TA1433382108

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN APLIKASI TRACER STUDY BERBASIS

WEB PADA UNIVERSITAS RAHARJA MENGGUNAKAN

LARAVEL FRAMEWORK



Tugas Akhir





OLEH:


NIM
: 1433382108
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2019/2020


UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN TIGAS AKHIR


PERANCANGAN APLIKASI TRACER STUDY BERBASIS

WEB PADA UNIVERSITAS RAHARJA MENGGUNAKAN

LARAVEL FRAMEWORK


Disusun Oleh :

 
NIM
: 1433382108
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Sains dan Teknologi
: Diploma 3
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Artificial Informatics

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, September 2019

Rektor
       
Ketua Program Study
UNIVERSITAS RAHARJA
       
Program Study Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr.Po.Abas Sunarya,M.Si)
       
(Dedeh Supriyanti, S,Kom.,M.T.I)
NIP : 000594
       
NIP : 08165

Templat:LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


UNIVERSITAS RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN APLIKASI TRACER STUDY BERBASIS

WEB PADA UNIVERSITAS RAHARJA MENGGUNAKAN

LARAVEL FRAMEWORK

Dibuat Oleh :

NIM
: 1433382108
NAMA

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Artificial Informatics

Disetujui Oleh :


Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 07132
   
NID : 11010

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


APLIKASI MOBILE COMMERCE (M-COMMERCE)

BERBASIS ANDROID PADA PT GEMANUSA

SENTRA TEKNOLOGI


Dibuat Oleh :

NIM
: 1422480857
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Penguji :

Tangerang, 17 Juli 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

APLIKASI MOBILE COMMERCE (M-COMMERCE)

BERBASIS ANDROID PADA PT GEMANUSA

SENTRA TEKNOLOGI


Disusun Oleh :

NIM
: 1422480857
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering


 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar sarjana baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Penyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, 17 Juli 2018
Wury Intan Tiana
NIM. 1422480857

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Banyaknya penggunaan telepon pintar atau yang sering disebut sebagai smartphone telah merubah perilaku atau gaya hidup sebagian masyarakat, khususnya perubahan dalam pola perilaku belanja. Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih bertransaksi secara online dibandingkan dengan cara konvensional. Pada PT Gemanusa Sentra Teknologi penjualan produk masih menggunakan cara konvensional, berinteraksi langsung dengan pelanggan. Kurangnya kuantitas staff marketing membuat perusahaan ini membutuhkan sistem yang dapat meringankan pekerjaan staff marketing. Sistem yang dapat diakses melalui perangkat mobile agar dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Tujuan dari penelitian ini adalah menyediakan aplikasi mobile commerce berbasis Android agar staff marketing dapat mempromosikan atau mengiklankan produknya dengan mudah. Untuk itu dibutuhkan beberapa metode penelitian untuk menghasilkan aplikasi e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti metode SWOT untuk menganalisa sistem dan juga metode SDLC atau waterfall untuk pengembangan sistem yang sebelumnya. Penggunaan UML juga dibutuhkan untuk menyusun rancangan sistem yang akan dibuat serta Black Box testing untuk menguji keseluruhan sistem yang telah dibuat. Bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti HTML5, PHP dan JavaScript juga dibutuhkan untuk membangun aplikasi ini, serta enkapsulator seperti Apache Cordova untuk mengemas bahasa pemrograman web tersebut sehingga dapat dipasang di berbagai perangkat mobile.


Kata Kunci: Aplikasi Mobile, E-Commerce, M-Commerce.


ABSTRACT

The large number of smartphone usage has changed the behavior or lifestyle of most people, especially changes in shopping patterns behavior. Today many people prefer online transactions rather than the conventional way. Product Sales in PT Gemanusa Sentra Teknologi is still using the conventional way to sell their product, they still interact directly with customers. Lack of number of marketing staff make this company need a system that can ease the work of their staff. System that can be accessed through mobile devices to be accessible anytime and anywhere. The purpose of this research is to provide Android-based mobile commerce application so that marketing staff can promote or advertise their products easily. For that we need some research methods to produce e-commerce applications in accordance with the needs of the people. Such as SWOT method to analyze system and also method of SDLC or waterfall for the development of the previous system. UML usage is also required to draft the system that will be created as well as Black Box testing to test the entire system that has been created. High-level programming languages such as HTML5, PHP and JavaScript are also needed to build this application, as well as encapsulators such as Apache Cordova to package the web programming language so that it can be installed on various mobile devices.


Keywords: Aplikasi Mobile, E-Commerce, M-Commerce.


KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrahim,

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan penulisan laporan Skripsi ini dengan baik dan tepat waktu.

Penulisan laporan Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan jenjang Strata Satu (S1) Jurusan Teknik Informatika pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK). Sebagai bahan laporan, penulis memperoleh informasi dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka dari berbagai sumber terkait dengan masalah dalam laporan ini.

Penyusunan laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I. selaku Ketua Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom, selaku selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Raharja.
  4. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  5. Bapak Sandro Alfeno, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Ilamsyah, M.Kom, selaku Dosen Pembimbing II yang telah banyak meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan masukan pada penulisan laporan Skripsi ini.
  6. Bapak Tri Sakti, S.Kom., selaku Direktur PT Gemanusa Sentra Teknologi yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk dapat melakukan penelitian di perusahaannya.
  7. Bapak Dwi Budi Utomo, S.Kom., selaku Stakeholder, yang telah banyak membantu dalam memberikan pengarahan bagi penulis.
  8. Kepada kedua Orang Tua serta kakak, yang selalu memberikan doa, motivasi, serta dukungan untuk menyelesaikan penulisan laporan ini.
  9. Kepada Teman seperjuangan yang terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu, yang telah banyak membantu, sehingga penulisan laporan ini dapat diselesaikan.

Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat dibutuhkan untuk perbaikan di masa yang akan datang. Akhir kata, penulis berharap semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua yang telah membaca laporan ini.


Tangerang, 17 Juli 2018
Wury Intan Tiana
NIM. 1422480857

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Daftar Versi Android

Tabel 3.1 Activity Diagram Sistem Penjualan yang Berjalan

Tabel 3.2 Matriks Analisa SWOT

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.6 Elisitasi Final Draft

Tabel 4.1 Deskripsi Skenario Use Case Register

Tabel 4.2 Deskripsi Skenario Use Case Login

Tabel 4.3 Deskripsi Skenario Use Case Edit Profile

Tabel 4.4 Deskripsi Skenario Use Case Melihat Data Barang

Tabel 4.5 Deskripsi Skenario Use Case Mengelola Barang

Tabel 4.6 Deskripsi Skenario Use Case Tambah Ke Keranjang

Tabel 4.7 Deskripsi Skenario Use Case Check Out

Tabel 4.8 Deskripsi Skenario Use Case Melakukan Pembayaran

Tabel 4.9 Deskripsi Skenario Use Case Melihat Detail Order

Tabel 4.10 Deskripsi Skenario Use Case Mengelola Data Users

Tabel 4.11 Deskripsi Skenario Use Case Melihat Laporan

Tabel 4.12 Deskripsi Skenario Use Case Logout

Tabel 4.13 Activity Diagram Sistem Penjualan yang Diusulkan

Tabel 4.14 Perbedaan Prosedur Sistem Berjalan dan Sistem Usulan

Tabel 4.15 Spesifikasi Tabel Users

Tabel 4.16 Spesifikasi Tabel Province

Tabel 4.17 Spesifikasi Tabel City

Tabel 4.18 Spesifikasi Tabel Roles

Tabel 4.19 Spesifikasi Tabel Products

Tabel 4.20 Spesifikasi Tabel Category

Tabel 4.21 Spesifikasi Tabel Stock

Tabel 4.22 Spesifikasi Tabel Images

Tabel 4.23 Spesifikasi Tabel Image_type

Tabel 4.24 Spesifikasi Tabel Cart

Tabel 4.25 Spesifikasi Tabel Invoice

Tabel 4.26 Spesifikasi Tabel Order

Tabel 4.27 Spesifikasi Tabel Order_status

Tabel 4.28 Skenario Rancangan Halaman Home

Tabel 4.29 Skenario Rancangan Halaman Login

Tabel 4.30 Skenario Rancangan Halaman Register

Tabel 4.31 Skenario Rancangan Halaman User Profile

Tabel 4.32 Skenario Rancangan Halaman Catalog

Tabel 4.33 Skenario Rancangan Halaman Cart

Tabel 4.34 Skenario Rancangan Halaman Dashboard

Tabel 4.35 Skenario Rancangan Halaman Products

Tabel 4.36 Skenario Rancangan Halaman New Product

Tabel 4.37 Skenario Rancangan Halaman Detail Product

Tabel 4.38 Skenario Rancangan Halaman Users

Tabel 4.39 Skenario Rancangan Halaman Order

Tabel 4.40 Skenario Rancangan Halaman Order Detail

Tabel 4.41 Skenario Rancangan Halaman Report

Tabel 4.42 Skenario Rancangan Halaman Setting

Tabel 4.43 Black Box Testing

Tabel 4.44 Schedule

Tabel 4.45 Estimasi Biaya

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Perkembangan Sistem Operasi Android di Indonesia

Gambar 2.2 Penggunaan Versi Android di Indonesia

Gambar 2.3 Matriks SWOT

Gambar 2.4 Tahapan Model Waterfall

Gambar 3.1 Logo PT Gemanusa Sentra Teknologi

Gambar 3.2 Struktur Organisasi PT Gemanusa Sentra Teknologi

Gambar 3.3 Use Case Diagram Sistem Penjualan yang Berjalan

Gambar 3.4 Sequence Diagram Sistem Penjualan Barang yang Berjalan

Gambar 3.5 Sequence Diagram Sistem Penjualan Software yang Berjalan

Gambar 4.1 Use Case Diagram Aplikasi M-Commerce

Gambar 4.2 Sequence Diagram Registrasi Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.3 Sequence Diagram Login Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.4 Sequence Diagram New Product Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.5 Sequence Diagram Edit Product Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.6 Sequence Diagram Delete Product Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.7 Sequence Diagram Pembelian Produk Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.8 Sequence Diagram Edit User Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.9 Sequence Diagram Delete User Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.10 Sequence Diagram Logout Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.11 Class Diagram Sistem Penjualan yang Diusulkan

Gambar 4.12 Sketsa Prototype Halaman Home

Gambar 4.13 Sketsa Prototype Halaman Login

Gambar 4.14 Sketsa Prototype Halaman Register

Gambar 4.15 Sketsa Prototype Halaman User Profile

Gambar 4.16 Sketsa Prototype Halaman Catalog

Gambar 4.17 Sketsa Prototype Halaman Cart

Gambar 4.18 Sketsa Prototype Halaman Dashboard

Gambar 4.19 Sketsa Prototype Halaman Products

Gambar 4.20 Sketsa Prototype Halaman New Product

Gambar 4.21 Sketsa Prototype Halaman Detail Product

Gambar 4.22 Sketsa Prototype Halaman Users

Gambar 4.23 Sketsa Prototype Halaman Order

Gambar 4.24 Sketsa Prototype Halaman Order Detail

Gambar 4.25 Sketsa Prototype Halaman Report

Gambar 4.26 Sketsa Prototype Halaman Setting

Gambar 4.27 Tampilan Halaman Home

Gambar 4.28 Tampilan Halaman Login

Gambar 4.29 Tampilan Halaman Register

Gambar 4.30 Tampilan Halaman Profile

Gambar 4.31 Tampilan Halaman Catalog

Gambar 4.32 Tampilan Halaman Cart

Gambar 4.33 Tampilan Halaman Dashboard

Gambar 4.34 Tampilan Halaman Products

Gambar 4.35 Tampilan Halaman New Product

Gambar 4.36 Tampilan Halaman Product Detail

Gambar 4.37 Tampilan Halaman Edit Product

Gambar 4.38 Tampilan Halaman Users

Gambar 4.39 Tampilan Halaman Order

Gambar 4.40 Tampilan Halaman Order Detail

Gambar 4.41 Tampilan Halaman Report

Gambar 4.42 Tampilan Halaman Setting

DAFTAR SIMBOL

I. SIMBOL USE CASE DIAGRAM

II. SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

III. SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

IV. SIMBOL CLASS DIAGRAM



BAB I
PENDAHULUAN

== Latar Belakang ==

Contributors

Admin, Suhendii