Pembicaraan:I Komang Mertayasa

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


BUILDING INFORMATION MODELING BERBASIS DESAIN 5D


SKRIPSI





Disusun Oleh :


NIM
: 1821498649
NAMA


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MAVIB

TANGERANG

TA. 2021/2022




ABSTRAK

Buku BIM SantA.I.I merupakan buku panduan pemodelan 3D Modeling, finishing dan teknik rendering desain yang dibahas secara profesional. Metode pembahasan dan contoh aplikasi kasusnya mencakup semua bidang desain teknik maupun manufakturing yang banyak digunakan dalam inovasi pengembangan teknologi, khususnya teknologi desain dengan bantuan perangkat komputer (Computer Aided Design). Pembahasan buku dilengkapi dengan finishing dan teknik rendering menggunakan Autodesk Revit maupun desain vektor menggunakan Adobe Illustrator. Buku ini sangat fleksibel dan sesuai untuk semua kalangan, karena bisa merefleksikan semua aspirasi akan kebutuhan buku BIM SantA.I.I. Referensi 3D Modeling, finishing dan teknik rendering desain bagi para desainer dalam segala bidang pekerjaan. Setelah membaca buku ini kita akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan khusus secara profesional dalam waktu yang sangat singkat menggunakan software Autodesk Revit untuk membuat 3D Modeling, finishing, teknik rendering dan software Adobe Illustrator untuk desain vektor SantA.I.I. Sebuah karya seni rupa terdiri dari unsur-unsur rupa yang ditata atau disusun dengan penuh kesadaran serta kejiwaan sebagai hasil transformasi gejolak jiwa yang kontemplatif dan optimal dengan menggunakan dasar-dasar pengetahuan kesenirupaan dalam upaya mengembangkan nilai estetiknya. Untuk mencapai nilai estetik atau keindahan ini, diperlukan pemahaman serta penguasaan ilmu dasar-dasar desain yang terdiri dari unsur-unsur desain grafis dan prinsip-prinsip penataan unsur desain 3D tersebut. Unsur-unsur desain grafis ini terdiri dari garis, bidang, arah, ukuran, tekstur, dan warna. Masing-masing unsur mempunyai tampilan dan karakter yang variatif. Unsur-unsur ini wajib dikenali, dipahami, serta diaktualisasikan oleh setiap desainer. Prinsip ini mutlak diperlukan sebagai panduan untuk tercapainya nilai estetika yang memikat secara visual dan menjadi suatu kesatuan sehingga menghasilkan karya yang indah, bermakna, dan komunikatif. Buku ini mengulas tuntas mengenai unsur-unsur rupa tersebut dengan pembahasan yang sangat praktis agar mudah dipahami sehingga layak dimiliki. Buku ini berisi pembahasan tentang perangkat lunak Adobe Illustrator dan Autodesk Revit Architecture (perangkat lunak desain dan teknik arsitektur) yang secara umum dicari dan dipelajari oleh masyarakat luas karena kelangkaan buku yang membahasnya. Autodesk Revit Architecture sendiri adalah perangkat lunak BIM-Building Information Modeling yang rata-rata jauh lebih unggul dari pada perangkat lunak serupa. Tidak hanya itu pembahasan tentang Adobe Illustrator ini menjelaskan sebagian besar fitur penting di Adobe Illustrator, beberapa diantaranya adalah fitur klasik yang sudah ada sejak lama. Lainnya adalah fitur baru yang mengesankan. Semua ini telah dikompilasi menjadi satu buku untuk referensi saat ini dan di masa mendatang. Seluruh pembahasan disertai dengan informasi kegunaan umum, step-by-step, tips, trik dan catatan yang akan memudahkan pembelajaran bagi pengguna awam maupun profesional. Penulis berharap buku ini akan menjadi referensi sempurna kamu untuk Autodesk Revit Architecture dan Adobe Illustrator. Selamat membaca sampai akhir

Kata Kunci: SantA.I.I, Adobe Illustrator, Autodesk Revit


ABSTRACT

The BIM SantA.I.I book is a guidebook for 3D Modeling, finishing and design rendering techniques that are professionally discussed. Methods of discussion and examples of case applications cover all fields of engineering design and manufacturing which are widely used in technological development innovations, especially computer aided design technology (Computer Aided Design). The book discussion is complemented by finishing and rendering techniques using Autodesk Revit as well as vector designs using Adobe Illustrator. This book is very flexible and suitable for all people, because it can reflect all aspirations for the needs of the BIM SantA.I.I. Reference 3D Modeling, finishing and design rendering techniques for designers in all fields of work. After reading this book we will gain specific professional knowledge and skills in a very short time using Autodesk Revit software to create 3D Modeling, finishing, rendering techniques and Adobe Illustrator software for SantaA.I.I vector designs. A work of art consists of visual elements arranged or composed with full awareness and psychology as a result of a contemplative and optimal transformation of the soul by using the basic knowledge of art in an effort to develop its aesthetic value. To achieve this aesthetic or beauty value, it is necessary to understand and master the basics of design consisting of graphic design elements and the principles of structuring these 3D design elements. These graphic design elements consist of lines, planes, directions, sizes, textures, and colors. Each element has a varied appearance and character. These elements must be known, understood, and actualized by every designer. This principle is absolutely necessary as a guide to achieve aesthetic value that is visually appealing and becomes a unit so as to produce works that are beautiful, meaningful, and communicative. This book thoroughly reviews these visual elements with very practical discussions so that they are easy to understand and therefore worth owning. This book contains discussions on the Adobe Illustrator and Autodesk Revit Architecture software (design and architectural engineering software) which are generally sought after and studied by the wider community due to the scarcity of books that discuss them. Autodesk Revit Architecture itself is a BIM-Building Information Modeling software which is on average far superior to similar software. Not only that, this discussion about Adobe Illustrator explains most of the important features in Adobe Illustrator, some of which are classic features that have been around for a long time. Others are impressive new features. All of this has been compiled into one book for current and future reference. All discussions are accompanied by information on general use, step-by-step, tips, tricks and notes that will facilitate learning for lay and professional users. The author hopes that this book will be your perfect reference for Autodesk Revit Architecture and Adobe Illustrator. Enjoy reading to the end.

Keywords : SantA.I.I, Adobe Illustrator, Autodesk Revit



DAFTAR PUSTAKA

[1] Rahardja, U., Moein, A., & Lutfiani, N. (2018). Leadership, competency, working motivation and performance of high private education lecturer with institution accreditation B: Area kopertis IV Banten province. Man India, 97(24), 179-192.

[2] Bokmiller, D., Whitbread, S., & Hristov, P. (2013). Mastering Autodesk Revit MEP 2014: Autodesk Official Press. John Wiley & Sons.

[3] Aini, Q., Graha, Y. I., & Zuliana, S. R. (2017). Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework. Sisfotenika, 7(2), 207-218.

[4] Stine, D. J. (2012). Design Integration Using Autodesk Revit 2013. SDC Publications.

[5] Rahardja, U., Aini, Q., & Khoirunisa, A. (2017). Implementasi Business Intelligence Menggunakan Highchart pada Sistem Penilaian Absensi berbasis YII Framework. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 9(2), 115-124.

[6] Aini, Q., Rahardja, U., & Khoirunisa, A. (2020). Blockchain Technology into Gamification on Education. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 14(2), 147-158.

[7] Team, A. C. (2012). Adobe illustrator CS6 classroom in a book. Adobe Press.

[8] Wing, E. (2011). Autodesk Revit Architecture 2012: No Experience Required. John Wiley & Sons.

[9] Vandezande, J., Read, P., & Krygiel, E. (2011). Mastering autodesk revit architecture 2012. John Wiley & Sons.

[10] Krygiel, E., & Vandezande, J. (2014). Mastering autodesk revit architecture 2015: autodesk official press. John Wiley & Sons.

[11] Rahardja, U., Moein, A., & Lutfiani, N. (2018). Leadership, competency, working motivation and performance of high private education lecturer with institution accreditation B: Area kopertis IV Banten province. Man India, 97(24), 179-192.

[12] Kirby, L., Krygiel, E., & Kim, M. (2017). Mastering Autodesk Revit 2018. John Wiley & Sons.

[13] Zolotova, J., Vatin, N., Tuchkevich, E., & Rechinsky, A. (2015). Autodesk Revit-key to successful training of highly qualified civil engineers. In Applied mechanics and materials (Vol. 725, pp. 1617-1625). Trans Tech Publications Ltd.

[14] Ayuninggati, T., Lutfiani, N., & Millah, S. (2021). CRM-Based E-Business Design (Customer Relationship Management) Case Study: Shoe Washing Service Company S-Neat-Kers. International Journal of Cyber and IT Service Management, 1(2), 216-225.

[15] Demchak, G., Dzambazova, T., & Krygiel, E. (2009). Introducing Revit architecture 2009: BIM for beginners. John Wiley and Sons.

[16] Gökçe, H. U., & Gökçe, K. U. (2013). Holistic system architecture for energy efficient building operation. Sustainable Cities and Society, 6, 77-84.

[17] Dzambazova, T., Demchak, G., & Krygiel, E. (2008). Mastering Revit Architecture 2009. John Wiley & Sons.

[18] Coleman, C. O. (2003). " Digital inking": How to make perfect line drawings on computers.

[19] Khemlani, L. (2004). Autodesk Revit: implementation in practice. White paper, Autodesk.

[20] Zotkin, S. P., Ignatova, E. V., & Zotkina, I. A. (2016). The organization of autodesk revit software interaction with applications for structural analysis. Procedia Engineering, 153, 915-919.

[21] Lutfiani, N., Oganda, F. P., Lukita, C., Aini, Q., & Rahardja, U. (2020). Desain dan Metodologi Teknologi Blockchain Untuk Monitoring Manajemen Rantai Pasokan Makanan yang Terdesentralisasi. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, 5(1), 18-25.

[22] Brannoch, S. K., Wieland, F., Rivera, J., Klass, K. D., Béthoux, O., & Svenson, G. J. (2017). Manual of praying mantis morphology, nomenclature, and practices (Insecta, Mantodea). ZooKeys, (696), 1.

[23] Putra, K. S., & Sari, U. R. (2018, July). Pemanfaatan teknologi 3d printing dalam proses desain produk gaya hidup. In Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 917-922). STMIK Pontianak.

[24] Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain handout multimedia menggunakan 3D pageflip professional untuk media pembelajaran pada sistem android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 89-96.

[25] Manullang, R. (2017). Mudah Membuat Desain 3D dengan Google SketchUp. Elex Media Komputindo.

[26] Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. Sisfotenika, 9(2), 192-202.

[27] Rahardja, U., Tiara, K., & Wulandari, L. S. (2016). Penerapan Web Alumni Sebagai Penunjang Media Informasi Pada Perguruan Tinggi Raharja. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 4-11.

[28] Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. Bumi Aksara.

[29] Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran. Kencana.

[30] Sahlan, A., & Teguh Prastyo, A. (2012). Desain pembelajaran berbasis pendidikan karakter.

[31] Zaini, H., Munthe, B., Aryani, S. A., & Rosyad, R. (2002). Desain pembelajaran di perguruan tinggi.

[32] Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.

[33] Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: design research sebagai pendekatan desain pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.

[34] Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model addie dan implementasinya dengan teknik jigsaw.

[35] Nusantara, T. (2018, September). Desain Pembelajaran 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

[36] Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik.

[37] Purnomo, Y. W. (2015). Pengembangan desain pembelajaran berbasis penilaian dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2).

[38] Putrawangsa, S. (2017). Desain Pembelajaran Matemtika Realistik. CV. REKA KARYA AMERTA.

[39] Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.

[40] Pramita, M., Mulyati, S., & Susanto, H. (2016). Implementasi Desain Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 289-296.

[41] Oktafianto, K., Kurniawati, E. F., Muzdalifah, L., Arifin, A. Z., Nurfitria, N., Afifah, A., & Awanda, R. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu. Abdimas Universal, 1(2), 24-26.

[42] Setiawan, Y. E. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep.

[43] Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2021). Desain pembelajaran kerucut berkonteks tradisi Megono Gunungan. Jurnal Elemen, 7(1), 14-27.

[44] Fatirul, A. N., ST, M. P., Walujo, D. A., & ST, M. (2020). Desain Blended Learning: Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian. Scopindo Media Pustaka.

[45] Ramadhani, R. (2020). Desain pembelajaran matematika berbasis TIK: Konsep dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.

[46] Nurjaman, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran “Assure”. Penerbit Adab.

[47] Saptaria, L., & Setyawan, W. H. (2021). Desain pembelajaran technopreneurship untuk meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa uniska kediri. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 77-89.

[48] Ag, M., & Mudlofir, H. A. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik.

[49] Zukhrufin, F. K., Anwar, S., & Sidiq, U. (2021). Desain Pembelajaran Akhlak Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JIE (Journal Of Islamic Education), 6(2), 126-144.

[50] Yusri, Y., & Arifin, S. (2018). Desain pembelajaran kooperatif berbasis teori bruner untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Histogram, 2(2), 147-158.

[51] Sunanto, J., & Hidayat, H. (2017). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. Jassi Anakku, 16(1), 47-55.

[52] Sugiono, S., & Hardori, J. (2020). Domain Desain Pembelajaran Inkarnatif. Diegesis: Jurnal Teologi, 5(2), 14-24.

[53] Albaar, M. R., Kom, S., & Kom, M. (2020). Desain Pembelajaran Untuk Menjadi Pendidik Yang Profesional. uwais inspirasi indonesia.

[54] Zafi, A. A., & Partono, P. (2020). Desain Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran al-Quran Hadis. Matan: Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 16.

[55] Septantiningtyas, N. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran pada Kelas Profesional Pgmi Menggunakan Google Classroom. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 3(2).

[56] Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain pembelajaran STEM berdasarkan kemampuan 4C di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 99-108.

[57] Nehru, N., & Syarkowi, A. (2017). Analisis desain pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains berdasarkan profil penalaran ilmiah. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1).

[58] Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 198-209.

[59] Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279-291.

[60] Zabeta, M., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Desain pembelajaran materi pecahan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 86-99.

Contributors

Admin, I Komang Mertayasa