Pengguna:Rizky Fierlana
PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN
ONLINE SPARE PART KENDARAAN BERMOTOR
PADA TOKO RIZKY FIERLANA MOTOR
TANGERANG
SKRIPSI
OLEH:
1022465060 RIZKY FIERLANA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
RAHARJA
(2014/2015)
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
PENERAPAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN
ONLINE SPARE PART KENDARAAN BERMOTOR
PADA TOKO RIZKY FIERLANA MOTOR
TANGERANG
Disusun Oleh :
NIM |
: 1022465060
|
Nama |
: Rizky Fierlana
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, Januari 2015
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK Raharja, |
Jurusan Teknik Informatika,
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Junaidi, M.Kom)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 05062
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
APLIKASI PENJUALAN PAKAIAN ANAK ONLINE
BERBASIS WEB
PADA TOKO HOBI AMANDA
Disusun Oleh :
NIM |
: 1022464925
|
Nama |
: Yoga Kusuma Wardana
|
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
TahunAkademik 2014/2015
Disetujui Oleh :
Tangerang, Januari 2015
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Muhaimin Hasanudin, ST) |
(Dina Fitria Murad, M.Kom)
| ||
NID : 08206 |
NID : 02026
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
APLIKASI PENJUALAN PAKAIAN ANAK ONLINE
BERBASIS WEB
PADA TOKO HOBI AMANDA
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1022464925
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Teknik Informatika
Konsentrasi Software Engineering
Tahun Akademik 2014/2015
Disetujui Penguji :
Tangerang, Januari 2015
Ketua Penguji |
|
Penguji I |
|
Penguji II
|
(_______________) |
|
(_______________) |
|
(_______________)
|
NID : |
NID :
|
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
Saya yang bertandatangan di bawah ini,
NIM |
: 1022464925
|
Nama |
: Yoga Kusuma Wardana
|
Jenjang Studi |
: Strata satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Software Engineering
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Januari 2015
(Yoga Kusuma Wardana)
|
NIM : 102244925
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Toko Hobi Amanda merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang penjualan pakaian anak di Tangerang. Sistem informasi penjualan yang berjalan saat ini masih konvensional sehingga menyebabkan lambatnya proses kegiatan penjualan dan profit yang didapat masih kurang. Ketidakefektifan juga terjadi pada penerbitan kwitansi penjualan secara manual dan pembuatan laporan penjualan hanya dengan menggunakan Ms. Excel. Dengan adanya berbagai kendala tersebut menyulitkan owner untuk membuat keputusan dalam mengembangkan maupun mengetahui hasil dari laporan penjualan yang sedang berjalan. Penulisan ini menggunakan metode analisa dan perancangan berorientasi objek, dimulai dari analisa sistem berjalan menggunakan UML, elisitasi kebutuhan sistem, serta penggambaran sistem yang diusulkan melalui UML. Hasil dari penulisan ini berupa aplikasi Online sebagai bentuk peralihan proses penjualan pada Toko Hobi Amanda agar membantu meningkatkan profit serta efisiensi waktu dalam pembuatan laporan penjualan.
Kata Kunci : Konvensional,Aplikasi Online, Toko Hobi Amanda
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahiim
Puji Syukur penulis panjatkan ke Hadirat Allah SWT yang telah memberi petunjuk dan kekuatan iman sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugas pelaksanaan Skripsi sampai pada pembuatan laporan.Laporan ini disusun untuk mempertanggung jawabkan pelaksanaan Skripsi yang telah penulis laksanakan di TOKO HOBI AMANDA. Semoga laporan ini dapat berguna bagi diri penulis, kampus dan siapa saja yang ingin memanfaatkannya sebagai referensi keilmuan. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas bantuannya yang tak ternilai harganya kepada:
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi,M.Kom, selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
- Bapak Muhaimin Hasanudin, ST, selaku dosen pembimbing 1.
- Ibu Dina Fitria Murad, M.Kom, selaku dosen pembimbing 2.
- Saudara Tri Aji Budi Prasetya selaku Admin Toko Hobi Amanda.
- Ibu Nur Fatmawati Budi Utami selaku Stakeholder Toko Hobi Amanda
- Seluruh Dosen dan Asisten dosen, serta staf dan karyawan Perguruan Tinggi Raharja atas kerja samanya.
- Orangtua tercinta yang tanpa lelah selalu memanjatkan doa dan memberikan segala dukungan moril, materil dan spritual.“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan limpahan rahmat kepada Beliau, Amin“.
- Rekan-rekan mahasiswa Angkatan 08,09,10 pada khususnya..
- My Sweetheart Sifa Fauziah yang selalu memberikan semangat dan do’anya.
- Serta semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah memberikan penulis semangat dalam menyelesaikan laporan skripsi ini.
Akhir kata penulis berharap laporan ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan dapat menjadi bahan acuan yang bermanfaat dikemudian hari.
DAFTAR SIMBOL
DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM
DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Faktor-Faktor Strategi Internal dan Eksternal
Tabel 3.2 Strategi S-O
Tabel 3.3 Faktor-Faktor Strategi S-T
Tabel 3.4 Faktor-Faktor Strategi W-O
Tabel 3.5 Faktor-Faktor Strategi W-T
Tabel 3.6 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.7 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.8 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.9 Final Elisitasi
Tabel 4.1 Tabel Admins
Tabel 4.2 Tabel Banner
Tabel 4.3 Tabel Download
Tabel 4.4 Tabel Favicon
Tabel 4.5 Tabel Header
Tabel 4.6 Tabel Hubungi
Tabel 4.7 Tabel Kategori
Tabel 4.8 Tabel Kota
Tabel 4.9 Tabel Kustomer
Tabel 4.10 Tabel Modul
Tabel 4.11 Tabel Modul YM
Tabel 4.12 Tabel Orders
Tabel 4.13 Tabel Order Detail
Tabel 4.14 Tabel Orders Temporary
Tabel 4.15 Tabel Peta
Tabel 4.16 Tabel Produk
Tabel 4.17 Tabel Slider
Tabel 4.18 Tabel Sosmed
Tabel 4.19 Tabel Statistik
Tabel 4.20 Tabel Konfirmasi Pembayaran
Tabel 4.20 Blackbox Testing
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Tipe Strategi SWOT
Gambar 3.1 Struktur Organisasi
Gambar 3.2 Use Case Diagram Prosedur Yang Berjalan
Gambar 3.3 Activity Diagram Prosedur Yang Berjalan
Gambar 4.1 Use Case Diagram Pada Customer Yang Diusulkan
Gambar 4.2 Use Case Diagram Pada Admin Yang Diusulkan
Gambar 4.3 Activity Diagram Pada Customer Yang Diusulkan
Gambar 4.4 Activity Diagram Pada Admin Yang Diusulkan
Gambar 4.5 Sequence Diagram Pada Customer Yang Diusulkan
Gambar 4.6 Sequence Diagram Pada Admin Yang Diusulkan
Gambar 4.7 State Machine Diagram Pada Customer Yang Diusulkan
Gambar 4.8 State Machine Diagram Pada Admin Yang Diusulkan
Gambar 4.9 Rancangan Class Diagram
Gambar 4.10 Tampilan Halaman Utama Customer
Gambar 4.11 Tampilan Menu Login dan Sign Up pada Customer
Gambar 4.12 Tampilan Menu Login Admin
Gambar 4.13 Tampilan Menu Utama Admin
Gambar 4.14 Tampilan Menu Tambah Banner pada Admin
Gambar 4.15 Tampilan Menu Cara Pembelian pada Admin
Gambar 4.16 Tampilan Menu Ganti Password Admin
Gambar 4.17 Tampilan Menu Hubungi Kami pada Admin
Gambar 4.18 Tampilan Menu Kategori Produk pada Admin
Gambar 4.19 Tampilan Menu Konfirmasi Pembayaran pada Admin
Gambar 4.20 Tampilan Menu Laporan pada Admin
Gambar 4.21 Tampilan Menu Manajemen Modul pada Admin
Gambar 4.22 Tampilan Menu Order pada Admin
Gambar 4.23 Tampilan Menu Produk pada Admin
Gambar 4.24 Tampilan Menu Slider pada Admin
Gambar 4.25 Tampilan Menu Statistik Pengunjung pada Admin
Gambar 4.26 Halaman Utama Customer
Gambar 4.27 Keranjang Belanja Customer
Gambar 4.28 Tampilan Menu Sign In dan Sign Up Customer
Gambar 4.29 Tampilan Menu Proses Transaksi Selesai
Gambar 4.30 Tampilan Menu Login Admin
Gambar 4.31 Tampilan Halaman Utama Admin
Gambar 4.32 Tampilan Menu Produk pada Admin
Gambar 4.33 Tampilan Menu Order pada Admin
Gambar 4.34 Tampilan Menu Konfirmasi Pembayaran pada Admin
Gambar 4.35 Tampilan Menu Laporan pada Admin
Gambar 4.36 Hasil Laporan Penjualan
Gambar 4.37 Tampilan Grafik Penjualan
BAB I
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi khususnya internet semakin populer tidak hanya dinikmati oleh kalangan profesional namun juga sudah merambah kesemua lapisan. Oleh karena itu siapapun dan dimanapun dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan relevan.
Berdasarkan kepada fakta di atas, pembuatan sebuah sistem informasi penjualan yang memanfaatkan internet sebagai fundamentalnya sangat berpengaruh dalam mempromosikan produk-produk yang notabene adalah pendukung dari informasi tersebut, produk yang ada tidak hanya dapat dinikmati oleh pelanggan regional, namun juga dapat dinikmati dengan skala nasional bahkan internasional.
Berawal dari menyukai pakaian anak dan ingin mendapatkan pendapatan tanpa bekerja diluar rumah muncul ide untuk membuat toko pakaian anak dengan menggunakan media internet, selain tidak memerlukan modal yang besar keuntungan yang didapat akan lebih maksimal karena dengan online shop kita dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Dengan membuat sebuah website penjual pakaian anak dapat membuat katalog secara online dan dapat dilihat oleh pembeli tanpa mereka harus meninggalkan rumah.
Hal ini memiliki keuntungan baik dari sisi pembeli maupun penjual salah satunya pembeli bisa menghemat biaya dan waktu karena dapat melakukan transaksi pembelian tanpa harus keluar rumah dan bagi penjual dapat menghemat biaya untuk pembuatan toko yang membutuhkan nominal rupiah yang tidak sedikit.
Hobi Amanda adalah salah satu toko konvensional yang menjual pakaian anak. Berdasarkan permasalahan tersebut di atas maka penulis mencoba untuk mengangkat topik dengan memilih judul SKRIPSI yaitu : “Aplikasi Penjualan Pakaian Anak Online Berbasis Web Pada Toko Hobi Amanda. “
Perumusan Masalah
Berdasarkan Latar Belakang yang telah dijelaskan diatas, maka Penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
- Bagaimana merancang aplikasi penjualan pakaian anak, agar transaksi berjalan lebih efisien?
- Bagaimana membangun sebuah toko online dimanadidalamnya menyediakan informasi mengenai produk dan menangani pembelian secara online?
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Untuk membuat suatu website yang memiliki tampilan menarik serta menu dan aplikasi yang mudah dimengerti baik untuk kalangan pelajar, mahasiswa, profesional, bahkan para ibu rumah tangga.
- Untuk membuat katalog pakaian anak secara online yang memiliki informasi lengkap didalamnya dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi oleh customer dalam pemesanan produk yang diinginkan.
- Untuk memudahkan konsumen dalam mencari informasi mengenai toko pakaian anak online serta memungkinkan pihak perusahaan melakukan brand building untuk produknya secara lebih cepat dan luas.
Manfaat Penelitian
- Dapat mengatasi kendala-kendala dan permasalahan pada sistem yang berjalan agar mendapat solusi yang terbaik untuk meningkatkan kinerja yang optimal khususnya untuk masalah penjualan secara online.
- Dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien.
- Memberikan alternatif pemecahan masalah terhadap permasalahan yang terjadi.
Ruang Lingkup Penelitian
Karena luasnya permasalahan mengenai informasi penjualan dan agar penelitian lebih terarah, maka penulis membatasi masalah yang akan dikaji sesuai dengan judul skripsi yaitu “Aplikasi Penjualan Pakaian Anak Online Berbasis Web Pada Toko Hobi Amanda”. Ruang lingkup penelitian dimulai dengan menggambarkan tahapan proses penjualan secara konvensional yang kemudian beralih kepada pembuatan website dengan diawali pembuatan katalog yang berisikan informasi produk, cara pemesanan produk, cara pembayaran, serta laporan penjualan.
Metodologi Penelitian
Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusunan laporan SKRIPSI ini, penulis mengumpulkan data dan keterangan yang diperlukan untuk penelitian dengan metode sebagai berikut :
- Metode Observasi (Observation Research)
- Metode Wawancara (Interview Research)
- Metode Pustaka Studi Pustaka(Library Research)
- Metode Dokumen (Document Research)
- Perancangan Model (Planning)
- Bahasa Pemrograman.
- Implementasi (Implementation)
Tahap implementasi adalah tahap dimana disain sistem yang dibentuk menjadi suatu kode (program input data) yang siap untuk dioperasikan. Langkah-langkahnya yaitu : menyiapkan fasilitas fisik dan personil, dan melakukan simulasi.
- Pemeliharaan
Perangkat lunak yang sudah disampaikan kepada pelanggan pasti akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa karena mengalami kesalahan karena perangkat lunak harus menyesuaikan dengan lingkungan (periperal atau sistem operasi baru) baru, atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional.
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini dibuat untuk memberikan gambaran mengenai yang diteliti dalam laporan ini pada setiap bab. Adapun sistematika penulisan ini adalah sebagai berikut:BAB I PENDAHULUANPada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan.BAB II LANDASAN TEORIBab ini menjelaskan tentang teori-teori atau definisi yang berkaitan dengan judul penelitian dan hal-hal lain yang mendukung pada laporan Skripsi ini, literature review dan analisa SWOT.BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALANPada bab ini membahas mengenai gambaran umum serta sejarah objek yang diteliti, struktur organisasi serta tugas pokok dan fungsi Toko Hobi Amanda. Selain itu pada bab ini juga membahas tentang sistem yang berjalan yang dituangkan dalam bentuk UML serta permasalahan yang dihadapi dan alternatif pemecahan masalah juga mengenai user requirement yang digambarkan melalui elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III dan final draft elisitasi.BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKANRancangan aplikasi penjualan yang diusulkan secara terstruktur dan terkomputerisasi dibahas pada bab ini. Usulan sistem akan digambarkan dengan diagram rancangan sistem berupa UML, rancangan basis data dan rancangan layout yang menggambarkan rancangan sistem yang diusulkan.BAB V PENUTUPBab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang didapat selama penulisan laporan SKRIPSI.DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
BAB IILANDASAN TEORITeori Umum
Konsep Dasar Sistem
1. Definisi Sistem Sistem terdapat beberapa pandangan menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:
2. Karakteristik Sistem - Pemeliharaan
Merupakan cara pengumpulan data dengan melakukan tinjauan langsung dengan melakukan pengamatan dan melaksanakan pencatatan sistematis terhadap unsur yang diteliti di Toko Hobi Amanda yang berlokasi di Komplek Sekneg Blok A VI/11 Tangerang untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan.
Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab secara lisan kepada stakeholder Ibu Nur Fatmawati selaku owner dan Sdr. Tri Aji Budi Prestya selaku admin Toko Hobi Amanda.
Selain melakukan observasi penulis juga melakukan pencarian informasi dengan cara studi pustaka dalam metode ini penulis berusaha untuk melengkapi informasi-informasi yang diperoleh dengan membaca serta mempelajari buku dan artikel yang relevan dalam pemilihan judul yang penulis ajukan. Buku dan artikeltersebut digunakan penulis untuk membantu penganalisaan dan perancangan yang dilakukan.
Penulis melakukan pengambilan data melalui dokumen tertulis maupun secara elektronik dari instansi/institusi. Dokumen diperlukan untuk mendukung kelengkapan data yang lain.
Metode Perancangan
Didalam penelitian ini, penulis mengusulkan metode rancangan model yang berorientasi objek dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) yaitu Use Case Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, State Machine Diagram dan Class Diagram dengan software Visual Paradigm.
Didalam penelitian ini, penulis mengusulkan metode rancangan bahasa pemograman dengan menggunakan bahasa pemrogramman PHP (PHP Hypertext Preprocessor), pembuatan database pada MySQL, untuk membuat desain menggunakan aplikasi Adobe Dreamweaver CS5, dan aplikasi penghubung yang menyambungkan PHP dan MySQL dengan Xampp
Metode Pengujian (Testing)
Dalam hal ini proses pengujian Rancangan Aplikasi Penjualan Pakaian Anak di Toko Hobi Amanda, peneliti menggunakan Metode Blackbox Testing sehingga dapat diketahui apakah aplikasi sesuai dengan apa yang diharapkan oleh stakeholder. Blackbox Testing adalah metodologi uji coba yang memfokuskan pada keperluan fungsional perangkat lunak. Pengujian blackbox berusaha menemukan fungsi-fungsi yang tidak benar atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan kinerja dan inisialisasi dan kesalahan terminasi.