SI1021465135

Dari widuri
Revisi per 25 Februari 2015 07.19 oleh Ade gunawan (bicara | kontrib) (←Membuat halaman berisi '<div style="font-size:16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"> <p style="line-height:1">'''REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK'''</p></di...')

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK

DANPENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI

PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA

CABANGTANGERANG

SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1021465135
NAMA


JURUSAN TEKNIKINFORMATIKA

KONSENTRASIMULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMUKOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)

<pstyle="line-height: 2">SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMUKOMPUTER</p>
<pstyle="line-height: 2">(STMIK) RAHARJA</p>

 

<pstyle="line-height: 2">LEMBAR PENGESAHANSKRIPSI</p>
<pstyle="line-height: 2" style="text-align:center;2">REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK</p>
<pstyle="line-height: 2" style="text-align: center;2">DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI</p>

PADA PT SWADHARMA SARANAINFORMATIKA

<pstyle="line-height: 2" style="text-align: center;2">CABANGTANGERANG</p>


<pstyle="line-height: 2">Disusun Oleh :</p>
NIM
: 1021465135
Nama
JenjangStudi
: Strata Satu
Jurusan
: Multimedia AudioVisual and Broadcasting
Konsentrasi
: TeknikInformatika

 

 

<pstyle="line-height: 2">Disahkan Oleh :</p>
<pstyle="line-height: 2">Tangerang, ..... 2015</p>
Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIKRAHARJA
       
Jurusan Multimedia Audio Visual and Broadcasting
           
           
           
           
(Untung Raharja)
       
(Junaidi. S,Kom)
NIP :XXXXX
       
NIP : XXXXXX
<pstyle="line-height: 2">SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMUKOMPUTER</p>
<pstyle="line-height: 2">(STMIK) RAHARJA</p>

 

<pstyle="line-height: 2">LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING</p>
<pstyle="line-height: 2" style="text-align: center;2">REDESIGNMEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK</p>

DAN PENINGKATANEFEKTIFITAS INFORMASI PADA

PT SWADHARMA SARANAINFORMATIKA

<pstyle="line-height: 2" style="text-align: center;2">CABANGTANGERANG</p>
<pstyle="line-height: 2">Dibuat Oleh :</p>
NIM
<divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:left">: 1021465135</div>
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankandihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan TeknikInformatika

<pstyle="line-height: 2">Konsentrasi Multimedia Audio Visual andBroadcasting</p>
<pstyle="line-height: 2">Disetujui Oleh :</p>

Tangerang,.... 2015

PembimbingI
   
PembimbingII
       
       
       
       
(Drs.Sugeng Widada, Msi)
    <divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">(HimawanS.kom, M.Kom)</div>
NID : ....
   
NID : ....
<pstyle="line-height: 2">SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMUKOMPUTER</p>

(STMIK) RAHARJA

<pstyle="line-height: 2">LEMBAR PERSETUJUAN DEWANPENGUJI</p>
<pstyle="line-height: 1" style="text-align:center;">REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK</p>
<pstyle="line-height: 1" style="text-align:center;">DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI PADA</p>
<pstyle="line-height: 1" style="text-align: center;">PTSWADHARMA SARANA INFORATIKA</p>
<pstyle="line-height: 1" style="text-align: center;">CABANGTANGERANG</p>
<pstyle="line-height: 1">Dibuat Oleh :</p>
NIM
: 1021465135
Nama

Disetujui setelah berhasildipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

<pstyle="line-height: 2">Jurusan TeknikInformatika</p>
<pstyle="line-height: 2">Konsentrasi Multimedia Audio Visual andBroadcasting</p>
<pstyle="line-height: 2">Tahun Akademik2014/2015</p>
<pstyle="line-height: 2">Disetujui Penguji :</p>

Tangerang, .... 2015

KetuaPenguji
 
PengujiI
 
PengujiII
        &nbsp
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :
<pstyle="line-height: 2">SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMUKOMPUTER</p>
<pstyle="line-height: 2">(STMIK) RAHARJA</p>

 

<pstyle="line-height: 2">LEMBAR KEASLIANSKRIPSI</p>
<pstyle="line-height: 2" style="text-align:center;2">REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK</p>
<pstyle="line-height: 2" style="text-align: center;2">DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI PADA</p>
<pstyle="line-height: 2" style="text-align: center;2">PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA</p>
<pstyle="line-height: 2" style="text-align: center;2">CABANGTANGERANG</p>
<pstyle="line-height: 2">Disusun Oleh :</p>
NIM
<divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:left">: 1021465135</div>
Nama
JenjangStudi
: Strata Satu
Jurusan
: TeknikInformatika
Konsentrasi
: MultimediaAudio Visual and Broadcasting

 

 

<pstyle="line-height: 2">Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakankarya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikatdari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputerbaik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain,serta belum pernah dipublikasikan.</p>
<pstyle="line-height: 2">Pernyataan ini dibuat dengan penuhkesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jikapernyataan diatas tidak benar.</p>
<pstyle="line-height: 2">Tangerang, ..... 2015</p>
 
 
 
 
 
NIM :1021465135

 

<pstyle="line-height: 2">)*Tandatangan dibubuhi materai6.000;</p>


<pstyle="line-height: 2">ABSTRAKSI</p>
<pstyle="line-height: 2"> Perkembangan ilmu Pengetahuan TeknologiInformasi pada masa sekarang ini sudah sangat maju,semakin ketatnya persaingan dunia usaha menjadikanperusahaan,institusi atau instansi, berlomba melakukanpromosi penjualan dengan menggunakan bentuk-bentuk media yang dinilai dapat dijadikanpenunjang dalam program promosi seperti melaluisebuah Company Profile dalam bentuk booklet. Secara umum Company Profile adalahsebagai aset perusahaan yang berfungsi sebagai tanda atau identitasdari perusahaan dalam menjalin kerjasama dengan relasi yang baik denganperusahaan atau lembaga dan instansi terkait lainnya. Penelitian ini bertujuanuntuk menerapkan konsep media Company Profile dapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektifmengenai profil perusahaan menggunakan mediacetak dalam bentuk booklet. Saat ini PT Swadharma Sarana Informatika merupakan badanusaha yang bergerak di bidang pengelolaan, pengisian, perawatan dan perbakanmesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Untuk memperoleh data-data yang diperlukanselama penelitian, penulis menggunakan beberapa metodologi, antara lain: metodeanalisa permasalahan, metode pengumpulan data (observasi, interview, studi pustaka), metode analisa perancangan, dan konsepdesain. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa rancangan media Company Profile berbentuk booklet yang diharapkan dapat menyampaikan tambah dalam penyampaian informasi yangdiinginkan, khususnya dalam hal penyampaianinformasi layanan dan jasa pengelolaan mesin ATM.</p>


<pstyle="line-height: 1">Kata Kunci: Media, Promosi, booklet, company profile</p>
<pstyle="line-height: 2"> ABSTRACT</p>
<pstyle="line-height: 2">

Development of Science in Information Technology todayis already veryadvanced, increasing competition inthe business world make the company,institution or agency, racing to the promotion of sales by usingforms of media thatcan be used as supportingassessed in promotionalprograms such as througha Company Profile in the form of booklets. In general company profile is a corporate assetthat serves as the sign or the identity ofthe company in cooperationwith a good relationship with the company orinstitution and otherrelevant agencies. This study aims to apply the concept of media company profile canprovide information and more effective promotionof the profile companiesusing print media in the form of booklets. Currently PT SwadharmaFacility Information is a business entity that is engaged in the management, replenishment,maintenance and thebanking ATMs (AutomaticTeller Machine). To obtain the necessary data forthe study, the authors used several methodologies,among others: problem analysis methods, data collection methods (observation,interview, literature), the method of analysis design, and design concepts. The end result of this research is to plan a media company profile booklet form that isexpected to deliver added in delivering the desired information, particularly in terms of the delivery of information services and management services ATM machines.


font-size: 12pt;font-family: 'times newroman';text-align: justify">

Isi abstract dengan bahasa inggris.


<pstyle="line-height: 1">Keywords : Media, Promotion, booklets, companyprofile </p>
KATAPENGANTAR


Pujisyukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telahmemberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dankarunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik danselesai dengan semestinya.

Dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT. atas segala berkat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi dengan judul REDESIGN MEDIA COPANY PROFILE SEBAGAI DAYA TARIK DANPENIGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA CABANGTANGERANG.

Tujuan dari pembuatan Skripsi ini sebagai salah satu syarat menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja Tangerang. Dalam penyusunan laporan Skripsi penulis menyadari jika tanpa bimbingan dan dorongan dari setiap pihak,maka Skripsi ini tidak akan terwujud dan selesaitepat waktu.

Penulis berharapkarya tulis ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan tambahanpengetahuan bagi para pembaca umumnya serta mahasiswa khususnya. Dan semogakarya tulis ini dapat menjadi bahan perbandingan dalam periode selanjutnya dandapat menjadi suatu karya ilmiah yang baik. .

  1. Bapak Ir.Untung Rahardja, M.T.I., selaku ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak SugengSantoso, S.Kom., selaku Asisten Direktur Akademik.
  3. Bapak JunaidiM.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Bapak Drs.Sugeng Widada selaku dosen Pembimbing 1(Satu) dan Staff ahli konsentrasi MAVIB Jurusan Teknik Informatika.
  5. Bapak Himawan,S.kom, M.Kom selaku dosen Pembimbing 2 (Dua).
  6. Bapak WahyuSavitri Syahrizal selaku koordinator senkas tangerang yang telah memberikankesempatan bagi penulis untuk penelitian ini.
  7. <listyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;line-height: 2;"> Kepada Orang Tua yang selama ini telah setiamemberikan dorongan semangat, perhatian, dan doa.


  8. Para sahabatdan rekan-rekan penulis dimana penulis tidak dapat menyebut satu persatu.

<pstyle="line-height: 2"> Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari masihterdapat kekurangan-kekurangan serta kelemahan-kelemahan, untuk itu penulissangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakanpenyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT. senantiasa menyertai langkahkita semua dalam meraih cita-cita menuju kesuksesan, Amin.

</p>
Tangerang, ..... 2015
Nama
NIM. 1021465135

</div>

Daftar isi


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi informasi pada masa sekarangini sudah sangat maju, semakin ketatnya persaingan dunia usaha menjadikan perusahaan, institusi atau instansi,berlomba melakukan promosi penjualan dengan menggunakan bentuk-bentuk media yang dinilai dapat dijadikanpenunjang dalam program promosi seperti melalui sebuahCompany Profile yang akan digunakan sebagai alat bantu berkomunikasi dan sebagaimedia pemasaran produk agar dapat dikenal oleh para konsumen dan karyawanperusahaan itu sendiri.

Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakansebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi yang baik dan kerjasama dalamlingkup intern perusahaan maupundengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkaitlainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut.

PT Swadharma SaranaInformatika yang berpusat di Graha ManggalaPakarti gedung B lantai 1 Jl. Arteri jorr Jatiwarna adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang pelayanan perawatan mesin ATM (Anjungan TunaiMandiri) secara berkala (Preventivemaintenance), pengisian kas ATM (ATMcash Replenishment), pemasangan atau instalasi mesin ATM, pengadaankebutuhan supplies komputer, pengadaan kebutuhan perangkat keras ATM,pemasangan dan perbaikan groundingpelistrikan, pemasangan atau instalasi jaringan kabel data atau LAN (Local Area Network) dan jasa konsultasiuntuk IT management.

<divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:justify;text-indent: 0.5in">

Saat ini PT Swadharma SaranaInformatika , menggunakan media promosi dan informasidalam beberapa bentuk media yaitu berupa websitedan melakukan presentasi ke klien secara lisan, melakukan pemasaran denganmemperkenalkan pelayanan jasa yang belum dikemas dalam bentuk buku yang sudahrapi dan terorganisir dengan baik dan semakin berkembangnya perusahaan setiaptahunnya, kebutuhan perusahaan mengenai informasi dan promosi akan terusbertambah sesuai perkembangan zaman. Agar dapat menyampaikan informasi profilperusahaan yang lebih optimal setidaknya harus mempunyai sarana mediayang dapat menunjang efektivitas dalam proses komunikasi yang perusahaanlakukan.

<divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:justify;text-indent: 0.5in">

Melihat dari permasalahan yang muncul denganbelum terdapatnya bentuk media yang bisa memberikan informasi pada saatperusahaan ingin menyampaikan orientasi visi dan misi perusahaan, pihakpemasaran atau marketing memerlukan sebuah Company Profile yang mampu mengemas seluruh aset yang dimiliki oleh perusahaan dalammenjalin relasi pada perusahaan terkait.

<divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:justify;text-indent: 0.5in">

Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan penulis terhadap PT Swadharma SaranaInformatika, perusahaan tersebut membutuhkan media promosi yang menarik untukmemperkenalkan seluruh kapasitas perusahaan dan diharapkan melalui perancangan mediakomunikasi visual ini dapatmeningkatkan omset transaksi perusahaan.

<divstyle="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align:justify;text-indent: 0.5in">

Berdasarkan analisa di atas, penulis mencoba mengambil tema dalam Skripsi ini dengan judul: “REDESIGN MEDIA COMPANY PROFILE SEBAGAIDAYA TARIK DAN PENINGKATAN EFEKTIFITAS INFORMASI PADA PT SWADHARMA SARANA INFORMATIKA CABANG TANGERANG”.


Dari rancangan media yang dihasilkan kedepandiharapkan dapat lebih memberi nilai efektifitas dalam program informasidanpromosi yang telah direncanakan.


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka penulisdapat merumuskan masalah sebagai berikut:

1. Media CompanyProfile seperti apa yang dapat digunakan sebagai penyampaian informasidetail usaha yang menarik, yang efektif, dan efisien?

2. Bagaimana merancangmedia Company Profile yang menarik, efektif,efisien, dan dapat meningkatkan pencitraan image usaha?

3. Setelah dirancangnyakembali media company profile dan apabila telah digunakan target apa yangdiinginkan oleh PT Swadharma Sarana Informatika?


Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasanpermasalahan Skripsi ini lebih terarah maka penulis membatasi ruang lingkup, yaitu perancangan kembali media Company Profile dalam bentuk booklet.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.4.1. Tujuan Penelitian.

Adapun tujuan penulis melakukan penelitianadalah sebagai berikut :

A. Tujuan Operasional Menerapkan konsep media Company Profile sebagai sarana informasi dan promosi yang lengkap dan terperinci.

B. Tujuan Fungsional Secara fungsional media Company Profile PT Swadharma Sarana Informatika dapat memberikan informasi dan promosi yanglebih efektif mengenai seluruh ruang lingkup perusahaan. C. Tujuan Individual Untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman serta sebagaibekal bekerja secara profesional serta melengkapi kreatifitas dalam memperolehide-ide secara teoritis maupun praktis dalam menyelesaikan Skripsi.

1.4.2. Manfaat Penelitian.

Manfaat dari penelitian ini adalah:

1. Manfaat bagi penulis :

a.. Sebagai sarana pembelajaran bagi penulisdalam merancang media penunjang promosi yaitu Company Profile.


b.. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatifatau gagasan kedalam bentuk karya nyata.


c. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalammenganalisa dan memperluas wawasan serta mampu menerapkan ilmu yang didapatsecara teoritis dalam perkuliahan.


2. Manfaat bagi perusahaan :

a. Sebagai penunjang informasi dan promositerhadap relasi dan memperlihatkan media Company Profile pada saat rapatuntuk melakukan sebuah kerja sama dengan klien.

b. Meningkatkan citra dan sebagai asetperusahaan. c. Memberikan informasi tentang perusahaan yanglebih terperinci sehingga konsumen atau relasi PT Swadharma SaranaInformatikalebih meyakinkan untuk terus menjadi relasi atau konsumen tetap.


1.5 Metode Penelitian

Metode-metode yang digunakan dalam penelitianini diantaranya Metode Analisa Permasalahan, Metode PengumpulanData, Metode AnalisaPerancangan Media, dan Metode Konsep Desain.

1 Analisa Permasalahan

Untuk mendapatkan permasalahan penelitian skripsi ini penulis melakukanwawancara pada hari senin tanggal 3 November 2014 pada bagian Ass. Manager Pengawasan bapak Wahyu SavitriSyahrizal.

2 Pengumpulan Data

1. Observasi

Penulis melakukan metodeobservasi untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalamproses penyusunan laporan penelitian dengan cara mendatangi tempat penelitiansecara langsung. 2. Interview (wawancara)

Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancaralangsung atau tanya jawab secara lisan dengan narasumber atau stakeholderyaitu pada bagian Ass. ManagerPengawasan bapak Wahyu Savitri Syahrizal yang terlibatlangsung dalam materi pembahasan ini.

3. StudiPustaka

Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dariberbagai sumber, yaitu membaca buku-buku, jurnal, dan media tertulislain yang berhubungan dengan topik penelitian.

3 Analisa Perancangan

Media Company Profile yang dibutuhkan oleh PT Swadharma Sarana Informatika akan diproduksi dengan menggunakan aplikasiprogram komputer grafis diantaranya: AdobePhotoshop, dan CorelDRAW x5.

4 Konsep Design

Konsep desain yang digunakan penulis dalam penelitian skripsi ini akanmenyampaikan: a. Perencanaan media; b. Perencanaan pesan; c. Perencanaan visual .


1.6 Sistematika Penulisan

Penulisan terbagi menjadilima bab dan setiap bab terbagi dalam subab-subab dengan urutan pembahasan sebagaiberikut:


BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulismenguraikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, MetodologiPenelitian serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulismenjelaskan konsep-konsepdasar yang akan mendasari laporan penelitian skripsi yang penulis ajukan.

BAB III GAMBARAN UMUM OBYEK YANG DITELITI

Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan yaitu, mengenai Sejarah, ProductInformation, Market Analisis,Potensial Market, Market Segmentation, Marketing Objective dan Marketing Strategy.

BAB IV KONSEP DESAIN

Berisi perencanaan (konsep media), strategi media, program media,konsep kreatif yang meliputi tujuan kreatif dan strategi kreatif, konsep visual, (tujuan visual, strategi visual,pengarahaan visualisasi dan designing).

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yangdapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Konsep Dasar Perancangan

2.1.1 Pengertian Perancangan

Perancanganadalah suatu kegiatan membuat desain teknis berdasarkan evaluasi yang telahdilakukan pada kegiatan analisis. Perancanganmerupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yangtelah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-halyang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapandan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yangsudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik. Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasimengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahanuntuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboarduntuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart)untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.

               Perancangan adalah wujud visual yang dihasilkan daribentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangandesain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-idekemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yangteratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaansecara baik.

Berdasarkan beberapapendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikan kesimpulanbahwa perancangan adalah tahap pembuatan suatu bentuk visual yang telahdirencanakan sebelumnya.

2.1.2 Proses Perancangan Secara Umum

1. Persiapan Data

                     Datadapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu kita seleksi. Kita harusmenentukan apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan ataukurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, disamarkan atau dibuangsama sekali. Data juga dapat berupa data informatif yaitu berupa foto,teks dan judul, serta data estetis yaitu berupa bingkai, background,efek grafis, garis atau bidang.

2. Ide

Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studibanding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentuyang sulit dilupakan.

3. Konsep

Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan,kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secaravisual.

4. Media

Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmenyang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapaitujuannya. Media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang dan lain -lain.

5. Visualisasi

Menentukan komponen desain, pemilihanwarna, layout sampai finishing.

6. Produksi

Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing)untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.

2.1.3 Pengertian Project

Project adalah susunan klip video, gambar, atau musik di timelineatau storyboard yang sedang dalam pengeditan.

2.2 Konsep Dasar Promosii

2.2.1 Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satufaktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnyasuatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin produkitu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.Pentingnya promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpapromosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelappada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis cantik di kejauhan. Takseorang pun yang tahu apa yang dilakukan pria tersebut, selain dirinya sendiri. Promosimerupakan salah satu penentu keberhasilan suatu pemasaran. Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasipemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaranyang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk danmengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerimadan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Berdasarkanpendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikankesimpulan bahwa promosi adalah salah satu kegiatan yang dapat menentukankeberhasilan suatu program pemasaran.

2.2.2 Tujuan Promosi

Tujuan utama dari promosi adalahmenginformasikan, mempengaruhi, membujuk serta mengingatkan pelanggan sasarantentang perusahaan dan bauran pemasaran.

2.2.3 Bentuk Promosi

Meskipun secara umumbentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebutdapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khususnya. Beberapa tugas khusus itusering disebut bentuk promosi, antara lain: 1. Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antarapenjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calonpelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga merekaakan mencoba dan membelinya.

2. Mass Selling adalahpendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasikepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling namun merupakanalternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasarsasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.

3. Promosi Penjualan adalah bentuk persuasilangsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untukmerangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yangdibeli pelanggan.

4. Public Relations (hubungan masyarakat) adalah upaya komunikasimenyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinandan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapatmempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

5. Direct Marketing adalah system pemasaran yang bersifatinteraktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkanrespon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi.


2.3 Konsep Dasar Informasi

2.3.1 Pengertian Data

Data adalah deskripsitentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai maknaatau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

               Menurut Loudon, K.C.  dalam buku Sistem Informasi ManajemenPemahaman dan Aplikasi (2008:8) data adalah deretan fakta-fakta yangmenggambarkan kejadian dalam organisasi lingkungan fisik sebelum diorganisasidan diatur kedalam bentuk yang dapat dimengerti dan digunakan orang.

Sumber informasi adalahdata. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau item. Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkanadanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai. Berikut iniadalah berbagai macam jenis-jenis atau bettuk data :

1.Teks, adalah sederetan huruf, angka, dansimbol-simbol yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing itemsecara individual misalnya, artikel koran, majalah dan lain-lain.

2. Data yang terformat,adalah data dengan suatu format tertentu, misalnya data yang menyatakan tanggalatau jam, dan nilai mata uang.

3. Citra (image), adalahdata dalam bentuk gambar, citra dapat berupa, grafik, foto, hasil ronsten, dantanda tangan.

Berdasarkanpendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikankesimpulan bahwa data adalah sumber informasi yangmenggambarkan suatu kejadian berdasarkan fakta-fakta yang ada.



2.3.2 Pengertian Informasi

Informasi adalah data yangtelah diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih berarti bagi penerimanya danbermanfaat dalam mengambil sebuah keputusan. Informasi adalah data yang telah diprosesatau diolah kedalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakannilai yang sesungguhnya dan dapat dipahami dalam tindakan atau keputusan yangsekarang atau nantinya. Informasiadalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berartibagi yang menerimannya, informasi disebut juga data yang diproses atau datayang memiliki arti. Berdasarkanpendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikankesimpulan bahwa informasi adalah data yang telah diolah dan memilikimakna atau arti serta manfaat bagi penerimanya.

2.3.3 Nilai Informasi

Nilai dari informasi (value ofinformation) ditentukan oleh dua hal yaitu, manfaat dan biaya pendapatannya. Suatu informasidikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan biayamendapatkannya. Sulit untuk menggabungkan suatu bagian informasi pada suatumasalah yang tertentu dengan biaya memperolehnya, karena sebagian besar informasidipakai banyak pihak dalam perusahaan. Informasi tidak dapat ditaksirkeuntungannya dengan nilai uang, tetapi dapat ditaksir dengan nilai efektifnya.Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis costeffectiveness atau cost benefit. Parameteruntuk mengukur nilai sebuah informasi (value of information) ditentukan dari dua hal pokokyaitu manfaat (benefit) dan biaya (cost). Namun, dalamkenyataannya informasi yang biaya untuk mendapatkannya tinggi belum tentumemiliki manfaat yang tinggi pula. Suatu informasi dikatakan bernilai jikamanfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya dansebagian besar informasi tidak dapat tepat ditaksir keuntungannya dengan satuannilai uang, tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya.

2.4 Konsep Dasar Media

2.4.1 Pengertian Media

Media adalah saluran penyampaianpesan komersial kepada khalayak sasaran. Media tersebut dapat berupa suratkabar, majalah, televisi, radio, internet, buku profil, media luarruang, iklan transit dan direct mail. Pemilihan setiap mediadipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ciri produk, jenis pesan, pasar sasaran,luas dan jenis distribusi, anggaran, strategi iklan pesaing, serta keunggulandan kekurangan media itu sendiri. Selain itu pemilihan media juga tergantungpada tujuan pengiklanan, yang merupakan pintu gerbang dari seluruh kegiatandalam program pengiklanan.

Media adalah sarana untukmenyampaikan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakanberbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto.

Mediaadalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi. Pengertianmedia yang diberikan AECT (Association for Education Communication andTechnology) ini menunjukkan bahwa istilah “media” memiliki makna yangsangat umum, ini disebabkan kata “segala bentuk” yang terdapat dalam pengertiantersebut memberikan makna bahwa yang disebut media tidak terbatas pada satujenis media tertentu.

Berdasarkanpendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikankesimpulan bahwa media adalah sarana yang digunakanuntuk menyampaikan informasi dan kegiatan promosi.

2.4.2 Alternatif Media

Secara umum media yang tersedia dapat dikelompokanmenjadi media cetak, media elektronik, media luar ruang, media dalam ruang,media lini atas dan media lini bawah.



1. MediaCetak

Yaitu media yang statis dan mengutamakanpesan-pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupunhitam putih. Jenis-jenis media cetak terdiri atas surat kabar, buku profil,majalah, tabloid, brosur dan lain-lain.


2. MediaElektronik

Mediaelektronik, yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila adatransmisi siaran. Bentuk-bentuk iklan dalam media elektronik biasanya berupa sponsorship,iklan partisipasi (disisipkan ditengah-tengah film atau acara), pengumumanacara, iklan layanan masyarakat, jingle, sandiwara dan lain-lain. Jenis-jenis media elektronikterdiri atas: televisi, radio daninternet.


3.Media Luar ruangan

Media luar ruangan (outdoor), yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yangdipasang di tempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian,atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di dalam bis, gedung, pagar tembokdan sebagainya. Jenis-jenis media luar ruang meliputi: billboard,baliho, poster, spanduk umbul-umbul, transit(panel bis), balon raksasa, dan lain-lain.


4.Media Dalam Ruangan

Media dalam ruangan (indoor), yaitu media iklan(biasanya berukuran kecil) yang dipasang disuatu ruangan, gedung atau toko-tokolainnya. Jenis-jenis media dalam ruanganmeliputi: poster, sticker, katalog,etalase, hanging design, point of purchase, floor stand dan lain-lain.


5.Media Lini Atas

Media lini atas, yaitumedia utama dalam langkah berpromosi. Hal ini dilakukan untuk menjangkau target audience secara menyeluruh. Media lini atas terdiri dari media yangberkaitan dengan media cetak dan media elektronik.


6.Media Lini Bawah

Medialini bawah, yaitu media penunjang dalam berpromosi. Bertujuan sebagaialternatif dalam berpromosi yang sifatnya kontinyu.

2.5 Konsep Dasar Desain

2.5.1 Definisi Desain

Desainmerupakan art direction, yaitu penampilan visual secaramenyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter(berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalamdesain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukanalternatif desain, hingga final artwork (FAW). Padadasarnya, desain adalah salah satu manivestasi kebudayaan yang berwujud produkdari nilai-nilai yang berlaku pada kurun waktu tertentu. Sebagai produk kebudayaan, ia terkaitdengan sistem ekonomi dan sosial. Disamping itu desain bersahabat dengan sistemnilai yang bersifat abstrak dan spiritual. Desain sangat akrab dengan kehidupanmanusia adalah suatu kenyataan yang universal keberadaannya tidak dapatdipisahkan dengan sejarah manusia, karena desain adalah satu upaya manusiauntuk meningkatkan kualitas hidupnya.

2.5.2 Fungsi-Fungsi Desain

Desainbiasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaiankreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baiksebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memilikiarti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda,“desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baikitu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

1. FungsiInformasi Desainselalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual. 2. Fungsiidentifikasi Desainselalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual. 3. FungsiPersuasi Desainmampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaranemosi lewat bahasa visualnya (sepertiemosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.


2.5.3 Pengertian Grafis

Grafis dalam istilah bahasaInggris disebut Graphic diartikan sebagai goresan yang berupatitik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak. DesainGrafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalamwujud gambar. Dalamproses mendesain ini seorang desainer dapat mempergunakan peralatan manualseperti kuas atau dengan teknologi komputer. Desain grafis komputer dapatdiartikan sebagai upaya untuk mengalihkan gagasan kepada orang lain dalam wujudgambar yang dibuat menggunakan bantuan teknologi komputer. Seni grafis adalahsejenis karya seni murni yang umumnya memiliki dwimatra, merupakan hasil kerjadiatas kertas, lempengan batu, logam, kayu, lembar sablon atau lainnya dimanapada permukaannya seseorang telah mengungkapkan gagasan dan cita rasa seninyadalam bentuk goresan, torehan, cukilan, guratan, sapuan, dan sebagainya.

2.5.4 Unsur-unsur Desain Grafis

Ada beberapa unsur visual yang perlu Anda ketahui terlebihdahulu sebelum mendesain. Ibarat ingin menjadi juru masak, Anda perlu mengenalbahan dan bumbu masakan kemudian tahu cara meramu dan mengolahnya menjadisajian makanan yang lezat dan bisa dinikmati oleh orang banyak. Belajar desainkomunikasi visual terlebih dahuluperlu mengenal materi-materi dasar dan tahu cara penataannya sehingga dapatmenghasilkan komposisi desain yang harmonis, menarik, komunikatif, danmenyenangkan pembaca. Elemen-elemen desain berikut sebenarnya sudah tidakasing lagi di mata kita, hampir setiap hari kita jumpai, dan telah banyakdiuraikan dalam buku-buku seni rupa, yaitu:


1. Garis (line) Secara sederhana, garis dapat dimaknai sebagai jejakdari suatu benda. Ketika Anda menggoreskan alat tulis atau menggerakkan mousecomputer, dan gerakan itu meninggalkan jejak, maka jejak tersebut bisadisebut garis. Garis tidak memiliki kedalaman (depth), hanya memilikiketebalan dan panjang. Oleh karena itu, garis disebut elemen suatu dimensi.

2. Bidang (shape) Elemen grafis yang kedua adalah bidang (shape).Segala bentuk apa pun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar disebut bidang.Bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris (lingkaran, segitiga, segiempat, elips,setengah lingkaran, dan sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan.Bidang geometris memiliki kesan formal. Sebaliknya, bidang-bidang non-geometrisatau bidang tak beraturan memiliki kesan tidak formal, santai dan dinamis.

3. Warna (color)Salah satu elemen visual yang dapat dengan mudah menarikperhatian pembaca adalah warna. Betapa sepinya dunia desain grafis tanpakehadiran warna. Namun demikian, Anda perlu hati-hati dalam penggunaan warna.Apabila pemakaian warna kurang tepat maka dapat merusak citra, mengurangi nilaiketerbacaan, dan bahkan dapat menghilangkan gairah baca. Jika Anda dapatmenggunakan dengan tepat, warna dapat membantu menciptakan mood danmembuat teks lebih berbicara. Sebagai contoh, desain publikasi yang menggunakanwarna-warna soft dapat menyampaikan kesan lembut, tenang dan romantik.Warna-warna kuat dan kontras dapat memberi kesan dinamis, cenderung meriah.

4. Gelap-terang (value) Perbedaan nilai gelap-terang dalam desain grafis disebutvalue. Salah satu cara untuk menciptakan kemudahan baca adalah denganmenyusun unsur-unsur visual secarakontras gelap-terang. Kontras value bersifat relatif, sangat dipengaruhioleh background dan elemen-elemen lain disekitarnya. Kontras value dalamdesain komunikasi visual dapatdigunakan untuk menonjolkan pesan atau informasi, sekaligus menciptakancitra. Penggunaan warna-warna yangkurang kontras (low contrast value) dapat menciptakan kesan kalem,damai, statis, dan tenang. Sebaliknya, komposisi warna-warna kontras (highcontrast value) memberikan kesan dinamis, enerjik, riang, dramatis, danbergairah. Kontras value dapat kalian buat dengan memadukan warna-warnaterang (putih, kuning, hijau muda, dan lain-lain) dengan warna-warna gelap(hitam, ungu, biru tua, dan lain-lain).

5. Tekstur (texture) Tekstur adalah nilai raba atau halus-kasarnya suatupermukaan benda. Jika pembaca meraba batu candi, dapat dirasakan adanya teksturkasar. Hal ini berbeda dengan meraba permukaan kaca yang memiliki teksturhalus. Permukaan pohon yang kasar dan permukaan kaca yanghalus, keduanya dapat disebut tekstur nyata. Di komputertersedia berbagai image tekstur, halus, dan kasar, yang dapat digunakanuntuk menciptakan citra tertentu. Dalam seni rupa, khususnya desain grafis, tekstur dapatbersifat nyata dan dapat pula tidak nyata (tekstur semu). Karya-karya desaingrafis umumnya dicetak di atas kertas halus, seperti HVS, art paper, ivory,dan lain-lain. Memang ada beberapa barang cetakan yang menggunakan mediabertekstur kasar, tetapi sangat jarang. Tekstur kasar hanya digunakan untukdesain-desain special. 6. Format Besar-kecilnya elemen visual perlu Anda perhitungkan secara cermat sehingga desainkomunikasi visual memiliki nilaikemudahan baca (legability) yang tinggi. Langkah pertama untukmempermudah penyusunan elemen-elemen desain adalah dengan membuat skalaprioritas (visual hierarchy). Tulis semua informasi yang akan Andasampaikan. Urutkan dari atas, mulai dari informasi yang paling penting, agakpenting, kurang penting, sampai ke elemen yang paling tidak penting. Hal iniseolah-olah Anda hendak menyarankan pada pembaca informasi mana yang perludidahulukan untuk dibaca. Informasi yang dianggap paling penting, baik verbalmaupun visual, perlu ditonjolkandengan ukuran lebih besar dan mencolok. Demikian pula warna, bentuk, danposisinya. Secara visual perlu dibuatkontras dan menonjol sehingga menjadi focal point.


2.5.5 Prinsip-Prinsip Desain Grafis

Penerapan prinsip-prinsipdesain dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Keseimbangan (Balance) Kesan seimbang atau balance dapat dibangun menggunakan elemen garis,warna, value, ukuran, bidang, dan tekstur.

2. Tekanan (emphasis) Penekanan bisa pada ilustrasi, logo, judul, slogan, atau elemen lainnyayang dianggap paling penting dan mendesak untuk disampaikan. Penekanan elemendesain bisa diciptakan dengan beberapa cara, antara lain: a. Kontras antara background dengan ilustrasi atau teks. b. Kontras warna dankontras value (gelap-terang). c. Kontras ukuran, jenis,warna dan style huruf. d. Ilustrasi dibuat besaratau menonjol. e. Menggunakan bidangkosong (white space) untuk memunculkan elemen yang ingin dibaca pertamakali. f. Irama (rythm), irama atau ritmik adalah carapenyusunan elemen-elemen grafis dalam satu layout.

3. Kesatuan (Unity) Elemen pemersatu bisa berupa warna, garis, jenis huruf, bentuk bidang, dansebagainya.

2.5.6 Definisi Tiphografi

Tipografi (typography) adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-fontkomputer, kita akan leluasa memilih jenis fontyang diinginkan. Namun memilih fontadalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia.Caramemilih dan mengelola huruf dalam desain grafis sudah menjadi disiplin ilmutersendiri, disebut Tipografi (typography). Sejarah tipografi dapat dikatakan seumurdengan sejarah seni mencetak buku. Tipografi berasal dari kata Yunani tupos (yang diguratkan) dan graphoo(tulisan). Dulu tipografi hanyadiartikan sebagai ilmu cetak-mencetak. Orang yang memiliki keahlian mencetakdisebut tipografer. Dalam perkembangannya, istilah tipografi lebih dikaitkandengan gaya atau model huruf cetak. Bahkan saat ini pengertian tipografi sudahberkembang lebih luas lagi, yaitu mengarah pada disiplin ilmu yang mempelajarispesifikasi dan karakteristik huruf, bagaimana memilih dan mengelola hurufuntuk tujuan-tujuan tertentu.

2.5.7 Definisi Tentang Psikologi Warna

1. Pengertian Warna

Secara obyektif warna adalahsifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga,kuning, ungu).

Jeniswarna yang demikian disebut Spectrum atau warna cahaya. Secara Subyektifwarna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima daripantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.

2. Teori Warna Secara garis besar dikenal adanya 2 dasar teoritentang warna: a. Prang system. b. Munsell system. Menurut teori Prang system, warna dapat dibagiberdasarkan:

1) HUE(nama warna): panas atau dinginnya warna a. Menunjukkan nama-nama warna : merah, biru, hijau. b. Perbedaan warna adalah perbedaanHUE. c. Bila hijau menjadi kebiruandapat dikatakan berubah HUE nya.

2) VALUE: Terang atau gelapnya warna.

3) INTENSITY: Cerah atau suramnya warna.

1. Jenis atau Bentuk Warna

a. WarnaPrimer Warnaprimer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapatuntuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warnaprimer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta), Kuning(Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna: kuat dankontras.

b. Warnasekunder Warna-warnayang merupakan hasil pencampuran 2 warna primer, dengan perbandingan yang samaakan mendapatkan 3 warna pula, yaitu jingga, (merah + kuning), hijau (kuning +biru), dan ungu (merah + biru).


c. WarnaQuarter Warnayang merupakan hasil percampuran 2 warna tersier, yaitu coklat jingga adalahhasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijauadalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat biru.


d. Warnatersier Warnapada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna-warna sekunder yangmenghasilkan 3 warna, yaitu orange-jingga, orange-hijau, danhijau-jingga.


e. WarnaComplementer Duawarna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning, merah danhijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warnaini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinyadapat bergerak.

2. Makna Simbolik Warna

a. Warna Merah : semangat,keberanian, amarah, bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan. b. Warna Kuning : kegembiraan,keceriaan, kecemerlangan, keagungan, ciptaan. c. Warna Kuning Emas : kemewahan,kejayaan, kemenangan, kemulyaan, kekuatan spiritual. d. Warna Hijau : pertumbuhan,kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan,penelitian. e. Warna Biru: Kebenaran,keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati. f. Warna Putih: Kesucian,kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.

g. Warna Hitam: Ketabahan,kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan. h. Warna Abu-abu: Ketaatan,rendah hati, kesholihan, modern. i. Warna Orange: Kemajuan,semangat, perkembangan, Energi. j. Warna Violet: Kemulyaan,kebesaran jiwa, kelembutan. k. Indigo: Ilmu pengetahuan,kemapanan, kedewasaan.


2.5.8 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

Simbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure, sosok suatu objek terungkapdalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.

2.5.9 Pengertian Mutu

Mutu adalah kemampuan (ability) yang dimiliki oleh suatu produk atau jasa(service) yang dapat memenuhi kebutuhan atau harapan, kepuasan (satisfaction), pelanggan (costumer) yang dalam pendidikandikelompokkan menjadi dua, yaitu internal costumer dan eksternal.

2.5.10 Devinisi Citra atau Image

Citraatau Image adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik,foto, hasil rontgen, dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.

2.5.11 Devinisi layout

1. Pengertian Layout

Layout arti katanya secara bahasa adalah Tata letak. Menurut salahsatu teorinya, layout adalah usaha untuk menyusun, menata atau memadukanunsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, table, dll) menjadikomunikasi visual yang komunikatif,estetik dan menarik.

Padadasarnya layout dapat dijabarkansebagai tata letak elemen-elemen desain terhadap suatu bidang dalam mediatertentu untuk mendukung konsep/pesan yang dibawanya. Me-Layout adalah salah satu proses/tahapan kerja dalam desain. Dapatdikatakan bahwa desain merupakan arsiteknya, sedangkan layout pekerjaannya. Namun definisi layout dalam perkembangannya sudahsangat meluas dan melebur dengan definisi desain itu sendiri, sehinggabanyak orang mengatakan bahwa me-layoutitu sama dengan mendesain.

2. Jenis-Jenis Layout

a. Layout Kasar Adalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak sinopsis,gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout kasar ini dibuat hitam putihdengan menggunakan coretan atau sketsa pensil gambar yang dibuat secara manual.

b. Layout Komprehensif Adalah suatu gambar yang sudah mendekati komposisi final, dalamhal ini komposisi gambar yang pada umumnya disajikan dalam bentuk warna.


c. Final Artwork Merupakan tahap desain yang sudah final yang telah melewatibeberapa proses sebelumnya yaitu layout kasar dan layout komprehensif. Padatahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan denganbeberapa kali revisi selama proses desain.


2.5.12 Elemen atau unsurdasar desain

Dalam bentuk geometris dan organis, sebagai berikut:

1. Elemen Konseptual(elementbasic visual: elemenbentuk) yang terdiri dari:

a. Titik (Dot point) b. Garis (Line) c. Bidang (Plane) d.Volume

2. Elemen Visual (karakteristik basic visual:karakteristik bentuk ) yang terdiri dari:

a.Ukuran b.Shape c. Warna; Value (nada)& Color (warna); tone d.Teksture

3. Elemen Relasional terbagi menjadi 2diantaranya:

a. Interaksi basic visual: interaksi bentuk yangterdiri dari: 1. Posisi 2. Arah 3.Space 4.Gravity b. Elemeninteraksi komposisional yang terdiri dari: 1.Depth 2. Perspektif


2.5.13 Teori DesainKomunikasi Visual

Desaingrafis belakangan lebih sering disebut “Desain Komunikasi Visual” (DKV) karena memiliki peran mengomunikasikan pesan atauinformasi kepada pembaca dengan berbagai kekuatan visual, seperti tipografi, ilustrasi warna, garis, layoutdan sebagainya dengan bantuan teknologi.Dalam beberapa kasus, istilah DKV dianggap lebih dapa menampung perkembangandesain grafis yang semakin luas, tidak terbatas dengan penggunaan padapenggunaann unsur-unsur grafis (visual).

Meski demikian, istilah Desain Grafis (Graphic Design) masih sering digunakan. DKVdikategorikan sebagai Commercial Art karena merupakan paduan antara seni rupa (Visual Art) dan keterampilan komunikasi untuk tujuan bisnis.Ketatnya tujuan bisnis dibidang industri barang dan jasa, ditambah perkembanganteknologi dan komunikasi, menjadikan DKV berkembang pesat.

Tidak dapat dihindari, karya-karya desain karya komunikasi visualsaat ini sudah merampok sebagian waktu dan perhatian manusia. Setiap hari matakita “dipaksa” untuk melihat iklan. Ketika membuka halaman majalah, surat kabar, internet, ataumenghidupkan televisi, mata kita segera disergap iklan.Saat melintas di jalan raya, kita pun selalu dikepung media outdoor berupa poster, billboard, spanduk, baliho, banner, papan nama, signboard, dan bentuk-bentuk iklan lainnya. Di ruangan kantor, mata kita masih dijejali brosur,katalog, kop surat, kartu nama, kalender, dan barang cetak lainnya.

Tidak berhenti sampai disitu, iklan cetak berupa leaflet atau brosur bahkan seringdibagikan di traffic-light saat lampu merah, disebar di perumahan, di pusat perbelanjaan, dan di tempat-tempat publik lainnya. Semua mediaiklan tersebut berusaha keras merebut perhatian konsumen dengan menggunakanelemen-elemen visual, seperti logo, ilustrasi, tipografi, dan warna.

Maraknya karya-karya desainkomunikasi visual menuntut desainer untuk lebih kreatif. Desain yang“biasa-biasa saja” dapat dipastikan kalah bersaing dankurang diperhatikan pembaca. Desainer kini semakin dituntut mampu memunculkangagasan-gagasan besar, ide-ide segar yang tidak terduga.


2.5.14 Definisi Companyrofile

CompanyProfile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yangdapat digunakan untuk meningkatkan suatu imageatau citra dari perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan relasi perusahaan,lembaga dan instansi terkait lainnya. CompanyProfile tersebut sebagai aset perusahaan yang dipegang dan dimiliki olehsetiap perusahaan atau lembaga.

Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasadigunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi dan kerjasama dalamlingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihakterkait lainnya di luar lingkungan perusahaan tersebut.

Berdasarkanpendapat-pendapat yang dikemukakan di atas maka penulis dapat memberikankesimpulan bahwa Company Profile adalah aset suatu lembaga atau perusahaan yang digunakan untuk meningkatkancitra dan sebagai tanda pengenal untuk menjalin kerjasama dengan perusahaanlain.


2.6 Program Aplikasi Penunjang Desain

1. Corel Draw X5 PengertianCorel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garisvektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantorpusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar,oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi ataupercetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan prosesvisualisasi. Berikut akan dijelaskan tentang perbedaan keduanyaagar anda dapat menentukan tipe grafik yang akan digunakan dalam mengolah foto: a.Obyek Vektor Obyek vektor tersusun dari sekumpulan garis, kurvadan bidang tertentu sehingga membentuk suatu gambar. Gambar vektor terbentukoleh fill dan stroke, oleh karena itu gambar vektor sama sekalitidak terpengaruh oleh resolusi. Kondisi gambar vektor tetap tajam saatdicetak. Gambar vektor mempunyai keunggulan warna yang solid sehingga sangatlahcocok untuk bentuk-bentuk logo yang sederhana. Selain itu obyek vektor tidakakan pecah jika anda melakukan pengaturan ukuran. Oleh karena itu, dimungkinkanuntuk memindah, mengatur ulang ukurannya atau mengganti warnanya tanpamenurunkan kualitas. b.Obyek Bitmap

               Gambar bitmap terdiri dari titik-titik yang sering disebutdengan pixel. Pixel tersusun secara terstruktur pada bidangtertentu. Setiap pixel mempunyai warna-warna tertentu yang akhirnyadapat membentuk pola tertentu dan menjadi sebuah gambar. Semakin tinggiresolusi suatu gambar maka semakin solid atau halus gambar tersebut. Akibatnyasemakin tinggi resolusi mengakibatkan ukuran file juga semakin besar.
               Image bitmap cocok untukmereproduksi gradasi warna yang halus seperti gradasi warna didalam fotografi.Tepi image bitmap dapat pecah (tidak rapi) apabila diperbesartampilannya atau apabila image bitmap tersebut dicetak dengan resolusiyang lebih rendah dari aslinya.
               Dengan mengetahui karakteristikdari dua tipe grafik diatas, tentunya akan memudahkan dalam melakukanmanipulasi image menggunakan program Corel Draw X5.

2. Adobe Photoshop CC Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk mengolahfoto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyakdigunakan oleh fotografer digital danperusahaan iklan, sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untukperangkat lunak pengolah gambar atau foto.

2.7 Elisitasi

Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkansistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi olehpenulis untuk dieksekusi. Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui tigatahap, yaitu:

2.7.1 Elisitasi Tahap I

Berisi seluruhrancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melaluiproses wawancara.

2.7.2 Elisitasi Tahap II

Merupakan hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metodeMDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting danharus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untukdieksekusi. Berikutpenjelasan mengenai MDI: 1. M pada MDI berarti Mandatory (penting). Maksudnya, requirementtersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistembaru. 2. D pada MDI berarti Desirable. Maksudnya, requirement tersebut tidak terlalupenting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirementtesebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistemtersebut lebih sempurna. 3. I pada MDI berarti Inessential, Maksudnya, requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas,tetapi bagian dari luar sistem

2.7.3 Elisitasi Tahap III

Merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengancara mengeliminasi semua requirement denganoption I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metodeTOE, yaitu: 1. T artinya Teknikal, bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement dalam sistem yang diusulkan? 2. O artinya Operasional, bagaimana tata cara penggunaan requirementtersebut dalam sistem yang akan dikembangkan? 3. E artinya Ekonomi, berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut didalam sistem? Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option yaitu: a. High (H): sulit untuk dikerjakan, karenateknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi. b. Middle (M): Mampu untuk dikerjakan. c. Low (L): Mudah untuk dikerjakan.


2.7.4 Final draftelisitasi

Merupakan hasil akhir yang dicapaidari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatusistem yang akan dikembangkan.

2.8 Literature Review

Berdasarkanstudi pustaka pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja. Maka penulismelakukan literature review terhadap penelitian-penelitian sebelumnyasebagai berikut: 1.Perancangan Media visual company profilberbentuk magazine sebagai penunjang informasi dan promosi di klinik usadanugraha kabupaten tangerang yang di susun oleh eko siswanto putra. Saat inimedia promosi seperti apa yang dapat memberikan informasi kepada masyarakatatau pelaku bisnis yang dapat mengkomunikasikan usada nugraha baik dan menarik,kepada khalayak sehingga informasi yang dihasilkan dapat menjadi nilai tambah,nilai jual serta mengharumkan nama baik klini, sebagai salah satu alternatifpemecahan masalah, maka diperlukan sebuah perancangan media promosi berupa Company Profile berbentuk magazine atau booklet yang efektif. 2 Perancangan media companyprofile sekolah sebagai sarana informasi untuk meningkatkan efektifitas promosipada SMK kesehatan Nusa Husada Tangerang ynng disusun oleh Ridho Amanilah. Media informasi dan promosi yang ada di SMK Kesehatan NusaHusada Tangerang harus bervariasi dan semakin ditingkatkan, sehingga prosessosialisasi kepada khalayak dapat lebih mudah, efisien dan efektif. 3. Perancangan media company profile sebagai penunjanginformasi dan promosi pada PT Pos Indonesia (persero) Tangerang 15000 yang disusun oleh M. Arief Hidayat. Media promosi merupakan sarana yang sangat pentingdalam penyampaian informasi yang lengkap dan terperinci mengenai PT PosIndonesia (persero) Tangerang 15000. Mulai dari Sejarah mutu kualitas,fasilitas sampai dengan kelebihan yang terdapat pada PT Pos Indonesia (persero)Tangerang 15000. Dalam hal ini akan dirancang sebuah media Company Profile dalam suatu desain grafis yang dikemas dalam bentukbooklet yang setiap saat dipergunakanoleh pihak pemasaran. 4. Perancangan media Company Profile sebagai penunjanginformasi dalam meningkatkan efektifitas program pemasaran pada hotel naritatangerang yang disusun oleh Martini Jayanti. Media informasi dan promosi yangada di SMK Kesehatan Nusa Husada Tangerang harus bervariasi dan semakinditingkatkan, sehingga proses sosialisasi kepada khalayak dapat lebih mudah,efisien dan efektif.

5. Perancngan buku companyprofile sebagai penunjang media promosi dan informasipada CV Nani Budi WeddingOrganizer yang disusun oleh DedeHermawan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode : Analisa masalah,Pengumpulan data, Analisa perancangan media, Konsep desain.

Contributors

Ade gunawan