SI1022465042

Dari widuri
Revisi per 8 Oktober 2014 08.23 oleh Furqon (bicara | kontrib) (←Membuat halaman berisi '<p align="center"><b>BAB I</b></p><div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;"><p style="line-height: 2"><b>PENDAHULUAN</b></p></div...')

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi berperan penting dalam berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satu teknologi informasi yang terus berkembang sampai sekarang ini adalah video game. Dahulu video game hanya berfungsi sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang dan bersenang-senang, tetapi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dalam memproses struktur data digital yang lebih kompleks, dimana yang dahulunya hanya bisa menampilkan tampilan visual yang sangat minim, sekarang dapat menampilkan tampilan visual yang lebih baik, dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi sekarang yang lebih modern.

Salah satunya adalah video game, hasil penelitian menyebutkan bahwa para pemain video game memiliki fokus yang lebih baik terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka yang jarang bermain video game.

Hasil penelitian juga sangat mengejutkan karena proses belajar lewat bermain video game ternyata lebih cepat diserap seseorang. Dengan kata lain, video game dapat membantu melatih seseorang yang memiliki problem dalam berkonsentrasi.

Terlepas dari aspek aspek yang ada salah satunya dari sisi platform, android merupakan platform mobile yang paling banyak digunakan oleh masyarakat modern di seluruh dunia, dikarenakan bersifat open source dan banyaknya beragam aplikasi yang tersedia, sehingga peminatnya lebih banyak dibandingkan platform mobile yang lain.

Maka penulis akan membuat sebuah deskripsi untuk menguji apa saja yang dapat di hasilkan dari pembuatan video game ini dengan judul “Rancang Bangun Aplikasi Game Puzzle Berbasis Platform Android Menggunakan Game Maker Studio” untuk membuktikan apakah video game nantinya akan berperan dalam mengubah perspektif ataupun perilaku pemainnya.


Rumusan Masalah

Berdasarkan dari uraian diatas maka penulis mengambil beberapa pokok permasalahan :

  1. Faktor – faktor apa saja yang dapat membuat game puzzle untuk platform android menjadi menarik ?
  2. Bagaimana cara membuat game puzzle yang menarik untuk platform android ?
  3. Unsur- unsur apa saja yang harus ada di bangun dalam sebuah game puzzle ?


Ruang Lingkup

Untuk membatasi ruang lingkup dalam pembuatan game ini, maka penulis hanya akan membahas tentang proses perancangan, dan mekanisme pembuatan sebuah puzzle game untuk platform android.



Tujuan Dan Manfaat

Tujuan

Tujuan dari penyusunan laporan ini yaitu :

  1. Untuk mengetahui apa saja yang dapat di hasilkan dari bermain game puzzle.
  2. Untuk mengetahui kendala apa saja yang ada dalam proses pembuatan game puzzle.
  3. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat sebuah game puzzle yang menyenangkan.


Manfaat


Manfaat yang diharapkan pada penelitian ini adalah :

  1. Agar mengetahui bagaimana cara membuat sebuah sistem gameplay yang lebih adiktif.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam hal konsentrasi.
  3. Menghilangkan rasa penat para pemainnya.



Metode Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Metode dengan mengumpulkan informasi dari berbagai buku-buku atau literature review yang berhubungan dengan penelitian dari berbagai sumber yang tertulis maupun elektronik dengan langkah-langkah sebagai berikut.


Observasi

Penulis akan melakukan demo hasil project kepada ketiga puluh responden dalam bentuk kuisoner yang akan dijadikan parameter dalam proses pengembangan project selanjutnya.

Studi Pustaka

Studi pustaka adalah upaya yang dilakukan oleh penulis untuk memperoleh dan menghimpun segala informasi tertulis yang relevan dengan masalah yang diteliti. Informasi ini dapat diperoleh dari buku-buku, laporan penelitian, karangan ilmiah, tesis ataupun disertasi. Pada metode ini penulis akan mendapatkan informasi dengan mempelajari buku-buku dan literature review yang ada. Serta melakuakan searching pada internet.


Metode Analisa

Dalam metode analisa terdapat tahapan-tahapan, yaitu proses pengumpulan data yang dilakukan dari hasil observasi, maka data yang sudah ada akan diolah dan dianalisa agar mendapatkan hasil akhir yang bermanfaat bagi penelitian ini.

Pada tahap ini akan menganalisa beberapa metode algoritma yang paling banyak dan pasti digunakan pada video game. Penulis juga akan mencari contoh sebagai bahan refernsi bagainama metode tersebut dapat diterapkan pada game yang telah beredar di pasaran.

Contributors

Furqon