SI0822461676

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN DESAIN WEB COMPANY PROFILE

SEBAGAI SALAH SATU PENUNJANG PROMOSI

CV. YUKA PRODUCTION TANGERANG

SKRIPSI

Logo stmik raharja.jpg

Disusun Oleh :

NIM
: 0822461676
NAMA

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2014)

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN DESAIN WEB COMPANY PROFILE

SEBAGAI SALAH SATU PENUNJANG PROMOSI

CV. YUKA PRODUCTION TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 0822461676
Nama
Jenjang Studi
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 2014

Ketua
       
Kepala Jurusan
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 001405

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN SURAT MASUK

DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR DINAS KOPERASI

KOTA TANGERANG SELATAN

Dibuat Oleh :

NIM
: 0822461676
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :

Tangerang, 17 Juni 2014

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
Junaidi, M.Kom
   
Wahyu Hidayat, S.I.Kom
NID :
   
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN DESAIN WEB COMPANY PROFILE

SEBAGAI SALAH SATU PENUNJANG PROMOSI

CV. YUKA PRODUCTION TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 0822461676
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2013/2014

Disetujui Penguji :

Tangerang, 2014

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN DESAIN WEB COMPANY PROFILE

SEBAGAI SALAH SATU PENUNJANG PROMOSI

CV. YUKA PRODUCTION TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 0822461676
Nama
Jenjang Studi
Jurusan
Konsentrasi

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 2014

 
 
 
 
 
NIM : 0822461676

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

 

 

 

 

 

Perkembangan ilmu multimedia dan teknologi berkembang sangat pesat baik di bidang dokumentasi, bisnis maupun industri. Dalam dunia bisnis sering terjadi persaingan, bagi siapa saja yang tidak mengikuti arus perkembangan kemajuan tersebut akan selalu ketinggalan. CV.Yuka Production sebagai salah satu penyelenggara dokumentasi di provinsi Banten juga tidak luput dari persaingan tersebut sehingga untuk mendukung kegiatan promosinya.

Perlu kita sadari bahwa kemajuan teknologi harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang memadai. Multimedia merupakan salah satu faktor terpenting dalam kebutuhan dokumentasi, dengan bekal multimedia tersebut akan dapat mengantarkan ke jenjang kesuksesan, manusia dapat dikatakan berkualitas jika kriteria dapat berpikir secara logical, mempunyai kompetensi dan skill yang profesional dalam suatu bidang. Dalam kehidupan tidak luput dari kompetisi, hal inilah yang menuntut masyarakat untuk selalu bisa mengikuti arus perubahan perkembangan yang ada jika ingin mampu bertahan dan selalu mendapatkan solusi dalam persaingan.

CV.Yuka Production adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa video dokumentasi dan fotografi sebagai bahan informasi, yang selalu berupaya meningkatkan kualitas hasil video, di era globalisasi ini, selain pengembangan di bidang ilmu multimedia, juga dikembangkan jasa burning dalam waktu singkat, semua itu ditopang dengan fasilitas kemajuan teknologi yang sudah ada saat ini. Untuk mempermudah dalam mengakses tentang detail profil CV.Yuka Production dibutuhkan sarana media yang lebih efektif untuk sosialisasi tentang informasi-informasi yang ditujukan kepada masyarakat, sehingga masyarakat berminat menggunakan jasa CV.Yuka Production.

Berdasarkan permasalahan diatas, untuk melengkapi media-media yang selama ini digunakan sesuai dengan tugas penulis dalam mata kuliah skripsi dalam hal ini penulis mengangkat sebagai topik penelitian yang diberi judul :

” PERANCANGAN DESAIN WEB COMPANY PROFILE SEBAGAI SALAH SATU PENUNJANG PROMOSI CV. YUKA PRODUCTION TANGERANG”

 

1.2.      Rumusan Masalah

Masalah yang dihadapi oleh CV. YUKA PRODUCTION adalah belum terdapatnya media yang dapat menyampaiakan informasi secara detail tentang jasa dokumentasi. Lingkup permasalahan yang akan dibahas dalam topik ini adalah sebagai berikut :

1.      Bagaimana sistem informasi pengolahan data web yang berjalan saat ini pada CV. Yuka Production Tangerang?

2.      Bagaimana sistem pembuatan web yang ada pada CV. Yuka Production Tangerang?

3.      Bagaimana merancang aplikasi sistem web yang dapat memenuhi kebutuhan stakeholder?

 

1.3              Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.3.1 Tujuan Penelitian

Adapun beberapa uraian diatas penulis mempunyai beberapa tujuan sebagai berikut :

1.      Untuk mengetahui sistem informasi pengolahan data CV. Yuka Production Tangerang yang sedang berjalan.

2.      Untuk menciptakan sistem informasi pengolahan data CV. Yuka Production Tangerang yang lebih efektif, cepat dan akurat.

3.      Untuk menciptakan aplikasi sistem CV. Yuka Production Tangerang yang berbasis web sesuai kebutuhan stakeholder.

 

1.3.2        Manfaat Penelitian

Adapun manfaat web, baik yang diselenggarakan di CV. Yuka Production Tangerang adalah sebagai berikut:

1.      Memberikan sistem pengolahan data CV. Yuka Production Tangerang dalam bentuk aplikasi.

2.      Memberikan Sistem informasi pengolahan data CV. Yuka Production Tangerang yang mampu memberikan laporan secara efektif, cepat dan akurat.

3.      Untuk memenuhi kebutuhan stakeholder dalam pengolahan data CV. Yuka Production Tangerang.

1.4 Ruang Lingkup

Agar dalam pembahasan tersebut terarah, maka penulis akan membatasi ruang lingkup permasalahan yang akan dibahas yakni, mengenai Perancangan Desain Web Company Profile sebagai salah satu penunjang promosi CV. YUKA PRODUCTION Tangerang.

 

1.5 Metodologi Penelitian

Dalam menyelesaikan perancangan dan penulisan skripsi ini, maka penulis menggunakan beberapa metode penelitian untuk mendapatkan data yang diperlukan, sehingga dapat diperoleh suatu hasil yang sesuai seperti diharapkan penulis. Adapun metodologi penelitian yang digunakan penulis adalah :

1.5.1        Metode Pengumpulan Data

1)      Observasi

Penulis melakukan pengamatan langsung pada lokasi penelitian yaitu pada CV. Yuka Production Tangerang yang beralamat di Jl.Margasari No.29 Tangerang guna untuk mendapat data yang diteliti dengan melakukan analisa dan evaluasi terhadap masalah yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas.

2) Wawancara (Interview)

Metode yang dilakukan penulis untuk mendapatkan data dengan cara wawancara atau tanya jawab secara lisan kepada stakeholder yaitu Ibu Eka Septiati, A.Md selaku Sekertaris dan Humas di CV. Yuka Production Tangerang.

3) Studi Pustaka

Suatu metode untuk mendapatkan data dengan cara mempelajari buku-buku yang berkaitan dengan judul yang diambil. Sehingga penulis mendapatkan gambaran secara teoritis yang berguna untuk perancangan maupun penulisan

 

1.5.2        Metode Perancangan

Unified Modeling Language (UML) digunakan untuk melakukan pemodelan sistem/perangkat lunak dengan menggunakan tools yang ada. Dengan pemodelan menggunakan UML, rekayasa dan pengembangan perangkat dapat dilakukan dengan fokus pengembangan dan desain perangkat lunak Setiap sistem yang komplek seharusnya bisa dipandang dari sudut pandang yang berbeda-beda sehingga bisa dilakukan pemahaman secara menyeluruh. Dalam upaya-nya tersebut, UML menyediakan sembilan jenis diagram yang dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya yang statis ataupun dinamis. Kesembilan jenis diagram UML adalah Use-case Diagram, Class Diagram, Statechart Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Collaboration Diagram, Component Diagram, Diagram Objek, Depeloyment Diagram. Alasan saya mengapa memakai UML karena Metode Perancangan dengan memakai UML dapat menjelaskan cara kerja program yang kita buat bagi user agar lebih mudah dimengerti.

 

1.6              Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah dalam memahami lebih jelas tentang penulisan penelitian ini, maka penulis mengelompokkan materi penulisan menjadi Lima (V) bab yang masing-masing saling berkaitan satu sama lainnya, sehingga tulisan ini menjadi satu kesatuan yang utuh, kelima bab tersebut yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, pembatasan masalah, ruang lingkup penelitian, metode penelitian yang digunakan, tujuan dan manfaat perancangan, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi mengenai teori-teori pendukung penulis dan literature review. Landasan teori terdiri dari teori umum dan teori khusus. Pada teori umum merupakan teori yang umum digunakan sebagai acuan, yaitu mengenai konsep dasar data dan informasi, konsep dasar sistem informasi, konsep dasar analisa sistem, dan konsep dasar perpustakaan. Sedangkan teori khusus merupakan teori penunjang secara teknis yang digunakan sebagai acuan, yang tediri dari pengertian UML dan definisi lainnya yang berkaitan dengan sistem yang dibahas.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini berisi tentang gambaran umum dan Sejarah Singkat CV. Yuka Production Tangerang, Struktur Organisasi, UML (Unified Modelling Language) sistem yang berjalan, analisa kebutuhan, serta Elisitasi tahap I,II,III dan final draft Elisitasi.

BAB IV RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

Bab ini berisi tentang penjelaskan sistem yang diusulkan dengan menggunakan (UML) Unified Modelling Language, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) yang diperlukan, sumber daya manusia, cara pengoperasian dan implementasi sistem yang diusulkan.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN - LAMPIRAN

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

 

 

2.1. Konsep Dasar Perancangan

2.1.1 Pengertian Perancangan

Perancangan adalah merupakan wujud visual yang dihasilkan dari bentuk-bentuk kreatif yang telah direncanakan. Langkah awal dalam perancangan desain bermula dari hal-hal yang tidak teratur berupa gagasan atau ide-ide kemudian melalui proses penggarapan dan pengelolaan akan menghasilkan hal-hal yang teratur, sehingga hal-hal yang sudah teratur bisa memenuhi fungsi dan kegunaan secara baik.

2.1.2 Proses Perancangan Secara Umum

a. Persiapan Data  : Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu kita seleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali. Dan data dapat berupa data Informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data Estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang.

b. Idea : Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima audience dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

c. Konsep : Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, Kelayakan dan segment audience yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

d.Media  : Untuk mencapai kriteria ke sasaran/ segment yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik, luar ruang dan lain-lain.

e. Visualisasi  : Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

f. Produksi  : setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu di proofing (print preview sebelum cetak mesin). Jika warna dan komponen grafis lain tidak ada kesalahan, maka desain dapat dicetak dan diperbanyak.

 

2.2 Konsep Dasar Desain

2.2.1 Definisi Desain

Desain merupakan art direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternatif desain, hingga final artwork (FAW).

2.2.2 Fungsi – Fungsi Desain

1. Fungsi Informasi

Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.

2. Fungsi Identifikasi

Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.

3.      Fungsi Persuasi

Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.

2.2.3 Unsur-Unsur Desain Grafis

Desain yang menekankan tanpa keindahan akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. ’Menarik’ atau ’indah’ bisa dilihat dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin), maka desain akan menarik apabila indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. Keindahan yang dibahas disini lebih ditekankan pada kemampuan mata sebagai penilai.

Agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur dalam desain grafis. Unsur-unsur dalam desain grafis diantaranya adalah :

1.      Garis (line)

Garis di definisikan sebagai sekumpulan titik yang dideretkan memanjang. Setiap garis menimbulkan kesan psikologis atau persepsi sendir. Misalnya garis yang membentuk ‘S’, sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. Bandingkan garis yang membentuk ‘Z’, terkesan tegas dan kaku.

2.      Bentuk (shape)

Bentuk disebut juga shape, dihasilkan dari garis-garis yang tersusun semedikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra). Setiap bentuk mempunyai arti sendiri, tergantung budaya, geografis dan lain-lain. Contoh : segitiga bisa melambangkan konsep trinitas (ayah, ibu, anak), tetapi di mesir segitiga melambangkan simbol feminimitas (kewanitaan).

3.      Ilustrasi /Gambar /Image

Gambar di desain grafis bisa terbagi dari metodenya :

a. Manual / Hand Drawing / gambar tangan. Dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush, kuas, cat, spidol dan lain-lain. Cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide, karikatur, komik, lukisan dan lain-lain.

b. Computerized. Menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vektor atau bitmap. Format vektor yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logo dan gambar line-art. Format bitmap terdiri dari pixel-pixel, cocok untuk foto.

4.      Ruang (Space)

Dengan ruang, kita dapat merasakan jauh-dekat, tinggi-rendah, panjang-pendek, kosong-padat, besar-kecil dan lain-lain. Ukuran tersebut sifatnya relatif. ‘Besar’ menurut anda belum tentu sama dengan ‘besar’ menurut orang lain. Ukuran-ukuran tersebut muncul karena ada pembanding.

a.       Teks /Tipografi

Merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan pembaca dapat membaca semaksimal mungkin.

b.      Warna (Color)

Setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience secara efektif.

2.2.4 Prinsip-Prinsip Desain Grafis

Dalam mengkomposisi atau mengatur layout agar menarik menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :

1.      Keseimbangan (Balance)

Secara keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Mata kita akan menangkap keseluruhan atau halaman desain dalam satu komponen yang lebih kecil.

2.      Irama (Rhythm)

Pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola atau pattern tertentu.

3.      Skala dan Proporsi

Skala adalah perubahan ukuran atau size tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsi adalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.

4.      Fokus

Tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus fokuskan atau diarahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis atau konflik pada komponen desain grafis.

5.      Kesatuan (Unity)

Semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan.

2.2.5 Definisi Typografy

Tipografi (typography) adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-font komputer, kita akan leluasa memilih jenis font yang diinginkan. Namun memilih font adalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia.

2.2.6 Definisi Tentang Psikologi Warna

2.2.6.1 Pengertian Warna

Secara obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga, kuning, ungu). Jenis warna yang demikian disebut spectrum atau warna cahaya. Secara subyektif warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.

2.2.6.2 Dimensi Warna

Secara garis besar dikenal adanya 2 dasar teori tentang warna :

1. Munsell system

2. Prang system, menurut teori Prang system warna dapat dibagi :

a. HUE (nama warna) : panas atau dinginnya warna

-          Menunjukkan nama-nama warna : merah, biru, hijau

-          Perbedaan warna adalah perbedaan HUE

-          Bila hijau menjadi kebiruan dapat dikatakan berubah HUEnya

b. VALUE : terang atau gelapnya warna

c. INTENSITY : cerah atau suramnya warna

2.2.6.3 Jenis / Bentuk Warna

1. Warna Primer

Warna primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna : kuat dan kontras.

2. Warna Sekunder

Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran dua warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan tiga warna pula, yaitu jingga, (merah + kuning), hijau (kuning + biru), dan ungu (merah + biru).

3. Warna Quarter

Warna yang merupakan hasil percampuran dua warna sekunder, yaitu coklat jingga adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijau adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat biru.

4. Warna Tersier

Warna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna–warna sekunder yang menghasilkan tiga warna, yaitu orange – jingga, orange – hijau, dan hijau – jingga.

 

5. Warna Complementer

Dua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning, merah dan hijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warna ini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinya dapat bergerak.

2.2.6.4 Makna Simbolik Warna

1.      Warna Merah : semangat, keberanian, amarah, bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan.

2.      Warna Kuning : Kegembiraan, keceriaan, kecemerlangan, keagungan, ciptaan

3.      Warna Kuning Emas : kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemuliaan, kekuatan spiritual.

4.      Warna Hijau : pertumbuhan, kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian.

5.      Warna Biru : kebenaran, keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati.

6.      Warna Putih : kesucian, kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.

7.      Warna Hitam : ketabahan, kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan.

8.      Warna Abu-abu : ketaatan, rendah hati, kesholihan, modern.

9.      Warna Orange : kemajuan, semangat, perkembangan, energi.

10.  Warna Violet : kemulyaan, kebesaran jiwa, kelembutan.

11.  Indigo : ilmu pengetahuan, kemapanan, kedewasaan.

 

 

 

2.2.6.5 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

Simbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure, sosok suatu objek terungkap dalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.

2.2.6.6.Definisi Citra atau Image

Citra atau Image adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen,dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.

 

2.3 Konsep Dasar Company Profile

Company Profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi dan kerjasama dalam lingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkait lainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut. Secara umum identitas yang biasa dipergunakan sebagai tanda pengenal suatu lembaga ataupun perusahaan dalam bentuk sebuah Booklet yang berisi mengenai latar belakang perusahaan, aset-aset perusahaan, visi misi perusahaan, struktur organisasi, serta alur kerja perusahaan secara keseluruhan dimuat dalam bentuk Booklet yang disebut company profile.

Company Profile tersebut sebagai aset perusahaan yang dipegang dan dimiliki oleh setiap perusahaan atau lembaga. Dimana company profile berfungsi sebagai tanda atau identitas dari perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan relasi perusahaan, lembaga, instansi terkait lainnya.

Secara umum company profile dibuat dalam bentuk buku yang ditata secara baik dengan menggunakan unsur desain komunikasi visual dengan menggunakan perpaduan unsur bentuk, warna, tipografi serta elemen-elemen estetis pendukung lainnya yang tersusun dalam sebuah tatanan komposisi yang dinamis.

 

2.4  Konsep Dasar Promosi

2.4.1 Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Pentingnya promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis di kejauhan. Tak seorang pun yang tahu apa yang dilakukan pria tersebut selain dirinya sendiri.

Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

 

2.4.2        Tujuan Promosi

Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi, dan membujuk serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasaran.

2.4.3. Bentuk Promosi

Meskipun secara umum bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebut dapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khususnya. Beberapa tugas khusus itu sering disebut bentuk promosi, antara lain :

a.                   Personal selling, adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka akan mencoba dan membelinya

b.                  Mass Selling, adalah pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak sefleksibel personal selling namun merupakan alternative yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.

c.                   Promosi Penjualan, adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

d.                  Public Relations (hubungan masyarakat), adalah upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai orang yang terlibat, mempunyai kepentingan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

e.                   Direct Marketing, adalah sistem pemasaran yang bersifat interakatif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi.

 

2.5      Database

Database merupakan salah satu komponen yang penting di dalam sistem informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya.Penerapan database dalam sistem informasi disebut dengan sistem database (database system).

Secara umum sebuah sistem database ini adalah suatu sistem informasi yang mengintegritaskan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi.

Database dibentuk dari kumpulan file. File merupakan kumpulan dari item data yang diatur dalam satu record dimana item-item data tersebut dimanipulasi untuk pemroses tertentu. File dapat juga diartikan sebagai kumpulan record-record yang sejenis yang mempunyai panjang elemen yang sama, atribut yang sama namun berbeda-beda nilai datanya valuenya.

Istilah-istilah yang ada didalam Database:

1.       Table

Kumpulan data dalam record-record yang disatukan untuk kepentingan tertentu.

2.       Field

Jenis atau tipe data dari suatu item data beserta batasan nilainya.

3.       Record

Kumpulan field-field yang disatukan dalam satu baris.

Untuk dapat mengelola data di dalam database, diperlukan bahasa yang dimengerti oleh pengguna dan database yang dikelola. SQL (Structure Query Language) merupakan bahasa yang telah distandarisasi dan digunakan dalam pengolahan semua database yang ada. Di dalam SQL terdapat 3 sub bahasa, yaitu :

1.      DDL (Data Definition Language) yang digunakan untuk membangun objek-objek dalam database seperti table dan index.

2.      DML (Data Manipulation Language) yang digunakan untuk menambah, mencari, mengubah dan menghapus baris dan table.

3.      DCL (Data Control Language) yang digunakan untuk menangani masalah security dalam database. Ketiga sub bahasa ini dapat diakses setelah database dipanggil.

 

2.6 Definisi yang berhubungan

2.6.1 Pengertian Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah suatu perangkat lunak yang canggih yang dapat digunakan untuk membuat, menyunting dan memanipulasi tampilan termasuk mengoreksi warna dan memberi efek tampilan atas sebuah gambar atau photo, hasil dari program ini merupakan sebuah gambar atau image, didalam komputer grafis terbagi menjadi dua kelompok yaitu Gambar Bitmap dan Gambar Vektor.

Dengan kemampuan pengolahan bitmap yang sangat baik, menjadikan Adobe Photoshop menjadi standar yang umum digunakan didalam pengolahan objek bitmap. Photoshop menyimpan beberapa kemampuan yang sangat baik untuk membuat gambar selayaknya menggunakan aplikasi berbasis vektor. Akan tetapi hal tersebut membutuhkan pemahaman konsep dasar pembentukan kurva vektor yang tidak dapat ditinggalkan oleh aplikasi dalam mengolah bitmap seperti photoshop. Konsep dasar yang harus dipahami adalah : manajemen layer, pembuatan path, dan seleksi. Toolbox berfungsi sebagai tombol pengganti perintah yang dipergunakan untuk mempercepat pekerjaan. Nama–nama toolbox terdiri atas Marquee tools, Lasso tools, Magic Wand tool, Move tool, Crop tool, Slice tool, Healing brush tool, Pencil tool, Clone Stamp tool, History Brush tool, Eraser tool, Paint Bucket tool, Blur tool, Path Component Selection tool, Type tool, Pen tool, Zoom tool, Eyedroper Hand tool, dan sebagainya.

Gambar 2.1.

Jendela Program Adobe Photoshop

 

Keterangan :

a. Baris judul ( Title Bar) berisi nama untuk judul program yang sedang aktif.

b. Baris Menu ( Menu Bar) berisi barisan perintah berupa menu yang terdiri dari File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, View, Window, Help.

c. ToolBox berisi piranti untuk menggambar dan memodifikasi image.

d. Lembar Canvas digunakan sebagai lembar kerja atau penempatan obyek teks dan gambar.

 

2.6.2 Pengertian Dreamweaver

Macromedia Dreamweaver adalah sebuah software web design yang menawarkan cara mendesain website dengan dua langkah sekaligus dalam satu waktu, yaitu mendesai dan memprogram. Dreamweaver memiliki satu jendela mini yang disebut HTML Source tempat kode-kode HTML tertulis. Setiap kali kita mendesai website seperti menulis kata-kata, meletakkan gambar, membuat tabel, dan proses lainnya, tag-tag HTML akan tertulis secara langsung mngiringi proses pengaturan website. Artinya, kita memiliki kesempatan untuk mendesain website sekaligus mengenal tag-tag HTML yang membangun website itu. Dreamweaver mampu mengenali tag-tag lain diluar HTML seperti ColdFusion dan ASP, serta mendukung script-script Dynamic HTML dan CSS Style.

 

Gambar 2.2

Jendela Program Macromedia Dreamweaver

Keterangan :

a. Baris judul ( Title Bar) berisi nama untuk judul program yang sedang aktif.

b. Baris Menu ( Menu Bar) berisi barisan perintah berupa menu yang terdiri dari File, Edit, View, Insert, Modify, Text, Command, Site, Window, Help.

c. Property Inspector berguna untuk melakukan pengeditan pada suatu elemen di Document Window

d. Insert Panel adalah tempat untuk dapat memasukkan image, flash movie, table, atau elemen lain.

e. Document Toolbar berguna untuk mengubah tampilan dari design / visual view, code view, atau keduanya sekaligus. Selain itu juga untuk memberi title pada dokumen, melihat tampilan di browser.

f. Document Window adalah tempat di mana Anda dapat membuat halaman web secara visual, kode, atau keduanya.

2.6.3 Definisi Framework CodeIgniter

Gambar 2.3

CI (CodeIgniter)

1.            Framework

Framework secara sederhana dapat diartikan kumpulan dari fungsi - fungsi atau prosedur - prosedur dan class - class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal.

Ada beberapa alasan mengapa menggunakan Framework :

1.      Mempercepat juga mempermudah pembangunan sebuah aplikasi website yang terintregasi.

2.      Relatif memudahkan dalam proses maintenance karena sudah ada pola tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti pola standar yang ada)

3.      Umumnya framework menyediakan fasilitas - fasilitas yang umum dipakai sehingga kita tidak perlu membangun dari awal misalnya validasi, ORM (Object relational mapping), pagination, multiple database, scaffolding, seting session, error handling, dan lain – lain.

4.      Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan dengan CMS (Content Management System)

2. CodeIgniter

CodeIgniter adalah <a href="http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Aplikasi_open_source&action=edit&redlink=1" title="Aplikasi open source (halaman belum tersedia)">aplikasi open source</a> yang berupa framework dengan model <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/MVC" title=MVC>MVC</a> (Model, View, Controller) untuk membangun <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/Website" title=Website>website</a> dinamis dengan menggunakan <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/PHP" title=PHP>PHP</a>. CodeIgniter memudahkan <a href="http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Developer&action=edit&redlink=1" title="Developer (halaman belum tersedia)">developer</a> untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/28_Februari" title="28 Februari">28 Februari</a> 2006. Versi stabil terakhir adalah versi 2.1.3 yang di liris pada 14 September 2013.

 

3.Design Patern: MVC (Model, View, Controller)

Model View Controller merupakan suatu konsep yang cukup populer dalam pembangunan aplikasi web, berawal pada bahasa pemrograman Small Talk, MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu :

1.               View, merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi website bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada pengguna. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.

2.               Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.

3.               Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.

Dengan menggunakan prinsip MVC suatu aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan developernya, yaitu programmer yang menangani bagian model dan controller, sedangkan designer yang menangani bagian view, sehingga penggunaan arsitektur MVC dapat meningkatkan maintanability dan organisasi kode. Walaupun demikian dibutuhkan komunikasi yang baik antara programmer dan designer dalam menangani variable - variabel yang akan ditampilkan. Ada beberapa kelebihan CodeIgniter (CI) dibandingkan dengan Framework PHP lain,

1.            Performa sangat cepat : salah satu alasan tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih lambat daripada PHP from the scracth, tapi Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang codeigniter merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain.

2.            Konfigurasi yang sangat minimalis (nearly zero configuration) tentu saja untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti database.php atau autoload.php, namun untuk menggunakan codeigniter dengan setting standard, anda hanya perlu mengubah sedikit saja file pada folder config.

3.            Dengan banyaknya komunitas CI ini, memudahkan untuk berinteraksi dengan yang lain, baik itu bertanya dan sharing ilmu teknologi terbaru.

4.            Dokumentasi yang sangat lengkap : Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk dijadikan permulaan, bahasanya pun mudah dipahami.

 

2.7 Pengertian MySQL

MySQL merupakan program database server sebagai tempat penyimpanan dan mengolah data (Jogiyanto, 2010 : 32).

Pendapat lain menjelaskan MySQL adalah salah satu software sistem manajemen database (DBMS) Structured Query Language (SQL) yang bersifat open source. SQL adalah bahasa standar untuk mengakses database dan didefinisikan dengan standar ANSI/ISO SQL (Jogiyanto, 2010 : 26).

Beberapa kelebihan database MySQL antara lain :

a.       MySQL merupakan database server, jadi dapat diakses dari jauh karena dapat tersambung ke media internet selain itu juga dapat berperan sebagai client.

b.      MySQL adalah sebuah software data open source artinya software ini bebas digunakan oleh siapa saja tanpa harus membeli lisensinya kepada pembuat.

c.       MySQL adalah database menggunakan enkripsi password, jadi cukup aman karena memiliki password untuk mengaksesnya.

d.      MySQL merupakan database yang multi user, artinya database ini tidak hanya digunakan oleh sepihak orang akan tetapi dapat digunakan oleh banyak pengguna.

e.       MySQL menggunakan suatu bahas permintaan standar yaitu SQL (Structured Query Language) yaitu sebuah perintah yang di standarkan pada database server.

 

2.8 Konsep Dasar Database

2.8.1 Definisi Database

Basis data (database) adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya (Jogiyanto, 2009 : 46).

Dari definisi di atas terdapat tiga hal yang berhubungan dengan basis data (database), yaitu sebagai berikut :

a.       Data itu sendiri yang diorganisasikan dalam bentuk basis data (database).

b.      Simpanan permanen (storage) untuk menyimpan basis data tersebut. Simpanan ini merupakan bagian teknologi perangkat keras yang digunakan di sistem informasi. Simpanan permanen yang umumnya digunakan berupa hard disk.

c.       Perangkat lunak untuk memanipulasi basis datanya. Perangkat lunak ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahas pemrograman komputer atau dibeli dalam bentuk suatu paket. Banyak paket perangkat lunak ini disebut dengan DBMS (Data Base Management System).

2.8.2  Istilah-Istilah Database

Beberapa terminology dalam database diantara lain :

a.       Basis data (Database) adalah Sekumpulan data yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.

b.      Data adalah fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu.

Input Data dapat dikelompokkan menjadi 3, antara lain (Maimunah. 2009 : 307) :

1.      Data master meliputi : data pencari kerja, dan data lowongan kerja.

2.      Data transaksi meliputi : penempatan tenaga kerja, status pencaker, status lowongan kerja, rekapitulasi ke IPK kab atau kota dan rekapitulasi ke IPK provinsi.

3.      Table referensi meliputi : table-table pendukung untuk data master dan transaksi.

c.       Tabel adalah Tempat untuk menyimpan data, tabel terdiri dari field dan record.

d.      Field biasa disebut juga dengan kolom, yaitu bagian tabel tempat menyimpan sebuah item data.

e.       Record biasa disebut juga dengan baris, yaitu satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel, misal data seorang mahasiswa akan disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa kolom atau field.

2.8.3        Kriteria Database

Database adalah kumpulan datanya, sedangkan program pengelolaannya berdiri sendiri dalam satu paket program yang komersial untuk membaca data, menghapus data dan melaporkan data dalam database.

Dalam satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record (umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukkan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record. Adapun struktur database adalah File atau Table.

Record adalah elemen data atau field. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa basis data mempunyai beberapa kriteria penting, yaitu :

a.       Bersifat data Oriented dan bukan program Oriented.

b.      Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.

c.       Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya.

d.      Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah.

e.       Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.

2.8.4  Rancangan Database

Rancangan database adalah sebagai kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence (Rahardja. 2009 : 307).

2.8.5        Database Terdistribusi

Database terdistribusi merupakan sebuah database yang berada di bawah kontrol DBMS di multiple komputer dalam lokasi fisik yang sama atau di sebarkan melalui jaringan komputer yang saling terkoneksi (Rahardja. 2009 : 33).

 

2.9 Definisi Widuri Perguruan Tinggi Raharja

Widuri merupakan aplikasi website yang dibuat untuk mempermudah seluruh pribadi raharja untuk membuat artikel atau cv yang bisa diakses oleh seluruh civitas pribadi raharja. Widuri juga dapat bermanfaat bagi pribadi raharja, dapat mengetahui informasi yang terdapat di widuri dari internet. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu iLearning. Keuntungan menggunakan widuri di antaranya, menghemat waktu proses belajar mengajar, untuk menyampaikan pembelajaran iLearning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet dan lebih efektif dan efisien karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. (Rahardja. 2013 : 05).

<a href="http://widuri.raharja.info/index.php?title=Berkas:Logo_widuri.png">Logo widuri.png</a>

Gambar 2.4.

Logo Widuri

 

2.10 Elisitasi

Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi (Rahardja Untung dkk, 2011).

Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (Rahardja Untung dkk, 2011) :

1.             Elisitasi tahap I, berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

2.             Elisitasi tahap II, merupakan hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

Berikut penjelasan mengenai MDI :

a.         M pada MDI berarti Mandatory (penting). Maksudnya, requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.

b.        D pada MDI berarti Desirable. Maksudnya, requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Namun, jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistem tersebut lebih sempurna.

c.         I pada MDI berarti Inessential. Maksudnya, requirement tersebut bukanlah bagian sistem yang dibahas, tetapi bagian dari luar sistem.

3.             Elisitasi tahap III, merupakan hasil penyusutan elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option I pada metode MDI. Selanjutnya, semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE, yaitu:

a.    Technical (T) : bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement dalam sistem yang diusulkan?

b.   Operational (O)  : bagaimana tata cara penggunaan requirement dalam sistem akan dikembangkan?

c.    Economic (E)  : berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement di dalam sistem?

Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu:

a.    High (H)  : Sulit untuk dikerjakan, karena teknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Maka requirement tersebut harus dieliminasi.

b.   Middle (M) : Mampu dikerjakan.

c.    Low (L) : Mudah dikerjakan.

 

4.             Final draft elisitasi, merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

 

2.11 konsep Dasar Cv. Yuka Production

2.11.1    Definisi Cv. Yuka Production

Yuka Production adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa video dokumentasi dan fotografi sebagai bahan informasi, Yuka Production telah berdiri sejak tahun 2006 dengan pendiri atau pemilik perusahaan Bpk Wahyu Hidayat, S.I.Kom dan pengelola keuangan Ibu Eka Septiati, A.Md yang beramat Jl. Margasari No.29 RT 001/004 Kelurahan Margasari Kota Tangerang Kode pos 15113 dengan menerima jasa Video Dokumentasi dan Photografi untuk berbagai acara seperti. Pre Wedding, Wedding, Wisuda, Khitanan, Perpisahaan Sekolah, Selamat Ulang tahun, dan lain-lain.

Selain acara-acara tersebut Yuka Production juga menerima pembuatan karya film. Dokumenter, Berita, Hiburan, Feature dan video klip, untuk berbagi keperluan tugas mulai dari proses Pra produksi, Produksi, hingga pasca produksi.

2.11.2    Tujuan CV. Yuka Production

Tujuan didirikannya CV.Yuka Production Tangerang, yaitu untuk memberikan informasi dan promosi.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, maka tujuan CV.Yuka Production Tangerang adalah sebagai berikut :

A.    Mendorong dan mempercepat informasi para Customer.

B.     Menyediakan berbagai macam sumber informasi untuk kepentingan CV.Yuka Production Tangerang .

C.     mempromosikan, menginformasikan, dan memberi tawaran harga dari CV.Yuka Production.

D.    Memperluas, jaringan CV.Yuka Production Tangerang.

2.11.3    Fungsi CV.Yuka Production

Perpustakaan sekolah mempunyai empat fungsi umum, yaitu edukatif, informatif, rekreasi dan riset.

a.       Menerima proses pekerja untuk mentransfer dokumentasi acara dalam bentuk format rekaman video dari perangkat kamera video menjadi suatu format Video Compact Disc (VCD) atau Digital Verstile Disc (DVD).

b.      Membuat berbagai macam dokumentasi kegiatan suatu acara, baik untuk kalangan personal maupun untuk perusahaan dalam format visual maupun format video.

c.       Menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk melaksanakan suatu event organizer serta membuat video untuk kebutuhan company profile perusahaan.

d.      Menerima jasa burning dengan waktu cepat dan jumlah yang banyak.

e.       Mejual Online Shoop berbagai macam bahan dan pakaian

 

2.12 literature Riview

Banyak penelitian yang sebelumnya dilakukan mengenai sistem perpustakaan. Dalam upaya mengembangkan dan menyempurnakan pengembangan ini perlu dilakukan study pustaka (literature review) sebagai salah satu dari penerapan metode penelitian yang dilakukan, diantaranya sebagai berikut :

1.            Bangkit Pratolo [2011].

Penelitian yang telah dijalankan oleh Bangki Pratolo berjudul “Perancangan system informasi Perpustakaan pada SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang

Sistem ini diusulkan untuk menciptakan pengolahan data pada perpustakaan SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang dan sistem ini menggunakan java, mencakup peminjaman buku, pengembalian buku, stok buku, denda dan keanggotaan.

2.            Dina Septiana [2009].

Penelitian yang dilakukan oleh Dina Septiana berjudul “Perancangan Sistem Peminjaman dan Pengembalian buku pada perpustakaan SMA PGRI 109 Tangerang ”. Sistem ini diusulkan untuk menciptakan pengolahan data pada perpustakaan SMA PGRI 109 tangerang dan sistem ini hanya mencakup peminjaman buku dan pengembalian buku, jadi masih banyak kekurangan pada sistem ini, karena hanya mencakup peminjaman dan pengembalian saja.

3.            Nur Izzah komariah [2010].

Penelitian yang telah dilakukan oleh Nur Izzah komariah berjudul “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan pada Perguruan Tinggi Raharja Berbasis WEB”.

Sistem ini diusulkan untuk menciptakan pengolahan data pada perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja mengunakan PHP dan SQL untuk databasenya, untuk analisanya peneliti menggunakan UML 6.1. dengan ini peneliti selanjutnya dapat menyempurnakan kekurangan yang ada dan tidak mempersulit petugas perpustakaan, demi berjalannya system yang mudah digunakan.

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

 

 

 

3.1 Analisa Organisasi

3.1.1 Gambaran Umum CV. Yuka Production

Yuka Production adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa video dokumentasi dan fotografi sebagai bahan informasi, Yuka Production telah berdiri sejak tahun 2006 dengan pendiri atau pemilik perusahaan Bpk Wahyu Hidayat, S.I.Kom dan pengelola keuangan Ibu Eka Septiati, A.Md yang beramat Jl. Margasari No.29 RT 001/004 Kelurahan Margasari Kota Tangerang Kode pos 15113 dengan menerima jasa Video Dokumentasi dan Photografi untuk berbagai acara seperti. Pre Wedding, Wedding, Wisuda, Khitanan, Perpisahaan Sekolah, Selamat Ulang tahun, dan lain-lain.

Selain acara-acara tersebut Yuka Production juga menerima pembuatan karya film. Dokumenter, Berita, Hiburan, Feature dan video klip, untuk berbagi keperluan tugas mulai dari proses Pra produksi, Produksi, hingga pasca produksi.

3.1.2 Sejarah Singkat

 

 
 Pada tahun 2013 Yuka production menambah usaha
 dengan usaha barunya seperti jasa burning CD dan DVD dengan jumlah banyak dan
 waktu cepat, selain itu yuka production juga memiliki usaha online seperti
 jualan sepre, pakaian, bahan-bahan dan lain-lain yang saat ini masih
menggunakan sosialita.

Sumberdaya manusia yuka production adalah suatu tim video dokumentasi dan fotografi yang berangkat dari sekedar hobby lalu terjun kedunia profesional. Secara terus menerus. Yuka production didukung oleh tenaga yang kreatif dan profesional di bidangnya masing-masing, dan akan terus berusaha melayani anda dengan sebaik-baiknya.

Demi kepuasan pelanggan, yuka production menggunakan perangkat keras terkini di bidangnya video digital dan fotografi digital seperti, Kamera SLR Cannon serta kamera video 3CCD panasonic dan kamera Pd 117 Broadcasting quality. Dilengkapi perangkat lunak organik terbaik dibidang editing photo dan video editing, selain itu kamu juga menyediakan perangkat mini studio lengkap. Hasil album perangkat akan dicetak dengan teknologi Mesin mini lab terbaik dari Kodak dan Fuji, dan semua foto telah dilaminasi dengan lapisan anti gores serta untuk hasil video dalam bentuk DVD dengan kualitas terbaik.

3.1.3 Visi dan Misi

A. Visi

Visi dari perusahaan adalah menjadi perusahaan yang memiliki kreatifitas dan pelayanan prima yang berorientasi pada pemenuhan harapan dan kebutuhan pelanggan serta mampu bersaing mengikuti kemajuan perkembangan teknologi dan jaman. Visi perusahaan ini dibuktikan dengan kemampuan perusahaan dalam megikuti keinginan dan kebutuhan yang disampaikan oleh pelanggan. Memanfaatkan penggunaan teknologi terkini serta membentuk sumber daya manusia yang bisa mengikuti perkembangan jaman.

B. Misi

Misi yang direncanakan oleh perusahaan adalah :

a.       Memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan berfokus pada pelayanan yang berkualitas unggul.

b.      Memiliki integritas yang tinggi dalam pekerjaan.

c.       Melakukan inovasi untuk kemajuan yang lebih baik.

d.      Menjadi perusahaan yang memberikan profit optimal bagi pelanggan.

e.       Menjadi perusahaan yang selalu bekerja keras untuk mencapai efektifitas dan efisiensi yang tinggi dalam pemanfaatan sumber daya manusia yang terdepan.

f.       Menjadi perusahaan yang terbaik dalam segala hal dan selalu menegakan tingkah laku etika bisnis yang tertinggi.

Dengan visi dan misi yang diterapkan ini diharapkan terciptanya etos kerja yang baik, terjalin kerjasama yang lebih luas lagi dengan pelanggan, sehingga perusahaan mampu bersaing.

3.1.4 Struktur Organisasi

Dalam mengembangkan dan membina sumber daya manusia untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi, sering kali mengalami kendala. Maka itu suatu organisasi membutuhkan struktur organisasi disertai deskripsi pekerjaan yang jelas.

Struktur organisasi ini merupakan gambaran yang menunjukan kedudukan, tugas serta tanggung jawab pada organisasi. Dengan struktur organisasi, spesialisasi kerja, standarisasi kerja, koordinasi, sentralisasi dalam pembuatan keputusan lebih efektif.

STRUKTUR ORGANISASI CV. YUKA PRODUCTION

untitled.JPG

Bagan 3.1.

Struktur Organisasi CV. Yuka Production

3.1.5 Tugas dan Fungsi Pokok

Director

-          Sebagai pimpinan perusahaan bertugas memimpin dan mengontrol jalannya perusahaan.

-          Bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yang terjadi mengatas namakan perusahaan.

Marketing Manager

-          Mengontrol kinerja para staff marketing.

-          Mempresentasikan produk yang ditawarkan perusahaan pada pelanggan.

-          Menganalisa anggaran terhadap suatu proyek produksi yang akan dikerjakan.

-          Bertanggung jawab terhadap segala permasalahan dan keluhan yang disampaikan pelanggan.

Staff Marketing

-          Melakukan penawaran produk pada calon konsumen.

-          Mempromosikan produk yang pernah dibuat perusahaan.

-          Membuat rancangan anggaran terhadap suatu produksi yang akan dibuat.

Finance Administrator

-          Mengatur administrasi keuangan perusahaan.

-          Menerima atau mengeluarkan dana sesuai anggaran yang ditetapkan.

 

Production Manager

-          Menerima informasi atau data atas suatu proyek produksi dari marketing.

-          Sebagai mediator atas kesepakatan kerja yang akan dilakukan dalam proses produksi.

-          Mengawasi serta mengontrol proyek yang berjalan.

Creative Art Supervisor

-          Membuat konsep produksi.

-          Mengkoordinasikan dan memberikan laporan pekerjaan yang sedang berjalan.

-          Bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dibawahnya.

Kameramen

-          Bertugas mengambil gambar video yang di lokasi dan jadwal yang sudah ditentukan.

-          Mengikuti prosedur dan konsep yang telah diberikan sebelumnya.

Photographer

-          Bertugas mengambil gambar foto dilokasi dan jadwal yang sudah ditentukan.

-          Mengikuti prosedur dan konsep yang telah diberikan sebelumnya.

Video Editor

-          Menerima hasil yang sudah dikerjakan oleh Kameramen atau photographer dan mengedit gambar video atau hasil photo tersebut sesuai dengan rancangan produksi yang akan dikerjakan.

Graphic Desainer

-          Memvisualisasikan konsep desain yang diberikan.

-          Membuat desain dengan rancangan produksi yang akan dikerjakan.

Kurir

-          Mengantarkan hasil produksi yang sudah selesai dikerjakan dengan tepat waktu.

 

3.2 Prosedur Sistem Berjalan

Adapun prosedur sistem berjalan tentang proses sistem pelayanan yang digunakan CV.Yuka Production adalah dengan menggunakan brosur.

CV. Yuka Producer memiliki Peraturan untuk setiap customer adalah sebagai berikut :

 

3.3            Konfigurasi Sistem

a. Spesifikasi Hardware

a.       Proccessor  : Pentium (R) 4 CPU 2.8 Ghz

b.      Monitor  : Samsung 14 in

c.       Mouse  : XPsi optik

d.      Ram  : V-gen 512 DDR I

e.       HD  : Maxtor 80 GB

f.       Keyboard  : XPsi standar

g.      Printer  : HP Deskjet D1360

b.      Aplikasi yang digunakan (Software)

a.       Windows XP

b.      Microsoft Word

c.       Microsoft Excel

 

c.       Hak Akses (Brainware)

Untuk mengoprasikan sistem web pada CV. Yuka Production Tangerang hanya dapat dilakukan oleh marketing.

 

 

 

 

3.4  Unified Modelling Language (UML)

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar3.1. Analisa sistem CV. Yuka Production pada Use Case Diagram

 

3.5  Analisa Kebutuhan

Desain system yang akan dibuat memerlukan beberapa kebutuhan data masukan, kebutuhan data keluaran dan kebutuhan data antar muka. Tujuan analisa kebutuhan adalah untuk menentukan sfesifikasi fungsi, kemampuan serta fasilitas dari program, analisa kebutuhan juga bermanfaat sebagai dasar evaluasi setelah program sesuai disusun.

A.    Kebutuhan data masukan

CV. Yuka Production ini membutuhkan beberapa masukan data diantaranya adalah data harga wedding, data harga jasa burning, data yuka clothing dan contact.

B.     Kebutuhan data keluaran

Data keluaran adalah data yang di hasilkan dari data masukan yang diolah. Adapun output yang dihasilkan yaitu: pemakain jasa CV. Yuka Production.

C.    Kebutuhan proses

Proses pemasukan data dengan sangat mudah dan cepat serta dapat terurut dengan rapi secara otomatis, proses pembuatan web dengan mudah yaitu dengan mengkilik tombol – tombol tanpa harus tulisan tangan.

 

 

BAB IV

RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

 

4.1.                 Usulan Prosedur Yang Baru

Setelah mengadakan analisa sistem dan penelitian sistem yang berjalan maka selanjutnya akan dibahas mengenai rancangan usulan sistem yang akan dibangun. Ada beberapa usulan prosedur yaitu, prosedur yang bertujuan untuk memperbaiki dan menyempurnakan sistem yang akan berjalan sekarang. Prosedur yang dibutuhkan adalah merubah proses promosi yang awalnya menggunakan selembaran berbentuk kertas menjadi profile berbasis berbasis web. Perbedaan yang terjadi pada sistem berjalan selanjutnya adalah proses media promosi yang jelas berbeda menggunakan media digital teknologi dan informasi. Berdasarkan perubahan sistem yang terjadi, maka setelah kebutuhan-kebutuhan sistem yang baru telah ditentukan, ada langkah-langkah berikutnya yaitu perancangan atau desain sistem usulan yang bertujuan untuk memperbaiki atau mengganti sistem yang lama dengan memberi gambaran atau pandangan yang jelas proses desain sistem dari awal hingga akhir penelitian. Sistem usulan itu menggunakan program Visual Pradigma for UML 6.4 untuk menggambarkan Use Case Diagram, Class Diagram, State Machine Diagram, dan Activity Diagram.

 

 
 

 

4.2.                 Diagram Rancangan Sistem

Adapun diagram-diagram usulan yang akan saya gambarkan dalam program Visual Pradigma for UML 6.4 adalah sebagai berikut :

4.2.1.           Use Case Diagram Sistem Yang Diusulkan.

Use Case Diagram1.jpg

 

Gambar 4.1

Use Case Diagram Perancangan Website Profile

Dapat dijelaskan gambar 4.2.1 diatas, yaitu seagai berikut:

a.              Use case  : Tamu / Pengunjung

Aktor  : Tamu

Skenario  : 1. Pengunjung Membuka Website www.yukaproduction.com

2. pengunjung dapat melihat beberapa halaman pada website profile yuka, dan dapat melakukan pengiriman pesan.

b.             Use case  : Admin

Aktor  : Admin

Skenario  : 1. Admin login terlebih dahulu

2. Jika login berhasil, Admin dapat melakukan upload foto atau keterangan di setiap sub menu, dan dapat membalas setiap pesan yang masuk pada website.

c.              Use case  : Wedding

Aktor  : Pengunjung dan Admin

Skenario  : 1. Masuk pada menu wedding.

2. Pengunjung dapat melihat koleksi foto dan gambar dari yuka.

3. admin dapat upload foto terbaru

d.             Use case  : Jasa Burning CD

Aktor  : Pengunjung dan Admin

Skenario  : 1. Masuk pada menu Jasa Burning CD.

2. Pengunjung dapat melihat koleksi foto dan gambar dari yuka.

3. admin dapat upload foto terbaru dan informasi harga yang di tawarkan

Use case  : Clothing

Aktor  : Pengunjung dan Admin

Skenario  : 1. Masuk pada menu Clothing.

2. Pengunjung dapat melihat koleksi foto dan gambar dari yuka.

3. admin dapat upload foto terbaru dan informasi harga yang di tawarkan dan keterangan lainnya.

e.              Use case  : Contact

Aktor  : Punjung dan admin

Skenario  : 1. Masuk pada menu Contact.

2. Pengunjung dapat Mengirim pesan.

3. admin dapat membalas pesan

 

 

4.2.2. Activity Diagram Untuk Pengunjung

Activity Diagram1.jpg

 

Gambar 4.2

Activity Diagram Untuk Pengunjung

Untuk membuka website pengunjung terlebih dahulu memasukan alamat website <a href="http://www.yukaproducttion.com">www.yukaproducttion.com</a> maka otomatis akan di temukan mesin pencari google, setelah menemukan website pungunjung dapat melihat semua halaman yang memang terbuka untuk umum. Pengunjung dapat mengetahui informasi harga serta jasa yang di tawarkan oleh Cv. Yuka Production.

4.2.3 Activity Diagram Untuk Admin

Activity Diagram2.jpg

Gambar 4.3

Activity Diagram Untuk Admin

Untuk masuk ke dhasboard admin, Maka admin harus di perlukan login terlebih dahulu, jika login berhasil maka admin pun bisa dapat mengatur setiap halaman pada website tersebut, admin dapat mengupload foto dan gambar, admn dapat memberikan keterangan pada setiap halaman, admin dapat memasukan informasi serta harga yang di tawarkan.

4.2.4. Sequence Diagram Website Profile Yuka Production

Sequence Diagram1.jpg

Gambar 4.4

Sequence Diagram Website Profile Yuka Production

Diagram diatas menggambarkan sequence diagram untuk Website Profile Yuka Production, Untuk masuk ke dhasboard admin, Maka admin harus di perlukan login terlebih dahulu, jika login berhasil maka admin pun bisa dapat mengatur setiap halaman pada website tersebut, admin dapat mengupload foto dan gambar, admn dapat memberikan keterangan pada setiap halaman, admin dapat memasukan informasi serta harga yang di tawarkan

 

 

 

4.2.5        Analisa sistem yang diusulkan pada Class Diagram

Class Diagram1.jpg

Gambar 4.5 Class Diagram yang diusulkan

Berdasarkan gambar 4.2. Class Diagram yang diusulkan terdapat :

a. 5 class, himpunan dari objek-objek yang berbagi atribut serta operasi yang sama.

b. 5 multiplicity, hubungan antara objek satu dengan objek lainnya yang mempunyai nilai.

 

4.3.                 Rancangan Basis Data

Rancangan basis data digunakan sebagai media penyimpanan data yang dipergunakan dalam aplikasi dan database membantu pemrograman dalam menampilkan data.

Hasil analisa pada sistem yang dihasilkan terdapat beberapa rancangan yang diusulkan. Dari rancangan tersebut akan dibentuk rancangan basis data untuk mempermudah melihat bentuk file dan isinya. Berikut ini adalah penjelasan tentang proses perancangan basis data memakai class diagram, spesifikasi basis data, dan normalisasi.

4.3.1.           Spesifikasi Basis Data

Spesifikasi basis data merupakan sebuah desain data yang dianggap telah normal. Desain basis data dapat menjelaskan media penyimpanan yang digunakan, spesifikasi basis data yang digunakan dalam sistem yang akan dibangun adalah sebagai berikut :

1.             Nama file  : username

Media  : hard disk

Isi  : username, password

Primary key  : user_name

Jumlah record  : 83

Struktur  :

 

Field Name

Data Type

Field Size

Keterangan

username

Varchar

(16)

Username

password

Varchar

(32)

password

Tabel 4.1

Tabel Absen

2.             Nama file  : Burning CD

Media  : hard disk

Isi : Burning_id,burning_text,burning_created

Primary key  : Burning_id

Jumlah record  : 3

Struktur  :

 

Field Name

Data Type

Field Size

Keterangan

burning_id

int

(3)

Burning Id

burning_text

text

-

Keterangan

burning_created

timestamp

-

Tanggal Posting

 

Tabel 4.2

Burning CD

 

3.             Nama file  : Clothing

Media  : hard disk

Primary key  : Clothing_id

Jumlah record  : 145

Struktur  :

Field Name

Data Type

Field Size

Keterangan

clothing_id

int(3)

(3)

clothing_id

clothing_nama

varchar(30)

(30)

clothing_nama

clothing_file_image

varchar(100)

(100)

clothing_file_image

clothing_harga

varchar(12)

(12)

clothing_harga

clothing_created

timestamp

-

clothing_created

 

Tabel 4.3

Clothing

 

4.             Nama file  : Pesan

Media  : hard disk

Primary key  : Contact_id

Jumlah record  : 35

Struktur  :

Field Name

Data Type

Field Size

Keterangan

contact_id

Int

(3)

contact_id

contact_name

varchar

(50)

contact_name

contact_email

varchar

(50)

contact_email

contact_message

text

-

Message

clothing_created

timestamp

 

clothing_created

contact_title

varchar

(100)

contact_title

 

Tabel 4.4 Tabel Contact Pesan

5.             Nama file  : wedding

Media  : hard disk

Primary key  : Wedding_id

Jumlah record  : 73

Struktur  :

Field Name

Data Type

Field Size

Keterangan

wedding_id

Int

(3)

wedding_id

wedding_nama

Varchar

(255)

wedding_nama

wedding_description

Text

 

wedding_description

wedding_file_image

-

 

wedding_file_image

wedding_created

timestamp

-

wedding_created

wedding_categories

Varchar

(30)

wedding_categories

 

 

Tabel 4.5

Tabel wedding

 

 

4.4.                 Rancangan Tampilan Yang Diusulkan

4.4.1.            Desain Tampilan Menu Login

Gambar 4.6

Desain Tampilan menu login

 

 

 

 

 

 

 

4.4.2.         Desain Tampilan Menu Utama

Gambar 4.7

Desain Tampilan Menu Utama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.4.3.            Desain Tampilan Menu wedding

Gambar 4.8

Desain Tampilan Menu Wedding

 

 

 

4.4.4.            Desain Tampilan Menu Clothing

Gambar 4.9

Desain Tampilan menu Clothing

 

 

 

 

4.4.5.            Desain Tampilan Jasa Burning CD

Gambar 4.10

Desain Tampilan Jasa Burning

 

 

 

 

 

4.4.6.            Desain Tampilan Contact Pesan

Gambar 4.11

Desain Tampilan Contact Pesan

 

 

4.5.                 Implementasi Sistem Yang Diusulkan

Dalam merancang, mempersiapkan, menguji, dan mengimplementasikan sebuah sistem akan membutuhkan satuan waktu dalam periode tertentu sehingga dapat berjalan dengan benar sesuai keinginan. Berikut adalah tahapan-tahapan dalam pengembangan sistem tersebut, yaitu :

a.              Tahap Pengumpulan Data

Kegiatan tahap pengumpulan data merupakan tahap yang pertama dilakukan, hal ini berguna untuk memenuhi semua kebutuhan data yang akan diperlukan dalam pengembangan sistem.

b.             Analisa Sistem

Kegiatan tahapan analisa sistem dapat dilakukan dengan melakukan penelitian sistem yang sedang berjalan, tahap ini merupakan tujuan untuk mengetahui segala permasalahan yang terjadi untuk mempermudah dan menentukan tahap selanjutnya yaitu tahap perancangan sistem.

c.              Perancangan Sistem

Kegiatan tahapan perancangan sistem dapat dilakukan berdasarkan data yang telah diperoleh melalui analisa pada sistem yang sedang berjalan.

d.             Pembuatan Program

Kegiatan tahapan pembuatan program adalah tahap pertama yaitu pembuatan database pada MySQL dan Apache berdasarkan data yang di dapat. Lalu merancang bentuk tampilan layar yang kemudian membuat listing program sebagai instruksi dalam menghubungkan tampilan layar tersebut.

e.              Testing Program

Kegiatan tahapan testing program bertujuan untuk mengetahui hasil dari program yang telah dibuat pada tahap implementasi sebelumnya.

f.              Evaluasi Program

Kegiatan tahapan evaluasi program ini dapat dilakukan setelah program di test karena bertujuan untuk mengetahui kesalahan serta kekurangan pada program yang telah dibuat.

g.             Perbaikan Program

Kegiatan tahapan perbaikan program dapat dilakukan jika ditemukan kekurangan dan kelemahan pada program yang telah dibuat.

h.             Pelatihan

Kegitan tahapan pelatihan dapat dilakukan setelah diketahui sudah tidak ada lagi kesalahan dan kekurangan. Tahap selanjutnya dilakukan pelatihan terhadap pegawai, setelah pegawai sudah mendapatkan pelatihan maka perancangan sistem yang diusulkan dapat segera diimplementasikan.

i.               Dokumentasi

Kegiatan tahapan dokumentasi merupakan pengarsipa file yang tersusun rapih sehingga sangat dapat membantu untuk memudahkan pencarian data jika terdapat kesalahan nantinya.

 

4.6.                 Konfigurasi Sistem

4.6.1.            Spesifikasi Hardware

Perangkat keras yang dibutuhkan oleh sistem adalah suatu unit personal komputer. Perangkat keras yang diusulkan ini dibuat berdasarkan kebutuhan sistem saat ini dan antisipasi kebutuhan di masa yang akan datang. Konfigurasi minimal yang dibutuhkan pada perancangan sistem yang diusulkan adalah :

-             Processor  : Intel Core i5

-             Monitor  : Accer 14”

-             Mouse  : Ps2

-             RAM  : 2 GB

-             HD  : 640 GB

-             Keyboard  : Compatible Ps2

-             Printer  : Canon Ip1800 Series

4.6.2.            Aplikasi Yang Digunakan (Software)

Perangkat lunak merupakan penunjang dari peralatan komputer yang akan digunakan sebagai penghubung dalam instruksi yang diinginkan, agar komputer dapat menghasilkan informasi yang diharapkan, maka perangkat lunak yang diusulkan dalam rancangan sistem ini adalah sebagai berikut :

-             Windows 7 Profesional

-             Windows Xp

-             Microsoft Word

-             Microsoft Excel

4.6.3.            Hak Akses

Untuk mengoperasikan atau mengolah data hanya dapat dilakukan oleh 1 (satu) orang, yaitu admin yang bertindak sebagai Personalia di perusahaan.

 

 

 

 
 BAB
V

PENUTUP

 

5.1.            Kesimpulan

Setelah penulis melakukan penelitian pada CV YUKA PRODUCTION, penulis berkesimpulan bahwa :

a. Dari rancangan yang penulis lakukan diharapkan pihak CV. Yuka Production 2014 akan selalu dapat meningkatkan perolehan calon customer baru sesuai target yang diharapkan oleh pihak management CV. Yuka Production.

b. Sesuai dengan perkembangan media web saat ini, bahwa media agar lebih bisa sesuai dengan fungsi yang diharapkan. Maka data-data informasi yang hendaknya akan dimasukan kedalam media web tersebut hendaknya diolah sedemikian rupa dengan mengikuti prinsip-prinsip dasar perancaangan media sesuai dengan tren tampilan lam membuat Desain Web Company profil sedang berkembang agar hasil rancangan lebih persuasif kepada target audiennya, dengan mengoptimalkan tampilan desain yang lebih proaktif, terhadap khayalak dapat memberikan nilai-nilai

 

5.2.            Saran-saran

Dengan adanya Desain Web Company Profile berupa web penulis menyarankan agar

a.       Mengingat perkembangan teknologi komunikasi yang kian hari kian selalu berkembang hendaknya CV. Yuka Production dalam mempromosikan lembaga pendidikannya harus selalu up to date, polanya harus selalu diperbaharui sesuai perkembangan pola-pola periklanan yang ada.

b.      Agar data bisa selalu up to date maka hendaknya setiap job atau video yang ada didokumentasikan secara rapih agar bisa sewaktu-waktu dibutuhkan lebih mudah mendatanya, jika berupa gambar foto lebih baik dari awal persiapan peralatan photografik yang memadai secara kualitas .

c.       Dalam periode-periode tertentu atau telah ditentukan penjajagan-penjajagan CV. Yuka Production terhadap masyarakat, customer yang akan dijadikan sasaran CV. Yuka Production.

 

5.3 Kesan

Selama menjalankan proses produksi di CV. Yuka Produksi, penulis merasa nyaman dan senang karena seluruh siswa dan pengajar bersikap ramah dan dapat berkerjasama dalam memberikan informasi dan data yang dibutuhkan penulis selama proses produksi berlangsung.

 

 

 

Contributors

Admin, Falaq