Pengguna:Agnes Pugi Octaviani

Dari widuri
Revisi per 28 Agustus 2019 05.39 oleh Agnes Pugi Octaviani (bicara | kontrib) (Konsep Dasar Pengujian)

Lompat ke: navigasi, cari

 

PROTOTYPE MONITORING SUARA PADA KELAS DENGAN

MENGGUNAKAN SOUND DETECTION SENSOR

BERBASIS ARDUINO




Disusun Oleh :

NIM
: 1433481511
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CREATIVE COMMUNICATION AND INNOVATIVE TECHNOLOGY

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020


UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PROTOTYPE MONITORING SUARA PADA KELAS DENGAN

MENGGUNAKAN SOUND DETECTION SENSOR

BERBASIS ARDUINO

Disusun Oleh :

NIM
: 1433481511
Nama
: Agnes Pugi Octaviani
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
Konsentrasi

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
UNIVERSITAS RAHARJA
       
Program Studi Sistem Komputer
           
           
           
           
       
NIP : 000594
       
NIP : 0428059001


UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PROTOTYPE MONITORING SUARA PADA KELAS DENGAN

MENGGUNAKAN SOUND DETECTION SENSOR

BERBASIS ARDUINO

Dibuat Oleh :

NIM
: 1433481511
Nama
: Agnes Pugi Octaviani

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication And Innovative Technology

Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Hendra Kusumah, S.Kom)
   
(Nina Rahayu, S.Kom., MM)
NID : 14017
   
NID : 16010



UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PROTOTYPE MONITORING SUARA PADA KELAS DENGAN

MENGGUNAKAN SOUND DETECTION SENSOR

BERBASIS ARDUINO


Dibuat Oleh :

NIM
: 1433481511
Nama
: Agnes Pugi Octaviani

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Sistem Komputer

Konsentrasi Creative Communication And Innovative Technology

Tahun Akademik 2019/2020

Disetujui Penguji :

Tangerang, September 2019

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :


UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


Disusun Oleh :

NIM
: 1433481511
Nama
: Agnes Pugi Octaviani
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
Program Studi
Konsentrasi
: CCIT

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang,Juli 2019

 
 
 
 
 
Agnes Pugi Octaviani
NIM : 1433481511




 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;





ABSTRAK


Pada SD Daan Mogot 1 Keroncong masih mengunakan cara yang masih manual dalam memantau ruangan kelas masih harus berjalan untuk meliahat anak- anak yang sedang ramai didalam kelas. Untuk tujuan mempermudah dalam pekerjaan dibutuhkannya sebuah pemantau yang bertugas memantau dan memberi notifikasi sebagai keterangan kelas mana saja yang ramai. Dengan menggunakan sensor suara KY-038 bekerja sebagai pendeteksi glombang suara, kemudian menggunakan arduino sebagai dasar pemoraman dan kemudian menggunakan sim900a sebagai penghubung melewati smartphone sebagai pemberi informasi yang akan diberikan ke user.


SD Daan Mogot 1 Keroncong, sensor KY-038, SIM900, Arduino


ABSTRACT


In SD Daan Mogot 1 Keroncong still using the manual method to monitor the classroom still have to walk to see the kids who are busy in the classroom. For the purpose of facilitating work, a monitor is required to monitor and provide notifications as to which class information is crowded. By using a sound sensor KY-038 works as a sound wave detector, then uses Arduino as the basis for recording and then uses the sim900a as a link through the smartphone as the information provider that will be given to the user.


SD Daan Mogot 1 Keroncong, KY-038 sensor, SIM900, Arduino


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi ini dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya. Laporan ini disajikan dalam bentuk buku. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan Skripsi ini adalah “PROTOTYPE MONITORING SURA PADA KELAS DENGAN MENGGUNAKAN SOUND DETECTION SENSOR BERBASIS ARDUINO”. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan, dikarenakan keterbatasan kemampuan Penulis dalam mendapatkan berbagai sumber yang menjadi bahan acuan dalam penyusunan. Oleh karena itu, Penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dapat dimanfaatkan pada masa yang akan datang.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesarbesarnyaterutamakepada:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M,Si selaku Rektor Universitas Raharja
  2. Bapak Dr. Henderi, S,Kom., M,Kom selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja
  3. Bapak Padeli, M.Kom, selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja
  4. Ibu Ageng Setiani Rafika, S.Kom, M.Si selaku Ketua Program Studi Sistem Komputer
  5. Bapak Hendra Kusumah, S.Kom selaku Pembimbing I yang sangat baik dalam mengarahkan Penulis menyelesaikan laporan Skripsi.
  6. Ibu Nina Rahayu, S.Kom., MM selaku Pembimbing II yang sangat baik dan sabar dalam mengarahkan Penulis menyelesaikan laporan Skripsi
  7. Kepada Ibu Pardiyem selaku stakeholder dan Kepala Sekolah di SD Daan Mogot 1 Krongcong yang telah memberikan kontribusi besar didalam lancarnya proses penelitian skripsi ini.
  8. Bapak dan Ibu Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada Penulis
  9. Dan semua rekan-rekan Mahasiswa dan Mahasiswi yang telah membantu Penulis dalam menyelesaikan Laporan Skripsi ini yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
  10. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan Skripsi ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna, sehingga penulis mengharapkan saran maupun kritik yang bersifat membangun.


    Tangerang, Juli 2019
    Agnes Pugi Octaviani
    NIM. 1433481511


    DAFTAR GAMBAR

    Gambar 2.1 Simbol Flowchat dan Fungsinya

    Gambar 2.2 Arduino Uno

    Gambar 2.3 SIM900A

    Gambar 2.4 Sesnsor KY-038

    Gambar 2.5 Adaptor

    Gambar 2.6 switch/saklar

    Gambar 3.1 Struktural Organisasi

    Gambar 3.2 Diagram Blok

    Gambar 3.3 Diagram Gambar

    Gambar 3.4 Flowchart

    Gambar 3.5 Membuka IDE Arduino

    Gambar 3.6 Memulai IDE Arduino

    Gambar 3.7 Tampilan IDE Arduino

    Gambar 4.1 Flowchart Sistem Yang Diusulkan

    Gambar 4.2 Listing Program

    DAFTAR TABEL

    Tabel 2.1 Kelebihan dan Kekurangan Prototipe

    Tabel 2.2 Kelebihan dan Kelemahan Black Box

    Tabel 2.3 Spesifikasi Arduino Uno

    Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I

    Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II

    Tabel 3.3 Elisitasi Tahap III

    Tabel 3.4 Final Draft Elisitasi

    Tabel 4.1 spesifikasi perangkat Hardware

    Tabel 4.2 Uji coba Software

    Tabel 4.3 Pengujian Black Box Pada Sensor

    Tabel 4.4 Pengujian Black Box Pada Data Sensor Yang Mengirm Input ke Arduino

    Tabel 4.5 Pengujian Black Box Pada Led

    Tabel 4.6 pengujian Black Box Pada SIM900A


    DAFTAR SIMBOL


     



     


    BAB I

    PENDAHULUAN


    Latar Belakang

    Sekolah merupakan temapat dimana semua siswa/siswi belajar dibawa penggawasan guru, dengan bersekolah siswa/siswi diharapkan agar mendapat pendidikan yang layak dengan bimbingan guru yang akan mendidik dan memberi pengarahan kepada para siswa/siswi sehingga mampu menjadi individu yang berguna bagi diri sendiri dan lingkungan. Selain memberi pengetahuan umun bersekolah juga akan membentuk kepribadian sosial dan kedisiplinan. Disiplin merupakan aspek terpenting dalam hidup dengan disiplin hidup seseorang akan tertata lebih rapih dan terpantau dibandingkan dengan orang yang tidak bisa disiplin hidup akan lebih berantakan dan tidak bisa tertata rapi. Bukan hanya disiplin saja taat pada peraturan dan mempunya kesopanan merupakan aspek yang sama pentingnya. Oleh karena itu disiplin, taat pada peraturan dan kesopanan harus diterapkan anak sejak dini oleh orang tua ketika dirumah dan juga oleh guru ketika berada disekolah. Karean dengan mengajarkan disiplin anak sejak dini akan membuat kedepannya anak lebih pandai dan bijak dalam melakukan sesuatu hal.


    Sehubunggan permasalahan di atas, saya sebagai penulis berkeinginan membuat sebuah alat monitoring suara dengan menggunakan sound detection sensor yang nantinya bertujuan untuk membantu guru BK untuk mengevaluasi siswa/siswi dan guru ketika didalama proses belajar mengajar mau pun ketika tidak ada guru di dalam kelas. Dengan menggunakan sound detection yang akan memberi notifikasi atau peberitahuan berupa pesan yang cepat agar bisa ditanggapi dan di respon oleh guru BK. Untuk menghimbau agar tidak terjadi permasalahan yang tidak diinginkan.

    Rumusan Masalah

    Adapun rumusan masalah yang akan dianalisa adalah sebagai berikut:

    1. Belum ada alat yang menyortir kerusakan pada ujung tali sepatu.
    2. Ketidakcermatan mata manusia untuk memeriksa kerusakan pada ujung tali sepatu bisa mengakibatkan banyaknya kesalahan
    3. Menghabiskan banyak waktu Karyawan dalam menyortir tali sepatu

    Ruang Lingkup Penelitian

    hal yang menjadi perumusan dalam penyusunan laporan ini antara lain :

    1. Bagaimana sistem melaporkan keadaan ruangan kelas?
    2. Bagaimana upaya sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan agar para siswa/siswi dapat belajar disiplin?

    Ruang Lingkup

    Untuk mempermudah penulisan laporan skripsi dan lebih terarah, maka perlu dibuatnya suatu batasan masalah. Adapun ruang lingkup permasalahan yang akan dibahas didalam penulisan, berikut laporan skripsi ini yaitu :

    1. Alat ini dibuat hanya untuk sebuah monitoring bagi para siswa/siswi dan guru didalam ruangan kelas.
    2. Penelitian ini dibatasi monitoring tidak memberikan sebuah gambar atau video seperti monitoring pada umunya tetapi memberikan sebuah notif untuk pemberi tahuanannya.
    3. Notifikasi yang diberikan hanya sebatas pesan singkat tanpa ada perhitungan jadi masih melakukan penghitungan manual atau penghitungan sendiri.

    Tujuan dan Manfaat Penelitian

    Tujuan Penelitian

    Tujuan utama dilakukan penelitian di skripsi kali ini untuk bertujuan sebagai berikut :

    1. Memonitoring setiap kelas dari awal masuk hingga pulang sekolah.

    2. Untuk mengukur dan melihat seberapa siswa/siswi disiplinan dalam kegiatan belajar didalam ruangan kelas.

    3. Untuk membentuk pribadi yang bersosial yang bisa menghargai sesama mauapun yang lebih tua dari mereka.

    Manfaat Penelitian

    Manfaat yang akan didapat selama skripsi sebagai berikut :

    1. Menerapkan ilmu yang sudah diperoleh selama perkuliahan dengan membuat laporan penelitian secara ilmiah dan sistematis.

    2. Murid bisa lebih paham kalau taad, tertib, disiplin dan mempunyai sopan santun itu penting dimana pun hingga dewasa nanti.

    3. Bermanfaat untuk user yang memeganganya.

    Metode Penelitian

    Metode Pengumpulan Data

    Dalam metode pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, diantaranya sebagai berikut :

    1. Observasi
      Dilakukanya metode ini agar bertujuan mendapat kan beberapa suber kajian dan landasan teori-teori yang mendukung, informasi yang sudah dikumpulkan dapat dijadikan sebagai acuan dan melakukan perencanaan, bebuatan serta percobaan untuk pembuatan laporan.
    2. Wawancara
      Metode wawancara penulis langsung mewawancarai kepala sekolah dengan beberapa pertannyaan kepada kepala sekolah untuk meperoleh keteangan dalam tujuan penelitian.
    3. Studi Pustaka
      Metode pustaka ini dipakai bertujuan untuk menunjang metode observasi dan metode wawancara yang telah dilakukan untuk mencari informasi serta referensi dari sumber-sumber seperti buku dan beberapa situs di internet yang berhubungan dengan penelitian.

    Metode Perancangan

    Pada metode perancangan ini menggunakan dua metode yaitu metode prototype sebagai rancangan untuk alat dan flowchat untuk proses berjalannya alat.

    Sistematika Penulisan

    Untuk memudahkan dan memperjelas tentang penulisan ini, maka penulisan Skripsi ini, maka akan dibagi menjadi 4 bab dengan menggunakan sistem yang tersususn dalam urutan bab sebagai berikut :

    BAB I PENDAHULUAN

    Pada bab 1 ini berisikan tentang Latar Belakang, Masalah, Ruanga Lingkup, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metode Penelitian dan Sistemmatika Penulisan yang akan di gunakan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Di bab 2 ini berisikan tentang beberapa teori-teori dasar mau pun khusus yang berkaitan dengan analisa serta permasalahan yang akan di bahas pada bagian sistem yang berjalan dan literature review.

    BAB III PEMBAHASAN

    Bab 3 ini berisikan sejarah singkat, struktural organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, sistem yang berjalan dan elisitasi tahap l, ll. lll lalu final draft elisitasi.

    BAB IV RANCANGAN SISTEM DAN IMPLEMENTASI

    Bab 4 berisikan tentang penjelasan analisa sistem yang diusutkan dengen menggunkan flowchat dan mina map dari sistem yang diimplementasiksan, serta pembahasan secara detail final elisitasi yang ada di baba sebelumnya dan dijelaskan satu persatu dengan menerapkan konsep yang sudah adanya sistem yang di usulkan.

    BAB V PENUTUP

    Bab 5 berisikan tentang kesimpulan dan saran dari hasil penulisan dan pengamatan laporan skripsi.

    DAFTAR PUSTAKA


    LAMPIRAN




    BAB II

    LANDASAN TEORI

    Teori Umum

    Konsep Dasar Pototipe

    1. Definisi Pototipe

    Menurut Fatmah Rizkidiniah (2016:2), Prototype adalah model atau simulasi dari semua aspek produk sesungguhnya yang akan dikembangkan, model ini harus bersifat representatif dari produk akhirnya. Pada pengembangan sistem seringkali terjadi keadaan dimana pengguna sistem sebenarnya telah mendefinisikan secara umum atau tujuan perangkat lunaknya meskipun belum mendefinisikan secara rinci masukan, proses dan keluaran.

    Menurut Nugroho HA (2015:4), Prototype adalah metode yang akan digunakan dalam pengembangan sistem. Metode Prototype adalah metode yang memberikan kesempatan bagi pengembang dan pengguna untuk saling berinteraksi selama proses pembuatan sisitem. Sehingga diharapkan dengan menggunakan pendekatan ini dapat membuat suatu program dengan cepat dan bertahap sehingga segera dapat dievaluasi oleh pemakai.

    Berdasarkan menurut parah ahli diatas menyimpulkan bahwa prototipe adalah sebuah rancangan simulasi yang dipakai untuk mengembangkan suatu sistem.

    Jenis-jenis Prototipe

    Menurut Simamarta dalam (Saefullah 2015:64), Supaya sistem itu dikatakan sistem yang baik harus memiliki beberapa karakteristik berikut ini, yaitu:

    a. Rapid Throwaway Prototyping.

    Pendekatan mengembangan perangkat keras/lunak ini dipopulerkan oleh soleh Gumaa dan Scoot pada tahun 1981 yang saat ini telah digunakan secara luas oleh industri, terutama di dalam pengembangan sebuah aplikasi. Pendekatan ini biasanya digunakan dengan item yang beresiko tinggi (high-risk) atau dengan bagian dari sistem yang tidak dimengerti secara keseluruhan oleh para tim pengembang. Pada pendekatan ini, Prototype "quick and dirty" dibangun diverifikasi oleh kansumen, dan dibuang hingga Prototype yang diinginkan tercapai pada saat proyek berskala besar dimulai.

    b. Prototipe Evolusioner.

    Pada pendekatan evolusioner, suatu Prototype berdasarkan kebutuhan dan pemahaman secara umum. Prototype kemudian diubah dan dievolusikan dari pada dibuang. Prototype yang dibuang biasanya digunakan dengan aspek sistem yang dimengerti secara luas dan dibangun atas kekuatan tim pengembang. Prototype ini juga didasarkan atas kebutuhan prioritas, kadangkadang diacu sebagai “chunking” pada pengembang aplikasi (Hough, 1993). Kelebihan dan Kelemahan prototyping adalah sebagai berikut:

    Tabel 2.1Kelebihan dan Kekurangan Prototipe

    Sumber: Simarmata (2010:68)


    div style="font-family: 'times new roman';">

    Konsep Dasa Internet Of Things

    1. Definisi Internet Of Things

    Menurut Puspitaningayu (2018:2), Internet of Things adalah di mana berbagai perangkat komunikasi digital terhubung pada suatu jaringan internet sehingga pertukaran data menjadi jauh lebih mudah dilakukan dengan begitu luas penerapan.

    Menurut Hutabarat (2018:2), Internet of Things (IoT) adalah istilah yang menggambarkan interkoneksi berbagai objek melalui internet tanpa interaksi manusia dengan manusia.

    Jadi berdasarkan diatas bias disimpulkan yang dimaksud internet of things adalah perangkat komunikasi yang terkoneksi atau terhubung dengan jaringan internet.

    Konsep Dasar Monitoring

    1. Definisi Monitoring

    Menurut Rizan, dkk (2016:46), monitoring adalah penilaian secara terus menerus terhadap fungsi kegiatan-kegiatan program-program di dalam hal jadwal penggunaan input / masukan data oleh kelompok sasaran berkaitan dengan harapan-harapan yang telah direncanakan.

    Menurut Darmalaksana (2017), Monitoring adalah kegiatan pemantauan atau pengamatan yang berlangsung selama kegiatan berjalan untuk memastikan dan mengendalikan keserasian pelaksanaan program dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

    Jadi berdasarkan menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa monitoring adalah sebuah kegiatan pemantauan atau pengamatan untuk melakukan suatu penilaian.

    Konsep Dasar Informasi

    1. Definisi Informasi

    Menurut Hengki Tamando Sitohang (1018:2), Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerima. Dan Sistem Informasi adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk menginteraksikan data, memperoses dan menyimpan serta mendistribusikan informasi.

    Menurut Prof. Dr. Sri Muyani, Ak., CA. (2016:12), Informasi merupakan data yang sudah diolah yang ditujukan untuk seseorang, organisasi ataupun siapa saja yang membutuhkan.

    Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk informasi yang berguna semua orang.

    Konsep Dasar SMS

    1. Definisi Dasar SMS

    Menurut bastian (2018), SMS adalah layanan untuk mengirim dan menerima pesan tertulis (teks) dari maupun ke perangkat bergerak (mobile device). SMS merupakan salah satu fitur Global Standart for Mobile (GSM) yang dikembangkan dan distandarisasi oleh European Telecomunication Standards Institude (ETSI) pada tahun 1991 yang kini dikenal dengan GSM dengan SMS sebagai salah satu layanannya.

    Menurut Bhatnagar dkk (2018), Layanan pesan singkat (SMS) adalah salah satu sarana komunikasi paling populer karena jenis penggunaannya seperti kata sandi satu kali (OTP), peringatan transaksi perbankan, dan pesan promosi lainnya. SMS adalah saluran komunikasi paling sensitif terhadap waktu yang menuntut penyedia layanan untuk mengirim informasi apa pun secara global tanpa penundaan di zona waktu masing-masing.

    Jadi yang dimaksud sms adalah layanan komunikasi yang dapat menerima dan mengirim suatau pesan.

    Konsep Dasar Perancangan

    1. Definisi Perancangan

    Menurut Maimunah (2017:2), Setiap rancangan harus memenuhi kebutuhan penggunanya dan dapat berfungsi dengan baik, fungsi timbul sebagai akibat dari adanya kebutuhan manusia dalam usaha untuk mempertahankan serta mengembangkan hidup dan kehidupannya di alam semesta ini.

    Menurut Rudol (2017:2), Perancangan adalah pembuatan suatu gambaran atau apa – apa yang sudah dipersiapkan pada aplikasi yang akan dibuat. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perancangan adalah aktifitas kreatif menuju sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya.

    Jadi kesimpulan diatas adalah perancang merupakan aktifiatas bertujuan untuk mempertahankan serta mengembangkan kehidupan yang akan datang.

    Konsep Dasar Flowchat

    1. Definisi Flowchat

    Menurut Peter Sutanto dkk (2017:2), Flowchart adalah suatu teknik analisa yang digunakan untuk mendeskripsikan beberapa aspek dari sistem informasi dalam pola yang jelas, logikal dan ringkas. Keuntungan dari penggunaan flowchart adalah representasi dalam bentuk gambar lebih mudah dipahami dan membuat lebih mudah dalam menyimpan suatu data interview serta dapat dengan mudah dan cepat untuk direvisi.

    Menurut Andini Tirta Cricela Suleman dkk (2017:3), Flowchart adalah penyajian secara grafis dari sistem informasi dan sistem operasi yang terkait. Sistem informasi disini meliputi proses, aliran logis, input, output, dan arsip.

    Jadi dapat disimpulkan flowchat adalah suatau teknik analisa dengan menggunakan penyajian secara grafis yang diggunakan untuk mendeskripsiskan beberapa aspek dalam pola yang jelas, logis dan ringkas.


    Gambar 2.1 Simbol Flowchat dan Fungsinya.

    Konsep Dasar Pengujian

    1. Definisi Pengujian

    Menurut M. Sidi Mustaqbal1 dkk (2015:2), Pengujian adalah suatu proses pelaksanaan suatu program dengan tujuan menemukan suatu kesalahan.

    Menurut Tafifa Redita Putri dkk (2015:1), Pengujian adalah sebuah proses, atau serangkaian proses yang dirancang untuk memastikan bahwa program telah berjalan sesuai dengan requirement dan kebutuhan.

    Jadi yanga dimaksud dengan pengujian adalah suatu proses atau serangkaian beberapa proses yang dilakukan untuk menemukan suatu kesalahan atau memastikan suatu program berjalan sesuai rencana.


    Black Box Testing

    Menurut Kumar, dkk (2015), Black Box Testing is testing without knowledge of the internal working of the application under test (AUT). Also known as functional testing or input output driven testing. A software testing technique whereby the internal workings of the item being tested are not known by the tester. ( Pengujian Black Box adalah pengujian tanpa pengetahuan tentang kerja internal aplikasi yang sedang diuji (AUT). Juga dikenal sebagai pengujian fungsional atau pengujian yang didorong keluaran masukan. Teknik pengujian perangkat lunak di mana cara kerja internal item yang sedang diuji tidak diketahui oleh penguji).

    Menurut Warsito (2015:32), blackbox testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Metode pengujian blackbox berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database, kesalahan performa dan kesalahan validasi data.

    Ada beberapa macam metode pengujian BlackBox, berikut diantaranya:

    a. Equivalence Partitioning

    Equivalence Partioning merupakan metode uji coba Black Box yang membagi domain input dari program menjadi beberapa kelas data dari kasus uji coba yang dihasilkan. Kasus uji penanganan single yang ideal menemukan sejumlah kesalahan (misalnya: kesalahan pemrosesan dari seluruh data karakter) yang merupakan syarat lain dari suatu kasus yang dieksekusi sebelum kesalahan umum diamati.

    b. Boundary Value Analysis

    Sejumlah besar kesalahan cenderung terjadi dalam batasan domain input dari pada nilai tengah. Untuk alasan ini boundary value analysis (BVA) dibuat sebagai teknik uji coba. BVA mengarahkan pada pemilihan kasus uji yang melatih nilai-nilai batas. BVA merupakan desain teknik kasus uji yang melengkapi Equivalence partitioning. Dari pada memfokuskan hanya pada kondisi input, BVA juga menghasilkan kasus uji dari domain output.

    c. Cause-Effect Graphing Techniques

    Cause-Effect Graphing merupakan desain teknik kasus uji coba yang menyediakan representasi singkat mengenai kondisi logikal dan aksi yang berhubungan. Tekniknya mengikuti 4 tahapan berikut:

     Causes (kondisi input), dan Effects (aksi) didaftarkan untuk modul dan identifier yang dtujukan untuk masing-masing.

     Pembuatan grafik Causes-Effect graph.

     Grafik dikonversikan kedalam tabel keputusan.

     Aturan tabel keputusan dikonversikan kedalam kasus uji.

    d. Comparison Testing

    Dalam beberapa situasi (seperti: aircraft avionic, nuclear Power plant control) dimana keandalan suatu software amat kritis, beberapa aplikasi sering menggunakan software dan hardware ganda (redundant). Ketika software redundant dibuat, tim pengembangan software lainnya membangun versi independent dari aplikasi dengan menggunakan spesifikasi yang sama. Setiap versi dapat diuji dengan data uji yang sama untuk memastikan seluruhnya menyediakan output yang sama. Kemudian seluruh versi dieksekusi secara parallel dengan perbandingan hasil real-time untuk memastikan konsistensi.