KP1312477232

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


ANALISA GAMIFIKASI SISTEM PEN+ (PENILAIAN PLUS) UNTUK

MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN

PADA PERGURUAN TINGGI



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Logo stmik raharja.jpg



OLEH:

1312477232 Nikita Jova Tejosuwito



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)



LEMBAR PERSETUJUAN



ANALISA GAMIFIKASI SISTEM PEN+ (PENILAIAN PLUS) UNTUK

MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN

PADA PERGURUAN TINGGI



Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Sistem Informasi Konsentrasi Business Intelligence

STMIK Raharja Tahun Akademik 2015/2016.




Tangerang, 20 Juni 2016




Dosen Pembimbing





( Ir. Untung Rahardja, M.T.I )

NID.99001



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1312477232
Nama
: Nikita Jova Tejosuwito
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Business Intelligence


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 20 Juni 2016
Nikita Jova Tejosuwito
NIM. 1312477232

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAK

Pada pesatnya kemajuan teknologi saat ini pengaruh perkembangan teknologi informasi sangatlah di perlukan. Pengaruh dari perkembangan teknologi yang terlalu pesat salah satunya dalam dunia pendidikan yang menerapkan sistem penilaian dengan online. Peranan dari komputer sangatlah penting dalam mengolah data terutama nilai mahasiswa. Dimana dalam dosen memasukan nilai UTS, UAS, TM masih terkomputerisasi namun masih banyak kendala di RPU sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengolah data. Lewat penilaian yang lebih cepat dapat terselesaikan tentu akan menambah mahasiswa untuk terus belajar serta mencapai sebuah target. Dengan adanya gamifikasi sistem penilaian online, mahasiswa/i diharapkan memiliki wawasan yang lebih luas. Dan dengan didukung sistem yang menerapkan sebuah konsep gamifikasi, mahasiswa/i dapat merasakan sensasi belajar sambil bermain. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penilaian nilai UTS, UAS, TM pada Perguruan Tinggi Raharja yang masih secara manual. Dengan permasalahan yang ada seperti ini, sistem penilaian yang baik adalah sistem yang mampu membuat segalanya menjadi lebih menyenangkan untuk dipakai. Maka Pen+ mampu mencoba untuk mengatasi kendala yang tidak diinginkan dan berinovasi dengan gamifikasi.

Kata Kunci: Penilaian Online, Pen+ “Wah Gampang Kan”, Gamifikasi, Dosen, Mahasiswa




ABSTRACT

In the rapid advancement of technology today influence the development of information technology is necessary. The effect of rapid technological developments are one of them in the world of education that apply to online assessment system. The role of computers is very important in processing the data, especially the students' scores. Where in entering the UTS, UAS, TM is computerized but there are still many obstacles in the RPU so it takes a long time to process the data. Through Rate faster resolved will certainly add students to continue to learn and achieve a target of. With the online learning system, students / i expected to have a wider horizon. And supported a system that implements a concept of gamification, the student / i can feel the thrill of learning while playing. The background of this research by entering a value UTS, UAS, TM on Higher Education Prog is still done manually. With the existing problems like this, a good appraisal system is a system that is able to make things more fun to wear. Pen + then able to try to overcome the unwanted and innovate with gamification.

"Keywords: Online Assessment, Pen+ “Wah Gampang Kan”, Gamification, Lecturer, College Student




KATA PENGANTAR


Puji dan syukur, Penulis panjatkan selalu atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak jalan terbaik serta melimpahkan segala rahmat dan karunia Nya, sehingga Penulis dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek dengan baik dan selesai pada tepat waktu. Adapun judul yang diambil adalah “Analisa Gamifikasi Sistem Pen+ (Penilaian Plus) Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Perguruan Tinggi”.

Penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini disusun guna sebagai salah satu syarat melengkapi kurikulum perkuliahan dan mengikuti Skripsi. Penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka dari berbagai sumber terpercaya dalam mendukung penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini.

Hati dalam sanubari pun menyadari bahwa tanpa bimbingan, motivasi, dan dorongan positive dari semua pihak yang terkait dalam penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini. Oleh karena itu dikesempatan yang singkat ini, izinkanlah Penulis mengucapkan pujian dan banyak terimakasih kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah, M.Akt., M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada Penulis.
  5. Kakak Qurotul Aini S.Kom selaku senior team Pen+, terimakasih atas saran dan tak lupa untuk selalu Do Good, Thing Good, and Be Good.
  6. Kedua Orang Tua, Adik, dan keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan cinta kasih dan doanya untuk keberhasilan Penulis dalam menembus Kuliah Kerja Praktek.
  7. Rekan-rekan grup TimUR 2 yang berjumlah 25 orang dan termasuk Ninda Lutfiani sebagai partner dalam mensupport.
  8. Fernanda Setyobudi Armansyah yang senantiasa mensupport selama Penulis dalam menjalankan Kuliah Kerja Praktek.
  9. Rekan-rekan grup Pen+ berjumlah 9 orang (Mamoi, Kak Jul, Kak DP, Fernanda Setyobudi Armansyah, Mei, Novel, Riaz, dan Femi).

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari kata sempurna. Penulis harapkan sebagai motivasi untuk lebih baik. Semoga laporan Kuliah Kerja Praktek ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, 20 Juni 2016
Nikita Jova Tejosuwito
NIM. 1312477232




DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Logo PEN+

Gambar 3.1. Jurusan/Program studi pada STMIK Raharja

Gambar 3.2. Jurusan/Program studi pada AMIK Raharja Informatika

Gambar 3.3. Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.4. Keunggulan Manajemen Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.5. Use Case Diagram Sistem Yang Berjalan

Gambar 3.6. Sequence Diagram Sistem yang Berjalan

Gambar 3.7. Activity Diagram Sistem yang Berjalan


DAFTARSIMBOL


DAFTARSIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTARSIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTARSIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Penilaian merupakan salah satu aspek yang penting dalam suatu pembelajaran. Menurut Firman (2000), penilaian merupakan proses penentuan informasi yang diperlukan, pengumpulan serta penggunaan informasi tersebut untuk melakukan pertimbangan sebelum keputusan. Penilaian sangat penting peranannya dalam peningkatan mutu proses pengajaran. Pelaksanaan penilaian harus dilaksanakan secara intensif dan teratur oleh Dosen supaya menumbuhkan kebiasaan belajar yang baik bagi Mahasiswa.

Kebutuhan akan suatu informasi ini mencangkup hampir disegala ruang lingkup kehidupan. Setiap organisasi sangat membutuhkan informasi yang akurat, cepat dan relevan. Namun, dalam kenyataannya hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan yang hendak dicapai, dikarenakan kurang atau terbatasnya sistem informasi dan teknologi yang digunakan. Sebagai negara Indonesia yang sedang berkembang, selalu mengadopsi berbagai teknologi informasi hingga akhirnya tiba di suatu masa dimana penggunaan internet mulai menjadi “makanan” sehari-hari yang dikenal dengan teknologi berbasis internet.

Melihat pentingnya peranan teknologi tersebut, maka dalam Pen+ (Penilaian Plus) yang menjadi tonggak awal dalam memberikan informasi yang harus valid dan reliabel. Saat ini teknologi informasi berbasis internet menjadi salah satu sarana yang diperlukan dalam meningkatkan pengetahuan dan informasi.

Perguruan Tinggi Raharja adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerak dibidang Pendidikan Teknologi Informasi. Karena itu Perguruan Tinggi Raharja menciptakan suatu metode penilaian online yang dinamakan Pen+ untuk memudahkan dosen dalam melakukan penilaian terhadap mahasiswa. Dimana keuntungan sistem nilai menggunakan Pen+ akan menghemat kertas, alat tulis, serta membuang-buang waktu yang lama. Pen+ akan meringankan tugas RPU yang selama ini masih menggunakan kertas dalam penginputan nilai mahasiswa.

Sistem Pen+ sendiri sebagai media yang utama, tetapi Pen+ sudah terintegrasi oleh 9 FIR IT lain. Mengakses Pen+ membutuhkan registrasi dengan menggunakan email Rinfo (raharja.info). Email Rinfo adalah layanan komunikasi atau chat online di Perguruan Tinggi Raharja.

Berdasarkan latar belakang diatas maka dirasa perlu untuk melakukan penerapan sistem penilaian di sistem PEN+ (Penilaian Plus) pada Perguruan Tinggi Raharja dalam rangka meningkatkan pelayanan yang maksimal untuk kebutuhan Dewan Penguji maupun Peserta Sidang pada Perguruan Tinggi Raharja yang Penulis tuangkan kedalam sebuah laporan ilmiah dengan judul “ Analisa Gamifikasi Sistem Pen+ (Penilaian Plus) Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dosen Pada Perguruan Tinggi (Penilaian Sidang Skripsi Dan Tugas Akhir)”.


Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, maka dapat ditarik beberapa rumusan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana sistem penilaian mahasiswa oleh dosen yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja saat ini?

  2. Menggunakan metode apakah yang diterapkan pada penilaian untuk meningkatkan ke efektifitas oleh Dosen dan Mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja?

  3. Apakah proses penilaian online yang berjalan saat ini dapat di nilai dengan cepat dan akurat?

Ruang Lingkup Penelitian

Untuk mempermudah penulisan laporan kuliah kerja praktek dan menjadikannya lebih terarah serta berjalan dengan baik, maka perlu adanya suatu batasan masalah.

Batasan-batasan masalah dalam laporan ini meliputi:

  1. Pen+ (Penilaian Plus) sebagai fasilitas penilaian yang dapat di akses secara online dan terkomputerisasi.

  2. Konsep Gamifikasi pada Pen+.

  3. Viewboard pada Pen+.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian


Adanya tujuan penelitian yaitu untuk menentukan arah dari suatu penelitian. Tujuan merinci apa saja yang ingin diketahui, sehingga jika permasalahan sudah terjawab maka tujuan penelitian sudah tercapai. Dalam menentukan tujuan penelitian juga harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang ada. Dalam penulisan laporan ini, penulis membagi tujuan dalam 3 kriteria yaitu:

  1. Tujuan operational
    1. Mengetahui bagaimana gamifikasi di sistem Pen+ yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja.
    2. Mengetahui apa metode yang diterapkan dalam memasukan nilai secara online pada Perguruan Tinggi Raharja.
    3. Mengetahui apakah proses penilaian secara online yang berjalan dapat dinilai cepat dan akurat.
  2. Tujuan fungsional
    1. Mampu menganalisa sistem penilaian online yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja.
    2. Mampu manganalisa metode yang seharusnya diterapkan untuk menunjang kemudahan RPU dalam penilaian online pada Perguruan Tinggi Raharja.
    3. Mampu menganalisa apakah sistem Pen+ yang berjalan saat ini dapat cepat dan akurat.
  3. Tujuan individual
    1. Menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah pada dunia kerja.
    2. Menambah pengalaman secara langsung bagi penulis, agar siap menghadapi dunia kerja nantinya.
    3. Sebagai syarat bagi penulis untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi nantinya.

    Manfaat Penelitian

    Manfaat merupakan dampak positif dari tercapainya tujuan yang diinginkan, adapun manfaat penelitian yang penulis harapkan adalah sebagai berikut :

    1. Dapat menerapkan sebuah sistem Pen+ (penilaian plus) untuk memasukan nilai ujian mahasiswa.

    2. Dapat mengetahui metode penilaian plus yang cocok untuk digunakan.

    3. Mengetahui kendala-kendala sistem Pen+ pada Perguruan Tinggi Raharja.

    Metode Penelitian

    Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam pembuatan Laporan Kuliah Kerja Praktek yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut:

    Metode Pengumpulan Data

    Pada metode pengumpulan data, penulis melakukan beberapa tahapan yaitu sebagai berikut:

    1. Observasi

    2. Peneliti telah melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses penilaian yang dilakukan oleh dosen kepada RPU yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja. Kemudian dari pengamatan yang telah dilakukan, peneliti dapat mengumpulkan data sebagai sumber informasi dalam hal membantu dalam proses menganalisa untuk pembangunan sistem tersebut.

    3. Wawancara

    4. Metode ini dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan pihak terkait serta narasumber yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja secara langsung. Metode ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh data yang lebih detail serta memperkuat data sebelumnya saat melakukan pengamatan secara langsung.

    5. Studi Pustaka

    6. Metode ini berfungsi untuk mendapatkan informasi serta data dari beberapa sumber (literature) atau buku untuk kebutuhan penganalisaan dan perancangan yang terkait dengan laporan ini.

    7. Pengembangan Sistem

    8. Metode pengembangan sistem ini dilakukan dengan proses analisa berorientasi objek serta metode prototyping guna tahap perancangan sistem selanjutnya.

    Sistematika Penulisan

    Demi memberikan informasi lebih jelas perihal Laporan Kuliah Kerja Peraktek (KKP) ini guna pemahaman yang lebih, maka penulisan laporan ini dibagi menjadi beberapa bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

    BAB I PENDAHULUAN

    Pada bab ini berisi tentang penjabaran latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan laporan.

    BAB II LANDASAN TEORI

    Pada bab ini berisi tentang penjabaran teori-teori berupa pengertian maupun definisi yang diambil atau dikutip dari buku atau tulisan yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas pada laporan ini serta beberapa kajian pustaka yang berhubungan dengan penelitian ini.

    BAB III PEMBAHASAN

    Pada bab ini berisi gambaran singkat tentang sejarah Perguruan Tinggi Raharja, dan sistem penerbitan jurnal di Perguruan Tinggi Raharja, struktur organisasi, permasalahan yang ada pada sistem perbitan jurnal yang saat ini berjalan, alternative atau solusi atas permasalahan yang ada.

    BAB IV PENUTUP

    Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN-LAMPIRAN