SI1031464498
ALAT PENYIRAM TANAMAN DAN MEMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN
SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO PADA DINAS PERTANIAN
DAN PETERNAKAN KAB.TANGERANG
Disusun Oleh :
JURUSAN SISTEM KOMPUTER
KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2014/2015
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER (STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
ALA PENYIRAM TANAMAN DAN MEMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN
SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO PADA DINAS PERTANIAN
DAN PETERNAKAN KABUPATEN TANGERANG
Disusun Oleh :
Nim : 1031464498
Nama : Egi Wahyu Ruchiyat
Jenjang Studi : Strata Satu
Jurusan : Sistem Komputer
Konsentrasi : Computer System
Disahkan oleh :
Tangerang, 27 Januari 2015
Ketua KepalaJurusan
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER (STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
ALAT PENYIRAM TANAMAN DAN MEMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO PADA DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN.TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM : 1031464498
Nama : Egi Wahyu Ruchiyat
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Komputer
Konsentrasi Computer System
Tahun Akademik 2014/2015
Dewan Penguji,
Tangerang, Maret 2015
Ketua Penguji ( ) NID: | Anggota Penguji I ( ) NID: | Anggota Penguji II ( ) NID: |
ABSTRAKSI
perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan pada masasekarang dirasakan sudah semakin maju pesat, dapat kita ambil contoh dariperkembangan sistem penyiram tanaman dan memberi pupuk otomatis berbasis Arduino Uno menggunakan sensor suhu LM35 dan interface visual basic.net. Saat ini penyiraman tanaman secara tradisional dirasakurang efisien karena lamanya dalam penyiraman tanaman. Tak hanya itu,penyiraman tanamandan memberi pupuk secaratradisional membutuhkan banyak tenaga dalam melakukan penyiraman tanaman dan memberikan pupuk. Halini menyebabkan pemilik atau pegawai tidak bisameninggalkan tanaman dalam waktu yang lama, karena tanaman dapat kekurangan air dan pupuk. Atas dasar tersebut, alat ini ditujukanuntuk membantu pengguna atau pemilik tanaman dalam menyiram tanaman tanpa harusdisiram secara manual. Alat Penyiram Tanaman Otomatis ini merupakan salah satucontoh penerapan aplikasi dari arduino uno dengan menggunakan perangkattambahan LCD(Liquid Crystal Display),dan sebuah sensor pendeteksi suhu dan kelembaban yang terpasang pada permukaantanah tanaman dan relay yang digunakan sebagai saklar otomatispada sebuah water pump dalam alat penyiram tanaman ini. Alat inimampu melakukan penyiraman beberapa kali dalam sehari.Apabila pengguna ataupemilik tanaman inginmelakukan penyiraman lebih dari satu kali, maka dapat mengatur waktu yangdiinginkan untukmemberikan pupuk denganmenggunakan interface visual basic.net. Alat ini pun mampu bekerja di saat pegawai disuatu instansi tidaksempat merawat tanaman atau penghunirumah tidak berada dirumah, sehinggamemudahkan pegawai ataupemilik rumah dalam penyiramantanaman danmemberikan pupuk, sehingga tanaman pun akan tetap terawat.
Kata Kunci : Arduino Uno,Sensor Suhu LM35,LCD(Liquid Crystal Display),Relay,water pump, Interface Visual Basic.Net
ABSTRACT
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Asslamualaikum Wr. Wb.
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat, anugerah dan ijin-Nya serta senantiasa melimpahkan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Hanya karena kasih sayang dan kekuatan-Nya lah penulis mampu menyelesaikan Laporan Skripsi yang berjudul “ALAT PENYIRAM TANAMAN DAN MEMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO PADA DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPAEN.TANGERANG”.
Penulis menyadari bahwa tersusunnya Skripsi ini bukan hanya atas kemampuan dan usaha penulis semata, namun juga berkat bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:
1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.
2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua 1 STMIK Raharja
3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd, selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer STMIK Raharja.
4. Bapak Asep Saepullah, M.Kom selaku Dosen Pembimbing 1 yang telah berkenan memberikan bimbingan dan arahan dalam pembuatan Skripsi ini.
5. Bapak Ignatius Agus Supriyono, S.Kom, MM. selaku Dosen Pembimbing 2 yang telah berkenan memberikan bimbingan dan konsep dalam pembuatan Skripsi ini.
6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya selama penulis menuntut ilmu di Perguruan Tinggi Raharja.
7. Kedua Orang Tua tercinta yang tanpa lelah memberikan segala dukungan moral, materi dan spiritual, “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan limpahan rahmat kepada beliau, Amin.”
8. Untuk teman-teman seperjuangan yang selalu memberikan semangat, memotivasi dan percaya akan selesainya Laporan ini.
9. Untuk Staf Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kab.Tangerang yang telah membantu meringkankan pekerjaan penulis di kantor. Dan ucapan terima kasih kepada semua teman yang tak bisa penulis sebutkan satu persatu.
Akhir kata penulis berharapa laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.
Tangerang, 27 Januari 2015
( Egi Wahyu Ruchiyat )
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Bagan Alir Sistem (System Flowchart)……........………........14
Gambar 2.2 Bagan Alir Dokumen (Document Flowchart)………….......... 15
Gambar2.3 Bagan Alir Skematik(Schematic Flowchart)………….……..... 15
Gambar 2.4 Bagan Alir Program ( Program Flowchart ) …………. ……... 16
Gambar 2.5 Bagan Alir Proses (Process Flowchart) ………….……......... 17
Gambar 2.6 Contoh Variasi Aplikasi Flowchart ………………..……......... 17
Gambar 2.7 Metode Prototype……………................…………………...... 19
Gambar 2.8 Sistem pengendali loop terbuka…………………………......... 23
Gambar 2.9 Sistem pengendali loop tertutup …………………....……....... 24
Gambar 2.10 Konfigurasi pin ATmega328…………………........…........... 30
Gambar 2.11 Arsitektur ATmega328 ……………….....................….......... 34
Gambar 2.12 Papan Arduino USB Standar……………………………… 39
Gambar 2.13 Arduino USB……………......…………………...…........... 40
Gambar 2.14 Arduino Software……………………..………......…............ 41
Gambar 2.15 Gambar Tampilan Jendela Utama Visual Baic.NET............... 43
Gambar 2.16 Sensor Temperatur LM35............................................ ……... 46
Gambar 2.17 Display LCD................................................................ …........47
Gambar 2.18 PIN dari LCD .............................................................. .….......48
Gambar 2.19 Konfigurasi Pin LCD.....................................................….......48
Gambar 2.20 Water Pump .............................................................................53
Gambar 2.21 Lampu Led ............................................................................. 54
Gambar 2.22 Bentuk Fisik Dan Simbol Resistor Tetap .....................….......57
Gambar 2.23 Bentuk Fisik Dan Simbol Resistor Tidak Tetap ........…......... 58
Gambar 2.24 Susunan Lapisan Kapasitor..........................................…...... 60
Gambar 2.25 Lapisan Dalam Kapasitor ........................................….......... 62
Gambar 2.26 Rangkaian Internal Kristal........................................….......... 64
Gambar 2.27 Rangkaian Oscilator Hartley Dengan Kristal.................….... 65
Gambar 2.28 Rangkaian Oscilator Colpitts Dengan Kristal ............ …...... 66
Gambar 2.29 Rangkaian dasar IC regulator tegangan positif 78xx ............. 68
Gambar 2.30 Rangkaian IC regulator............................................................ 69
Gambar 2.31 Rangkaian power-on reset.........................................….......... 69
Gambar 3.1 Struktur Organisasi……...........................………………........ 83
Gambar 3.2 Diagram Blok Langkah Perancangan ……………………....... 92
Gambar 3.3 Diagram Blok ...........................................................................92
Gambar 3.4 Rangkaian Power supply ……………………………………... 95
Gambar 3.5 Rangkaian Sensor Suhu LM35……………………….............. 96
Gambar 3.6 Rangkaian lcd karakter 16x2 display………......................... 97
Gambar 3.7 Rangkain Lampu Indicator………........................…….......... 98
Gambar 3.8 Rangkaian kontrol relay……………………………………... 99
Gambar 3.9 Rangkaian Water Pump ………….............................….......... 100
Gambar 3.10 Rangkaian Keseluruhan…………………….....……….......... 101
Gambar 3.11 Memulai Arduino 1.0.5……….................................…........... 106
Gambar 3.12 Tampilan Layar Program Arduino 1.0.5….............................. 106
Gambar 3.13 Membuka Device Manage….....................................….......... 107
Gambar 3.14 Memilih Arduino Uno Pada Port COM.................................. 108
Gambar 3.15 Menentukan koneksi port 4 pada Arduino 1.0.5..................... 108
Gambar 3.16 Memilih Jenis Board Arduino Uno......................................... 109
Gambar 3.17 Menyimpan File Program Pada Arduino 1.0.5....................... 110
Gambar 3.18 Memilih Lokasi Penyimpanan Project ................................... 111
Gambar 3.19 Menyimpan program pada Arduino 1.0.5...............…............ 111
Gambar 3.20 Mengimpor library pada header Arduino 1.0.5.............…...... 112
Gambar 3.21 Library-library yang digunakan pada Arduino 1.0.5........…... 113
Gambar 3.22 Tampilan Listing Program keseluruhan.................….............. 113
Gambar 3.23 Proses Kompilasi Listing Program.......................................... 114
Gambar 3.24 Hasil Kompilasi Listing Program........................................... 114
Gambar 3.25 Pemilihan Arduino Board............................................ …....... 116
Gambar 3.26 Mengupload Program Kedalam Arduino Uno ............ …....... 116
Gambar 3.27 Proses Upload Listing Program Sukses...................…............ 117
Gambar 3.28 Tampilan Program Keseluruhan……………………….......... 119
Gambar 3.29 Membuka Software Visual Basic.Net Pada Star Menu …...... 119
Gambar 3.30 Tampilan Awal Visual Basic.Net 2008……………............... 120
Gambar 3.31 Membuat project baru dengan visual basic.net……… …...... 120
Gambar 3.32 Tampilan Awal Windows Form Pada Visual Basic.Net …..... 121
Gambar 3.33 Rancangan Form Kontrol Visual Basic.Net…………............ 121
Gambar 3.34 Flowchart Sistem……………....................…………............. 123
Gambar 3.35 Flowchart Interface Visual Basic.Net…......................…….. 124
Gambar 4.1 Flowchart Program Yang Diusulkan...................................... 134
Gambar 4.2 Software ArduinoUno1.0.5..................................................... 135
Gambar 4.3 Tampilan Bahasa Pemrograman C Dalam ArduinoUno1.0..... 135
Gambar 4.4 Bentuk Fisik Alat Sebelum Dihidupkan.................................. 136
Gambar 4.5 Mengkonfigurasikan Arduino Uno Pada Laptop/PC............. 137
Gambar 4.6 Mengaktifkan Sistem Penyiraman Dengan
Menghubungkan Arus Listrik Sebelum Alat Dihidupkan............................ 137
Gambar 4.7 Menghidupkan Alat Yang Sudah Diaktifkan Sistem
Penyiraman.....................................................................................................138
Gambar 4.8 Kondisi alat Saat Dijalankan.................................................... 138
Gambar 4.9 Sistem Penyiraman Bekerja..................................................... 139
Gambar 4.10 Penyemprot Pompa Aktif....................................................... 139
Gambar 4.11. Mematikan Alat ...................................................................... 139
Gambar 4.12 Rancangan Prototype.............................................................. 140
Gambar 4.13 Pengendali Rangkaian Catu Daya ........................................... 145
Gambar 4.14 Rangkaian Arduino Uno ......................................................... 147
Gambar 4.15 Motor AC Water Pump menyemprotkan Air ......................... 148
Gambar 4.16 Motor AC Water Pump Penyemprot Pupuk ........................... 149
Gambar 4.17 Sensor Suhu LM35 sebagai Pendeteksi Suhu......................... 149
Gambar 4.18 Pengujian interface Visual Basi.net........................................ 150
Gambar 4.19 Pengujian Aplikasi Visual Basic.net ...................................... 151
Gambar 4.20 Pengujian Sistem Keseluruhan .............................................. 152
Gambar 4.21 Listing program keseluruhan................................................. 154