, UN, perusahaan).

    3. Start-up: proyek yang dimulai secara mandiri tapi mengarah ke organisasi dalam lingkup terbatas, contoh: proyek yang bertransformasi menjadi sesuatu seperti firma, asosiasi.

BAB III

PEMBAHASAN DAN HASIL

Gambaran Umum Perguruan Tinggi Raharja

BAB IV

METODOLOGI PENELITIAN

BAB V

PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

  1. 1,0 1,1 Sutabri, Tata. 2012. Konsep Dasar Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
  2. Gronroos, Christian. 2007. Service management and marketing: customer management in services competition. Hoboken, New Jersey.
  3. Feigenbaum, Armand V . 1991. Total quality control. McGrawHill.
  4. 4,0 4,1 Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Graha Ilmu : Yogyakarta.
  5. O’Brien JA, Marakas GM. 2009. Introduction to Information Systems. McGrawHill.
  6. Satzinger, J.W., Jackson, R.B., & Burd, S.D, 2012. Systems Analysis and Design in a Changing World, 6th Edition. Missouri State University.
  7. 7,0 7,1 Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  8. Mangkunegara, Anwar Prabu. tahun 2006, Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia, Pen. PT Refika Aditama.
  9. Dasaratha V. Rama, Jones, dan Frederick L. 2008. SISTEM INFORMASI AKUNTNASI. Buku Satu. (Alih bahasa M. Slamet Wibowo), Jakarta. Salemba Empat.
  10. 10,0 10,1 Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
  11. Chasan Safrudin. 2012. Pengertian Operator, Programmer, Analyst, dan System Programmer.
  12. 12,0 12,1 12,2 12,3 IT Roadmap. 2013. Ten Pillar IT. (Tanggal Akses 20 November 2013) [1]
  13. 13,0 13,1 Noe, Hollenbeck, Gerhart & Wright. 2003. Human Resourse Management, International Edition. New York: The McGraw-hill Companies, Inc.
  14. Hidayat, Rahmat. 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  15. Arief. M. Rudyanto. 2011. “Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL”. Yogyakarta: Andi.

Contributors

Meisa, Nursam Somantri