SI1031464498: Perbedaan revisi
[revisi tidak terperiksa] | [revisi tidak terperiksa] |
Baris 107: | Baris 107: | ||
+ | <div align="center" class="MsoNormal" style="margin-left: 63.8pt; text-align: center; text-indent: -63.8pt;"><h3 align="center"><span lang="SV">ABSTRAKSI<span style="font-weight: normal;"></span></span></h3><h3 style="text-align: left;"><div class="MsoNormal"><br /></div><div class="MsoNormal" style="text-align: justify;"><span style="font-weight: normal;"><span style="font-size: 12.12pt; mso-ansi-language: IN;"> perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan pada masasekarang dirasakan sudah semakin maju pesat, dapat kita ambil contoh dariperkembangan sistem penyiram tanaman dan memberi pupuk otomatis berbasis <i>Arduino Uno</i> menggunakan sensor suhu <i>LM35</i> dan <i>interface visual basic.net</i>. </span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">Saat ini penyiraman tanaman secara tradisional dirasakurang efisien karena lamanya dalam penyiraman tanaman. Tak hanya itu,penyiraman tanaman</span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">dan memberi pupuk</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;"> secaratradisional membutuhkan banyak tenaga dalam melakukan penyiraman tana</span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">m</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">an</span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"> dan memberikan pupuk</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">. Halini menyebabkan pemilik</span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"> atau pegawai</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;"> tidak bisameninggalkan tanaman dalam waktu yang lama, karena tanaman dapat kekurangan air</span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"> dan pupuk</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">. Atas dasar tersebut, alat ini ditujukanuntuk membantu pengguna atau pemilik tanaman dalam menyiram tanaman tanpa harusdisiram secara manual. Alat Penyiram Tanaman Otomatis ini merupakan salah satucontoh penerapan aplikasi dari</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"> </span><i><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">arduino uno</span></i><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"> dengan menggunakan perangkattambahan <i>LCD(Liquid Crystal Display)</i>,dan </span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">sebuah sensor </span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">pendeteksi suhu dan </span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">kelembaban yang terpasang pada permukaantanah tanaman dan </span><i><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">r</span></i><i><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">elay</span></i><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;"> yang digunakan sebagai saklar otomatispada sebuah </span><i><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">water pump</span></i><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;"> dalam alat penyiram tanaman ini. Alat inimampu melakukan penyiraman </span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">beberapa</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;"> kali dalam sehari.Apabila </span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">pengguna ataupemilik tanaman</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;"> inginmelakukan penyiraman lebih dari satu kali, maka dapat mengatur waktu yangdiinginkan </span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">untukmemberikan pupuk </span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">denganmenggunakan</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"> </span><i><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">interface visual basic.net</span></i><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">. Alat ini pun mampu bekerja di saat </span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">pegawai disuatu instansi tidaksempat merawat tanaman atau </span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">penghunirumah tidak berada dirumah,</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"> </span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">sehinggamemudahkan </span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">pegawai atau</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;">pemilik rumah dalam penyiramantanaman</span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"> danmemberikan pupuk,</span><span style="font-size: 12.0pt;"> </span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">sehingga</span><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt;"> tanaman pun akan tetap terawat.</span></span></div><div class="MsoNormal"><br /></div><div class="MsoNormal"><br /></div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 63.8pt; text-indent: -63.8pt;"><span style="font-weight: normal;"><span lang="SV" style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: SV;">Kata </span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">K</span><span lang="SV" style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: SV;">unci : </span><i><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">Arduino Uno</span></i><i><span lang="SV" style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: SV;">,</span></i><i><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">Sensor Suhu LM35</span></i><i><span lang="SV" style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: SV;">,</span></i><i><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">LCD(Liquid Crystal Display)</span></i></span><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;"><span style="font-weight: normal;">,</span><i><span style="font-weight: normal;">Relay,water pump, Interface Visual Basic.Net</span></i></span></div></h3></div> | ||
Baris 113: | Baris 114: | ||
+ | {{pagebreak}} | ||
+ | <div align="center" class="MsoNormal" style="margin-left: 63.8pt; text-align: center; text-indent: -63.8pt;"><h3 align="center"><span lang="SV">ABSTRACT</span></h3></div> | ||
+ | {{pagebreak}} | ||
− | < | + | |
+ | <div class="MsoNormal" style="text-align: justify;"> | ||
+ | <span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">The development of technology and science in the presentperceived advancing rapidly, we can take the example of the development of thewatering system and provide automatic fertilizer based Arduino Uno using LM35temperature sensor and visual interfaces basic.net. Currently watering plantstraditionally considered less efficient because of the length of the wateringof plants. Not only that, watering plants and fertilize traditionally requiresa lot of energy in doing watering and provide fertilizer. This leads to theowner or employee can not leave the plant for a long time, because the plantcan be a shortage of water and fertilizers. On this basis, this tool isintended to help the user or owner of the plant without watering the plantsshould be watered manually. Automatic Plant Watering Tools This is one exampleof the application of arduino uno enhancement using LCD (Liquid CrystalDisplay), and a temperature and humidity detection sensors installed at groundlevel plants and relay that is used as an automatic switch to a water pump inthis plant sprinklers. This tool is able to perform several times dailywatering. If the user or owner of the plant wants to do the watering more thanonce, it can set the desired time to provide fertilizer by using a visualinterface basic.net. This tool is also capable of working in the sector in thecurrent agency employees do not have time to care for plants or occupants ofthe house were not home, making it easier for an employee or owner of the housein the watering of plants and provides fertilizer, so that the plant willremain untreated.</span></div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 63.8pt; text-indent: -63.8pt;"><br /></div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 63.8pt; text-indent: -63.8pt;"><br /></div><div class="MsoNormal" style="margin-left: 63.8pt; text-indent: -63.8pt;"><br /></div><br /><div class="MsoNormal" style="margin-left: 63.8pt; text-indent: -63.8pt;"><span style="font-size: 12.0pt; mso-ansi-language: IN;">Keywords: Arduino Uno, LM35temperature sensor, LCD (Liquid Crystal Display), Relay, water pump, InterfaceVisual Basic.Net</span></div> | ||
{{pagebreak}} | {{pagebreak}} | ||
+ | |||
+ | |||
+ | <p align="center"> <strong>KATA PENGANTAR</strong></p><p align="center"> <strong></strong></p><p> Bismillahirrahmanirrahim</p><p> Asslamualaikum Wr. Wb.</p><p> Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat, anugerah dan ijin-Nya serta senantiasa melimpahkan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya.</p><p>Hanya karena kasih sayang dan kekuatan-Nya lah penulis mampu menyelesaikan Laporan Skripsi yang berjudul “<strong>ALAT PENYIRAM TANAMAN DAN </strong><strong>M</strong><strong>EMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN SE</strong><strong>N</strong><strong>SOR SUHU BERBASIS ARDUINO</strong><strong> UNO</strong> <strong> PADA DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN</strong><strong> KABUPAEN.TANGERANG</strong>”.</p><p> Penulis menyadari bahwa tersusunnya Skripsi ini bukan hanya atas kemampuan dan usaha penulis semata, namun juga berkat bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:</p><p> 1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.</p><p> 2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua 1 STMIK Raharja</p><p> 3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd, selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer STMIK Raharja.</p><p> 4. Bapak Asep Saepullah, M.Kom selaku Dosen Pembimbing 1 yang telah berkenan memberikan bimbingan dan arahan dalam pembuatan Skripsi ini.</p><p> 5. Bapak Ignatius Agus Supriyono, S.Kom, MM. selaku Dosen Pembimbing 2 yang telah berkenan memberikan bimbingan dan konsep dalam pembuatan Skripsi ini.</p><p> 6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya selama penulis menuntut ilmu di Perguruan Tinggi Raharja.</p><p> 7. Kedua Orang Tua tercinta yang tanpa lelah memberikan segala dukungan moral, materi dan spiritual, “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan limpahan rahmat kepada beliau, Amin.”</p><p> 8. Untuk teman-teman seperjuangan yang selalu memberikan semangat, memotivasi dan percaya akan selesainya Laporan ini.</p><p> 9. Untuk Staf Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kab.Tangerang yang telah membantu meringkankan pekerjaan penulis di kantor. Dan ucapan terima kasih kepada semua teman yang tak bisa penulis sebutkan satu persatu.</p><p> Akhir kata penulis berharapa laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.</p><p> Tangerang, 27 Januari 2015</p><p> <strong>(</strong> <strong>Egi Wahyu Ruchiyat</strong> <strong>)</strong></p> | ||
+ | |||
+ | {{pagebreak}} | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | <p align="center"> <strong>DAFTAR GAMBAR</strong></p><p> Gambar 2.1 Bagan Alir Sistem (System Flowchart)……........………........14</p><p> Gambar 2.2 Bagan Alir Dokumen (Document Flowchart)………….......... 15</p><p> Gambar2.3 Bagan Alir Skematik(Schematic Flowchart)………….……..... 15</p><p> Gambar 2.4 Bagan Alir Program ( Program Flowchart ) …………. ……... 16</p><p> Gambar 2.5 Bagan Alir Proses (Process Flowchart) ………….……......... 17</p><p> Gambar 2.6 Contoh Variasi Aplikasi Flowchart ………………..……......... 17</p><p> Gambar 2.7 Metode Prototype……………................…………………...... 19</p><p> Gambar 2.8 Sistem pengendali loop terbuka…………………………......... 23</p><p> Gambar 2.9 Sistem pengendali loop tertutup …………………....……....... 24</p><p> Gambar 2.10 Konfigurasi pin ATmega328…………………........…........... 30</p><p> Gambar 2.11 Arsitektur ATmega328 ……………….....................….......... 34</p><p> Gambar 2.12 Papan Arduino USB Standar……………………………… 39</p><p> Gambar 2.13 Arduino USB……………......…………………...…........... 40</p><p> Gambar 2.14 Arduino Software……………………..………......…............ 41</p><p> Gambar 2.15 Gambar Tampilan Jendela Utama Visual Baic.NET............... 43</p><p> Gambar 2.16 Sensor Temperatur LM35............................................ ……... 46</p><p> Gambar 2.17 Display LCD................................................................ …........47</p><p> Gambar 2.18 PIN dari LCD .............................................................. .….......48</p><p> Gambar 2.19 Konfigurasi Pin LCD.....................................................….......48</p><p> Gambar 2.20 Water Pump .............................................................................53</p><p> Gambar 2.21 Lampu Led ............................................................................. 54</p><p> Gambar 2.22 Bentuk Fisik Dan Simbol Resistor Tetap .....................….......57</p><p> Gambar 2.23 Bentuk Fisik Dan Simbol Resistor Tidak Tetap ........…......... 58</p><p> Gambar 2.24 Susunan Lapisan Kapasitor..........................................…...... 60</p><p> Gambar 2.25 Lapisan Dalam Kapasitor ........................................….......... 62</p><p> Gambar 2.26 Rangkaian Internal Kristal........................................….......... 64</p><p> Gambar 2.27 Rangkaian Oscilator Hartley Dengan Kristal.................….... 65</p><p> Gambar 2.28 Rangkaian Oscilator Colpitts Dengan Kristal ............ …...... 66</p><p> Gambar 2.29 Rangkaian dasar IC regulator tegangan positif 78xx ............. 68</p><p> Gambar 2.30 Rangkaian IC regulator............................................................ 69</p><p> Gambar 2.31 Rangkaian power-on reset.........................................….......... 69</p><p> Gambar 3.1 Struktur Organisasi……...........................………………........ 83</p><p> Gambar 3.2 Diagram Blok Langkah Perancangan ……………………....... 92</p><p> Gambar 3.3 Diagram Blok ...........................................................................92</p><p> Gambar 3.4 Rangkaian Power supply ……………………………………... 95</p><p> Gambar 3.5 Rangkaian Sensor Suhu LM35……………………….............. 96</p><p> Gambar 3.6 Rangkaian lcd karakter 16x2 display………......................... 97</p><p> Gambar 3.7 Rangkain Lampu Indicator………........................…….......... 98</p><p> Gambar 3.8 Rangkaian kontrol relay……………………………………... 99</p><p> Gambar 3.9 Rangkaian Water Pump ………….............................….......... 100</p><p> Gambar 3.10 Rangkaian Keseluruhan…………………….....……….......... 101</p><p> Gambar 3.11 Memulai Arduino 1.0.5……….................................…........... 106</p><p> Gambar 3.12 Tampilan Layar Program Arduino 1.0.5….............................. 106</p><p> Gambar 3.13 Membuka Device Manage….....................................….......... 107</p><p> Gambar 3.14 Memilih Arduino Uno Pada Port COM.................................. 108</p><p> Gambar 3.15 Menentukan koneksi port 4 pada Arduino 1.0.5..................... 108</p><p> Gambar 3.16 Memilih Jenis Board Arduino Uno......................................... 109</p><p> Gambar 3.17 Menyimpan File Program Pada Arduino 1.0.5....................... 110</p><p> Gambar 3.18 Memilih Lokasi Penyimpanan Project ................................... 111</p><p> Gambar 3.19 Menyimpan program pada Arduino 1.0.5...............…............ 111</p><p> Gambar 3.20 Mengimpor library pada header Arduino 1.0.5.............…...... 112</p><p> Gambar 3.21 Library-library yang digunakan pada Arduino 1.0.5........…... 113</p><p> Gambar 3.22 Tampilan Listing Program keseluruhan.................….............. 113</p><p> Gambar 3.23 Proses Kompilasi Listing Program.......................................... 114</p><p> Gambar 3.24 Hasil Kompilasi Listing Program........................................... 114</p><p> Gambar 3.25 Pemilihan Arduino Board............................................ …....... 116</p><p> Gambar 3.26 Mengupload Program Kedalam Arduino Uno ............ …....... 116</p><p> Gambar 3.27 Proses Upload Listing Program Sukses...................…............ 117</p><p> Gambar 3.28 Tampilan Program Keseluruhan……………………….......... 119</p><p> Gambar 3.29 Membuka Software Visual Basic.Net Pada Star Menu …...... 119</p><p> Gambar 3.30 Tampilan Awal Visual Basic.Net 2008……………............... 120</p><p> Gambar 3.31 Membuat project baru dengan visual basic.net……… …...... 120</p><p> Gambar 3.32 Tampilan Awal Windows Form Pada Visual Basic.Net …..... 121</p><p> Gambar 3.33 Rancangan Form Kontrol Visual Basic.Net…………............ 121</p><p> Gambar 3.34 Flowchart Sistem……………....................…………............. 123</p><p> Gambar 3.35 Flowchart Interface Visual Basic.Net…......................…….. 124</p><p> Gambar 4.1 Flowchart Program Yang Diusulkan...................................... 134</p><p> Gambar 4.2 Software ArduinoUno1.0.5..................................................... 135</p><p> Gambar 4.3 Tampilan Bahasa Pemrograman C Dalam ArduinoUno1.0..... 135</p><p> Gambar 4.4 Bentuk Fisik Alat Sebelum Dihidupkan.................................. 136</p><p> Gambar 4.5 Mengkonfigurasikan Arduino Uno Pada Laptop/PC............. 137</p><p> Gambar 4.6 Mengaktifkan Sistem Penyiraman Dengan</p><p> Menghubungkan Arus Listrik Sebelum Alat Dihidupkan............................ 137</p><p> Gambar 4.7 Menghidupkan Alat Yang Sudah Diaktifkan Sistem</p><p> Penyiraman.....................................................................................................138</p><p> Gambar 4.8 Kondisi alat Saat Dijalankan.................................................... 138</p><p> Gambar 4.9 Sistem Penyiraman Bekerja..................................................... 139</p><p> Gambar 4.10 Penyemprot Pompa Aktif....................................................... 139</p><p> Gambar 4.11. Mematikan Alat ...................................................................... 139</p><p> Gambar 4.12 Rancangan Prototype.............................................................. 140</p><p> Gambar 4.13 Pengendali Rangkaian Catu Daya ........................................... 145</p><p> Gambar 4.14 Rangkaian Arduino Uno ......................................................... 147</p><p> Gambar 4.15 Motor AC Water Pump menyemprotkan Air ......................... 148</p><p> Gambar 4.16 Motor AC Water Pump Penyemprot Pupuk ........................... 149</p><p> Gambar 4.17 Sensor Suhu LM35 sebagai Pendeteksi Suhu......................... 149</p><p> Gambar 4.18 Pengujian interface Visual Basi.net........................................ 150</p><p> Gambar 4.19 Pengujian Aplikasi Visual Basic.net ...................................... 151</p><p> Gambar 4.20 Pengujian Sistem Keseluruhan .............................................. 152</p><p> Gambar 4.21 Listing program keseluruhan................................................. 154</p> |
Revisi per 31 Januari 2015 21.54
ALAT PENYIRAM TANAMAN DAN MEMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN
SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO PADA DINAS PERTANIAN
DAN PETERNAKAN KAB.TANGERANG
Disusun Oleh :
JURUSAN SISTEM KOMPUTER
KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2014/2015
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER (STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
ALA PENYIRAM TANAMAN DAN MEMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN
SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO PADA DINAS PERTANIAN
DAN PETERNAKAN KABUPATEN TANGERANG
Disusun Oleh :
Nim : 1031464498
Nama : Egi Wahyu Ruchiyat
Jenjang Studi : Strata Satu
Jurusan : Sistem Komputer
Konsentrasi : Computer System
Disahkan oleh :
Tangerang, 27 Januari 2015
Ketua KepalaJurusan
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER (STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
ALAT PENYIRAM TANAMAN DAN MEMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO PADA DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN.TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM : 1031464498
Nama : Egi Wahyu Ruchiyat
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Komputer
Konsentrasi Computer System
Tahun Akademik 2014/2015
Dewan Penguji,
Tangerang, Maret 2015
Ketua Penguji ( ) NID: | Anggota Penguji I ( ) NID: | Anggota Penguji II ( ) NID: |
ABSTRAKSI
perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan pada masasekarang dirasakan sudah semakin maju pesat, dapat kita ambil contoh dariperkembangan sistem penyiram tanaman dan memberi pupuk otomatis berbasis Arduino Uno menggunakan sensor suhu LM35 dan interface visual basic.net. Saat ini penyiraman tanaman secara tradisional dirasakurang efisien karena lamanya dalam penyiraman tanaman. Tak hanya itu,penyiraman tanamandan memberi pupuk secaratradisional membutuhkan banyak tenaga dalam melakukan penyiraman tanaman dan memberikan pupuk. Halini menyebabkan pemilik atau pegawai tidak bisameninggalkan tanaman dalam waktu yang lama, karena tanaman dapat kekurangan air dan pupuk. Atas dasar tersebut, alat ini ditujukanuntuk membantu pengguna atau pemilik tanaman dalam menyiram tanaman tanpa harusdisiram secara manual. Alat Penyiram Tanaman Otomatis ini merupakan salah satucontoh penerapan aplikasi dari arduino uno dengan menggunakan perangkattambahan LCD(Liquid Crystal Display),dan sebuah sensor pendeteksi suhu dan kelembaban yang terpasang pada permukaantanah tanaman dan relay yang digunakan sebagai saklar otomatispada sebuah water pump dalam alat penyiram tanaman ini. Alat inimampu melakukan penyiraman beberapa kali dalam sehari.Apabila pengguna ataupemilik tanaman inginmelakukan penyiraman lebih dari satu kali, maka dapat mengatur waktu yangdiinginkan untukmemberikan pupuk denganmenggunakan interface visual basic.net. Alat ini pun mampu bekerja di saat pegawai disuatu instansi tidaksempat merawat tanaman atau penghunirumah tidak berada dirumah, sehinggamemudahkan pegawai ataupemilik rumah dalam penyiramantanaman danmemberikan pupuk, sehingga tanaman pun akan tetap terawat.
Kata Kunci : Arduino Uno,Sensor Suhu LM35,LCD(Liquid Crystal Display),Relay,water pump, Interface Visual Basic.Net
ABSTRACT
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Asslamualaikum Wr. Wb.
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat, anugerah dan ijin-Nya serta senantiasa melimpahkan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya.
Hanya karena kasih sayang dan kekuatan-Nya lah penulis mampu menyelesaikan Laporan Skripsi yang berjudul “ALAT PENYIRAM TANAMAN DAN MEMBERI PUPUK OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR SUHU BERBASIS ARDUINO UNO PADA DINAS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPAEN.TANGERANG”.
Penulis menyadari bahwa tersusunnya Skripsi ini bukan hanya atas kemampuan dan usaha penulis semata, namun juga berkat bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:
1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.
2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua 1 STMIK Raharja
3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd, selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer STMIK Raharja.
4. Bapak Asep Saepullah, M.Kom selaku Dosen Pembimbing 1 yang telah berkenan memberikan bimbingan dan arahan dalam pembuatan Skripsi ini.
5. Bapak Ignatius Agus Supriyono, S.Kom, MM. selaku Dosen Pembimbing 2 yang telah berkenan memberikan bimbingan dan konsep dalam pembuatan Skripsi ini.
6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmunya selama penulis menuntut ilmu di Perguruan Tinggi Raharja.
7. Kedua Orang Tua tercinta yang tanpa lelah memberikan segala dukungan moral, materi dan spiritual, “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan limpahan rahmat kepada beliau, Amin.”
8. Untuk teman-teman seperjuangan yang selalu memberikan semangat, memotivasi dan percaya akan selesainya Laporan ini.
9. Untuk Staf Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kab.Tangerang yang telah membantu meringkankan pekerjaan penulis di kantor. Dan ucapan terima kasih kepada semua teman yang tak bisa penulis sebutkan satu persatu.
Akhir kata penulis berharapa laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.
Tangerang, 27 Januari 2015
( Egi Wahyu Ruchiyat )
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Bagan Alir Sistem (System Flowchart)……........………........14
Gambar 2.2 Bagan Alir Dokumen (Document Flowchart)………….......... 15
Gambar2.3 Bagan Alir Skematik(Schematic Flowchart)………….……..... 15
Gambar 2.4 Bagan Alir Program ( Program Flowchart ) …………. ……... 16
Gambar 2.5 Bagan Alir Proses (Process Flowchart) ………….……......... 17
Gambar 2.6 Contoh Variasi Aplikasi Flowchart ………………..……......... 17
Gambar 2.7 Metode Prototype……………................…………………...... 19
Gambar 2.8 Sistem pengendali loop terbuka…………………………......... 23
Gambar 2.9 Sistem pengendali loop tertutup …………………....……....... 24
Gambar 2.10 Konfigurasi pin ATmega328…………………........…........... 30
Gambar 2.11 Arsitektur ATmega328 ……………….....................….......... 34
Gambar 2.12 Papan Arduino USB Standar……………………………… 39
Gambar 2.13 Arduino USB……………......…………………...…........... 40
Gambar 2.14 Arduino Software……………………..………......…............ 41
Gambar 2.15 Gambar Tampilan Jendela Utama Visual Baic.NET............... 43
Gambar 2.16 Sensor Temperatur LM35............................................ ……... 46
Gambar 2.17 Display LCD................................................................ …........47
Gambar 2.18 PIN dari LCD .............................................................. .….......48
Gambar 2.19 Konfigurasi Pin LCD.....................................................….......48
Gambar 2.20 Water Pump .............................................................................53
Gambar 2.21 Lampu Led ............................................................................. 54
Gambar 2.22 Bentuk Fisik Dan Simbol Resistor Tetap .....................….......57
Gambar 2.23 Bentuk Fisik Dan Simbol Resistor Tidak Tetap ........…......... 58
Gambar 2.24 Susunan Lapisan Kapasitor..........................................…...... 60
Gambar 2.25 Lapisan Dalam Kapasitor ........................................….......... 62
Gambar 2.26 Rangkaian Internal Kristal........................................….......... 64
Gambar 2.27 Rangkaian Oscilator Hartley Dengan Kristal.................….... 65
Gambar 2.28 Rangkaian Oscilator Colpitts Dengan Kristal ............ …...... 66
Gambar 2.29 Rangkaian dasar IC regulator tegangan positif 78xx ............. 68
Gambar 2.30 Rangkaian IC regulator............................................................ 69
Gambar 2.31 Rangkaian power-on reset.........................................….......... 69
Gambar 3.1 Struktur Organisasi……...........................………………........ 83
Gambar 3.2 Diagram Blok Langkah Perancangan ……………………....... 92
Gambar 3.3 Diagram Blok ...........................................................................92
Gambar 3.4 Rangkaian Power supply ……………………………………... 95
Gambar 3.5 Rangkaian Sensor Suhu LM35……………………….............. 96
Gambar 3.6 Rangkaian lcd karakter 16x2 display………......................... 97
Gambar 3.7 Rangkain Lampu Indicator………........................…….......... 98
Gambar 3.8 Rangkaian kontrol relay……………………………………... 99
Gambar 3.9 Rangkaian Water Pump ………….............................….......... 100
Gambar 3.10 Rangkaian Keseluruhan…………………….....……….......... 101
Gambar 3.11 Memulai Arduino 1.0.5……….................................…........... 106
Gambar 3.12 Tampilan Layar Program Arduino 1.0.5….............................. 106
Gambar 3.13 Membuka Device Manage….....................................….......... 107
Gambar 3.14 Memilih Arduino Uno Pada Port COM.................................. 108
Gambar 3.15 Menentukan koneksi port 4 pada Arduino 1.0.5..................... 108
Gambar 3.16 Memilih Jenis Board Arduino Uno......................................... 109
Gambar 3.17 Menyimpan File Program Pada Arduino 1.0.5....................... 110
Gambar 3.18 Memilih Lokasi Penyimpanan Project ................................... 111
Gambar 3.19 Menyimpan program pada Arduino 1.0.5...............…............ 111
Gambar 3.20 Mengimpor library pada header Arduino 1.0.5.............…...... 112
Gambar 3.21 Library-library yang digunakan pada Arduino 1.0.5........…... 113
Gambar 3.22 Tampilan Listing Program keseluruhan.................….............. 113
Gambar 3.23 Proses Kompilasi Listing Program.......................................... 114
Gambar 3.24 Hasil Kompilasi Listing Program........................................... 114
Gambar 3.25 Pemilihan Arduino Board............................................ …....... 116
Gambar 3.26 Mengupload Program Kedalam Arduino Uno ............ …....... 116
Gambar 3.27 Proses Upload Listing Program Sukses...................…............ 117
Gambar 3.28 Tampilan Program Keseluruhan……………………….......... 119
Gambar 3.29 Membuka Software Visual Basic.Net Pada Star Menu …...... 119
Gambar 3.30 Tampilan Awal Visual Basic.Net 2008……………............... 120
Gambar 3.31 Membuat project baru dengan visual basic.net……… …...... 120
Gambar 3.32 Tampilan Awal Windows Form Pada Visual Basic.Net …..... 121
Gambar 3.33 Rancangan Form Kontrol Visual Basic.Net…………............ 121
Gambar 3.34 Flowchart Sistem……………....................…………............. 123
Gambar 3.35 Flowchart Interface Visual Basic.Net…......................…….. 124
Gambar 4.1 Flowchart Program Yang Diusulkan...................................... 134
Gambar 4.2 Software ArduinoUno1.0.5..................................................... 135
Gambar 4.3 Tampilan Bahasa Pemrograman C Dalam ArduinoUno1.0..... 135
Gambar 4.4 Bentuk Fisik Alat Sebelum Dihidupkan.................................. 136
Gambar 4.5 Mengkonfigurasikan Arduino Uno Pada Laptop/PC............. 137
Gambar 4.6 Mengaktifkan Sistem Penyiraman Dengan
Menghubungkan Arus Listrik Sebelum Alat Dihidupkan............................ 137
Gambar 4.7 Menghidupkan Alat Yang Sudah Diaktifkan Sistem
Penyiraman.....................................................................................................138
Gambar 4.8 Kondisi alat Saat Dijalankan.................................................... 138
Gambar 4.9 Sistem Penyiraman Bekerja..................................................... 139
Gambar 4.10 Penyemprot Pompa Aktif....................................................... 139
Gambar 4.11. Mematikan Alat ...................................................................... 139
Gambar 4.12 Rancangan Prototype.............................................................. 140
Gambar 4.13 Pengendali Rangkaian Catu Daya ........................................... 145
Gambar 4.14 Rangkaian Arduino Uno ......................................................... 147
Gambar 4.15 Motor AC Water Pump menyemprotkan Air ......................... 148
Gambar 4.16 Motor AC Water Pump Penyemprot Pupuk ........................... 149
Gambar 4.17 Sensor Suhu LM35 sebagai Pendeteksi Suhu......................... 149
Gambar 4.18 Pengujian interface Visual Basi.net........................................ 150
Gambar 4.19 Pengujian Aplikasi Visual Basic.net ...................................... 151
Gambar 4.20 Pengujian Sistem Keseluruhan .............................................. 152
Gambar 4.21 Listing program keseluruhan................................................. 154