KP1312476562

Dari widuri
Revisi per 14 Februari 2017 09.30 oleh Kitab suci (bicara | kontrib) (BAB I)


Lompat ke: navigasi, cari

ANALISA SISTEM PEMBELAJARAN ILEARNING PLUS

MENGGUNAKAN IDU (ILEARNING EDUCATION TERHADAP

EFISIENSI DAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA

PERGURUAN TINGGI



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Logo stmik raharja.jpg


OLEH:

1312476562 KITAB SUCI


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)


LEMBAR PERSETUJUAN



ANALISA SISTEM PEMBELAJARAN ILEARNING PLUS

MENGGUNAKAN IDU (ILEARNING EDUCATION) TERHADAP

EFISIENSI DAN KUALITASPROSES BELAJAR MENGAJAR PADA

PERGURUAN TINGGI




Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Sistem Informasi Konsentrasi Business Intelligence

STMIK Raharja Tahun Akademik 2015/2016.



Tangerang, 20 Juni 2016




Dosen Pembimbing




( Qurotul Aini S.Kom )

NID. 14012



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1312476562
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis peneliti sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 20 Juni 2016
[Kitab Suci]
NIM.1312476562

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAK

sistem pembelajaran online yang sudah berjalan semenjak 3 ( tiga ) semester, banyak diminati oleh kalangan mahasiswa/i yang setiap hari sibuk dengan pekerjaan., dalam melakukan penelitian didapatkan 3 permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran yang melalui sistem iLearning Plus. Namun perkuliahan yang menggunakan idu sebagai salah satu wadah pembelajaran bagi mahasiswa/i untuk mendapatkan materi dan mengerjakan tugas, serta diimplementasikan sebanyak 15 strategi, hal tersebut untuk mempermudah implementasi, serta perlu diadakan metode Gamification pada Class iDu agar mahasiswa lebih kreatif dan aktif dalam pembelajaran, sehingga mahasiswa tidak dapat jenuh saat belaja dan bisa mendapatkan nilai atau point tambahan dari dosen karna kreatifitas mahasiswa, dan baru diimplementasikan pada class testing Enterpreneurship.

Kata Kunci: iLearning Plus, Gamification, iDu.

ABSTRACT

"online learning system that has been running since the three (3) semesters, much in demand by students / i that every day is busy with work., in doing research found three problems that occur in the process of learning through iLearning Plus system. However lecture using idu as a place of learning for students / i to get the material and tasks, as well as implemented as much as 15 strategy, it is to facilitate the implementation, as well as the need to hold the methods gamification in Class IDUs to make students more creative and active in learning, so that students cannot be saturated while spending and could get an additional point of lecturers or because the creativity of students, and newly implemented on testing Entrepreneurship class.

Keywords : iLearning Plus, Gamification, iDu


KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah, Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dengan karunia-Nya, sehingga laporan Kuliah Kerja Praktek Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Penulis laporan Kuliah Kerja Praktek ini disusun sebagai syarat guna melengkapi kurikulum perkuliahan dan mengikuti Skripsi. Sebagai bahan penulisan, Penulis memperoleh informasi berdasarkan informasi hasil observasi dan studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan laporan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini tidak dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah Penulis menyampaikan selaku pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Drs. PO. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah,M.Akt.,M.Kom. selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  4. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  5. Kedua Orangtua dan saudara keluarga yang telah memberikan semangat dan juga dukungan, baik moril, materil dan doa.
  6. Qurotul Aini S.Kom ( Mamoi ) selaku pembimbing KKP yang selalu memberikan arahan serta masukan yang baik kepada penulis.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  8. Rekan-rekan seperjuangan yaitu grup RUSIA (Rubin Hakita, Tasya Novelia, Novvita Heriyani dan Riska Laina Ulfah).
  9. Rekan-rekan seperjuangan grup TimUR 2 (UVO, I-GO, HOUR dan OZBI).
  10. Kakak-kakak DA T.E.A.M (Ka Nuril, Ka Rista, Ka Lintang, Ka Danny, Ka Komala dan Ka Hap ).
  11. Terimakasih juga kepada Ardi Yogo Priyono yang selalu memberikan semangat.
  12. Rekan-rekan teman konsentrasi Business Intelligence.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan KKP ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, Penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga laporan KKP ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.



Tangerang, 20 Juni 2016
[Kitab Suci]
NIM. 1312476562


BAB II

LANDASAN TEORI

Demi mendukung pembuatan hasil laporan Skripsi ini, maka perlu dikemukakan hal-hal atau teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan dan ruang lingkup pembahasan sebagai landasan dalam pembuatan laporan ini.

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

Menurut Tata Sutabri (2012:2)[1],, pada dasarnya sistem merupakan sekelompok unsur yang dapat berhubungan dengan yang lain, berfungsi untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Kadir (2014:61), Sistem merupakan sekumpulan elemen yang saling berkaitan yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut Yakub (2012:1), sistem merupakan sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi untuk mencapai tujuan yang sama, yang saling berhubungan, terkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk tujuan tertentu.

Berdasarkan 3 (tiga) pendapat para ahli dapat diambil kesimpulan bahwa sistem merupakan sekumpulan kelompok elemen dan entitas yang aling berhubungan serta bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan dan sasaran yang diinginkan.

Karakteristik Sistem

Menurut Tata Sutabri (2012:13), suatu sistem mempunyai sifat-sifat atau katakteristik tertentu yang mencirikan bahwa hal tersebut bisa dikatakan suatu sistem. Adapun karakteristik yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  1. Komponen Sistem (Component)
    Merupakan suatu sistem yang tediri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi,bekerja sama membentuk suatu kesatuan, yang dapat berupa sub-sub sistem yang mempunyai sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
  2. Batasan Sistem (boundary)
    Ruang lingkup sistem yang membatasi antara sistem yang satu dengan yang lainnya atau sistem dengan lingkungan luar, batasan sistem mungkin diapandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisah.
  3. Lingkungan luar sistem (environment)
    Merupakan batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebutlingkungan luar sistem, yang dapat bersifat merugikan maupun menguntukan sistem tersebut.
  4. Penghubung Sistem (interface)
    Media yang menghubungkan sistem dengan sub sistem yang lain disebut dengan penghubung sistem atau interface, sehingga dapat terjadi suatu integrasi sistem yang dapat membentuk satu kesatuan.
  5. Masukan Sistem (input)
    Merupakan suatu sistem yang dimasukan kedalam sistem yang dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input) sebagai salah satu contoh yang terdapat didalam unit sistem komputer.

  6. Keluaran Sistem (Output)
    Hasil energy yang telah diolah dan diklasifikasikan menjadi salah satu keluaran yang berguna merupakan masukan bagi subsitem yang berguna.
  7. Pengolah Sistem (proses)
    Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran,sebagai contoh sistem akuntansi yang akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.

Klasifikasi Sistem

Menurut Yakub (2012:4) pada buku pengantar sistem informasi, sistem dapat diklasifikasi kedalam beberapa sudut pandang diantaranya, yaitu :

  1. Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
    Sistem abstrak merupakan sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, contohnya sistem teologi yaitu sistem yang berupa pemikiran hubungan antara manusia dengan tuhan.
  2. Sistem Alami dan Sistem Buatan
    Sistem Alamiah (Natural System) merupakan sistem yang terjadi karena proses-proses alam tanpa adanya campur tangan manusia, karena memang tidak ada campur tangan manusia dan merupakan proses yang alamiah.
  3. Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup.
    Sistem terbuka (Open System) merupakan sistem yang berhubungan dan mendapatkan pengaruh dari lingkungan luar untuk mendapatkan inputan dan melakukan proses sehingga menghasilkan keluaran. Sistem tertutup (Close System) kebalikan dari sistem terbuka, yaitu sistem yang tidak behubungan dan tidak mendapatkan pengaruh dari lingkungan luar, sehingga sistem ini tidak melakukan pertukaran materi, energi, ataupun informasi, dan secara otomatis akan bekerja tanpa adanya campur tangan dari lingkungan luar.
  4. Sistem tertentu dan sistem tak tertentu
    Sistem tertentu (deterministic sistem ) adalah Sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Sistem tak tertentu (Probabilistic sistem) sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsure probabilitas.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Sutabri, Tata. 2012. “Konsep Dasar Informasi”. Yogyakarta: Andi.

Contributors

Kitab suci