SI0521454978: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(BAB I)
(BAB I)
Baris 473: Baris 473:
 
<p>&nbsp;</p>
 
<p>&nbsp;</p>
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB I'''</div>=
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB I'''</div>=
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div><div style="font-size: 12pt; font-family: 'times new roman';text-align: justify">==Latar Belakang==<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Berkembangnya informasi dan komputer pada era globalisasi dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sehingga berpengaruh pada setiap aspek kehidupan masyarakat. Hampir semua aktifitas kehidupan tidak terlepas dari peralatan mutakhir dan serba modern. Komputerisasi pada saat ini berpengaruh di segala bidang kehidupan baik bidang politik, pendidikan, dan ekonomi.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Pemberian informasi merupakan suatu usaha yang dibutuhkan perusahaan, karena dengan adanya informasi perusahaan, maka perusahaan akan mendapat keuntungan yaitu di kenal secara umum.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat sekarang ini, dituntut untuk mampu merespon pembacanya dengan lebih baik, lebih cepat dan dapat memuaskan pembaca. Semua itu menuntut penyampaian dan penerimaan data serta informasi yang lebih akurat dan tepat. Begitu juga proses pengambilan keputusan harus dapat dilakukan dengan cepat dan tepat waktu kapanpun dibutuhkan dalam membuat keputusan apapun.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Oleh sebab itu, kepentingan terhadap data dan informasi dalam suatu perusahaan kita harus mengetahui bagaimana cara mengelola data dan informasi, mulai dari membuat memilah, menyimpan, mengolah hingga mengambilnya kembali baik dari sumber-sumber internal maupun eksternal, dapat dilakukan secara lebih baik, yakni dapat di akses secara tepat, akurat dan tersedia kapanpun dibutuhkan oleh masyarakat umum.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Promosi adalah suatu usaha dari pemasaran dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya, dengan tujuan untuk menyebarkan informasi produk atau jasa kepada masyarakat atau instansi terkait, selain itu juga promosi berfungsi untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi baik dan kerjasama dalam lingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkait lainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Desain media komunikasi visual adalah mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan untuk tujuan sosial dan komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">CV. Yuka Production bergerak pada bidang event organizer dan wedding party. Saat ini CV. Yuka Production, menggunakan media promosi dan informasi dalam bentuk media cetak dan internet yaitu masih berupa spanduk, kartu nama dan melakukan presentasi ke klien secara lisan, melakukan pemasaran dengan memperlihatkan foto-foto dan fasilitas yang belum di kemas dalam bentuk buku yang sudah rapi dan terorganisir dengan baik.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Dalam mengembangkan usahanya saat ini CV. Yuka Production, sangat membutuhkan sarana media penyampain informasi dan promosi yang mampu mengemas seluruh aset yang dimiliki perusahaan dalam menjalin relasi atau kerjasama baik dengan klien perseorangan, klien perusahaan, instansi atau lembaga terkait.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan penulis terhadap CV. Yuka Production, perusahaan tersebut membutuhkan media promosi yang menarik untuk memperkenalkan seluruh kapasitas perusahaan dan diharapkan melalui perancangan media desain majalah ini dapat meningkatkan omset perusahaan.</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Berdasarkan permasalahan Laporan tugas akhir atau skripsi dengan judul: “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION KOTA TANGERANG”. Dengan maksud membuat media komunikasi visual yang lebih baik dan dapat diterima oleh masyarakat.</p>==Rumusan Masalah==<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Rumusan masalah yang akan diangkat dalam topik ini yaitu:</p># Jenis media apa yang secara visual dapat menarik perhatian dan dapat menjelaskan profil usaha sekaligus dapat dijadikan sebagai sarana promosi sehingga masyarakat lebih mengenal dan menjadi pelanggan CV. Yuka Production?# Corak media seperti apa yang dapat meningkatkan citra CV. Yuka Production?# Dari perancangan media yang dihasilkan target seperti apa yang diinginkan oleh CV. Yuka Production?==Ruang Lingkup==<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Agar pembahasan permasalahan lebih terarah, maka penulis membatasi ruang lingkup permasalahan adalah hal-hal yang berhubungan dengan perancangan media desain majalah sebagai penunjang media promosi dan informasi pada CV. Yuka Production.</p>==Tujuan dan Manfaat Penelitian=====Tujuan Penelitian===# Dapat memberikan informasi yang lebih efektif dan komunikatif mengenai profil dan aktifitas perusahaan.# Sebagai media informasi yang lebih efektif tentang perusahaan dalam bentuk media desain majalah yang menarik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan dapat diterima oleh seluruh khalayak sasaran, sebagai media untuk menyampaikan citra tentang profile CV. Yuka Production.# Agar mendapatkan kepercayaan dari calon yang ingin menjalin kerjasama dengan CV. Yuka Production.# Sebagai penunjang program promosi dan informasi CV. Yuka Production. ===Manfaat Penelitian===<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah :</p># Bagi penulis## Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang media penunjang promosi dan informasi. b. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.## Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan secara menerapkan ilmu yang didapat secara teoritis, yang selama ini sudah didapat sebelumnya diperkuliahan.# Bagi Perusahaan## Sebagai sarana penunjang promosi, terhadap relasi dan calon konsumen CV. Yuka Production.## Dapat meningkatkan citra dan sebagai aset perusahaan.## agar dapat menambah konsumen dan pelanggan serta mampu bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.==Metode Penelitian==<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Pelaksanaan penelitian yang penulis lakukan, penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data diantaranya:</p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in"></p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in"></p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in"></p><p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in"></p><ol>    <li>Metode Analisa Masalah        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Analisa permasalahan didapatkan dari hasil interview yang dilakukan penulis pada hari senin 1-3-2015 ke CV. Yuka Production dengan Ibu Eka Septiati sebagai stakeholder.</p>    </li>    <li>Metode Pengumpulan Data        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Pengumpulan data dilakukan dengan cara :</p>        <ol>            <li>Metode Observasi                <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam proses penyusunan laporan penilitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung.</p>            </li>            <li>Metode Interview                <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Materi-materi yang dipergunakan dalam penyusunan laporan penelitian ini diperoleh dengan bertanya langsung dengan stakeholder.</p>            </li>            <li>Studi pustaka                <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis, yaitu buku-buku panduan yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan penelitian. Buku-buku panduan yang dipergunakan penulis dalam hal ini adalah dari berbagai sumber.</p>            </li>        </ol>    </li>    <li>Metode Analisa Perancangan Media        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Perancangan media komunikasi visual sebagai penunjang media promosi dan informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelum nya, selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis.</p>        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Media-media yang akan dipergunakan sebagai sarana penunjang promosi CV. Yuka Production dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6 dan CorelDraw X5.</p>    </li>    <li>Metode Konsep Desain        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Dalam konsep desain akan disampaikan tahapan-tahapan proses desain media yaitu :</p>        <ol>            <li>Perencanaan Media</li>            <li>Perencanaan Pesan</li>            <li>Perencanaan Visual</li>        </ol>    </li></ol>==Sistematika Penulisan==<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Untuk memahami lebih jelas lapoaran penelitian ini, maka penulis mengelompokan materi laporan ini menjadi beberapa Bab dengan sistematika penyampainnya disusun sebagai berikut:</p><p style="line-height: 2;">BAB I PENDAHULUAN</p>::<p style="line-height: 2;">Bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang masalah penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.</p><p style="line-height: 2;">BAB II LANDASAN TEORI</p>::<p style="line-height: 2;">Bab ini berisi tentang teori-teori dasar seperti pengertian desain, pengertian grafis, pengertian profil perusahaan, defini interaktif, unsur-unsur komunikasi grafis, dan definisi dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi.</p><p style="line-height: 2;">BAB III IDENTIFIKASI MASALAH</p>::<p style="line-height: 2;">Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, informasi mengenai produk, market analisis, potensial market, market segmentation, market objective, marketing strategy.</p><p style="line-height: 2;">BAB IV KONSEP DESAIN</p>::<p style="line-height: 2;">Bab ini berisi tentang konsep perancangan dan rancangan megenai proses pembuatan desain media yang penulis lakukan.</p><p style="line-height: 2;">BAB V PENUTUP</p>::<p style="line-height: 2;">Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.</p><p style="line-height: 2;">DAFTAR PUSTAKA</p><p style="line-height: 2;">LAMPIRAN</p></div>{{pagebreak}}
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt; font-family: 'times new roman';text-align: justify">
 +
==Latar Belakang==
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Berkembangnya informasi dan komputer pada era globalisasi dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sehingga berpengaruh pada setiap aspek kehidupan masyarakat. Hampir semua aktifitas kehidupan tidak terlepas dari peralatan mutakhir dan serba modern. Komputerisasi pada saat ini berpengaruh di segala bidang kehidupan baik bidang politik, pendidikan, dan ekonomi.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Pemberian informasi merupakan suatu usaha yang dibutuhkan perusahaan, karena dengan adanya informasi perusahaan, maka perusahaan akan mendapat keuntungan yaitu di kenal secara umum.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat sekarang ini, dituntut untuk mampu merespon pembacanya dengan lebih baik, lebih cepat dan dapat memuaskan pembaca. Semua itu menuntut penyampaian dan penerimaan data serta informasi yang lebih akurat dan tepat. Begitu juga proses pengambilan keputusan harus dapat dilakukan dengan cepat dan tepat waktu kapanpun dibutuhkan dalam membuat keputusan apapun.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Oleh sebab itu, kepentingan terhadap data dan informasi dalam suatu perusahaan kita harus mengetahui bagaimana cara mengelola data dan informasi, mulai dari membuat memilah, menyimpan, mengolah hingga mengambilnya kembali baik dari sumber-sumber internal maupun eksternal, dapat dilakukan secara lebih baik, yakni dapat di akses secara tepat, akurat dan tersedia kapanpun dibutuhkan oleh masyarakat umum.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Promosi adalah suatu usaha dari pemasaran dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya, dengan tujuan untuk menyebarkan informasi produk atau jasa kepada masyarakat atau instansi terkait, selain itu juga promosi berfungsi untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi baik dan kerjasama dalam lingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkait lainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Desain media komunikasi visual adalah mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan untuk tujuan sosial dan komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">CV. Yuka Production bergerak pada bidang event organizer dan wedding party. Saat ini CV. Yuka Production, menggunakan media promosi dan informasi dalam bentuk media cetak dan internet yaitu masih berupa spanduk, kartu nama dan melakukan presentasi ke klien secara lisan, melakukan pemasaran dengan memperlihatkan foto-foto dan fasilitas yang belum di kemas dalam bentuk buku yang sudah rapi dan terorganisir dengan baik.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Dalam mengembangkan usahanya saat ini CV. Yuka Production, sangat membutuhkan sarana media penyampain informasi dan promosi yang mampu mengemas seluruh aset yang dimiliki perusahaan dalam menjalin relasi atau kerjasama baik dengan klien perseorangan, klien perusahaan, instansi atau lembaga terkait.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan penulis terhadap CV. Yuka Production, perusahaan tersebut membutuhkan media promosi yang menarik untuk memperkenalkan seluruh kapasitas perusahaan dan diharapkan melalui perancangan media desain majalah ini dapat meningkatkan omset perusahaan.</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Berdasarkan permasalahan Laporan tugas akhir atau skripsi dengan judul: “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION KOTA TANGERANG”. Dengan maksud membuat media komunikasi visual yang lebih baik dan dapat diterima oleh masyarakat.</p>
 +
 
 +
==Rumusan Masalah==
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Rumusan masalah yang akan diangkat dalam topik ini yaitu:</p>
 +
# Jenis media apa yang secara visual dapat menarik perhatian dan dapat menjelaskan profil usaha sekaligus dapat dijadikan sebagai sarana promosi sehingga masyarakat lebih mengenal dan menjadi pelanggan CV. Yuka Production?
 +
# Corak media seperti apa yang dapat meningkatkan citra CV. Yuka Production?
 +
# Dari perancangan media yang dihasilkan target seperti apa yang diinginkan oleh CV. Yuka Production?
 +
 
 +
==Ruang Lingkup==
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Agar pembahasan permasalahan lebih terarah, maka penulis membatasi ruang lingkup permasalahan adalah hal-hal yang berhubungan dengan perancangan media desain majalah sebagai penunjang media promosi dan informasi pada CV. Yuka Production.</p>
 +
 
 +
==Tujuan dan Manfaat Penelitian==
 +
===Tujuan Penelitian===
 +
# Dapat memberikan informasi yang lebih efektif dan komunikatif mengenai profil dan aktifitas perusahaan.
 +
# Sebagai media informasi yang lebih efektif tentang perusahaan dalam bentuk media desain majalah yang menarik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan dapat diterima oleh seluruh khalayak sasaran, sebagai media untuk menyampaikan citra tentang profile CV. Yuka Production.
 +
# Agar mendapatkan kepercayaan dari calon yang ingin menjalin kerjasama dengan CV. Yuka Production.
 +
# Sebagai penunjang program promosi dan informasi CV. Yuka Production.
 +
 
 +
===Manfaat Penelitian===
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah :</p>
 +
# Bagi penulis
 +
## Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang media penunjang promosi dan informasi. b. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.
 +
## Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan secara menerapkan ilmu yang didapat secara teoritis, yang selama ini sudah didapat sebelumnya diperkuliahan.
 +
# Bagi Perusahaan
 +
## Sebagai sarana penunjang promosi, terhadap relasi dan calon konsumen CV. Yuka Production.
 +
## Dapat meningkatkan citra dan sebagai aset perusahaan.
 +
## agar dapat menambah konsumen dan pelanggan serta mampu bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.
 +
 
 +
==Metode Penelitian==
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Pelaksanaan penelitian yang penulis lakukan, penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data diantaranya:</p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in"></p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in"></p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in"></p>
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in"></p>
 +
 
 +
<ol>
 +
    <li>Metode Analisa Masalah
 +
        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Analisa permasalahan didapatkan dari hasil interview yang dilakukan penulis pada hari senin 1-3-2015 ke CV. Yuka Production dengan Ibu Eka Septiati sebagai stakeholder.</p>
 +
    </li>
 +
    <li>Metode Pengumpulan Data
 +
        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Pengumpulan data dilakukan dengan cara :</p>
 +
        <ol>
 +
            <li>Metode Observasi
 +
                <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam proses penyusunan laporan penilitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung.</p>
 +
            </li>
 +
            <li>Metode Interview
 +
                <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Materi-materi yang dipergunakan dalam penyusunan laporan penelitian ini diperoleh dengan bertanya langsung dengan stakeholder.</p>
 +
            </li>
 +
            <li>Studi pustaka
 +
                <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis, yaitu buku-buku panduan yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan penelitian. Buku-buku panduan yang dipergunakan penulis dalam hal ini adalah dari berbagai sumber.</p>
 +
            </li>
 +
        </ol>
 +
    </li>
 +
    <li>Metode Analisa Perancangan Media
 +
        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Perancangan media komunikasi visual sebagai penunjang media promosi dan informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelum nya, selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis.</p>
 +
        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Media-media yang akan dipergunakan sebagai sarana penunjang promosi CV. Yuka Production dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6 dan CorelDraw X5.</p>
 +
    </li>
 +
    <li>Metode Konsep Desain
 +
        <p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Dalam konsep desain akan disampaikan tahapan-tahapan proses desain media yaitu :</p>
 +
        <ol>
 +
            <li>Perencanaan Media</li>
 +
            <li>Perencanaan Pesan</li>
 +
            <li>Perencanaan Visual</li>
 +
        </ol>
 +
    </li>
 +
</ol>
 +
 
 +
==Sistematika Penulisan==
 +
<p style="line-height: 2; text-indent: 0.5in">Untuk memahami lebih jelas lapoaran penelitian ini, maka penulis mengelompokan materi laporan ini menjadi beberapa Bab dengan sistematika penyampainnya disusun sebagai berikut:</p>
 +
<p style="line-height: 2;">BAB I PENDAHULUAN</p>
 +
::<p style="line-height: 2;">Bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang masalah penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.</p>
 +
<p style="line-height: 2;">BAB II LANDASAN TEORI</p>
 +
::<p style="line-height: 2;">Bab ini berisi tentang teori-teori dasar seperti pengertian desain, pengertian grafis, pengertian profil perusahaan, defini interaktif, unsur-unsur komunikasi grafis, dan definisi dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi.</p>
 +
<p style="line-height: 2;">BAB III IDENTIFIKASI MASALAH</p>
 +
::<p style="line-height: 2;">Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, informasi mengenai produk, market analisis, potensial market, market segmentation, market objective, marketing strategy.</p>
 +
<p style="line-height: 2;">BAB IV KONSEP DESAIN</p>
 +
::<p style="line-height: 2;">Bab ini berisi tentang konsep perancangan dan rancangan megenai proses pembuatan desain media yang penulis lakukan.</p>
 +
<p style="line-height: 2;">BAB V PENUTUP</p>
 +
::<p style="line-height: 2;">Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.</p>
 +
<p style="line-height: 2;">DAFTAR PUSTAKA</p>
 +
<p style="line-height: 2;">LAMPIRAN</p>
 +
</div>
 +
 
 +
{{pagebreak}}

Revisi per 30 Juli 2015 08.41

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA

PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

SKRIPSI

 

Logo stmik raharja.jpg

 

Disusun Oleh :

NIM  : 0521454978
NAMA  : FIRMAN RAHMATULLAH

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2014/2015

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA

PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 0521454978
Nama  : Firman Rahmatullah
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juni 2015

Ketua

 

 

 

 

Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA

 

 

 

 

Jurusan Teknik Informatika

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)

 

 

 

 

(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594

 

 

 

 

NIP : 001405

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA

PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 0521454978
Nama  : Firman Rahmatullah

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juni 2015

Pembimbing I

 

 

Pembimbing II

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Wahyu Hidayat, S.I.Kom)

 

 

(Wahyu Hidayat, S.E)
NID : 12002

 

 

NID : 10010

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA

PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Dibuat Oleh :

NIM  : 0521454978
Nama  : Firman Rahmatullah

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2014/2015

 

Disetujui Penguji :

Tangerang, .... 2015

Ketua Penguji

 

Penguji I

 

Penguji II

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(_______________)

 

(_______________)

 

(_______________)
NID :

 

NID :

 

NID :

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA

PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Disusun Oleh :

NIM  : 0521454978
Nama  : Firman Rahmatullah
Jenjang Studi  : Strata Satu
Jurusan  : Teknik Informatika
Konsentrasi  : Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

 

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juni 2015

 

 

 

 

 

(Firman Rahmatullah)
NIM : 0521454978

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

 

 

ABSTRAKSI

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai efektifitas dalam menggunakan sebuah media sarana informasi sebagai penunjang program promosi pada Cv. Yuka Production. Adapun untuk memecahkan permasalahan mengenai pemahaman terhadap Cv. Yuka Production khususnya mengenai informasi yang bertujuan untuk memperkenalkan identitas perusahaan dan keseluruhan informasi yang terkait didalamnya serta mengenai kepentingan promosi, untuk itu diajukan perancangan sebuah media profile perusahaan berbasis Desain Magazine. Dalam mempersiapkan produksi media desain magazine tersebut digunakan metodologi yang berdasarkan hasil observasi sesuai kebijakan perusahaan sehingga mendapatkan data dukung laporan penelitian sekaligus digunakan pijakan dalam menentukan topik penelitian sehingga penyajian infomasi lebih efektif, akurat dan menarik dari segi tampilan maupun isi konten. Sebagai pedoman dalam produksi media berbasis video digunakan konsep perancangan produksi yang disebut Konsep Produksi Media MAVIB. Pada konsep tersebut terdapat tahapan Preproduction, tahapan Production tahapan Postproduction. Dari hasil rancangan media video company profile tersebut dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan paparan mitranya agar lebih mengenal tentang detail profile yang dimiliki Cv. Yuka Production.

Kata kunci : Video, Informasi dan Promosi.

 

 

KATA PENGANTAR

 

Bismilahirahmanirahim,

Dengan mengucapkan Puji serta rasa Syukur dan rasa Terimakasih atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala anugerah, rahmat dan karunia–Nya, sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Skripsi ini sebagaimana mestinya dan tepat pada waktunya. Skripsi dengan judul “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION KOTA TANGERANG“ ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) STMIK Raharja Tangerang.

Dalam penulisan Laporan Skripsi ini, penulis menemukan beberapa kesulitan yang dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan serta pengalaman yang penulis miliki, sehingga tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan arahan dari berbagai pihak terkait yang selama ini telah meluangkan waktu dan tenaganya. Maka pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom., selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak memberikan bimbingan dan sarannya kepada penulis yang sangat berarti dalam perancangan dan penyelesaian laporan Skripsi ini.
  5. Bapak Wahyu Hidayat, S.E selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan pengarahan dan motivasi untuk kelancaran penyusunan laporan skripsi ini.
  6. Ibu Eka septiati., A.Md yang telah membantu penulis mendapatkan tempat untuk melaksanakan observasi pada CV. Yuka Production dan memberikan nasehat serta saran yang membangun untuk penulis kedepannya.
  7. Seluruh Dosen STMIK Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
  8. Rasa terima kasih terdalam untuk Papa, Mama, Kakak, Adik beserta keluarga, istriku yang selalu memberikan kasih sayang, dukungan moril, semangat dan selalu mendo’akan untuk kelancaran dan keberhasilan penulis.
  9. Teman-teman saya yang sudah memberikan suport dalam membuat skripsi.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan maupun kesalahan dalam penyusunan serta penulisan laporan skripsi ini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan Skripsi ini. Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan pembaca umum laporan Skripsi ini, semoga Allah SWT senantiasa menyertai dan meridhoi langkah kita semua dalam meraih kesuksesan, Amin.

Tangerang, Juni 2015
Firman Rahmatullah

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel 3.1. Material Produk

Tabel 3.2. Informasi Harga

Tabel 3.3. Conditions of Competitor

Tabel 3.4. Perkiraan Biaya Produksi

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 2.1. Tampilan Awal Lembar Kerja CorelDraw X5

Gambar 2.2. Tampilan Awal Adobe Photoshop CS6

Gambar 3.1. Struktur Organisasi CV. Yuka Production

Gambar 4.1. Layout Kasar Cover Depan

Gambar 4.2. Layout Kasar Cover Belakang

Gambar 4.3. Layout Kasar Daftar Isi

Gambar 4.4. Layout Kasar Sejarah Perusahaan

Gambar 4.5. Layout Kasar Tentang Kami

Gambar 4.6. Layout Kasar Videography

Gambar 4.7. Layout kasar Photography

Gambar 4.8. Layout kasar Jasa Burning

Gambar 4.9. Layout kasar Kamera & Tripot

Gambar 4.10. Layout kasar Production Room & Lighting

Gambar 4.11. Layout kasar Wedding Video ART

Gambar 4.12. Layout kasar 3 Upacara Adat Pernikahan

Gambar 4.13. Layout kasar Adat Jawa

Gambar 4.14. Layout kasar Adat Sunda

Gambar 4.15. Layout kasar Adat Betawi

Gambar 4.16. Layout kasar Tips Mengatasi Lensa

Gambar 4.17. Layout kasar Daftar Harga Jasa Burning

Gambar 4.18. Layout kasar 9 Alasan kenapa Pesan CD/DVD Blank

Gambar 4.19. Layout kasar Daftar Harga Foto dan Video Wedding

Gambar 4.20. Layout kasar Gallery

Gambar 4.21. Layout kasar Gallery Make up

Gambar 4.22. Layout kasar Gallery Yuka Production

Gambar 4.23. Layout kasar Testimoni

Gambar 4.24. Layout Komprehensif Cover Depan

Gambar 4.25. Layout Komprehensif Cover Belakang

Gambar 4.26. Layout Komprehensif Daftar Isi

Gambar 4.27. Layout Komprehensif Sejarah Perusahaan

Gambar 4.28. Layout Komprehensif Tentang Kami

Gambar 4.29. Layout Komprehensif Videography

Gambar 4.30. Layout Komprehensif Photography

Gambar 4.31. Layout Komprehensif Jasa Burning

Gambar 4.32. Layout Komprehensif Kamera & Tripot

Gambar 4.33. Layout Komprehensif Production Room & Lighting

Gambar 4.34. Layout Komprehensif Wedding Video ART

Gambar 4.35. Layout Komprehensif 3 Upacara Adat Pernikahan

Gambar 4.36. Layout Komprehensif Adat Jawa

Gambar 4.37. Layout Komprehensif Adat Sunda

Gambar 4.38. Layout Komprehensif Adat Betawi

Gambar 4.39. Layout Komprehensif Tips Mengatasi Lensa

Gambar 4.40. Layout Komprehensif Daftar Harga Jasa Burning

Gambar 4.41. Layout Komprehensif 9 Alasan kenapa Pesan CD/DVD Blank

Gambar 4.42. Layout Komprehensif Daftar Harga Foto dan Video Wedding

Gambar 4.43. Layout Komprehensif Gallery

Gambar 4.44. Layout Komprehensif Gallery Make up

Gambar 4.45. Layout Komprehensif Gallery Yuka Production

Gambar 4.46. Layout Komprehensif Testimoni

Gambar 4.47. Layout Komprehensif Iklan Broadcating

Gambar 4.48. Final Artwork Cover Depan

Gambar 4.49. Final Artwork Cover Belakang

Gambar 4.50. Final Artwork Daftar Isi

Gambar 4.51. Final Artwork Sejarah Perusahaan

Gambar 4.52. Final Artwork Tentang Kami

Gambar 4.53. Final Artwork Videography

Gambar 4.54. Final Artwork Photography

Gambar 4.55. Final Artwork Jasa Burning

Gambar 4.56. Final Artwork Kamera & Tripot

Gambar 4.57. Final Artwork Production Room & Lighting

Gambar 4.58. Final Artwork Wedding Video ART

Gambar 4.59. Final Artwork 3 Upacara Adat Pernikahan

Gambar 4.60. Final Artwork Adat Jawa

Gambar 4.61. Final Artwork Adat Sunda

Gambar 4.62. Final Artwork Adat Betawi

Gambar 4.63. Final Artwork Tips Mengatasi Lensa

Gambar 4.64. Final Artwork Daftar Harga Jasa Burning

Gambar 4.65. Final Artwork 9 Alasan kenapa Pesan CD/DVD Blank

Gambar 4.66. Final Artwork Daftar Harga Foto dan Video Wedding

Gambar 4.67. Final Artwork Gallery

Gambar 4.68. Final Artwork Gallery Make up

Gambar 4.69. Final Artwork Gallery Yuka Production

Gambar 4.70. Final Artwork Testimoni

Gambar 4.71. Final Artwork Iklan Broadcating

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

1. Kartu bimbingan Skripsi Perguruan Tinggi Raharja

2. Formulir Seminar Proposal

3. Formulir Pertemuan dengan Stakeholder

4. Formulir Permohonan Usulan Penelitian Skripsi

5. Validasi Skripsi dan Kwitansi

6. Surat Keterangan Observasi

7. Surat Keterangan Implementasi

8. Surat Keterangan Hibah

9. Surat Keterangan Jurnal Penelitian / Artikel Ilmiah Yang Sudah Direview

10. Sertifikat Prospek

11. Sertifikat TOEFL RCEP

12. Sertifikat Penghargaan Pemenang

13. Sertifikat Seminar IT National dan International

14. Formulir Permohonan Pergantian Judul Skripsi

15. Daftar Wawancara

16. Surat Undangan Stakeholder

17. KSTF Mahasiswa

18. Daftar Matakuliah Cocok dan Tidak Cocok

19. Daftar Nilai

20. Bukti Bimbingan via E-mail

21. Slide Final Presentasi

22. Katalog Produk dan Daftar Riwayat Hidup

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Berkembangnya informasi dan komputer pada era globalisasi dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sehingga berpengaruh pada setiap aspek kehidupan masyarakat. Hampir semua aktifitas kehidupan tidak terlepas dari peralatan mutakhir dan serba modern. Komputerisasi pada saat ini berpengaruh di segala bidang kehidupan baik bidang politik, pendidikan, dan ekonomi.

Pemberian informasi merupakan suatu usaha yang dibutuhkan perusahaan, karena dengan adanya informasi perusahaan, maka perusahaan akan mendapat keuntungan yaitu di kenal secara umum.

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat sekarang ini, dituntut untuk mampu merespon pembacanya dengan lebih baik, lebih cepat dan dapat memuaskan pembaca. Semua itu menuntut penyampaian dan penerimaan data serta informasi yang lebih akurat dan tepat. Begitu juga proses pengambilan keputusan harus dapat dilakukan dengan cepat dan tepat waktu kapanpun dibutuhkan dalam membuat keputusan apapun.

Oleh sebab itu, kepentingan terhadap data dan informasi dalam suatu perusahaan kita harus mengetahui bagaimana cara mengelola data dan informasi, mulai dari membuat memilah, menyimpan, mengolah hingga mengambilnya kembali baik dari sumber-sumber internal maupun eksternal, dapat dilakukan secara lebih baik, yakni dapat di akses secara tepat, akurat dan tersedia kapanpun dibutuhkan oleh masyarakat umum.

Promosi adalah suatu usaha dari pemasaran dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya, dengan tujuan untuk menyebarkan informasi produk atau jasa kepada masyarakat atau instansi terkait, selain itu juga promosi berfungsi untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit.

Company profile adalah sebuah aset suatu lembaga atau perusahaan yang biasa digunakan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi baik dan kerjasama dalam lingkup intern perusahaan maupun dengan kolega, mitra usaha ataupun pihak-pihak terkait lainnya diluar lingkungan perusahaan tersebut.

Desain media komunikasi visual adalah mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan untuk tujuan sosial dan komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan.

CV. Yuka Production bergerak pada bidang event organizer dan wedding party. Saat ini CV. Yuka Production, menggunakan media promosi dan informasi dalam bentuk media cetak dan internet yaitu masih berupa spanduk, kartu nama dan melakukan presentasi ke klien secara lisan, melakukan pemasaran dengan memperlihatkan foto-foto dan fasilitas yang belum di kemas dalam bentuk buku yang sudah rapi dan terorganisir dengan baik.

Dalam mengembangkan usahanya saat ini CV. Yuka Production, sangat membutuhkan sarana media penyampain informasi dan promosi yang mampu mengemas seluruh aset yang dimiliki perusahaan dalam menjalin relasi atau kerjasama baik dengan klien perseorangan, klien perusahaan, instansi atau lembaga terkait.

Dari hasil analisa kebutuhan yang dilakukan penulis terhadap CV. Yuka Production, perusahaan tersebut membutuhkan media promosi yang menarik untuk memperkenalkan seluruh kapasitas perusahaan dan diharapkan melalui perancangan media desain majalah ini dapat meningkatkan omset perusahaan.

Berdasarkan permasalahan Laporan tugas akhir atau skripsi dengan judul: “PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL BERBENTUK MAGAZINE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA CV. YUKA PRODUCTION KOTA TANGERANG”. Dengan maksud membuat media komunikasi visual yang lebih baik dan dapat diterima oleh masyarakat.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan diangkat dalam topik ini yaitu:

  1. Jenis media apa yang secara visual dapat menarik perhatian dan dapat menjelaskan profil usaha sekaligus dapat dijadikan sebagai sarana promosi sehingga masyarakat lebih mengenal dan menjadi pelanggan CV. Yuka Production?
  2. Corak media seperti apa yang dapat meningkatkan citra CV. Yuka Production?
  3. Dari perancangan media yang dihasilkan target seperti apa yang diinginkan oleh CV. Yuka Production?

Ruang Lingkup

Agar pembahasan permasalahan lebih terarah, maka penulis membatasi ruang lingkup permasalahan adalah hal-hal yang berhubungan dengan perancangan media desain majalah sebagai penunjang media promosi dan informasi pada CV. Yuka Production.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Dapat memberikan informasi yang lebih efektif dan komunikatif mengenai profil dan aktifitas perusahaan.
  2. Sebagai media informasi yang lebih efektif tentang perusahaan dalam bentuk media desain majalah yang menarik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan dapat diterima oleh seluruh khalayak sasaran, sebagai media untuk menyampaikan citra tentang profile CV. Yuka Production.
  3. Agar mendapatkan kepercayaan dari calon yang ingin menjalin kerjasama dengan CV. Yuka Production.
  4. Sebagai penunjang program promosi dan informasi CV. Yuka Production.

Manfaat Penelitian

Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah :

  1. Bagi penulis
    1. Sebagai sarana pembelajaran bagi penulis dalam merancang media penunjang promosi dan informasi. b. Mampu mengimplementasikan suatu ide kreatif atau gagasan kedalam bentuk karya nyata.
    2. Memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menganalisa dan memperluas wawasan secara menerapkan ilmu yang didapat secara teoritis, yang selama ini sudah didapat sebelumnya diperkuliahan.
  2. Bagi Perusahaan
    1. Sebagai sarana penunjang promosi, terhadap relasi dan calon konsumen CV. Yuka Production.
    2. Dapat meningkatkan citra dan sebagai aset perusahaan.
    3. agar dapat menambah konsumen dan pelanggan serta mampu bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.

Metode Penelitian

Pelaksanaan penelitian yang penulis lakukan, penulis melakukan beberapa metode pengumpulan data diantaranya:

  1. Metode Analisa Masalah

    Analisa permasalahan didapatkan dari hasil interview yang dilakukan penulis pada hari senin 1-3-2015 ke CV. Yuka Production dengan Ibu Eka Septiati sebagai stakeholder.

  2. Metode Pengumpulan Data

    Pengumpulan data dilakukan dengan cara :

    1. Metode Observasi

      Metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal-hal yang diperlukan dalam proses penyusunan laporan penilitian dengan cara mendatangi tempat penelitian secara langsung.

    2. Metode Interview

      Materi-materi yang dipergunakan dalam penyusunan laporan penelitian ini diperoleh dengan bertanya langsung dengan stakeholder.

    3. Studi pustaka

      Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis, yaitu buku-buku panduan yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan penelitian. Buku-buku panduan yang dipergunakan penulis dalam hal ini adalah dari berbagai sumber.

  3. Metode Analisa Perancangan Media

    Perancangan media komunikasi visual sebagai penunjang media promosi dan informasi dirancang berdasarkan analisa terhadap media yang telah digunakan pada media sebelum nya, selain dari itu juga terhadap analisa kebutuhan yang diajukan kepada stakeholder, selanjutnya dirancang dengan menggunakan aplikasi program komputer grafis.

    Media-media yang akan dipergunakan sebagai sarana penunjang promosi CV. Yuka Production dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6 dan CorelDraw X5.

  4. Metode Konsep Desain

    Dalam konsep desain akan disampaikan tahapan-tahapan proses desain media yaitu :

    1. Perencanaan Media
    2. Perencanaan Pesan
    3. Perencanaan Visual

Sistematika Penulisan

Untuk memahami lebih jelas lapoaran penelitian ini, maka penulis mengelompokan materi laporan ini menjadi beberapa Bab dengan sistematika penyampainnya disusun sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang masalah penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang teori-teori dasar seperti pengertian desain, pengertian grafis, pengertian profil perusahaan, defini interaktif, unsur-unsur komunikasi grafis, dan definisi dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Bab ini berisi tentang gambaran umum perusahaan, sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, wewenang dan tanggung jawab, informasi mengenai produk, market analisis, potensial market, market segmentation, market objective, marketing strategy.

BAB IV KONSEP DESAIN

Bab ini berisi tentang konsep perancangan dan rancangan megenai proses pembuatan desain media yang penulis lakukan.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis dari hasil penelitian yang dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Contributors

Firman Rahmatullah