Pengguna:Affan wardyanto

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA

DESAIN INFORMASI DI DINAS INFORMASI

DAN KOMUNIKASI (INFOKOM)

KOTA TANGERANG




LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK




Logo stmik raharja.jpg





Disusun Oleh :

1121468906 AFFAN WARDYANTO




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)


LEMBAR PERSETUJUAN



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA

DESAIN INFORMASI DI DINAS INFORMASI

DAN KOMUNIKASI (INFOKOM)

KOTA TANGERANG




Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Teknik Informatika Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

STMIK Raharja Tahun Akademik 2014/2015.




Tangerang, Januari 2015




Dosen Pembimbing




( Wahyu Hidayat, S.I.Kom )


NID:02026




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK ( KKP )



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA

DESAIN INFORMASI DI DINAS IFORMASI

DAN KOMUNIKASI (INFOKOM)

KOTA TANGERANG



Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: Affan Wardyanto
Nama
: 1121468906
Jenjang
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual And Broadcasting


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ( KKP ) ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek ( KKP ) yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.



Tangerang, Januari 2015
Affan Wardyanto
NIM. 1121468906

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI


Saat ini keterbukaan akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi hal penting, karena dengan informasi orang akan mendapa tsemua yang diinginkan. Penyebaran informasi tersebar melalui media cetakataupun media elektronik, dari media itulah masyarakat dapat memperoleh informasi. Informasi menjadi kebutuhan bagi masyarakat tanpa terkecuali.Kebutuhan adanya informasi dirasakan akan terus bertambah bagi setiap orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu. Rasa ingin tahu timbul ketika seseorang ingin menambah pengetahuaannya.Perihal informasi tersebut, dapat digunakan untuk menciptakan suatu produksi pada Dinas Infokom.Dinas Infokom adalah suatu Lembaga Instansi Pemerintah yang membidangi pengolahan data informasi dan komunikasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Tangerang.Pada Dinas Infokom, untuk dapat memberikan informasi tentang promosi Kota Tangerang, website resmi Pemerintahan Kota Tangerang membutuhkan banyak informasi dan promosi untuk kotaTangerang, dengan adanya media promosi. Oleh karena itu, penulis diberi kesempatan untuk melakukan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada Lembaga ini, untuk menerapkan seluruh pengetahuan yang didapatkan sebelumnya didalam perkuliahan.Selain itu penulis juga mendapatkan banyak pengetahuan tentang dunia kerja yang belum didapatkan dari perkuliahan. Dan pada akhirnya, setiap tugas dan pekerjaan yang dilakukan penulis selama proses Kuliah Kerja Praktek (KKP).

Kata Kunci: Desain Informasi, Informasi, Desain

ABSTRACT


Currently open access enabling information can be easily obtained information anytime and anywhere. Information becomes important, because the people will be chances,information desired. Dissemination of information is spread through the electronic media, from the media that the public can obtain information. Information has become a necessity for society without terkecuali.Kebutuhan their perceived information will continue to grow for every person who has a high curiosity about something. Curiosity arises when someone wants to add pengetahuaannya.Perihal that information, can be used to create a production at the Department of Information and Communication Infokom.Dinas is a Government Agency Organization in charge of data processing and communication of information required by the Municipal Government Office Tangerang.Pada Infokom, for can provide information on the promotion of the city of Tangerang, Tangerang City Government official website requires a lot of information and promotion for kota Tangerang, with a media campaign. Therefore, the authors are given the opportunity to do the Job Training (CTF) at this Institute, to apply all the knowledge gained earlier in perkuliahan.Selain, I also get a lot of knowledge about the world of work that has not been obtained from the lecture. And in the end, each task and the work by the author during the Job Training (CTF) ".

Keywords: Desain Informasi, Informasi, Desain


KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim,

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik.

Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yangnyata sesuai dengan yang diinginkan.

Penulis menyadari bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan, hal tersebut disebabkan pengetahuan dan pengalaman penulis masih terbatas.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih secara tulus dan ikhlas, khususnya kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku Pembantu Ketua 1 (PK1) STMIK Raharja .
  3. Bapak Junaidi, M.Kom, selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom, selaku Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak dan Ibu Dosen PerguruanTinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
  6. Pembimbing PT. Berkah Agung Mulia Kota Tangerang yang telah membantu memperlancar untuk menyelesaikan laporan ini.
  7. Teman teman saya yang telah memberikan dukungan moril kepada saya.
Tangerang, Januari 2015
Affan Wardyanto
NIM. 1121468906

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Tampilan Projeck menggunakan Adobe Photoshop

Gambar 3.1. Struktur organisasi dinas infokom

Gambar 3.2. Skema alur kerja

Gambar 3.3. Desain Brosur 21 Hut Kota Tangerang

Gambar 3.4. Desain Banner Kesehatan

Gambar 3.5. Desain Poster Peduli Lingkungan

Gambar 3.6. Desain Spanduk kesenian

Gambar 3.7. Desain Poster Selamat Datang Kota Tangerang

Gambar 3.8. Desain Poster wisata Kota Tangerang

Gambar 3.9. Desain poster tempat menarik Kota Tangerang

Gambar 3.10. Banner festivas Cisadane

Gambar 3.11. Desain Brosur memperingati hari Pahlawan

Gambar 3.12. Banner makanan khas Kota Tangerang



Daftar Tabel

Gambar 3.1. Struktur Organisasi


BAB I

Latar Belakang

saat ini keterbukaan akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diproleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi hal penting, karena dengan informasi orang akan mendapat semua yang diinginkan. Penyebaran informasi tersebar melalui media cetak ataupun media elektronik, dari media itulah masyarakat dapat memproleh informasi. Informasi menjadi kebutuhan bagi masyarakat tanpa terkecuali. Kebutuhan adanya informasi dirasakan akan terus bertambah bagi setiap orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu. Rasa ingin tahu timbul ketika seseorang ingin menambah pengetahuannya.

Kuliah Kerja Praktek adalah akumulasi dari seluruh program di sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer, maka Kuliah Kerja Praktek dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan sarana pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan awal untuk menjadi sarjana komputer profesional.

Prihal informasi tersebut, dapat digunakan untuk menciptakan suatu produksi perncangan pada Dinas Infokom. Dinas Infokom adalah suatu lembaga instansi pemerintah yang membidangi pengolahan data informasi dan komunikasi yang dibutuhkan oleh pemerintahan kota Tangerang. Adapun lembaga tersebut terletak di Gedung Pusat Pemerintahan Lt.4 yang beralamatkan di Jl.Satria Sudirman Kota Tangerang. Lembaga ini dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, serta terdapat satu sekretariat dan tiga bidang, diantaranya : bidang pengolahan data dan desiminasi informasi, bidang pos dan telekomunikasi dan bidang telematika. Lembaga ini dibentuk pada tahun 2008, berdasarkan peraturan Walikota Tangerang Nomer 28 tahun 2008 Tentang Organisai dan Tata Kerja Dinas Informasi dan Komunikasi.

Dengan demikian Kuliah Kerja Praktek adalah kegiatan magang yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, dengan seluruh pengalaman belajar sebelumnya didalam kelas kedalam pelatihan berupa kinerja dalam semua hal yang berhubungan dengan teknologi informasi. Kuliah Kerja Peraktek merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh oleh Mahasiswa sebelum mengambil skripsi, selama 160 jam. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Perusahaan atau Instansi tersebut adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja di bidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bidang Multimedia Audio Visual dan Broadcasting (MAVIB).

Maksud Dan Tujuan KKP

Maksud KKP

1.2.1. Maksud dari KKP ( Kuliah KerjaPraktek ) ini antara lain : 1. Untuk diadakannya Kuliah Kerja Praktek adalah untukmendapatkan gambaran tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya. 2. Memberikan kesempatan kepadamahasiswa untuk dapat menerapkan serta mempraktekan ilmu dan keterampilan yangdimiliki untuk diterapkan pada dunia kerja yang sebenarnya. 3. Untuk dapat belajar bekerja secara professional dan bertanggung jawab atas segala hal padadunia kerja.

Tujuan KKP

1.2.2. Tujuan dari KKP ( Kuliah KerjaPraktek ) ini antara lain : 1. Tujuannya antara lain adalah untuk mendapatkangambaran tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya. 2. Dapat membentuk mahasiswa, dapatbekerja secara individu ataupun kelompok secara profesional. 3. Dapat menambah pengetahuan, dan keterampilan penulis di bidang desain grafis.

Manfaat KKP

Melalui KKP (Kuliah Kerja Praktek), penulis dapat menganalisa Desain-desain informasi yang hingga saat ini dipergunakan oleh Dinas Informasi dan Komunikasi sebelum menentukan topik penelitian mengenai rancangan Desain yang ditujukan kepada peningkatan nilai efektifitas Desain Informasi untuk waktu mendatang diantaranya: 1. Penulis mengetahui perencanaan rancangan media yang dibutuhkan dalam peningkatanefektifitas Desain Informasi . 2. Penulis dapat mempersiapkan konseprancangan Desain yang dapat di pertanggung jawabkan secara teoritis. 3. Penulis lebihdapat mempersiapkan konsep rancangan hingga rancangan desain sesuai kebutuhan desain informasi yang direncanakan. 4. Pada pelaksanaan magang KKP ( Kuliah Kerja Praktek ) mahasiswadituntut dapat menganalisa kebutuhan desain yangdigunakan hingga saat ini dan dapat merencanakan rancangan mediauntuk desain informasi waktu mendatang, dan dapat mengerjakantugas secara individu ataupun kelompok. Selainitu mahasiswa dapat melaporkan hasil pekerjaan yang ditugaskan pada pelaksanaanmagang KKP.

Metodologi Penyusunan

Laporan KKP ( Kuliah Kerja Praktek ), melaporkan hasil pekerjaan yang ditugaskan pada saat magang KKP dari tahap awal, latar belakang KKP, rancangan desain, dan konsep desain terhadap setiap rancangan media yang dikerjakan. Adapun metodologi penyusunan laporan KKP ini adalah sebagai berikut : 1 Observasi Mendapatkan data dengan melakukan penelitian lapangan, dengan menggunakan dan melaksanakan pencatatan serta melakukan dokumentasi secara sistimatis, yang berhubunga dengan informasi tentang presentasi bisnis yang ada pada Dinas Infokom Pemkot Tangerang. 2 Wawancara Wawancara dilakukan secara struktur dengan mengumpulkan data-data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait pada Dinas Infokom Pemkot Tangerang. 3 Studi Pustaka Pengumpulan data mengenai teori-teori pustaka, penulis selain membaca buku-buku diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan topik penulisan penelitian yang berorientasikan desain grafis maupun Multimedia Audio Visual dan Broadcasting .

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah dalam memahami laporan KKP ( Kuliah Kerja Praktek ) ini, maka penulis mengelompokan materi laporan ini menjadi beberapa sub, dengan sistematika penyampainnya sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Berisi tentang Latar belakang KKP, Maksud dan Tujuan KKP, Manfaat Kuliah Kerja Praktek, Metodologi penyusunan laporan KKP (Kuliah Kerja Praktek), dan Sistematika penulisan laporan KKP (Kuliah Kerja Praktek). BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis menjelaskan teori-teori dasar yang berkaitan dengan judul penelitian, yang dapat dijadikansebagai dasar acuan secara teoritis untuk penulisan bab selanjutnya. BAB III TINJAUAN UMUM DAN TINJAUAN KHUSUS

Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusa-haan meliputi sejarah Perusahaan, Ruang lingkup,visi dan Misi Perusahaan, Struktur organisai, Tugas dan kewajiban tiap Departemen, dan Daftar Klien. Tinjauan umum menjelaskan Tentang Skema Alur Kerja dan Alur Kerja, sedangkan Tinjauan Khusus menjelaskan tentang Daftar Project serta latar belakang dan konsep desain selama Kuliah Kerja Praktek (KKP). BAB IV PENUTUP Pada bab ini berisikan tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan yang diberikan penulis kepada Perusahaan selama KKP. DAFTAR PUSTAKA Berisi tentang daftar pustaka atas buku-buku dan referensi yang berisikan tentang orientasi perancangan desain grafis yang digunakan dalam menyusun hasil laporan kegiatan KKP (Kuliah Kerja Praktek). LAMPIRAN Berisi keseluruhan lampiran-lampiran untuk melengkapi teori-teori dasar dalam laporan KKP (Kuliah Kerja Praktek).

BAB II

Konsep Dasar Laporan

Suatu bentuk penyampaian keterangan,pemberitahuan ataupun pertanggung jawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang dan tanggung jawab yang ada antara mereka. Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya. Laporan merupakan salah satu alat untuk menyampaikan informasi baik formal maupun nonformal. Penyampaian informasi dari petugas atau pejabat tertentu kepada petugas atau pejabat tertentu dalam suatu system administrasi. Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi dimana hubungan antara atasan dan bawahan merupakan bagian dari keberhasilan organisasi tersebut.

Proses prancangan secara umum

Menurut Arief Adityawan Sosrojudho, dalam bukunya Tinjauan Desain Grafis yang diterbitkan oleh Concept Media (2010: 26): Desain grafis adalah proses merancang gambar atau bentuk-bentuk visual dwimatra (dua dimensi) untuk kepentingan proses komunikasi yang fungsional dan efektif. Desain sangat berperan penting bagi aspek-aspek visual ataupun audio visual entah itu berbentuk dua dimensi ataupun tiga dimensi tanpa desain tak akan menarik dan unik, selain penting dalam hal bentuk, keistimewaan desain juga dapat diaplikasikan non verbal yang mungkin lebih mudah dan sekaligus menarik dalam menyampaikan informasi, fotografi, symbol, video, dan tipografi.

pengertian project

Menurut Fandy Tjiptono (2009:19-23)[4] Project adalah objek atau gambar yang telah dibuat melalui proses desain yang menarik sesuai dengan diharapkan dan dapat mewakili suatu bentuk desain yang nantinya menjadi suatu projek yang memiliki nilai visual yang menarik dan dapat digunakan sebagai sarana untuk tercapainya suatu tujuan.

tujuan laporan

Tujuan laporan pada umumnya untuk mengatasi suatu masalah, untuk mengambil suatu keputusan yang lebih efektif, mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah, mengadakan pengawasan dan perbaikan, untuk menemukan teknik-teknik baru, dan sebagainya.

manfaat laporan

Manfaat laporan pada umumnya untuk masalah yang dapat teratasi, dapat mengambil suatu keputusan yang lebih efektif, dapat mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah, mengadakan pengawasan dan perbaikan, dan sebagainya.

Konsep Dasar KKP

pengertian kkp

Merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan. Magang adalah bentuk belajar dan berlatih ketrampilan pada dunia kerja yang lebih menekankan pada praktek dari pada teori. Observasi adalah metode pengumpulan data dimana peneliti atau kolaboratornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama penelitian. Kuliah kerja praktek (KKP) merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengetahuan teoritis dengan peraktek.

maksud kkp

Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya di dalam perkuliahan pada kegiatan nyata dibidang studinya masing-masing.

tujuan kkp

Mahasiswa mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya. Agar mahasiswa mendapat pengalaman secara factual dilapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang professional, yaitu tenaga yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap yang di perlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam kehidupan dunia kerja yang nyata.

Konsep Dasar Desain

pengertian desain

Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi. Desain dikenakan pada bentuk sebuah rencana, dalam hal ini dapat berupa proposal, gambar, model, maupun deskripsi.

fungsi-fungsi desain

Menurut Lusyani Sunarya dalam Diktat Mata Kuliah Desain Karakter and Modeling (2010: 7):

a. FungsiInformasi

Desain selalumenyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.

b. Fungsi identifikasi

Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitaspengirim pesannya lewat karakter visual.

c. Fungsi Persuasi

Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan danmenghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosidalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.

unsur-unsur desain

Desain yang menekankan tanpa keindahan akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. ’Menarik’ atau ’indah’ bisa dilihat dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin),maka desain akan menarik apabila indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. Keindahan yang dibahas disini lebih ditekankan pada kemampuan mata sebagai penilai. Agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur dalam desain grafis. Unsur-unsur dalam desain grafis diantaranya adalah:

a. Garis (line)

Garisdi definisikan sebagai sekumpulan titik yang dideretkan memanjang. Setiap garis menimbulkan kesan psikologis atau persepsisendir. Misalnya garis yang membentuk ‘S’, sering dirasakan sesuatu yanglembut, halus dan gemulai. Bandingkan garis yang membentuk ‘Z’, terkesan tegasdan kaku.

b. Bentuk (shape)

Bentuk disebut juga shape,dihasilkan dari garis-garis yang tersusun semedikian rupa. Bentuk ada yangberbentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra). Setiap bentukmempunyai arti sendiri, tergantung budaya, geografis dll. Contoh: segitiga bisamelambangkan konsep trinitas (ayah, ibu, anak), tetapi di mesir segitigamelambangkan simbol feminimitas (kewanitaan).

c. Ilustrasi atauGambar atau Image

Gambar di desain grafis bisa terbagi dari metodenya :

1. Manual atau HandDrawing atau Gambar tangan. Dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush, kuas, cat, spidol danlain-lain. Cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide, karikatur, komik, lukisandan lain-lain.

2. Computerized.Menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vektor atau bitmap.Format vektor yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logodan gambar line-art. Format bitmap terdiri dari pixel-pixel, cocok untuk foto.

d. Ruang (Space)

Dengan ruang, kita dapat merasakan jauh-dekat,tinggi-rendah, panjang-pendek, kosong-padat, besar-kecil danlain-lain. Ukuran tersebut sifatnya relatif. ‘Besar’ menurut andabelum tentu sama dengan ‘besar’ menurut orang lain. Ukuran-ukuran tersebutmuncul karena ada pembanding.

e. Teks atau Tipografi

Merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untukmenciptakan kesan khusus, sehingga akan pembaca dapat membaca semaksimalmungkin.

f. Warna (Color)

Setiapwarna mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan warna kita dapat mengkomunikasikandesain kita kepada audience secaraefektif.

definisi desain grafis

Desain Grafis adalah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Menurut Teguh Wibowo dalam buku Belajar Desain Grafis yang diterbitkan oleh Buku Pintar (2013:10) Desain adalah metode penyampaian pesan visual berbentuk teks dan gambar dari komunikator kepada komunikan.

prinsip-prinsip desain grafis

Menurut Ibnu Teguh Wibowo (2013 : 106) [17] Dalam mengkomposisi atau mengatur layout agar menarik menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :

a. Keseimbangan(Balance)

Secara keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Mata kita akanmenangkap keseluruhan atau halaman desain dalam satu komponen yang lebih kecil.

b. Irama(Rhythm)

Pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis.Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola atau patterntertentu.

c. Skaladan Proporsi

Skala adalah perubahan ukuran atau size tanpaperubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsiadalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi sehingga gambardengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.

d. Fokus

Tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audienceharus fokuskan atau diarahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karenaada perbedaan drastis atau konflik pada komponen desain grafis.

e. Kesatuan(Unity)

Semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasisehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan.

definisi thypografi

Menurut Roy Brewer dalam buku Design Grafis yang diterbitkan oleh Buku Pintar (2013: 116) Tipografi adalah pemilihan, penataan dan berbagai hal terkait pengaturan baris-baris susun huruf (typeset), tidak termasuk ilustrasi dan unsur lain, atau susun huruf pada halaman cetak. Langakah awal untuk mempelajari typografi adalah mengenali atau memahami anatomi huruf. Apabila kita telah memahami anatomi huruf secara baik, dengan mudah kita dapat mengenal sifat dan karakteristik dari setiap jenis huruf.

1. Baseline

Sebuahgaris maya lurus horisontal yang menjadi batas dari bagian terbawah dari setiaphuruf besar.

2. Meanline

Sebuahgaris maya lurus horisontal yang menjadi batas dari bagian teratas dari badansetiap huruf kecil.

3. Ascender

Bagiandari huruf kecil yang posisinya tepat berada diantara meanline dan capline

4. Descender

Bagiandari huruf kecil yang posisinya tepat berada dibawah baseline.

pengertian tentang warna

a. Pengertian warna

warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga,kuning,hijau, nila dan ungu). Jeniswarna yang demikian disebut Spectrumatau warna cahaya. Secara Subyektifwarna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima daripantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.

b. TeoriWarna

Secara garis besar dikenal adanya 2 dasar teori tentangwarna:

1. Prang system

2. Munsell system

Menurut teori Prang system warna dapat dibagiberdasarkan:

a) Hue adalahistilah panas dinginnya warna ataudigunakan untuk menunjukkan nama dari suatu warna seperti merah,biru,hijau dansebagainya.

b) Valueadalah dimensi kedua atau mengenai terang gelapnya warna. Contohnya adalahtingkatan warna dari putih hingga ke hitam.

c) Intensity/Saturation seringkali disebut dengan chroma, adalah dimensi yangberhubungan dengan cerah atau suramnya warna.

Menurut teoriMunssel system dikemukakan lima warnayang memiliki kedudukan sama sebagai warna utama, yakni merah, kuning, hijau, biru dan ungu.Lingkaran warna yang disusunnya terdiri dari sepuluh warna, lima warnadiantaranya sebagai intermediate color yaknimerah-kuning,kuning-hijau,biru-hijau,biru-ungu dan merah-ungu.

c. Jenis-jenis bentukwarna

1. WarnaPrimer

Warna Primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuatdari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warnapokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antaralain: merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna : kuat dan kontras.

2. WarnaSekunder

Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran 2 (dua)warna primer, denganperbandingan yang sama akan mendapatkan tiga warna pula, yaitu jingga, (merah +kuning), hijau ( kuning + biru), dan ungu (merah + biru).

3. WarnaQuarter

Warna yang merupakan hasil percampuran 2 (dua) warna tersier, yaitu coklat jingga adalahhasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijauadalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat biru.

4. Warna Tersier

Warna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuranwarna–warna sekunder yang menghasilkan tiga warna, yaitu orange–jingga, orange–hijau,dan hijau–jingga.

5. WarnaComplementer

Dua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungudan kuning, merah dan hijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warnaini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinyadapat bergerak.

Makna SimbolikWarna:

1. WarnaMerah:

Semangat, keberanian, amarah, bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan.

2. WarnaKuning:

Kegembiraan, keceriaan, kecemerlangan, keagungan,ciptaan.

3. WarnaKuning Emas:

Kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemulyaan, kekuatanspiritual.

4. WarnaHijau:

Pertumbuhan,kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan,penelitian.

5. WarnaBiru:

Kebenaran, keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan,kemurahan hati.

6. Warna Putih:

Kesucian,kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.

7. Warna Hitam:

Ketabahan,kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan.

8. Warna Abu-abu:

Ketaatan, rendahhati, kesholihan, modern.

9. Warna orange:

Kemajuan, semangat, perkembangan, Energi.

10. Warna Violet:

Kemulyaan,kebesaran jiwa, kelembutan.

11. Indigo:

Ilmu pengetahuan, kemapanan, kedewasaan.

pengertian tentang simbolik bentuk

Pengertian Simbol adalah tanda pengenal yang menjelaskan dan mengaktualisasikan suatu bentuk rancangan, Simbol memiliki perananan penting yang dirancang dan dipublikasikan dengan dilindungi hak cipta sehingga tidak boleh dipakai sembarangan. Menurut Fandy Tjiptono dalam buku Strategi Pemasaran yang diterbitkan oleh Andi (2008: 30) Simbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure, sosok suatu objek terungkap dalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.

pengertian sitra atau image

Citra (image) adalah istilah lain untuk gambar sebagai salah satu komponen multimedia yang memegang peranan sangat penting sebagai bentuk informasi visual.

layout

Pengertian Layout Menurut Hendi Hendratman dalam buku Tips N Trik Computer Grapics Designyang diterbitkan oleh Informatika Bandung (2010: 85) Layout arti katanyasecara bahasa adalah Tata letak. Menurut salah satu teorinya, layout adalah usaha untuk menyusun,menata atau memadukan unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, tabel danlain-lain) menjadikomunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik.

b. Jenis Layout

Menurut Rakhmat Supriyono dalam buku Desain Komunikasi VisualTeori dan Aplikasi yang diterbitkan Andi(2010: 9):

1. Layout Kasar

adalah gambar kerja untuk memperlihatkan komposisi tata letak naskah,gambar yang akan dibuat, biasanya pada layout kasar ini dibuat hitam putihdengan menggunakan coretan atau sketsa pensil gambar yang dibuat secara manual.

2. LayoutKomprehensif

adalah suatugambar yang sudah mendekati komposisi final, dalam hal ini komposisi gambaryang pada umumnya disajikan dalam bentuk warna.

3. FinalArtwork

merupakantahap desain yang sudah final yang telah melewati beberapa proses sebelumnyayaitu layout kasar dan layout komprehensif. Pada tahap ini text dan tata letak image telah disempurnakan dengan beberapa kali revisi selama prosesdesain.

teori desain komunikasi visual

Desain Komunikasi Visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf danwarna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya

Konsep Dasar Informasi

definisi data

Pengertian Data Data dapat didefinisikan sebagai deskripsi dari suatu dan kejadian yang dihadapi. Data dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku atau tersimpan sebagai file dalam database. Menurut McLeod dalam buku Yakub (Pengantar Sistem Informasi) yang diterbitkan oleh Graha Ilmu (2012: 5) “Data adalah kenyataan yang menggambarkan adanya suatu kejadian (event), data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai”.

pengertian informasi

Informasi adalah data berupa catatan historis yang dicatat dan diarsipkan tanpa maksut dansegera diambil kembali untuk pengambilan keputusan. Data yang telah diletakandalam konteks yang lebih berarti dan berguna yang dikomunikasikan kepadapenerima untuk digunakan didalam pembuatan keputusan.

Menurut McLeod dalam buku Yakub (Pengantar Sistem Informasi) yangditerbitkan oleh Graha Ilmu (2012: 8) Informasi (information)dapat didefinisikan sebagai berikut:

“Informasiadalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berartibagi yang menerimannya, informasi disebut juga data yang diproses atau datayang memiliki arti”.

jenis-jenis informasi

Menurut O’Brien dalam buku Yakub (Pengantar SistemInformasi) yang diterbitkan oleh Graha Ilmu (2012: 15) jenis-jenis informasidijelaskan sebagai berikut:

a. Informasiberdasarkan persyaratan

Suatuinformasi harus memenuhi persyaratan sebagaimana dibutuhkan oleh manajer dalamrangka pengambilan keputusan yang harus segera dilakukan.

b. Informasiberdasarkan dimensi waktu

Informasi yangmengenai peristiwa lampau yang meskipun jarang digunakan, namun dalampenyimpanannya pada data storage perlu disusun secara rapih dan teratur.

kualitas informasi

Kualitas Informasi

Kualitas dari suatu informasi (quality of information)tergantung dari tiga hal. Yaitu informasi harus akurat (accurate), tepat pada waktunya (timelybasis), dan relevan (relevance).

nilai informasi

Nilai informasi (valueof information) ditentukan oleh dua hal, yaitu manfaat dan biaya untukmendapatkannya.suatu informasi dianggap bernilai apabila manfaatnya lebihefektif dibandingkan dengan biaya pendapatannya. Sebagian besar informasidinikmati oleh lebih dari satu pihak sehingga sulit untuk menghubungkan suatuinformasi tidak dapat ditaksirkan keuntungannya dengan suatu uang tetapi dapatditaksir nilai efetivitasnya.

Menurut Agus Mulyanto dalam buku Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi yang diterbitkan olehPustaka Pelajar (2009: 20), “Parameter untuk mengukur nilai sebuah informasi (valueof information) ditentukan dari dua hal pokok yaitu manfaat (benefit)dan biaya (cost).”

Program Aplikasi Penunjang Desain

1. Aplikasi pengolahtata letak

Program desaingrafis ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet,poster, dan lain yang sejenis. Kelebihan dari program ini adalah mampu mengaturpenempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti adobe photoshop).Yang termasuk dalam kelompok ini antara lain adobe framemaker, adobe in design,adobe pagemaker, corel ventura, microsoft publishing, quark xpress.

2. Aplikasi pengolahvektor atau garis

Program desainini juga bisa kita digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor ataugaris sehingga sering disebut sebagai ilustrator program. Seluruh objek yangdihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus ataupungaris lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini diantarannya adalahadobe ilustrator, coreldraw, beneba canvas.

3. Aplikasi pengolahpixel atau gambar

Program desaingrafis ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar atau manipulasifoto. Dianggap sebagai kumpulan pixel, yang termasuk dalam aplikasi ini, antaralain adobe photoshop, corel photo paint, macromedia xres dan manga studio.

adobe photoshop

Photoshop adalah sebuah program desain danfotografi, terutama dalam hal pengolahan objek yang berbasis gambar (bitmap). Adobe Photoshop merupakan program aplikasi khususuntuk mengolah atau mendesain gambar dengan berbagai macam cara yaitu mengefek,bertransparansi pada gambar ataupun teksnya.








Gambar 2.1

Tampilan Jendela Kerja ProgramAdobe Photoshop CS6.


1. TitleBar

Menampilkannama program Photoshop yang sedang aktif.

2. MenuBar

Memuat9 kelompok menu untuk mengakses perintah, sub menu dan kotak dialog.

3. OptionBar

Berisi parameter tool yang sedang diaktifkan, berubah-ubah sesuai tool yang digunakan.

4. ApplicationControl.

Terdiridari 3 tombol, yaitu Minimize, Maximize danClose Application.

5. ToolBox

Berisikantool yang digunakan untuk menyeleksi,mengedit, membuat teks, mengaturukuran tampilan dan warna.

6. Pallet

Berisiperintah-perintah pendukung untuk mengontrol tampilan, langkah kerja, warna,layer dan lainnya

7. DocumentWindow

Berisi kanvas,tempat dimana gambar akan diedit dan dimanipulasikan.

BAB III

Profile Prusahaan

sejarah singkat

Dinas Infokomadalah suatu lembaga instansi pemerintah yang membidangi pengolahan datainformasi dan komunikasi yang dibutuhkan oleh pemerintahan kota Tangerang. Adapunlembaga tersebut terletak di Gedung Pusat Pemerintahan Lt.4 yang beralamatkandi Jl.Satria Sudirman Kota Tangerang. Lembaga ini dipimpin oleh seorang KepalaDinas, serta terdapat satu sekretariat dan tiga bidang, diantaranya : bidangpengolahan data dan desiminasi informasi, bidang pos dan telekomunikasi danbidang telematika. Lembaga ini dibentuk pada tahun 2008, berdasarkan peraturanWalikota Tangerang Nomer 28 tahun 2008 Tentang Organisai dan Tata Kerja DinasInformasi dan Komunikasi. Berfungsi sebagai Peningkatan kualitas layanan publikdalam memperoleh data dan informasi yang lengkap, akurat, valid dan terkinidengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempermudah aksesmasyarakat luas.

ruang lingkup

Bagian bersertasub-sub bagian yang terdapat pada Dinas Infokom Kota Tangerang :

1. Bidang Telematika bertugas membuat aplikasi dan websiteuntuk dinas-dinas atau SKPB terkait.

2. PDDI (Pusat Data dan Desiminasi Informasi) bertugas dalampengolahan data dan informasi, pengembangan lembaga informasi, dan seksipengembangan multimedia.

3. Postel (Pos dan Telekomunikasi) meliputi seksi pos danpengendalian frekuensi radio, seksi dandi dan telekomunikasi, dan seksi layananteknis telekomunikasi

4. Seketariat meliputi sub bagian umum dan kepegawaian, subbagian keuangan, dan sub bagian perencanaan.

visi dan misi

A. Visi Perusahaan

Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yangterintegrasi menuju terwujudnya Visi Kota Tangerang.

B. Misi Perusahaan

Pengembangankualitas SDM dalam bidang manajemen data dan informasi.

1. Peningkatankualitas layanan publik dalam memperoleh data dan informasi yang lengkap,akurat, valid dan terkini dengan memanfaatkan teknologi informasi dankomunikasi untuk mempermudah akses masyarakat luas.

2. Peningkatan daya jangkauanjaringan teknologi dan komunikasi untuk memproleh akses masyarakat luas.

3. Terbangunyasistem informasi dan komunikasi yang terintegrasi antar institusi pengeloladata dari informasi menuju terciptanya GoodGovernance dan Clean Governancemelalui penerapan E-Government.

struktur organisasi

Gambar 3.1

StrukturOrganisasi Dinas Infokom

wewenang dan tanggung jawab

a. Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur,mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh kegiatan penyelegaraan tugas danfungsi Dinas dalam menyelenggaraan urusan Daerah yang berkenaan dengankomunikasi dan informatika.

b. Sekertariatdipimpin oleh seorang Sekertariat yang mempunyai tugas pokok membantu KepalaDinas dalam pengkoordinasian pelaksanaan kebijaksanaan penyelenggaraan tugasdan fungsi dinas menyelenggarakan kegiatan di bidang administrasi umum,keuangan, kepegawaian dan perencanaan.

c. Sub Bagian Umum DanKepegawaian

Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian dipimpin oleh seorangkepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas danfungsi sekertariat di bidang administrasi umum dan administrasi kepegawaian.

d. Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian keuangan dipimpin oleh seorang Kepala SubBagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dan fungsisekretariat dibidang administrasi keuangan.

e. Sub BagianPerencanaan

Sub Bagian Perencanaan dipimpin oleh seorang kepala SubBagian yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian tugas dan fungsisekretariat di bidang perencanaan.

f. Bidang PengolahanData dan Diseminasi informasi

Bidang pengolahan Data dan Diseminasi Informasi dipimpinoleh seorang kepala bidang yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan,mengatur dan mengendalikan kegiatan penyelenggaraan sebagian tugas dinas dalamlingkup pengolahan data, penyebarluasan informasi dan promosi daerah,pengendali opini publik, serta pembinaan multimedia dan lembaga informasi.

g. Seksi PengolahanData Dan Informasi

Seksi Pengolahan Data Dan Informasi dipimpin oleh seorangKepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengatur pelaksanaansebagian tugas Bidang Pengolahan Data dan Diseminasi Informasi yang berkenaandengan peliputan, pendokumentasian, pengolahan data dan menyiapan informasibagi masyarakat mengenai kegiatan dan hasil penyelenggaraan pemerintahan,pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Daerah serta pengendalian opinipublik.

h. Seksi PengembanganMultimedia

Seksi Pengembangan Multimedia dipimpin oleh seorangKepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengatur pelaksanaansebagian tugas Bidang Pengolahan Data Dan Diseminasi Informasi yang berkenaandengan pembinaan dan penyebarluasan informasi melalui multimedia serta promosiDaerah melalui media televisi dan radio.

i. Seksi PengembanganLembaga Informasi

Seksi Pengembangan Lembaga Informasi dipimpin olehseorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengatur pelaksanaan sebagian tugas Bidang PengolahanData dan Diseminasi Informasi berkenaan dengan pembinaan pers, percetakan danKelompok Komunikasi, penyebarluasan informasi melalui media cetak, mediatradisional dan media tatap muka serta promosi Daerah melalui media cetak.

j. Bidang Pos danTelekomunikasi

Bidang Pos Dan Telekomunikasi dipimpin oleh seorangKepala Bidang yang mempunyai tugas pokok pemimpin, merencanakan, mengatur danmengendalikan kegiatan penyelenggaraan sebagai tugas Dinas dalam lingkuppembangunan, pengadaan, pemeliharaan, perbaikan perasarana dan sarana, sertalayanan teknis persandian dan telekomunikasi yang dilingkungan pemerintahaan.

k. Seksi Pos DanPengadilan Frekuensi Radio

Seksi Pos Dan Pengadilan Frekuensi Radio dipimpin olehseorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengaturpelaksanaan sebagian tugas Bidang Pos Dan Telekomunikasi yang berkenaan denganpembinaan serta pengendalian di bidang pos dan pengguna frekuensi radio.

l. Saksi Sandi DanTelekomunikasi

Saksi Sandi Dan Telekomunikasi dipimpin oleh Kepala Seksiyang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengatur pelaksanaan sebagian tugasBidang pos Dan Telekomunikasi yang berkenaan dengan pembangunan, pengadaan danpengembangan sistem persandian (Sissan) untuk jaringan persandian, peralatansandi (Palsan) dan jaringan telekomunikasi di lingkungan pemerinta Daerah sertapeijinan di bidang Telekomunikasi.

m. Seksi Layana TeknisTelekomunikasi

Seksi Layanan Teknis Telekomunikasi dipimpin oleh seorangKepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengatur pelaksanaansebagaian tugas Bidang Pos Dan Dan Telekomunikasi yang berkenan dengan layanan.

n. Bidang Telematika

Bidang Telematika dipimpin oleh Seorang Kepala Bidangyang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikankegiatan penyelenggaraan sebagian tugas Dinas dalam lingkup pembangunan,pengembangan, pengelolaan serta pemberdayaan Sistem Informasi Manajemen Daerah(SIMDA) dan Website Kota Tangerang.

o. Seksi PemberdayaanTelematika

Seksi Pemberdayaan Telematika dipimpin oleh seorangKepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengaturpelaksanaansebagian tugas Bidang Telematika yang berkenaan dengan sosialisasi.

p. Seksi E-Government

Seksi E-Government dipimpinoleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengaturpenyusunan rencana pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi ManajemenDaerah serta Pengelolaan Bank Data dan Website Kota Tangerang.

q. Seksi Sarana DanPrasarana Telematika

Seksi Sarana Dan Prasarana Telematika dipimpin olehseorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin dan mengaturpelaksanaan pembinaan Pranata Komputer dan Operator Komputer di lingkunganPemerintahaan Daerah.

daftar kline

Yang telah menjadi relasi dengan Dinas InfokomKota Tangerang adalah antar sesama dinas-dinas yang berada pada Kota Tangerang.

















Daftar Klien Dinas Infokom

1. Dinas Pendidikan Kota Tangerang

8. Dinas Pertanian Kota Tangerang

2. Dinas Kesehatan Kota Tangerang

9. Dinas Pengolahan Keuangan dan Aset Daerah Kota Tangerang

3. Dinas Sosial Kota Tangerang

10. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang

4. Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang

11. Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tangerang

5. Dinas Perhubungan Kota Tangerang

12. Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang

6. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang

13. Dinas Tata Kota Tangerang

7. Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang

14. Koran Kota Benteng



Tabel3.1.

Daftar Klien

Tinjauan Umum

skema alur kerja

Skema Alur Kerja















Gambar 3.2

Skema Alur Kerja

alur kerja

1. Penyelengaraanpenyusunan usulan rencana kerja, kinerja dan anggaran tahunan Bidang PengolahanData dan Deseminasi Informatika.

2. Penyelenggaraanpengolahan data dan penyiapan informasi bagi masyarakat mengenai kegiatan danhasil penyelenggaraan pemerintahaan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatandi Daerah.

3. Penyelenggaraanmenyebarluaskan informasi dan promosi daerah melalui multimedia.

4. Penyelenggaraanpengendalian opini publik.

5. Penyelenggaraanpembinaan dibidang multimedia.

6. Pengawasan danpembinaan terhadap para Kepala Seksi yang dibawahannya.

7. Pelaporan.

Tinjauan Khusus

daftar project

Daftar Project

1. Membuat Brosur Hut 21 Kota Tangerang

2. Membuat Banner pelayanan Kesehatan

3. Membuat Poster Peduli Lingkungan Dinas Kebersihan

4. Membuat Spanduk Kesenian

5. Memebuat Poster selamat datang Kota Tangerang

6. Membuat Poster tempat wisata Kota Tangerang

7. Membuat Poster tempat menarik Kota Tangerang

8. Membuat Banner Festival cisadane

9. Membuat Brosur Mempringati Hari Pahlawan

10. Membuat Banner makanan khas Kota Tangerang

latar belakang dan konsep desain

1. Brosur Hut 21 Kota Tangerang

a. Latar Belakang

Kotatangerang telah sampai di usianya yang ke-21 tahun, mengalami banyak kemajuandan juga sudah banyak hasil-hasil pembangunan yang dapat dirasakan masyarakatsecara langsung. Bahkan Kota Tangerang sudah dapat dikatakan sebagai kota yangmaju. Brosur ini dibuat untuk mendukung kemajuan Kota Tangerang. Sarandemografi brosur tersebut bertujuan agar masyarakat Kota Tangerang mengetahuiinformasi hut 21 Kota Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Brosurini dibuat dengan ukuran 3508x2480 pixels. Pada desain ini terdapat gambar logopemerintahaan Kota Tangerang, gambar gedung pusat pemerintahaan, gambarWalikota Tangerang dan Wakil Walikota Tangerang.

Warna

Warnayang digunakan pada desain biru, putih, merah, dan hijau.

Font

-Times New Roman

-Rosewood Std




c. Visual







-

Gambar 3.3.

Desain Brosur Hut 21 Kota Tangerang


2. BannerPelayanan Kesehatan

a. LatarBelakang

Kesehatan adalah sejahtera dari badan, jiwa, dan sosialyang memungkinkan setiap orang hidup dengan produktif. Dengan Hut 21 KotaTangerang bertemakan Terwujudnya kotaTangerang yang maju, mandiri, dinamis, dan sejahtera, Pemkot Tangerangmeningkatkan kwalitas Rumah sakit umum sehingga masyarakat Kota Tangerang bisadapat menikmati fasilitasnya. Banner ini dibuat untuk mendukung keberhasilanpemkot Kota Tangerang dalam pelayanaan publik.

b. KonsepDesain

Image

Banner ini dibuat dengan ukuran kertas landscape 975x213pixels, Banner ini terdapat gambar logopemerintahaan Kota Tangerang, logo rumah sakit, dan gambar rumah sakit.


Warna

Warna yang digunakan adalah warna biru dengan tulisanberwarna merah.

Font

-Hobo Std

c. Visual


Gambar 3.4

Banner pelayanaankesehatan

3. PosterPeduli Lingkungan

a. LatarBelakang

Demi menjaga kebersihaan Kota Tanggerang, masyarakatharus bersama- sama untuk melakukan pelestarian agar lingkungan menjadi indahdan tenteram. Poster ini dibuat untuk memberi informasi kepada masyarakat KotaTangerang.

b. KonsepDesain

Image

Pada poster ini dibuat dengan ukuran 3543x5906 pixels,terdapat logo Kota Tangerang, gambar truk sampah dan gambar petugas sampah.

Warna

Warna pada desain ini menggunakan warna biru, backgrond gambar pemandangan kota,hurufnya berwarna hijau dan hitam .

Font

-Terminal

c. Visual
















Gambar 3.5.

poster peduli lingkungan

4. SpandukKesenian

a. LatarBelakang

Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan saranayang digunakan untuk mengekpresikan rasa keindahan dalam jiwa manusia.

Spanduk ini dibuat agar masyarakat Kota Tangerang dapatmemahami bahwa pentingnya melestarikan kesenian daerah.


b. KonsepDesain

Image

Pada spanduk ini berukuran 3543x1772 pixels, terdapatlogo Kota Tangerang, gambar-gambar tarian tradisional Kota Tangerang.

Warna

Untuk warna tulisan menggunakan warna hitam.

Font

- Platino linotype

- Arial

c. Visual















Gambar 3.6.

Spanduk Kesenian

5. Poster selamat datang Kota Tangerang

a. Latar Belakang

Poster ini dibuat untukmenyambut warga-warga dari kota lain,bahwa telah memasuki kawasan KotaTangerang. menambahkan pesawat yang sedang take off, melambangkan di kota Tangerangtersebut terdapat bandara Internasional Soekarno Hatta. Dan menggambarkan isidari kota Tangerang tersebut.

b. Konsep Desain

Image

Stiker ini berukuran 800x 600 pixels Background menggunakangambar pemandangan, landasan pesawat serta gambar pesawat terbang, gambar logokota tangerang, gambar walikota dan wakil walikota tangerang.

Warna

Warna yang digunakanpada poster ini adalah biru dengan tulisan berwarna putih

Font

-Bauhaus 93

c. Visual


Gambar3.7.

Poster Selamat Datang

6. PosterTempat Wisata Kota Tangerang

a. LatarBelakang

Tempat wisata adalah tempat yang terindah yang bisadikunjungi bagi setiap orang di kota tangerang terdapat tempat wisata menarik.Saya membuat poster ini dengan bertujuan menarik wisatawan.

b. KonsepDesain

Image

Poster ini berukuran 800x600 pixels, terdapat logo KotaTangerang dan gambar mesid al-adzom, pintu air sepuluh Kota Tangerang.

Warna

Desain kartu nama ini berwana pelangi, dan tulisannyaberwarna hitam

Font

-calibri

c. Visual


Gambar 3.8. Poster wisata


7. Postertempat menarik Kota Tangerang

a. LatarBelakang

Tempat menarik adalah tempat yang paling seringdikunjungi oleh masyarakat – masyarakat, bertujuan membuat poster ini agar memberitahukaninformasi tentang tempat menarik yang berada di kota tangerang.

b. KonsepDesain

Image

Poster ini berukuran 800x600 pixels, terdapat logo KotaTangerang, gambar laksa tangerang dan gambar situ cipondoh.

Warna

Desain banner ini berwarna abu-abu dan tulisannyaberwarna hitam.

Font

-Arial











c. Visual


Gambar 3.9.

Poster tempat menarik kota tangerang


8. Bannerfestival cisadane

a. Latarbelakang

Festival cisadane diadakan setahun sekali yang beradadisungai cisadane oleh masyarakat-masyarakat kota tangerang, saya membuatbanner ini untuk menginformasikan pada masyarakat

b. KonsepDesain

Image

Desain Banner ini berukuran 975x213 pixels, terdapat logoKota Tangerang dan gambar festival cisadane.


Warna

Desain Banner ini berwarna biru dan tulisannya berwarnahitam

Font

-calibri

c. Visual


Gambar 3.10.

Banner Festival cisadane


9. Brosur MemperingatiHari Pahlawan

a. Latar Belakang

Pahlawanadalah pejuang bangsa yang mempertahankan kedaulatan tanah dengan segenap jiwa,Pada hari 10 noveber dinas infokom dengan pemkot Tangerang berkerja samamemperingati hari pahlawa, Brousur ini dibuat untuk informasi kepada masyarakKota Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Desain Brosur iniberukuran 3508x2480 pixels, terdapat logo Kota Tangerang, gambar pahlawan dangambar pemkot Tangerang.

Warna

Desain ini berwarnamerah dan putih



Font

-Ravie

-Arial

c. Visual








Gambar 3.11.

Brosur memperingati hari pahlawan

10. Banner makanan khas Kota Tangerang

a. Latar Belakang

Bannerini menggambarkan tentang berbagai macam kuliner Khas yang terdapat di wilayahkota Tangerang.

b. Konsep Desain

Image

Dimana konsepyang saya buat di sini adalah, berbagai macam makanan khas di kota tangerangsaya masukkan kedalam bannerini.

Warna

Warna yang digunakan pada desain iniadalah warna putih, dan hijau muda

Font

-Acnes

c. Visual


Gambar 3.12.

Banner Makanankhas Kota Tangerang

BAB IV

Kesimpulan

Kesimpulan

Setelah penulismelakukan Kuliah Kerja Praktek Pada Dinas Infokom (Informasi dan Komunikasi)Kota Tangerang, penulis berkesimpulan bahwa :

1. Media Audio Visualsebagai penunjang informasi dan promosi sangat diperlukan bagi Dinas InfokomKota Tangerang untuk menyampaikan informasi tentang Kota Tangerang.

2. Dengan adanyadesain penunjang informasi di Kota Tangerang pada website resmi PemerintahanKota Tangerang, masyarakat dapat lebih mudah mengenal budaya dan lingkunganKota Tangerang.

Saran

Dengan adanyadesain informasi berupa audio visual ini penulis menyarankan agar desaintersebut lebih ditingkatkan dan dipergunakan agar visi dan misi Dinas InfokomKota Tangerang dapat tercapai. Sebaiknya Dinas Infokom Kota Tangerang lebihbanyak membuat desain informasi yang mempromosikan berbagai keunggulan dansemua penunjang informasi daerah yang lainnya agar masyarakat luas bisa lebihmengenal potensi Kota Tangerang serta dapat lebih meningkatkan image atau citra bagi Kota Tangerang.

Kesan

Dengan melaksanakan Kuliah Kerja Praktek pada Dinas Infokom Kota Tangerang, penulismendapatkan ilmu dalam dunia kerja dan mengetahui bagaimana cara menghadapidunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu, dari hasil pembelajaran dari Kuliah Kerja Praktek(KKP) ini, penulis dapat mengembangkan ide-ide yang telah dipelajari yangnantinya akan diterapkan dalam dunia kerja nyata, baik dalam bekerja, dalamlingkungan masyarakat, ataupun pada suatu perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

Arief, Adityawan. 2010. “Tinjauan Desain Grafis”. Conccep Media.

Brewer, roydalam buku Design Grafis yang diterbitkan oleh Buku Pintar (2013: 116)

Hendratman, Hendi dalambuku tips dan trik jurnalistik yang diterbitkan oleh Informatika Bandung (2010:09-12).

McLeod dalambuku Yakub (Pengantar Sistem Informasi) yang diterbitkan oleh Graha Ilmu (2012:5)

Nafron, Hasjimdalam buku multimedia yang diterbitkan oleh informatika Jakarta (2010:40-41).

Sufryono, Rahmat.2010.“DesainKomunikasi Visual”. Di Terbitkan OlehAndi

Sunarya, Lusyani. 2010. “Diktat Mata Kuliah DesainKarakter and Modeling”.

Tjiptono, Fandy dalam buku desain grafis yang diterbitkanpada PT.Gramedia Indonesia (2010:19-23).

Wibowo, Teguhdalam buku Belajar Desain Grafis yang diterbitkan oleh Buku Pintar (2013:10)

=DAFTAR LAMPIRAN=