SI0914462904

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG

JUAL BELI PADA IZZY BATTERY


SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

Nim
: 0914462904
Nama

  

JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)

 

ABSTRACT

In the era of information technology development at this time, the use of computers in the Izzy Battery company is very important to support the information needs. The use of computers is a must, because with the computerized system of all processes ranging from data processing, and other important documents can be arranged neatly so as to facilitate the storage and retrieval of data. Problems encountered in the system inventory information and selling at Izzy Battery is the lack of system information that is accurate, fast, and precise, because the existing inventory system on Izzy Battery still using a manual system, and the data was not stored in the database server, so generate all reports in an accurate and precise relatively long. The purpose of the study conducted by researchers is to facilitate the delivery of inventory information on Izzy Battery in order to improve the performance of the company in this case the storage and retrieval of data and selling goods. The methodology used is the approach to system development life cycle starting from analyzing the system that runs through the UML (Unified Modeling Language), perform elicitation and the outcomes achieved from the report that the establishment of a procedure with a system using UML to describe the program that runs the system analysisand analysis The proposed system. In addition it also produced a draft inventory information system is expected to improve the operational performanceof Izzy Battery employees.

Keywords: Information Systems,Inventory, Sales and Purchase of Goods, UML.

 

ABSTRAKSI

Di era perkembangan teknologi informasi pada saat ini, pemanfaatan komputer di perusahaan Izzy Battery sangatlah penting untuk menunjang kebutuhan – kebutuhan informasi. Penggunaan komputer merupakan hal yang wajib, karena dengan adanya sistem terkomputerisasi segala proses mulai dari pengolahan data hingga dokumen penting lainnya dapat tersusun dengan rapih sehingga dapat mempermudah penyimpanan dan pencarian data. Masalah yang dihadapi pada sistem informasi persediaan barang jual beli di Izzy Battery adalah kurang adanya sistem informasi yang akurat, cepat, dan tepat,karena sistem persediaan barang yang ada pada Izzy Battery masih menggunakan sistem manual, dan datanya pun belum tersimpan dalam database server, sehingga di dalam menghasilkan seluruh laporan yang akurat dan tepat relatif lama. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mempermudah penyampaian informasi persediaan barang di Izzy Battery agar dapat memperbaiki kinerja perusahaan dalam hal ini yaitu penyimpanan dan pencarian data barang jual beli. Metodologi yang digunakan yaitu dengan pendekatan siklus hidup pengembangan sistem mulai dari menganalisa sistem yang berjalan melalui UML (Unified Modeling Languange), melakukan elisitasi serta hasil akhir yang dicapai dari laporanyaitu terbentuknya suatu prosedur sistem dengan menggunakan program UML untuk menggambarkan analisa sistem yang berjalan dan analisa sistem yang diusulkan. Selain itu dihasilkan pula rancangan sistem informasi persediaan barang yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional pada karyawan Izzy Battery.

Kata kunci: Sistem Informasi, Persediaan, Barang Jual Beli, UML.

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa serta rahmat dan anugerah-Nya yang telah diberikan kepada peneliti sehingga dapat menyelesaikan dan menyusun Laporan Skripsi ini, dengan judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG JUAL BELI PADA IZZY BATTERY ”.

Peneliti menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan ini masih terdapat beberapa kekurangan, karena keterbatasan kemampuan penulis dalam memperoleh berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu peneliti mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang.

Untuk itu pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga terlaksananya penulisan Laporan Skripsi ini. Ucapan terimakasih terutama kepada:

  1. Bapak Ir.Untung Rahardja,M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom. Selaku Pembantu Ketua I (PUKET I) STMIK Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah, M.Akt., M.Kom. Selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi STMIK Raharja.
  4. Bapak Aris,S.Kom Selaku Dosen Pembimbing 1.
  5. Bapak Danang Rifai, S.Kom. Selaku Dosen Pembimbing 2.
  6. Ibu Angeline Hartanto, selaku pemilik perusahaan Izzy Battery.
  7. Bapak Irwan, selaku pembimbing lapangan.
  8. Kedua orang tua dan segenap keluarga yang memberikan motivasi dan tak henti – hentinya memanjatkan doa demikemudahan saya menyelesaikan Laporan Skripsi ini.
  9. Serta teman – teman seperjuangan, yang telah meluangkan waktunya untuk membantu dalam penyusunan laporan Skripsi ini.

Akhir kata, penulis berharap laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.

  
Tangerang, 17 Januari 2015
    
(Darwin Jawak)
NIM : 0914462904

DAFTAR TABEL

 

Tabel 3.1 Elisitasi tahap I

Tabel 3.2 Elisitasi tahap II

Tabel 3.3 Elisitasi tahap III

Tabel 3.4 Elisitasi Final

Tabel 4.1 tb barang

Tabel 4.2 tb Pelanggan

Tabel 4.3 tb Pemasok

Tabel 4.4 tb Penerima

Tabel 4.5 tb Pengeluaran

Tabel 4.6 tb Pengguna

Tabel 4.7 Schedule Implementasi

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 2.1 UML 2.3 Diagram

Gambar 3.1 Struktur Organisasi Izzy Battery

Gambar 3.2 Use Case Diagram Persediaan Barang

Gambar 3.3 Sequence Diagram Persediaan Barang

Gambar 3.4 Activity Diagram Persediaan Barang

Gambar 4.1 Use Case Diagram

Gambar 4.2 Activity Diagram Admin

Gambar 4.3 Sequence Diagram Admin

Gambar 4.4 State Diagram Admin

Gambar 4.5 Class Diagram yang diusulkan

Gambar 4.6 Prototype Menu Utama login</i>

Gambar 4.7 Prototype Menu Area Admin

Gambar 4.8 Prototype menu data barang

Gambar 4.9 Prototype Menu Data Costomer

Gambar 4.10 Prototype Menu Data Supplier

Gambar 4.11 Prototype Menu Data Barang Keluar

Gambar 4.12 Prototype Menu Data Barang Masuk

Gambar 4.13 Prototype Menu Laporan

Gambar 4.14 Tampilan Menu Utama

Gambar 4.15 Tampilan Home Area Admin

Gambar 4.16 Tampilan Menu Data Barang

Gambar 4.17 Tampilan Menu Data Customer

Gambar 4.18 Tampilan Menu Data Supplier

Gambar 4.19 Tampilan Menu Data Barang Keluar

Gambar 4.20 TampilanMenu Data Barang Masuk

Gambar 4.21 Tampilan Menu Laporan



DAFTAR SIMBOL

 

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png
 

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png
 

DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png



BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Perkembangan teknologi khususnya di bidang informasi dan komunikasi telah mendorong arusvglobalisasi. Pada era persaingan bebas seperti saat ini, kecepatan pengolahan dan penyampaian informasi memiliki peran yang sangat penting bagi setiap instansi, terutama instansi yang memiliki tingkat rutinitas yang tinggi dan memiliki banyak data yang harus diolah. Banyaknya data maupun informasi yang harus diolah tentu tidak memungkinkan dilakukan semua dengan menggunakan cara manual. Pengolahan data yang jumlahnya sangat banyak memerlukan suatu alatbantu yang memiliki tingkat kecepatan perhitungan dan penyampaian data yang tinggi. Alat bantu tersebut berupa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat mendorong masyarakat baik kelompok maupun perorangan, instansi pemerintah maupun swasta, untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi tersebut. Keunggulan komputer dalam memproses data akan meningkatkan efektifitas, produktifitas, serta efisiensi suatu aplikasi.

Pemanfaatan komputer dapat menunjang penyajian informasi yang cepat, tepat dan efisien, sehingga mempengaruhi dalam pengambilan keputusan, maka diperlukan sebuah sistem pengolahan data yang bisa mempermudah pengolahan dan penyajian data yang akurat dalam waktu yang singkat. Dampak dari kemajuan teknologi sistem informasi ini adalah dalam hal pengaplikasian komputer yang akan banyak membantu kinerja sistem yang berjalan pada suatu perusahaan, instansi pemerintah, swasta, organisasi maupun Izzy Battery. Komputer akan dapat memberikan banyak kemudahan dalam hal pengolahan dan penyajian data persediaan barang jual beli pada Izzy Battery.

Tugas utama dari Izzy Battery yaitu melakukan proses jual beli aki mobil. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah Negara yang mayoritas masyarakatnya saat ini menggunakan kendaraan bermotor khususnya mobil. Maka Bagian Penjualan pada Izzy Battery membutuhkan fasilitas pengolahan dan penyajian data persediaan barang jual beli untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pengolahan data barang jual beli yang dapat membantu bagian penjualan dalam pelaksanaan kinerjanya.

Oleh karena itu untuk mempermudah pengolahan data persediaan barang jual beli diperlukan suatu sistem komputerisasi yang efektif untuk mendukung pekerjaan karyawan yang terlibat dalam hal tersebut. Sehingga dalam hal ini penulis membuat laporan Skripsi ini dengan judul ”Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Jual Beli Pada Izzy Battery”.

 

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah :

  1. Bagaimanakah sistem informasi persediaan barang jual beli pada Izzy Battery saat ini?
  2. Apakah sistem pengolahan dan penyajian data persediaan barang jual beli yang berjalan saat ini bisa menghasilkan dan menyajikan data-data secara efektif dan efesien?
  3. Sistem seperti apa yang diperlukan guna menunjang pengolahan sampai dengan penyajian data dalam bentuk laporan persediaan barang jual beli pada Izzy Battery?
 ===Ruang Lingkup===

Untuk menghasilkan penelitian yang lengkap dan akurat, maka pada kesempatan ini penulis membatasi ruang penelitian pada Bagian Penjualan Izzy Battery, yang terdiri dari proses penginputan data persediaan barang jual beli sampai dengan laporan data persediaan barang jual beli yang telah diproses.

 


Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui ada atau tidaknya sistem persediaan barang jual beli pada Izzy Battery.
  2. Mengetahui tingkat efektifitas kinerja dalam proses pengolahan data persediaan barang jual beli pada Izzy Battery.
  3. Untuk Membantu memberikan solusi sekaligus merancang sistem yang dibutuhkan.
 

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Dapat meneliti dan mempelajari guna membantu memecahkan masalah yang dihadapi instansi terkait dalam menjalankan alur kerja dengan sistem yang ada.
  2. Sebagai wawasan bagi penulis sehingga penulis dapat mengetahui prosedur pengolahan data persediaan pada instansi yang terkait dengan penelitian ini.
  3. Dapat menghasilkan penelitian karya ilmiah dibidang teknologi informasi yang berguna bagi Izzy Battery maupun bagi masyarakat umum.
 

Metode Penelitian

Dalam proses pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penulisan laporan SKRIPSI ini, penulis menggunakan beberapa metode, adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut :

====Metode Pengumpulan Data====

Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan 3 (tiga) pendekatan yaitu sebagai berikut :

Metode Observasi (Observation Research)

Penulis melakukan observasi pada Izzy Battery. Bertempat di Jl. Teuku Umar Komplek Cimone Indah Plaza Blok. B No. 41 Tangerang. Salah satunya adalah dengan mempelajari prosedur keluar masuk barang jual beli.

Penulis melakukan observasi selama 4 bulan dan mendapatkan beberapa data yang penulis butuhkan seperti data persediaan barang jual beli.

Metode Wawancara (Interview Research)

Penulis menggunakan metode wawancara untuk memperoleh informasi tentang persediaan barang jual beli, wawancara dilakukan kepada bapak Irwan selaku karyawan pada Izzy Battery, sesuai dengan tujuan penelitian dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan melalui form wawancara yang berhubungan dengan penyusunan laporan skripsi.

Metode Pustaka (Library Research)

Untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan permasalahan yang akan diteliti, penulis mendapatkan data dengan cara membaca buku-buku yang ada dan melalui sumber-sumber dari kepustakaan yang berhubungan dengan pengolahan data dan persediaan barang, serta mempelajari sistem informasi persediaan barang jual beli pada Izzy Battery.

 


Metode Analisa Sistem

Setelah diadakan pengumpulan data, maka data yang sudah terkumpul akan diolah dan dianalisa dengan menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language) sehingga sistem yang akan berjalan pada Izzy Battery akan tergambar jelas.

 

Sistematika Penulisan

Supaya pemahaman tentang penulisan Laporan Skripsi ini menjadi lebih mudah, maka penulis mengelompokkan materi penulisan Laporan Skripsi ini menjadi beberapa bab dengan sistematika sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang; perumusan masalah; ruang lingkup penelitian; tujuan dan manfaat penelitian; metodologi penelitian yaitu metode pengumpulan data dan metode analisa sistem; serta sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini diuraikan mengenai landasan teori untuk mendukung beberapa penjelasan secara umum maupun khusus mengenai sistem yang berjalan sesuai dengan konsep yang dirancang dalam penelitian.

BAB III PEMBAHASAN

Pada bab ini akan dijelaskan hasil analisa yang dilakukan terhadap rumusan masalah, tediri dari: analisa organisasi, masalah yang dihadapi, analisa batasan sistem yang berjalan, analisa proses, uraian prosedur, sistem persedian barang yang sedang berjalan, dan Unifed Modeling Langguage (UML) berupa Use Case Diagram, Sequence Diagram dan Activity Diagram.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Pada bab ini berisikan tentang rancangan sistem yang diusulkan dalam bentuk UML (Unified Modelling Language) dan spesifikasi database, serta tampilan layar dari sistem yang di implementasikan.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini berisikan tentang kesimpulan hasil penelitian dan juga saran-saran yang diberikan sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan perbaikan di masa yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

Berikut adalah beberapa definisi sistem menurut beberapa ahli, diantaranya :

1. Menurut Tata Sutabri (2012:16), sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling bergantung sama lain, dan terpadu.

2. Menurut Deni Darmawan dan Kunkun Nur Fauzi (2013:4), sistem merupakan kumpulan/grup dari bagian/komponen apa pun baik fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan.

Karakteristik Sistem

Menurut Tata Sutabri (2012:17), suatu sistem mempunyai karakteristik tersendiri antara lain :

  1. Komponen Sistem (Components)
  2. Batasan Sistem (Boundary)
  3. Lingkungan Luar Sistem (Environment)
  4. Penghubung Sistem (Interface)
  5. Masukan Sistem (Input)
  6. Keluaran Sistem (Output)
  7. Pengolahan Sistem (Processing)
  8. Sasaran (Objective) atau tujuan (goal)
  9. Strategi (Strategy)
 

Klasifikasi Sistem

Menurut Tata Sutabri (2012:15), sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandangan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sistem Abstrak dan Sistem Fisik. </i>

    Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, misalnya sistem teologia, yaitu suatu sistem yang berupa pemikiran tentang hubungan antara manusia dengan Tuhan; sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik, seperti sistem komputer, sistem produksi, sistem penjualan, sistem administrasi personalia, dan lain sebagainya.

  2. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia.</i>

    Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia, misalnya sistem perputaran bumi, terjadinya siang malam, dan pergantian musim. Sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan hubungan manusia dengan mesin, yang disebut dengan human machine system. Sistem informasi berbasis komputer merupakan contohnya, karena menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.

  3. Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik.</i>

    Sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat diprediksi disebut sistem deterministik. Sistem komputer adalah contoh dari sistem yang tingkah lakunya dapat dipastikan berdasarkan program-program komputer yang dijalankan. Sedangkan sistem yang bersifat probabilistic adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi, karena mengandung unsur probabilitas.

  4. Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup.</i>

    Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa ada campur tangan dari pihak luar. Sedangkan sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya, yang menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk subsistem lainnya.

  5. </ol> 

    Konsep Dasar Data dan Informasi

    Definisi Data

    Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data item. Terdapat beberapa pengertian data menurut beberapa ahli, diantaranya :

    1. Menurut Tata Sutabri (2012:22), data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian serta merupakan suatu kesatuan yang nyata, dan merupakan bentuk yang masih mentah sehingga perlu diolah lebih lanjut melalui suatu model untuk menghasilkan informasi.

    2. Menurut Deni Darmawan dan Kunkun Nur Fauzi (2013:1), data adalah fakta atau apa pun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.

     

    Definisi Informasi

    Berikut ini adalah beberapa definisi informasi menurut beberapa ahli, diantaranya :

    1. Menurut Tata Sutabri (2012:22), informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

    2. Menurut Deni Darmawan (2012:2), informasi adalah sejumlah data yang sudah diolah atau diproses melalui prosedur pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya, keterpakaiannya sesuai dengan kebutuhan.

     

    Konsep Dasar Sistem Informasi

    Definisi Sistem Informasi

    Terdapat berbagai macam pengertian Sistem Informasi menurut beberapa ahli, diantaranya :

    1. Menurut Tata Sutabri (2012:2), Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

    2. b. Menurut Sutarman (2012:13), Sistem Informasi adalah sistem dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan, informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, intruksi) dan output (laporan, kalkulasi).

     

    Komponen Sistem Informasi

    Menurut Tata Sutabri (2012:39), komponen sistem informasi terdiri dari :

    a. Blok Masukan (Input Block)

    Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input yang dimaksud adalah metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

    b. Blok Model (Model Block)

    Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

    c. Blok Keluaran (Output Block)

    Produk dari sistem informasi yang berkualitas dan merupakan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

    d. Blok Teknologi (Technology Block)

    Teknologi merupakan tool box dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian sistem secara keseluruhan. Pada blok ini, teknologi terdiri dari 3 bagian utama, yaitu teknisi (humanware atau brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

    e. Blok Basis Data (Database Block)

    Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan lebih berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. basis data diakses atai dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).

     

    Analisa Sistem

    Definisi Analisa Sistem

    Menurut Kristanto dalam Deni Darmawan dan Kunkun Nur Fauzi (2013:210), analisis sistem adalah suatu proses mengumpulkan dan menginterpretasikan kenyataan-kenyataan yang ada, mendiagnosis persoalan dan menggunakan keduanya untuk memperbaiki sistem.

    Tahap-tahap Analisa Sistem

    Menurut Tata Sutabri (2011:60), Tahap analisis sistem merupakan tahap yang kritis dan sangat penting. Di dalam tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh seorang analis sistem, diantaranya :

    1. Kegunaan (Usefulness)

      Identifikasi masalah yang ada pada sistem tersebut

    2. Ekonomi (Economic)

      Memahami cara kerja sistem

    3. Keandalan (Realibility)

      Melakukan analisa

    4. Pelayanan Langganan (Customer Service)

      Melaporkan hasil analisa sistem

     

    Teori Khusus

    Persediaan Barang

    Definisi Persediaan

    Menurut Hendry (2010:12), “Persediaan digunakan untuk mengindikasikan barang dagang yang disimpan untuk kemudian dijual dalam operasi bisnis perusahaan, dan bahan yang digunakan dalam proses produksi atau yang disimpan untuk tujuan itu. Maksud persediaan untuk perusahaan dagang adalah barang dagangan yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan bisnis normal perusahaan. Sedangkan definisi persediaan untuk perusahaan manufaktur adalah bahan atau barang yang digunakan dalam kegiatan produksi”.

     

    Faktor Persediaan Barang

    Dikarenakan persediaan merupakan salah satu faktor yang menentukan kelancaran produksi dan penjualan, maka persediaan harus dikelola secara tepat. Dalam hal ini perusahaan harus dapat menentukan jumlah persediaan optimal, sehingga di satu sisi kontinuitas produksi dapat terjaga dan pada sisi lain toko dapat memperoleh keuntungan, karena toko dapat memenuhi setiap permintaan yang datang. Karena persediaan yang kurang akan sama tidak baiknya dengan persediaan yang berlebihan, sebab kondisi keduanya memiliki beban dan akibat masing-masing.Bila persediaan kurang, maka toko tidak akan dapat memenuhi semua permintaan sehingga akibatnya pelanggan akan kecewa dan beralih ke perusahaan lainnya. Sebaliknya, bila persediaan berlebih, ada beberapa beban yang harus ditanggung, yaitu:
    1. Biaya penyimpanan di gudang, semakin banyak barang yang disimpan maka akan semakin besar biaya penyimpanannya.
    2. Risiko kerusakan barang, semakin lama barang tersimpan di gudang maka risiko kerusakan barang semakin tinggi.
    3. c. Risiko keusangan barang, barang-barang yang tersimpan lama akan “out of date” atau ketinggalan jaman.
     

    Jenis-jenis Persediaan

    Persediaan pada setiap perusahaan berbeda dengan perusahaan lain tergantung pada bidang kegiatan bisnisnya. Persediaan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

    1. Persediaan Barang Dagangan
    2. Persediaan Manufaktur
    3. Persediaan Lain-lain

    Unified Modelling Language (UML)

    Definisi UML

    Berikut ini adalah beberapa definisi UML menurut beberapa ahli, diantaranya:

    1. Menurut Adi Nugroho (2010:6), UML adalah ‘bahasa’ pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang berparadigma ‘berorientasi objek’.
    2. Menurut Rosa A.S. dan M. Shalahuddin (2013:133), UML adalah salah satu standar bahasa yang banyak digunakan di dunia industri untuk mendifinisikan requirement, membuat analisis dan desain, serta menggambarkan arsitektur dalam pemrograman berorientasi objek.

     

    BAB III

    PEMBAHASAN

    Analisa Organisasi

    Gambaran Umum Izzy Battery

    Izzy Battery merupakan perusahaan yang melakukan kegiatan jual dan beli. Kegiatan usahanya yaitu membeli produk dari pabrik yang menyediakan aki mobil dan kemudian menjual kembali aki mobil tersebut kepada para konsumennya seperti bengkel mobil.

     

    Sejarah Singkat Izzy Battery

    Izzy Battery merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang melakukan kegiatan jual beli aki mobil. Perusahan yang beralamat di Jl. Teuku Umar Komplek Cimone Indah Plaza Blok. B No. 41 Tangerang ini didirikan pada tahun 2011 oleh ibu Angeline Hartanto.

      ====Visi dan Misi====

    Visi Raharja adalah menjadi perguruan tinggi swasta yang secara berkesinambungan meningkatkan kualitas pendidikannya, memberikan pelayanan dalam menciptakan sumber daya manusia yang tangguh, memiliki daya saing tinggi dalam era kompetisi globalisasi, terutama di bidang teknologi informasi dan komputer. Menjadikan pribadi raharja sebagai sumber daya manusia terampil dan ahli, mampu bersaing dalam dunia bisnis maupun non bisnis, menghasilakan tenaga intelektual dan professional, serta mampu berkembang dalam cakrawala yang lebih luas.

    Dalam rangka mencapai visi yang digariskan, Raharja senantiasa akan berupaya untuk melaksanakan misinya sebagai berikut:

    1. Menyelenggarakan program-program studi yang menunjang perkembangan dan penerapan teknologi informasi dalam berbagai bidang ilmu.
    2. Menyediakan sarana dan lingkungan yang kondustif bagi pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan efisien, sehingga terbentuk lulusan-lulusan yang bermoral, terampil dan kreatif.
    3. Menjaga keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan sosial-ekonomi dan industri Indonesia serta mengantisipasi semakin maraknya globalisasi kehidupan masyarakat.
    4. Melangsungkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga ilmu dan teknologi yang diberikan selalu mutakhir serta dapat diterapkan secara berhasil guna dan tepat guna.

    Visi dan misi di atas, dipahami dan didekati dengan kesadaran komitmen pada kualitas yang menjadi target dalam manajemen dan sistem pendidikan di Perguruan Tinggi Raharja. Kualitas sebagai suatu dimensi yang merupakan bagian dari apa yang disebut “Total Qualitas Manajemen”. Konsep berpikir kualitas terdiri dari : performance (kinerja), feature (fasilitas), durability (daya tahan), reliability (kehandalan), conformity (kesesuaian), esthetic (keindahan), dan easy to be repaired (kemudahan perbaikan). Ketujuh elemen itu merupakan perhatian utama manajemen dan sistem pendidikan Perguruan Tinggi Raharja yang dituangkan dalam ISO 9001 : 2008 (Sistem Manajemen Mutu Raharja).

    =====Tujuan Perguruan Tinggi Raharja=====
    1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkan, mengembangkan serta memperluas informatika dan komputer secara profesional.
    2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengadakan penelitian dalam bidang informatika dan komputer, yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lapangan.
    3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang informatika dan komputer secara profesional kepada masyarakat.
     ====Arti Nama Raharja====

    Raharja, kata ini diinspirasikan dari motto kota dan kabupaten Tangerang, yaitu “Bhakti Karya Adhi Kerta Raharja” dan “Setya Karya Kerta Raharja” yang berarti “kesejahteraan” yang dalam arti luasnya adalah keinginan dan niat para pendiri untuk membantu pemerintah ikut serta dalam membangun masyarakat yang sejahtera melalui penguasaan dibidang teknologi informasi dan komputer. Sedangkan Raharja sendiri memiliki motto “Get The Better Future By Computer Science” (meraih sukses yang gemilang dengan ilmu komputer).

     ====Arti Green Campus====

    Green Campus, yang berarti Kampus Hijau memiliki makna yang luas “Green” atau dengan sebutan “Green Leaves” sering diartikan dengan masih hijau generasi muda Indonesia adalah bibit-bibit unggul yang masih hijau dan green campus berpotensi melahirkan generasi pribadi yang matang dan berguna bagi bangsa dan Negara.

    Green” dalam konteks “Green Power” berarti kekuatan financial. Green Campus sebagai kampus yang dapat memberikan power untuk menopang seluruh aktivitas perkuliahan bertujuan menciptakan pribadi raharja yang dapat mandiri secara financial (financially independent).

     ====Arti Pribadi Raharja====

    Pribadi Raharja mencerminkan wawasan almamater Perguruan Tinggi Raharja yang berkeyakinan bahwa perguruan tinggi harus benar-benar merupakan lembaga ilmiah dan kampus harus benar-benar merupakan masyarakat ilmiah. Perguruan tinggi sebagai almamater (ibu asuh) merupakan suatu kesatuan yang bulat dan mandiri.

    Pribadi Raharja mencakup keempat unsur Civitas Akademika, yakni Dosen, Staff/Karyawan Adminstratif, mahasiswa serta alumni harus manunggal dengan almamater, berbakti kepadanya dan melalui almamater mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara dengan jalan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

     ====Lokasi Kampus====

    Jalan Jenderal Sudirman No. 40, Modern Cikokol - Tangerang, Banten 15117.

     ====Struktur Organisasi====

    Sebuah organisasi atau perusahaan harus mempunyai suatu struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha, untuk menunjukkan kerangka-kerangka hubungan diantara fungsi, bagian-bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. Serta untuk menunjukan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu organisasi.

    Sama halnya dengan Perguruan Tinggi Raharja yang mempunyai struktur organisasi manajemen sebagai berikut:

    Struktur.png

    Gambar 3.1 Struktur Organisasi Akademik Perguruan Tinggi Raharja

     ====Wewenang dan Tanggung Jawab====

    Seperti halnya dengan sebuah perusahaan, Perguruan Tinggi Raharja dalam manajemen akademiknya terdapat bagian-bagian yang mempunyai wewenang serta tanggung jawab dalam menyelesaikan semua pekerjaannya.

    Berikut adalah wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja, yaitu sebagai berikut:

    1. Ketua
    2. Wewenang:
      1. Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada visi, misi, fungsi dan tujuan pendirian Perguruan Tinggi Raharja.
      2. Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
      3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan administrasi.
      4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi.
      Tanggung jawab:
      Memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga pendidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan administrasi IK Raharja hubungannya dengan lingkungan.
    3. Pembantu Ketua I (Bidang Akademik)
    4. Wewenang:
      1. Menjalankan program kebijaksanaan akademik.
      2. Mengawasi dan membina serta mengembangkan program studi sesuai kebijaksanaan yang telah digariskan.
      3. Membina dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
      4. Mengadakan afiliasi.
      5. Membina dan mengembangkan kelembagaan.
      Tanggung jawab :
      Membantu Ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
    5. Asisten Direktur Akademik
    6. Wewenang :
      1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan proses belajar mengajar.
      2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staf binaannya.
      3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan, pemberhentian staf binaannya.
      4. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
      5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
      6. Memberikan sangsi kepada staf binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
      7. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen.
      Tanggung Jawab :
      1. Bertanggung jawab atas penyusunan JRS yang efektif dan efisien.
      2. Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan proses belajar mengajar.
      3. Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pelayanan Akademik yang berkesinambungan.
      4. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.
    7. Asisten Direktur Operasional
    8. Wewenang :
      1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar.
      2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor.
      3. Mengusulkan kepada Direktur tentang kepangkatan, pemberhentian staf binaannya.
      4. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
      5. Memberikan sanksi kepada staf binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
      Tanggung Jawab:
      1. Bertanggung jawab atas penyusunan kalender akademik tahunan.
      2. Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan pada bidangnya.
      3. Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pelayanan yang berkesinambungan pada bidangnya.
      4. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.
    9. Kepala Jurusan
    10. Wewenang :
      1. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang perubahan mata kuliah dan materi kuliah yang dianggap telah kadaluarsa bahkan perubahan Kurikulum Jurusan.
      2. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang kenaikan honor dosen binaannya.
      3. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pengadaan seminar, pelatihan, penambahan kelas perkuliahan, pengangkatan dosen baru, pemberhentian dosen.
      4. Memberikan kebijakan administratif akademik seperti cuti kuliah, perpindahan jurusan, ujian susulan, pembukaan semester pendek.
      5. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pembukaan peminatan/konsentrasi baru dalam jurusannya.
      6. Memberikan sanksi akademik kepada mahasiswa yang melanggar tata tertib Perguruan Tinggi Raharja.
      Tanggung Jawab :
      1. Bertanggung jawab atas penyusunan dan pengimplementasian kurikulum, SAP dan Bahan Ajar.
      2. Bertanggung jawab atas monitoring kehadiran dosen dalam perkuliahan, jam konsultasi dan tugas-tugas yang disampaikan ke dosen.
      3. Bertanggung jawab atas terlaksananya penelitian dan pelaksanaan seminar.
      4. Bertanggung jawab atas pembinaan mahasiswa dan dosen binaannya.
      5. Bertanggung jawab atas prestasi Akademik mahasiswa.
      6. Bertanggung jawab atas peningkatan jumlah mahasiswa dalam jurusannnya.
     ===Tata Laksana Sistem Yang Berjalan=======Prosedur Sistem Yang Berjalan====
    MAGICS dirancang untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi Raharja, khususnya para Pribadi Raharja. Tetapi, sistem MAGICS yang berjalan saat ini dirasa belum optimal. Permasalahan yang utama adalah dari sisi register atau pendaftaran akun. Proses pendaftaran yang berjalan saat ini belum memiliki keamanan sistem dalam memberikan batasan pembuatan akun. Sehingga register MAGICS dapat dilakukan bebas oleh siapa saja, termasuk spammer. Di sisi lain, pekerjaan admin akan lebih berat karena harus melihat satu per satu data akun sebelum diaktivasi sebagai member. Untuk menganalisa sistem yang berjalan, penulis menggunakan Unified Modelling Language (UML) dalam menggambarkan prosedur dan proses sistem MAGICS saat ini. Pemodelan sistem akan dipaparkan melalui use case, activity dan sequence diagram.
     ====Use Case Diagram Sistem Yang Berjalan====
    Untuk menggambarkan prosedur dan proses sistem MAGICS saat ini, digunakan sebuah program Visual Paradigm for UML 6.4. Enterprise Edition dengan use case diagram sebagai berikut:

    CMUsecaseBerjalan.jpg

    Gambar 3.2 Use Case Diagram Sistem MAGICS yang Berjalan
    Berdasarkan Gambar 3.2 Use Case Diagram Sistem MAGICS yang Berjalan, terdapat:
    1. Use Case: Akses MAGICS

      Actor: Pribadi Raharja

      Main success scenario: Pribadi Raharja membuka situs MAGICS dengan mengetikkan nama domain magics.co.

    2. Use Case: Register

      Actor: Pribadi Raharja

      Main success scenario : Pribadi Raharja melakukan register MAGICS dengan mengisi form register yang tersedia.

    3. Use Case: Cek data

      Actor: Admin

      Main success scenario: Form register yang sudah terisi akan masuk ke halaman magics site admin. Lalu admin melakukan pengecekan data, yaitu alamat email dan username.

    4. Use Case: Delete akun

      Actor: Admin

      Main success scenario: Bila hasil cek data adalah tidak valid, maka admin akan menghapus akun Pribadi Raharja.

    5. Use Case: Aktivasi akun

      Actor: Admin

      Main success scenario: Bila hasil cek data adalah valid, maka admin akan mengaktivasi akun Pribadi Raharja.

    6. Use Case: Login

      Actor: Pribadi Raharja

      Main success scenario: Setelah aktivasi akun, Pribadi Raharja akan mendapat status member dan melakukan login.

    7. Use Case: Upload

      Actor: Pribadi Raharja

      Main success scenario: Bila sudah berhasil login, Pribadi Raharja dapat melakukan upload file berupa video, audio, dan image.

    8. Use Case: Logout

      Actor: Pribadi Raharja

      Main success scenario: Bila proses upload sudah selesai, Pribadi Raharja dapat melakukan logout.

     ====Activity Diagram Sistem yang Berjalan====
    Dalam Activity Diagram dijelaskan rangkaian aliran aktivitas baik proses bisnis maupun use case. Dan hasilnya dapat juga digunakan untuk memodelkan action yang akan dilakukan saat sebuah operasi dieksekusi. Berikut ini adalah activity diagram sistem MAGICS yang berjalan.

    CMActivityBerjalan.jpg

    Gambar 3.3 Activity Diagram Sistem MAGICS yang Berjalan
    Berdasarkan Gambar 3.3 Activity Diagram Sistem MAGICS yang Berjalan terdapat:
    1. Initial Node, sebagai objek yang diawali.
    2. 8 Action yang mencerminkan eksekusi dari Sistem MAGICS, yaitu Akses MAGICS, Register, Cek data, Delete akun, Aktivasi akun, Login, dan Upload .
    3. 2 Decision Node, yang berfungsi untuk menentukan keputusan yang diambil. Dalam hal ini, jika Pribadi Raharja memasukkan data yang tidak valid saat register, maka admin akan menghapus akun Pribadi Raharja tersebut. Tetapi jika data yang dimasukkan valid, maka akun Pribadi Raharja akan diaktivasi.
    4. Final State, sebagai objek yang diakhiri.
     ====Sequence Diagram Sistem yang Berjalan====
    Dari keterangan prosedur sistem yang berjalan dapat digambarkan sequence diagram mengenai sistem MAGICS, sehingga dengan diagram ini dapat menggambarkan pergerakan sebuah objek dan pesan yang terjadi di dalam sistem.

    CMSequenceBerjalan.jpg

    Gambar 3.4 Sequence Diagram Sistem MAGICS yang Berjalan
    Berdasarkan Gambar 3.4 Sequence Diagram Sistem MAGICS yang Berjalan terdapat:
    1. 2 actor yang terlibat dalam sistem, yaitu Pribadi Raharja dan Admin
    2. 3 boundary lifeline yang berinteraksi dengan Actor, yaitu Halaman utama, Halaman register, dan Halaman admin
    3. 1 control lifeline untuk memproses register akun
    4. 1 entity lifeline untuk penyimpanan file dokumentasi yang di-upload
    5. 10 message yang menjadi spesifikasi dari komunikasi antar objek dengan memuat informasi–informasi tentang aktivitas yang terjadi.
     === Permasalahan yang Dihadapi=======Analisa Permasalahan====

    Berdasarkan metode pengumpulan data melalui observasi secara langsung yang dilakukan penulis, sistem MAGICS sebagai media penyimpanan dokumentasi pada Perguruan Tinggi Raharja sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat permasalahan sehingga pemanfaatannya masih belum maksimal. Berikut ini adalah permasalahan yang penulis temukan dalam analisa terhadap sistem MAGICS:

    1. Terdapat banyak spammer yang terdaftar sebagai member, akibatnya banyak spam yang diberikan spammer pada halaman profil member lain sehingga halaman terlalu berat untuk dibuka.
    2. Belum adanya fitur yang dapat melakukan sharing file ke jejaring sosial membuat fungsi MAGICS menjadi kurang optimal.
    3. Tidak adanya pesan pemberitahuan bila terdapat komentar dalam file maupun halaman profil.
    4. Proses upload image yang terlalu rumit karena terdapat minimal penulisan karakter.
     ====Analisa Kebutuhan====

    Berdasarkan Bab I Perumusan Masalah dan Bab III Analisa Permasalahan yang telah dijabarkan, maka kebutuhan dari sistem yang sedang berjalan adalah:

    1. Perlu diberikan pembatasan pembuatan akun yang mendaftar agar tidak muncul spammer yang menggangu member lain.
    2. Perlu ditambahkannya fitur sharing ke jejaring sosial untuk dapat memplubikasikan file secara luas.
    3. Perlu diadakannya pesan pemberitahuan yang dikirimkan ke email member bila terdapat komentar.
    4. Perlu diperbaiki proses upload image untuk memudahkan member.
     ===Alternatif Pemecahan Masalah===

    Berdasarkan penelitian dari Analisa Permasalahan dan Analisa Kebutuhan media penyimpanan dokumentasi di Perguruan Tinggi Raharja, dalam pengembangan sistem MAGICS perlu diberikan alternatif pemecahan masalah sebagai berikut:

    1. Membatasi proses register member dengan kondisi hanya Pribadi Raharja yang menggunakanemail @raharja.co dan @raharja.info.
    2. Menyediakan fitur sharing file ke jejaring sosial Facebook dengan penambahan beberapa coding.
    3. Menyisipkan coding untuk memunculkan pesan pemberitahuan bila terdapat komentar pada video, audio, gambar, dan halaman profil yang dimiliki.
    4. Meringkas prosedur upload dengan mengubah coding upload image.
     ===User Requirement=======Elisitasi Tahap 1====
    Elisitasi tahap I merupakan daftar yang diberikan oleh stakeholder dalam hasil pengumpulan data mengenai kekurangan dari sistem yang sedang berjalan, dan kebutuhan pengguna sistem yang belum terpenuhi.

    Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I

    Functional

    Analisa Kebutuhan

    No
    Saya ingin sistem dapat :

    1

    Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register

    2

    Memiliki fasilitas edit username

    3

    Memiliki fasilitas session timeout

    4

    Memiliki fasilitas forum diskusi

    5

    Memiliki fasilitas shortcut TPi

    6

    Terkoneksi dengan akun TPi lain setelah login

    7

    Terkoneksi profile picture dari akun Gravatar

    8

    Menghilangkan akses hapus file kepada member

    9

    Mengembalikan file yang telah dihapus

    10

    Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp!

    11

    Memiliki tombol History jelajah terakhir

    12

    Memiliki fasilitas Members Chat Toolbar

    13

    Melakukan sharing file ke Facebook

    14

    Melakukan sharing file ke Twitter

    15

    Melakukan sharing file ke Google+

    16

    Memiliki fasilitas Video Embedder from Youtube

    17

    Mengupload file video dengan format MOV

    18

    Mengupload video dengan ukuran lebih dari 200 MB

    19

    Memiliki fasilitas RSS video terbaru

    20

    Menghitung total views berdasarkan play video

    21

    Memiliki fasilitas Subscribe

    22

    Mengupload file audio selain format MP3

    23

    Mempermudah proses upload image

    24

    Melakukan upload file berupa docs

    25

    Melakukan embed video ke dalam iMe

    26

    Memiliki fitur Like or Dislike file

    27

    Memiliki pengaturan bahasa

    28

    Melakukan privacy settings halaman profile

    29

    Menampilkan keterangan profile views

    30

    Melakukan print detail akun MAGICS

    31

    Menampilkan watermark pada saat play video

    32

    Memberikan survei MAGICS sebelum melakukan upload file

    33

    Mengubah tampilan tema

    34

    Menghapus Branding License

    35

    Memiliki favicon

    36

    Memiliki Video Ads

    37

    Menampilkan slide random video pada halaman Home

    38

    Menampilkan Site Participation Levels

    39

    Menampilkan image secara thumbnails

    40

    Menampilkan foto admin MAGICS

    41

    Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system

    42

    Mengirimkan email notifikasi terhadap rating file

    43

    Memberikan email notifikasi posting comment

    44

    Memberikan email notifikasi reply comment

    45

    Mengirimkan email notifikasi New Member Registration

    46

    Mengirimkan email notifikasi bila ada file yang baru diupload

    47

    Memberikan akses kepada admin untuk mengganti avatar member

    48

    Menampilkan list member online pada halaman utama

    49

    Menampilkan kalimat berjalan Selamat Datang kepada pengunjung

    50

    Menampilkan kalimat berjalan Terima Kasih kepada pengunjung

    No

    Non Functional
    Saya ingin Sistem dapat :

    1

    Memiliki logo dan filosofi logo

    2

    Memiliki Peraturan dan Ketentuan

    3

    Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel

    4

    Memiliki laporan statistik setiap bulan
     ==== Elisitasi Tahap II ====
    Elisitasi Tahap II dibentuk berdasarkan Elisitasi Tahap I yang kemudian diklasifikasi menggunakan metode MDI. Requirement yang diberi opsi I (Inessential) akan dieliminasi.

    Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II

    Functional
    Analisa Kebutuhan
    Saya ingin sistem dapat :

    No

    Uraian

    M

    D

    I

    1

    Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register

    2

    Memiliki fasilitas edit username

     

    3

    Memiliki fasilitas session timeout

     

    4

    Memiliki fasilitas forum diskusi

     

    5

    Memiliki fasilitas shortcut TPi

    6

    Terkoneksi dengan akun TPi lain setelah login

     

    7

    Terkoneksi profile picture dari akun Gravatar

    8

    Menghilangkan akses hapus file kepada member

     

    9

    Mengembalikan file yang telah dihapus

    10

    Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp!

    11

    Memiliki tombol History jelajah terakhir

    12

    Memiliki fasilitas Members Chat Toolbar

     

    13

    Melakukan sharing file ke Facebook

     

    14

    Melakukan sharing file ke Twitter

     

    15

    Melakukan sharing file ke Google+

     

    16

    Memiliki fasilitas Video Embedder from Youtube

     

    17

    Mengupload file video dengan format MOV

     

    18

    Mengupload video dengan ukuran lebih dari 200 MB

     

    19

    Memiliki fasilitas RSS video terbaru

     

     

    20

    Menghitung total views berdasarkan play video

     

    21

    Memiliki fasilitas Subscribe

     

    22

    Mengupload file audio selain format MP3

    23

    Mempermudah proses upload image

     

    24

    Melakukan upload file berupa docs

    25

    Melakukan embed video ke dalam iMe

     

    26

    Memiliki fitur Like or Dislike file

     

    27

    Memiliki pengaturan bahasa

    28

    Melakukan privacy settings halaman profile

     

    29

    Menampilkan keterangan profile views

     

    30

    Melakukan print detail akun MAGICS

     

    31

    Menampilkan watermark pada saat play video

     

    32

    Memberikan survei MAGICS sebelum melakukan upload file

     

    33

    Mengubah tampilan tema

     

    34

    Menghapus Branding License

     

    35

    Memiliki favicon

     

    36

    Memiliki Video Ads

    37

    Menampilkan slide random video pada halaman Home

    38

    Menampilkan Site Participation Levels

     

    39

    Menampilkan image secara thumbnails

     

    40

    Menampilkan foto admin MAGICS

     

    41

    Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system

     

    42

    Mengirimkan email notifikasi terhadap rating file

     

    43

    Memberikan email notifikasi posting comment

     

    44

    Memberikan email notifikasi reply comment

     

    45

    Mengirimkan email notifikasi New Member Registration

     

    46

    Mengirimkan email notifikasi bila ada file yang baru diupload

    47

    Memberikan akses kepada admin untuk mengganti avatar member

     

    48

    Menampilkan list member online pada halaman utama

    49

    Menampilkan kalimat berjalan Selamat Datang kepada pengunjung

     

     

    50

    Menampilkan kalimat berjalan Terima Kasih kepada pengunjung

     

    Non Functional
    Saya ingin Sistem dapat :

    N0

    Uraian

    M

    D

    I

    1

    Memiliki logo dan filosofi logo

     

    2

    Memiliki Peraturan dan Ketentuan

     

    3

    Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel

    4

    Memiliki laporan statistik setiap bulan

     ==== Elisitasi Tahap III ====
    Berdasarkan Elisitasi Tahap II di atas, dibentuklah Elisitasi Tahap III. Requirement yang lolos akan diklasifikasikan kembali dengan menggunakan metode TOE dengan opsi LMH. Yang diberi opsi H (High) akan dieliminasi.

    Tabel 3.3 Elisitasi Tahap III

    Functional
    Analisa Kebutuhan
    Saya ingin sistem dapat :

    No

    Uraian

    T

    O

    E

    L

    M

    H

    L

    M

    H

    L

    M

    H

    1

    Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register

    2

    Terkoneksi dengan akun TPi lain setelah login

     

    3

    Terkoneksi profile picture dari akun Gravatar

     

     

    4

    Mengembalikan file yang telah dihapus

     

     

     

    5

    Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp!

     

     

     

     

     

    6

    Melakukan sharing file ke Facebook

     

     

     

    7

    Melakukan sharing file ke Twitter

     

     

     

    8

    Melakukan sharing file ke Google+

     

    9

    Memiliki fasilitas Video Embedder from Youtube

     

     

    10

    Mengupload file video dengan format MOV

     

     

    11

    Mengupload video dengan ukuran lebih dari 200 MB

     

     

     

    12

    Memiliki fasilitas RSS video terbaru

     

     

    13

    Menghitung total views berdasarkan play video

     

     

    14

    Memiliki fasilitas Subscribe

     

     

    15

    Mengupload file audio selain format MP3

     

     

     

    16

    Mempermudah proses upload image

     

     

     

    17

    Melakukan embed video ke dalam iMe

     

     

     

    18

    Memiliki fitur Like or Dislike file

     

     

    19

    Menampilkan watermark pada saat play video

     

     

    20

    Memberikan survei MAGICS sebelum melakukan upload file

     

    21

    Mengubah tampilan tema

     

     

     

    22

    Menghapus Branding License

     

     

     

     

     

    23

    Memiliki favicon

     

     

     

    24

    Menampilkan Site Participation Levels

     

     

     

     

     

    25

    Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system

     

     

     

     

    26

    Mengirimkan email notifikasi terhadap rating file

     

     

     

    27

    Memberikan email notifikasi posting comment

     

     

     

     

    28

    Memberikan email notifikasi reply comment

     

     

     

     

    29

    Mengirimkan email notifikasi New Member Registration

     

     

     

    30

    Mengirimkan email notifikasi bila ada file yang baru diupload

     

     

     

    Non Functional
    Saya ingin Sistem dapat :

    No

    Uraian

    T

    O

    E

    L

    M

    H

    L

    M

    H

    L

    M

    H

    1

    Memiliki logo dan filosofi logo

     

    2

    Memiliki Peraturan dan Ketentuan

    3

    Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel

     

     

    4

    Memiliki laporan statistik setiap bulan

     

     ==== Final Draft Elisitasi ====

    Berdasarkan Elisitasi Tahap III di atas, dihasilkan Final Draft Elisitasi yang sudah disepakati oleh stakeholder dan pengembang sistem. Final Draft Elisitasi merupakan bentuk akhir dari tahap-tahap elisitasi yang dapat dijadikan acuan dan dasar untuk mengembangkan sistem MAGICS pada Perguruan Tinggi Raharja.

    Tabel 3.4 Final Draft Elisitasi

    Functional
    Analisa Kebutuhan
    Saya ingin system dapat :

    No

    Uraian

    1.

    Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register

    2.

    Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp!

    3.

    Melakukan sharing file ke Facebook

    4.

    Mengupload file video dengan format MOV

    5.

    Mempermudah proses upload image

    6.

    Menampilkan watermark pada saat play video

    7.

    Memiliki favicon

    8.

    Menampilkan Site Participation Levels

    9.

    Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system

    10.

    Memberikan email notifikasi posting comment

    11.

    Memberikan email notifikasi reply comment
    Non Functional
    Saya ingin Sistem dapat :

    No

    Uraian

    1.

    Memiliki logo dan filosofi logo

    2.

    Memiliki Peraturan dan Ketentuan

    3.

    Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel

    4.

    Memiliki laporan statistik setiap bulan
     ===Final Elisitasi Yang Diusulkan===

    Sebagai bukti perlu diadakannya suatu pengembangan sistem, final elisitasi yang sudah didapat dari stakeholder juga didukung atas permintaan customer iDuHelp!. Pembahasan detail elisitasi final akan dijabarkan secara satu persatu dengan menerapkan konsep sebelum adanya sistem yang diusulkan, sebagai berikut:

    ====Functional Analisa Kebutuhan=========Memiliki default email Eco dan Rinfo untuk register=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Pengguna pada sebuah sistem menentukan mutu dari sistem itu sendiri. Jika pengguna yang terdaftar merupakan pengguna yang tidak jelas atau berupa spammers, tentunya akan mengganggu aktivitas dalam sistem yang bersangkutan. MAGICS merupakan sistem penyimpanan dokumentasi yang penggunanya diarahkan untuk membuat akun agar dapat memiliki akses lebih. Awalnya MAGICS belum terdapat pembatasan dalam pembuatan akun, sehingga timbul banyaknya spammers yang mendaftar sebagai member. Spammers dalam MAGICS membuat banyak kerugian bagi member lain yang merupakan Pribadi Raharja. Para spammers tersebut mem-posting comment pada halaman profile member yang membuat halaman tersebut penuh dengan komentar yang tidak dikehendaki atau spam, sehingga halaman akan lama dibuka karena terlalu berat. Berikut ini potongan gambar dari halaman profil salah satu member, disertai keluhannya.

    CMSpam.jpg

    Gambar 3.5 Halaman Profile yang berisi Spam

    CMRegis Email.png

    Gambar 3.6 Request by Rooster

     =====Memiliki tombol Help yang menuju ke iDuHelp!=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Footer merupakan bagian penutup dari website, yang dapat berisi informasi lain tentang website, seperti lisensi pengunaan, sitemap, ataupun link ke website lain. Pada awalnya MAGICS memiliki default Footer seperti gambar di bawah ini:

    CMFooter.jpg

    Gambar 3.7 Footer MAGICS Old

    Apabila salah satu contentnya di klik, maka akan menuju ke sebuah halaman baru. Tetapi karena Footer belum dimodifikasi, maka tampilan yang akan muncul seperti ini:

    CMFooterContoh.jpg

    Gambar 3.8 Tampilan Halaman About Us

    Di sisi lain terkait dengan sistem iDuHelp!, terdapat suatu permasalahan dimana untuk melakukan layanan iDuHelp! harus mengandalkan 1 (satu) tempat yaitu iMe iDuHelp! (iduhelp.ilearning.me). Saat iMe sedang maintenance, layanan iDuHelp! menjadi sulit untuk diakses. Maka timbul permintaan dari Pimpinan Perguruan Tinggi Raharja melalui email yang menyatakan bahwa setiap PIC project dapat menyertakan link iDuHelp! di halaman utama project masing-masing, begitu pula pada halaman utama MAGICS.

    CMFooteriDuHelp!Email.jpg

    Gambar 3.9 Email Request Link iDuHelp!

     =====Melakukan sharing file ke Facebook=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Sebagai sebuah website yang ditujukan untuk penyimpanan file, MAGICS juga dituntut untuk dapat melakukan sharing file ke jejaring sosial yang ada. Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan menurut hasil survei Global Monitor, Facebook menduduki urutan pertama jejaring sosial populer bagi pengguna internet. Namun, dalam MAGICS belum terdapat fasilitas sharing file ke jejaring sosial Facebook. Hal ini menjadi kekurangan dalam mewujudkan fungsi sharing file, sehingga member MAGICS menyampaikan kebutuhannya kepada iDuHelp! dalam transkip percakapan berikut:

    CMFB email.jpg

    Gambar 3.10 ChatScript iDuHelp! - Sharing Facebook 1

    CMShareFB.jpg

    Gambar 3.11 ChatScript iDuHelp! - Sharing Facebook 2

     =====Mengupload file video dengan format MOV=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Muncul permasalahan yang terindentifikasi pada sistem MAGICS perihal play video dengan format MOV. Setelah file video di-upload pada MAGICS, terjadi kesalahan saat pemutaran file. Gambar dari video dengan audio menjadi tidak sejalan atau tidak sinkron. Masalah ini pun disampaikan oleh member kepada admin.

    CMMovVideo.png

    Gambar 3.12 Email Keluhan Video MAGICS

     =====Mempermudah proses upload image=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Dahulu, prosedur upload image di MAGICS cukup sedikit rumit dikarenakan member harus mengisikan form data image dengan jumlah karakter yang ditentukan dan diakhiri spasi. Prosedurnya adalah harus mengiputkan minimal 6 karakter untuk mengisi keterangan judul, deskripsi, dan tag serta diakhiri spasi pada setiap kata. Bila kurang dari 6 karakter atau tidak memberikan spasi, maka akan muncul pesan peringatan untuk penginputan ulang. Member pun menyampaikan keluhannya perihal ini kepada admin.

    CMUploadImage.png

    Gambar 3.13 Email Keluhan Upload Image

     =====Menampilkan watermark pada saat play video=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Video merupakan salah satu file multimedia yang terdapat di dalam MAGICS. Namun, saat hendak memutar video belum tertera tanda bahwa video itu adalah milik MAGICS. Sehingga dapat memunculkan masalah kepemilikan, copyright, serta masalah keaslian. Kebutuhan ini disampaikan member melalui iDuHelp!, seperti pada transkip berikut:

    CMLogoVideo.jpg

    Gambar 3.14 ChatScript iDuHelp! - Watermark Video

     =====Memiliki favicon=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Permasalahan ini terjadi ketika pengguna internet membuka banyak tab pada suatu browser yang menyebabkan sulitnya menemukan tab website tertentu yang diinginkan. Ilustrasi yang menggambarkan kejadian tersebut sebagai berikut:

    CMFavicon.jpg

    Gambar 3.15 Ilustrasi Pembukaan Banyak Tab pada Browser

    Dari ilustrasi gambar di atas, menjelaskan kesulitan yang dialami pengguna untuk menuju website yang diinginkan saat jendela browser membuka banyak tab. Hal serupa juga dialami para pengguna MAGICS, dimana mereka harus membuka satu persatu tab browser untuk menuju halaman MAGICS. Maka kesulitan yang dialami disampaikan melalui iDuHelp!. Berikut ini potongan percakapan dalam chat iDuHelp!.

    CMFaviconEmail.jpg

    Gambar 3.16 ChatScript iDuHelp! - Favicon 1

    CMFaviconMail.jpg

    Gambar 3.17 ChatScript iDuHelp! - Favicon 2

     =====Menampilkan Site Participation Levels=====

    Deskripsi sebelumnya :

    MAGICS Site Participation Levels merupakan halaman yang berisi keterangan status yang dimiliki member berdasarkan jumlah file yang sudah di-upload ke dalam MAGICS. Dalam MAGICS Site Participation Levels terdapat 4 tingkatan, yaitu Newbie, Jr.Member, Member, dan Hero Member.

    CMLevelParticipationOld.png

    Gambar 3.18 MAGICS Site Participation Levels Old

    Namun, Site Participation Levels yang berjalan saat ini belum berfungsi dengan baik. Status member belum dapat berubah sesuai keterangan yang tertera pada Site Participation Levels. Kebutuhan dari permasalahan ini pun, disampaikan member MAGICS melaui chat iDuHelp! pada transkip berikut:

    CMLevelParticipationEmail.jpg

    Gambar 3.19 ChatScript iDuHelp! - MAGICS Site Participation Level

     =====Berbahasa Indonesia saat mengirimkan email system=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Dalam sistem MAGICS terdapat auto email system yang dimiliki. Umumnya, email tersebut terdiri dari rangkaian kalimat bawaan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Berdasarkan auto email system ini timbul permintaan dari pembimbing agar dapat mengubahmya ke dalam bahasa sehari-hari atau Bahasa Indonesia yang mencerminkan Raharja.

    CMBahasaIndo.jpg

    Gambar 3.20 Email Request Perubahan Bahasa

    Selain itu, muncul juga permintaan dari member perihal email melalui chat iDuHelp!

    CMBahasaIndoEmail.jpg

    Gambar 3.21 ChatScript iDuHelp! - Email Sistem

     =====Memberikan email notifikasi posting comment=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Dalam MAGICS terdapat fasilitas untuk memberikan komentar, baik dalam video, audio, gambar maupun halaman profil member. Namun, fasilitas tersebut tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana berkomunikasi, sebab mereka tidak mengetahui jika ada member lain yang memberikan komentar. Hal tersebut terjadi karena sampai saat ini MAGICS belum tersedia pesan pemberitahuan melalui email mengenai pemberian komentar yang diberikan oleh member lain kepada file member yang bersangkutan. Sehingga menjadi suatu kekurangan pada sistem yang cukup merugikan. Dengan teridentifikasinya masalah ini, maka timbul kebutuhan untuk diadakan pesan pemberitahuan. Kebutuhan disampaikan melalui iDuHelp! pada transkip berikut:

    CMNotifEmailComment.jpg

    Gambar 3.22 ChatScript iDuHelp! - Email Notifikasi 1

    CMEmailNotif.jpg

    Gambar 3.23 ChatScript iDuHelp! - Email Notifikasi 2

     =====Memberikan email notifikasi reply comment=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Setelah email notifikasi atas komentar sudah berfungsi dengan baik, timbul masalah lain untuk memunculkan email atas member yang memberikan reply comment pada file MAGICS. Kebutuhan ini disampaikan member MAGICS melaui chat iDuHelp! dalam transkip berikut:

    CMReplyCommentEmail.jpg

    Gambar 3.24 ChatScript iDuHelp! - Email Notifikasi Reply

     ====Non Functional Final Elisitasi=========Memiliki logo dan filosofi logo=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Logo adalah icon atau simbol khusus yang dapat berupa nama, lambang atau elemen grafis yang ditampilkan secara visual. Setiap logo memiliki arti atau filosofi tersendiri, dan biasanya disesuaikan dengan suatu tujuan yang diwakilkan oleh sebuah lambang.

    Pada sistem MAGICS yang berjalan saat ini belum terdapat logo yang ditampilkan dalam website. Maka muncul permintaan atas kebutuhan ini. Kebutuhan disampaikan melalui email kepada setiap admin project TPi untuk membuat desain logo yang akan digunakan dalam website atupun bentuk logo versi iPad.

    CMEmailLogo.png

    Gambar 3.25 Email Request Pembuatan Logo

     =====Memiliki Peraturan dan Ketentuan=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Suatu sistem akan lebih baik jika terdapat peraturan dan ketentuan yang jelas. Peraturan dan ketentuan dibutuhkan untuk memberi ketertiban dalam mengontrol suatu sistem. Namun, di dalam sistem MAGICS belum terdapat peraturan dan ketentuan, sehingga sistem mejadi tidak terkendali. Misalnya dalam kasus register MAGICS. Register MAGICS ditujukan untuk semua Pribadi Raharja, tetapi hanya Pribadi Raharja yang menggunakan email Eco dan Rinfo. Karena MAGICS belum memiliki peraturan dan ketentuan, banyak Pribadi Raharja yang melakukan register dengan domain email lain seperti @yahoo.com atau @gmail.com. Kasus lain terjadi pada proses tunggu aktivasi akun. Dikarenakan admin tidak selalu dalam keadaan online, maka akun yang terdaftar tidak dapat segera diaktivasi. Kebutuhan ini disampaikan melalui email kepada admin.

    CMPeraturanMAGICSEmail.png

    Gambar 3.26 Email Aktivasi Akun

     =====Memiliki FAQ penggunaan di iRAN sebanyak 35 artikel=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Setiap sistem pasti terdapat prosedur penggunaan yang berbeda-beda dari sistem yang lainnya. Begitu pula dengan sistem penyimpanan dokumentasi MAGICS. Beberapa member belum mengetahui bagaimana cara menggunakan MAGICS, baik untuk meng-upload ataupun memanfaatkan fitur yang tersedia. Hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan member yang disampaikan melalui iDuHelp! ataupun Rooster.

    CMRequest iRAN.png

    Gambar 3.27 Email untuk Artikel iRAN

     =====Memiliki laporan statistik setiap bulan=====

    Deskripsi sebelumnya :

    Jumlah file yang dimiliki dari sebuah sistem penyimpanan sangatlah penting, dan dari jumlah tersebut akan muncul grafik statistik terhadap transaksi penggunaan sistem. Ada baiknya setiap sistem memiliki sebuah laporan statistik secara continue. Karena dari laporan statistik dapat diambil kesimpulan untuk membuat keputusan-keputusan penting dalam meningkatkan mutu serta peningkatan aktivitas pemakaian. Saat ini sistem MAGICS belum memiliki laporan statistik yang continue, sehingga muncul permasalahan dalam mengetahui sejauh mana MAGICS telah berkembang. Di satu sisi, terdapat permintaan terhadap dibuatkannya laporan statistik dari masing-masing TPi oleh Iz.

    CMRequest Statistik.png

    Gambar 3.28 Email Request Statistik Project

    Contributors

    Admin, Darwinjawak