KP1312477232

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


ANALISA GAMIFIKASI SISTEM PEN+ (PENILAIAN PLUS) UNTUK

MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN

PADA PERGURUAN TINGGI



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Logo stmik raharja.jpg



OLEH:

1312477232 Nikita Jova Tejosuwito



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)



LEMBAR PERSETUJUAN



ANALISA GAMIFIKASI SISTEM PEN+ (PENILAIAN PLUS) UNTUK

MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN

PADA PERGURUAN TINGGI



Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Sistem Informasi Konsentrasi Business Intelligence

STMIK Raharja Tahun Akademik 2015/2016.




Tangerang, 20 Juni 2016




Dosen Pembimbing





( Ir. Untung Rahardja, M.T.I )

NID.99001



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1312477232
Nama
: Nikita Jova Tejosuwito
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Business Intelligence


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 20 Juni 2016
Nikita Jova Tejosuwito
NIM. 1312477232

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAK

Pada pesatnya kemajuan teknologi saat ini pengaruh perkembangan teknologi informasi sangatlah di perlukan. Pengaruh dari perkembangan teknologi yang terlalu pesat salah satunya dalam dunia pendidikan yang menerapkan sistem penilaian dengan online. Peranan dari komputer sangatlah penting dalam mengolah data terutama nilai mahasiswa. Dimana dalam dosen memasukan nilai UTS, UAS, TM masih terkomputerisasi namun masih banyak kendala di RPU sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengolah data. Lewat penilaian yang lebih cepat dapat terselesaikan tentu akan menambah mahasiswa untuk terus belajar serta mencapai sebuah target. Dengan adanya gamifikasi sistem penilaian online, mahasiswa/i diharapkan memiliki wawasan yang lebih luas. Dan dengan didukung sistem yang menerapkan sebuah konsep gamifikasi, mahasiswa/i dapat merasakan sensasi belajar sambil bermain. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penilaian nilai UTS, UAS, TM pada Perguruan Tinggi Raharja yang masih secara manual. Dengan permasalahan yang ada seperti ini, sistem penilaian yang baik adalah sistem yang mampu membuat segalanya menjadi lebih menyenangkan untuk dipakai. Maka Pen+ mampu mencoba untuk mengatasi kendala yang tidak diinginkan dan berinovasi dengan gamifikasi.

Kata Kunci: Penilaian Online, Pen+ “Wah Gampang Kan”, Gamifikasi, Dosen, Mahasiswa




ABSTRACT

In the rapid advancement of technology today influence the development of information technology is necessary. The effect of rapid technological developments are one of them in the world of education that apply to online assessment system. The role of computers is very important in processing the data, especially the students' scores. Where in entering the UTS, UAS, TM is computerized but there are still many obstacles in the RPU so it takes a long time to process the data. Through Rate faster resolved will certainly add students to continue to learn and achieve a target of. With the online learning system, students / i expected to have a wider horizon. And supported a system that implements a concept of gamification, the student / i can feel the thrill of learning while playing. The background of this research by entering a value UTS, UAS, TM on Higher Education Prog is still done manually. With the existing problems like this, a good appraisal system is a system that is able to make things more fun to wear. Pen + then able to try to overcome the unwanted and innovate with gamification.

"Keywords: Online Assessment, Pen+ “Wah Gampang Kan”, Gamification, Lecturer, College Student




KATA PENGANTAR


Puji dan syukur, Penulis panjatkan selalu atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak jalan terbaik serta melimpahkan segala rahmat dan karunia Nya, sehingga Penulis dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek dengan baik dan selesai pada tepat waktu. Adapun judul yang diambil adalah “Analisa Gamifikasi Sistem Pen+ (Penilaian Plus) Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Perguruan Tinggi”.

Penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini disusun guna sebagai salah satu syarat melengkapi kurikulum perkuliahan dan mengikuti Skripsi. Penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka dari berbagai sumber terpercaya dalam mendukung penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini.

Hati dalam sanubari pun menyadari bahwa tanpa bimbingan, motivasi, dan dorongan positive dari semua pihak yang terkait dalam penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini. Oleh karena itu dikesempatan yang singkat ini, izinkanlah Penulis mengucapkan pujian dan banyak terimakasih kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah, M.Akt., M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Raharja.
  4. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada Penulis.
  5. Kakak Qurotul Aini S.Kom selaku senior team Pen+, terimakasih atas saran dan tak lupa untuk selalu Do Good, Thing Good, and Be Good.
  6. Kedua Orang Tua, Adik, dan keluarga tercinta yang telah memberikan dukungan cinta kasih dan doanya untuk keberhasilan Penulis dalam menembus Kuliah Kerja Praktek.
  7. Rekan-rekan grup TimUR 2 yang berjumlah 25 orang dan termasuk Ninda Lutfiani sebagai partner dalam mensupport.
  8. Fernanda Setyobudi Armansyah yang senantiasa mensupport selama Penulis dalam menjalankan Kuliah Kerja Praktek.
  9. Rekan-rekan grup Pen+ berjumlah 9 orang (Mamoi, Kak Jul, Kak DP, Fernanda Setyobudi Armansyah, Mei, Novel, Riaz, dan Femi).

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari kata sempurna. Penulis harapkan sebagai motivasi untuk lebih baik. Semoga laporan Kuliah Kerja Praktek ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, 20 Juni 2016
Nikita Jova Tejosuwito
NIM. 1312477232




DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Logo PEN+

Gambar 3.1. Jurusan/Program studi pada STMIK Raharja

Gambar 3.2. Jurusan/Program studi pada AMIK Raharja Informatika

Gambar 3.3. Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.4. Keunggulan Manajemen Perguruan Tinggi Raharja

Gambar 3.5. Use Case Diagram Sistem Yang Berjalan

Gambar 3.6. Sequence Diagram Sistem yang Berjalan

Gambar 3.7. Activity Diagram Sistem yang Berjalan


DAFTARSIMBOL


DAFTARSIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTARSIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTARSIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png