Pengguna:DwiParmania: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
k
(Saran)
Baris 591: Baris 591:
  
 
==Saran==
 
==Saran==
 
  
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''Daftar Pustaka'''</div>=
 
=<div style="font-family: 'times new roman'; text-align: center">'''Daftar Pustaka'''</div>=
 
<references />
 
<references />

Revisi per 9 Juni 2014 04.24

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

PERANCANGAN DESIGN WEBSITE

COMPANY PROFILE PADA

PT. TELKOM AKSES



jpg



Disusun Oleh :

1121469072 DWI FITRI PARMANIA


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK )RAHARJA

TANGERANG

(2013/2014)



LEMBAR PERSETUJUAN



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

PERANCANGAN DESIGN WEBSITE

COMPANY PROFILE PADA

PT. TELKOM AKSES


Diajukan guna melengkapi sebagai syarat untuk mengikuti Skripsi Pada Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja

STMIK Raharja Tahun Akademik 2013/2014.


Tangerang, Juni 2014



Dosen Pembimbing




( Lusyani Sunarya S.Sn )

NID. 06124


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK (KKP)


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

PERANCANGAN DESIGN WEBSITE

COMPANY PROFILE PADA

PT. TELKOM AKSES


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1121469072
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.



Tangerang, Juni 2014
Dwi Fitri Parmania
NIM. 1121469072

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Perkembangan media internet mengharuskan penyedia jasa komunikasi terpacu untuk menyediakan akses media internet dengan layanan dan fasilitas serta speed yang tidak mengecewakan penggunanya. PT. Telkom Akses, yang merupakan anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. bergerak di bidang konstruksi pembangunan dan manage service infrastruktur jaringan, berkontribusi untuk menyediakan akses internet broadband yang memungkinkan untuk mengakses internet dengan cepat dan selalu terkoneksi sehingga mudahkan pengguna layanan internet memperoleh informasi dari media internet, PT. Telkom Akses sendiri beralamat di Gedung Telkom Jl. S. Parman Kav.8, Jakarta Barat. Kuliah kerja praktek adalah salah satu kurikulum yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa STMIK Raharja Tangerang sebelum menempuh skripsi, dapat diartikan kuliah kerja praktek adalah sebagai suatu program yang mengacu pada sarana pelatihan untuk menerapkan dan memperluas berbagai wawasan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan awal sebagai pribadi yang siap menjadi lulusan sebagai sarjana komputer profesional. Dengan demikian Kuliah Kerja Praktek adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, baik berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintahan secara terbimbing. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Perusahaan atau Instansi tersebut adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja dibidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bidang yang mencangkup Design, Multimedia Audio Visual dan Broadcasting (MAVIB). Dan pada akhirnya, setiap tugas dan pekerjaan yang dilakukan penulis selama proses Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, akan dirangkum kedalam “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PERANCANGAN DESIGN WEBSITE COMPANY PROFILE PADA PT. TELKOM AKSES”.

Kata Kunci: internet, broadband, akses, komputer, professional.


ABSTRACT

The development of the internet requires communications providers are encouraged to provide access to Internet media services and facilities as well as its speed does not disappoint. PT. Telkom Access, which is a subsidiary of PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. engaged in the construction of the network infrastructure and managed services, contributing to provide broadband Internet access that allows to access the Internet quickly and users are always connected to the internet service make it easy to obtain information from the internet, PT. Access Telkom Telkom building itself is located at Jl. Kav.8 S. Parman, West Jakarta. Lecture is one of the practical work curriculum that must be followed by all students STMIK Prog Tangerang before taking the thesis, the working class can be defined as a practice is a program that refers to the means of training to implement and expand the insights, attitudes, and skills in order to establish early as person is ready to become a graduate with a degree in computer professional. Thus Job Training is an activity which is mandatory for all students, either in the form of an internship or observation in companies or government agencies are guided. The reason the authors implement the Job Training in the company or agency is to gain knowledge and experience in the field of work that is being studied, particularly in the field that covers Design, Audio Visual and Multimedia Broadcasting (MAVIB). And in the end, each task and the author of the work done during the process of Kuliah Kerja Praktek (KKP), will be summarized into “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PERANCANGAN DESIGN WEBSITE COMPANY PROFILE PADA PT. TELKOM AKSES”.

Keywords: internet, broadband access, computer, professional.


KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan Puji serta rasa Syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala anugerah, rahmat dan karunia–Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek ini sebagaimana mestinya dan tepat pada waktunya. Kuliah Kerja Praktek ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) STMIK Raharja Tangerang.

Dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini, penulis menemukan kesulitan yang dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan serta pengalaman yang penulis miliki, sehingga tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan arahan dari berbagai pihak terkait yang selama ini telah meluangkan waktu dan tenaganya. Maka pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  4. Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., selaku Dosen Pembimbing yang telah banyak memberikan bimbingan dan sarannya kepada penulis yang sangat berarti dalam menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek ini.
  5. Bapak Ir. Verdi Prasiswa Huwae, SE. MT., yang telah bersedia memberikan penulis tempat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada PT. Telkom Akses dan memberikan nasehat serta saran yang membangun untuk penulis kedepannya.
  6. Bapak I Putu Anggara, S.T. selaku pembimbing lapangan yang telah banyak membantu dan memberikan saran kepada penulis, selama penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek pada PT. Telkom Akses.
  7. Seluruh Dosen STMIK Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
  8. Kedua orang tua saya serta keluarga, yang selalu mendo’akan yang terbaik dan memberikan support untuk saya.
  9. Sahabat – sahabat saya yang selalu berada dikantin atas yang senantiasa membantu dalam penulisan laporan ini dan seluruh mahasiswa STMIK Raharja yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang telah banyak membantu, memberikan doa, semangat, pengetahuan, dukungan serta saran dan kritik yang bermanfaat bagi penulis.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan serta penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini. Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan pembaca umum laporan Kuliah Kerja Praktek ini, semoga Allah SWT senantiasa menyertai dan meridhoi langkah kita semua dalam meraih kesuksesan, Amin.


Tangerang, Juni 2014
Dwi Fitri Parmania
NIM. 1121469072



DAFTAR TABEL

Gambar 3.1 Data Perusahaan

Gambar 3.2 Daftar Relasi

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Siklus Pengolahan Data

Gambar 2.2 Siklus Pengolahan Data yang Dikembangkan

Gambar 3.1 Struktur Organisasi

Gambar 3.2 Skema Alur Kerja PT. Telkom Akses

Gambar 3.3 Alur Kerja Penerimaan Barang

Gambar 3.4 Alur Kerja Pengeluaran Barang

Gambar 3.5 Alur Rekonsiliasi & Stock Barang

Gambar 3.6 Pembuatan Design Web Compamy Profie

Gambar 3.7 Script HTML Untuk Template Konten Video

Gambar 3.8 Script CSS Untuk Template Konten Video

Gambar 3.9 Design Template Home

Gambar 3.10 Design Template Sejarah

Gambar 3.11 Design Template Visi Misi

Gambar 3.12 Design Template Kebijakan Mutu

Gambar 3.13 Design Template Struktur Organisasi

Gambar 3.14 Design Template Wilayah Layanan Operasi

Gambar 3.15 Design Template Keunggulan

Gambar 3.16 Design Template Penglaman Kerja

Gambar 3.17 Design Template Video Company Profile

Gambar 3.18 Design Template Layanan Pengelolaan

Gambar 3.19 Design Template Kontak

Gambar 3.20 Pembuatan Banner

Gambar 3.21 Design Banner

Gambar 3.22 Pembuatan Salah Satu Animasi (Komponen FTTH)

Gambar 3.23 Penyatuan Seluruh Komponen Video Animasi

Gambar 3.24 Pembukaan Video Animasi (00:13)

Gambar 3.25 Pengertian FTTH (00:52)

Gambar 3.26 Komponen FTTH (01:12)

Gambar 3.27 Perkembangan FTTH (02:11)

Gambar 3.28 Topologi FTTH (02:44)

Gambar 3.29 Kepanjangan ODC dan ODP (03:01)

Gambar 3.30 Kegunaan ODC dan ODP (03:19)

Gambar 3.31 Penutup Video Animasi (04:23)


BAB I

PENDAHULUAN



Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek

Pesatnya perkembangan telekomunikasi saat ini sangat berperan penting bagi masyarakat luas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelopor telekomunikasi yang berlomba – lomba menyajikan dengan merealisasikan jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi, baik melalui media cetak seperti koran, majalah, buku, maupun media elektronik seperti radio, televisi, telepon, dan internet.

Media internet sendiri saat ini memiliki perkembangan yang sangat pesat dibandingkan dengan media komunikasi lainnya. Hal ini memicu PT. Telkom Akses yang beralamat di Gedung Telkom Jl. S. Parman Kav.8, Jakarta Barat yang berada dibawah naungan PT. Telekomunikasi Tbk. Indonesia salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia untuk menyajikan jaringan komunikasi berupa akses internet broadband yang memungkinkan untuk mengakses internet dengan cepat dan selalu terkoneksi sehingga mudahkan pengguna layanan internet memperoleh informasi dari media internet.

Kuliah Kerja Praktek merupakan akumulasi dari seluruh kurikulum bagi setiap mahasiswa di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer STMIK Raharja Tangerang, maka Kuliah Kerja Praktek ini dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan sarana pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan dan wawasan, serta sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan awal kepribadian mahasiswa di dunia kerja hingga menjadi sarjana informatika yang profesional.

Dengan demikian Kuliah Kerja Praktek adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, baik berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintahan secara terbimbing sebagai persyaratan kelulusan dengan menerapkan seluruh pengalaman belajar sebelumnya dan semua hal yang berhubungan dengan teknologi informasi. Kuliah Kerja Praktek merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh oleh Mahasiswa sebelum nantinya berlanjut mengerjakan skripsi. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Perusahaan atau Instansi tersebut adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja dibidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bidang yang mencangkup Design, Multimedia Audio Visual dan Broadcasting (MAVIB).


Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek

Maksud Kuliah Kerja Praktek

1. Maksud dari Kuliah Kerja Praktek ini adalah untuk memberikan gambaran dan kesempatan kepada Mahasiswa untuk dapat menerapkan dan mempraktekkan ilmu yang telah didapat selama pembelajaran di perkuliahan.

2. Mahasiswa dapat belajar untuk bertanggung jawab sehingga mampu mengatasi segala hal yang terjadi di lingkungan kerja.

3. Mahasiswa di dalam KKP ini diharapkan bisa mendapatkan pengalaman bekerja yang berharga yang belum didapat sebelumnya di perkuliahan.

Tujuan Kuliah Kerja Praktek

1. Tujuannya antara lain adalah sebagai Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Khususnya konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting yang kelak akan lulus dan menjadi sarjana komputer bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya.

2. Dapat menambah dan memperluas pengetahuan tentang dunia kerja khususnya Broadcasting> dan Design, dan secara pribadi juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan dan kreatifitas sehingga dapat diterapkan saat di dunia kerja yang sesugguhnya.

Manfaat Kuliah Kerja Praktek

1. Melalui Kuliah Kerja Praktek kita akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga bagi Mahasiswa sebelum diterapkan pada dunia kerja, sebagai sarjana komputer yang berbasis Multimedia dan Broadcasting.

2. Kuliah Kerja Praktek juga menuntut Mahasiswa untuk dapat bekerja sama secara kelompok ataupun individu dalam mencapai target yang diberikan, selain itu Mahasiswa dapat merasakan realita apa dan bagaimana saat di dunia kerja yang sebenarnya.

Metodelogi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek

1. Observasi

Observasi adalah pengambilan data yang diperlukan untuk penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada PT. Telkom Akses.

2. Wawancara

Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan gambaran mengenai design seperti apa yang diinginkan oleh PT. Telkom Akses.

3. Studi Pustaka

Studi pustaka adalah pengumpulan data – data berupa teori, mempelajari dan memahami buku – buku diktat yang berkaitan dengan penulisan Kuliah Kerja Praktek konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB).

SISTEMATIKA PENULISAN

BAB I PENDAHULUAN

Pada Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek, Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek, Manfaat Kuliah Kerja Praktek, Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek, Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada Bab ini berisikan tentang teori dasar yang melandasi penulisan laporan tugas magang sesuai penugasan yang diberikan kepada setiap mahasiswa yang melakukan magang KKP (Kuliah Kerja Praktek).

BAB III PEMBAHASAN

Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Ruang Lingkup. Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Tugas dan Kewajiban tiap Departemen, dan Daftar Klien. Tinjauan umum menjelaskan tentang Skema Alur Kerja dan Alur Kerja, sedangkan Tinjauan Khusus menjelaskan tentang Daftar Project serta latar belakang dan konsep desain selama Kuliah Kerja Praktek (KKP).

BAB IV PENUTUP

Pada Bab ini berisikan tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan yang diberikan penulis kepada Perusahaan selama KKP.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP).

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Definisi Perancangan

Menurut Nasution (2012:118)[1], “Desain atau perancangan adalah tahapan dimana dimulai analisa mengenai bentuk input sistem, rancangan database, output sistem dan skema alur kerja program”.

Menurut Iwan Binanto dalam bukunya yang berjudul Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya (2010:260 - 261)[2], menjelaskan bahwa Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.

Proses Perancangan Secara Umum

Menurut Hendi Hendratman dalam buku Tips n Trix Komputer Graphics Design (2010:09 - 12)[3], Proses Perancangan Secara Umum sebagai berikut.

a. Persiapan Data

Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali. Data dapat berupa data Informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang.

b. Ide

Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

c. Konsep

Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

d. Media

Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.

e. Visualisasi

Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.

f. Produksi

Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu di proofing (print preview sebelum cetak mesin). Jika warna dan komponen grafis lain tidak ada kesalahan, maka desain dapat dicetak dan diperbanyak.

Konsep Dasar Media

Pengertian Media

Menurut Dewi Immaniar Desrianti dalam jurnal CCIT (Vol.5 No.2 2012 : 133)[4], Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi.

Menurut Maimunah dkk dalam jurnal CCIT (Vol. 5 No. 3 2012 : 284)[5], Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto.

Media adalah saluran penyimpanan pesan komersial kepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran media tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, internet, buku profil, media luar ruangan, iklan transit dan direct mail.

Alternatif Media

Menurut Rakhmat Supriyono dalam buku Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi (2010 : 136) [6], alternatif media sebagai berikut :

1. Media Cetak (Printed material)

Yaitu media yang statis dan mengutamakan pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Contoh : Poster, stiker, sampul buku, packaging, folder, leaflet, amplop & kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar.

2. Media Elektronik (electronik)

Yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Contoh : Radio, televisi, internet, film, program video, animasi komputer.

3. Media Luar Ruangan (outdoor)

Yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang ditempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di bis, gedung, pagar tembok dan sebagainya. Contoh : spanduk, banner, papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil box.

4. Media Dalam Ruangan (indoor)

Yaitu media iklan yang biasanya berukuran kecil atau sedang yang bisa dipasang didalam ruangan . Contoh  : Etalase ( windows display ), point of purchase, design gantung, floor stand.

5. Media Lini Atas (Above The Line)

Yaitu aktifitas promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image perusahaan sesuai yang diinginkan. Contoh : iklan di Televisi dengan berbagai versi.

Sifat media lini atas adalah merupakan media ‘tak langsung’ yang mengenai audience, karena sifatnya yang terbatas pada penerimaan audience.

6. Media Lini Bawah (Below The Line)

Yaitu segala aktifitas promosi yang dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan salah satu tujuannya adalah merangkul konsumen supaya tertarik dengan produk yang dipromosikan. Contoh : program bonus/hadiah, event, pembinaan konsumen dan lain-lain.

Menurut Lusyani Sunarya dalam Diktat Mata Kuliah Desain Karakter dan Modelling (2011 : 8 – 11) [7], Setiap jenis media grafis memilki karakteristik sendiri-sendiri, tergantung kepada tujuan penggunaan media tersebut. Untuk mengetahui secara fisik berikut akan dijelaskan dengan disertai visualisasi masing-masing contoh :

Poster

Poster merupakan media grafis yang memuat unsur teks dan gambar/illustrasi yang dipasang atau ditempel pada dinding. Visualisasi setiap unsurnya adalah rinci, jelas, sederhana, dan singkat dengan warna yang mencolok sesuai dengan misinya.

Sticker

Sticker merupakan media komunikas grafis tentang produk, jasa, atau identitas yang dapat dtempel pada berbagai tempat. Umumnya berbahan kertas Vinyl yang mengandung perekat.

Cover Buku

Cover buku merupakan perwajahan dari buku sekaligus sebagai keterangan isi dan bertujuan untuk menarik perhatian. Umumnya unsur-unsurnya terdiri dari warna, gambar atau illustrasi, pengarang, judul, dan penerbit. Banyak buku dilengkapi dengan unsur teks atau tulsan yang memberikan penjelasan singkat tentang isi buku.

Pembungkus(packaging)

Packaging selain berfungsi sebagai pengaman/pelindung namun juga berfungsi sebagai daya tarik dari suatu produk (media komunikasi grafis).


BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Setelah penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek pada PT. Telkom Akses selama 180 jam atau kurang lebih selama 3 bulan dengan pelaksanaan setiap kamis dan jum’at, penulis mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja yang belum pernah didapatkan sebelumnya, penulis juga bisa merasakan bagaimana suasana dari lingkungan dunia kerja sesungguhnya. Untuk melaksanakan Kuliah Kerja Praktek ini penulis dituntut untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang harus kembali diperdalam agar dapat menyelesaikan project yang diberikan oleh pembimbing di PT. Telkom Akses.

Selama melaksanakan Kuliah Kerja Praktek penulis mendapatkan tugas dari pembimbing lapangan untuk membuat design web company profile. Pada kesempatan kali ini penulis menggunakan software Adobe Photoshop CS3 sebagai tahap perancangan awal untuk design web secara keseluruhan baik tampilan web maupun isi didalam web tersebut dan software Adobe Dreamweaver CS3 untuk design finishing agar nantinya rancangan web tersebut dapat dioperasikan pada web browser.

Penulis pun perlu untuk memahami dan mempelajari lebih dalam lagi baik mengenai design maupun rancangan web itu sendiri, bagaimana membuat rancangan web yang efisien dan mudah dalam pengaksesan (user friendly) namun terlihat simple dalam tampilan, dan dengan harapan rancangan design web yang dibuat dapat bermanfaat untuk PT. Telkom Akses.

Saran

Daftar Pustaka

  1. Nasution, Ruslan Efendi. 2012. “Implementation Sms Gateway In The Development Web Based Information System Schedule Seminar Thesis.” Lampung: Unila.
  2. Iwan Binanto. 2010. “Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangnya.”
  3. Hendi Hendratman. 2010. “Tips n Trix Komputer Graphics Design.”
  4. Dewi Immaniar Desrianti. 2012. “Jurnal CCIT Vol. 5 No. 2”
  5. Maimunah, dkk. 2012. “Jurnal CCIT Vol. 5 No. 3”
  6. Rakhmat Supriyono. 2010. “Design Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi.”
  7. Lusyani Sunarya. 2011. “Diktat Mata Kuliah Design Karakter dan Modelling.”