Pengguna:Agnes Pugi Octaviani
OTOMASI PENYIRAMAN TANAMAN BERBASIS ARDUINO
UNO DAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI CONTROLLER
PADA PT ANGKASA PURA II
Disusun Oleh :
NIM |
: 1231474029
|
NAMA |
JURUSAN SISTEM KOMPUTER
KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
TANGERANG
2016-2017
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI
OTOMASI PENYIRAMAN TANAMAN BERBASIS ARDUINO
UNO DAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI CONTROLLER
PADA PT ANGKASA PURA II
Disusun Oleh :
NIM |
: 1231474029
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Komputer
|
Konsentrasi |
: Computer System
|
Disahkan Oleh :
Tangerang, 22 Juli 2016
Ketua |
Kepala Jurusan
| ||||
STMIK RAHARJA |
Jurusan Sistem Komputer
| ||||
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I) |
(Ferry Sudarto, S.Kom, M.Pd)
| ||||
NIP : 000594 |
NIP : 079010
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
OTOMASI PENYIRAMAN TANAMAN BERBASIS ARDUINO
UNO DAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI CONTROLLER
PADA PT ANGKASA PURA II
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1231474029
|
Nama |
Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif
Jurusan Sistem Komputer
Konsentrasi Computer System
Disetujui Oleh :
Tangerang, 22 Juli 2016
Pembimbing I |
Pembimbing II
| ||
(Abert Tandilintin, M.T) |
(Listina Nadhia Ningsih, S.Kom)
| ||
NID : 14028 |
NID : 15016
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI
OTOMASI PENYIRAMAN TANAMAN BERBASIS ARDUINO
UNO DAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI CONTROLLER
PADA PT ANGKASA PURA II
Dibuat Oleh :
NIM |
: 1231474029
|
Nama |
Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian
Komprehensif
Jurusan Sistem Komputer
Konsentrasi Computer System
Tahun Akademik 2016/2017
Disetujui Penguji :
Tangerang, .... 2016
Ketua Penguji |
Penguji I |
Penguji II
| ||
(_______________) |
(_______________) |
(_______________)
| ||
NID : |
NID : |
NID :
|
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI
OTOMASI PENYIRAMAN TANAMAN BERBASIS ARDUINO
UNO DAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI CONTROLLER
PADA PT ANGKASA PURA II
Disusun Oleh :
NIM |
: 1231474029
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Sistem Komputer
|
Konsentrasi |
: Computer System
|
Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, 22 Juli 2016
NIM : 1231474029
|
)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Dengan majunya zaman segala aspek kehidupan tidak pernah lepas dari perkembangan teknologi. Apabila Angkasa Pura membuat sebuah tanaman di dalam kantor dengan penyiraman manual akan tidak efektif. Dan juga membuang waktu karyawan untuk penyiraman. Maka sangat disayangkan sekali apabila hal itu terjadi, oleh karena itu penulis berinisiatif untuk membuat alat yaitu “ Otomasi Penyiram Tanaman Berbasis Arduino Uno dan Aplikasi Android Sebagai Controller” yang dapat digunakan dalam perawatan tanaman tanpa perlu khawatir menguras waktu dan tenaga. Alat ini bekerja dengan sistem kerja input dari penekanan relay dengan mikrokontroler arduino uno yang merupakan papan berbasis mikrokontroler yang memiliki 14 digital input/output, yang berfungsi sebagai pusat proses atau otak pada alat penyiram otomatis tersebut. ESP8266 diatur sebagai media akses untuk mempermudah menyiram pada tanaman, dengan alat ini mampu mengendalikan penyiraman dengan otomatis tanpa membuang waktu karyawan untuk melakukan penyiraman.
Kata kunci : Arduino Uno, ESP8266, Relay, Pompa Air, Android Studio, LED
ABSTRACT
With the advance of age every aspect of life can never be separated from the development of technology. If Angkasa Pura create a plant in the office with manual watering will not be effective. And also remove the employee's time for watering. Then it is very unfortunate when it happens, therefore the author took the initiative to create a tool that is "Automated Watering Plant-Based Arduino Uno and Android App For Controller that can be used in treatment plants without worrying about time and labor. This tool works with the input of the working system suppression relay with a microcontroller arduino uno which is based board microcontroller which has 14 digital input / output, which serves as the center of the brain process or the automatic sprinklers. ESP8266 is set as the access medium to facilitate watering the plants, the tool is able to control watering with automatic without wasting time employees to do the watering.
Keywords: Arduino Uno, ESP8266, Relay, Water Pump, Android Studio, LED
Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.
Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja, Cikokol Tangerang.
Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan Skripsi ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :
1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer STMIK Perguruan Tinggi Raharja.
4. Bapak Abert Tandilintin, M.T selaku dosen pembimbing 1 yang telah memberikan arahan terhadap alat yang di gunakan untuk skripsi.
5. Ibu Listina Nadhia Ningsih, S.Kom selaku Dosen Pembimbing 2, yang telah membantu membuat laporan skripsi.
6. Ibu Amelia selaku Stakeholder dalam dilakukannya skripsi ini.
7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
8. Kedua orang tua tercinta, yang telah memberikan dukungan baik moral maupun material.
9. Fidya Rizki Rahmadhany, yang telah memotivasi semangat, niat dan keinginan penulis untuk menyelesaikan pembuatan laporan Skripsi ini.
10. Naufal Farid, yang telah memberikan jaringan internet untuk menyelesaikan laporan skripsi ini.
11. Ridho Nur Wicaksono, yang telah membantu dalam proses laporan skripsi.
12. Teman-Teman seperjuangan yang telah menyelesaikan skripsi secara bersama sama.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Skripsi ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.
Tangerang, 22 Juli 2016 | |
Nama. Rexa Subarkah | |
NIM. 1231474029 |
Daftar isi
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1. Sistem pengendali loop terbuka
Gambar 2.2. Sistem pengendali loop tertutup
Gambar 2.3. Arduino USB
Gambar 2.4. Arduino Serial
Gambar 2.5. Arduino Mega
Gambar 2.6. Arduino Fio
Gambar 2.7. Arduino Lilypad
Gambar 2.8. Arduino BT
Gambar 2.9.. Arduino Nano dan Arduino Min
Gambar 2.10. Bagian Arduino Uno
Gambar 2.11. Papan Arduino Uno
Gambar 2.12. Pengertian Resistor
Gambar 2.13. Relay
Gambar 2.14. Struktur Relay
Gambar 3.1. Struktur Organisasi Perusahaan
Gambar 3.2. Tata Kelola Perusahaan
Gambar 3.3. Diagram Blok Rangkaian
Gambar 3.4. Tampilan TP Link pada USB
Gambar 3.5. Tampilan TP Link 3G, WISP, AP
Gambar 3.6. Tampilan TP Link Browser IP Address
Gambar 3.7. Tampilan TP Link Browser Quick Setup 3G Only
Gambar 3.8. Rangkaian ESP8266
Gambar 3.9. Rangkaian Relay
Gambar 3.10. Rangkaian LED
Gambar 3.11. Halaman Download Software Arduino
Gambar 3.12. Halaman Web Download Software Arduino
Gambar 3.13. File Folder Arduino
Gambar 3.14. License Agreement
Gambar 3.15. Komponen Instalasi Arduino
Gambar 3.16. Installation Folder Software Arduino
Gambar 3.17. Tampilan Setup Android Studio
Gambar 3.18. Tampilan Komponen Setup Android Studio
Gambar 3.19. Tampilan License Setup Android Studio
Gambar 3.20. Tampilan Konfigurasi Seting Setup Android Studio
Gambar 3.21. Tampilan Setup Android Studio Start Menu Folder
Gambar 3.22. Tampilan Setup Android Studio Proses Instal
Gambar 3.23. Tampilan Setup Android Studio Complete
Gambar 3.24. Tampilan Setup Android Studio Download Component
Gambar 3.25. Tampilan Setup Android Studio Welcome
Gambar 3.26. Flowchart Sistem
Gambar 4.1. Pengujian Rangkaian Lampu LED
Gambar 4.2. Listing Program Pengujian Lampu LED
Gambar 4.3. Tampilan Pengujian Lampu LED Off
Gambar 4.4 Tampilan Pengujian Lampu LED On
Gambar 4.5 Pengujian Relay ON
Gambar 4.6 Pengujian relay OFF
Gambar 4.7 Pengujian TP Link
Gambar 4.8 Sketch arduino blink
Gambar 4.9 Rangkaian Flashing ESP8266 pertama
Gambar 4.10 File aplikasi flashing ESP8266
Gambar 4.11 Aplikasi Flashing ESP8266
Gambar 4.12 Rangkaian Flashing ESP8266 kedua
Gambar 4.13 Listing program keseluruhan Arduino 1
Gambar 4.14 Listing program keseluruhan Arduino 2
Gambar 4.15 Listing program keseluruhan Arduino 3
Gambar 4.16 Listing program keseluruhan Arduino 4
Gambar 4.17 Listing program keseluruhan Arduino 5
Gambar 4.18 Listing program keseluruhan Arduino 6
Gambar 4.19 Listing program keseluruhan Arduino 7
Gambar 4.20 Listing program keseluruhan Arduino 8
Gambar 4.21 Listing program keseluruhan Arduino 9
Gambar 4.22 Listing program keseluruhan Arduino 10
Gambar 4.23 Listing program keseluruhan Arduino 11
Gambar 4.24 Tampilan 1 Home Activity Java Android Studio
Gambar 4.25 Tampilan 2 Home Activity Java Android Studio
Gambar 4.26 Tampilan 3 Home Activity Java Android Studio
Gambar 4.27 Tampilan 4 Home Activity Java Android Studio
Gambar 4.28 Tampilan 5 Home Activity Java Android Studio
Gambar 4.29 Tampilan 6 Home Activity Java Android Studio
Gambar 4.30 Tampilan 1 MainActivity Java Android Studio
Gambar 4.31 Tampilan 2 MainActivity Java Android Studio
Gambar 4.32 Tampilan Manifests Android Studio
Gambar 4.33 Tampilan 1 activity_home xml Android Studio
Gambar 4.34 Tampilan 2 activity_home xml Android Studio
Gambar 4.35 Tampilan 3 activity_home xml Android Studio
Gambar 4.36 Tampilan 4 activity_home xml Android Studio
Gambar 4.37 Tampilan 5 activity_home xml Android Studio
Gambar 4.38 Tampilan 6 activity_home xml Android Studio
Gambar 4.39 Tampilan 1 activity_main xml Android Studio
Gambar 4.40 Tampilan 2 activity_main xml Android Studio
Gambar 4.41 Flowchart Sistem yang diusulkan
Gambar 4.42 Rancangan listing arduino
Gambar 4.43 Langkah listing program arduino
Gambar 4.44 Tampilan Prototype Android Studio
Gambar 4.45 Tampilan Prototype pada aplikasi android tahap pertama
Gambar 4.46 Tampilan Prototype aplikasi android tahap kedua
DAFTAR TABEL
Tabel 2.1. Pin Digital Arduino
Tabel 2.2. Pin Analog Arduino
Tabel 2.3. Fitur Unggulan Android Lolipop
Tabel 3.1. Jenis – Jenis Penelitian
Tabel 3.2. Elisitasi Tahap I
Tabel 3.3. Elisitasi Tahap II
Tabel 3.4. Elisitasi Tahap III
Tabel 3.5. Final Draft Elisitasi
Tabel 4.1. Pengujian Black Box
Tabel 4.2. Schedule
Tabel 4.3. Penerapan kegiatan
Tabel 4.4. Estimasi biaya
DAFTAR SIMBOL
FLOWCHART (DIAGRAM ALIR)
DAFTAR SIMBOL ELEKTRONIKA
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran A
Surat Pengantar Skripsi
Surat Penugasan Kerja
Formulir Validasi Skripsi
KSTF
Daftar Nilai
Kartu Bimbingan Pembimbing 1
Kartu Bimbingan Pembimbing 2
Formulir Seminar Proposal
Formulir Seminar Presentasi
Formulir Pendaftaran Sidang
Formulir Validasi Sidang
Kwitansi Pembayaran Skripsi
Kwitansi Pembayaran Sidang
Kwitansi Pembayaran Raharja Career
Sertifikat OSPEK
Sertifikat TOEFL
Sertifikat IT Internasional
Sertifikat Nasional
Sertifikat Raharja Career
CV
Lampiran B
Bukti Uraian Kerja
Formulir Penilaian Stakeholder
Bukti Wawancara
Surat Observasi
Surat Implementasi
BAB I
Latar Belakang
Tanaman dan Tumbuhan merupakan makhluk hidup penting yang tidak bisa terpisahkan dengan manusia. Air merupakan salah satu bagian terpenting untuk pertumbuhan tanaman. Kadar molekul air yang cukup akan menjadi bahan utama bagi tanaman dalam masa pertumbuhannya.
Suatu sistem dengan perencanaan yang sangat kompleks sangat dibutuhkan guna mempermudah dalam membantu kehidupan manusia. Apalagi jika sistem tersebut bergerak dengan suatu kontrol yang terpadu, maka hal ini akan membawa dampak kepada manusia untuk bisa memikirkan dan membuat suatu bentuk kontrol yang sekiranya akan dapat membantu dengan efisien. Salah satunya adalah sistem pengontrolan tanaman pada PT. Angkasa pura II.
Jenis tanaman yang dibudidayakan tergantung dari kebutuhan akan pengembangannya itu sendiri. Jika ditinjau dengan lebih seksama, maka pengembangan tanaman atau budidaya di dalam PT. Angkasa Pura II tidaklah semudah yang di bayangkan. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengembangan budidaya tanaman tersebut, misalnya faktor suhu, kelembaban, kebutuhan akan penyinaran atau intensitas cahaya yang digunakan. Semua itu merupakan kombinasi yang harus diketahui dalam meneliti pertumbuhan serta perkembangan tanaman.
Untuk mempermudah proses penyiraman tanaman di PT. Angkasa Pura II maka dibuat suatu sistem kontrol yang terpadu dengan tujuan untuk mengatur serta mengendalikan keseluruhan sistem penyiraman otomatis serta mempermudah perawatannya tanpa harus melakukan campur tangan manusia secara langsung. Salah satu faktor yang mempengaruhi pada perkembangan tanaman yaitu penyiraman. Penyiraman merupakan suatu hal yang tidak dapat di lepaskan dalam menjaga serta merawat agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Kebutuhan air yang cukup merupakan salah satu hal yang sangat penting. Jika hal ini tidak diperhatikan maka akan berdampak fatal bagi perkembangan tanaman itu sendiri.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan berdasarkan pengamatan yang dilakukan, maka dapat diurutkan permasalahan yang dihadapi, antara lain:
Bagaimana cara membuat alat penyiraman tanaman pada PT Angkasa Pura II ?
Bagaimana membuat sistem media akses dengan menggunakan jaringan Wifi?
Bagaimana merancang sofware aplikasi untuk Arduino Uno?
Ruang Lingkup Penelitian
Dari permasalahan maka penulis memberikan ruang lingkup penelitian:
Arduino Uno sebagai otak dari alat penyiram tanaman otomatis.
Esp8266 untuk koneksi internet melalui wifi.
Aplikasi android sebagai saklar untuk proses penyiraman.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan pokok yang di hasilkan dari laporan penelitian ini, yaitu :
Memanfaatkan teknologi yang telah ada.
Mempermudah dalam menyiram tanaman.
Memberikan layanan perawatan tanaman di lingkungan kerja PT. Angkasa Pura II.
Manfaat Penelitian
Dengan adanya penulisan laporan Skripsi ini, maka terdapat manfaat – manfaat yang dapat dirasakan oleh penulis adalah sebagai berikut:
Perusahaan PT. Angkasa Pura II dapat lebih menghemat waktu menyiram tanaman.
Mempermudah kinerja karyawan pada PT. Angkasa Pura II.
Mempermudah layanan perawatan tanaman di lingkungan kerja PT. Angkasa Pura II berbasis teknologi menggunakan Arduino Uno.
Metode Penelitian
Metode penelitian adalah suatu teknik atau cara mencari, memperoleh, mengumpulkan atau mencatat data, baik berupa data primer maupun data skunder yang digunakan untuk keperluan menyusun suatu karya ilmiah dan kemudian menganalisa faktor – faktor yang berhubungan dengan pokok – pokok permasalahan sehingga akan mendapatkan suatu kebenaran data – data yang akan di peroleh.
Dalam memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian maka penulis menggunakan beberapa metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
Metode Pengumpulan Data
Observasi
Observasi ini dilakukan dalam jangka waktu 2 bulan. Melalui pengamatan langsung di lapangan atau lokasi penelitian, Penelitian ini dilakukan pada PT. Angkasa Pura II yang menjadi lokasi penelitian guna memperoleh data dan keterangan yang berhubungan dengan jenis penelitian.
Wawancara
Metode wawancara ini merupakan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian.
Studi Pustaka
Melakukan pengumpulan data dengan mencatat dan membaca buku buku yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Sebagian besar metode ini diambil dari situs-situs internet dan ebook. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara browsing, mengunduh ebook yang berhubungan dengan laporan Skripsi ini. Sehingga diperoleh gambaran dari prinsip kerja alat yang akan dibuat.
Metode Analisa
Metode ini melakukan analisa suatu sistem yang sudah ada, bagaimana sistem itu berjalan dan apakah kekurangan dari sistem tersebut. Pada metode ini penulis menganalisa penyiram tanaman melalui android apakah kekurangan dari sistem tersebut.
Metode Perancangan
Dalam metode perancangan ini kita dapat mengetahui bagaimana sistem itu dibuat atau di rancang dan alat apa saja yang di butuhkan.
Metode Pengujian
Dalam skripsi ini metode pengujian yang digunakan yaitu Black Box Testing. Black Box Testing adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Karena itu uji coba Black Box memungkinkan pengembangan software untuk membuat himpunan kondisi input yang akan melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode pengujian Black Box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya: fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan performa, kesalahan inisialisasi, dan terminasi.
Sistematika Penulisan
Untuk memahami lebih jelas tentang penulisan skripsi ini, maka penulis mengelompokan materi penulisan menjadi 5 bab yang yang masing-masing saling berkaitan antara bab satu dengan yang lainya, sehingga menjadi kesatuan yang utuh, yaitu:
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang uraian latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan
BAB II : LANDASAN TEORI
Berisi tentang uraian mengenai teori-teori dasar yang akan mendukung pembahasan masalah yang berkaitan dengan judul penelitian.
BAB III : PEMBAHASAN
Berisi tentang struktur organisasi PT. Angkasa Pura II dan cara kerja “OTOMASI PENYIRAMAN TANAMAN BERBASIS ARDUINO UNO DAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI CONTROLLER”.
BAB IV : HASIL PENELITIAN
Bab ini menjelaskan rancangan sistem yang diusulkan, rancangan basis data, flowchart sistem yang diusulkan, rancangan sistem tampilan layar, konfigurasi sistem yang berjalan, testing, evaluasi, implementasi, dan estimasi biaya. Serta pembahasan secara detail final elisitasi yang ada di bab sebelumnya, di jabarkan secara satu persatu dengan menerapkan konsep sesudah adanya sistem yang diusulkan.
BAB V : PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN