Rekayasa Piranti Lunak (SL201)
BAB I
PENDAHULUAN
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
SILABUS
TUJUAN
Agar mahasiswa mampu adaptable terhadap suatu perubahan dan fleksibel. Dalam arti, jika terjadi perubahan, maka perubahan tersebut bisa diminimalisasi dan diisolir. Perubahan tidak merembet kemana-mana. Yang jelas, software akan sering berubah, seiring dengan perkembangan Zaman dan requirement-requirement baru.
BAB II
LANDASAN TEORI
SATUAN ACARA PENGAJARAN
Kode : SL801
Mata Kuliah : Rekayasa Piranti Lunak
Beban Kredit : SKS
Jenjang : S1
Jurusan : SI/TI/MI
Waktu Tatap Muka : 2 X 50 Menit
Waktu Tugas Mandiri : 2 ( 2 X 50 Menit )
Metode Kuliah : Tatap muka,Tugas,Presentasi
Alat : RME, Multimedia Projector, Komputer dan Whiteboard
Evaluasi : Kehadiran, Tugas, UTS, UAS
Dosen :
TIU : Mahasiswa dapat memahami jenis-jenis komputer, sistem kerja komputer, perangkat komputer, arus informasi menggunakan komputer, informasi dalam dunia maya perkembangan hardware dan software terkini, serta prospek pengembangan komputer di masa mendatang.
TIK : Mahasiswa dapat memahami jenis-jenis komputer, sistem kerja komputer, perangkat komputer, arus informasi menggunakan komputer, informasi dalam dunia maya perkembangan hardware dan software terkini, serta prospek pengembangan komputer di masa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
?Sumber Utama :
BAB III
PEMBAHASAN MATERI
Rekayasa Piranti Lunak
PERTEMUAN 1
1.
PERTEMUAN 2
1.
PERTEMUAN 3
1.
PERTEMUAN 4
1.
PERTEMUAN 5
1.
PERTEMUAN 6
1.
PERTEMUAN 7
1.
PERTEMUAN 8
1.
PERTEMUAN 9
1.
PERTEMUAN 10
1.
PERTEMUAN 11
1.
PERTEMUAN 12
1.
PERTEMUAN 13
1.
PERTEMUAN 14
1.