KP1221471598

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

BAGIAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI PADA

DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK





Logo stmik raharja.jpg





OLEH:


1221471598 BIAN PRAMANA PUTRA





SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

2015/2016


LEMBAR PERSETUJUAN



LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

BAGIAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI PADA

DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG



Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti Skripsi pada Jurusan Sistem Informasi Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen

STMIK Raharja Tahun Akademik 2015/2016.



Tangerang, Januari 2016



Dosen Pembimbing




(Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom)

NID. 15006

LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


LAPORANG KERJA KULIAH PRAKTEK

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

BAGIAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI PADA

'DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG


Saya yang bertandatangan di bawah ini :


NAMA
: BIAN PRAMANA PUTRA
NIM
: 1221471598
Jenjang Studi
: Strata Satu(S1)
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, Januari 2016
Bian Pramana Putra
NIM. 1221471598

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;

ABSTRAKSI

Saat ini keterbukaan akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi hal penting, karena dengan informasi orang akan mendapat semua yang diinginkan. Penyebaran informasi tersebar melalui media cetak ataupun media elektronik, dari media itulah masyarakat dapat memperoleh informasi. Informasi menjadi kebutuhan bagi masyarakat tanpa terkecuali. Kebutuhan adanya informasi dirasakan akan terus bertambah bagi setiap orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu. Rasa ingin tahu timbul ketika seseorang ingin menambah pengetahuaannya. Perihal informasi tersebut, dapat digunakan untuk menciptakan suatu produksi pada Dinas Infokom. Dinas Infokom adalah suatu Lembaga Instansi Pemerintah yang membidangi pengolahan data informasi dan komunikasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Tangerang. Pada Dinas Infokom, untuk dapat memberikan informasi tentang promosi Kota Tangerang, website resmi Pemerintahan Kota Tangerang membutuhkan banyak informasi dan promosi untuk kota Tangerang, dengan adanya media promosi. Oleh karena itu, penulis diberi kesempatan untuk melakukan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada Lembaga ini, untuk menerapkan seluruh pengetahuan yang didapatkan sebelumnya didalam perkuliahan. Selain itu penulis juga mendapatkan banyak pengetahuan tentang dunia kerja yang belum didapatkan dari perkuliahan. Dan pada akhirnya, setiap tugas dan pekerjaan yang dilakukan penulis selama proses Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, akan dirangkum kedalam LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL DAN BROADCASTING BAGIAN TELEMATIKA PADA DINAS INFOKOM.

Kata Kunci: Media Promosi, Informasi, Promosi

ABSTRACT

Currently open access enabling information can be easily obtained information anytime and anywhere. Information becomes important, because the person will get all the information desired. Dissemination of information scattered through the print media or electronic media, of the media that the public can obtain information. Information has become a necessity for people without exception. Perceived need for information will continue to grow for everyone who has a high curiosity about something. Curiosity arises when one wants to increase their knowledge. Concerning such information, can be used to create a production at the Department of Information and Communication. Institute of Information and Communication Department is a Government agency in charge of data processing and communication of information required by the Government of Tangerang City. In Infocom Department, to be able to provide information about promotions Tangerang, Tangerang City Government official website requires a lot of information and promotion for the city of Tangerang, with a media campaign. Therefore, the authors were given the opportunity to do the job training or KKP at the Institute, to apply all the knowledge gained in the previous lecture. Moreover, I also get a lot of knowledge about the world of work that has not been obtained from the lecture. And in the end, each task and the author of the work done during the process of KKP will be summarized into LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN TELEMATIKA PADA DINAS INFOKOM.

Keywords: Media campaign, Information, Promotions


KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr.Wb,

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek pada bagian desain promosi di SMA Islam Al-Hasyimiyyah.

Penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dimaksudkan untuk memenuhi mata kuliah dan sebagai salah satu syarat pembuatan Skripsi jenjang Strata I STMIK RAHARJA.

Menyadari kemampuan penulis yang terbatas, baik dalam penyajian materi penulisan maupun dalam tutur bahasa, bahkan dalam penyusunan dan penulisan ini tidak sedikit dialami penulis, namun berkat bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak akhirnya laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat diselesaikan.

Selanjutnya izinkanlah penulis menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada yang terhormat :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Drs. PO. Abas Sunarya, M.Si selaku DirekturPerguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja. <l/i>
  4. Bapak Junaidi, M.Kom selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
  5. Bapak Adi Kusuma Widya Tama, S.Kom, selaku Pembimbingyang telah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.
  6. Bapak Ayat Hidayat, S.Pd selaku pembimbing lapangan yang telah banyak memberikan pengarahkan dan ilmunya selama Penulis menjalani Kuliah Kerja Praktek.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  8. Bapak dan Mama tercinta yang telah memberikan motivasi dan bimbinganya secara moril, materil dan tak henti-hentinya memanjatkan doa demi kemudahan saya menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek.
  9. Kepada teman-teman yang selalu membantu dan takhenti-hentinya memberikan semangat kepada penulis.
  10. Rekan-rekan mahasiswa/i yang membagi pengalamanya serta ilmunya yang sangat berhargabagi penulis.
  11. Semua pihak yang pada kesempatan ini yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan laporan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Akhir kata, besar harapan penulis sehingga penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat bermanfaat, untuk semua pihak dan perkembangan ilmu pengetahuan.


Tangerang, Januari 2016
Bian Pramana Putra
NIM. 1221471598

Daftar isi

DAFTAR BAGAN


Bagan 3.1. Bagan Struktur Organisasi

DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1. Tampilan jendela program Adobe Illustrator

Gambar 2.2. Tampilan Toolbox Adobe Ilustrator

Gambar 3.1. Struktur Organisasi Dinas Infokom

Gambar 3.2. Skema Alur Kerja

Gambar 3.3. Desain WTP Kota Tangerang

Gambar 3.4. Desain Vector Taman Ekspresi

Gambar 3.5. Desain Vector Piala Adipura

Gambar 3.6. Desain Vector Pintu Air 10

Gambar 3.7. Desain Sky Train

Gambar 3.8. Desain Lambang Kota Tangerang

DAFTAR TABEL


Tabel 3.1. Tabel Relasi

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek

Dalam era globalisasi saat ini perkembangan Teknologi khususnya dalam dunia IT mengalami perkembangan yang sangat pesat. Informasi sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat luas. Hal ini dapat dilihat secara langsung dari kebutuhan masyarakat modern yang selalu mencari informasi melalui berbagai media, seperti media cetak, media visual, social media

kuliah kerja praktek merupakan program pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan berbagai pengetahuan, sikap, keterampilan dan media pelatihan pembentukan bagi mahasiswa sebagai modal menjadi sarjana komputer yang terampil dan profesional.

Kuliah Kerja Praktek juga sebagai salah satu syarat yang wajib dipenuhi oleh Mahasiswa untuk mencapai kelulusan. Dengan demikian Kuliah Kerja Praktek adalah kegiatan magang atau observasi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, dengan mengikuti waktu yang telah ditetapkan yaitu minimal satu semester atau 160 jam, dan setiap prosesnya masih dalam pengawasan Perguruan Tinggi sebagai pelaksana pendidikan. Dimana dalam prosesnya mahasiswa diberi kesempatan bekerja secara langsung disebuah perusahaan atau instansi tertentu sesuai dengan keahlian konsentrasi dan program studi yang dimiliki. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Perusahaan atau Instansi tersebut adalah untuk menambah pengetahuan dan pengalaman kerja dibidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bidang Multimedia Audio Visual and Broadcasting.

Untuk memenuhi persyratan Kuliah Kerja Praktek program studi informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB), dengan itu penulis mengambil judul : “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING BAGIAN DESAIN INFORMASI DAN PROMOSI PADA DINAS KOMINFO KOTA TANGERANG” .</div>

1.2 Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek

1.2.1 Maksud Kuliah Kerja Praktek

<p style="line-height: 2">Maksud dari Kuliah Kerja Praktek adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat menyalurkan semua ilmu yang telah dipelajari pada masa perkuliahannya ke dalam dunia kerja, serta mahasiswa secara langsung belajar untuk berinteraksi dalam dunia kerja. Selain itu mahasiswa dituntut untuk dapat mengatasi dan mempertanggungjawabkan suatu permasalahan yang ada dalam pekerjaan tersebut di bidang teknik informatika, yang secara pribadi melalui Kuliah Kerja Praktek dapat menambah pengalaman serta meningkatkan kemampuan berkreatifitas yang lebih banyak lagi dalam membuat suatu desain yang diinginkan.</p>

1.2.2 Tujuan Kuliah Kerja Praktek

<p style="line-height:2">Adapun dilaksanakannya kerja praktek ini adalah untuk bertujuan sebagai berikut : </p>
<p style="line-height: 2">1. Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat sebelumnya selama masa perkuliahan guna untuk tampil bekerja baik secara individu maupun secara kelompok ke dalam dunia kerja.</p>
<p style="line-height: 2">2. Mahasiswa mampu bekerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki untuk melengkapi kreatifitas dalam pembuatan ide-ide desain, sehingga dapat memperkaya dan menambah wawasan dalam dunia kerja. </p>
<p style="line-height: 2">3. Untuk memenuhi salah satu syarat menyusun skripsi pada strata satu program studi Teknik Informatika Multimedia Audio Visual and Broadcasting pada STMIK RAHARJA. </p>



1.3 Manfaat Penelitian

<p style="line-height: 2">Adapun Manfaat dilakukannya kerja praktek ini adalah sebagai berikut :</p>
<p style="line-height: 2">1. Agar mahasiswa dapat mengerti apa yang salah dan apa yang benar dalam prakteknya untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. </p>
<p style="line-height: 2">2. Agar mahasiswa dapat merasakan bagaimana bekerja disebuah perusahaan atau instasi. </p>
<p style="line-height: 2">3. Agar mahasiswa mampu bekerja secara profesional dan mampu bersosialisasi dalam lingkungan kerja, baik secara individu maupun berkelompok. </p>
<p style="line-height: 2">4. Agar mahasiswa dapat menguasai dan mampu menyalurkan ilmu dan wawasan yang didapat selama masa perkuliahan, maupun pada saat memperaktekkan sebelum masuk pada dunia pekerjaan yang sesungguhnya.</p>
<p style="line-height: 2">5. Mampu mengadakan perbandingan antara ilmu yang diperoleh di perkuliahan secara teori dengan kenyataan selama mengikuti kerja praktek.</p>



1.4 Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek

<p style="line-height: 2">Dalam menyelesaikan kegiatan pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode penelitian, diantaranya adalah sebagai berikut :</p>
<p style="line-height: 2">1. Observasi</p>
<p style="line-height: 2">Adalah pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang diteliti dengan terjun secara langsung pada bagian desain promosi di SMA ISLAM AL-HASYIMIYYAH.</p>
<p style="line-height: 2">2. Wawancara</p>
<p style="line-height: 2">Adalah teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan orang yang diwawancarai untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang akan diteliti.</p>
<p style="line-height: 2">3. Studi Pustaka</p>
<p style="line-height:2">Pengumpulan teori-teori dengan cara membaca, mempelajari dan memahami buku-buku, diktat-diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek pada konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting.</p>



1.5 Sistematika Penulisan

<p style="line-height: 2">Penyusunan kerja praktek ini terdiri dari beberapa bab dan masing-masing bab tersebut berisi uraian singkat dan memperjelas selama mengadakan kerja praktek lapangan. Kerja praktek lapangan ini terdiri dari 4 bab yaitu :</p>
<p style="line-height: 2">BAB I PENDAHULUAN</p>
<p style="line-height: 2">Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek, Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek,Manfaat Kuliah Kerja Praktek, Metodologi Penyusunan Laporan Kerja Praktek dan Sistematika Penulisan.</p>
<p style="line-height: 2">BAB II LANDASAN TEORI</p>
<p style="line-height: 2">Dalam bab ini berisi tentang teori dasar yang melandasi penulisan laporan tugas magang sesuai penugasan yang diberikan kepada setiap mahasiswa yang melakukan magang atau KKP (Kuliah Kerja Praktek).</p>
<p style="line-height: 2">BAB III TINJAUAN UMUM TINJAUAN KHUSUS</p>
<p style="line-height: 2">Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Profil Sekolah, Visi dan Misi, Wewenang dan Tanggung Jawab Tiap Departement, Skema Alur Kerja, Alur Kerja, Daftar Project, Latar Belakang & Konsep Design.</p>
<p style="line-height: 2">BAB IV PENUTUP</p>
<p style="line-height: 2">Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil Kuliah Kerja Praktek (KKP) serta saran-saran yang diperlukan untuk pengembangan sistem.</p>
<p style="line-height: 2">DAFTAR PUSTAKA</p>
<p style="line-height: 2">DAFTAR LAMPIRAN</p>

BAB II
LANDASAN TEORI


2.1 Definisi Laporan

<p style="line-height: 2">Menurut Adi Kusrianto (2012:20-21) Laporan Adalah salah satu bentuk komunikasi formal sebagai suatu pengetahuan, laporan mampu menyajikan kepada pembaca semua fakta yang relevan agar dapat dibuat landasan mengambil keputusan secara tepat.</p>
<p style="line-height: 2">Laporan berdasarkan pengertian menurut Adi Kusrianto (2012:25-26) sebagai berikut :</p>
<p style="line-height:2">a. Laporan data adalah memberitahukan informasi sesuai data yang diterima pelapor. Laporan jenis ini dapat berupa laporan status proyek atau mengenai operasional rutin, secara umum laporan data dapat digolongkan menjadi dua, yaitu laporan informatif dan laporan hasil riset.</p>
<p style="line-height: 2">b. Laporan analitik adalah tipe laporan yang tidak hanya memberikan informasi tetapi juga menafsirkan data sebaik mungkin. Sebuah laporan analitik sekalipun menyajikan data sebagai informasi utama, namun demikian disertai inter prestasi terhadap data tersebut.</p>
<p style="line-height: 2">c. Laporan rekomendasi adalah merupakan laporan yang diserahkan untuk dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan dan dilakukannya suatu tindakan dan memberikan informasi yang akan dipakai sebagai dasar keputusan, perubahan alternatif, dan rekomendasi-rekomendasi spesifik.</p>

2.1.1 Dasar-dasar Laporan

2.1.2 Manfaat Laporan

2.1.3 Fungsi Laporan

2.1.4 Bentuk Laporan


2.2 Konsep Dasar Kuliah Kerja Praktek

2.2.1 Definisi Kuliah Kerja Praktek

<p style="line-height: 2">Menurut Yunita (2014) Kuliah Kerja Praktek(KKP) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa berupa magang atas observasi di perusahaan atau instansi pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan. Magang adalah bentuk belajar dan berlatih keterampilan pada dunia kerja yang lebih menekankan pada praktek dari pada teori. Observasi adalah metode pengumpulan data dimana peneliti atau kolaboratornya mencatat informasi sebagaimana yang mereka saksikan selama penelitian Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan proses perpaduan berbagai komponen pengetahuan teoritis dengan praktek.</p>

2.2.2 Maksud Kuliah Kerja Praktek

<p style="line-height: 2">Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya didalam perkulihan pada kegiatan nyata dibidang studinya masing-masing.</p>

2.2.3 Tujuan Kuliah Kerja Praktek

<p style="line-height: 2">Mahasiswa mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya Agar mahasiswa mendapatkan pengalaman secara factual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang professional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menerapkan dalam kehidupan dunia kerja yang nyata. Status Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan bagian integral Kurikulum Perguruan Tinggi Raharja. Kuliah Kerja Praktek memiliki bobot 2 sks baik untuk program Diploma dan Strata Satu. Bagi mahasiswa yang melanjutkan laporan KKP menjadi TA/Skripsi maka tahapan seminar proposal pada pelaksanaan TA/Skripsi akan dianggap sudah dilaksanakan.</p>


2.3 Konsep Dasar Desain

2.3.1 Definisi Desain

<p style="line-height: 2">Menurut Tjipto Pandi (2010:245-243) Desain merupakan rancangan, gagasan, ide-ide yang mengkomposisikan berbagai elemen dan unsur pendukung seperti bentuk, teknik, pengerjaan, keindahan yang dinyatakan dalam bentuk gambar dan warna.</p>

2.3.2 Fungsi-fungsi Desain

2.3.3 Definisi Desain Grafis

2.3.4 Prinsip-prinsip Desain Grafis

2.3.5 Definisi Typografi

2.3.6 Definisi Psikologi Warna

2.3.7 Pengertian Tentang Simbolisasi Bentuk

2.3.8 Pengertian Citra Atau Image

2.3.9 Layout

2.3.10 Teori Desain Komunikasi Visual


2.4 Konsep Dasar Informasi

2.4.1 Pengertian Data

<p style="line-height: 2">Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau item.</p>
<p style="line-height:2">Menurut Mc.Leod dikutip oleh yakub (2012:8) ”Data adalah deskripsi kenyataan yang menggambarkan adanya suatu kejadian (event). data terdiri dari fakta (fact) dan angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai”.</p>

2.4.2 Pengertian Informasi

2.4.3 Jenis-jenis Informasi

2.4.4 Kualitas Informasi

2.4.5 Nilai Informasi


2.5 Program Aplikasi Penunjang Desain

2.5.1 Adobe Photoshop

<p style="line-height: 2">Menurut Dedi Mulyadi (2012:1-2) Adobe Photoshop merupakan program pengolah grafik yang mampu bekerja pada dua tipe grafik yaitu bitmap dan vector. Oleh sebab itu, file kerja pada Adobe Photoshop dapat berupa gambar bitmap maupun vector. Hal ini merupakan keunggulan dari program Adobe Photoshop karena dengan kemampuan tersebut akan memudahkan anda untuk membuat obyek, mengolah foto maupun pengeditan foto lebih lanjut.</p>



2.6 Studi Pustaka

<p style="line-height: 2">Berdasarkan studi pustaka pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Raharja. Maka penulis melakukan literature review terhadap penelitian-penelitian sebelumnya sebagai berikut :</p>
  1. <p style="line-height: 2">Laporan Kuliah Kerja Praktek Pada Bagian Telematika Pada Dinas Infikom disusun oleh Jasmine Dara Assyifa tahun 2013 Media penunjang informasi dan promosi sangat penting dalam membangun image dari sebuah lembaga atau institusi, salah satunya adalah media disain promosi. Fungsi media desain promosi secara umum adalah selain sebagai aset perusahaan juga berfungsi sebagai tanda atau identitas dari perusahaan dalam menjalin kerjasama dengan relasi yang baik dengan perusahaan atau lembaga dan instansi terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep media media desain dapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektif mengenai profil dan aktivitas perusahaan.</p>
  2. <p style="line-height: 2">Laporan Kuliah Kerja Praktek Multimedia Audio Visual And Broadcasting Bagian Desain Promosi Pada SMK Negeri 5 Mauk Kabupaten Tangerang Tahun 2011 disusun oleh Recha Fadriansyah. Berkembangnya informasi dan komputer pada era globalisasi dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama di bidang mediapromosi. Sehingga berpengaruh pada setiap aspek kehidupan masyarakat dalam Perkembangan pendidikan di era globalisasi yang berkembang sangat pesat.Sekolah sekolah saling bersaing untuk meningkatkan kualitas sekolah tersebut melalui berbagai informasi dan promosi di galakan untuk menarik kepercayaan masyarakat, namun tanpa di disadari informasi yang komplit dan terpercaya mengenai profil Sekolah SMK Negeri 5 Mauk Kabupaten Tangerang sulit tumbuh di masyarakat dalam hal ini masyarakat umum.

    </li>
  3. LaporanKuliah Kerja Praktek Multimedia Audio Visual And Broadcasting Bagian Desain Pada SMAN 5 Tangerang Tahun 2011 disusun oleh Rokhimudin Bastomy.

  4. </ol>

    Media penunjang informasi dan promosi sangat penting dalam membangun image dari sebuah lembaga atau instansi, salah satunya adalah media. Fungsi media promosi secara umum adalah selain sebagai aset sekolah juga berfungsi sebagai tanda atau identitas dari sekolah dalam menjalin kerjasama dengan relasi yang baik dengan perusahaan atau lembaga dan instansi terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsepmedia promosi dapat memberikan informasi dan promosi yang lebih efektif mengenai profil dan aktivitas sekolah.

    BAB III
    PEMBAHASAN


    3.1 Profil Sekolah SMA Islam Al-Hasyimiyyah

    3.1.1 Sejarah Singkat SMA Islam Al-Hasyimiyyah

    Pada tahun 2003 Pondok Pesantren Islam Al-Hasyimiyyah didirikan oleh KH. Hasyim. Pondok Pesantren Islam Al-Hasyimiyyah merupakan sekolah tingkat pertama (SMP). Pada tahun 2007 KH. Hasyim mendirikan sekolah menengah atas (SMA), sma islam al-hasyimiyyah menerapkan Kurikulum Plus yaitu kurikulum berbasis KTSP dari Departement Pendidikian Nasional dan mata pelajaran lokal serta pelajaran seperti AL-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlak,Bahasa Arab, Nahwu, Shoruf dan Kaligrafi.

    SMA Islam Al-hasyimiyyah Kota Tangerang memperoleh Akreditasi B (Baik) untuk Program Studi IPA (ilmu pengetahuan alam),dan IPS (ilmu pengetahuan sosial).

    Sementara setiap organisasi memiliki rencana target atau sasaran yang ingin dicapai dan dapat berubah sesuai situasidan kondisi yang terjadi pada organisasi itu. Sasaran organisasi dapat didasari oleh adanya Tujuan Organisasi, Visi dan Misi, Nilai-nilai, Goals, Rencana Kerja dan Anggaran. Pencapaian sasaran organisasi harus dilakukan dengan melalui penggunaan suatu sistem Manajemen yang didukung dengan adanya sumber daya yang sesuai. Manajemen mutu adalah aktifitas-aktifitas yang terkordinasi untuk mengarahkan dan mengawasi suatu organisasi dalam hubunganya dengan mutu. Sistem Manajemen Mutu adalah suatu sistem untuk menerapkan Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu dan untuk mencapai sasaran tersebut.

    Kemajuan dalam sekolah ini tingkat kemajuannya meningkat pesat dari segi siswanya, prestasinya, guru-guru pengajar, serta infrastruktur di dalam sekolah tersebut. Ini dikarenakan pihak sekolah sangat supportif dalam kemajuan yang sifatnya membuat berkembang siswa menjadi lebih maju.

    3.1.2 Ruang Lingkup

    SMA Islam Al-hasyimiyyah adalah Sekolah Menengah Atas didirikan oleh KH. Hasyim yang beralamat di Jl. Pembangunan III Sukamandi Rt. 01/09 Kel. Karangsari Kec. Neglasari Kota Tangerang.

    Adapun kompetensi keahlian pada masing-masing program keahlian adalah sebagai berikut :

    1. Kompetensi Studi Keahlian : Ilmu Pengetahuan Alam.
    2. Kompetensi Studi Keahlian : Ilmu Pengetahuan Sosial.

    3.1.3 Visi Dan Misi

    Untuk dapat mencerdaskan masyarakat yang terampil dan berkarakter berlandaskan imtaq, maka sekolah harus memiliki komitmen yang jelas agar kegiatan pembelajaran ini bisa tetap diterapkan kepada siswa. Komitmen ini disertai dengan adanya visi dan misi yang dimiliki oleh sekolah sebagai bentuk pencitraan diri atas segala bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

    3.1.3.1 Visi Sekolah SMA Islam Al-Hasyimiyyah

    Visi dari sekolah sma islam al-hasyimiyyah adalah “Cerdas, Terampil dan Berkarakter Berlandaskan Imtaq”.

    3.1.3.2 Misi Sekolah SMA Islam Al-Hasyimiyyah

    Misi Sekolah SMA Al-Hasyimiyyah adalah:

    1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dengan menerapkan pendekatan saintifik disertai upaya-upaya perbaikan secara terus menerus (Cerdas).
    2. Memberikan pelayanan prima dan menumbuhkan semangat belajar yang tinggi sehingga di dalam diri setiap tumbuh motivasi untuk belajar sepanjang hayat (Cerdas).
    3. Melatih dengan tekun untuk meningkatkan keterampilan peserta didik (Terampil).
    4. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan/budaya sekitar (Berkarakter).
    5. Menumbuhkan sikap dan perilaku mulia melalui pengkajian nilai-nilai keagamaan (Imtaq).

    3.1.4 Struktur Organisasi

    3.1.5 Wewenang Dan Tanggung Jawab

    3.1.6 Daftar Relasi


    3.2 Tinjauan Umum

    3.2.1 Skema Alur Kerja

    3.2.2 Alur Kerja


    3.3 Tinjauan Khusus

    3.3.1 Daftar Project

    Beberapa daftar project yang pernah melibatkan penulis dalam kegiatan Kuliah Kerja Praktek adalah:

    1. Desain Spanduk Selamat Datang Siswa Siswi Baru.
    2. Desain Spanduk Idul Adha 1437H.
    3. Desain Spanduk Ujian Nasional.
    4. Desain Kartu Tanda Pelajar(Tampak Depan).
    5. Desain Kartu Tanda Pelajar (Tampak Belakang).
    6. Desain Banner Penerimaan Siswa Siswi Baru.
    7. Desain Spanduk Status Izin Sekolah.

    3.3.2 Latar Belakang Dan Konsep Desain

    BAB IV
    PENUTUP


    4.1 Kesimpulan

    Isi Kesimpulan



    4.2 Saran

    Isi Saran


    4.3 Kesan

    Isi Saran

    DAFTAR PUSTAKA

    DAFTAR LAMPIRAN


    Lampiran A:

    A.1.Surat Pengantar KKP

    Lampiran B:

    B.1. Penilaian Objectif iDu


Contributors

BianPramana