KP1312476552: Perbedaan revisi

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari
[revisi tidak terperiksa][revisi tidak terperiksa]
(Rumusan Masalah)
(BAB I)
Baris 362: Baris 362:
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2">Dari waktu ke waktu Teknologi begitu berkembang dengan cepat, begitupun dunia pendidikan harus mengikuti perubahan dan perkembangan ini . Sebagai aspek terpenting dalam kehidupan, pendidikan harus selalu up to date. Internet dan perangkat digital adalah teknologi terkini yang bisa mendukung jalannya perkembangan tersebut. Kombinasi antara teknologi dan pendidikan ini tidak hanya melahirkan sebuah konsep belajar yang baru, namun juga dapat meningkatkan promosi akademik dengan strategi pemasaran yang tepat.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">
 +
Pada era globalisasi saat ini pengaruh perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun semua serba berkaitan dengan teknologi yang ada. Seperti halnya di bidang pendidikan, bidang bisnis, dan sebagainya yang telah menggunakan teknologi-teknologi khusus. Dengan adanya teknologi-teknologi canggih seperti saat ini, maka diharapkan dapat membantu aspek kehidupan agar menjadi lebih mudah.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2">Perpaduan antara pendidikan dan teknologi ini juga senantiasa beriringan yang mana akan saling melengkapi satu sama lain, hal inilah yang membuat Perguruan Tinggi Raharja sebagai kampus unggulan di kota Tangerang untuk berkomitmen menjaga mutu dengan senantiasa membuat inovasi dan terobosan baru. Sehingga mampu melahirkan sebuah konsep yang menarik yaitu iLearning Plus, hasil inovasi dari iLearning sebelumnya. Perguruan Tinggi Raharja sudah menerapkan metode iLearning tersebut sejak tahun 2009, dimana iLearning itu sendiri adalah 4B (Belajar, Bekerja, Berdoa dan Bermain). Dengan demikian tercipta suasana belajar yang tidak monoton dan mendorong para mahasiswa  menjadi lebih aktif lagi.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">
 +
Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pesat pada saat ini, sebagian atau hampir seluruh organisasi tertentu berusaha untuk membuat sebuah sistem informasi yang baik agar dapat mempermudah kebutuhan-kebutuhan manusia. Adanya penyebaran jaringan yang luas serta mudahnya akses pun menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan informasi yang mudah dan cepat.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2">Adanya TPi (Ten Pilar IT iLearning) yang menjadi penguat di dalam iLearning Plus ini adalah sepuluh pilar yang saling terintegrasi satu sama lain demi kelancaran setiap kegiatan yang ada pada iLearning Plus. Kesepuluh pilar tersebut yaitu Rinfo (Rahaja info), iDu (iLearning education), Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning), iMe (iLearning Media), iDuHelp!,  Rooster (Role Online System Ticketing Raharja), iRan (iLearning Raharja Ask and News), Magics (Multimedia Audio Gallery iLearning Community and Services) dan iRme (iLearning Raharja Multimedia e-Portofolio). Kesepuluh pilar tersebut telah terintegrasi dengan email resmi Perguruan Tinggi Raharja yaitu Rinfo sebagai magic.</p></div>
+
<p style="line-height: 2">
 +
Pengaruh perkembangan teknologi yang sangat pesat salah satunya dalam dunia pendidikan yang telah menerapkan sistem pembelajaran ''online''. Pembelajaran yang menarik tentu akan menarik minat dan bakat mahasiswa untuk terus belajar serta mencapai sebuah target. Dengan adanya sistem pembelajaran ''online'', mahasiswa/i diharapkan memiliki wawasan yang lebih luas. Disamping sistem pembelajaran ''online'', dengan adanya sistem yang menunjang belajar sambil bermain akan membuat mahasiswa/i berpikir bahwa belajar tidak akan sejenuh yang diharapkan.</p></div>
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">
 
<p style="line-height: 2">
Dalam iLearning Plus ini terdapat beberapa training online serta online learning atau yang biasa disebut dengan kuliah online yang flexible, dalam arti kuliah bisa dimanapun dan kapanpun. Jika sebelumnya promosi dilakukan dengan Maichimp dan sebuah Fanpage yang dijadikan wadah komunitas, maka sebagai metode pembelajaran masa kini iLearning Plus perlu sebuah metode pemasaran yang dapat menjangkau penyebaran informasi lebih meluas melalui digital marketing.  
+
Dalam hal ini Perguruan Tinggi Raharja yang merupakan sebuah instansi yang bergerak dalam bidang Pendidikan, diharapkan mampu memberikan sebuah fasilitas belajar ''online'' pada mata kuliah ''entrepreneurship''. Dimana pembelajaran tidak hanya sebatas transaksi jual beli, namun juga tetap mengajarkan kepada mahasiswa/i tips dan trik bagaimana cara berwirausaha yang baik. Dan dengan didukung sistem yang menerapkan sebuah konsep gamifikasi, mahasiswa/i dapat merasakan sensasi belajar sambil bermain. Dengan begitu, lulusan-lulusan Perguruan Tinggi Raharja akan mendapatkan sebuah pengalaman tentang bagaimana cara memanajemen pekerjaan yang baik. Tentunya mahasiswa/i pun diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja pada masa yang akan datang. Mahasiswa/i seharusnya tidak lagi mengkhawatirkan tentang bagaimana nasib pekerjaan yang mereka dapatkan setelah lulus nanti. Sebab, dengan adanya sebuah metode pembelajaran serta wadah untuk menampung bakat bisnis yang ada pada mahasiswa/i, Perguruam Tinggi Raharja mengharapkan lulusan-lulusannya mampu mandiri dengan membuka usaha serta lapangan pekerjaan untuk diri mereka sendiri. Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas penulis mengambil judul “ANALISA MANAJEMEN SISTEM GAMIFIKASI ZPRENEUR SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PADA PERGURUAN TINGGI” untuk jadi penelitian Kuliah Kerja Praktek (KKP).</p></div>
</p></div>
+
  
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<p style="line-height: 2">Digital marketing memanfaatkan berbagai teknologi digital seperti media sosial, mailchimp dan youtube  sebagai media promosi, serta official site iLearning Plus yang menjadi website resmi iLearning Plus yang beralamat di http://ilp.raharja.ac.id/  sebagai sumber informasi. Berdasarkan permasalahan diatas, maka laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini mengambil judul '''“ANALISA PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMPERLUAS MEDIA PROMOSI SISTEM iLEARNING PLUS PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA”.'''</p></div>
 
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}
  
Baris 382: Baris 382:
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
<p style="line-height: 2">Rumusan masalah selalu diperlukan setiap kali mengadakan sebuah penelitian, yang dilanjutkan dengan pemecahan masalah. Sejalan dengan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, penelitian ini sangat jelas berhubungan dengan penerapan digital marketing untuk memperluas penyebaran informasi yang bersumberkan dari  official site iLearning Plus, maka dengan penelitian tersebut penulis mengambil beberapa pokok permasalahan diantaranya: </p></div>
+
<p style="line-height: 2">Dari latar belakang diatas, maka dapat ditarik beberapa rumusan permasalahan sebagai berikut:</p></div>
  
 
<ol>
 
<ol>
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Bagaimana sistem yang berjalan saat ini untuk mempromosikan official site iLearning Plus?</li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Bagaimana sistem pembelajaran ''entrepreneurship'' yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja saat ini?</p></li>
  
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Apakah yang menyebabkan official site iLearning Plus perlu menerapkan digital marketing?</li>
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Metode apakah yang diterapkan pada pembelajaran untuk meningkatkan minat Mahasiswa/i Perguruan Tinggi Raharja dalam berwirausaha?</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Apakah proses pembelajaran ''entrepreneurship'' yang berjalan selama ini dapat dinilai cepat dan akurat?</p></li></ol>
  
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;">Apakah manfaat dari digital marketing pada official  site iLearning Plus?</li>
 
</ol>
 
{{pagebreak}}
 
  
 
===Ruang Lingkup Penelitian===
 
===Ruang Lingkup Penelitian===
  
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Untuk mempermudah penulisan laporan kuliah kerja praktek dan menjadikannya lebih terarah serta berjalan dengan baik, maka perlu adanya suatu batasan masalah. Batasan-batasan masalah dalam laporan ini meliputi:</p></div>
  
<p style="line-height: 2">
+
<ol>
Untuk menghindari kekeliruan atau kesalah pahaman atas penelitian yang dilakukan ini, maka perlu dibuat batasan masalah. Sehingga tidak menimbulkan kesimpang siuran dan ketidak jelasan dalam pembahasan selanjutnya. Ruang lingkup yang akan di bahas dalam laporan ini yaitu mengenai Digital marketing pada official site iLearning Plus sebagai media promosi.
+
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">ZPreneur sebagai komunitas untuk berbagi pengalaman serta pengetahuan di bidang kewirausahaan pada mata kuliah ''entrepreneurship''.</p></li>
</p></div>
+
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Konsep gamifikasi pada ZPreneur.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">''Rank Alexa'' pada ZPreneur.</p></li></ol>
 
{{pagebreak}}
 
{{pagebreak}}
  
Baris 405: Baris 408:
  
 
====Tujuan Penelitian====
 
====Tujuan Penelitian====
<br>
+
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Adanya tujuan penelitan yaitu untuk menentukan arah dari suatu penelitian. Tujuan merinci apa saja yang ingin diketahui, sehingga jika permasalahan sudah terjawab maka tujuan penelitian sudah tercapai. Dan dalam menentukan tujuan penelitian juga harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang ada.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Dalam penulisan laporan ini, penulis membagi tujuan dalam (3)tiga kriteria yaitu</p></div>
 +
 
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">'''Tujuan operasional''' </p></li>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Tujuan operasional dari penelitian ini yaitu:</p> </div>
 +
 
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Mengetahui bagaimana sistem pembelajaran ''entrepreneurship'' yang sedang berjalan  pada Perguruan Tinggi Raharja.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Mengetahui apa metode yang diterapkan dalam kelangsungan pembelajaran ''entrepeneurship'' pada Perguruan Tinggi Raharja.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Mengetahui apakah proses pembelajaran ''entrepreneurship'' yang berjalan dapat dinilai cepat dan akurat.</p></li></ol>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">'''Tujuan fungsional''' </p></li>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Tujuan fungsional dari penelitian ini yaitu :</p></div>
 +
 
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Mampu menganalisa sistem pembelajaran ''entrepreneurship'' yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Mampu menganalisa metode yang seharusnya diterapkan untuk menunjang kemudahan pembelajaran ''entrepreneurship'' pada Perguruan Tinggi Raharja.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Mampu menganalisa apakah sistem pembelajaran yang berjalan saat ini sudah cepat dan akurat.</p></li></ol>
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">'''Tujuan individual'''</p></li><ol>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah pada dunia kerja.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Menambah pengalaman secara langsung bagi penulis, agar siap menghadapi dunia kerja nantinya.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Sebagai syarat bagi penulis untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi nantinya.</p></li></ol></ol>
 +
 
 +
====Manfaat  Penelitian====
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Adapun manfaat dari [[penelitian]] ini adalah :</p> </div>
 +
 
 +
<ol>
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Dapat menerapkan sebuah pembelajaran baru pada mata kuliah ''entrepreneurship'' yaitu dengan menciptakan sebuah forum/komunitas ''ZPreneur''.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Dapat mengetahui metode pembelajaran ''entrepreneurship'' yang cocok untuk para pelajar maupun mahasiswa.</p></li>
 +
 
 +
<li style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify; line-height: 2;"><p style="line-height: 2">Mengetahui kendala-kendala pada sistem pembelajaran ''entrepreneurship'' pada Perguruan Tinggi Raharja.</p></li></ol>
 +
 
 +
===Metode Penelitian===
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam pembuatan Laporan Kuliah Kerja Praktek yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut:</p></div>
 +
 
 +
====Metode Pengumpulan Data====
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in"><p style="line-height: 2">Pada metode pengumpulan data, penulis melakukan beberapa tahapan yaitu sebagai berikut:</p></div>
 +
 
 +
=====Metode Observasi (Pengamatan)=====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Peneliti telah melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran ''entrepreneurship'' yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja. Kemudian dari pengamatan yang telah dilakukan, peneliti dapat mengumpulkan data sebagai sumber informasi dalam hal membantu dalam proses menganalisa untuk pembangunan sistem tersebut.</p> </div>
 +
 
 +
=====Metode Wawancara=====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode ini dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan pihak terkait serta narasumber yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja secara langsung. Metode ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh data yang lebih detail serta memperkuat data sebelumnya saat melakukan pengamatan secara langsung.</p> </div>
 +
 
 +
=====Metode Pustaka=====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode ini berfungsi untuk mendapatkan informasi serta data dari beberapa sumber (''literatur'') atau buku untuk kebutuhan penganalisaan dan perancangan yang terkait dengan laporan ini.</p> </div>
 +
 
 +
 
 +
 
 +
====Metode Pengembangan Sistem====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode pengembangan sistem ini dilakukan dengan proses analisa berorientasi objek serta metode ''prototyping'' guna tahap perancangan sistem selanjutnya.</p> </div>
 +
 
 +
====Metode Pengimplementasian====
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Metode ini berkaitan tentang proses pengkodean dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang telah ditentukan guna pembangunan sistem pembelajaran ''entrepreneurship'' ini.</p> </div>
 +
{{pagebreak}}
 +
 
 +
===Sistematika Penulisan===
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Untuk memudahkan dalam membuat penulisan laporan dan pembahasanya secara sistematis, maka penulisan laporan KKP ini terdiri dari beberapa sub bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut:</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB I PENDAHULUAN'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Bab ini menjelaskan tentang informasi umum, yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penelitian.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB II LANDASAN TEORI'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Pada bab ini dijelaskan beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian dan beberapa ''literature review'' yang berhubungan dengan penelitian.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB III PEMBAHASAN'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat Perguruan Tinggi Raharja, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, UML (''Unified Modelling Language'') sistem yang berjalan, serta alternatif pemecahan masalah.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''BAB IV PENUTUP'''</p></div>
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;text-indent: 0.5in">
 +
<p style="line-height: 2">Bab ini Berisikan kesimpulan dan saran dari hasil laporan KKP.</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''DAFTAR PUSTAKA'''</p></div>
 +
 
 +
<div style="font-size: 12pt;font-family: 'times new roman';text-align: justify;">
 +
<p style="line-height: 2">'''LAMPIRAN-LAMPIRAN'''</p></div>
 +
{{pagebreak}}

Revisi per 29 Juni 2016 16.42


ANALISA PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMPERLUAS

MEDIA PROMOSI SISTEM iLEARNING PLUS

PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Logo stmik raharja.jpg



OLEH:

1312476552 Ninda Lutfiani



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

(2015/2016)



LEMBAR PERSETUJUAN


ANALISA PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMPERLUAS

MEDIA PROMOSI SISTEM iLEARNING PLUS

PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA



Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Sistem Informasi Konsentrasi Business Intelligence

STMIK Raharja Tahun Akademik 2015/2016.




Tangerang, 20 Juni 2016




Dosen Pembimbing





( Ir. Untung Rahardja, M.T.I )

NID.99001



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA



LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1312476552
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi
: Business Intelligence




Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.



Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 20 Juni 2016
Ninda Lutfiani
NIM.1312476552

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI

Era teknologi digital semakin berkembang dengan pesat hingga merambah ke seluruh dunia dan masuk ke berbagai sendi-sendi kehidupan masyarakat, salah satu bentuk kemajuan teknologi adalah pada dunia pendidikan. Metode pembelajaran jarak jauh iLearning Plus adalah salah satu bentuk teknologi yang saat ini terus berkembang, hasil dari inovasi pengembangan metode pembelajaran iLearning yang sebelumnya sudah diterapkan di Perguruan Tinggi Raharja. Kita sadari bahawa banyak institusi yang telah menerapkan metode pembelajaran secara online, namun banyak juga yang masih berkiblat pada metode lama yang terkesan tempo dulu. Adanya metode pembelajaran iLearning Plus seperti ini perlu adanya pemasaran yang baik serta penyebaran informasi yang lebih meluas dan pengadaan formulir pwndaftaran onoline. Inilah yang menjadi alasan mengapa penulis tertarik untuk mengangkat tema pemasaran pembelajaran iLearning Plus. Oleh karena itu, penulis ingin mengembangkan kearah digital marketing sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan official site iLearning Plus, jejaring sosial, mailchimlp dan media informasi digital lainnya. Dengan demikian penelitian ini lebih mengacu kepada bagaimana agar setiap informasi seputar metode pembelajaran iLearning Plus ini dapat di akses dengan mudah dan cepat, dimanapun dan kapanpun masyarakat dapat mengaksesnya tanpa batas.

"Keywords: iLearning, iLearning Plus, Pemasaran Digital




ABSTRACT

The era of digital technology is growing rapidly and extended to the whole world and into the various aspects of life of the community, one form of technological progress is the world of education. ILearning distance learning methods Plus is one form of technology that is currently growing, the result of the innovation development of iLearning learning methods previously applied in Higher Education Prog. We realize that many institutions have implemented online learning method, but many are still oriented to the old methods were impressed past. Plus their iLearning learning methods like this demands good marketing as well as more widespread dissemination of information and it need an online registration form. This is the reason why the authors are interested in learning marketing theme iLearning Plus. Therefore, the author wants to develop towards digital marketing as a marketing strategy that utilizes official site iLearning Plus, social networking, mailchimlp and other digital information media. This study therefore refers more to how to keep any information about this method of learning iLearning Plus can be accessed easily and quickly, wherever and whenever people can access it without limits.

Keywords: ilearing, iLearning Plus, Digital Marketing.




KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dengan judul “Analisa Penerapan Digital Marketing Untuk memperluas Media Promosi Sistem iLearning Plus Pada Perguruan Tinggi Raharja”. Sekalipun banyak kesulitan yang penulis hadapi, namun semua itu adalah sebuah proses belajar dan pengalaman dengan hasil akhir yaitu Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini terselesaikan dengan baik.

Tujuan penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini merupakan salah satu syarat yang harus di tempuh oleh mahasiswa sebelum melaksanakan Skripsi dalam jenjang Sarjana jurusan Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Raharja. Penulis menyadari tanpa doa, bimbingan dan dorongan dari semua pihak yang tercinta, maka penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini tidak akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian Laporan Kuliah Kerja Praktek, antara lain :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai Dosen Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dengan penuh cinta serta semangat dan pengarahan kepada penulis.
  2. Bapak Drs. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah, M.Akt , M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  4. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada Penulis.
  5. Kedua orang tua, serta adik yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.
  6. Mamoi Qurotul Aini, S.Kom yang senantiasa memberikan dukungan dan semangat serta arahan sehingga lebih semangat.
  7. Rekan-rekan grup UVO (Nikita Jova Tejosuwito sebagai partner BB yang selalu mensupport, Meylda Sarah Parwati, Sarah Riwanda Shofroh, Rizki Afri Liani Firmansyah dan Ayu Suciani).
  8. Hero Team (Endah Nirmala Dewi, Reza Alfiansyah, Komala Dewi P., dan Kitab Suci).
  9. Seluruh anggota REC yang telah memberikan dukungan dan masukan yang berarti kepada penulis dalam menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tangerang, 20 Juni 2016
Ninda Lutfiani
NIM. 1213476552




DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Siklus Informasi

Gambar 2.2 CMS WordPress

Gambar 2.3 TPi (Ten Pillar IT iLearning)

Gambar 2.4 Logo iLearning Plus

Gambar 3.1 Logo Raharja

Gambar 3.2 Green Campus

Gambar 3.3 Pribadai Raharja

Gambar 3.4 Struktur Organisasi

Gambar 3.5 Use Case Diagram

Gambar 3.6 Sequence Diagram

Gambar 3.7 Activity Diagram

Gambar 3.8 Result iLearning+



DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Sejarah Perguruan Tinggi Raharja

Tabel 3.2 Jurusan/Prodi Pada STMIK Raharja

Tabel 3.3 Jurusan/Prodi Pada AMIK Raharja Informatika

Tabel 3.4 Visi Perguruan Tinggi Raharja

Tabel 3.5 Misi Perguruan Tinggi Raharja

Tabel 3.6 Tujuan Perguruan Tinggi Raharja

Tabel 3.7 Strategi Project


DAFTARSIMBOL


DAFTARSIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTARSIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTARSIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada era globalisasi saat ini pengaruh perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun semua serba berkaitan dengan teknologi yang ada. Seperti halnya di bidang pendidikan, bidang bisnis, dan sebagainya yang telah menggunakan teknologi-teknologi khusus. Dengan adanya teknologi-teknologi canggih seperti saat ini, maka diharapkan dapat membantu aspek kehidupan agar menjadi lebih mudah.

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pesat pada saat ini, sebagian atau hampir seluruh organisasi tertentu berusaha untuk membuat sebuah sistem informasi yang baik agar dapat mempermudah kebutuhan-kebutuhan manusia. Adanya penyebaran jaringan yang luas serta mudahnya akses pun menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan informasi yang mudah dan cepat.

Pengaruh perkembangan teknologi yang sangat pesat salah satunya dalam dunia pendidikan yang telah menerapkan sistem pembelajaran online. Pembelajaran yang menarik tentu akan menarik minat dan bakat mahasiswa untuk terus belajar serta mencapai sebuah target. Dengan adanya sistem pembelajaran online, mahasiswa/i diharapkan memiliki wawasan yang lebih luas. Disamping sistem pembelajaran online, dengan adanya sistem yang menunjang belajar sambil bermain akan membuat mahasiswa/i berpikir bahwa belajar tidak akan sejenuh yang diharapkan.

Dalam hal ini Perguruan Tinggi Raharja yang merupakan sebuah instansi yang bergerak dalam bidang Pendidikan, diharapkan mampu memberikan sebuah fasilitas belajar online pada mata kuliah entrepreneurship. Dimana pembelajaran tidak hanya sebatas transaksi jual beli, namun juga tetap mengajarkan kepada mahasiswa/i tips dan trik bagaimana cara berwirausaha yang baik. Dan dengan didukung sistem yang menerapkan sebuah konsep gamifikasi, mahasiswa/i dapat merasakan sensasi belajar sambil bermain. Dengan begitu, lulusan-lulusan Perguruan Tinggi Raharja akan mendapatkan sebuah pengalaman tentang bagaimana cara memanajemen pekerjaan yang baik. Tentunya mahasiswa/i pun diharapkan mampu bersaing dalam dunia kerja pada masa yang akan datang. Mahasiswa/i seharusnya tidak lagi mengkhawatirkan tentang bagaimana nasib pekerjaan yang mereka dapatkan setelah lulus nanti. Sebab, dengan adanya sebuah metode pembelajaran serta wadah untuk menampung bakat bisnis yang ada pada mahasiswa/i, Perguruam Tinggi Raharja mengharapkan lulusan-lulusannya mampu mandiri dengan membuka usaha serta lapangan pekerjaan untuk diri mereka sendiri. Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas penulis mengambil judul “ANALISA MANAJEMEN SISTEM GAMIFIKASI ZPRENEUR SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PADA PERGURUAN TINGGI” untuk jadi penelitian Kuliah Kerja Praktek (KKP).

Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, maka dapat ditarik beberapa rumusan permasalahan sebagai berikut:

  1. Bagaimana sistem pembelajaran entrepreneurship yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja saat ini?

  2. Metode apakah yang diterapkan pada pembelajaran untuk meningkatkan minat Mahasiswa/i Perguruan Tinggi Raharja dalam berwirausaha?

  3. Apakah proses pembelajaran entrepreneurship yang berjalan selama ini dapat dinilai cepat dan akurat?


Ruang Lingkup Penelitian

Untuk mempermudah penulisan laporan kuliah kerja praktek dan menjadikannya lebih terarah serta berjalan dengan baik, maka perlu adanya suatu batasan masalah. Batasan-batasan masalah dalam laporan ini meliputi:

  1. ZPreneur sebagai komunitas untuk berbagi pengalaman serta pengetahuan di bidang kewirausahaan pada mata kuliah entrepreneurship.

  2. Konsep gamifikasi pada ZPreneur.

  3. Rank Alexa pada ZPreneur.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adanya tujuan penelitan yaitu untuk menentukan arah dari suatu penelitian. Tujuan merinci apa saja yang ingin diketahui, sehingga jika permasalahan sudah terjawab maka tujuan penelitian sudah tercapai. Dan dalam menentukan tujuan penelitian juga harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang ada.

Dalam penulisan laporan ini, penulis membagi tujuan dalam (3)tiga kriteria yaitu

  1. Tujuan operasional

  2. Tujuan operasional dari penelitian ini yaitu:

    1. Mengetahui bagaimana sistem pembelajaran entrepreneurship yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja.

    2. Mengetahui apa metode yang diterapkan dalam kelangsungan pembelajaran entrepeneurship pada Perguruan Tinggi Raharja.

    3. Mengetahui apakah proses pembelajaran entrepreneurship yang berjalan dapat dinilai cepat dan akurat.

  3. Tujuan fungsional

  4. Tujuan fungsional dari penelitian ini yaitu :

    1. Mampu menganalisa sistem pembelajaran entrepreneurship yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja.

    2. Mampu menganalisa metode yang seharusnya diterapkan untuk menunjang kemudahan pembelajaran entrepreneurship pada Perguruan Tinggi Raharja.

    3. Mampu menganalisa apakah sistem pembelajaran yang berjalan saat ini sudah cepat dan akurat.



  5. Tujuan individual

    1. Menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah pada dunia kerja.

    2. Menambah pengalaman secara langsung bagi penulis, agar siap menghadapi dunia kerja nantinya.

    3. Sebagai syarat bagi penulis untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi nantinya.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Dapat menerapkan sebuah pembelajaran baru pada mata kuliah entrepreneurship yaitu dengan menciptakan sebuah forum/komunitas ZPreneur.

  2. Dapat mengetahui metode pembelajaran entrepreneurship yang cocok untuk para pelajar maupun mahasiswa.

  3. Mengetahui kendala-kendala pada sistem pembelajaran entrepreneurship pada Perguruan Tinggi Raharja.

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam pembuatan Laporan Kuliah Kerja Praktek yaitu dengan menggunakan metode sebagai berikut:

Metode Pengumpulan Data

Pada metode pengumpulan data, penulis melakukan beberapa tahapan yaitu sebagai berikut:

Metode Observasi (Pengamatan)

Peneliti telah melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran entrepreneurship yang terdapat pada Perguruan Tinggi Raharja. Kemudian dari pengamatan yang telah dilakukan, peneliti dapat mengumpulkan data sebagai sumber informasi dalam hal membantu dalam proses menganalisa untuk pembangunan sistem tersebut.

Metode Wawancara

Metode ini dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan pihak terkait serta narasumber yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja secara langsung. Metode ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh data yang lebih detail serta memperkuat data sebelumnya saat melakukan pengamatan secara langsung.

Metode Pustaka

Metode ini berfungsi untuk mendapatkan informasi serta data dari beberapa sumber (literatur) atau buku untuk kebutuhan penganalisaan dan perancangan yang terkait dengan laporan ini.


Metode Pengembangan Sistem

Metode pengembangan sistem ini dilakukan dengan proses analisa berorientasi objek serta metode prototyping guna tahap perancangan sistem selanjutnya.

Metode Pengimplementasian

Metode ini berkaitan tentang proses pengkodean dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang telah ditentukan guna pembangunan sistem pembelajaran entrepreneurship ini.

Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan dalam membuat penulisan laporan dan pembahasanya secara sistematis, maka penulisan laporan KKP ini terdiri dari beberapa sub bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang informasi umum, yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penelitian.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini dijelaskan beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian dan beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat Perguruan Tinggi Raharja, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses, UML (Unified Modelling Language) sistem yang berjalan, serta alternatif pemecahan masalah.

BAB IV PENUTUP

Bab ini Berisikan kesimpulan dan saran dari hasil laporan KKP.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Contributors

Ninda Lutfiani