SI1021465135

Dari widuri
Revisi per 26 Februari 2015 11.29 oleh Ade gunawan (bicara | kontrib)


Lompat ke: navigasi, cari

REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

CABANG TANGERANG

SKRIPSI

jpg

Disusun Oleh :

{|table align="center"|-|
NIM
||
: 1021465135
|-|
NAMA
||
: ADE GUNAWAN
|}

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKAI

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

REDESAIN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA MANDIRI SUKSES

CABANG TANGERANG

 

Disusun Oleh :

{|table align="center"|-|
NIM
||
: 1021465135
|-|
Nama
||
: Ade Gunawan
|-|
Jenjang Studi
||
: Strata Satu
|-|
Jurusan
||
: Teknik Informatika
|-|
Konsentrasi
||
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|} 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2015

{|table align="center"|-|
Ketua
||   ||   ||   ||   ||
Kepala Jurusan
|-|
STMIK RAHARJA
||   ||   ||   ||   ||
Jurusan Teknik Informatika
|-|  ||   ||   ||   ||   ||  |-|  ||   ||   ||   ||   ||  |-|  ||   ||   ||   ||   ||  |-|  ||   ||   ||   ||   ||  |-|
(Drs. Sugeng Widada, Msi)
||   ||   ||   ||   ||
(Himawan, S.Kom, M.Kom)
|-|
NIP : 000000
||   ||   ||   ||   ||
NIP : 000000
|}

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT WADHARMA SARANA INFORMATIKA

CABANG TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

{|table align="center"|-|
NIM
||
: 1021465135
|-|
Nama
||
: Ade Gunawan
|} 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Oktober 2014

{|table align="center"|-|
Pembimbing I
||   ||   ||
Pembimbing II
|-|  ||   ||   ||  |-|  ||   ||   ||  |-|  ||   ||   ||  |-|
(Drs. Sugeng Widada, Msi)
||   ||   ||
(Himawan, S.Kom, M.Kom)
|-|
NID : 00000
||   ||   ||
NID : 00000
|}

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

CABANG TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

{|table align="center"|-|
NIM
||
: 1021465135
|-|
Nama
||
: Ade Gunawan
|}

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

Disetujui Penguji :

Tangerang, Januari 2015

{|table align="center"|-|
Ketua Penguji
||  ||
Penguji I
||  ||
Penguji II
|-|  ||   ||   ||   ||  |- |  ||   ||   ||   ||  |-|  ||   ||   ||   ||  |-|
(......................)
||  ||
(.....................)
||  ||
(...................)
|-|
NID : 00000
||   ||
NID : 00000
||  ||
NID : 00000
|}

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

CABANG TANGERANG

Dibuat Oleh :

{|table align="center"|-|
NIM
||
: 1021465135
|-|
Nama
||
: Ade Gunawan
|-|
Jenjang Studi
||
: Strata Satu
|-|
Jurusan
||
: Teknik Informatika
|-|
Konsentrasi
||
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|}

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sangksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Maret 2015

{|table align="center"|-|  |-|  |-|  |-|  |-|
(Ade Gunawan)
|-|
NIM : 1021465135
|} 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Perkembangan ilmu Pengetahuan Teknologi Informasi pada masa sekarang ini sudah sangat maju, semakin ketatnya persaingan dunia usaha menjadikan perusahaan, institusi atau instansi, berlomba melakukan promosi penjualan dengan menggunakan bentuk-bentuk media yang dinilai dapat dijadikan penunjang dalam program promosi seperti melalui sebuah Company Profile dalam bentuk booklet. Secara umum Company Profile adalah sebagai aset perusahaan yang berfungsi sebagai tanda atau identitas dari perusahaan dalam menjalin kerjasama dengan relasi yang baik dengan perusahaan atau lembaga dan instansi terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep media Company Profile dapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektif mengenai profil perusahaan menggunakan media cetak dalam bentuk booklet. Saat ini PT Swadharma Sarana Informatika merupakan badan usaha yang bergerak di bidang pengelolaan, pengisian, perawatan dan perbakan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Untuk memperoleh data-data yang diperlukan selama penelitian, penulis menggunakan beberapa metodologi, antara lain: metode analisa permasalahan, metode pengumpulan data (observasi, interview, studi pustaka), metode analisa perancangan, dan konsep desain. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa rancangan media Company Profile berbentuk booklet yang diharapkan dapat menyampaikan tambah dalam penyampaian informasi yang diinginkan, khususnya dalam hal penyampaian informasi layanan dan jasa pengelolaan mesin ATM.

Kata Kunci : Media, Promosi, Booklet, Company Profile

ABSTRACT

Development of Science in Information Technology today is already very advanced, increasing competition in the business world make the company, institution or agency, racing to the promotion of sales by using forms of media that can be used as supporting assessed in promotional programs such as through a Company Profile in the form of booklets. In general company profile is a corporate asset that serves as the sign or the identity of the company in cooperation with a good relationship with the company or institution and other relevant agencies. This study aims to apply the concept of media company profile can provide information and more effective promotion of the profile companies using print media in the form of booklets. Currently PT Swadharma Facility Information is a business entity that is engaged in the management, replenishment, maintenance and the banking ATMs (Automatic Teller Machine). To obtain the necessary data for the study, the authors used several methodologies, among others: problem analysis methods, data collection methods (observation, interview, literature), the method of analysis design, and design concepts. The end result of this research is to plan a media company profile booklet form that is expected to deliver added in delivering the desired information, particularly in terms of the delivery of information services and management services ATM machines.

Keywords : media, promotion, booklet, company profile,

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya. </b>.

Dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT. atas segala berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi dengan judul REDESIGN MEDIA COPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK DAN PENIGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA CABANG TANGERANG.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini sebagai salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Tangerang. Dalam penyusunan laporan Skripsi penulis menyadari jika tanpa bimbingan dan dorongan dari setiap pihak, maka Skripsi ini tidak akan terwujud dan selesai tepat waktu.

Penulis berharap karya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahan pengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya. Dan semoga karya tulis ini dapat menjadi bahan perbandingan dalam periode selanjutnya dan dapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik.

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, S.Kom., selaku Asisten Direktur Akademik.
  3. Bapak Junaidi M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Bapak Drs. Sugeng Widada selaku dosen Pembimbing 1 (Satu) dan Staff ahli konsentrasi MAVIB Jurusan Teknik Informatika.
  5. Bapak Himawan, S.kom, M.Kom selaku dosen Pembimbing 2 (Dua).
  6. Bapak Wahyu Savitri Syahrizal selaku koordinator senkas tangerang yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk penelitian ini.
  7. Kepada Orang Tua yang selama ini telah setia memberikan dorongan semangat, perhatian, dan doa.
  8. Para sahabat dan rekan-rekan penulis dimana penulis tidak dapat menyebut satu persatu.

Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari masih terdapat kekurangan-kekurangan serta kelemahan-kelemahan, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT. senantiasa menyertai langkah kita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan, Amin.

{| width="100%" align="right"|-| width="60%" | || align="center" | Tangerang, Maret 2015|-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| || |-| width="60%" | || align="center" | Ade Gunawan|-| width="60%" | || align="center" | NIM. 1021465135|-|}
=
BAB I
=
PENDAHULUAN
==1.1. Latar Belakang Permasalahan==

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi informasi pada masa sekarang ini sudah sangat maju, semakin ketatnya persaingan dunia usaha menjadikan perusahaan, institusi atau instansi, berlomba melakukan promosi penjualan dengan menggunakan bentuk-bentuk media yang dinilai dapat dijadikan penunjang dalam program promosi seperti melalui sebuah Company Profile yang akan digunakan sebagai alat bantu berkomunikasi dan sebagai media pemasaran produk agar dapat dikenal oleh para konsumen dan karyawan perusahaan itu sendiri.

Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi yang baik dan kerjasama dalam lingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkait lainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut.

PT Swadharma Sarana Informatika yang berpusat di Graha Manggala Pakarti gedung B lantai 1 Jl. Arteri jorr Jatiwarna adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan perawatan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) secara berkala (Preventive maintenance), pengisian kas ATM (ATM cash Replenishment), pemasangan atau instalasi mesin ATM, pengadaan kebutuhan supplies komputer, pengadaan kebutuhan perangkat keras ATM, pemasangan dan perbaikan grounding pelistrikan, pemasangan atau instalasi jaringan kabel data atau LAN (Local Area Network) dan jasa konsultasi untuk IT management.

Saat ini PT Swadharma Sarana Informatika , menggunakan media promosi dan informasi dalam beberapa bentuk media yaitu berupa website dan melakukan presentasi ke klien secara lisan, melakukan pemasaran dengan memperkenalkan pelayanan jasa yang belum dikemas dalam bentuk buku yang sudah rapi dan terorganisir dengan baik dan semakin berkembangnya perusahaan setiap tahunnya, kebutuhan perusahaan mengenai informasi dan promosi akan terus bertambah sesuai perkembangan zaman. Agar dapat menyampaikan informasi profil perusahaan yang lebih optimal setidaknya harus mempunyai sarana media yang dapat menunjang efektivitas dalam proses komunikasi yang perusahaan lakukan.

Melihat dari permasalahan yang muncul dengan belum terdapatnya bentuk media yang bisa memberikan informasi pada saat perusahaan ingin menyampaikan orientasi visi dan misi perusahaan, pihak pemasaran atau marketing memerlukan sebuah Company Profile yang mampu mengemas seluruh aset yang dimiliki oleh perusahaan dalam menjalin relasi pada perusahaan terkait.

Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan penulis terhadap PT Swadharma Sarana Informatika, perusahaan tersebut membutuhkan media promosi yang menarik untuk memperkenalkan seluruh kapasitas perusahaan dan diharapkan melalui perancangan media komunikasi visual ini dapat meningkatkan omset transaksi perusahaan.

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

Berdasarkan analisa di atas, penulis mencoba mengambil tema dalam Skripsi ini dengan judul: “REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA CABANG TANGERANG”.

div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">

"> Dari rancangan media yang dihasilkan kedepan diharapkan dapat lebih memberi nilai efektifitas dalam program informasidan promosi yang telah direncanakan.

</div>.
==1.2. Rumusan Masalah==
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
1. Media Company Profile seperti apa yang dapat digunakan sebagai penyampaian informasi detail usaha yang menarik, yang efektif, dan efisien?
2. Bagaimana merancang media Company Profile yang menarik, efektif, efisien, dan dapat meningkatkan pencitraan image usaha?
3. Setelah dirancangnya kembali media company profile dan apabila telah digunakan target apa yang diinginkan oleh PT Swadharma Sarana Informatika?
==1.4. Ruang Lingkup Penelitian==

Agar pembahasan permasalahan Skripsi ini lebih terarah maka penulis membatasi ruang lingkup, yaitu perancangan kembali media Company Profile dalam bentuk booklet.

==1.4. Tujuan dan Manfaat=====1.4.1. Tujuan Penelitian===

Adapun tujuan penulis melakukan penelitian adalah sebagai berikut :

A. Tujuan OperasionalMenerapkan konsep media Company Profile sebagai sarana informasi dan promosi yang lengkap dan terperinci.B. Tujuan FungsionalSecara fungsional media Company Profile PT Swadharma Sarana Informatika dapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektif mengenai seluruh ruang lingkup perusahaan.C. Tujuan IndividualUntuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman serta sebagai bekal bekerja secara profesional serta melengkapi kreatifitas dalam memperoleh ide-ide secara teoritis maupun praktis dalam menyelesaikan Skripsi.

</ol> ===Manfaat Penelitian===

Manfaat dari penelitian ini adalah:

A. Tujuan OperasionalMenerapkan konsep media Company Profile sebagai sarana informasi dan promosi yang lengkap dan terperinci.B. Tujuan FungsionalSecara fungsional media Company Profile PT Swadharma Sarana Informatika dapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektif mengenai seluruh ruang lingkup perusahaan.C. Tujuan IndividualUntuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman serta sebagai bekal bekerja secara profesional serta melengkapi kreatifitas dalam memperoleh ide-ide secara teoritis maupun praktis dalam menyelesaikan Skripsi.Manfaat Penelitian.
Manfaat dari penelitian ini adalah:
1. Manfaat bagi penulis :
a.. Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang media penunjang promosi yaitu Company Profile.b.. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.c. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan serta mampu menerapkan ilmu yang didapat secara teoritis dalam perkuliahan. 2. Manfaat bagi perusahaan :
a. Sebagai penunjang informasi dan promosi terhadap relasi dan memperlihatkan media Company Profile pada saat rapat untuk melakukan sebuah kerja sama dengan klien.b. Meningkatkan citra dan sebagai aset perusahaan.c. Memberikan informasi tentang perusahaan yang lebih terperinci sehingga konsumen atau relasi PT Swadharma Sarana Informatika lebih meyakinkan untuk terus menjadi relasi atau konsumen tetap.==1.5. Metode Penelitian==Metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Metode Analisa Permasalahan, Metode Pengumpulan Data, Metode Analisa Perancangan Media, dan Metode Konsep Desain.===1 Analisa Permasalahan===Untuk mendapatkan permasalahan penelitian skripsi ini penulis melakukan wawancara pada hari senin tanggal 3 November 2014 pada bagian Ass. Manager Pengawasan bapak Wahyu Savitri Syahrizal.===2 Pengumpulan Data===a. Observasi Penulis melakukan metode observasi untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam proses penyusunan laporan penelitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung.b. Interview (wawancara)Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara langsung atau tanya jawab secara lisan dengan narasumber atau stakeholder yaitu pada bagian Ass. Manager Pengawasan bapak Wahyu Savitri Syahrizal yang terlibat langsung dalam materi pembahasan ini.c. Studi PustakaMateri-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber, yaitu membaca buku-buku, jurnal, dan media tertulis lain yang berhubungan dengan topik penelitian.===3 Analisa Perancangan ===Media Company Profile yang dibutuhkan oleh PT Swadharma Sarana Informatika akan diproduksi dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis diantaranya: Adobe Photoshop, dan CorelDRAW x5.===4 Konsep Design===Konsep desain yang digunakan penulis dalam penelitian skripsi ini akan menyampaikan: a. Perencanaan media;b. Perencanaan pesan;c. Perencanaan visual .==1.6. Sistematika Penulisan==Penulisan terbagi menjadi lima bab dan setiap bab terbagi dalam subab-subab dengan urutan pembahasan sebagai berikut:BAB I PENDAHULUANDalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian serta Sistematika Penulisan.BAB II LANDASAN TEORIDalam bab ini penulis menjelaskan konsep-konsep dasar yang akan mendasari laporan penelitian skripsi yang penulis ajukan.BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITIBab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan yaitu, mengenai Sejarah, Product Information, Market Analisis, Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective dan Marketing Strategy.BAB IV KONSEP DESAIN Berisi perencanaan (konsep media), strategi media, program media, konsep kreatif yang meliputi tujuan kreatif dan strategi kreatif, konsep visual, (tujuan visual, strategi visual, pengarahaan visualisasi dan designing).BAB V PENUTUPBab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.
=BAB II====LANDASAN TEORI===
==2.1 Konsep Dasar Perancangan=====2.1.1 Pengertian Perancangan===Perancangan adalah suatu kegiatan membuat desain teknis berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan pada kegiatan analisis. Perancangan merupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain. Perancangan adalah wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa perancangan adalah tahap pembuatan suatu bentuk visual yang telah direncanakan sebelumnya.===2.1.2 Proses Perancangan Secara Umum===1. Persiapan Data Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu kita seleksi. Kita harus menentukan apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, disamarkan atau dibuang sama sekali. Data juga dapat berupa data informatif yaitu berupa foto, teks dan judul, serta data estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis, garis atau bidang.2. IdeUntuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.3. KonsepHasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.4. MediaUntuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dan lain -lain.5. VisualisasiMenentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.6. ProduksiSetelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.===2.1.3 Pengertian Project ===Project adalah susunan klip video, gambar, atau musik di timeline atau storyboard yang sedang dalam pengeditan.==2.2 Konsep Dasar Promosii=====2.2.1 Pengertian Promosi===Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Pentingnya promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis cantik di kejauhan. Tak seorang pun yang tahu apa yang dilakukan pria tersebut, selain dirinya sendiri.Promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu pemasaran. Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa promosi adalah salah satu kegiatan yang dapat menentukan keberhasilan suatu program pemasaran.===2.2.2 Tujuan Promosi===Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi, membujuk serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasaran.===2.2.3 Bentuk Promosi ===Meskipun secara umum bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebut dapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khususnya. Beberapa tugas khusus itu sering disebut bentuk promosi, antara lain:1. Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membelinya.2. Mass Selling adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling namun merupakan alternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.3. Promosi Penjualan adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.4. Public Relations (hubungan masyarakat) adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.5. Direct Marketing adalah system pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi.==2.3 Konsep Dasar Informasi=====2.3.1 Pengertian Data===Data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai. Menurut Loudon, K.C. dalam buku Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi (2008:8) data adalah deretan fakta-fakta yang menggambarkan kejadian dalam organisasi lingkungan fisik sebelum diorganisasi dan diatur kedalam bentuk yang dapat dimengerti dan digunakan orang.Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau item. Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkan adanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Berikut ini adalah berbagai macam jenis-jenis atau bettuk data :1. Teks, adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing item secara individual misalnya, artikel koran, majalah dan lain-lain.2. Data yang terformat, adalah data dengan suatu format tertentu, misalnya data yang menyatakan tanggal atau jam, dan nilai mata uang.3. Citra (image), adalah data dalam bentuk gambar, citra dapat berupa, grafik, foto, hasil ronsten, dan tanda tangan.Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa data adalah sumber informasi yang menggambarkan suatu kejadian berdasarkan fakta-fakta yang ada.===2.3.2 Pengertian Informasi===Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan.Informasi adalah data yang telah diproses atau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya dan dapat dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya.Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimannya, informasi disebut juga data yang diproses atau data yang memiliki arti.Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa informasi adalah data yang telah diolah dan memiliki makna atau arti serta manfaat bagi penerimanya.===2.3.3 Nilai Informasi===Nilai dari informasi (value of information) ditentukan oleh dua hal yaitu, manfaat dan biaya pendapatannya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan biaya mendapatkannya. Sulit untuk menggabungkan suatu bagian informasi pada suatu masalah yang tertentu dengan biaya memperolehnya, karena sebagian besar informasi dipakai banyak pihak dalam perusahaan. Informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dengan nilai uang, tetapi dapat ditaksir dengan nilai efektifnya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.Parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi (value of information) ditentukan dari dua hal pokok yaitu manfaat (benefit) dan biaya (cost). Namun, dalam kenyataannya informasi yang biaya untuk mendapatkannya tinggi belum tentu memiliki manfaat yang tinggi pula. Suatu informasi dikatakan bernilai jika manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya.==2.4 Konsep Dasar Media=====2.4.1 Pengertian Media===Media adalah saluran penyampaian pesan komersial kepada khalayak sasaran. Media tersebut dapat berupa surat kabar, majalah, televisi, radio, internet, buku profil, media luar ruang, iklan transit dan direct mail. Pemilihan setiap media dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ciri produk, jenis pesan, pasar sasaran, luas dan jenis distribusi, anggaran, strategi iklan pesaing, serta keunggulan dan kekurangan media itu sendiri. Selain itu pemilihan media juga tergantung pada tujuan pengiklanan, yang merupakan pintu gerbang dari seluruh kegiatan dalam program pengiklanan.Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto.Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertian media yang diberikan AECT (Association for Education Communication and Technology) ini menunjukkan bahwa istilah “media” memiliki makna yang sangat umum, ini disebabkan kata “segala bentuk” yang terdapat dalam pengertian tersebut memberikan makna bahwa yang disebut media tidak terbatas pada satu jenis media tertentu.Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa media adalah sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi dan kegiatan promosi.===2.4.2 Alternatif Media===Secara umum media yang tersedia dapat dikelompokan menjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang, media dalam ruang, media lini atas dan media lini bawah.1. Media CetakYaitu media yang statis dan mengutamakan pesan-pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Jenis-jenis media cetak terdiri atas surat kabar, buku profil, majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.2. Media ElektronikMedia elektronik, yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship, iklan partisipasi (disisipkan ditengah-tengah film atau acara), pengumuman acara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronik terdiri atas: televisi, radio dan internet.3. Media Luar ruanganMedia luar ruangan (outdoor), yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis, gedung, pagar tembok dan sebagainya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi: billboard, baliho, poster, spanduk umbul-umbul, transit (panel bis), balon raksasa, dan lain-lain.4. Media Dalam RuanganMedia dalam ruangan (indoor), yaitu media iklan (biasanya berukuran kecil) yang dipasang disuatu ruangan, gedung atau toko-toko lainnya. Jenis-jenis media dalam ruangan meliputi: poster, sticker, katalog, etalase, hanging design, point of purchase, floor stand dan lain-lain. 5. Media Lini AtasMedia lini atas, yaitu media utama dalam langkah berpromosi. Hal ini dilakukan untuk menjangkau target audience secara menyeluruh. Media lini atas terdiri dari media yang berkaitan dengan media cetak dan media elektronik.6. Media Lini BawahMedia lini bawah, yaitu media penunjang dalam berpromosi. Bertujuan sebagai alternatif dalam berpromosi yang sifatnya kontinyu.==2.5 Konsep Dasar Desain=====2.5.1 Definisi Desain===Desain merupakan art direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternatif desain, hingga final artwork (FAW).Pada dasarnya, desain adalah salah satu manivestasi kebudayaan yang berwujud produk dari nilai-nilai yang berlaku pada kurun waktu tertentu. Sebagai produk kebudayaan, ia terkait dengan sistem ekonomi dan sosial. Disamping itu desain bersahabat dengan sistem nilai yang bersifat abstrak dan spiritual. Desain sangat akrab dengan kehidupan manusia adalah suatu kenyataan yang universal keberadaannya tidak dapat dipisahkan dengan sejarah manusia, karena desain adalah satu upaya manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya.===2.5.2 Fungsi-Fungsi Desain===Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.1. Fungsi InformasiDesain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.2. Fungsi identifikasiDesain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.3. Fungsi PersuasiDesain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.===2.5.3 Pengertian Grafis===Grafis dalam istilah bahasa Inggris disebut Graphic diartikan sebagai goresan yang berupa titik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak. Desain Grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam wujud gambar.Dalam proses mendesain ini seorang desainer dapat mempergunakan peralatan manual seperti kuas atau dengan teknologi komputer. Desain grafis komputer dapat diartikan sebagai upaya untuk mengalihkan gagasan kepada orang lain dalam wujud gambar yang dibuat menggunakan bantuan teknologi komputer. Seni grafis adalah sejenis karya seni murni yang umumnya memiliki dwimatra, merupakan hasil kerja diatas kertas, lempengan batu, logam, kayu, lembar sablon atau lainnya dimana pada permukaannya seseorang telah mengungkapkan gagasan dan cita rasa seninya dalam bentuk goresan, torehan, cukilan, guratan, sapuan, dan sebagainya.===2.5.4 Unsur-unsur Desain Grafis===Ada beberapa unsur visual yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mendesain. Ibarat ingin menjadi juru masak, Anda perlu mengenal bahan dan bumbu masakan kemudian tahu cara meramu dan mengolahnya menjadi sajian makanan yang lezat dan bisa dinikmati oleh orang banyak. Belajar desain komunikasi visual terlebih dahulu perlu mengenal materi-materi dasar dan tahu cara penataannya sehingga dapat menghasilkan komposisi desain yang harmonis, menarik, komunikatif, dan menyenangkan pembaca.Elemen-elemen desain berikut sebenarnya sudah tidak asing lagi di mata kita, hampir setiap hari kita jumpai, dan telah banyak diuraikan dalam buku-buku seni rupa, yaitu:1. Garis (line)Secara sederhana, garis dapat dimaknai sebagai jejak dari suatu benda. Ketika Anda menggoreskan alat tulis atau menggerakkan mouse computer, dan gerakan itu meninggalkan jejak, maka jejak tersebut bisa disebut garis. Garis tidak memiliki kedalaman (depth), hanya memiliki ketebalan dan panjang. Oleh karena itu, garis disebut elemen suatu dimensi.2. Bidang (shape)Elemen grafis yang kedua adalah bidang (shape). Segala bentuk apa pun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar disebut bidang. Bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris (lingkaran, segitiga, segiempat, elips, setengah lingkaran, dan sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan. Bidang geometris memiliki kesan formal. Sebaliknya, bidang-bidang non-geometris atau bidang tak beraturan memiliki kesan tidak formal, santai dan dinamis.3. Warna (color)Salah satu elemen visual yang dapat dengan mudah menarik perhatian pembaca adalah warna. Betapa sepinya dunia desain grafis tanpa kehadiran warna. Namun demikian, Anda perlu hati-hati dalam penggunaan warna. Apabila pemakaian warna kurang tepat maka dapat merusak citra, mengurangi nilai keterbacaan, dan bahkan dapat menghilangkan gairah baca. Jika Anda dapat menggunakan dengan tepat, warna dapat membantu menciptakan mood dan membuat teks lebih berbicara. Sebagai contoh, desain publikasi yang menggunakan warna-warna soft dapat menyampaikan kesan lembut, tenang dan romantik. Warna-warna kuat dan kontras dapat memberi kesan dinamis, cenderung meriah.4. Gelap-terang (value)Perbedaan nilai gelap-terang dalam desain grafis disebut value. Salah satu cara untuk menciptakan kemudahan baca adalah dengan menyusun unsur-unsur visual secara kontras gelap-terang. Kontras value bersifat relatif, sangat dipengaruhi oleh background dan elemen-elemen lain disekitarnya. Kontras value dalam desain komunikasi visual dapat digunakan untuk menonjolkan pesan atau informasi, sekaligus menciptakan citra. Penggunaan warna-warna yang kurang kontras (low contrast value) dapat menciptakan kesan kalem, damai, statis, dan tenang. Sebaliknya, komposisi warna-warna kontras (high contrast value) memberikan kesan dinamis, enerjik, riang, dramatis, dan bergairah. Kontras value dapat kalian buat dengan memadukan warna-warna terang (putih, kuning, hijau muda, dan lain-lain) dengan warna-warna gelap (hitam, ungu, biru tua, dan lain-lain).5. Tekstur (texture)Tekstur adalah nilai raba atau halus-kasarnya suatu permukaan benda. Jika pembaca meraba batu candi, dapat dirasakan adanya tekstur kasar. Hal ini berbeda dengan meraba permukaan kaca yang memiliki tekstur halus.Permukaan pohon yang kasar dan permukaan kaca yang halus, keduanya dapat disebut tekstur nyata. Di komputer tersedia berbagai image tekstur, halus, dan kasar, yang dapat digunakan untuk menciptakan citra tertentu.Dalam seni rupa, khususnya desain grafis, tekstur dapat bersifat nyata dan dapat pula tidak nyata (tekstur semu). Karya-karya desain grafis umumnya dicetak di atas kertas halus, seperti HVS, art paper, ivory, dan lain-lain. Memang ada beberapa barang cetakan yang menggunakan media bertekstur kasar, tetapi sangat jarang. Tekstur kasar hanya digunakan untuk desain-desain special.6. FormatBesar-kecilnya elemen visual perlu Anda perhitungkan secara cermat sehingga desain komunikasi visual memiliki nilai kemudahan baca (legability) yang tinggi. Langkah pertama untuk mempermudah penyusunan elemen-elemen desain adalah dengan membuat skala prioritas (visual hierarchy). Tulis semua informasi yang akan Anda sampaikan. Urutkan dari atas, mulai dari informasi yang paling penting, agak penting, kurang penting, sampai ke elemen yang paling tidak penting. Hal ini seolah-olah Anda hendak menyarankan pada pembaca informasi mana yang perlu didahulukan untuk dibaca. Informasi yang dianggap paling penting, baik verbal maupun visual, perlu ditonjolkan dengan ukuran lebih besar dan mencolok. Demikian pula warna, bentuk, dan posisinya. Secara visual perlu dibuat kontras dan menonjol sehingga menjadi focal point.===2.5.5 Prinsip-Prinsip Desain Grafis===Penerapan prinsip-prinsip desain dapat dijelaskan sebagai berikut:1. Keseimbangan (Balance)Kesan seimbang atau balance dapat dibangun menggunakan elemen garis, warna, value, ukuran, bidang, dan tekstur.2. Tekanan (emphasis)Penekanan bisa pada ilustrasi, logo, judul, slogan, atau elemen lainnya yang dianggap paling penting dan mendesak untuk disampaikan. Penekanan elemen desain bisa diciptakan dengan beberapa cara, antara lain:a. Kontras antara background dengan ilustrasi atau teks.b. Kontras warna dan kontras value (gelap-terang).c. Kontras ukuran, jenis, warna dan style huruf.d. Ilustrasi dibuat besar atau menonjol.e. Menggunakan bidang kosong (white space) untuk memunculkan elemen yang ingin dibaca pertama kali.f. Irama (rythm), irama atau ritmik adalah cara penyusunan elemen-elemen grafis dalam satu layout.3. Kesatuan (Unity)Elemen pemersatu bisa berupa warna, garis, jenis huruf, bentuk bidang, dan sebagainya.===2.5.6 Definisi Tiphografi===Tipografi (typography) adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-font komputer, kita akan leluasa memilih jenis font yang diinginkan. Namun memilih font adalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia.Cara memilih dan mengelola huruf dalam desain grafis sudah menjadi disiplin ilmu tersendiri, disebut Tipografi (typography). Sejarah tipografi dapat dikatakan seumur dengan sejarah seni mencetak buku. Tipografi berasal dari kata Yunani tupos (yang diguratkan) dan graphoo (tulisan). Dulu tipografi hanya diartikan sebagai ilmu cetak-mencetak. Orang yang memiliki keahlian mencetak disebut tipografer. Dalam perkembangannya, istilah tipografi lebih dikaitkan dengan gaya atau model huruf cetak. Bahkan saat ini pengertian tipografi sudah berkembang lebih luas lagi, yaitu mengarah pada disiplin ilmu yang mempelajari spesifikasi dan karakteristik huruf, bagaimana memilih dan mengelola huruf untuk tujuan-tujuan tertentu.===2.5.7 Definisi Tentang Psikologi Warna===1. Pengertian WarnaSecara obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga, kuning, ungu).Jenis warna yang demikian disebut Spectrum atau warna cahaya. Secara Subyektif warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.2. Teori WarnaSecara garis besar dikenal adanya 2 dasar teori tentang warna:a. Prang system.b. Munsell system.Menurut teori Prang system, warna dapat dibagi berdasarkan:1) HUE (nama warna): panas atau dinginnya warnaa. Menunjukkan nama-nama warna : merah, biru, hijau.b. Perbedaan warna adalah perbedaan HUE.c. Bila hijau menjadi kebiruan dapat dikatakan berubah HUE nya.2) VALUE: Terang atau gelapnya warna.3) INTENSITY: Cerah atau suramnya warna.1. Jenis atau Bentuk Warnaa. Warna PrimerWarna primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna: kuat dan kontras. b. Warna sekunderWarna-warna yang merupakan hasil pencampuran 2 warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan 3 warna pula, yaitu jingga, (merah + kuning), hijau (kuning + biru), dan ungu (merah + biru).c. Warna QuarterWarna yang merupakan hasil percampuran 2 warna tersier, yaitu coklat jingga adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijau adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat biru.d. Warna tersierWarna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna-warna sekunder yang menghasilkan 3 warna, yaitu orange-jingga, orange-hijau, dan hijau-jingga.e. Warna ComplementerDua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning, merah dan hijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warna ini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinya dapat bergerak.2. Makna Simbolik Warnaa. Warna Merah : semangat, keberanian, amarah, bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan.b. Warna Kuning : kegembiraan, keceriaan, kecemerlangan, keagungan, ciptaan.c. Warna Kuning Emas : kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemulyaan, kekuatan spiritual.d. Warna Hijau : pertumbuhan, kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian.e. Warna Biru: Kebenaran, keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati.f. Warna Putih: Kesucian, kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.g. Warna Hitam: Ketabahan, kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan.h. Warna Abu-abu: Ketaatan, rendah hati, kesholihan, modern.i. Warna Orange: Kemajuan, semangat, perkembangan, Energi.j. Warna Violet: Kemulyaan, kebesaran jiwa, kelembutan.k. Indigo: Ilmu pengetahuan, kemapanan, kedewasaan.===2.5.8 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk===Simbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure, sosok suatu objek terungkap dalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.===2.5.9 Pengertian Mutu===Mutu adalah kemampuan (ability) yang dimiliki oleh suatu produk atau jasa (service) yang dapat memenuhi kebutuhan atau harapan, kepuasan (satisfaction), pelanggan (costumer) yang dalam pendidikan dikelompokkan menjadi dua, yaitu internal costumer dan eksternal.===2.5.10 Devinisi Citra atau Image===Citra atau Image adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen, dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.===2.5.11 Devinisi layout=== 1. Pengertian LayoutLayout arti katanya secara bahasa adalah Tata letak. Menurut salah satu teorinya, layout adalah usaha untuk menyusun, menata atau memadukan unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, table, dll) menjadi komunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik.Pada dasarnya layout dapat dijabarkan sebagai tata letak elemen-elemen desain terhadap suatu bidang dalam media tertentu untuk mendukung konsep/pesan yang dibawanya. Me-Layout adalah salah satu proses/tahapan kerja dalam desain. Dapat dikatakan bahwa desain merupakan arsiteknya, sedangkan layout pekerjaannya. Namun definisi layout dalam perkembangannya sudah sangat meluas dan melebur dengan definisi desain itu sendiri, sehingga banyak orang mengatakan bahwa me-layout itu sama dengan mendesain.2. Jenis-Jenis Layouta. Layout KasarAdalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak sinopsis, gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout kasar ini dibuat hitam putih dengan menggunakan coretan atau sketsa pensil gambar yang dibuat secara manual.b. Layout KomprehensifAdalah suatu gambar yang sudah mendekati komposisi final, dalam hal ini komposisi gambar yang pada umumnya disajikan dalam bentuk warna.c. Final ArtworkMerupakan tahap desain yang sudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnya yaitu layout kasar dan layout komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan dengan beberapa kali revisi selama proses desain.===2.5.12 Elemen atau unsur dasar desain=== Dalam bentuk geometris dan organis, sebagai berikut:1. Elemen Konseptual (element basic visual: elemen bentuk) yang terdiri dari:a. Titik (Dot point)b. Garis (Line)c. Bidang (Plane)d. Volume2. Elemen Visual ( karakteristik basic visual: karakteristik bentuk ) yang terdiri dari:a.Ukuranb. Shapec. Warna; Value (nada) & Color (warna); toned. Teksture3. Elemen Relasional terbagi menjadi 2 diantaranya:a. Interaksi basic visual: interaksi bentuk yang terdiri dari:1. Posisi2. Arah3. Space4. Gravityb. Elemen interaksi komposisional yang terdiri dari:1. Depth2. Perspektif===2.5.13 Teori Desain Komunikasi Visual=== Desain grafis belakangan lebih sering disebut “Desain Komunikasi Visual” (DKV) karena memiliki peran mengomunikasikan pesan atau informasi kepada pembaca dengan berbagai kekuatan visual, seperti tipografi, ilustrasi warna, garis, layout dan sebagainya dengan bantuan teknologi. Dalam beberapa kasus, istilah DKV dianggap lebih dapa menampung perkembangan desain grafis yang semakin luas, tidak terbatas dengan penggunaan pada penggunaann unsur-unsur grafis (visual).Meski demikian, istilah Desain Grafis (Graphic Design) masih sering digunakan. DKV dikategorikan sebagai Commercial Art karena merupakan paduan antara seni rupa (Visual Art) dan keterampilan komunikasi untuk tujuan bisnis. Ketatnya tujuan bisnis dibidang industri barang dan jasa, ditambah perkembangan teknologi dan komunikasi, menjadikan DKV berkembang pesat.Tidak dapat dihindari, karya-karya desain karya komunikasi visual saat ini sudah merampok sebagian waktu dan perhatian manusia. Setiap hari mata kita “dipaksa” untuk melihat iklan. Ketika membuka halaman majalah, surat kabar, internet, atau menghidupkan televisi, mata kita segera disergap iklan. Saat melintas di jalan raya, kita pun selalu dikepung media outdoor berupa poster, billboard, spanduk, baliho, banner, papan nama, signboard, dan bentuk-bentuk iklan lainnya. Di ruangan kantor, mata kita masih dijejali brosur, katalog, kop surat, kartu nama, kalender, dan barang cetak lainnya.Tidak berhenti sampai disitu, iklan cetak berupa leaflet atau brosur bahkan sering dibagikan di traffic-light saat lampu merah, disebar di perumahan, di pusat perbelanjaan, dan di tempat-tempat publik lainnya. Semua media iklan tersebut berusaha keras merebut perhatian konsumen dengan menggunakan elemen-elemen visual, seperti logo, ilustrasi, tipografi, dan warna.Maraknya karya-karya desain komunikasi visual menuntut desainer untuk lebih kreatif. Desain yang “biasa-biasa saja” dapat dipastikan kalah bersaing dan kurang diperhatikan pembaca. Desainer kini semakin dituntut mampu memunculkan gagasan-gagasan besar, ide-ide segar yang tidak terduga.===2.5.14 Definisi Company rofile===Company Profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan suatu image atau citra dari perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan relasi perusahaan, lembaga dan instansi terkait lainnya. Company Profile tersebut sebagai aset perusahaan yang dipegang dan dimiliki oleh setiap perusahaan atau lembaga. Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi dan kerjasama dalam lingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkait lainnya di luar lingkungan perusahaan tersebut.Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa Company Profile adalah aset suatu lembaga atau perusahaan yang digunakan untuk meningkatkan citra dan sebagai tanda pengenal untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lain.==2.6 Program Aplikasi Penunjang Desain==1. Corel Draw X5Pengertian Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.Berikut akan dijelaskan tentang perbedaan keduanya agar anda dapat menentukan tipe grafik yang akan digunakan dalam mengolah foto:a. Obyek VektorObyek vektor tersusun dari sekumpulan garis, kurva dan bidang tertentu sehingga membentuk suatu gambar. Gambar vektor terbentuk oleh fill dan stroke, oleh karena itu gambar vektor sama sekali tidak terpengaruh oleh resolusi. Kondisi gambar vektor tetap tajam saat dicetak. Gambar vektor mempunyai keunggulan warna yang solid sehingga sangatlah cocok untuk bentuk-bentuk logo yang sederhana. Selain itu obyek vektor tidak akan pecah jika anda melakukan pengaturan ukuran. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk memindah, mengatur ulang ukurannya atau mengganti warnanya tanpa menurunkan kualitas.b. Obyek Bitmap Gambar bitmap terdiri dari titik-titik yang sering disebut dengan pixel. Pixel tersusun secara terstruktur pada bidang tertentu. Setiap pixel mempunyai warna-warna tertentu yang akhirnya dapat membentuk pola tertentu dan menjadi sebuah gambar. Semakin tinggi resolusi suatu gambar maka semakin solid atau halus gambar tersebut. Akibatnya semakin tinggi resolusi mengakibatkan ukuran file juga semakin besar. Image bitmap cocok untuk mereproduksi gradasi warna yang halus seperti gradasi warna didalam fotografi. Tepi image bitmap dapat pecah (tidak rapi) apabila diperbesar tampilannya atau apabila image bitmap tersebut dicetak dengan resolusi yang lebih rendah dari aslinya. Dengan mengetahui karakteristik dari dua tipe grafik diatas, tentunya akan memudahkan dalam melakukan manipulasi image menggunakan program Corel Draw X5.2. Adobe Photoshop CCAdobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk mengolah foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto.==2.7 Elisitasi==Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu:==2.7.1 Elisitasi Tahap I==Berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.==2.7.2 Elisitasi Tahap II==Merupakan hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.Berikut penjelasan mengenai MDI:1. M pada MDI berarti Mandatory (penting). Maksudnya, requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.2. D pada MDI berarti Desirable. Maksudnya, requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement tesebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistem tersebut lebih sempurna.3. I pada MDI berarti Inessential, Maksudnya, requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas, tetapi bagian dari luar sistem==2.7.3 Elisitasi Tahap III==Merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu:1. T artinya Teknikal, bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement dalam sistem yang diusulkan?2. O artinya Operasional, bagaimana tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan?3. E artinya Ekonomi, berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem?Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option yaitu:a. High (H): sulit untuk dikerjakan, karena teknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi.b. Middle (M): Mampu untuk dikerjakan.c. Low (L): Mudah untuk dikerjakan.==2.7.4 Final draft elisitasi==Merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.==2.8 Literature Review==Berdasarkan studi pustaka pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja. Maka penulis melakukan literature review terhadap penelitian-penelitian sebelumnya sebagai berikut:1. Perancangan Media visual company profil berbentuk magazine sebagai penunjang informasi dan promosi di klinik usada nugraha kabupaten tangerang yang di susun oleh eko siswanto putra. Saat ini media promosi seperti apa yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat atau pelaku bisnis yang dapat mengkomunikasikan usada nugraha baik dan menarik, kepada khalayak sehingga informasi yang dihasilkan dapat menjadi nilai tambah, nilai jual serta mengharumkan nama baik klini, sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah, maka diperlukan sebuah perancangan media promosi berupa Company Profile berbentuk magazine atau booklet yang efektif.2 Perancangan media company profile sekolah sebagai sarana informasi untuk meningkatkan efektifitas promosi pada SMK kesehatan Nusa Husada Tangerang ynng disusun oleh Ridho Amanilah. Media informasi dan promosi yang ada di SMK Kesehatan Nusa Husada Tangerang harus bervariasi dan semakin ditingkatkan, sehingga proses sosialisasi kepada khalayak dapat lebih mudah, efisien dan efektif.3. Perancangan media company profile sebagai penunjang informasi dan promosi pada PT Pos Indonesia (persero) Tangerang 15000 yang di susun oleh M. Arief Hidayat. Media promosi merupakan sarana yang sangat penting dalam penyampaian informasi yang lengkap dan terperinci mengenai PT Pos Indonesia (persero) Tangerang 15000. Mulai dari Sejarah mutu kualitas, fasilitas sampai dengan kelebihan yang terdapat pada PT Pos Indonesia (persero) Tangerang 15000. Dalam hal ini akan dirancang sebuah media Company Profile dalam suatu desain grafis yang dikemas dalam bentuk booklet yang setiap saat dipergunakan oleh pihak pemasaran.4. Perancangan media Company Profile sebagai penunjang informasi dalam meningkatkan efektifitas program pemasaran pada hotel narita tangerang yang disusun oleh Martini Jayanti. Media informasi dan promosi yang ada di SMK Kesehatan Nusa Husada Tangerang harus bervariasi dan semakin ditingkatkan, sehingga proses sosialisasi kepada khalayak dapat lebih mudah, efisien dan efektif.5. Perancngan buku company profile sebagai penunjang media promosi dan informasipada CV Nani Budi Wedding Organizer yang disusun oleh Dede Hermawan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode : Analisa masalah, Pengumpulan data, Analisa perancangan media, Konsep desain.
=
BAB III
=
GAMBARAN OBJECT YANG DITELITI
==3.1. Sejarah Singkkat==
<p style="line-height: 2"> Perjalanan PT Swadharma Sarana Informatia di mulai pada tahun 1996, dan kehadirannya dimaksudan untuk memberikan dukungan pelayanan prima dalam pengelolaan sarana teknologi komputer.</p>
<p style="line-height: 2"> Dalam perkembangannya PT Swadharma Sarana Informatika semakin tumbuh dan terus meningkatkan profesionalismenya sejalan dengan perubahan teknologi da bisnis pada umumnya khususnya di sektor perbankan, Sejalan dengan meningkatnya kepercayaan dari pelanggan/mitra usaha dan dengan didukung sumber daya manusia yang handal PT. Swadharma sarana Informatika telah memiliki jaringan kantor terbesar diseluruh indonesia.</p>
div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> PT Swadharma Sarana Informatika yang berpusat di Graha Manggala Pakarti gedung B lantai 1 Jl. Arteri jorr Jatiwarna adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan perawatan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) secara berkala (Preventive maintenance), pengisian kas ATM (ATM cash Replenishment), pemasangan atau instalasi mesin ATM, pengadaan kebutuhan supplies komputer, pengadaan kebutuhan perangkat keras ATM, pemasangan dan perbaikan grounding pelistrikan, pemasangan atau instalasi jaringan kabel data atau LAN (Local Area Network) dan jasa konsultasi untuk IT management.</p>
==3.2. Sruktur Organisasi=====3.2.1 Wewenang dan Tanggung Jawab===
<p style="line-height: 2">Salah satu alat manajemen untuk mencapai suatu tujuan organisai adalah terciptanya suatu struktur organisasi yang baik dan tepat. Pembentukan struktur organisasi ini harus sesuai dengan pembagian wewenang dan tanggung jawab setiap individu, sehingga dapat tercipta kerjasama yang baik antar setiap pegawai, baik bawahan maupun atasan.</p>
<p style="line-height: 2">Struktur organisasi sangat berpengaruh antara bagian yang satu dengan bagian yang lain dalam suatu kelompok kerjasama untuk mencapai tujuan yang sama. Oleh karena itu struktur pengorganisasian dibuat agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai, untuk memperjelas tugas dari masing-masing bagian, maka diperlukan bagian organisasi yang menunjukan hubungan-hubungan dalam struktur berdasarkan wewenang yang sah.</p>
<p style="line-height: 2">Berikut ini adalah penjelasan mengenai wewenang dan tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada PT. Swadharma sarana Informatika:</p>
1. Manager Sentra KasMempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Merumuskan dan mengkoordinir schedul pnngisian ATM bank yg di kelola setiap harinya.b. Menetapkan target yang haruus didapat setiap bulannya serta alokasi anggaran biaya.c. Menjaga dan memelihara asset Perusahaan yang berada di sentra kas yang dikelolanya dalam lingkup tanggung jawabnya.d. Memberikan bimbingan dan pengarahan kepada karyawannya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.e. Mengelola sumber daya di kantornya sesuai dengan ketentuan Perusahaan yang berlaku.2. Wakil Manager Sentra KasMempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Merumuskan dan mengkoordinir schedul pnngisian ATM bank yg di kelola setiap harinya.b. Menetapkan pengaturan pelaksanaan kegiatan operasional pada hari libur berdasarkan ketentuan Kantor Pusat;c. Mengevaluasi secara berkala proses operasi dan kinerja operasi meliputi pengelolaan jaringan tertier.d. Mengevaluasi pelaksanaan program kerja, dan anggaran biaya di bidangnya.e. Mewakili kepala kantor untuk kegiatan eksternal.f. Membuat dan menyampaikan laporan di bidangnya kepada kepala kantor pos dan unit kerja terkait.3. Admin SchedullerMempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Memantau schedul yang sudah dibuat manager dan wakil manager sentra kas. b. Mengarahan restocker pada ATM yang harus segera di isi ulang saldonya.c. Mengarahkan FLM (First Level Maintenace) kepada ATM yang bermasalah agar segera mendapat penanganan.d. Mengkonfirmasi kepada pihak bank atas kejadian atau kedala apa saja yang terjadi kepada ATM kelolaanya.e. Memonitor kinerja FLM dan restocker.f. Merumuskan dan menyampaikan laporan di bagiannya kepada Manager atau wakil manager sentra kas.4. Admin Sentra KasMempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Membuat laporan program kerja, dan anggaran biaya setiap harinya. b. Membuat laporan berita acara pengisian ATM setiap harinya yang akan dikirim kepada bank-bank yang bekerja sama.c. Membuat laporan bulanan yang akan dikirim kepada pihak bank-bank yang dilekola sebagai hasil kerja sentra kas stiap bulannya.d. Mengelola keuangan sentra kas.e. Membuat pembukuan setiap bank yang dikelola sentra kas.f. Melakukan penelitian pada ATM yang bermasalah.g. Melakukan penelitian pada setiap komplenan yang datang dari piha bank.5. RestockerMempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Menjalankan schedul pengisian ATM yang sudah di buat.b. Membuat laporan pengisian ATM.c. Bertanggung jawab penuh atas schedul yang di berikan. d. Melakukan pengisian ATM sesuai schedul yang diberikan.6. FLM ( First Level Maintenace )Mempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Menerima printah perbaikan ATM dari arahan scheduller.b. Melakukan perbaikan ATM yang bermasalah.c. Melakukan perawatan ATM yang dikelola.d. Membuat laporan perbaikan ATM yang dilakukan.7. Kasir Sentra KasMempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Membutan pembukuan manual setiap bank yang dikeola.b. Menyiapkan pengisian yang akan di bawa restocker.c. Menghitung sisa pengisian ATM yang dibawa restokerd. Menghitung dan menyortir uang yang di terima dari bank.8. PamrestockMempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Mengawasi pengisian ATM.b. Mengawasi pebaikan ATM jika harus membuka berangkas ATM.c. Menjaga keamanan saat pengisian dan perbaikan ATM.9. SecurityMempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:a. Menjaga keaman kantor atau sentra kas.b. Mencatan kegiatan stocker yang bertugas sesuai wilayah.c. Membuatan catatan dan laporan absen manual POLDA dan POLRES yang datang bertugas.d. Membuat laporan kerja security setiap harinya.==3.3. Produk Informasi=====3.3.1. Produk===
<p style="line-height: 2">Media Company Profile berfungsi sebagai salah satu media komunikasi dalam bentuk visual, yang umumnya Company Profile adalah media informasi yang berupa buku, biasanya dipakai perusahaan untuk menunjukkan citra/image perusahaan tersebut, dan untuk presentasi dalam mencari mitra kerja. Company Profile berisikan seluruh informasi perusahaan mulai dari sejarah, visi misi, produk, dan lainnya.</p>
<p style="line-height: 2"></p>Media tersebut memiliki kelebihan yaitu, sebagai alat marketing untuk memperoleh klien, dan disetiap manfaat dan kegunaannya nanti dipengaruhi oleh bentuk desain dan kelengkapan data. Sehingga pada dasarnya company profile yang menariklah yang akan banyak menarik perhatian pengunjung/klien, baik menarik dari segi image maupun tulisan. Oleh karena keunggulan diataslah media promosi melalui Company Profile menjadi prioritas perusahaan-perusahaan dalam melakukan promosi untuk memperoleh klien baru. Namun, dari media Company Profile juga mempunyai kekurangan yaitu, mudah rusak/hilang, perusahaan harus mencetak Company Profile terlebih dahulu sebelum rapat dengan klien.
===3.3.2. Latar Belakang Produk===
<p style="line-height: 2">Pada saat ini media informasi yang digunakan oleh PT Swadharma Sarana Informatika sebagai promosi perusahaan yaitu, berupa website dan melakukan presentasi ke klien secara lisan.</p>
===3.3.3. Latar Belakang Produk===
<p style="line-height: 2">Agar lebih lengkap dan menarik perhatian serta dapat membangun image atau citra PT Swadharma Sarana Informatika, maka dirancanglah sebuah media promosi dan informasi dalam bentuk desain komunikasi visual yang menarik, hasil karya media tersebut dirancang untuk memberikan nilai lebih pada saat penyusunan strategi pemasaran. Maksud dari strategi tersebut dapat didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan dalam mengimplementasikan promosinya.</p>
===3.3.4. Material Produk===
<p style="line-height: 2">Dalam karyanya penulis menggunakan produk berupa Media Komunikasi Visual yang didalamnya terdapat media sebagai berikut:</p>
===3.3.5. Spesifikasi Produk===
<p style="line-height: 2">Agar lebih lengkap dan menarik perhatian serta dapat membangun image atau citra PT Swadharma Sarana Informatika, maka dirancanglah sebuah media promosi dalam bentuk desain komunikasi visual yang menarik, hasil karya media tersebut dirancang untuk memberikan nilai lebih pada saat penyusunan strategi pemasaran. Maksud dari strategi tersebut dapat didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan dalam mengimplementasikan promosinya. Di dalam proses pembuatanya terdapat manfaat, kelebihan dan kekurangannya.</p>
1. Manfaata. Dapat menjadi media promosi yang efektif serta dapat lebih mudah diterima oleh mitra kerja.b. Memperoleh kemitraan dengan relasi dan bank.c. Dikenak oleh banyak bank..d. Meningkatkan citra PT Swadharma Sarana Informatika.2. Kelebihana. Menghemat waktu dalam proses penyampaian informasi.b. Mudah dimengerti oleh konsumen dan mitra kerja.c. Tampilan lebih menarik karena dikemas secara baik.3. Kekurangana. Mudah rusakb. Harus dilakukan proses pencetakan dan pengiriman secara fisik.===3.3.6. Harga Produk===
<p style="line-height: 2">Pembuatan buku company profile ini membutuhkan biaya yang cukup besar jika diproduksi dalam jumlah banyak, di dalam proses pembuatannya dibutuhkan ide kreatif untuk komposisi desain dalam pembuatan buku company profile yang akan di desain oleh desainer .</p>
==3.4. Market Analisis==
<p style="line-height: 2"></p>Market analisis adalah investigasi terdokumentasi dari pasar yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan perencanaan instansi terutama sekitar keputusan persediaan, pembelian, perluasan tenaga kerja, fasilitas, pembelian peralatan modal, kegiatan informasi dan banyak aspek lain dari instansi.
===3.4.1. Market Positioning===
<p style="line-height: 2"></p>Positioning merupakan penempatan pesan dibenak audience. Pada celah mana suatu image atau citra ”pesan” mengenai produk, jasa, ide atau gagasan akan diposisikan di dalam benak konsumen, relatif terhadap penawaran pesaingnya.
<p style="line-height: 2"></p>PT Swadharma Sarana Informatika beberapa media promosi. Konsumennya berasal dari kalangan bank yang ingin ATM miliknya bisa di pergunakan setiap saat.
<p style="line-height: 2">Belum terdapatnya Company Profile menjadikan PT Swadharma Sarana Informatika kurang menunjukkan image atau citra perusahaan sebagai perusahaan jasa yang besar dan dikenal.</p>
===3.4.2. Kondisi Perusahaan Pesaing===
<p style="line-height: 2">Pesaing PT Swadharma Sarana Informatika antara lain dari perusahaan-perusahaan jasa yang terdapat pada wilayah Kota/Kabupaten Tangerang, antara lain:</p>
==3.5. Potensial Market==
<p style="line-height: 2">Media Company Profile sebagai sarana penunjang promosi ini ditujukan untuk relasi, masyarakat dan pegawai PT Swadhama Sarana Informatika, agar calon pelanggan dapat mengetahui image perusahaan dan jasa yang ditawarkan pada PT Swadhama Sarana Informatika.</p>
<p style="line-height: 2"></p>Potensi pasar dari lembaga ini berada di wilayah Kota/Kabupaten Tangerang dan sekitarnya, dengan pangsa pasar yang cukup signifikan. Target market pada tahun-tahun berikutnya diperkirakan akan meningkat, karena pertumbuhan ekonomi yang pesat pada saat ini.
<p style="line-height: 2">PT Swadhama Sarana Informatika berusaha menarik konsumen dengan membuat desain media promosi yang menarik. Kota/Kabupaten Tangerang dianggap sebagai pangsa pasar potensial dikarenakan tingkat pendapatan penduduknya sudah berada di atas propinsi lain, disamping itu dari tingkat pendidikan, sosial dan budayanya juga sudah mengalami kemajuan sehingga akan mudah menerima informasi yang disampaikan.</p>
===3.5.1. Market Segmentation===Geografi  : Kota/Kabupaten Tangerang. Demografi : 1. Jenis Kelamin : Pria & Wanita 2. Kelas Ekonomi : Menengah keatas 3. Sasaran : a. Relasi Perusahaan b. Relasi BANK
<p style="line-height: 2">Psikografi : Relasi dan Masyarakat yang ingin lebih mengetahui informasi mengenai profil PT Swadhama Sarana Informatika.</p>
==3.6. Marketing Objective==
<p style="line-height: 2">PT Swadhama Sarana Informatika dalam sebulan mengerjakan banyak pengisian, Perawataan, Perbaikan ATM dan jasa layanan lainnya.</p>
<p style="line-height: 2"></p>Perusahaan menargetkan tingkat kinerja pada tahun 2014 harus meningkat dari tahun sebelumnya yaitu tahun 2013. Hal ini dikarenakan banyaknya bank yang menggunakan jasa pegisian, perawatan, dan perbaikan ATM yang menjadi mitra kerja. Dan untuk pelanggan tetap, perusahaan meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih optimal agar terjalin hubungan bisnis yang berkesinambungan.
==3.7. Marketing Strategy==
<p style="line-height: 2">Untuk mendapatkan konsumen serta menambah mitra kerja bukan hal yang mudah, maka diperlukan berbagai strategi dalam bentuk promosi yang dapat meningkatkan konsumen dan serta dapat bergabung dengan PT. Swadhama Sarana Informatika sebagai mitra kerjanya nantinya.</p>
<p style="line-height: 2">Dengan adanya media Company Profile yang akan diajukan diharapkan akan mendukung promosi yang dilakukan sekaligus dapat menunjukkan image atau citra perusahaan.</p>
==3.8. Budget Produksi Media==
<p style="line-height: 2"></p>Adapun perkiraan biaya produksi yang akan dikeluarkan untuk pencetakan buku company profile adalah sebagai berikut:
==3.9. Konfigurasi Hardware==
<p style="line-height: 2">Perancangan tersebut menggunakan 1 unit Komputer dengan spesifikasi sebagai berikut:</p>
1. Processor : AMD Radeon E1 Dual Core 2500+ 1.4 GHz2. Monitor : 14.0”3. Mouse : Optic4. RAM : DDR3 2 Gb5. Hard disk : 500 GB6. Keyboard : US7. VGA : HD LED LCD
=
BAB IV
=
Konsep Desain
==4.1. Perencanaan Media==
<p style="line-height: 2">Dalam hal ini, konsep media yang diajukan adalah perancangan media promosi dalam bentuk sebuah buku company profile. Buku ini berisi cover depan, informasi kontak perusahaan, visi dan misi perusahaan, produk, daftar klien/mitra kerja, back cover belakang dan cover belakang. Semua isi yang terkait dalam perancangan buku company profile tersebut dikemas dengan menggunakan pengembangan kreatif desain grafis.</p>
===4.1.1. Tujuan Media===
<p style="line-height: 2">Tujuan dari perancangan media buku company profile ini adalah sebagai salah satu sarana media untuk mempromosikan detail profil usaha kepada konsumen atau relasi bisnis khususnya perusahaan-perusahaan yang memerlukan jasa PT Swadharma Sarana Informatika.</p>
<p style="line-height: 2"></p>Dari perancangan media Buku company profile ini diharapkan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dari pendapatan pada tahun sebelumnya. Media sarana informasi sekaligus digunakan sebagai sarana promosi selama program informasi dan strategi promosi perusahaan tidak mengalami perubahan baik strategi pemasaran maupun manajemen. Apabila tidak terdapat perubahan yang telah penulis sampaikan, maka bentuk media secara visual atau isi belum mengalami perubahan. Jika terdapat pertimbangan-pertimbangan secara teknis operasional sesuai strategi yang baru, hal tersebut akan dianalisa dan dibicarakan kemudian hari.
===4.1.2. Strategi Media===
<p style="line-height: 2">Dalam menunjang nilai efektifitas sarana media yang dirancang strategi media promosi adalah dengan menggunakan bentuk media buku company profile, secara visual orientasi gambar-gambar tampilan dengan menggunakan teknik drawing yang diproduksi melalui aplikasi penunjang gambar vektor, hal tersebut secara visual untuk memenuhi 3 aspek sasaran yaitu:</p>
1. Geografi: Wilayah Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. 2. Demografi: a. Jenis Kelamin: Pria & Wanita b. Kelas Ekonomi: Menengah keatas c. Sasaran: Relasi Perusahaan Bank Psikografi: Relasi perusahaan atau Bank yang ingin lebih mengetahui informasi mengenai profil dan membutuhkan jasa dari PT Swadharma Sarana Informatika.===4.1.3. Program Media===
<p style="line-height: 2">Melihat rancangan media terdapat beberapa mekanis dan ketentuan yang harus dilalui dalam tahapan penelitian ini berdasarkan kesepakatan dari pihak stakeholder, bahwa media rancangan tersebut akan direncanakan untuk diimplementasikan dalam waktu dekat dan perusahaan akan mengkaji isi dari buku company profile tersebut agar sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan hingga siap untuk diimplementasikan. Nantinya buku company profile ini akan dipegang oleh bagian pemasaran untuk diberikan kepada relasi/calon relasi dalam rangka menjalin kerjasama.</p>
==4.2. Perencanaan Pesan (Konsep Kreatif)==
<p style="line-height: 2">Rancangan media yang direncanakan terdapat bentuk-bentuk gambar yang berfungsi sebagai ilustrasi kegunaan objek yang diperjelas dengan teks-teks dan layout yang simple penjelasan secara sepintas, tampilan-tampilan pesan secara kreatif akan diolah, ditata sesuai dengan kebutuhan pesan yang direncanakan oleh pihak perusahaan.</p>
===4.2.1. Tujuan Kreatif===
<p style="line-height: 2">Tujuan kreatif dari perancangan buku company profile ini adalah untuk menarik perhatian calon konsumen agar dapat menyukai, dan meyakinkan terhadap kualitas pelayanan serta produk yang tersedia sehingga diharapkan dapat menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dan dapat membantu kebutuhan dari konsumen akan layanan jasa yang diberikan oleh PT Swadharma Sarana Informatika.</p>
===4.2.2. Strategi Kreatif ===
<p style="line-height: 2">Dari elemen-elemen rancangan yang penulis sampaikan adalah merupakan strategi pesan yang ingin disampaikan secara visual akan dapat memberi daya tarik dan memberikan ruang terhadap pihak-pihak yang menginginkan kerjasama, adapun pihak yang digandeng terarah perusahaan-perusahaan yang berorientasikan yang berhubungan dengan pengelolaan ATM baik perbaikan, perawatan, dan pengisian.</p>
==4.3. Perencanaan Visual==
<p style="line-height: 2">Image yang ingin disampaikan oleh penulis dengan menampilkan buku company profile dengan kesan dinamis, ekslusif dan menekankan sebuah produk yang tidak mahal, diantaranya tata letak (layout), warna, tipografi dan gambar.</p>
<p style="line-height: 2">Penyajian desain buku company profile dengan tetap mempertahankan warna-warna asli seperti warna Blue adalah warna yang berasal dari warna identik PT Swadharma Sarana Informatika., yang diolah dengan menggunakan kombinasi warna lain yang senada dengan warna aslinya. Untuk gambar, penulis menggunakan gambar atau image dari browsing di internet seperti logo mitra kerja PT Swadharma Sarana Informatika. dan foto-foto yang diambil oleh penulis sendiri dan diolah dengan menggunakan gabungan beberapa software pendukung yaitu Adobe Photoshop dan CorelDRAW.</p>
===4.3.1. Tujuan Visual===
<p style="line-height: 2">Tujuan visualisasi dalam desain buku company profile adalah untuk mempengaruhi minat konsumen untuk dapat membaca, mengerti ataupun memahami seluruh informasi yang disampaikan, dimuat dalam buku. Sedangkan dengan dibuatnya buku company profile, image atau citra yang ditampilkan yaitu dapat menciptakan suatu identitas yang baik dan menjadi perusahaan yang lebih dipercaya eksistensinya oleh para relasi bisnis PT Swadharma Sarana Informatika. sehingga dapat menimbulkan image atau citra baru yang baik bagi PT Swadharma Sarana Informatika. sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Proses desain buku company profile ini lebih ditekankan kepada hal-hal yang akan mempengaruhi hasil dari desain yang berkualitas baik, serta mempunyai nilai seni yang tinggi, dengan memperhatikan unsur warna yang dipilih, jenis huruf yang digunakan, tata letak atau layout yang diterapkan, gambar yang dipilih dan ditampilkan dalam buku company profile.</p>
===4.3.2. Strategi Visual===
<p style="line-height: 2">Penyajian visualisasi pada perancangan media informasi dan promosi yaitu dengan pembentukan objek-objek dan pengaturan tata letak dengan menggunakan CorelDRAW dan Adobe Photoshop, disesuaikan dengan kebutuhan rancangan. Adapun strategi visual yang ingin disampaikan penulis adalah dengan pendekatan secara emosional yang terkesan formal namun tegas mulai dari segi warna, tata letak atau layout, jenis huruf dan gaya penampilan grafis serta dalam bentuk penyampaiannya dilakukan secara sederhana agar konsumen dan relasi bisnis lebih dapat memahami, dari pencitraan tersebut diharapkan dapat menarik konsumen atau relasi bisnis, setelah mengetahui kelebihan-kelebihan melalui buku company profile ini.</p>
===4.3.3. Penulisan Naskah (Copy Writing)====
<p style="line-height: 2">Rancangan media buku company profile terdapat unsur-unsur komunikasi grafis seperti teks (tulisan), ilustrasi (foto atau image) dan warna. Salah satunya adalah teks (tulisan) yang mempunyai karakter khusus diperlukan dalam perancangan agar penyampaian misi media mudah dimengerti dan tepat sasaran, teks akan menyesuaikan bentuk-bentuk media yang telah direncanakan terdiri dari beberapa bagian yaitu cover, sub judul, naskah (body copy), logo (logo type). Berikut adalah penjelasan dari masing-masing bagian dari teks (tulisan).</p>
1. Cover Bagian terpenting dari buku company profile yang menarik perhatian dan merupakan hal yang pertama kali dibaca. Judul akan mengarahkan pembaca untuk lebih jauh mengetahui tentang isi dari sebuah pesan atau informasi yang ada di dalamnya, pada rancangan desain cover terdapat logo perusahaan, foto gedung perusahaan, dan nama perusahaan.2. Naskah (body copy)Kalimat yang menerangkan lebih rinci tentang isi pesan yang ingin disampaikan, berfungsi untuk mengarahkan pembaca dalam mengambil sikap berpikir dan bertindak lanjut. Secara kreatif bentuk naskah atau body copy dapat dikombinasikan dengan gambar dalam berbagai bentuk. 3. GambarBiasanya dibuat secara singkat, sederhana dan komunikatif dengan menggunakan huruf dan gambar agar lebih mudah diingat. 4. LogoSetiap rancangan buku Company Profile dicantumkan identitas atau logo perusahaan, karena unsur tersebut merupakan unsur yang wajib tampil pada setiap media.5. MandatorisBiasanya setiap perusahaan selalu mencantumkan data lengkap perusahaan berupa keterangan tempat, nomor telepon, faximile, alamat email, alamat website.===4.3.4. Pengarahan Visualisasi (Art Directing)===
<p style="line-height: 2">Agar desain media komunikasi visual yang dirancang terlihat menarik dan memiliki karakter tersendiri, maka dalam proses visualisasi penulis harus memperhatikan hal-hal yang akan mempengaruhi kegunaan dan nilai artistik sebuah media. Dalam menentukan unsur-unsur warna yang dipilih, jenis huruf yang dipakai, tata letak atau layout yang diterapkan, gaya penampilan grafis yang sesuai serta model yang dipilih untuk ditampilkan di setiap rancangan media. Oleh sebab itu, penulis menjabarkan visualisasi yang dipilih dan dapat dipergunakan pada media-media rancangan:</p>
1. Totalitas warna yang dipergunakan adalah: a. Birub. Orange c. Putih d. Biru Muda2. Jenis huruf yang dipergunakan adalah jenis huruf Time New Roman karena jenis huruf tersebut dirasa lebih foramal dan mudah dibaca oleh semua kalangan. 3. Tata letak atau layout yang dipergunakan adalah dengan menata atau menyatukan unsur-unsur komunikasi visual mulai dari teks, gambar dan warna agar menjadi media komunikasi visual yang komunikatif dan dapat menarik perhatian konsumen atau relasi bisnis. 4. Gaya penampilan grafis yang dipergunakan adalah menciptakan kesan dinamis, ekslusif dan menekankan sebuah produk yang tidak mahal karena PT Swadharma Sarana Informatika. merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pos yang ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.5. Model yang dipergunakan dalam buku company profile adalah gambar dan foto aset-aset yang ada di PT Swadharma Sarana Informatika, karena untuk mewakili dari keterangan teks yang ada dalam buku company profile agar pembaca lebih mengerti dan percaya. ===4.3.5. Proses Desain (Designing)===
<p style="line-height: 2">Dalam proses perancangan buku company profile ini, penulis melakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan melalui buku panduan, untuk mendapatkan hasil rancangan yang menarik dan efektif penulis menerapkan 3 tahapan proses yaitu: </p>
<p style="line-height: 2">1.Layout Kasar (Rough Layout)</p>
<p style="line-height: 2">Sebelum membuat rancangan melalui komputer, penulis terlebih dahulu membuat layout kasar dengan menggunakan alat gambar pensil dan kertas, untuk memberikan kebebasan penulis dalam menuangkan ide gagasan yang sesuai dengan perancangan, selain itu sebagai pedoman pada saat proses desain dengan menggunakan komputer. Proses-proses berikutnya, dalam hal ini yang dimaksud layout kasar adalah penempatan elemen-elemen desain yang nantinya akan dipergunakan dalam perancangan media komunikasi yang disertai acuan standarisasi pada desain yang akan dibuat, umumnya dibuat hitam putih, salah satu diantaranya dapat dibuat dengan coretan atau sketsa dengan menggunakan pensil gambar.</p>
<p style="line-height: 2">Pada tahap ini penulis akan menyesuaikan terhadap banyaknya jenis media yang akan dirancang dari media pertama hingga selanjutnya. </p>
a. Layout Kasar Cover Depan dan Belakang
<p style="line-height: 2"></p>

Contributors

Ade gunawan