KP1321476629

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN DESAIN

KOMUNIKASI VISUAL DAN INFORMASI PADA SMK BANDARA TANGERANG


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Logo stmik raharja.jpg



OLEH:

1321476629 PIPIN MAULYDA AKHADIYANI



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

TANGERANG

(2016/2017)



LEMBAR PERSETUJUAN



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN DESAIN

KOMUNIKASI VISUAL DAN INFORMASI PADA SMK BANDARA TANGERANG



Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Teknik Informatika Mavib

STMIK Raharja Tahun Akademik 2016/2017.



Tangerang, 08 Januari 2017



Dosen Pembimbing




( Sutrisno, M.Kom )

NID. 10020



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1321476629
Nama
: Pipin Mauyda Akhadiyani
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: MAVIB


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 11 Januari 2017
PIPIN MAULYDA AKHADIYANI
NIM. 1321476629

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Pada era globalisasi saat ini perkembangan komputer begitu berkembang dengan pesatnya termasuk dunia desain komunikasi visual. Banyak orang berlomba-lomba mencari ide kreatif untuk membuat berbagai macam desain produk seperti spanduk, banner, poster, brosur, kartu nama,dan lain sebagainya yang tidak lain guna nya untuk menarik perhatian orang-orang. Cara itu banyak dilakukan oleh perusahaan besar maupun sekolah untuk media promosi dan informasinya. Oleh karena itu penulis mempunyai kemauan untuk membuat media promosi dan informasi yang ditujukan untuk Sekolah Menengah Kejuruan Bandara Tangerang untuk mendapatkan pengalaman dunia kerja khususnya bagian desain. Dalam melakukan hal tersebut penulis melakukan observasi dan terjun langsung ke Sekolah Menengah Kejuruan Bandara Tangerang agar mendapatkan data-data yang nantinya akan dibuat media promosi dan informasi yang menarik perhatian khususnya calon siswa dan siswi Sekolah tersebut. Pembuatan media promosi dan informasi inilah penulis merangkumnya kedalam “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAN INFORMASI PADA SMK BANDARA TANGERANG”.

Komunikasi visual, promosi,desain

ABSTRACTION

In the current era of globalization, the development of computers so grown rapidly, including the world of visual communication design. Many people are vying for creative ideas for making a wide variety of products such as banner design, banners, posters, flyers, business cards, and other things that are not his to another in order to attract the attention of people. The way it's done by many large companies and schools for the promotion of media and information. Therefore, the authors have the will to create a media campaign and information aimed at Vocational High School Tangerang service to gain experience of the world of work, especially the design part. In doing so the authors observe and go directly to the Vocational High School Tangerang service in order to obtain data that will be created media campaigns and information that attracts attention especially prospective students and the school student. Making media campaign and author summarize this information into the " COLLEGE OF PRACTICE REPORT MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DESIGN AND BROADCASTING THE VISUAL COMMUNICATION AND INFORMATION AT THE AIRPORT TANGERANG VOCATIONAL SECONDARY SCHOOLS".

Visual communication, promotion, design


KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang sampai saat ini masih memberikan kita nikmat sehat dan sejahtera, dan atas rahmat karunia-Nya penulis dapat menyusun dan menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, dengan berjudul LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAN INFORMASI PADA SMK BANDARA TANGERANG.

Dalam pembuatan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini penulis melakukan penelitian atau observasi dengan melakukan terjun langsung ke tempat yang dituju yaitu SMK Bandara Tangerang. Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah salah satu tahap sebagai syarat agar nantinya dapat melakukan kegiatan skripsi program pendidikan Strata 1 (S1) Jurusan Teknik Informatika Kosentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting di SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER RAHARJA, Tangerang, Banten.

Penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini penulis banyak menerima banyak dorongan dan dukungan dari berbagai macam pihak, maka dengan adanya kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Perguruan Tinggi Raharja Tangerang.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua Bagian Akademik STMIK Perguruan Tinggi Raharja Tangerang
  3. Bapak Junaidi, M.kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika.
  4. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja atas ilmu yang diberikan kepada penulis selama ini.
  5. Bapak Sutrisno, M.Kom selaku Dosen Pembimbing atas bimbingannya selama penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek
  6. Ayah, Ibu, nenek, paman, kakak dan adik yang telah memberikan dukungan penuh terhadap penulis
  7. Bapak H.Abdul Hakim Mufid,SH.I, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Bandara.
  8. Bapak Mansur, SE yang telah memberikan bimbingan kepada penulis selama dilapangan
  9. Rekan-rekan penulis yang telah membantu dan memberikan dukungan penuh kepada penulis dalam menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek.

Penulis menyadari bahwa Laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih banyak kekurangannya namun besar harapan penulis agar laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini dapat bermanfaat termasuk dalam dunia media komunikasi visual bagi kebanyakan orang, khususnya untuk Perguruan Tinggi Raharja dan SMK Bandara Tangerang. Semoga doa penulis dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.


Tangerang, 11 Januari 2014
Pipin Mauyda Akhadiyani
NIM. 1321476629

Daftar isi

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Daftar Nama Guru Dan Karyawan SMK Bandara Tahun Ajaran 16/17

Tabel 3.2. Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas X

Tabel 3.3. Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas XI

Tabel 3.4. Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas XII

Tabel 3.5. Rekapitulasi Siswa SMK Bandara Tahun Pelajaran 2016/2017

DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1. Struktur Organisasi SMK Bandara

Gambar 3.2. Layout Koprehensif Desain Spanduk SMK Bandara

Gambar 3.3. Final Artwork Desain Spanduk SMK Bandara

Gambar 3.4. Layout Koprehensif Desain Poster SMK Bandara

Gambar 3.5. Final Artwork Desain Poster SMK Bandara

Gambar 3.6. Layout Koprehensif Desain Banner SMK Bandara

Gambar 3.7. Final Artwork Banner SMK Bandara

Gambar 3.8. Layout Koprehensif Desain Brosur SMK Bandara

Gambar 3.9. Final Artwork Desain Brosur SMK Bandara

Gambar 3.10.Layout Koprehensif Desain Kartu Nama Yayasan Al-Hapid

Gambar 3.11.Final Artwork Desain Kartu Nama Yayasan Al-Hapid

Gambar 3.12.Layout Koprehensif Desain Stiker SMK Bandara

Gambar 3.13.Final Artwork Desain Stiker SMK Bandara

Gambar 3.14.Layout Koprehensif Tas Kertas SMK Bandara

Gambar 3.15.Final Artwork Desain Tas Kertas SMK Bandara

Gambar 3.16.Layout Koprehensif Jam Dinding SMK Bandara

Gambar 3.17.Final Artwork Desain Jam Dinding SMK Bandara

Gambar 3.18.Layout Koprehensif Bros SMK Bandara

Gambar 3.19.Final Artwork Desain Pin atau Bros SMK Bandara

Gambar 3.20.Layout Koprehensif Mug SMK Bandara

Gambar 3.21.Final Artwork Desain Mug SMK Bandara

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kondisi persaingan di dunia pendidikan tidak hanya terjadi pada Perguruan Tinggi atau Universitas tetapi persaingan ini terjadi pula pada Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di seluruh pelosok Negeri ini. Tak hanya metode pembelajarannya saja yang menjadi persaingan di dunia pendidikan, namun saat ini media promosi juga merupakan salah satu persaingan ketat untuk menarik perhatian dan minat calon siswa dan siswi yang akan menjadi target sasaran pada saat mempromosikan sekolah tersebut baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Persaingan pun semakin ketat, sekolah-sekolah kini berlomba-lomba untuk membuat media promosi yang dibuat semenarik mungkin. Bahkan tak jarang mereka sengaja menyewa jasa seorang desainer agar media promosi nya terlihat unik dan sangat menarik.

Dengan adanya hal tersebut SMK Bandara Tangerang juga tak mau kalah dengan sekolah-sekolah lainnya. SMK yang sudah terakreditasi B tersebut mampu bersaing dengan sekolah lain karena metode pembelajarannya yang sangat bagus, tetapi juga ingin terlihat menarik dimata banyak orang dimasyarakat.

Menyikapi hal tersebut penulis berinisiatif untuk membantu mengembangkan sarana promosi dan informasi pada SMK Bandara Tangerang yang dilakukan dengan rasa penuh semangat dan tidak ingin mengecewakan pihak yang ada di Sekolah tersebut yang tidak lain tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat, para orang tua dan khususnya adalah calon siswa dan siswi SMK Bandara Tangerang

Kegiatan yang dilakukan penulis juga nantinya akan dirangkum dalam penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek yang dilaksanakan pada Perguruan Tinggi Raharja dengan berjudul “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAN INFORMASI PADA SMK BANDARA TANGERANG”.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang ada pada topik penelitian kali ini adalah:

  1. Apakah media komunikasi visual yang sudah ada sebelumnya dapat membantu dalam sarana promosi pada SMK Bandara Tangerang?

  2. Seperti apakah media komunikasi visual yang menarik bagi audient dan calon konsumen?

  3. Bagaimana cara merancang media komunikasi visual yang efektif agar nanti nya dapat bersaing di dunia global saat ini?

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Dengan adanya Perancangan Media Komunikasi Visual penulis sangat berkeinginan membantu sarana promosi pada SMK Bandara Tangerang.

  2. Dengan adanya Perancangan Media Komunikasi Visual yang dibuat penulis nantinya dapat menjadikan Sekolah tersebut semakin terlihat menarik bagi para calon siswa dan siswinya.

  3. Dapat menjadikan Perancangan Media Komunikasi Visualnya menjadi lebih efektif.

Manfaat Penelitian

  1. Agar dapat membantu SMK Bandara Tangerang untuk mempromosikan Sekolah tersebut.

  2. Dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan calon siswa dan siswi yang lebih lengkap lagi mengenai SMK Bandara Tangerang.

  3. Mampu menjadikan lingkungan Sekolah menjadi lebih menarik karena penulis akan membuat berbagai macam contoh desain seperti poster, banner, spanduk dan lain sebagainya.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup pada pembahasan penelitian kali ini adalah permasalahan yang ada pada perancangan media komunikasi visual agar dapat menunjang target-target pemasaran SMK Bandara Tangerang.

Metode penelitian

Untuk memperoleh data yang diperlukan untuk membuat laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) penulis menggunakan beberapa metode, antara lain:

  1. Metode Observasi ( Pengamatan Secara Langsung)
    Penulis melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan dan mencatat yang guna nya untuk mengumpulkan data-data yang nantinya akan dibuat kedalam Perancangan Media Komunikasi Visual untuk SMK Bandara Tangerang.

  2. Metode Interview ( Wawancara)
    Metode yang dilakukan penulis untuk mencari data dan informasi yang lebih akurat dengan cara mewawancarai langsung kepada bagian yang terkait. Wawancara ini penulis lakukan pada saat terjun langsung ke lapangan.

  3. Studi Pustaka
    Penulis melakukan Studi Pustaka yang artinya penulis banyak membaca beberapa buku sebagai bahan pandangan untuk membuat laporan hasil apa yang penulis buat yang tidak lain adalah Perancangan Media Komunikasi Visual untuk SMK Bandara Tangerang.

Sistematika Penulisan

Untuk dapat memahami penulisan laporan ini, maka penulis sebutkan materi-materi apa saja yang tertera pada Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini yang dikelompokkan menjadi beberapa sub bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang teori dasar yang melandasi penulisan laporan magang maupun observasi yang sesuai dengan penugasan yang diberikan kepada mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP)

BAB III PEMBAHASAN

Pada bab ini berisi tentang profil Instansi meliputi Sejarah Instansi , Ruang Lingkup, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, Tugas dan Kewajiban serta Alur Kerja pada Instansi tersebut.

BAB IV PENUTUP

Bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya..

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

Pengertian Laporan

Menurut Rama dan Jones tahun 2008 laporan adalah presentasi data yang telah terformat dan terorganisasi dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa laporan adalah dokumen yang terbentuk dari data yang ada pada database yang telah terformat dan terorganisasi dengan baik sehingga dapat digunakan untuk mendapatkan informasi.

Tujuan Laporan

Tujuan dari laporan adalah untuk mengatasi permasalahan yang ada dan untuk memperbaiki pemasalahan tersebut. Tujuan laporan yang lainnya adalah untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan suatu hal, dan juga digunakan untuk mengadakan pengawasan dan perbaikkan.

Jenis Jenis Laporan

  1. Laporan Ilmiah
    Laporan ilmiah adalah laporan berbentuk tulisan yang disusun berdasarkan data setelah penulis melakukan percobaan, peninjauan, pengamatan atau membaca artikel ilmiah.
  2. Laporan Ringkas
    Laporan ringkas adalah laporan yang isinya penulisan kembali isi laporan atau artikel dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti dengan bahasa yang tidak terlalu teknis (untuk konsumsi masyarakat umum).
  3. Laporan Teknis
    Laporan teknis mengandung data obyektif tentang sesuatu. Data obyektif dalam laporan teknis juga mengandung sifat ilmiah , tetapi segi kepraktisannya lebih menonjol sehingga yang dimaksud laporan teknis adalah suatu pemberitahuan tentang tanggung jawab yang dipercayakan dari si pelopor (perseorangan, badan, tim atau instansi) kepada si penerima laporan teknis penyelenggaraan suatu kegiatan (E.Zaenal Arifin, 1993)


Ciri Ciri Laporan

  1. Ringkas
    Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengatahui permasalahannya.
  2. Lengkap
    Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan biografi atau sumber kepustakaan.
  3. Logis
    Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasan yang masuk akal.
  4. Sistematis
    Laporan dianggap sistematis jika keterangan tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.

Konsep Dasar Kuliah Kerja Praktek

Pengertian Kuliah Kerja Praktek

Menurut Pedoman Kuliah Kerja Praktek pada widuri.raharja.info, manfaat dari Kuliah Kerja Praktek adalah memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya didalam perkuliahan pada kegiatan nyata dibidang studinya masing-masing.

Tujuan Kuliah Kerja Praktek

Menurut Pedoman Kuliah Kerja Praktek pada widuri.raharja.info, tujuan dari Kuliah Kerja Praktek adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya.

  2. Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman secara faktual dilapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang professional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam kehidupan dunia kerja yang nyata.

Manfaat Kuliah Kerja Praktek

Menurut Pedoman Kuliah Kerja Praktek pada widuri.raharja.info, manfaat dari Kuliah Kerja Praktek adalah memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya didalam perkuliahan pada kegiatan nyata dibidang studinya masing-masing.

Jenis Jenis Kuliah Kerja Praktek

Menurut Pedoman Kuliah Kerja Praktek pada widuri.raharja.info, terdapat 3 jenis kuliah kerja praktek diantaranya :

  1. Magang selama kurang lebih 2 bulan diperusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah.

  2. Observasi yang dilakukan mahasiswa minimal 2 minggu diperusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah.

  3. Eksperimen yaitu penelitian dimana datanya belum pernah ada, sehingga harus diciptakan terlebih dahulu.

Pengertian Desain Komunikasi visual

Menurut Sanyoto (2006:8) Desain komunikasi visual memiliki pengertian secara menyeluruh, yaitu rancangan sarana omunikasi yang bersifat kasat mata.

Menurut Sumbo (2009:23) Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan daya kreatif, yang diaplikasikan dalam berbagai media komunikasi visual dengan mengolah elemen desain.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, maka sebaiknya kita menganal lebih jauh macam-macam media komunikasi visual, diantaranya :

  1. Spanduk
    Spanduk adalah kain rentang yang berisi slogan maupun berita yang perlu diketahui oleh masyarakat umum.

  2. Poster
    Poster adalah media publikasi yang bertujuan untuk membujuk masyarakat luas melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dsampaikan pada poster tersebut.

  3. Banner
    Banner adalah media informasi yang hampir sama persis dengan spanduk, yang rentang kain yang berisikan tentang slogan dan informasi yang perlu diketahui masyarakat umum.

  4. Brosur
    Brosur adalah bahan informasi yang tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang terdiri atas beberapa halaman dan lipatan tanpa dijilid. Atau selebaran singkat yang berisi karangan singkat tentang perusahaan, sekolah, perguruan tinggi, lembaga sosial atau organisasi.

  5. Kartu Nama
    Kartu nama adalah sebuah kartu untuk menyampaikan informasi tentang sebuah perusahaan ataupun individu yang dismpaikan hanya sebagai peringat dalam sebuah pengenalan formal.

  6. Stiker
    Stiker adalah media informasi visual berupa lembaran kecil kertas atau plastik yang ditempelkan, atau istilah lainnya adalah etiket. Etiket adalah secarik kertas yg ditempelkan pada kemasan barang (dagangan) yang memuat keterangan (misalnya; nama, sifat, isi, asal) mengenai barang tersebut.

  7. Tas Kertas
    Tas kertas adalah salah satu jenis kantong atau alat yang digunakan sebagai tempat barang yang bisa dibawa untuk memindahkan suatu benda.

  8. Jam Dinding
    Jam dinding adalah jam yang difungsikan secara letak, atau biasanya dipajang pada dinding. Jam dinding juga biasanya dapat dipergunakan sebagai pajangan atau sebagai hiasan didalam ruangan.

  9. Pin atau Bros
    Pin atau bros merupakan salah satu media promosi yang umum dan sering kita lihat dan kita temukan dimana-mana yang sering ditempel dipakaian atau tas

  10. Mug
    Mug adalah jenis tegap cangkir yang sering digunakan untuk minum minuman panas, seperti kopi, atau cokelat panas yang terbuat dari bahan keramik. Mug bisa dihias atau didekorasi dengan menggunakan sablon.

Desain

Pengertian Desain

Menurut Rakmat Supriyono (2010:136) Desain merupakan art director, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternatif desain, sehingga final artwork (FAW)

Prinsip – Prinsip Desain

Dalam proses desain terdapat prinsip-prinsip yang sangatlah penting agar desain terlihat menarik, prinsip-prinsip desain adalah sebagai berikut :

  1. Keselarasan (Harmoni)
    Keselarasan dalam desain merupakan keteraturan tatanan diantara bagian-bagian suatu karya. Keselarasan dalam desain merpakan pembentukan unsur-unsur keseimbangan, keteraturan, kesatuan dan perpaduan yang saling mengisi dan menimbang.

  2. Kesebandingan (Proporsi)
    Kesebandingan merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian elemen keseluruhan

  3. Irama (Ritme)
    Irama dapat kita rasakan. Irama terjadi karena adanya pengulangan pada bidang atau ruang yang menyebabkan adanya getaran atau perpindahan dari unsur ke unsur lain.

  4. Keseimbangan (Balance)
    Bentuk keseimbangan yang sederhana adalah keseimbangan simetris yang terkesan resmi atau formal, sedangkan keseimbangan asimetris terkesan informal dan lebih dinamis.

  5. Penekanan (Emphasis)
    Tujuan utama dalam dalam pemberian tekanan adalah untuk mengarahkan pandangan pembaca pada suatu yang ditonjolkan. Emphasis dapat dicapai misalnya mengganti ukuran, bentuk, irama, dan arah dari unsur-unsur karya desain.

Tipografi

Menurut Hendi Hendratman (2010 : 63) Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-font komputer, kita akan leluasa memilih jenis font yang diinginkan. Namun memilih font adalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia

Tentang Psikologi Warna

Pengertian Warna

Diktat Mata Kuliah Nirmana Sugeng Widada (2010:14-17) mengatakan bahwa sistem pun dapat diklasifikasikan dalam beberapa sudut pandang, sebagai berikut :

Secara obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancaran dan terurai sebagai warna pelangi (merah jingga, kuning, ungu). Jenis warna demikian disebut spectrum atau warna cahaya. Secara subyektif warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.

Menurut kejadiannya warna terbagi menjadi dua :

  1. Warna Additive : Warna yang berasal dari cahaya disebut spectrum.

  2. Warna Subtractive : Warna yang berasal dari pigmen.

Didunia komputer grafis banyak sistem atau model warna, antara lain :

  1. RGB (Red Green Blue)

  2. CMYK (Cyan Magenta Yellow Black)

  3. HLS (HUE Lightness Saturation)

  4. LAB Color (Lightness A (green-red axis) B(blue-yellow axis)

  5. RGB Hexadecimal: misal: #FF0000

Arti dari Warna

  1. Hitam
    Warna hitam adalah warna tertua atau warna paling gelap dengan sendirinya menjadi lambang untuk sifat gulita, kegelapan dan berkabung, warna hitam juga bisa melambangkan dalam hal emosi.

  2. Putih
    Putih adalah warna yang paling terang, warna putih melambangkan cahaya dan kesucian.

  3. Abu-Abu
    Warna abu-abu merupakan warna paling netral dengan tidak adanya sifat atau kehidupan spesifik.

  4. Merah
    Warna merah bersifat menaklukan, ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), aktif dan vital (hidup), panas membara, peringatan, penyerangan dan cinta.

  5. Kuning
    Warna kuning merupakan wakil dari hal-hal atau benda yang bersifat cahaya, momentum, dan mengesankan kebahagiaan, keceriaan dan hati-hati.

  6. Biru
    Warna biru menimbulkan kesan dalamnya sesuatu, sifat yang tak terhingga, disamping itu warna biru memiliki sifat ketenangan.

  7. Hijau
    Warna hijau mempunyai sifat keseimbangan dan selaras, membangkitkan ketenangan dan tempat mengumpulkan daya-daya baru, identic dengan pertumbuhan dalam lingkungan, pasukan perdamaian dan kepuasan.

  8. Orange
    Warna orange identik dengan musim gugur dan penuh kehangatan.

  9. Coklat
    Warna coklat adalah warna yang mengesankan hangat, identik dengan musim gugur, kotor, bumi.

  10. Ungu
    Warna ungu identik dengan kesetiaan dan kepuasan.

Konsep Dasar Informasi

Pengertian Informasi

Menurut Aia Zakiyudin (2012 : 10) Informasi merupakan satu sumber daya yang sangat diperlukan dalam suatu organisasi. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

Informasi menurut McLeod tahun 2010 merupakan data yang telah diproses atau memiliki arti. Adapun karakteristik penting yang harus dimiliki oleh informasi, seperti : relevansi, akurat, ketepatan waktu, dan kelengkapan.

Sumber Data

Menurut Yakub (2012 : 6) sumber data dapat diperoleh dari berbagai sumber untuk memperolehnya, diantaranya :

  1. Data internal sumbernya adalah orang, produk, layanan, dan proses. Data internal umumnya disimpan dalam basis data perusahaan dan biasanya dapat diakses.

  2. Data personal, sumber data personal bukan hanya berupa fakta tetapi dapat juga mencakup konsep, pemikiran dan opini.

  3. Data eksternal, sumber data eksternal dimulai dari basis data komersial hingga sensor dan satelit. Data ini tersedia di compact disk, flashdisk atau media lainnya dalam bentuk film, suara gambar, atlas dan televisi.

Tipe Informasi

Menurut Mustakini (2009 : 68) sistem informasi dibagi menjadi tiga macam, masing-masing mempunyai arti yang berbeda untuk tingkatan manajemen yang berbeda, yaitu :

  1. Informasi pengumpulan data (Scorekeeping Information) merupakan informasi yang berupa akumulasi atau pengumpulan data untuk menjawab pertanyaan.

  2. Informasi pengarahan penelitian (Attention Directing Information) merupakan informasi untuk membantu manajemen memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang menyimpang, ketidakberesan, ketidakefesienan, dan kesempatan-kesempatan yang dapat dilakukan.

  3. Informasi pemecahan masalah (Problem Solving Information) merupakan informasi untuk membantu manajer atas pengambilan keputusan memecahkan permasalahan yang dihadapinya.

Nilai Informasi

Menurut Mustakini (2008 :157) nilai dari informasi ditentukan oleh dua hal yaitu manfaat biaya mendapatkannya. Jika suatu informasi manfaatnya lebih efektif dari biaya mendapatkannya maka informasi ini dapat dikatakan bernilai. Oleh karena itu, suatu infomasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan biaya mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dengan satuan nilai uang tetapi dapat ditaksir nilai efektifitasnya. Pengukuran dapat menggunakan analisi cost effectiviness atau cost benefit.

Software Pendukung

Mengenal Adobe Photoshop CS3

Adobe Photoshop CS3 merupakan software untuk keperluarn pembuatan desain, baik desain layout, desain web, desain grafis dan lain-lain. Saat ini software Adobe Photoshop CS3 merupakan software terbaik untuk keperluan tersebut. Kelebihan dari software ini adalah dapat mengubah tulisan lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya, memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Namun kekurangan dari software ini dalam menciptakan image adalah bahwa adobe photoshopnya bisa digunakan untuk menciptakan image yang statis, dan juga dengan berkembangnya photoshop sekarang ini spesifikasi komputeruntuk menjalankan program Adobe Photoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangin oleh harga yang tinggi pula.

Mengenal Panel-Panel Pada Photoshop CS3 Dan Fungsinya

  1. Panel Tools
    Merupakan sebuah kotak yang berisi sejumlah tools (tombol perintah) yang digunakan untuk mengelola, mengedit, mengatur objek yang akan dikerjakan. Dapat dikatakan panel tools merupakan hal paling penting pada photoshop.

  2. Panel Control
    Merupakan bagian yang berisi sejumlah tools-tools (tombol perintah) yang dapat digunakan untuk melaksanakan suatu perintah tertentu. Perintah tersebut menyesuaikan dengan tools yang terpilih pada panel tools.

  3. Menu Bar
    Merupakan baris menu yang berisi daftar-daftar perintah untuk mengatur file, mengolah layer dan dokumen serta berisi perintah untuk memberi efek atau filter dan mengatur tampilan panel. Pada menu bar terdapat menu-menu file, edit, image, layer, type, select, filter, view, window, dan help.

  4. Panel Color
    Panel color memiliki fungsi untuk memilih warna pada foreground dan background dengan cara menggeser slider warna RGB hingga memperoleh warna kombinasi yang tepat.

  5. Panel Adjustments
    Merupakan panel yang berisi perintah yang berfungsi untuk mengatur pencahayaan objek, seperti mengatur gelap terang objek, mengatur kontras objek, mengatur warna gambar dan lain sebagainya.

  6. Dock Panel
    Merupakan bagian yang menampung panel-panel yang tersedia pada photoshop sedangkan fungsi dari panel sendiri adalah untuk mengelola dan memanipulasi objek lanjut secara lebih detail dan kompleks.

Fungi Panel Tool Pada Photoshop CS3

  1. Move Tools
    Fungsinya untuk memindah objek baik itu berupa teks maupun gambar.

  2. Rectengular Marquee Tool
    Tools ini berguna untuk membuat seleksi.
    a. Eleptical Marquee Tool : untuk membuat area selesksi berbentuk lingkaran.
    b. Single Marquee Tool : untuk membuat area seleksi benbentuk garis horizontal.
    c. Single Column Tool : untuk membuat area seleksi berbentuk garis vertical.

  3. Lasso Tool
    Berfungsi untuk membuat seleksi.
    a. Polygonal Lasso Tool : digunakan untuk membuat area seleksi berbentuk garis persegi atau garis lurus.
    b. Magnetic Lasso Tool : digunakan untuk membuat area seleksi namun akan secara otomatis dilengketkan pada batas objek berdasarkan perbedaan warnanya.

  4. Quick Selection Tool
    Berfungsi untuk membuat seleksi dengan cepat.

  5. Magic Wand Tool
    Berfungsi untuk membuat seleksi pada daerah yang memiliki kesamaan warna namun dapat diatur toleransi nya pada options bar.

  6. Crop Tool
    Digunakan untuk memotong area tertentu dari gambar.

  7. Eyedropper Tool
    Berguna untuk mengambil sampel warna pada gambar dan menyimpannya.

  8. Eraser Tool
    Untuk menghapus area gambar.

  9. Gradient Tool
    Untuk membuat warna gradasi pada bidang gambar atau layer. .

  10. Pen Tool
    Untuk membuat objek path dengan bentuk yang terstruktur dan presisi.

Photoshop dapat mengedit gambar mulai dari memotong, mengkoreksi, memperbaiki, mengambil sampel, untuk diterapkan ke objek lain, mengisi bidang, menambah objek blur, menambah gelap atau terangnya warna pada bagian gambar melalui fasilitas-fasilitas yang dapat dipergunakan.

BAB III

PEMBAHASAN

Profil Sekolah

SMK Bandara Tangerang adalah sekolah yang didirikan oleh Lembaga Pendidikan Yayasan Al Hapid. Sekolah tersebut memiliki tiga program keahlian yaitu produktif akuntansi, pemasaran dan akomodasi perhotelan. Sekolah ini berdiri sejak tahun 2001, kepala sekolah SMK Bandara Tangerang saat ini adalah H. Abdul Hakim Mufid, SH.I, M.Pd. Sebagai peningkatan mutu pendidikan di SMK Bandara, maka beliau merencanakan program Sekolah Berbasis Teknologi, informasi dan Komunikasi. Hal ini direalisasikan dengan kelengkapan instalasi jaringan wi-fi untuk memudahkan siswa mengakses informasi dari internet. Sebagai salah satu peningkatan dalam pembelajaran dan pelatihan Bahasa Inggris, beliau melibatkan tenaga pengajar dari luar negeri (native speaker) yang langsung didatangkan dari Amerika dan Australia, untuk memberikan pengajaran secara langsung kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Bandara.

Ruang Lingkup Sekolah

SMK Bandara adalah salah satu sekolah yang didirikan dibawah naungan Lembaga Pendidikan Al Hapid Kota Tangerang yang beralamat di Jl. Husein Sastranegara Kel/kec Benda Kota Tangerang. Adapun progam keahlian dan fasilitas-fasilitas yang ada pada Sekolah tersebut, antara lain :

  1. Progam keahlian Produktif Akuntansi.

  2. Program keahlian Pemasaran.

  3. Program keahlian Akomodasi Perhotelan.

  4. Memiliki halaman sekolah yang luas

  5. Memiliki area parker yang luas..

  6. Memiliki fasilitas-fasilitas olahraga yang memadai.

  7. Memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman.

  8. Memiliki staf dan guru yang ramah tamah.

  9. Ruang kelas yang dilengkapi dengan layar multimedia.

  10. Menerapkan ilmu yang disiplin tinggi.

Visi Dan Misi Sekolah

Visi SMK Bandara Tangerang

Menjadi sekolah kejuruan bertahap internasional berbasis teknologi informasi, berakhalkul karimal dengan sasaran utama kepuasan pelanggan.

Misi SMK Bandara Tangerang

  1. Melaksanakan pendidikan menengah kejuruan bertahap internasional yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dunia usaha dan dunia industri dalam dan luar negeri.

  2. Membina jaringan kerjasama dengan masyarakat dunia usaha dan dunia industri dalam dan luar negeri.

  3. Mewujudkan tanggung jawab sosial sekolah kepada masyarakat melalui lulusan yang berkualitas berakhlakul karimah mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masyarakat internasional.

Struktur Organisasi

Gambar 3.1.

Struktur Organiasi SMK Bandara Tangerang

Daftar Nama Guru Dan Karyawan SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017.

Tabel 3.1

Daftar Nama Guru Dan Karyawan

SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017

Pembagian Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017.

Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas X.

Tabel 3.2

Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandaran

Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas X

Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas XI.

Tabel 3.3

Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandaran

SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas XI

Tugas Mengajar Guru Mata Pelajaran SMK Bandara Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas XII.

Tabel 3.4

Rekapitulasi Siswa SMK Bandara Tahun Pelajaran 2016/2017..

Keterangan:

kuning = jumlah perjurusan

pink = jumlah pertingkatan

Hijau = jumlah seluruh siswa smk bandara

Tabel 3.5

Rekapitulasi Siswa SMK Bandara Tahun Pelajaran 2016/2017

Wewenang dan Tanggung Jawab

  1. Kepala Sekolah

    1. Menjabarkan visi ke dalam misi target mutu.
    2. Merumuskan tujuan dan target mutu yang akan dicapai.
    3. Bertanggung jawab dalam membuat keputusan anggaran sekolah.
  2. Wakasek Kurikulum

    1. Menyusun program kerja tahunan.
    2. Mengkoordinir sosialisasi pengembangan kurikulum.
    3. Menyusun program pengajaran.


  3. Wakasek Kesiswaan

    1. Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS), meliputi : Kepramukaan, PMR, Paskibra, pesantran kilat.
    2. Melasanakan bimbingan, pengarahan, dan pengendalian kegiatan kesiswaan atau OSIS dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS.
    3. Membina pengurus OSIS dalam beroganisasi
  4. Wakasek Sarana

    1. Menyusun program kegiatan sarana prasarana.
    2. Melaksanakan analisis dan kebutuhan sarana prasarana.
    3. Membuat usulan dan pengadaan sarana prasarana.
  5. Wakasek Humas

    1. Membantu mempromosikan unit sekolah
    2. Menentukan kontrak kerjasama dengan pihak industri atau pihak usaha.
    3. Melaksanakan praktik kerja industri (prakerin) pada setiap program keahlian dengan baik.
  6. Wali Kelas

    1. Pengelolaan kelas
    2. Pembuatan adsministrasi kelas meliputi jadwal piket, jadwal pelajaran, dan tata tertib kelas.
    3. Membuat catatan siswa untuk proses pengarsipan data identitas siswa mulai dari biodata sampai data pribadi siswa.
  7. Guru

    1. Membuat program pengajaran
    2. Menganalisa materi pelajaran.
    3. Melaksanakan kegiatan penilaian baik itu ulangan harian, tengah semester atau akhir semester
  8. Siswa

    1. Memahami dan mempelajari materi yang diajarkan.
    2. Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.
    3. Mempelajari kembal materi yang telah diajarkan dan mengerjakan PR bila ada PR.

    Alur Kerja

    1. Kepala sekolah
      Kepala Sekolah sebagai pemimpin adalah mengatur situasi, mengendalikan kegiatan kelompok, organisasi atau lembaga,dan menjadi juru bicara kelompok.

    2. Wakil Kepala Sekolah
      Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam menyusun perencanaan membuat progam kegiatan dan program pelaksanaan, pengorganisasian, pengarahan, ketenagaan, pengawasan penilaian, dan identifikasi dan pengumpulan data.

    3. Kepala Urusan Tata Usaha
      Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas apa yang berhubungan dengan semua urusan bagian tata usaha dan bertanggung jawab mengelola urusan tata usaha, serta menyusun program kegiatan ketata usahaan

    4. Urusan Kurikulum
      Tugas utama bagian kurikulum bertugas dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam hal memimpin guru membuat perangkat pelajaran (KKM, Silabus, RPP) dan melakukan pembagian tugas guru..

    5. Urusan Kesiswaan
      Mewakili Kepala Sekolah baik di dalam maupun ke luar bila Kepala Sekolah berhalangan, melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan atau OSIS.

    6. Urusan Humas
      Membantu kepala sekolah dalam melaksanakan tugas hubungan masyarakat dan industri meliputi menyusun dan melaksanakan program kerja, mengarahkan, membina, memimpin, mengawasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas, khususnya dibidang hubungan kerjasama dengan dunia usaha atau dunia industri yang relevan serta memasarkan tamatan SMK.

    7. Urusan Sarana dan Prasarana
      Bidang urusan sarana dan prasarana bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam melaksanakan dan menyusun program pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana.

    Daftar Kerja Sama

    Daftar Kerja Sama Program Keahlian Akuntansi

    SMK Bandara Tangerang bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang sesuai dengan jurusan keahlian, pada program keahlian Akuntansi Sekolah tersebut bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak didalam dunia industri yang siswa atau siswinya belajar tentang mengelola pembukuan keuangan, mengelola surat jalan, faktur maupun buku persediaan barang dagang. Perusahaan-perusahaannya antara lain sebagai berikut :

    1. PT. Angkasa Pura II (Persero)
      Bandara Internasional Soekarno-Hatta - Jakarta

    2. PT. Yasunli Abadi Utama Plastic
      Jl. Pembangunan 1 No 60A, Batuceper - Tangerang, Banten

    3. PT. Mulya Adhi Paramita
      Jl. Kapuk No. 19, RT.5/RW.2, Kamal, Penjaringan - Jakarta Utara

    Daftar Kerja Sama Program Keahlian Pemasaran

    Kemudian pada jurusan Pemasaran, SMK Bandara bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang transaksi jual beli atau perdagangan di pasar swalayan yang siswa dan siswinya disana belajar cara mendisplay barang yang dipasarkan, belajar menggunakan mesin kasir, maupun belajar mengenal kode-kode barcode yang ada pada produk yang dijual. Perusahaannya antara lain :

    1. PT. Matahari Putra Prima Tbk (Hypermart)
      Hypermart Mall Daan Mogot
      Jl. Raya Daan Mogot Km 16,5 - Jakarta Barat

    2. PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk
      Ramayana Cengkareng
      Jl. Lingkar Luar Barat (Jl. Raya Daan Mogot, Cengkareng) Jakarta Barat

    3. PT. Sinar Sahabat Inti Makmur (Hari - Hari Swalayan)
      Hari – Hari Swalayan Kalideres
      Jl. Peta Selatan No.57, Kalideres - Jakarta Barat

    4. Sabar Subur Plaza Kutabumi
      Jl. Gatot Subroto KM. 5, Jatiuwung - Kota Tangerang, Banten

    Daftar Kerja Sama Program Keahlian Akomodasi Perhotelan

    Dalam program Akomodasi Perhotelan, siswa belajar mengenai dunia perhotelan dan terjun langsung ke lapangan agar mengetahui kondisi yg sebenarnya. Siswa mendapatkan pelatihan dan diberikan petunjuk penggunaan metode kerja yang benar sesuai dengan standar operasional yang berlaku. Kemudian melaksanakan pekerjaan dengan menjadi helper atau ikut dengan senior sampai siswa dipercayakan untuk mengerjakan pekerjaan sendiri pada bagian yang sesuai bidang siswa. Berikut adalah daftar hotel yang bekerjasama dengan SMK Bandara Tangerang :

    1. Fame Hotel Tangerang
      Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Tangerang, Banten

    2. Atria Hotel Gading Serpong
      Jl. Boulevard Gading Serpong Tangerang, Banten

    3. Sheraton Bandara Hotel
      Kawasan Bandara Soekarno-Hatta Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo Kota Tangerang, Banten

    Daftar Project

    1. Rancangan Desain Spanduk Dilarang Merokok SMK Bandara.
      Pada rancangan desain spanduk ini penulis menggunakan konsep minimalis karena didalam spanduk hanya ada logo SMK Bandara Tangerang, logo SMK Bisa, dan logo dilarang merokok. Namun pada pewarnaan spanduknya diberi warna yang menggangu, karena warna yang mengganggu sering kali menjadi pusat perhatian orang untuk melihatnya dan membuat orang penasaran.

    2. Rancangan Desain Poster Penerimaan Siswa Baru SMK Bandara.
      Konsep desain poster SMK Bandara penulis memberi background warna biru karena SMK Bandara Tangerang identik dengan warna biru. Tak lupa pula penulis memasukkan foto-foto kegiatan sekolah tersebut, alamat sekolah, dan kalimat ajakan untuk orang yang membaca khususnya calon siswa dan siswi agar tertarik untuk mendaftarkan diri ke SMK Bandara Tangerang.

    3. Rancangan Desain Banner Hari Raya Idul Fitri SMK Bandara.
      Pada konsep desain banner kali ini penulis merancang media desain yang bertemakan Hari Raya Idul Fitri dengan background warna hijau dan memberi sedikit pemanis yaitu animasi siluet masjid, dan logo SMK Bandara Tangerang

    4. Rancangan Desain Brosur Penerimaan Siswa Baru SMK Bandara.
      Pada rancangan desain brosur kali ini dibuat dengan informasi yang lengkap mengenai alamat Sekolah SMK Bandara, program keahlian Sekolah SMK Bandara, fasilitas-fasilitas yang ada, dan kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang ada di Sekolah tersebut.

    5. Rancangan Desain Kartu Nama Yayasan Al-Hapid.
      Desain kartu nama yang penulis buat kali ini adalah kartu nama yang beratasnamakan Lembaga Pendidikan yang mendirikan Sekolah SMK Bandara Tangerang, yaitu Yayasan AL-Hapid. Dengan memberi background warna orange karena Yayasan tersebut indentik dengan warna orange, dan memberi sedikit animasi garis-garis lengkung. Konsepnya pun minimalis karena hanya mencantumkan alamat, nomor telephone, fax, dan email Yayasan Al-Hapid.

    6. Rancangan Desain Stiker SMK Bandara.
      Dalam perancangan desain stiker kali ini, penulis merancang stiker berwarna hijau keputihan dengan logo SMK Bandara dibagian depan, dan diberi tulisan BDR bagian bawah. Dan sedikit hiasan disisi atas dan bawah bagian stiker.

    7. Rancangan Desain Tas Kertas SMK Bandara.
      Desain tas kertas juga memberikan konsep minimalis dengan background berwana biru dan logo SMK Bandara Tangerang di tengah-tengah, dan diberi sedikit pemanis dengan menggunakan brush.

    8. Rancangan Desain Jam Dinding SMK Bandara.
      Pada rancangan desain jam dinding penulis membuat jam dinding berbentuk lingkaran, dengan background perpaduan warna biru dan warna putih agar terlihat indah, dan logo SMK Bandara Tangerang yang berada pada sisi tengah-tengah jam.

    9. Rancangan Desain Pin atau Bros SMK Bandara.
      Desain bros kali ini sangatlah sederhana karena hanya ada logo SMK Bandara Tangerang di tengah sisi bros, walaupun hanya sederhana namun bros yang penulis buat terlihat manis, karna memberi background berwarna coklat muda yang sangat serasi dengan warna logo tersebut.

    10. Rancangan Desain Mug SMK Bandara.
      Konsep desain mug sama dengan desain yang sudah-sudah yaitu konsep minimalis. Dengan dasar berwarna putih, dan sedikit animasi garis-garis lengkung dan tulisan SMK Bandara berwarna orange yang menjadi ciri khas warna SMK Bandara Tangerang.

    Hasil Project

    Desain Spanduk Dilarang Merokok SMK Bandara Tangerang.

    Gambar 3.2.

    Layout Koprehensif Spanduk SMK Bandara

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Desain spanduk tersebut merupakan media yang dapat dilihat oleh semua kalangan yang ada dilingkungan Sekolah SMK Bandara Tangerang. Ukuran spanduk ini adalah dengan panjang 1 meter dan lebar 3 meter. Dengan bertuliskan “ANDA MEMASUKI KAWASAN BEBAS ASAP ROKOK” yang arti nya dilarang merokok dilingkungan tersebut.

    2. KONSEP
      Susunan warna yang digunakan adalah warna kuning dan biru muda karena Sekolah SMK Bandara identik dengan warna kuning dan biru muda. Dan menampilkan dengan jelas logo SMK Bandara dan logo dilarang merokok yang sesuai dengan tema spanduk tersebut.

    3. Visual

      Gambar 3.3.

      Final Artwork Spanduk SMK Bandara

    Desain Poster Penerimaan Siswa Baru SMK Bandara Tangerang..

    Gambar 3.4.

    Layout Koprehensif Poster SMK Bandara

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Desain poster merupakan media promosi yang akan diletakkan dimading atau pada saat event-event tertentu. Ukuran poster ini adalah dengan panjang 120 cm dan lebar 80 cm. Dengan memberikan kalimat ajakan “BINGUNG MASUK SEKOLAH DIMANA?? SMK BANDARA SAJA!!” yang ditujukan kepada calon siswa dan siswi agar tertarik dengan sekolah SMK Bandara.

    2. KONSEP
      Susunan warna yang menggunakan perpaduan warna biru muda dan biru tua agar terlihat manis, dan mencantumkan program keahlian yang ada di Sekolah SMK Bandara. Dan menampilkan beberapa foto berbentuk lingkaran dan disusun rapi agar terlihat elegan.

    3. Visual

      Gambar 3.5.

      Final Artwork Poster SMK Bandara

    Desain Banner Hari Raya Idul Fitri SMK Bandara Tangerang.

    Gambar 3.6.

    Layout Koprehensif Banner SMK Bandara

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Desain banner merupakan media komunikasi visual yang akan diletakkan didepan kantor atau di halaman depan Sekolah SMK Bandara.Ukuran banner ini adalah panjang 70 cm dan lebar 120 cm (memanjang ke bawah). Dengan bertuliskan “SEGENAP KELUARGA BESAR SMK BANDARA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN” akan memberikan suasana kental Hari Raya Idul Fitri.

    2. KONSEP
      Susunan background dengan warna kombinasi antara biru muda, hijau muda dan kuning. Warna hijau adalah warna khas Hari Raya Idul Fitri, warna biru dan kuning adalah warna yang identik dengan Sekolah SMK Bandara. Dan diberikan sedikit animasi siluet masjid agar mempercantik tampilan banner.

    3. Visual

      Gambar 3.7.

      Final Artwork Desain Banner Idul Fitri SMK Bandara

    Desain Brosur Penerimaan Siswa Baru SMK Bandara Tangerang.

    Gambar 3.8.

    Layout Koprehensif Brosur SMK Bandara

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Brosur SMK Bandara merupakan media komunikasi visual yang dipergunakan untuk mempromosikan Sekolah tersebut. Lembar brosur ini berukuran kertas A4 atau dengan panjang 21 cm dan lebar 30 cm. Walaupun brosur ini terlihat sangat simpel namun informasi yang dicantumkan sangat lengkap.

    2. KONSEP
      Konsep desain brosur kali ini hampir sama dengan kosep poster hanya sedikit membedakan perpaduan warna pada background nya saja

    3. Visual

      Gambar 3.9.

      Final Artwork Desain Brosur SMK Bandara

    Desain Kartu Nama Yayasan Al-Hapid.

    Gambar 3.10.

    Layout Kartu Nama Yayasan Al-Hapid

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Desain kartu nama merupakan media promosi yang memperkuat identitas instansi agar mudah dikenal oleh personal atau public. Ukuran kartu nama ini adalah memiliki panjang 5 cm dan lebar 9 cm. Dengan memberikan tulisan “AL-HAPID ISLAMIC FOUNDATION” dapat menjadikan kartu nama terlihat jelas nama Yayasan Islam tersebut.

    2. KONSEP
      Dengan menggunakan konsep minimalis karena hanya menampilkan kontak dan alamat Yayasan Al-Hapid dan background berwarna orange merupakan warna khas Yayasan Al-Hapid. Walaupun konsep desain minimalis namun informasi yang tertera sangat lengkap dan terlihat cantik karena diberikan sedikit animasi garis-garis lengkung berwarna biru.

    3. Visual

      Gambar 3.11.

      Final Artwork Kartu Nama

    Desain Stiker SMK Bandara Tangerang.

    Gambar 3.12.

    Layout Stiker SMK Bandara

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Stiker merupakan media promosi yang ditujukan kepada seluruh pendaftar siswa dan siswi SMK Bandara nenampilkan logo SMK Bandara dan tulisan BDR yang merupakan singatan dari SMK Bandara. Ukuran dari stiker ini adalah memiliki panjang 5 cm dan lebar 12 cm.

    2. KONSEP
      Susunan desain stiker berwarna cokelat muda yang serasi dengan warna logo membuat striker terlihat indah dipandang. Walaupun terlihat simpel namun stiker ini dapat dikenali masyarakat karena menampilkan logo dan tulisan SMK Bandara.

    3. Visual

      Gambar 3.13.

      Final Artwork Stiker

    Desain Tas Kertas SMK Bandara Tangerang.

    Gambar 3.14.

    Layout Tas Kertas

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Desain tas kertas merupakan media promosi yang diberikan kepada calon siswa dan siswi SMK Bandara pada saat promosi atau saat pendaftaran calon siswa dan siswi. Dengan bertujuan agar terlihat menarik bagi mereka. Tas kertas ini berukuran sedang atau 21 cm X 7 cm X 30 cm.

    2. KONSEP
      Susunan warna background yang khas sekolah tersebut yaitu wanra biru muda dan menampilkan dengan jelas logo SMK Bandara, visi dan misi , serta sedikit animasi daun-daun agar desain tas kertas terlihat menarik

    3. VISUAL

      Gambar 3.15.

      Final Artwork Tas Kertas

    Desain Jam Dinding SMK Bandara Tangerang

    Gambar 3.16.

    Layout Koprehensif Jam Dinding SMK Bandara

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Desain jam dinding merupakan media yang diletakkan dikantor Sekolah maupun di kelas-kelas yang ada di Sekolah SMK Bandara. Dengan menampilkan logo dan alamat sekolah menjadikan ruangan kantor maupun kelas menjadi lebih kuat akan identitas Sekolah SMK Bandara. Ukuran diameter jam ini adalah 28 cm.

    2. KONSEP
      Susunan background berwarna biru yang khas dengan sekolah tersebut dan sedikit animasi lingkaran-lingkaran berwarna putih menjadikan jam tersebut terlihat elegan dan tidak kaku.

    3. VISUAL

      Gambar 3.17.

      Final Artwork Jam Dinding SMK Bandara

    Desain Pin Atau Bros SMK Bandara Tangerang.

    Gambar 3.18.

    Layout Pin atau Bros SMK Bandara

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Desain pin atau bros akan ditujukan kepada guru maupun siswa SMK Bandara, satpam, pegawai kantin, petugas kebersihan, dan lain sebagainya yang merupakan bagian keluarga besar SMK Bandara. Ukuran diameter pn atau bros ini adalah 7 cm.

    2. KONSEP
      Disusun dengan desain yang sangat minimalis karena hanya menampilkan logo sekolah tersebut, namun terlihat manis dipandang karena memberikan background berwarna cokelat yang sangat serasi dengan warna logo SMK Bandara. C. VISUAL

    3. VISUAL

      Gambar 3.19.

      Final Artwork Pin atau Bros SMK Bandara

    Desain Mug SMK Bandara Tangerang.

    Gambar 3.20.

    Layout Mug SMK Bandara

    Deskripsi

    1. LATAR BELAKANG
      Desain mug atau gelas akan ditujukan kepada Kepada Sekolah SMK Bandara, para guru, staff, maupun tamu penting yang datang ke sekolah tersebut. Dengan bertuliskan “SMK BANDARA” identitas sekolah tersebut semakin kuat. Ukuran mug ini adalah dengan tinggi 10 cm, diameter 8cm, diameter ditambah gagang 11cm.

    2. KONSEP
      Dengan konsep minimalis dan warna dasar berwarna putih menjadikan gelas tersebut terlihat simpel namun elegan. C. VISUAL

    3. VISUAL

      Gambar 3.21.

      Final Artwork Mug SMK Bandara

    BAB IV

    PENUTUP

    Kesimpulan

    Berdasarkan uraian Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang telah penulis laksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa :

    1. SMK Bandara Tangerang pada umumnya masih sederhana dalam mempromosikan sekolahnya karena media komunikasi visualnya masih berupa brosur saja, sehingga membuat sarana informasi yang disampaikan kepada masyarakat belum begitu maksimal.
    2. Agar mendapat banyak perhatian dari para konsumen, promosi yang efektif dan menarik merupakan strategi yang harus disampaikan kepada calon konsumen. Promosi dapat dilakukan dengan melalui berbagai media salah satunya adalah media komunikasi visual, dengan mencantumkan identitas instansi, bahasa yang menarik, serta foto atau gambar-gambar animasi yang dapat menarik perhatian calon konsumen.
    3. Bentuk media komunikasi visual seperti spanduk, poster, banner, brosur, kartu nama, baju olahraga, tas kertas, jam dinding, pin atau bros,dan gelas mug dengan aspek tampilan yang menarik dan di desain semenarik mungkin, sehingga mampu mewakili atau menggambarkan citra dari apa yang disampaikan oleh SMK Bandara Tangerang.

    Saran


    1. Adapun saran yang disampaikan oleh penulis setelah melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada SMK Bandara Tangerang adalah harus mampu menganalisa dan mempelajari desain media promosi seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dan mempelajari teknik dalam mebuat desain yang tentunya menjadikan desain itu terlihat semakin menarik. Tentunya membutuhkan ide kreatif dan memerlukan banyak referensi.
    2. Dengan tujuan menjadikan SMK Bandara Tangerang mampu menarik banyak perhatian masyarakat maka diperlukan promosi secara berkelanjutan, maka perlu adanya masukan dari orang yang mengerti desain grafis agar desainnya menjadi lebih bagus dan mengembangkan ide-ide yang yang lebih banyak lagi.

    Kesan

    1. Selama melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) yang dilakukan penulis untuk pertama kalinya hingga selesai, penulis merasa nyaman dan senang dengan Kepala Sekolah, semua Guru, seluruh staf SMK Bandara Tangerang, dan banyak sekali masukan yang diberikan kepada penulis.
    2. Tak lupa pula penulis mengucapkan banyak terima kasih karena telah diperkenankan melakukan Kuliah Kerja Praktek (KKP) di SMK Bandara Tangerang.



    DAFTAR PUSTAKA

    1. widuri.raharja.info

    2. Widada, Sugeng, 2010. Diktat Mata Kuliah Nirmana, Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja

    3. Bastomy, Rokhimudin, 2014. LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA DIVISI KREATIF PROGRAM HALLO CAMPUS CTV BANTEN, Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.

    4. Ziqri, Alfa, 2014. LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA MEDIA DESAIN INFORMASI DI SMA NEGERI 14 TANGERANG, Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.

    5. Rachman, Adam Maulana, 2015. LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING PADA BAGIAN DESAIN SMK AT-THAHIRIN CILEDUG TANGERANG, Tangerang, Perguruan Tinggi Raharja. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.



    DAFTAR LAMPIRAN

    Lampiran A:

    A.1. Surat Pengantar Kuliah Kerja Praktek (KKP)
    A.2. Formulir Usulan Penelitian
    A.3. Formulir Penggantian Judul
    A.4. Kartu Bimbingan
    A.5. Kartu Study Tetap Final (KSTF)
    A.6. Form Validasi Kuliah Kerja Praktek (KKP)
    A.7. Kwintansi Pembayaran Kuliah Kerja Praktek (KKP)
    A.8. Daftar Mata Kuliah Yang Belum Diambil
    A.9. Daftar Nilai
    A.10. Formulir Seminar Proposal
    A.11. Sertifikat TOEFL
    A.12. Sertifikat PROSPEK
    A.13. Sertifikat IT Internasional
    A.14. Sertifikat IT Nasional
    A.15. Curriculum Vitae (CV)


    Lampiran B:

    Pada lampiran B ini berisi berkas-berkas yang berhubungan dengan penelitian.

    B.1. Bukti Magang (Uraian Pekerjaan)
    B.2. Berkas Absensi (Tabel Kegiatan KKP)



Contributors

Pipin, Siti Nurhayati