Pembicaraan:Muhammad Nur Rifai

Dari widuri
Revisi per 24 Desember 2016 18.53 oleh Muhammad Nur Rifai (bicara | kontrib) (Konsep Dasar Sistem)

Lompat ke: navigasi, cari

PROTOTIPE ROBOT PENGANTAR MAKANAN BERBASIS ARDUINO

MEGA DENGAN INTERFACE WEB BROWSER PADA SMK

YUPPENTEK 1 TANGERANG


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 1233473172
NAMA
: Muhammad Nur Rifai


JURUSAN SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI CCIT

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2016/2017

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PROTOTIPE ROBOT PENGANTAR MAKANAN BERBASIS ARDUINO

MEGA DENGAN INTERFACE WEB BROWSER PADA SMK

YUPPENTEK 1 TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1233473172
Nama
: Muhammad Nur Rifai
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: CCIT

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2017

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Komputer
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Ferry Sudarto, S.Kom, M.Pd)
NIP : 99001
       
NIP : 10001

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PROTOTIPE ROBOT PENGANTAR MAKANAN BERBASIS ARDUINO

MEGA DENGAN INTERFACE WEB BROWSER PADA SMK

YUPPENTEK 1 TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1233473172
Nama
: Muhammad Nur Rifai

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Computer System

Disetujui Oleh :

Tangerang, 19 Januari 2017

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
   
NID : 06121
   
NID : 07131

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PROTOTIPE ROBOT PENGANTAR MAKANAN BERBASIS ARDUINO

MEGA DENGAN INTERFACE WEB BROWSER PADA SMK

YUPPENTEK 1 TANGERANG

Dibuat Oleh :

NIM
: 1233473172
Nama
: Muhammad Nur Rifai

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Komputer

Konsentrasi Sistem Komputer

Tahun Akademik 2016/2017

Disetujui Penguji :

Tangerang, 19 Januari 2017

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PROTOTIPE ROBOT PENGANTAR MAKANAN BERBASIS ARDUINO

MEGA DENGAN INTERFACE WEB BROWSER PADA SMK

YUPPENTEK 1 TANGERANG

Disusun Oleh :

NIM
: 1233473172
Nama
: Muhammad Nur Rifai
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: CCIT

 

 

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 19 Januari 2016

 
 
 
 
 
Muhammad Nur Rifai
NIM : 1233473172

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Isi disini.

Kata Kunci: disini.

ABSTRACT

Isi disini.

Keywords: disini.

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Skripsi ini dengan baik. Laporan ini disajikan dalam bentuk buku. Adapun judul yang diambil dalam penyusunan Skripsi ini adalah "Prototipe Robot Pengantar Makanan Berbasis Arduino Mega Dengan Interface Web Browser Pada SMK Yuppentek 1 Tangerang"

Tujuan pembuatan laporan Skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) di Perguruan Tinggi Raharja. Sebagai bahan penulisan, data dikumpulkan berdasarkan hasil observasi, wawancara dan sumber literature yang mendukung penulisan ini.

Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan banyak pihak, maka penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat waktu. Oleh karena itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan laporan Skripsi ini, antara lain :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd selaku Kepala Jurusan Sistem Komputer.
  4. Bapak Asep Saefullah, S.Pd., M.Kom selaku Dosen Pembimbing I, yang telah memberikan banyak bimbingan, masukan, dan semangat sehingga Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  5. Bapak Endang Sunandar, Ir.,M.Kom selaku Dosen Pembimbing II, yang telah memberikan banyak masukan serta pengarahan dalam penulisan Skripsi ini.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  7. Bapak Drs. MASUNI, M.Kom., selaku Stakeholder dalam penyusunan Skripsi ini.
  8. Kedua Orang Tua, dan Adik yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil, maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.
  9. Terimakasih kepada Arfa, Rinaldi Al Amin, Rifki Rahmatullah, Rangga, Agung Ridzo, Danang Wahyu Ramadhan, Satrio Gunawan Yulianto, Sindi Mujianti, Irfan Affandi, Deni Anggara, Cahyo Anggoro, yang telah memberikan saya semangat dan motivasi.
  10. Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah ikut membantu dalam penyusunan Laporan Skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyajian dan penyusunan laporan Skripsi ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik dalam penulisan, penyajian ataupun isinya. Oleh karena itu, penulis senantiasa menerima kritik dan saran yang bersifat membangun agar dapat dijadikan acuan untuk menyempurnakannya dimasa yang akan datang.

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pembaca. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat-Nya kepada kita semua. Dan semoga laporan Skripsi ini dapat bermanfaat, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi seluruh pembaca sekalian

Tangerang, 19 Januari 2017
Muhammad Nur Rifai
NIM. 1233473172


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Abad ke-21 telah membawa kita ke teknologi baru yang didasarkan pada komunikasi nirkabel serta penggunaan robot saat ini sudah mencakup seluruh sendi atau pekerjaan manusia, Teknologi mulai mengubah kehidupan kita dalam setiap aspek, sehingga dibutuhkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dengan menggunakan peralatan yang ada untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia di masa datang. begitu pula dengan bidang sistem komputer menuntut automatisasi dalam segala hal yang dapat meringankan pekerjaan manusia dan menjadikan segalanya serba praktis dan ekonomis.

Di Indonesia sendiri banyak pekerjaan mengantar makanan contohnya pelayan restoran yang umumnya masih dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menggunakan tangan pelayan, berbeda dengan Negara maju seperti Amerika, Jepang dan China yang telah menciptakan robot-robot canggih dengan berbagai fungsi yang berguna untuk membantu pekerjaan atau aktifitas mengantar makanan.

Di Lingkungan sekolah robot pembersih debu dan lantai adalah salah satu contoh robot yang difungsikan di sekolah. Robot yang awalnya diciptakan untuk membantu petugas membersihkan lingkungan sekolah, tetapi peneliti belum pernah mendengar robot pengantar makanan yang difungsikan untuk membantu penjual makanan di kantin sekolah yang bertugas untuk mengantarkan makanan kepada guru.

Berlatar pada kantin SMK Yuppentek 1 Tangerang di mana saat ini sistem pengantar makanan kepada guru umumnya masih sangat bergantung pada peran penjual makanan, untuk mengantarkan makanan yang sifatnya masih manual dengan cara ketika guru memesan makanan kepada penjual makanan dan guru tersebut memerintahkan kepada penjual makanan agar makanan yang di pesan diantarkan keruangannya, maka untuk mengantarkan makanan yang di pesan oleh guru tersebut, penjual makanan berjalan kaki mengantarkan makanan dengan membawa makanan menggunakan tangan penjual makanan.

Berdasarkan beberapa alasan di atas tersebut, maka peneliti mencoba merancang sebuah alat yang berguna membantu peran penjual makanan yang berfungsi mengantarkan makanan kepada guru serta bekerja secara otomatis dikendalikan melalui koneksi nirkabel, dan web browser sebagai user interface-nya, rancangan alat ini dilengkapi tempat yang berguna untuk meletakan makanan, webcam berguna untuk menangkap objek yang berada di depan dan arduino mega sebagai mikrokontrolernya.

Perumusan Masalah

Dalam Rumusan Masalah ini memuat uraian secara rinci dari permasalahan yang diidentifikasi pada latar belakang, adapun Rumusan Masalah dalam penyusunan penelitian ini sebagai berikut :

  1. Bagaimana robot berbasis arduino mega bekerja mengantar makanan?

  2. Bagaimana merancang user interface pengendalian robot pengantar makanan pada web browser yang dapat terhubung dengan arduino mega?

  3. Bagaimana webcam pada robot dapat terkoneksi ke web browser?

Ruang Lingkup Penelitian

Sebagai batasan masalah atas penelitian ini agar tetap fokus dan terarah, maka peneliti memberikan Ruang Lingkup laporan sebagai berikut :

  1. Alat yang di rancang hanya sebatas simulasi dan tidak seperti robot yang sesungguhnya

  2. Hanya perangkat yang mempunyai web browser yang dapat mengendalikan robot seperti laptop dan smartphone.

  3. Pengontrolan hanya sebatas menggunakan adanya koneksi jaringan wifi yang terhubung dengan esp8266.

  4. Untuk pergerakan badan robot menggunakan 1 buah motor servo, 4 roda gearbox pada robot berfungsi untuk berjalan, tempat makanan berguna untuk meletakan makanan, webcam berguna untuk menangkap objek, arduino mega sebagai mikrokontrolernya dan web browser sebagai interface pengendali robot.

  5. Jarak tempuh robot pengantar makanan pada kantin ke ruang guru kurang lebih berjarak 50 meter dan hanya pada lantai dasar.

  6. Robot digunakan hanya untuk mengantarkan makanan pada guru.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :

Tujuan Individual

  1. Memenuhi syarat kelulusan untuk jenjang Strata (S1).

  2. Mengimplementasikan dan menerapkan ilmu teknologi informasi dan komunikasi khususnya yang didapatkan selama masa perkuliahan.

Tujuan Fungsional

  1. Membuat mekanisme Robot pengantar makanan yang mampu bekerja secara baik yang mampu dihubungkan dan dikendalikan dengan Web Browser.

  2. Membantu dan mempermudah penjual makanan dalam hal mengantar makanan kepada guru.

Tujuan Operasional

  1. Membantu menyelesaikan masalah yang ada pada lingkungan SMK Yuppentek 1.

  2. Merancang sistem kontrol pada web browser untuk mengendalikan pergerakan robot agar nanti dapat digunakan oleh penjual makanan untuk mengantarkan makanan.

Manfaat Penelitian

Sebuah karya yang baik adalah karya yang memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini adalah :

Tujuan Individual

  1. Dapat mengembangkan ilmu yang penyusun dapatkan selama perkuliahan.

  2. Memaksimalkan dan meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam menciptakan sebuah karya yang mengimplementasikan ilmu creative communication and innovation technology.

  3. Memberikan kepuasan karena dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya di bidang sistem komputer.

2. Manfaat Fungsional

  1. Mempermudah penjual makanan dalam melakukan kegiatan mengantar makanan kepada guru.

  2. Mampu meringankan proses pekerjaan manusia dan mampu menggantikan tugas manusia yang berhubungan dengan tugas mengantar makanan.

3. Manfaat Operasional

  1. Diharapkan kebutuhan penjual makanan dalam hal mengantarkan makanan tercapai dan terpenuhi dengan baik.

  2. Robot pengantar makanan dapat bekerja baik secara terkontrol dan terkendali.

Metode Penelitian

Dalam melakuan penelitian terhadap alat ini maka metode yang peneliti gunakan adalah :

Metode Pengumpulan Data

1. Observasi

Merupakan metode pengumpulan data melalui pengamatan langsung atau peninjauan secara cermat dan langsung di lapangan atau lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 4 bulan pada SMK Yuppentek 1 Tangerang yang menjadi lokasi penelitian guna memperoleh data dan keterangan yang berhubungan dengan jenis penelitian.

2. Wawancara

Merupakan metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian yaitu pada SMK Yuppentek 1 Tangerang. Dalam hal ini proses tanya jawab dilakukan langsung kepada penjual makanan di kantin sekolah tersebut.

3. Studi Pustaka

Metode untuk mengumpulkan informasi dengan mencatat dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini, Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pencarian melalui situs internet untuk mencari referensi materi yang bisa digunakan sebagai pemecahan masalah yang ada.

Metode Perancangan

Dalam Laporan Skripsi ini Perancangan yang digunakan adalah Metode Perancangan melalui tahap pembuatan Flowchart yang di disain dengan mengikuti cara kerja sistem. Dan pada Perancangan alat menggunakan Diagram Blok, Metode ini dimaksudkan untuk bagaimana sistem itu di rancang dan alat apa saja yang dibutuhkan. Pada pembuatan alat ini, peneliti menggunakan alat seperti: Arduino Mega dengan memanfaatkan Web Browser untuk mengendalikan fungsi robot.

Metode Prototipe

Metode Prototipe yang di gunakan dalam penelitian Skripsi ini adalah Metode Prototipe Evolusioner, karena Metode Prototipe ini secara terus menerus dikembangkan sehingga Prototipe tersebut memenuhi fungsi dan prosedur yang dibutuhkan oleh pengguna.

Metode Pengujian

Pada Metode Pengujian ini peneliti menggunakan Metode Pengujian 'Black Box Testing, 'Black Box Testing' adalah metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan Software. Karena itu, uji coba Black Box memungkinkan pengembangan Software untuk membuat himpunan kondisi input yang melatih seluruh syarat-syarat fungsional suatu program. Metode Pengujian Black Box berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya fungsi-fungsi yang salah atau hilang.

Metode Analisa

  1. Metode Analisa Sistem
    Pada Metode ini peneliti menganalisa sistem-sistem yang sudah ada dengan beberapa poin pertimbangan, seperti bagaimana cara kerja sistem, apa saja komponen yang membangun sistem tersebut dan juga kekurangan dari sistem tersebut.
  2. Metode Analisa Perancangan Program
    Metode Analisa Perancangan Program pada penelitian Skripsi ini, peneliti menggunakan Bagan Alir Program (Flowchart Program).

Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan dalam memahami masalah yang akan diungkapkan, maka penulisan SKRIPSI ini di bagi menjadi lima BAB dan beberapa lampiran dengan sistematika yang tersusun sebagai berikut

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini berisi tentang Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, Metode Penelitian, dan Sistematika Penulisan yang digunakan dalam penyusunan Laporan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisikan tentang Teori Umum yang terdiri dari beberapa definisi, teori, dan istilah-istilah umum yang digunakan dalam penulisan laporan penelitian Skripsi. Teori Khusus berisi definisi, teori, dan istilah-istilah yang bersifat khusus atau mendetail yang memiliki relevansi dengan judul penelitian,dan Literature Review yang merupakan beberapa referensi penelitian sejenis dan relevan dengan judul penelitian.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini berisikan Gambaran Umum Perusahaan terdiri dari Profile SMK Yuppentek 1 Tangerang, sejarah singkat SMK Yuppentek 1 Tangerang, Visi dan Misi SMK Yuppentek 1 Tangerang, Struktur Organisasi dan Wewenang Serta Tanggung Jawab, Analisa Sistem, Permasalahan Yang Dihadapi, Alternatif Pemecahan Masalah, Perancangan Prototipe/Alat, Diagram Blok, Flowchart Program, Flowchart Sistem, dan Requirement Elisitasi.

BAB IV HASIL PENELITIAN

Bab ini berisikan Metode Pengujian Alat, Pengujian Black Box Sistem Yang Diusulkan, Pengujian Prototipe Alat, Konfigurasi Sistem Usulan, Implementasi, Hak Akses, Schedule, dan Estimasi Biaya Penelitian atau Pembuatan Alat.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi Kesimpulan dari hasil penelitian dan pengujian alat, beberapa Saran untuk pengembangan lebih lanjut, serta Kesan dalam menjalankan Skripsi.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

1. Definisi Sistem

Menurut Taufiq (2013:2)[1]., “Sistem adalah kumpulan dari sub-sub sistem abstrak maupun fisik yang saling terintegrasi dan berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.

Menurut Nasaruddin, dkk dalam Jurnal CCIT Vol.6 No.2 (2013)[2], “Sistem merupakan suatu kumpulan komponen-komponen yang saling berhubungan dan mempunyai ketergantungan satu sama lain, sistem dapat berjalan jika komponen-komponen yang ada di dalamnya bisa bekerja sama membentuk suatu lingkaran yang tidak dapat dipisahkan”.

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan diatas, maka dapat disimpulkan Sistem adalah sekelompok unsur yang saling terhubung satu sama lain yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.


2. Karakteristik Sistem

Menurut Edhi Sutanta di dalam buku A.Rusdiana dan Moch.Irfan (2014:35)[3], Karakteristik Sistem sebagai berikut :

  1. Komponen Sistem (Components)
    Komponen Sistem adalah segala sesuatu yang menjadi bagian penyusunan Sistem. Komponen sistem dapat berupa benda nyata ataupun abstrak. Komponen sistem disebut sebagai sub sistem
  2. Batasan Sistem (Boundary)
    Batas Sistem diperlukan untuk membedakan satu sistem dengan sistem yang lain. Tanpa adanya batas sistem, sangat sulit untuk memberikan batasan scope tinjauan terhadap sistem.
  3. Lingkungan Sistem (Environtment)
    Lingkungan Sistem adalah segala sesuatu yang berada di luar sistem lingkungan sistem dapat menguntungkan ataupun merugikan. Umumnya lingkungan yang menguntungkan akan selalu dipertahankan untuk menjaga keberlangsungan sistem, sedangkan lingkungan sistem yang merugikan akan diupayakan agar mempunyai pengaruh seminimal mungkin, bahkan ditiadakan.
  4. Penghubung/Antarmuka (Interface)
    Penghubung/Antarmuka merupakan sarana memungkinkan setiap komponen sistem, yaitu segala sesuatu yang bertugas menjebatani hubungan antar komponen dalam sistem. Penghubung/antarmuka merupakan sarana setiap komponen saling berinteraksi dan berkomunikasi. Energi yang dimasukan kedalam sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal input). Contoh, di dalam suatu unit sistem komputer, “program” adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan “data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
  5. Masukan Sistem (Input)
    Masukan merupakan komponen sistem, yaitu segala sesuatu yang perlu dimasukan ke dalam sistem sebagai bahan yang akan di olah lebih lanjut untuk menghasilkan keluaran (output) yang berguna.
  6. Pengolahan (Processing)
    Pengolahan merupakan komponen sistem yang mempunyai peran utama mengolah masukan agar menghasilkan output yang berguna bagi para pemakainya.
  7. Keluaran Sistem (Output)
    Keluaran merupakan komponen sistem yang berupa berbagai macam bentuk keluaran yang dihasilkan oleh komponen pengolahan.
  8. Sasaran Sistem (Objective)
    Setiap komponen dalam sistem perlu di jaga agar saling bekerja sama agar mampu mencapai sasaran dan tujuan sistem.
  9. Kendali (Control)
    Setiap komponen dalam sistem perlu di jaga agar tetap bekerja sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing.
  10. Umpan Balik(Feed Back)
    Umpan Balik diperlukan oleh bagian kendali (kontrol) sistem untuk mengecek terjadinya penyimpanan proses dalam sistem dan mengembalikannya pada kondisi normal.
  11. Sumber: Rusdiana dan Irfan (2014:40). [3]

    Gambar 2.1. Karakteristik Sistem.


Kesalahan pengutipan: Tag <ref> ditemukan, tapi tag <references/> tidak ditemukan