Pengguna:Rafif Tri Widiarso: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
(Pengertian Data)
(Pendidikan)
 
(11 revisi antara oleh pengguna yang sama tidak ditampilkan)
Baris 1: Baris 1:
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
==About Me==
<p style="line-height:1">''' LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA BAGIAN'''</P></div>
+
[[File:Rafif.JPG|220px|frameless|right]]
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
Rafif adalah biasa orang panggil nama saya, saya lahir di Tangerang 14 Mei 1993, saya anak ke-3 dari 3 bersaudara,saat ini saya mempunyai status sebagai Pribadi Raharja. Awalnya saya memilih Raharja karena ada Jurusan MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting), dan saya tertarik dengan dunia perfilman.. Selain itu saya juga hobby dengan Photography. Fasilitas yang dimiliki kampus Raharja juga cukup memadai. Saya mempunyai cita-cita bisa membuat sebuah film yang dapat diangkat ke layar lebar, namun mungkin butuh perjuangan yang panjang, tapi semua berawal dari mimpi dan kita harus tetap optimis. Mungkin sebelum melangkah sejauh itu saya bisa bekerja dulu di salah satu stasiun televisi yang ada di Indonesia, untuk memperdalam ilmu saya tentang dunia tersebut.
<p style="line-height:1">''' DESIGN PROMOSI DI SMK NEGERI 2'''</p></div>
+
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
<p style="line-height:1">'''KOTA TANGERANG'''</P></div>
+
  
 +
==Profil==
  
<div style="font-size: 16pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
{| class="wikitable"
<p style="line-height:1">'''LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK'''</P></div>
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
[[File:Logo stmik raharja.jpg|150px|center]]</div>
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
<p style="line-height:1">'''OLEH:'''</P></div>
+
 
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
<p style="line-height:1">'''1121469468    [[Rafif|Rafif Tri Widiarso]]'''</P></div>
+
 
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
<p style="line-height:1">'''SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER'''</P></div>
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
<p style="line-height:1">'''RAHARJA'''</P></div>
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center;">
+
<p style="line-height:1">'''[[Tangerang|TANGERANG]]'''</P></div>
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
+
<p style="line-height:1">'''(2013/2014)'''</P></div>
+
 
+
 
+
{{pagebreak}}
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">'''LEMBAR PERSETUJUAN'''</p></div>
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 1" style="text-align: center;">'''LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA BAGIAN'''</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 1" style="text-align: center;">'''DESIGN PROMOSI DI SMK NEGERI 2'''</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 1" style="text-align: center;">'''KOTA TANGERANG'''</p></div>
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
+
<p style="line-height: 1" style="text-align: center;">Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
+
<p style="line-height: 1" style="text-align: center;">STMIK Raharja Tahun Akademik 2013/2014.</p></div>
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
+
<p style="line-height: 1" style="text-align: center;">Tangerang, Juni 2014 </p></div>
+
 
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
+
<p style="line-height: 1" style="text-align: center;">Dosen Pembimbing</p></div>
+
 
+
 
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
+
<p style="line-height: 1;text-align: center">( Wahyu Hidayat S.I.Kom )</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: center">
+
<p style="line-height: 1;text-align: center">NID. 12002</p></div>
+
 
+
{{pagebreak}}
+
 
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 14pt;font-family:
+
'times new roman';text-align: center"><p style="line-height:1">'''SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER'''</p></div>
+
<div style="font-size: 14pt;font-family:'times new roman';text-align: center"><p style="line-height:1">'''RAHARJA'''</p></div>
+
 
+
 
+
 
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family:'times new roman';text-align: center"><p style="line-height:1">'''LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK'''</p></div>
+
 
+
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family:'times new roman';text-align: center"><p style="line-height:2">Saya yang bertandatangan di bawah ini,</p></div>
+
 
+
<div align="right"style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'">
+
{|table align="center"
+
 
|-
 
|-
|<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">NIM</div>||<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">: 1121469468</div>
+
| Nama Lengkap || Rafif TriWidiarso
 
|-
 
|-
|<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">Nama</div>||<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">: [[Rafif|Rafif Tri Widiarso]]</div>
+
| NIM || 1121469468
 
|-
 
|-
|<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">Jenjang Studi</div>||<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">: Strata Satu</div>
+
| Status || Mahasiswa S1 Perguruan Tinggi Raharja
 
|-
 
|-
|<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">Jurusan</div>||<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">: Teknik Informatika</div>
+
| Tempat, Tanggal Lahir || Tangerang, 14 Mei 1993
 +
|-
 +
| Alamat Rumah || Komp. SMKN 2 Tangerang No. 3
 +
|-
 +
|Golongan Darah || B
 
|-
 
|-
|<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">Konsentrasi</div>||<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left">: Multimedia Audio Visual and Broadcasting</div>
 
 
|}
 
|}
</div>
 
  
 +
==Kontak==
  
<div style="font-size: 12pt;font-family:'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 1">Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.</p></div>
+
{| class="wikitable"
 
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family:'times new roman';text-align: center">
+
<p style="line-height: 1">Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.</p></div>
+
 
+
 
+
<div align="right" style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'">
+
{| width="100%" align="right"
+
 
|-
 
|-
| width="60%" | || align="center" |Tangerang, Juni 2014
+
|Website || [https://rafif3widiarso.wordpress.com/]
 
|-
 
|-
| ||
+
| Email [[RINFO]] || [email protected]
 
|-
 
|-
| ||
+
| gmail || rafif.tri.widiarso@gmail.com
|-
+
| ||
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| ||   
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| width="60%" | || align="center" | <u>Rafif Tri Widiarso</u>
+
|-
+
| width="60%" | || align="center" | NIM. 1121469468
+
 
|-
 
|-
 
|}
 
|}
</div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: left"><p style="line-height: 2">'')*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;</p></div>
 
{{pagebreak}}
 
  
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">ABSTRAKSI</p></div>
+
==Pendidikan==
 
+
{| class="wikitable"
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">Perkembangandan penggunaan teknologi komputer saat ini bukan halyang asing bagi dunia pendidikan. Karena dalam dunia pendidikan komputer merupakan alat atau akses yang sangat penting dalam menunjang majunya dunia pendidikan, sehingga dapat memperlancar tugas atau kegiatan instansiyang terkait dalamdunia pendidikan tersebut. Penggunaan komputer sangat penting dalam memperlancar atau mempermudah dalam proses pengajaran,Pengolahan Data, Membuat soal Ujian, Penyimpanan data-data yang penting bahkan sebagai bahan pendidikan itu sendiri, tanpa ada penggunaaan komputer yang mempermudah dalam mengakses segala bentuk data mungkin dunia pendidikan yang ada belum semaju dan berkembang seperti sekarang ini.SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG merupakan salah satu lembaga pendidikan. Dengan terus berkembangnya teknologi multimedia, maka penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) sesuai dengan jurusan dan konsentrasi yang penulis ambil dengan menempati bagian desain. Pada pembuatan media komunikasi visual yang merupakan tugas yang diberikan oleh sekolah dalam membuat desain-desain yang nantinya akan dijadikan sebagai media informasi.Dengan melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG, penulis mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat khususnya pada bagian desain dalam pembuatan media informasi visual. Sehingga penulis dapat menuliskan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dengan judul : “ LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN DESAIN PROMOSI DI SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG”.
+
</p></div>
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
+
<p style="line-height: 2">''Kata Kunci: Media komunikasi visual, Desain, Media informasi''</p></div>
+
{{pagebreak}}
+
 
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman';text-align: center"><p style="line-height: 2">ABSTRACTION</p></div>
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"><p style="line-height: 1">The development and use of computer technology today is not foreign to the world of education . Because in the world of education or access a computer is a tool that is very important in supporting the advancement of education , so as to facilitate tasks or activities related instansiyang dalamdunia education . The use of computers is crucial in expediting or facilitating the teaching process , Data Processing , Making about Testing , data storage is important even as educational material itself, without the use of computers that allow easy access to all forms of data possible world that is not as advanced education and evolved as it is today . SMK Negeri 2 Kota Tangerang is one of the educational institutions . With the continued development of multimedia technology , the authors implement the Job Training ( CTF ) in accordance with the majors and concentrations that authors take to occupy part of the design . In the manufacture of visual communication media is a task assigned by the school to create designs that will be used as a medium of information . By implementing the Job Training ( CTF ) at SMK Negeri 2 Kota Tangerang  , writers get a lot of useful knowledge, especially in parts of the design in the manufacture of visual information media . So that the author can write reports Job Training ( CTF ) with the title : " COLLEGE REPORT OF PRACTICE ON THE DESIGN INFORMATION IN SMK 2 CITY STATE TANGERANG "</p></div>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify">
+
<p style="line-height: 2">''Keywords: visual communication media, design, media information''</p></div>
+
{{pagebreak}}
+
 
+
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''KATA PENGANTAR'''</div>
+
 
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
+
<p style="line-height: 2">Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini  dengan baik.</p></div>
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
+
<p style="line-height: 2"> Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting  yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan.</p></div>
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Penulis menyadari bahwa laporan  Kuliah Kerja Praktek ini  masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.</p></div>
+
 
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2"> Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :</p></div>
+
<ol>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 1;">Bapak Ir. [[Untung Rahardja]], M.T.I selaku Presiden Direktur [[Perguruan Tinggi Raharja]]. </li> <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bapak Drs. PO. [[Abas Sunarya]], M.Si selaku Direktur [[Perguruan Tinggi Raharja]]. </li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bapak Sugeng Santoso, S.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Rahaja. </li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika. </li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom, selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.</li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis. </li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"> Kedua orang tua, kakak, yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.</li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"> Sahabat-sahabat yang sudah membantu dan memberi dukungan selama KKP dan dalam pembuatan laporan</li>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
+
<p style="line-height: 2">Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan KKP ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan KKP ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.</p></div>
+
 
+
 
+
 
+
<div align="right" style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman'">
+
{| width="100%" align="right"
+
 
|-
 
|-
| width="60%" | || align="center" | Tangerang, Juni 2014
+
| 1999 - 2005 || SD Negeri 12 Tangerang
 
|-
 
|-
| ||  
+
| 2005 - 2008 || SMP N 16 Tangerang
 
|-
 
|-
| ||
+
| 2008 - 2011 || SMK N 1 Tangerang
 
|-
 
|-
| || 
+
| 2011 - sekarang || S1 MAVIB [http://www.raharja.ac.id/ PT Raharja]
|-
+
| |
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| || 
+
|-
+
| ||
+
|-
+
| width="60%" | || align="center" | <u>Rafif Tri Widiarso</u>
+
|-
+
| width="60%" | || align="center" | NIM. 1121469468
+
 
|-
 
|-
 +
 
|}
 
|}
</div>
 
{{pagebreak}}
 
__TOC__
 
{{pagebreak}}
 
 
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center; text indent: 0.5"><p style="line-height: 2">'''DAFTAR BAGAN'''</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Bagan 3.1.''' Struktur Organisasi </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Bagan 3.2.''' Skema Alur Kerja </p></div>
 
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center; text indent: 0.5"><p style="line-height: 2">'''DAFTAR GAMBAR'''</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.1.''' Design Spanduk Selamat Datang</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.2.''' Desain Spanduk Puasa</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.3.''' Design Spanduk Penerimaan Peserta Didik Baru SMK Negeri 2 Kota Tangerang</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.4.''' Design Spanduk Ujian Nasional </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.5.''' Design Standing Banner </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.6.''' Design Sertifikat Praktek Kerja Industri </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.7.''' Design Sticker SMK Negeri 2 Kota Tangerang </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.8.'''Design Kartu Tanda Parkir (Tampak Depan) </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.9.''' Design Kartu Tanda Parkir (Tampak Belakang) </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.10.''' Design Kartu Tanda Pelajar SMK Negeri 2 Kota Tangerang (Tampak Depan)</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.11.''' Design Kartu Pelajar SMK Negeri 2 Kota Tangerang (Tampak Belakang)</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.12.''' Alternatif Design Sticker SMK Negeri 2 Kota Tangerang </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.13.''' Alternatif Design Spanduk Selamat Puasa</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 1">'''Gambar 3.14.''' Alternatif Design Sertifikat Praktek Kerja Industri </p></div>
 
{{pagebreak}}
 
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB I'''</div>=
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''PENDAHULUAN'''</div>
 
 
==Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek==
 
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi untuk saat ini sumber daya manusia dibidang multimedia audio visual and broadcasting belum terpenuhi, oleh karena itu untuk menguasai dan memahami teknologi komputer secara optimal perlu diadakannya Kuliah Kerja Praktek yang diharapkan memberikan dampak yang positif bagi penyelesaian permasalahan diatas.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG bergerak pada bidang pendidikan, yang terletak di Jalan Veteran, Sukasari, Kota Tangerang. SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG adalah sekolah Proyek Perintis yang dibangun melalui Proyek Pelita Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1969-1970.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Kuliah Kerja Praktek adalah salah satu syarat yang wajib di penuhi oleh mahasiswa untuk mencapai kelulusan, dengan mengikuti waktu yang telah ditetapkan yaitu minimal satu semester 180 jam, dimana dalam prosesnya masih dalam pengawasan Perguruan Tinggi sebagai pelaksana pendidikan. Dalam Kuliah Kerja Praktek ini penulis mendapat kesempatan untuk memperdalam ilmu serta mampu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, agar kelak penulis memiliki pengalaman yang nantinya dapat digunakkan dalam dunia pekerjaan khususnya di bidang IT.</p></div>
 
 
==Maksud Dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek==
 
===Maksud Kuliah Kerja Praktek===
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Maksud dari Kuliah Kerja Praktek adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengimplementasikan semua ilmu yang telah dipelajari pada masa perkulihannya ke dalam dunia kerja, serta mahasiswa secara langsung belajar untuk berinteraksi dalam dunia kerja. Selain itu mahasiswa dituntut untuk dapat mengatasi dan mempertanggung jawabkan suatu permasalahan yang ada dalam pekerjaan tersebut di bidang Teknik Informatika, yang secara pribadi melalui Kuliah Kerja Praktek, dapat menambah pengalaman serta meningkatkan kemampuan dalam berkreatifitas yang lebih banyak lagi dalam membuat suatu desain yang diinginkan.</p></div>
 
 
===Maksud Kuliah Kerja Praktek===
 
<ol>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">a. Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat sebelumnya selama masa perkuliahan guna untuk tampil bekerja baik secara individu maupun secara kelompok ke dalam dunia kerja.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">b. Mahasiswa mampu berkerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki untuk melengkapi kreatifitas dalam pembuatan ide-ide desain, sehingga dapat memperkaya dan menambah wawasan dalam dunia kerja.</p></div>
 
</ol>
 
==Manfaat Kuliah Kerja Praktek==
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Kuliah Kerja Praktek ini akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga bagi mahasiswa sebelum memulai karir yang sebenarnya sebagai seorang sarjana komputer yang berbasis multimedia.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2"> Manfaat Kuliah Kerja Praktek </p> </div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">a. Agar mahasiswa dapat mengerti apa yang salah dan apa yang benar dalam prakteknya untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">b. Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berguna dan lebih siap sebelum terjun kelingkungan masyarakat.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">c. Agar mahasiswa mampu bekerja secara profesional dan mampu  bersosialisasi dalam lingkungan kerja, baik secara individu maupun berkelompok (team work).</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">d. Agar mahasiswa dapat menguasai dan mampu mengimplementasikan ilmu dan wawasan yang didapat selama masa perkuliahan, maupun pada saat mempraktekkan sebelum masuk pada dunia pekerjaan yang sesungguahnya.</p></div>
 
 
==Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek==
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Dalam kegiatan pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah sebagai berikut :</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.2in">
 
<p style="line-height: 2">1. Observasi (Observation Research) </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Adalah pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang diteliti dengan terjun secara langsung pada bagian desain di SMK NEGERI 2 KOTA TANGERANG.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.2in">
 
<p style="line-height: 2">2. Wawancara (Interview) </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Adalah teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan orang yang diwawancarai untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang akan diteliti.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.2in">
 
<p style="line-height: 2">3. Studi Pustaka </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Pengumpulan teori-teori dengan cara membaca, mempelajari dan memahami buku-buku, diktat-diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek pada  konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting.</p></div>
 
 
==Sistematika Penulisan==
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai masalah yang akan dibahas,  penulis membagi menjadi beberapa bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">'''BAB I PENDAHULUAN'''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Bab ini menjelaskan  secara umum tentang latar belakang , pembahasan masalah umum, metode penelitian, ruang lingkup, manfaat dan tujuan serta sistematika penulisan.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
 
<p style="line-height: 2">'''BAB II LANDASAN TEORI'''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Pada Bab ini berisikan tentang teori dasar yang melandasi penulisan laporan tugas magang sesuai penugasan yang diberikan kepada setiap mahasiswa yang melakukan magang KKP (Kuliah Kerja Praktek).</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">'''BAB III TINJAUAN UMUM DAN TINJAUAN KHUSUS'''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Ruang Lingkup. Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Tugas dan Kewajiban tiap Departemen, dan Daftar Klien. Tinjauan umum menjelaskan tentang Skema Alur Kerja dan Alur Kerja, sedangkan Tinjauan Khusus menjelaskan tentang Daftar Project serta latar belakang dan konsep desain selama Kuliah Kerja Praktek (KKP).</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">'''BAB IV PENUTUP'''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2"> Bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil penulisan Kuliah Kerja Praktek (KKP) serta saran-saran yang diberikan sebagai tindak lanjut yang diperlukan untuk melakukan generalisasi perbaikan di masa yang akan datang.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">'''DAFTAR PUSTAKA'''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP).</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">'''LAMPIRAN'''</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.</p></div>
 
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''BAB II'''</div>=
 
<div style="font-size: 14pt;font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''LANDASAN TEORI'''</div>
 
 
==Konsep Dasar Laporan==
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"> <p style="line-height: 2">Menurut Nindiyah Purpitasari Laporan Adalah Suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority) dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> <p style="line-height: 2">Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> <p style="line-height: 2">Laporan merupakan salah satu alat untuk menyampaikan informasi baik formal maupun nonformal.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify"> <p style="line-height: 2">Penyampaian informasi dari petugas atau pejabat tertentu kepada petugas atau pejabat tertentu dalam suatu system administrasi.</p></div>
 
 
===Proses Perancangan Laporan Secara Umum===
 
<br>
 
Menurut Hendi Hendratman (2010 : 09-12) :
 
 
<br>
 
a. Konsep
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment atau audience yang dituju. Konsep didapatkan dari pihak non-grafis, antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya dan lain-lain yang ingin  menterjemahkan ke dalam bentuk visual  karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.</p></div>
 
 
b. Media
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Untuk mencapai kriteria ke sasaran atau segmen yang dituju diperlukan studi kelayakan yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. Media bisa berupa cetak, elektonik.</p></div>
 
 
b. Ide
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan. Kadang untuk mendapatkan ide, diperlukan suatu imajinasi, membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan membenturkan atau membuat suatu hal yang konflik atau paradoks.</p></div>
 
 
d. Persiapan Data
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali.</p></div>
 
 
d. Persiapan Data
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Data berupa teks atau gambar terlebih dahulu harus kita pilih dan seleksi. Apakah data itu sangat penting sehingga harus tampil atau kurang penting sehingga bisa ditampilkan lebih kecil, samar atau dibuang sama sekali.</p></div>
 
 
e. Visualisasi
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.</p></div>
 
 
f. Produksi
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Setelah desain dan coding yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu diuji coba (testing) untuk memastikan sistem atau produk tidak ada kesalahan.</p></div>
 
 
===Pengertian Project===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Rizal Pahlevi Laporan ialah keterangan atau informasi tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan berdasarkan fakta. Fakta yang diinformasikan itu berkaitan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta yang dilaporkan berdasarkan keadaan obyektif yang dialami sendiri si pelapor (dilihat, didengar, dirasakan sendiri) ketika si pelapor melakukan kegiatan.</p></div>
 
===Tujuan Laporan===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Gugun Gunaidi Manfaat Laporan Memberikan maklumat dan fakta, mencadangkan penyelesaian, mencadangkan tindakan yang perlu dilakukan, Membuat kesimpulan, menilai sesuatu penyelidikan atau aktiviti, membuat rekod sesuatu peristiwa, menganalisi aktiviti perniagaan, mensintesis sesuatu pelan tindakan, menghuraikan sesuatu peristiwa, prosedur, tindakan dll.</p></div>
 
===Manfaat Laporan===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Gugun Gunaidi Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan, bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya, engetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan, Data sejarah perkembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain.</p></div>
 
 
==Konsep Dasar Kuliah Kerja Praktek==
 
 
===Definisi KKP===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Yunita (2014) Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan.Magang adalah bentuk belajar dan berlatih keterampilan pada dunia kerja yang lebih menekankan pada praktek daripada teori.Observasi adalah metode pengumpulan data dimana peneliti atau kolaboratornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama penelitian.Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengetahuan teoritis dengan praktek.</p></div>
 
 
===Maksud KKP===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya didalam perkuliahan pada kegiatan nyata dibidang studinya masing-masing.</p></div>
 
 
===Tujuan KKP===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Mahasiswa mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman secara faktual dilapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang professional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam kehidupan dunia kerja yang nyata.StatusKuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan bagian Integral Kurikulum Perguruan Tinggi Raharja.Kuliah Kerja Praktek memiliki bobot 2 sks baik untuk program Diploma dan Strata Satu.Bagi mahasiswa yang melanjutkan laporan KKP menjadi TA/Skripsi maka tahapan seminar proposal pada pelaksanaan TA/Skripsi akan dianggap sudah dilaksanakan.</p></div>
 
 
==Konsep Dasar Desain==
 
===Definisi Desain===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Rakhmat Supriyono (2010 : 136) Desain merupakan art direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternatif desain, hingga final artwork (FAW).</p></div>
 
 
===Fungsi Fungsi Desain===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Diktat Mata Kuliah Desain Karakter and Modeling ( 2010 : 7 ) :</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">
 
 
a. Fungsi Informasi
 
<br>
 
Desain  selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.
 
<br>
 
b. Fungsi Identifikasi
 
<br>
 
Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.
 
<br>
 
c. Fungsi Presuasi
 
<br>
 
Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.
 
</p></div>
 
 
===Definisi Grafis===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Grafis dalam istilah bahasa Inggris disebut Graphic diartikan sebagai goresan yang berupa titik-titik atau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak. Desain Grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam wujud gambar. Dalam proses mendesain ini seorang desainer dapat mempergunakan peralatan manual seperti kuas atau dengan teknologi komputer. Desain grafis komputer dapat diartikan sebagai upaya untuk mengalihkan gagasan kepada orang lain dalam wujud gambar yang dibuat menggunakan bantuan teknologi komputer. Seni grafis adalah sejenis karya seni murni yang umumnya memiliki dwimatra, merupakan hasil kerja diatas kertas, lempengan batu, logam, kayu, lembar sablon atau lainnya dimana pada permukaannya seseorang telah mengungkapkan gagasan dan cita rasa seninya dalam bentuk goresan, torehan, cukilan, guratan, sapuan, dan sebagainya.</p></div>
 
 
===Unsur Unsur Desain Grafis===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Desain yang menekankan tanpa keindahan akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. ’Menarik’ atau ’indah’ bisa dilihat dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin),maka desain akan menarik apabila indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. Keindahan yang dibahas disini lebih ditekankan pada kemampuan mata sebagai penilai. Tetapi sebelum mendesain, kita perlu mengenal terlebih dahulu unsur-unsur dalam desain itu sendiri. </p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">Agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur  dalam desain grafis, antara lain :</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">
 
a. Garis (Line)
 
<br>
 
Garis di definisikan sebagai sekumpulan titik yang dideretkan memanjang. Dalam definisi lain, garis adalah suatu goresan, kumpulan titik yang memanjang, batas limit suatu benda, masa ruang, warna, dll. Garis adalah elemen visual yang dapat dipakai di mana saja dengan tujuan untuk memperjelas dan mempermudah pembaca. Bisa juga digunakan fantasi visual.
 
</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">
 
b. Bidang (Shape)
 
<br>
 
Segala bentuk apa pun yang memiliki dimensi tinggi dan lebar disebut juga dengan bidang. Bidang dapat berupa bentuk-bentuk geometris (lingkaran, segitiga, segiempat, elip, setengah lingkaran, dan sebagainya) dan bentuk-bentuk yang tidak beraturan.
 
</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">
 
c. Warna (Color)
 
<br>
 
Setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience secara efektif. Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.
 
</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">
 
d. Gelap - Terang (Value)
 
<br>
 
Salah satu cara untuk menciptakan kemudahan baca adalah dengan menyusun unsur-unsur visual secara kontras gelap-terang. Kontras value bersifat relative, sangat dipengaruhi oleh background dan elemen-elemen lain di sekitarnya. Kontras value digunakan untuk menonjolkan pesan atau informasi, sekaligus menciptakan citra.
 
</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">
 
e. Tekstur (Teksture)
 
<br>
 
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Dalam seni rupa, khususnya desain grafis, tekstur dapat bersifat nyata dan dapat  pula tidak nyata (tekstur semu). Sedangkan tekstur dalam konteks desain komunikasi visual lebih cenderung pada tekstur semu, yaitu kesan visual dari suatu bidang. Tekstur juga sering digunakan untuk mengatur keseimbangan dan kontras. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, kulit kayu, dan lain sebagainya.
 
</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">
 
f. Format
 
<br>
 
Format adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek. Dengan meggunakan unsur ini anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada objek desain anda sehingga orang dapat mengetahui mana yang akan dibaca dan dilihat terlebih dahulu.
 
</p></div>
 
===Prinsip Prinsip Desain Grafis===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">Dalam mengkomposisi atau mengatur layout agar menarik menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :
 
<br>
 
a. Keseimbangan (Balance)
 
<br>Keseimbangan atau balance adalah pembagian sama berat, baik secara visual maupun optik. Komposisi desain dapat dikatakan seimbang apabila objek di bagian kiri dan kanan terkesan sama berat. Kesan seimbang atau balance dapat dibangun menggunakan elemen garis, warna, value, ukuran, bidang dan tekstur. Ada dua pendekatan untuk menciptakan balance. Pertama dengan membagi sama berat kiri-kanan atau atas-bawah secara sistematis atau setara, di sebut keseimbangan formal (formal balance). Keseimbangan yang kedua adalah keseimbangan asimetris (informasi balance), yaitu penyusunan elemen-elemen desain yang tidak sama antara sisi kiri dan sisi kanan namun secara seimbang.<br>b. Tekanan (emphasis)
 
<br>Penekanan atau penonjolan objek dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan menggunakan warna mencolok, ukuran foto atau ilustrasi dibuat paling besar, menggunakan huruf sans serif ukuran besar, arah diagonal, dan dibuat berbeda dengan elemen-elemen lain. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menonjolkan elemen visual dalam karya desain, yaitu sebagai berikut :
 
<br>1. Kontras. Focal point dapat diciptakan dengan teknik kontras, yaitu objek yang dianggap paling penting dibuat berbeda dengan elemen-elemen lainnya.
 
<br>2. Isolasi objek. Focal point juga dapat diciptakan dengan cara memisahkan objek dari kumpulan objek-objek yang lain. Secara visual, objek yang terisolasi akan lebih menarik perhatian.
 
<br>3. Penempatan objek. Objek yang ditempatkan di tengah bidang akan menjadi focal point. Objek yang ditempatkan pada titik pusat garis perspektif juga akan menjadi fokus perhatian.
 
<br>c. Irama (Rhythm)
 
<br>Irama adalah pola layout yang dibuat dengan cara menyusun elemen-elemen visual secara berulang-ulang. Irama visual dalam desain grafis dapat berupa repetis dan variasi. Repitis adalah irama yang dibuat dengan penyusunan elemen berulang kali secara konsisten. Sementara itu, Variasi adalah perulangan elemen visual disertai perubahan bentuk, ukuran, atau posisi.<br>d. Kesatuan (Unity)Desain dikatakan menyatu secara keseluruhan tampak harmonis, ada kesatuan antara tipografi, ilustrasi, warna dan unsur-unsur desain lainnya. Menciptakan kesatuan pada desain yang hanya memiliki satu muka, seperti poster dan iklan, relatif lebih mudah dibandingkan bentuk baku atau folder yang memiliki beberapa halaman. Pada desain majalah atau buku, kesatuan dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :
 
<br>
 
• Mengulang warna, bidang, garis, grid atau elemen yang sama pada setiap halaman.
 
<br>
 
•Menyeragamkan jenis huruf untuk judul, body copy dan caption.
 
<br>
 
•Menggunakan unsur-unsur visual yang memiliki kesamaan warna, tema dan bentuk.
 
<br>
 
•Gunakan satu atau dua jenis huruf dengan variasi ukuran dan style (bold, italic dan sebagainya).
 
</p></div>
 
 
===Definisi Typografi===
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Hendi Hendratman (2010 : 63) Tipografi (typography) adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-font komputer, kita akan leluasa memilih jenis font yang diinginkan. Namun memilih font adalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia.</p></div>
 
 
===Pengertian Tentang Psikologi Warna===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">A. Pengertian Warna</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Diktat Mata Kuliah Nirmana (2010 : 14-17) Secara obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi ( merah, jingga, kuning, ungu ). Jenis warna yang demikian disebut Spectrum atau warna cahaya. Secara Subyektif warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat ( mata ) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">B. Teori Warna</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">Secara garis besar dikenal adanya 2 dasar teori tentang warna :</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">1. Prang system
 
<br>
 
2. Munsell system<br>Menurut teori Prang system warna dapat dibagi berdasarkan
 
</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">a. HUE (nama warna) : panas atau dinginnya warna</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">HUE :</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">- Menunjukkan nama-nama warna : merah, biru, hijau</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">- Perbedaan warna adalah perbedaan HUE </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">- Bila hijau menjadi kebiruan dapat dikatakan berubah HUE nya
 
</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">b. VALUE : Terang atau gelapnya warna</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">c. INTENSITY : Cerah atau suranya warna</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">C. Jenis/bentuk warna</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">a. Warna primer </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">Warna Primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna : kuat dan kontras. </p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">b. Warna sekunder </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran 2 (dua) warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan tiga warna pula, yaitu jingga, ( merah + kuning ), hijau ( kuning + biru ), dan ungu ( merah + biru ). </p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">c. Warna Quarter </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">Warna yang merupakan hasil percampuran 2 (dua) warna tersier, yaitu coklat jingga adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijau adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat biru. </p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">d. Warna tersier </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">Warna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna – warna sekunder yang menghasilkan tiga warna, yaitu orange – jingga, orange – hijau, dan hijau – jingga. </p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">e. Warna Complementer </p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.3in">
 
<p style="line-height: 2">Dua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning, merah dan hijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warna ini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinya dapat bergerak. </p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">Diktat Mata Kuliah Nirmana ( 2010 : 21-23 )</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">Makna Simbolik Warna</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">1. Warna Merah :<br>
 
Semangat, keberanian, amarah, bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan.<br>
 
2. Warna Kuning :
 
<br>Kegembiraan, keceriaan, kecemerlangan, keagungan, ciptaan
 
<br>3. Warna Kuning Emas :
 
<br>Kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemulyaan, kekuatan spiritual.
 
<br>4. Warna Hjau :
 
<br>Pertumbuhan, kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian.
 
<br>5. Warna Biru :
 
<br>Kebenaran, keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati.
 
<br>6. Warna Putih :
 
<br>Kesucian, kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.
 
<br>7. Warna Hitam :
 
<br>Ketabahan, kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan.
 
<br>8. Warna Abu-abu :
 
<br>Ketaatan, rendah hati, kesholihan, modern.
 
<br>9. Warna Orange :
 
<br>Kemajuan, semangat, perkembangan, Energi.
 
<br>10. Warna Violet :
 
<br>Kemulyaan, kebesaran jiwa, kelembutan.
 
<br>11. Indigo :
 
<br> Ilmu pengetahuan, kemapanan, kedewasaan.</p></div>
 
 
===Pengertian Tentang Simbolisasi Bentuk===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Fandy Tjiptono (2008 : 30) Simbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure, sosok suatu objek terungkap  dalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.</p></div>
 
 
===Pengertian Citra atau Image===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Fandy Tjiptono (2008 : 30) Citra atau Image adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen,dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.</p></div>
 
 
===Layout===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">a. Pengertian Layout</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Hendi Hendratman (2010 : 85) Layout arti katanya secara bahasa adalah Tata letak. Menurut salah satu teorinya, layout adalah usaha untuk menyusun, menata atau memadukan unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, tabel dll) menjadi komunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">b. Jenis Jenis Layout</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Rakhmat Supriyono ( 2010 : 9 ) :</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">1. Layout Kasar</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">adalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak sinopsis, gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout kasar ini dibuat hitam putih dengan menggunakan coretan atau sketsa pensil gambar yang dibuat secara manual.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">2. Layout Komprehensif</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">adalah suatu gambar yang sudah mendekati komposisi final, dalam hal ini komposisi gambar yang pada umumnya disajikan dalam bentuk warna.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 
<p style="line-height: 2">3. Final Artwork</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">merupakan tahap desain yang sudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnya yaitu layout kasar dan layout komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan dengan beberapa kali revisi selama proses desain.</p></div>
 
 
===Teori Desain Komunikasi Visual===
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut Rakhmat Supriyono (2010 : 9) Desain grafis belakangan lebih sering disebut “desain komunikasi visual” (DKV) karena memiliki peran mengomunikasikan pesan atau informasi kepada pembaca dengan berbagai kekuatan visual, seperti tipografi, ilustrasi warna, garis, layout dan sebagainya dengan bantuan teknologi. Dalam beberapa kasus, istilah DKV dianggap lebih dapa menampung perkembangan desain grafis yang semakin luas, tidak terbatas dengan penggunaan pada penggunaann unsur-unsur grafis (visual). Meski demikian, istilah Desain Grafis (Graphic Desain) masih sering digunakan. DKV dikatagorikan sebagai  Commercial Art kerena merupakan paduan antara seni rupa (Visual Art) dan kterampila komunikasi untuk tujuan bisnis. Ketatnya tujuan bisnis dibidang industri barabg dan jasa, ditambah perkembangan tekhnologi dan kpmunikasi, menjadikan DKV berkembang pesat.</p></div>
 
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Tidak dapat, menghindari karya – karya desain karya komunikasi visual saat ini sudah merampok sebagian waktu dan perhatian manusia. Setiap hari mata kita dipaksa untuk melihat iklan. Ketika membuka halaman majala, surat kabar, internet, ataub televisi mata kita segera disergap iklan. Saat melintas dijalan raya kita pun selalu dikepung media outdoor berupa poster, bilboard, spanduk, baliho, banner, papan nama, dan bentuk-bentuk iklan lainnya. Di ruangan kantor mata kita masih dijejali brosur, katalog, kop surat, kartu nama, kalender, dan barabg cetak lainnya.</p></div>
 
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Tidak berhenti sampai disitu, iklan cetak berupa  leaflet  atau brosur bahkan sering dibagikan di Traffucdan warna.- light saat lampu merah, dipusat perbelanjaan dan ditampat – tempat publik lainnya. Semua media iklan tersebut berusaha keras merebut perhatian konsumen dengan menggunakan elemen-elemen visual, seperti logo, tipografi, dan warna.Maraknya karya-karya desain komunikasi visual menuntut desainer untuk lebih kreatif. Desain yang “biasa-biasa saja” dapat dipastikan kalah bersing dan kurang diperhatikan pembaca. Desainer kini semakin dituntut mampu memunculkan gagasan – gagasan besar, ide-ide segar yang tidak terduga.</p></div>
 
  
==Konsep Dasar Informasi==
 
===Pengertian Data===
 
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau item.</p></div>
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Menurut McLeod dalam bukunya Yakub (Yakub,2012: 5) “ Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkan adanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai”.</p></div>
 
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Data dapat berbentuk nilai yang terformat, teks, citra, audio, dan video.</p></div>
 
  
<ol>
+
[[Category : Perguruan Tinggi Raharja]]
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 1;">Teks, adalah sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol yang kombinasinya tidak tergantung pada masing masing item secara individual misalnya, artikel koran, majalah dan lain-lain. </li> <li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Data yang terformat, adalah data dengan suatu format tertentu, misalnya data yang menyatakan tanggal atau jam, dan nilai mata uang. </li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Citra (image), adalah data dalam bentuk gambar, citra dapat berupa, grafik, foto, hasil ronsten, dan tanda tangan. </li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Audio, adalah data dalam bentuk suara misalnya, instrumen  musik, suara orang, suara binatang, detak jantung, dan lain-lain. </li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Video, adalah gambar yang bergerak dan dilengkapi dengan suara misalnya, suatu kejadian dan aktivitas-aktivitas dalam bentuk film.</li>
+
</ol>
+

Revisi terkini pada 21 Januari 2015 19.06

About Me

Rafif.JPG

Rafif adalah biasa orang panggil nama saya, saya lahir di Tangerang 14 Mei 1993, saya anak ke-3 dari 3 bersaudara,saat ini saya mempunyai status sebagai Pribadi Raharja. Awalnya saya memilih Raharja karena ada Jurusan MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting), dan saya tertarik dengan dunia perfilman.. Selain itu saya juga hobby dengan Photography. Fasilitas yang dimiliki kampus Raharja juga cukup memadai. Saya mempunyai cita-cita bisa membuat sebuah film yang dapat diangkat ke layar lebar, namun mungkin butuh perjuangan yang panjang, tapi semua berawal dari mimpi dan kita harus tetap optimis. Mungkin sebelum melangkah sejauh itu saya bisa bekerja dulu di salah satu stasiun televisi yang ada di Indonesia, untuk memperdalam ilmu saya tentang dunia tersebut.

Profil

Nama Lengkap Rafif TriWidiarso
NIM 1121469468
Status Mahasiswa S1 Perguruan Tinggi Raharja
Tempat, Tanggal Lahir Tangerang, 14 Mei 1993
Alamat Rumah Komp. SMKN 2 Tangerang No. 3
Golongan Darah B

Kontak

Website [1]
Email RINFO [email protected]
gmail [email protected]

Pendidikan

1999 - 2005 SD Negeri 12 Tangerang
2005 - 2008 SMP N 16 Tangerang
2008 - 2011 SMK N 1 Tangerang
2011 - sekarang S1 MAVIB PT Raharja