SI1921424667

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

 

PERANCANGAN MEDIA AUDIOVISUAL PELATIHAN 5 FOUNDATION OF CUSTOMER JOURNEY

PADA PT. NAVYA RETAIL INDONESIA, JAKARTA SELATAN


SKRIPSI


Disusun Oleh :

NIM
: 1921424667
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA.2023/2024



ABSTRAK

Dalam era bisnis ritel yang semakin kompetitif, Customer Service adalah aspek yang krusial serta menjadi peran penting, khususnya dalam era di mana pengalaman pelanggan menjadi faktor utama dalam mempertahankan keunggulan. Loyalitas pelanggan, reputasi merek, dan keputusan pembelian dipengaruhi oleh kualitas layanan pelanggan atau kualitas Customer Service suatu brand atau merek. Sebagai bisnis retail, PT.Navya Retail Indonesia juga memiliki standar pelayanan bernama 5 Foundation Of Customer Journey. Dari bagaimana menyambut pelanggan masuk, hingga memberikan kesan berbelanja yang menyenangkan saat pelanggan meninggalkan toko. Saat ini pelatihan 5 Foundation Of Customer Journey masih menggunakan module text yang dipandu langsung oleh trainer. Penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi pelatihan 5 Foundation Of Customer Journey agar para staf mendapatkan visualisasi konsep sehingga mudah dalam mengimplementasikannya dalam situasi nyata. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, analisis PIECES, perancangan media, serta Konsep Produksi Media yang meliputi preproduction, production, hingga post production. Melalui video pelatihan 5 Foundation Of Customer Journey, mampu menjadi fasilitas penunjang untuk meningkatkan efesiensi, aksesibilitas, dan efektivitas pelatihan.Sublime Text dan XAMPP.

Kata Kunci : audiovisual; customer service; pelatihan.

ABSTRACT

In an increasingly competitive retail business era, Customer Service (CS) is a crucial aspect and plays an important role in the retail business, especially in an era where customer experience is a major factor in maintaining excellence. Customer loyalty, brand reputation, and purchasing decisions are influenced by the quality of customer service or the quality of a brand's Customer Service. As a retail business, PT Navya Retail Indonesia also has a service standard called 5 Foundations Of Customer Journey. From how to welcome customers in, to giving a pleasant shopping impression when customers leave the store. Currently, the 5 Foundation Of Customer Journey training still uses a text module that is guided directly by the trainer. This research aims to facilitate the 5 Foundation Of Customer Journey training so that the staff can visualize the concept so that it is easy to implement it in real situations. This research uses the following methods data collection, PIECES analysis, media design, and Media Production Concept which includes preproduction, production, and post production. Media Production Concept which includes preproduction, production, and post production. 5 Foundations Of Customer Journey training video is able to be a supporting facility to increase efficiency, access, and to improve the efficiency, accessibility, and effectiveness of training.

Keywords: audiovisual; customer service; training.




DAFTAR PUSTAKA


[1] Hanadhito Riswantoro. Perancangan Prosedur Pengeluaran Kas Pada Mini Market Syar’e Mart. Peranc. Sist. Inf. Terpadu Pemerintah Drh. Kabupaten Paser 53, 1689–1699 (2019).

[2] Arsi yulianjani, Nurlaila Suci Rahayu Rais2, V. A. Perancangan Sistem Informasi Penilaian Siswa Berbasis Web Pada SMK Al-Ayaniah. Technomedia J. 4, 155–169 (2019).

[3] Ashari, S. M. PERANCANGAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SARANA INFORMASI RUMAH KELOMPOK INFORMASI. (2023).

[4] Taufik Nur Kurohman, M. Perancangan Aplikasi Peramalan Penjualan Motor Honda Menggunakan Metode Triple Exponential Smoothing (Brown). 9–41 (2019).

[5] oktavian 2018. Bab II Landasan Teori. J. Chem. Inf. Model. 53, 1689–1699 (2018).

[6] SITINJAK, C. A. N. PERANCANGAN VIDEO PROFILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG INFORMASI PADA SATPOL PP KOTA TANGERANG. (2023).

[7] Andriyan, W. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. 7, (2020).

[8] DEWI, S. N. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA FAJAR BARU LAMPUNG SELATAN. N. Engl. J. Med. 372, 2499–2508 (2018).

[9] University, M. 10 Makna Warna Berdasarkan Psikologi dalam Desain. Ma Chung Univ. Artic (2019).

[10] Rifqi, M. Perancangan Katalog CV. Muria Jepara Indofurni menggunakan Fotografi Desain. 1, 13–15, 18–19, 22–23 (2020).

[11] Magh’firoh, R. H. B. R. N. dan Y. & Halim. Perancangan Kampanye Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran Remaja Mengenai Rasisme di Indonesia. 5, (2021).

[12] Adrian Kristoforus. PENGARUH SALES PROMOTION DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SUPERINDO SUNTER JAKARTA UTARA. Inst. Bisnis dan Inform. Kwik Kian Gie, Jakarta-Indonesia 5, 248–253 (2020).

[13] Lintang Dunia, U. K. P. 2. LANDASAN TEORI 2.1. Pengertian Sistem. Romney &Steinbart, 2018 10 (2018).

[14] Nasrullah, M. Customer Service Berbasis Media Sosial Facebook. 23–54 (2018).

[15] Rahmadani, S. F. VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN KOMPRES KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii) SEGABAI UPAYA MENURUNKAN NYERI SENDI PADA LANSIA HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI). Slideshare.Net 2, 545–555 (2020).

[16] Budiarto, M., Bella, U. & Yuliani, N. Media Promosi Dan Informasi Pada PT. Gardena Karya Anugrah Berbentuk Video Company Profile. Cices 4, 217–227 (2018).

[17] Sunarya, L. P. A. S. A. A. F. dan M. F. & 2021, A. Media Audio Visual Sebagai Sarana Promosi Pada Days Hotel & Suites Tangeran. Tangerang Univ. Raharja. Technomedia Journal. ISSN 2656-8888. Vol. 6, No. 1 58, 60.

[18] Hardiansyah, Q., Hermawan, D. K. & Mutakin, T. Video Profile Sebagai Media Penunjang Informasi Dan Promosi Padasmk Putra Tama Mandiri. ICIT J. 4, 75–86 (2018).

[19] Ahmad Dedi Jubaedi, S. B. MODEL PEMBELAJARAN KOSAKATA TIGA BAHASA BERBASIS GAME (STUDI KASUS PENGENALAN BUAH-BUAHAN) Ahmad. PROSISKO 5, 2499–2508 (2018).

[20] Ernawati, E., Johar, A. & Setiawan, S. Implementasi Metode String Matching Untuk Pencarian Berita Utama Pada Portal Berita Berbasis Android (Studi Kasus: Harian Rakyat Bengkulu). Pseudocode 6, 77–82 (2019).

[21] Snyder, H. Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. J. Bus. Res. 104, 333–339 (2019).

[22] Demerouti, E. Effective employee strategies for remote working: An online self-training intervention. J. Vocat. Behav. 142, 103857 (2023).

[23] Krivoshlykova, L., Pushkina, A., Korovina, S. & Kovalyova, I. Audiovisual Method in Teaching Adult Learners. ICERI2018 Proc. 1, 8748–8754 (2018).

[24] Setyani, W. A., Jumadi & Darmawan, A. S. The Implementation of Audio Visual Media in Problem Based Learning Model to Improve the Problem Solving Skills. Proc. 6th Int. Semin. Sci. Educ. (ISSE 2020) 541, 563–568 (2021).

[25] Julia, R. D. The Use of Audio Visual Media by Senior High School Teacher to Teach English. Angew. Chemie Int. Ed. 6, 10–27 (2019).