KP1133469938

Dari widuri
Revisi per 3 Mei 2015 14.59 oleh Admin (bicara | kontrib) (Melindungi "KP1133469938" (‎[edit=sysop] (selamanya) ‎[move=sysop] (selamanya)) [runtun])

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

Perancangan Sistem Keamanan Pada Sepeda Motor Dengan

Menggunakan ArduinoUno Berbasis Mikrokontroller

ATMega328Melalui Media Handphone


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK



Logo stmik raharja.jpg



OLEH:

1133469938 Andry Bastian



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

TANGERANG

(2014/2015)



LEMBAR PERSETUJUAN



Perancangan Sistem Kontrol Keamanan Kendaraan Bermotor Dengan

Menggunakan Arduino Uno Berbasis Mikrokontroller

ATMega328Melalui Media Handphone



Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti KKP pada

Jurusan Sistem Komputer Konsentrasi Creative Communication And Innovative Technology

STMIK Raharja Tahun Akademik 2014/2015.



Tangerang, 08 Januari 2014



Dosen Pembimbing




( Dr. Ir. Djoko Soetarno, DEA )

NID. 07131



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA


LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1133469938
Nama
: Andry Bastian
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Komputer
Konsentrasi
: Cretive Communication And Innovative Technology


Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.


Tangerang, 11 Januari 2014
Andry Batian
NIM. 1133469938

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Kemajuan teknologi mendorong pola hidup masyarakat yang cenderung semakinpraktis hal tersebut juga dirasakan oleh para pengguna sepeda motor baik priamaupun wanita sebagai contoh dalam lingkup kecil adalah menggunakan system keamanan motor yang masih sederhana dengangembok dan kunci ganda, sehingga perlu dirancang suatu system yang mampumengamankan sepeda motor secara otomatis. Dalam perancangan ini menggunakanfasilitas Bluetooth yang ada pada media handphone untuk memberikan perintahpada mikrokontroller yang berbasis ATMega328 ArduinoUno. Pengguna hanya perlumengetikan huruf “a” untuk menghidupkan alarm, dan huruf ”b” untuk mematikanalarm, maka alarm sepeda motorpenggunakan akan hidup dan mati secara otomatis. Data tersebut dikirim kemikrokontroler untukdiproses dan menghasilkan output berupa bunyi alarm dari sensor yamgditempatkan pada sepeda motor. Software yang digunakan untuk memasukan programbahasa rakitan yaitu ArduinoUNO. Hasilnya berupa sebuah prototype pengaturalarm secara otomatis pada kendaraan bermotor melalui media handphone .


KATA PENGANTAR


Puji syukur alhamdulillah, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan seribu jalan, sejuta langkah serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Kuliah Kerja Praktek Penulis dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Penulisan laporan Kuliah KerjaPraktek ini disusun sebagai salah satu syarat guna melengkapi kurikulum perkuliahan dan mengikuti Skripsi. Sebagai bahan penulisan, Penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan laporan ini.

Hati kecil ini pun menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu pada kesempatan yang singkat ini, izinkanlah penulis menyampaikan selaksa pujian dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja dan juga sebagai Dosen Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  2. Bapak Drs. PO. Abas Sunarya, M.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Bapak Ferry Sudarto, S.Kom., M.Pd. selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  4. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  5. Kedua orang tua, kaka dan saudara keluarga yang telah memberikan dukungan, baik moril, materil maupun doa untuk keberhasilan kepada penulis.
  6. Teman-teman seangkatan 2011, Ristian Raharjo, Hairul Anwar Daeli yang 1 bimbingan KKP, iLearning angkatan 2011, beserta teman-teman yang lain yang tidak bisa Penulis sebutkan satu persatu.
  7. Sahabat-sahabat kesayangan, Zainal Arifin, Dani Permana Koswara, Mohammad Daud, Bagus Triwibowo, beserta teman-teman yang lain yang tidak bisa Penulis sebutkan satu persatu.
  8. Seluruh anggota Raharja FC khususnya yang telah memberikan dukungan dan masukan yang berarti kepada penulis dalam menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan KKP ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan KKP ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, 11 juli 2014
Andry Bastian
NIM. 1133469938

Daftar isi

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1. Nama Gambar

Gambar 2.1. Nama Gambar

Gambar 2.2. Nama Gambar

Gambar 3.1. Nama Gambar

Gambar 3.2. Nama Gambar

DAFTAR SIMBOL


DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sistem kendali merupakan sebuah inovasi yang hadir karena ketertarikan manusia untuk menciptakan sebuah alat yang dapat mengendalikan alat lainnya sekaligus pada sebuah sistem di satu titik. Banyaknya peralatan terutama peralatan elektronika yang harus dikendalikan atau luasnya suatu wilayah (komplek, gedung) pada rumah atau pabrik membuat sistem kendali menjadi pilihan untuk mendapatkan sebuah kepraktisan dalam pengaksesan perangkat elektronika yang letaknya berbeda dengan cepat pada sebuah titik pusat tanpa harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Dalam perkembangannnya saat ini sistem kendali tidak lagi dikendalikan pada sebuah titik pengendalian saja. Dengan memanfaatkan media transmisi jaringan internet, pengontrolan sistem kendali dapat dilakukan di berbagai titik dari jarak jauh.

Namun meski demikian jika dilihat dari sisi perangkat dan pengoperasiannya pengontrolan jarak jauh dengan memanfaatkan media transmisi jaringan internet dirasa kurang praktis. Mengingat untuk mengontrol sebuah sistem kendali dari jarak jauh diperlukan sebuah server yang harus selalu terkoneksi pada jaringan internet, dan terhubung pada sebuah sistem kendali. Selain itu di perlukannya kestabilan konektivitas media jaringan internet serta luasnya jangkauan sinyal untuk mendapatkan keleluasaan pengontrolan sistem kendali kapanpun dan dari manapun. mengingat kualitas jaringan internet di Indonesia yang masih belum tersebar merata di seluruh daerah dan kurang stabilnya konektivitas jaringan internet, Masalah tersebut dianggap sebagai kelemahan dari pengontrolan sistem kendali dengan menggunakan media jaringan internet. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah sinyal kuat serta stabil dan luas jangkauannya agar dapat mengontrol sistem kendali sesuai dengan kebutuhan kapan saja dari jarak jauh.

Handphone merupakan sebuah perangkat telekomunikasi elektronika yang bersifat mobile. Dalam penggunaannya handphone dapat membantu manusia untuk saling berkomunikasi satu sama lain, dimanapun, kapanpun tanpa melalui media fisik nircable dengan memanfaatkan teknologi media transmisi jaringan GSM/CDMA. teknologi media transmisi jaringan GSM/CDMA yang dimanfaatkan oleh handphone memiliki kelebihan dibanding transmisi jaringan internet, salah satu kelebihannya adalah luasnya jangkauan serta ratanya penyebaran sinyal, hal ini disebabkan karena keberadaannya lebih dulu dibanding transmisi jaringan internet. Karena kelebihan yang dimiliki, teknologi media transmisi jaringan GSM/CDMA dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang timbul dari pengontrolan sistem kendali jarak jauh menggunakan media transmisi internet. Dengan memanfaatkan fitur SMS yang terdapat pada Handphone dan mengkomunikasikan dengan sebuah sistem kendali, akan tercipta sebuah sistem kendali yang mampu dikendalikan dari manapun kapanpun dengan biaya yang murah. Untuk merealisasikan semua itu maka diperlukan design awal untuk menciptakan sebuah sistem kendali yang dapat dikendalikan dengan memanfaatkan media transmisi jaringan cellular

Maka dari itu dalam kesempatan ini penulis mencoba mempersembahkan sebuah karya dengan judul “Perancangan Sistem Kontrol Keamanan Kendaraan Bermotor Dengan Menggunakan Arduino Uno Berbasis Mikrokontroller ATMega328 Melalui Media Handphone ”. Hal ini penulis lakukan dalam rangka memberikan kontribusi terhadap jurusan Sistem Komputer di Perguruan Tinggi Raharja.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang permasalahan di atas maka dapat disimpulkan beberapa permasalahan sebagai berikut :

  1. Mampukah ArduinoUNO (Mikrokrontroller ATMega 328) membuat alarm pada kendaraan bermotor (sepeda motor) ?

  2. Bagaimana cara ArduinoUNO (Mikrokrontroller ATMega 328) mengakses alarm pada kendaraan bermotor (sepeda motor) dengan menggunakan media handphone ?

  3. Bagaimana cara handphone dengan system android mengakses alarm pada kendaraan bermotor (sepeda motor) ?

Ruang Lingkup

Ruang lingkup dalam penelitian ini bertujuan untuk membatasi pembahasan pada pokok permasaahan saja. mengingat keterbatasan penulis dalam hal waktu serta keterbatasan ilmu maka penulis membatasi masalah yang ada pada penelitian ini. selain itu pembatasan masalah bertujuan untuk menentukan konsep utama dari permasalahan sehingga masalah-masalah dalam penelitian ini dapat dimengerti dengan mudah dan baik.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Tujuan operasional

  1. Untuk menyempurnakan kekurangan yang terdapat pada sistem kendali lama yang memanfaatkan media transmisi jaringan internet dalam berkomunikasi

2. Tujuan fungsional

  1. Membuat sebuah sitem kendali perangkat elektronika yang dapat di remote sehingga memudahkan pengguna dalam mengontrol perangkat tersebut dari jarak jauh.

3. Tujuan individual

  1. Persyaratan untuk kelulus mata kuliah Kuliah Kerja Praktek (KKP).
  2. Mengaplikasikan ilmu yang penulis dapat selama perkuliahan.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

1. Manfaat individual

Manfaat dari penelitian iniadalah dapat menambah pengetahuan dan wawasan peneliti mengenai interaksi dan komunikasi antara mikrokontroller dan perangkat telekomunikasi serta perangkat elektronik sehingga dapat menciptakan sebuah alat yang memberikan manfaat untuk masyarakat

2. Manfaat Fungsional

Memberikan manfaat bagi pengguna dalam hal pengamanan perangkat elektronika dari jarakjauh dengan memanfaatkan media Bluetoth pada handphone.


2. Manfaat Operasional

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam mengamankan perangkat elektronik dari manapun dan kapanpun.

Metode Penelitian

Dalam rangka menghasikan karya yang sesuai dengan teori ilmiah dan tepat guna, maka dalam penyusunannya ada beberapa metode yang diterapkan, antara lain :

1.Metode Observasi (Pengamatan)

Padaobservasi yang dilakukan selama beberapa minggu dan berdasarkan pengalaman,penulis menemukan banyak kekurangan yang terdapat pada sistem pengendali yang memanfaatkan media transmisi internet.

2.Metode Studi Pustaka

Mencaridan mengumpulkan data yang berguna dari beberapa situs di internet yangberkaitan dengan pokok permasalahan. Sebagai referensi dalam melakukan perencanaan, percobaan, pembuatan dan penyusunan laporan

Sistematika Penulisan

Untuk lebih memahamiinformasi yang terkandung dalam penulisan kuliah kerja praktek (KKP) ini,penulis membagi dan mengelompokan materi penulisan menjadi beberapa bab, dimana setiap bab akan membahas dan menguraikan pokok bahasan dengan lebih terperinci.Bab-bab tersebut adalah:

BAB I PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisikan teori yang berupa pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III PEMBAHASAN

Bab ini memuat tentang Desain sistem kendali perangkat elektronika dengan menggunakan handphone sebagai media komunikasi dan komunikasi antara handphone dengan mikrokontroler yang tertanam pada board arduino menggunakan komunikasi serial memanfaatkan RS232.

BAB IV PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Untuk mendukung pembuatan laporan ini, maka perlu dikemukakan hal-hal atau teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan dan ruang lingkup pembahasan sebagai landasan dalam pembuatan laporan ini.

Teori Umum

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

Menurut Mustakini(2007:4), yaitu ”suatu sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yangsaling berhubungan, membentuk satu kesatuan yang untuk melaksanakan suatutujuan pokok dari sistem tersebut”.

Menurut Kusrini (2008:11), yaitu ”sistem adalah sebuah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengantugas/fungsi khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/pekerjaan tertentu”

Berdasarkandefinisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan jaringandaripada elemen-elemen yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengantugas/fungsi khusus) yang saling berhubungan serta membentuk satu kesatuan danmelaksanakan suatu tujuan pokok secara bersama-sama sehingga dapat memenuhi suatu proses atau pekerjaan tertentu dari sistem tersebut.

Karakteristik Sistem

Suatu sistem mempunyai komponen-komponen sistem (components)atau subsistem-subsistem. Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja samadalam membentuk suatu kesatuan. Komponen sistem tersebut dapat berupa suatubentuk sub-sistem.

Klasifikasi Sistem

Sistem abstrak (abstact system) dan sistem fisik (phisical system) Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atauide-ide yang tidak tempak secara fisik,misalnya sistem teknologi yaitu sistem yang berupa pemikiran-pemikiran hubunganantara manusia dengan Tuhan. Sitem fisik merupakan sistem yang ada secarafisik.

Konsep Dasar Desain

Definisi Desain

Desain secara etimologi, istilah desain diambildari kata “designo” (italy) yang artinya gambar. Sedang dalam bahasa inggrisdesain diambil dari bahasa latin “designare” yang artinya merencanakan ataumerancang.

Menurut Hurts (2006:8), bahwa “Desain adalahproses iteratif yang melibatkan banyak aktivitas tinjauan ke belakang danpararel” .

Menurut Simartama (2010:184), “Desain adalahbagaimana aplikasi yang dirancang menjadi sesuai dengan kebutuhan”.

Berdasarkan dari kedua definisi menurut para ahlidiatas maka dapat disimpulkan bahwa desain merupakan rancangan dasar, atauproses iteratif yang melibatkan banyak aktivitas tinjauan ke belakang danparalel yang menjadi tahapan awal dalam mewujudkan suatu aplikasi atau gagasan,dimana pembuatan atau perancangannya memikirkan berbagai macam pertimbangan danperhitungan meliputi aspek fungsi estetik dan lainnya dengan maksud agar bendaatau gagasan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan.

Teori Khusus

Konsep Dasar Arduino

Definisi Arduino

Menurut Sulaiman (2012:1), arduinomerupakan platform yang terdiri dari softwaredan hardware. Hardware Arduino sama dengan mikrocontroller pada umumnya hanyapada arduino ditambahkan penamaan pin agar mudah diingat. Software Arduino merupakan softwareopen source sehingga dapatdi download secara gratis. Softwareini digunakan untuk membuat dan memasukkan program ke dalam Arduino.Pemrograman Arduino tidak sebanyak tahapan mikrocontroller konvensional karenaArduino sudah didesain mudah untuk dipelajari, sehingga para pemula dapat mulaibelajar mikrocontroller dengan Arduino.

Menurut Santosa (2012:1), arduino adalah kitelektronik atau papan rangkaian elektronik opensource yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.

Berdasarkan dua definisi yang dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa arduino merupakan kit elektronik atau papan rangkaian elektronik yang didalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVRdari perusahaan Atmel serta sofware pemrograman yang berlisensi open source.

Hardware Arduino

Menurut Sulaiman (2012:1) Arduino merupakan platform open source baiksecara hardware dan software. Arduino terdiri dari mikrocontrollermegaAVR seperti ATmega8, ATmega168, ATmega328, ATmega1280, dan ATmega 2560dengan menggunakan Kristal osilator 16 MHz, namun ada beberapa tipe Arduinoyang menggunakan Kristal osilator 8 MHz. Catu daya yang dibutuhkan untukmensupply minimum sistem Arduino cukup dengan tegangan 5 VDC. Port arduinoAtmega series terdiri dari 20 pin yang meliputi 14 pin I/O digital dengan 6 pindapat berfungsi sebagai output PWM (Pulse Width Modulation) dan 6 pinI/O analog. Kelebihan Arduino adalah tidak membutuhkan flash programmerexternal karena di dalam chip microcontroller Arduino telah diisi dengan bootloaderyang membuat proses upload menjadi lebih sederhana. Untuk koneksi terhadap komputer dapat menggunakan RS232 to TTL Converteratau menggunakan Chip USB ke Serial converterseperti FTDI FT232.

Arduino board sendiri telah tersedia dalam banyak jenis baik yang sudah berkoneksi USBmaupun serial. Contoh Arduino yang terkoneksi dengan USB seperti: Arduino Uno,Arduino Duemilanove, Arduino Diecimila, Arduino NG Rev. C , Arduino FIO, danArduino lilypad. Untuk lilypad memiliki ukuran sebesar kancing baju dan anti airsehingga dapat dicuci. Sedangkan Arduino Severino merupakan contoh untuk yang terkoneksi secara serial. Untuk para pemula yang bingung memiliihjenis board yang cocok, dapat memilihArduino Duemilanove atau Arduino UNO karena kedua jenisini yang paling banyak digunakan. Namun jika ingin berkreasi lebih makadapat membuat board sendiri dengan menyesuaikan kebutuhan dan dana yang ada. Selain Arduino board, juga terdapat perangkat tambahan yang disebut shielduntuk pengembangan Arduino. Dengan shieldini maka tidak perlu lagi repot menyolder karena semua sudah didesain sesuai dengan pin arduino. Contoh shield seperti : Ethernet shield untuk mengkoneksikan arduino dengan LAN, Xbee untuk memungkinkan beberapa arduinoberkomunikasi secara wireless.

Software Arduino

Menurut Sulaiman (2012:1) arduino diciptakan untuk para pemula bahkan yang tidakmemiliki basic bahasa pemrograman sama sekali karena menggunakan bahasa C++yang telah dipermudah melalui library.Arduino menggunakan Software Processing yang digunakan untuk menulisprogram kedalam Arduino. Processing sendiri merupakan penggabungan antarabahasa C++ dan Java. Software Arduinoini dapat di-install di berbagai operatingsystem (OS) seperti: LINUX, Mac OS, Windows.

Struktur perintah pada arduinosecara garis besar terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu void setup dan voidloop. Void setup berisi perintahyang akan dieksekusi hanya satu kali sejak arduino dihidupkan sedangkan void loop berisi perintah yang akandieksekusi berulang-ulang selama arduino dinyalakan.

Konsep Dasar Mikrokontroler

Definisi Mikrokontroler

Menurut Setiawan (2011:1) Mikrokontroller adalahsuatu IC dengan kepadatan yang sangat tinggi, dimana semua bagian yangdiperlukan untuk suatu kontroler sudah dikemas dalam satu keping, biasanyaterdiri dari CPU (Central Processing Unit), RAM (Random Access Memory),EEPROM/EPROM/PROM/ROM, I/O, Serial & Parallel, Timer, Interupt Controller.

Menurut Fauzi (2011:1) Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagaipengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program didalamnya

Berdasarkan definisi yang dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa mikrokontroller adalahsuatu IC yang didesain atau dibentuk dengan kepadatan yang sangat tinggi,dimana semua bagian yang diperlukan suatu kontroler sudah dikemas dalam satukeping, biasanya terdiri dari CPU (CentralProcessing Unit), RAM (Random AccessMemory), EEPROM/EPROM/PROM/ROM, I/O, Serial & Parallel, Timer, Interupt Controller dan berfungsisebagai pengontrol rangkaian elektronik serta umunya dapat menyimpan programdidalamnya.

Menurut Setiawan (2011:10) Seperti umumnya komputer,mikrokontroler adalah alat yang mengerjakan instruksi-instruksi yang diberikankepadanya. Artinya, bagian terpenting dan utama dari suatu sistemterkomputerisasi adalah program itu sendiri yang dibuat oleh seorangprogrammer. Program ini menginstruksikan komputer untuk melakukan jalinan yangpanjang dari aksi-aksi sederhana untuk melakukan tugas yang lebih kompleks yangdiinginkan oleh programmer.

Arsitektur Mikrokontroler

Menurut Setiawan (2011:11) arsitektur adalah rancangan hardware internal yang berkaitan dengan: tipe, jumlah dan ukuran register serta rangkaian lainnya. Arsitektur pada sebuahmikrokontroler sangat mempengaruhi kinerja pada saat melakukan prosespengendalian (control).

Menurut Setiawan (2011:11) Semua jenis mikrokontroler didasarkan pada arsitektur Von-Neuman atau arsitektur Harvard.

a. Arsitektur Von-Neuman

Mikrokontroler yang di disain berdasarkan arsitektur ini memilik sebuah data bus 8-bit yang dipergunakan untuk "fetch" instruksidan data. Program (instruksi) dan data disimpan pada memori utama secara bersama-sama. Ketika kontroler mengalamati suatu alamat dimemori utama, hal pertama yang dilakukan dalah mengambil instruksi untuk dilaksanakan dan kemudian mengambil data pendukung dariinstruksi tsb. Cara ini memperlambat operasi.

b.Arsitektur Harvard

Arsitektur ini memilik bus data dan instruksi yang terpisah, sehinggamemungkinkan eksekusi dilakukan secara bersamaan. Secara teoritis hal inimemungkinkan eksekusi yang lebih cepat tetapi dilain pihak memerlukan disain yang lebih kompleks.

Didalam mempelajari mikrokontroler, kita dituntut untuk dapat menguasai dua hal yang sangat pokok, berdasarkan arsitektur mikrokontroler tersebut kedua haltersebut adalah hardware dan software.

dari mikrokontroler. Hardware akan sangatkita perlukan ketika kita akan manggunakan mikrokontroler untuk berhubungan dengan device (perangkat) yang sifatnya berada diluar mikrokontroler, software(instruksi) dalam hal ini juga tidak kalah penting karena didalam mengendalikan suatu system kita juga harus memahami instruksi dari mikrokontroler yang digunakan.

Instruksi Mikrokontroler

Menurut Setiawan (2011:12) Instruksi padamikrokontroler dikenal ada 2 yaitu:


  • CISC

Saat ini hampir semua mikrokontroler adalah mikrokontroler CISC (Complete Instruction Set Computer).Biasanya memiliki lebih dari 80 instruksi. Keunggulan dari CISC ini adalahadanya instruksi yang bekerja seperti sebuah makro, sehingga memungkinkan programmer untuk menggunakan sebuah instruksi menggantikan beberapa instruksi sederhana lainnya.


  • RISC

Saat ini kecenderungan industri untuk menggunakan disain mikroprosesorRISC (Reduced Instruction Set Computer). Dengan menggunakan jumlah instruksi yang lebih sedikit, memungkinkan lahan padachip (silicon real-estate) digunakan untuk meningkatkan kemampuan chip. Keuntungan dari RISC adalah kesederhanaan disain, chip yang lebih kecil, jumlah pin sedikit dansangat sedikit mengkonsumsi daya.


Macam-Macam Memory Pada Mikrokontroler

Menurut Setiawan (2011:12) Mikrokontroller mempunyai beberapa macam memory antara lain :

  • Eeprom - Electrically Erasable Programmable Read Only Memory


Beberapa mikrokontroler memiliki EEPROM yang terintegrasi pada chipnya. EEPROM ini digunakan untuk menyimpan sejumlah kecil parameter yang dapat berubah dariwaktu ke waktu. Jenis memori ini bekerja relatif pelan, dan kemampuan untukdihapus/tulis nya juga terbatas.

  • FLASH (EPROM)

FLASH meberikan pemecahan yang lebih baik dari EEPROM ketika dibutuhkan sejumlah besar memori non-volatile untuk program. FLASH ini bekerja lebihcepat dan dapat dihapus/tulis lebih sering dibanding EEPROM.

  • Battery Backed-Up Static RAM

Memoriini sangat berguna ketika dibutuhkan memori yang besar untuk menyimpan data danprogram. Keunggulan utama dari RAM statis adalah sangat cepat dibanding memori non-volatile, dan juga tidak terdapat keterbatasan kemampuan hapus/tulis sehingga sangat cocok untuk aplikasi untukmenyimpan dan manipulasi data secara lokal.

  • Field Programming/Reprogramming

Dengan menggunakan memori non-volatile untukmenyimpan program akan memungkinkan mikrokontroler tersebut untuk diprogram ditempat, tanpa melepaskan dari sistem yang dikontrolnya. Dengan kata lain mikrokontroler tersebut dapat diprogram setelah dirakit pada PCB.

  • Otp - One Time Programmable

MikrokontrolerOTP adalah mikrokontroler yang hanya dapat diprogram satu kali saja dan tidak dapat dihapus atau dimodifikasi. Biasanya digunakan untuk produksi denganjumlah terbatas. OTP menggunakan EPROM standard tetapi tidak memiliki jendelauntuk menghapus programnya.

Input/Output Mikrokontroller

Menurut Setiawan (2011:14) Mikrokontroller mempunyai beberapa Input/Output diantaranya yaitu :

  • UART (Universal Asynchronous Receiver Transmitter) adalah adapter serial

port adapter untuk komunikasi serialasinkron.

  • USART (Universal Synchronous/Asynchronous Receiver Transmitter) merupakan

adapter serial port untuk komunikasiserial sinkron dan asinkron. Komunikasi serial sinkron tidak memerlukan start/stop bit dan dapat beroperasi padaclick yang lebih tinggi dibandingasinkron.

  • SPI (serial

peripheral interface) merupakan port komunikasi serial sinkron.

  • SCI (serial

communications interface) merupakan enhanced UART (asynchronous serial port).

Konsep Dasar Android

Definsi Android

Menurut Teguh Arifianto (2011 : 1), android merupakan perangkatbergerak pada sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux.

Menurut Hermawan (2011 :1), Android merupakan OS (Operating System)Mobile yang tumbuh ditengah OS lainnya yang berkembang dewasa ini. OS lainnyaseperti Windows Mobile, i-Phone OS, Symbian, dan masih banyak lagi. Akantetapi, OS yang ada ini berjalan dengan memprioritaskan aplikasi inti yangdibangun sendiri tanpa melihat potensi yang cukup besar dari aplikasi pihakketiga. Oleh karena itu, adanya keterbatasan dari aplikasi pihak ketiga untukmendapatkan data asli ponsel, berkomunikasi antar proses serta keterbatasan distribusiaplikasi pihak ketiga untuk platform mereka.

Berdasarkan pendapat diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa androidadalah sistem operasi berbasis linux yang sedang berkembang ditengah OSlainnya.

Android adalah sebuah sistem operasi perangkat mobile berbasis linux yangmencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platformterbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka.

Android merupakan generasi baru platform mobile yang memberikan kesempatankepada pengembang untuk melakukan pengembangan sesuai dengan yang diharapkan.Sistem operasi yang mendasari Android merupakan lisensi di bawah naungan GNU,General Public License Versi 2(GPLv2), yang biasa dikenal dengan istilahCopyleft. Istilah copyleft ini merupakan lisensi yang setiap perbaikan olehpihak ketiga harus terus jatuh di bawah terms.

Distribusi Android berada di bawah lisensi Apache Software(ASL/Apache2),yang memungkin untuk distribusi kedua atau seterusnya. Pengembang aplikasiAndroid diperbolehkan untuk mendistribusikan aplikasi mereka di bawah skemalisensi apapun yang mereka inginkan.

Pengembang memiliki beberapa pilihan dalam membuat aplikasi yang berbasisAndroid. Namun kebanyakan pengembang menggunakan Eclipse sebagai IDE untukmerancang aplikasi mereka. Hal ini diikarenakan Eclipse mendapat dukunganlangsung dari Google untuk menjadi IDE pengembangan aplikasi Android.

Aplikasi Android dapat dikembangkan pada berbagai sistem operasi,diantaranya adalah:

  • Windows XP/Vista/7
  • Mac OS X (Mac OS X 10.48 atau yang lebih baru)
  • Linux


Perkembangan Android

Menurut Wahana (2012:2) didalam bukunya mengemukakan perkembangan Android dan keunggulannya diantaranya sebagai berikut:

  • Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Androidversi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi,jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

  • Android versi 1.5 (cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (SoftwareDevelopment Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake).Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

  • Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya,penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, kamera,camcorder dan galeri yang dintegrasikan, CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, gestures,kemampuan dial kontak, teknologi text to change speech, pengadaan resolusiVWGA.

  • Android versi 2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalahpengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI denganbrowser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untukkamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikutnya, Google melakukan investasi denganmengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik. Dengan semakin berkembangnya dansemakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yangberminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android.Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam,Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace danFacebook.

  • Android Versi 2.2 (Froyo: Frozen Yogurt)

Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2(Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja danaplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser,pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

  • Android Versi 2.3 (Gingerbread)

Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3(Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Androidversi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatanfungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphonevirtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication(NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

  • Android Versi 3.0 (HIoney comb)

Android Honeycomb dirancang khusus untuktablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet.Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras(hardware) untuk grafis.

  • Android Versi 4.0 (Ice cream sandwich)

Ice Cream Sandwich didesain untuk baik itu telepon ataupun tablet. Android ICS menawarkan banyak peningkatan dari apa yg sudah ada di Gingerbread dan Honeycomb dengan pada saat yang sama memberikan inovasi-inovasi baru. Beberapa peningkatan itu antara lain kemampuan copy pasteyang lebih baik, data logging dan warnings, dan kemampuan utk mengambil screenshot dengan menekan power dan volume bersamaan. Selain itu keyboardnya dan kamus juga mendapat perbaikan. Inovasi-inovasi baru di ICS antara lainpenggunaan font “Roboto”. di Android 4.0 Ice Cream Sandwich System Bar dan Action Bar. adanya Android 4.0 Ice Cream Sandwich voice control yang memungkinkan kita mendikte teks yang ingin kita ketik. Selain itu Face Unlock merupakan salah satu hal yang menonjol di Android versi baru ini. Juga ada NFCbased app yang disebut Android Bump, yang memungkinkan pengguna untuk bertukar informasi/data hanya dengan menyentuhkan gadget.

  • Android Versi 4.1 (Jelly bean)

Android Jelly Bean yaang diluncurkan padaacara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tidakketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Nowmemberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.

  • Android Versi 4.4 (Kitkat)

Android 4.4 KitKat adalah system operasi yang baru saja diluncurkan oleh Google dan Android 4.4 KitKat sebenarnya adalah versi update dari system operasi android yang lama yaitu Android 4.3 Jelly Bean. Tujutan diluncurkannya update terbaru adalah untuk memperbaiki bug (celah) ataupun menyempurnakan system operasi Android sebelumnya. Dari segi perbedaan yang paling terlihat pasti dari segi tampilan dan navigasi. Selain itu dari segi keamanan juga lebih baik dan sempurna karena telah menutup sejumlah bug (celah) yang ada. Selain penyempurnaan dan perbaikan, Android 4.4 KitKat juga memiliki sejumlah fitur unggulan yang tidak ada di pendahulunya yaitu Android 4.3 Jelly Bean.

Definisi Basic4Android

Basic4android adalah Development Tool sederhana yang powerful untuk membangun aplikasi android. Bahasa Basic4android mirip dengan bahasa VisualBasic dengan tambahan dukungan untuk objek. Aplikasi android (APK) yangdi-compile oleh Basic4android adalah aplikasi android native/asli dan tidak adaextra runtime seperti di Visual Basic yang ketergantungan file msvbvm60.dll,yang pasti aplikasi yang di-compile oleh Basic4android adalah NO DEPENDENCIES (tidak ketergantungan file lain). IDE Basic4android hanya fokus pada Development Android.

Basic4android termasuk designer GUI untuk aplikasi android yang powerful dengan dukungan Built-in untuk multiple screens dan orientations, serta tidak dibutuhkan lagi penulisan XML yang rumit.

Android SDK

Menurut Nazruddin Safaat H (2011:15), “SDK (Software Development Kit)merupakan alat bantu dan API dalam mengembangkan aplikasi pada platform androidmenggunakan bahasa pemrograman JAVA”

SDK Android sebenarnya adalah kumpulan tools yang di sediakan oleh google untuk para pengembang yang ingin mencoba mengembangkan aplikasi android nya.Sdk sendiri merupakan kependekan dari system development kits, dalam sdk initerdapat tools tool yang di butuhkan dalam pengembangan android, diantaranya adalah:

Basic4android termasuk designer GUI untuk aplikasi android yang powerful dengan dukungan Built-in untuk multiple screens dan orientations, serta tidak dibutuhkan lagi penulisan XML yang rumit.

APK Android

APK adalah paket aplikasi Android (Android PacKage). APK umumnya digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi atau program yang akan dijalankan pada perangkat Android.

APK pada dasarnya berupa compress file seperti zip file, karena berisi dari kumpulan file. APK dapat diperoleh melalui berbagai metode, seperti menginstall sebuah aplikasi melalui Play Store, download dari sebuah situs web kemudian diinstall secara manual, atau membuat dan mengembangkan sendiri dengan bahasa yang sebagian besar berbasis Java.

Konsep Dasar Bluetooth

Definisi Bluetooth

Menurut Dwi Agus Diartono (2009:70) “Bluetooth adalah sebuah teknologikomunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensedISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequencyhopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suarasecara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yangterbatas ”.

Sejarah Bluetooth

Menurut Dwi Agus Diartono (2009:70)“Nama bluetooth berawal dari proyek prestisius yang dipromotori oleh perusahaan-perusahaan raksasa internasional yang bergerak di bidang telekomunikasi dan komputer, di antaranya Ericsson,IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba”.

Proyek ini di awal tahun 1998 dengan kode nama bluetooth, karena terinspirasi oleh seorang raja Viking (Denmark) yang bernama Harald Blatand.Raja Harald Blatand ini berkuasa pada abad ke-10 dengan menguasai sebagian besar daerah Denmark dan daerah Skandinavia pada masa itu. Dikarenakan daerah kekuasaannya yang luas, raja Harald Blatand ini membiayai para ilmuwan dan insinyur untuk membangun sebuah proyek berteknologi metamorfosis yang bertujua nuntuk mengontrol pasukan dari suku-suku di daerah Skandinavia tersebut dari jarak jauh. Maka untuk menghormati ide raja Viking tersebut, yaitu Blatand yang berarti bluetooth (dalam bahasa Inggris) proyek ini diberi nama.

  1. Pertama dirilis untuk bluetooth versi 1.0 dan 1.0 B pada tanggal 26 Juli 1999 produk ini belum sempurna, karena mempunyai banyak masalah dan perusahaan manufaktur pendukungnya mengalami kesulitan dalam menerapkan teknologi ini pada produk mereka. Untuk versi ini dibutuhkan perintah manual pada Hardware DeviceAddress (BD-ADDR) transmisi saat proses koneksi di antara dua device dalam satu jaringan (handshaking process) sehingga keamanan pengguna tidak terjamin, dan penggunaan protokol tanpa nama (anonymite mode) tidak dimungkinkan di versi ini.
  2. Pada bulan Oktober di tahun yang sama, Bluetooth telah diperbarui dan dirilis versi 1.1 dan 1.2.
  3. Dengan bertambahnya perusahaan manufaktur pendukung, antara lain 3Com, Ericsson, IBM, Intel, Lucent Technologies, Microsoft, Motorola, Nokia, danToshiba yang lebih dikenal dengan nama The Bluetooth SIG (Special InterestGroup), maka teknologi ini pun mengalami perbaikan-perbaikan untuk versi2.0-nya. Fitur tambahan yang dirilis oleh periset dari Ericsson tidakmenjelaskan secara detail, tetapi intinya ada beberapa tambahan pada Bluetoothini, antara lain:
  • Diperkenalkannya Non-hopping narrowband channels. Pada channel ini bias digunakan untuk memperkenalkan layanan profile bluetooth oleh berbagai device dengan volume yang sangat tinggi dari perangkat bluetooth secara simultan.
  • Tidak dienkripsinya informasi yang bersifat umum secara realtime, sehingga kemacetan trafik informasi dan laju trafik ke tujuan dapat dihindari waktu ditransmisikan oleh perangkat dengan melewati setiap host dengan kecepatan tinggi.
  • Koneksi berkecepatan tinggi.
  • Multiplay speeds level.


Aplikasi dan layanan Bluetooth

Menurut Dwi Agus Diartono (2009:71) “Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter (~30 feet),bahkan untuk daya kelas 1 bisa sampai pada jarak 100 meter. Sistem bluetooth menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint”.

Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan kedalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera digital, printer, router dan masih banyak peralatan lainnya. Aplikasiaplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC filetransfer, PC to PC file synch (notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA,wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.


Konsep Dasar Elisitasi

Definisi Elisitasi

Menurut Guritno, Sudaryono dan Untung Rahardja (2010:302), “Elisitasi (elicitation) berisi usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi”.

Menurut Nugroho (2010:10), Akuisisi informasi dari seseorang atau kelompok dengan cara yang tidak mengungkapkan maksud dari wawancara atau percakapan. Sebuah teknik pengumpulan intelijen sumber manusia, umumnya terbuka.

Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa elisitasi adalah akuisi informasi dari seorang kelompok atay usulan rancangan sistem baru yang diinginkan oleh pihak terkait dan disanggupi oleh penulis untuk dieksekusi.

Jenis-jenis Elisitasi

Guritno, Sudaryono dan Untung Rahardja (2010:302), Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu sebagai berikut:

  • Elisitasi Tahap I

Berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara.

  • Elisitasi Tahap II

Merupakan hasil pengklasifikasian dari elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI ini bertujuan untuk memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada pada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi untuk dieksekusi.

  1. M pada MDI itu artinya Mandatory. Maksudnya requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru.
  1. D pada MDI itu artinya Desirable. Maksudnya requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Tetapi jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem, akan membuat sistem tersebut lebih perfect.
  2. I pada MDI itu artinya Inessential. Maksudnya bahwa requirement tersebut bukanlah bagian dari sistem yang dibahas dan merupakan bagian dari luar sistem.
  • Elisitasi Tahap III

Merupakan hasil penyusutan dari elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement yang optionnya I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui metode TOE.

  1. T artinya Technical, maksudnya bagaimana tata cara / tehnik pembuatan requirement tersebut dalam sistem yang diusulkan.
  2. O artinya Operasional, maksudnya bagaimana tata cara penggunaan requirement tersebut dalam sistem yang akan dikembangkan.
  3. E artinya Economic, maksudnya berapakah biaya yang diperlukan guna membangun requirement tersebut di dalam sistem.

Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu sebagai berikut:

  1. High (H) : Sulit untuk dikerjakan, karena tehnik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Sehingga requirement tersebut harus dieliminasi.
  2. Middle (M) : Mampu untuk dikerjakan.
  3. Low (L) : Mudah untuk dikerjakan.


Final Draft Elisitasi

Final draft merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

Konsep Dasar Literature Review

Definisi Literature Review

Literature Review ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui landasan awal dan sebagai pendukung bagi kegiatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, sehingga dapat menghindari pengulangan hal yang sama dalam penelitian dan dapat melakukan pengembangan ketingkat yang lebih tinggi dalam rangka menyempurnakan/melengkapi penelitian yang nantinya akan dikembangkan lagi untuk kedepannya. Penelitian ini yang saya tulis dengan judul “Desain dan Pengontrolan Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Memanfaatkan Arduino Uno Berbasis Mikrokontroller ATMega328 Melalui Media Handphone”. Adapun Literature Review sebagai landasan dalam mendukung penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Penelitian yang dilakukan oleh Sistandi dan Supriyanto (2008) yang berjudul “Alat Pengontrol Peralatan Listrik Rumah Tangga Via Yahoo Messenger”. Penelitian ini membahas tentang pengontrolan peralatan listrik rumah tangga dengan menggunakan menggunakan sebuah aplikasi messengger sebagai input. Cara kerja pengontrolan adalah dengan mengirimkan informasi melalui Yahoo Mesengger sebagai media informasinya lalu diteruskan ke komputer dan diterima lalu diproses di rangkaian terakhir mengeluarkan output yang diinginkan. Penulis mengakui beberapa kekurangan yang ada pada alat yang dibuatnya antara lain Kekurang pada alat ini adalah server yang berada di rumah harus stanbay 24 jam, jika server mati maka peralatan tidak bisa dikontrol. Untuk pengembangannya pilihan SET ON / OFF pada peralatan listrik yang berbeda dapat dilakukan bersamaan.
  2. Penelitian yang telah dilakukan oleh Kurniawan (2010) yang berjudul ”Pengontrolan Alat Elektronik Rumah Tangga Menggunakan Mikrokontroler AT89S52 berbasis WEB” diusulkan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada penelitian sebelumnya, dimana kekurangan pada penelitian sebelumnya tersebut masih belum terintegrasi dengan baik. Untuk memperbaiki dan mengembangkan sistem pada penelitian sebelumnya, maka pada penelitian ini menggunakan metode berbasis Internet Protocol (IP) dengan aplikasi Visual Basic. Namun, upaya tersebut masih belum dapat diimplementasikan dan belum optimal karena pada sistem ini masih menggunakan beberapa alat, sehingga proses pengontrolan kurang efisien. Penelitian ini juga melakukan pengendalian motor servo sebagai tindak lanjut dari penelitian yang peneliti lakukan.
  3. Penelitian yang dilakukan oleh Insani (2008) yang berjudul “Metode Pengontrolan Motor Dengan Sinyal GSM Pada Aplikasi Palang Pintu Kereta Api”. Penelitian ini mambahas tentang pengontrolan palang pintu kereta api dengan menggunakan sinyal GSM sebagai input. Sistem ini juga meggunakan GPS (Global Positioning Sistem), GIS (Geographic Information Sistem), VTS (Vehicle Tracking Sistem) jadi kita dapat mengontrol sistem ini melalui jalur komunikasi dari jarak jauh. Cara kerja pengontrolan adalah dengan pengiriman sinyal ke perangkat GSM dan mikrokontroler, kemudian dilakukan pengontrolan palang pintu kereta oleh mikrokontroler, dan adanya sinyak feedback jika terjadi kegagalan pengontrolan.
  4. Penelitian yang dilakukan oleh Saputro (2010) yang berjudul “Robot Internet Nirkabel ”. Penelitian ini membahas tentang mengendalikan robot secara remote lokal, yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan protokol TCP/IP. Robot Internet Nirkabel ini juga dapat dikendalikan melalui jaringan internet dengan menggunakan Web Browser yang akan membuka interface web Robot melalui internet. Akan tetapi dibutuhkan sebuah teknologi Port Forwarding untuk bisa menghubungkan jaringan internal robot dengan jaringan ip publik yang diberikan oleh Internet Service Provider (ISP). Teknologi Port Forwarding dilakukan dengan cara menyamakan port dari router yang terhubung dengan IP publik dengan port yang berada pada wireless robot. Kemudian akan didapatkan sebuah kombinasi IP publik dengan port yang akan menjadi IP publik dari robot.
  5. Penelitian yang dilakukan oleh Istiyanto (2004) yang berjudul “Rancangan dan Implementasi Prototipe Sistem Kendali Jarak Jauh Berbasis AT89C52 Dan Layanan SMS GSM”. Penelitian ini membahas tentang pengontrolan device dari jarak jauh memanfaatkan fitur SMS yang ada pada handphone melalui jaringan telekomunikasi GSM.

Dari beberapa sumber literature review di atas, dapat diketahui bahwa penelitian tentang sistem pengontrolan device melalui media handphone ini sudah ada pada Perguruan Perguruan Tinggi Raharja. Untuk itu saya melakukan penelitian ini yang berjudul “Desain dan Pengontrolan Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Memanfaatkan Arduino Uno Berbasis Mikrokontroller ATMega328 Melalui Media Handphone”.

Penelitian yang akan dilakukan oleh penulis mengambil konsep dari beberapa penelitian di atas, dan merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya. Sehingga penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian level 2.

BAB III

PEMBAHASAN

Gambaran Umum Perguruan Tinggi Raharja

Dengan semakin maraknya perguruan tinggi di daerah Tangerang khususnya dalam bidang komputer ternyata hal tersebut masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh data secara terkomputerisasi di setiap bidang.

Dunia komputer dan alat-alat canggih serta otomatis lainnya dalam dunia perkantoran, baik instansi pemerintah maupun swasta sangat cepat sekali perkembangannya, sehingga selalu berubah setiap saat. Oleh karena itu Perguruan Tinggi Raharja dalam pendiriannya mempunyai misi untuk untuk ikut membantu program pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi era globalisasi.

Telah menjadi tekad para pendiri Perguruan Tinggi ini untuk membantu pemerintah dan masyarakat kota Tangerang dalam pendiran Perguruan Tinggi Raharja yang di selenggarakan oleh Yayasan Nirwana Nusantara (YRI) yang didirikan pada tahun 2001 dan merupakan pendidikan yang terbaik dalam bidang pendidikan komputer.

Sejarah Singkat Perguruan Tinggi Raharja

Perguruan Tinggi Raharja bermula dari sebuah lembaga kursus komputer yang bernama LPPK (Lembaga Pendidikan dan Penelitian Komputer) Raharja yang terletak di Jl. Gatot Subroto km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang.LPPK Raharja diresmikan pada tanggal 3 Januari 1994 oleh bapak walikota Tangerang Drs. H. Zakaria Mahmud, Raharja telah terdaftar pada Depdiknas Kotamadya Tangerang dengan nomor 201/PLSM/02.4/L.93. Lembaga inilah yang mempelopori penggunaan operating system windows dan aplikasinya diwilayah Tangerang dan sekitarnya, hal tersebut mendapat respon positif dan jumlah peminatnya pun meningkat pesat seiring dengan kerjasama yang di lakukan oleh lembaga ini dengan sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Tangerang.

Karena semakin pesatnya perkembangan dan pertumbuhan akan komputerisasi dan meningkatnya peminat masyarakat Tangerang maka pada tanggal 24 Maret 1999 LPPK Raharja berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika yang diresmikan melalui surat keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 56/D/O/1999 yang diserahkan langsung dari Bapak Prof. Dr. Udju D. Rusdi selaku Koordinator KOPERTIS wilayah IV Jawa Barat kepada ketua yayasan Nirwana Nusantara Ibu Kasarina Sudjono. Pada tanggal 2 Februari 2000 dengan menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika.

Pada tanggal 2 Februari 2000 AMIK Raharja Informatika menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menjalankan studi formal untuk program Diploma I (DI) dengan memberikan gelar Ahli Pratama dan Program Diploma II (DII) dengan memberikan gelar Ahli Muda dan Diploma III (DIII) dengan memberikan gelar Ahli Madya kepada lulusannya, sesuai dengan surat keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta wilayah IV Jawa Barat dengan Nomor 3024/004/KL/1999.

Kemudian pada tanggal 7 September 2000 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 354/Dikti/Kep/2000 menambah 2 program yakni D3 Teknik Informatika dan D3 Komputer Akuntasi.

Kini AMIK Raharja Informatika mempunyai 3 (tiga) program studi Diploma III dengan jurusan Manajemen Informatika (MI), Teknik Informatika (TI), dan Komputer Akuntansi (KA) yang masing-masing jurusan memberikan gelar Ahli Madya (A.md), Ahli Muda (AM), Ahli Pratama (AP) kepada lulusannya.

Pada tanggal 20 Oktober 2000 dalam usahanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari pada lulusan AMIK RAHARJA INFORMATIKA meningkatkan statusnya dengan membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) RAHARJA. Dengan surat keputusan Nomor 42/01/YNN/PR/II/200. ketua Yayasan Nirwana Nusantara mengajukan permohonan pendirian STMIK RAHARJA kepada Mendiknas KOPERTIS Wilayah IV jawa barat dengan 3 (tiga) program studi SI Jurusan Sistem Informasi (SI), Teknik Informatika(TI), dan Sistem Komputer (SK), hal tersebut telah mendapat tanggapan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan surat keputusan Nomor 5706/D/T/2000. Tidak hanya sampai disini, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas lulusan RAHARJA sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Raharja, bahwa dalam kurun waktu tidak lebih dari 5 tahun sudah berdiri Universitas RAHARJA.

Pada saat ini, Perguruan Tinggi Raharja pun telah meningkatkan mutu dan kualitasnya melalui sertifikat Akreditasi, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 5 April 2006 dengan sertifikat Akreditasi Nomor 00117/Ak-1-DIII-03/DFXMEI/IV/2002 yang berisi Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika Terakreditasi A.
  2. Pada tanggal 4 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08479/Ak-X-SI-001/CAGTLF/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa studi Strata 1 Teknik Informatika di STMIK Raharja terakreditasi B.
  3. Pada tanggal 11 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08523/Ak-X-S1-002/CAGSIM/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Strata 1 Sistem Informasi di STMIK Raharja terakreditasi B.
  4. Pada tanggal 3 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 006/BAN-PT/AK-VIII/DPI-III/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika terakreditasi B.
  5. Pada tanggal 25 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 019/BAN-PT/AK-X/SI/VIII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program Strata 1 Sistem Komputer di STMIK Raharja terakreditasi B.
  6. Pada tanggal 29 Desember 2007 sesuai surat keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 017/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/XII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Teknik Informatika di AMIK Raharja Informatika dengan terakreditasi B.
  7. Pada tanggal 18 Januari 2008 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 019/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/I/2008 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma Tiga Komputerisasi Akuntansi di AMIK Raharja Informatika terakreditasi A.
  8. Pada tanggal 08 Juli 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 010/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.
  9. Pada tanggal 23 September 2011 sesuai surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Raharja, Tangerang terakreditasi B.

1. Jurusan / Program Studi pada STMIK Raharja

Tabel 1.JPG

Gambar 3.1.Jurusan atau Program Studi pada STMIK Raharja

2. Jurusan / Program Studi pada AMIK Raharja Informatika

Tabel amik.JPG

Gambar 3.2. Jurusan atau Program Studi pada AMIK Raharja

Visi, Misi dan Tujuan Perguruan Tinggi Raharja

Visi Perguruan Tinggi Raharja

Visi Perguruan Tinggi Raharja adalah menjadi perguruan tinggi swasta yang secara berkesinambungan meningkatkan kualitas pendidikannya, memberikan pelayanan dalam menciptakan sumber daya manusia yang tangguh, memiliki daya saing tinggi dalam era kompetisi globalisasi, terutama dibidang teknologi informasi dan komputer. Menjadikan pribadi raharja sebagai sumber daya manusia terampil dan ahli, mampu bersaing dalam dunia bisnis maupun non bisnis, menghasilkan tenaga intelektual dan professional, serta mampu berkembang dalam cakrawala yang lebih luas.

Misi Perguruan Tinggi Raharja
  1. Menyelenggarakan pendidikan komputer (Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Sistem Komputer) yang menghasilkan lulusan bermoral, terampil, dan kreatif serta memiliki daya saing tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakan program-program penelitian dan pengembangan guna menghasilkan keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan sosial-ekonomi dan industri Indonesia, serta mengantisipasi semakin maraknya globalisasi kehidupan masyarakat.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat melalui inovasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
Tujuan Perguruan Tinggi Raharja
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkan, mengembangkan serta memperluas informatika dan komputer secara profesional.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengadakan penelitian dalam bidang informatika dan komputer, yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di lapangan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang informatika dan komputer secara profesional kepada masyarakat.

Wewenang dan Tanggung Jawab Tiap Departemen

Seperti halnya di dalam sebuah perusahaan, Perguruan Tinggi Raharja di dalam manajemen akademiknya terdapat bagian-bagian yang mempunyai tugas dan kewajiban dalam menyelesaikan semua pekerjaannya.

Berikut adalah wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja, yaitu sebagai berikut :

1. Presiden Direktur

Wewenang :

  1. Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada visi, misi, fungsi dan tujuan pendirian Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan administrasi.
  4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tanggung Jawab :

  1. Pemimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga edukatif, mahasiswa, tenaga administrasi dan terhadap lingkungan.

2. Direktur

Wewenang:

  1. Merupakan wakil presiden direktur.
  2. membantu presiden direktur dalam berbagai kegiatan.

3.Pembantu (Bidang Akademik)

Wewenang :

  1. Menjalankan program kebijaksanaan akademik.
  2. Mengawasi dan membina serta mengembangkan program studi sesuai kebijaksanaan yang telah digariskan.
  3. Membina dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Mengadakan afiliasi.
  5. Membina dan mengembangkan kelembagaan.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

4.Pembantu Direktur II (Administrasi)

Wewenang :

  1. Melaksanakan dan mengelola seluruh kegiatan administrasi dan keuangan.
  2. Membina dan mengembangkan kepegawaian.
  3. Mengadakan sarana dan prasarana kepegawaian.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang keuangan dan administrasi.

5. Pembantu Direktur III (Bidang Kemahasiswaan)

Wewenang :

  1. Membina kegiatan kemahasiswaan.
  2. Membina kehidupan mahasiswa dalam kampus sehingga dapat mengembangkan penalaran.
  3. Membina dan mengawasi kegiatan lembaga mahasiswa serta unit kegiatan khusus akademik.

Tanggung Jawab :

  1. Membantu ketua dalam pelaksanaan kegiatan dibidang kemahasiswaan serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa.

6.Asisten Direktur Akademik

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan proses belajar mengajar.
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  4. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
  5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
  6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
  7. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan JRS yang efektif dan efisien, pengimplementasian pelaksanaan proses belajar mengajar, kemajuan kualitas pelayanan akademik yang berkesinambungan, dan kelancaran proses belajar mengajar.

7. Kepala Jurusan

Wewenang:

  1. Mengusulkan kepada Assisten Direktur Akademik tentang perubahan mata kuliah dan materi kuliah yang dianggap telah kadaluarsa bahkan perubahan kurikulum jurusan.
  2. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang kenaikan honor dosen binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pengadaan seminar, pelatihan, penambahan kelas perkuliahan pengangkatan dosen baru dan pemberhentian dosen.
  4. Memberikan kebijakan administratif Akademik seperti cuti kuliah, perpindahan jurusan, ujian susulan, dan pembukaan semester pendek.
  5. Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pembukaan peminatan/konsentrasi baru dalam jurusannya.
  6. Memberikan sanksi Akademik kepada mahasiswa yang melanggar tata tertib Perguruan Tinggi Raharja.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan dan pengimplementasian kurikulum, SAP dan bahan ajar, monitoring kehadiran dosen dalam perkuliahan, jam konsultasi dan tugas-tugas yang disampaikan ke dosen, terlaksananya penelitian, seminar, pembinaan prestasi akademik mahasiswa dan peningkatan jumlah mahasiswa dalam jurusannya.

8. Asisten Direktur Finansial

Wewenang:

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pembuatan budget pada setiap bagian dan pelaksanaan pemakaian dana.
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor, pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  3. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya dan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan budgeting pada setiap bagian, dan tersedianya dana atas budget yang telah disetujui.
  2. Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pendanaan aktifitas yang berkesinambungan.
  3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.

9. Layanan Keuangan Mahasiswa(LKM)

Wewenang:

  1. Mengusulkan prosedur layanan keuangan kepada Asisten Direktur Finansial
  2. Mengusulkan tentang unit baru yang dibutuhkan kepada Asisiten Direktur Finansial.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas kelancaran proses penerimaan keuangan mahasiswa
  2. Bertanggung jawab atas penagihan tunggakan mahasiswa.

10. Asisten Direktur Operasional(ADO)

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar
  2. Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staff binaannya.
  3. Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  4. Memberikan kebijaksanaan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
  5. Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
  6. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas penyusunan kalender akademik tahunan.
  2. Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan dan kualitas pelayanan yang berkesinambungan pada bidangnya.
  3. Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.

11. Registrasi Perkuliahan dan Ujian(RPU)

Bagian registrasi perkuliahan dan ujian terdiri dari dua bagian antara lain:

A. Layanan Registrasi Mahasiswa (LRM)

Wewenang :

  1. Berwenang memberikan kebijakan yang berhubungan dengan proses registrasi mahasiswa.
  2. Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya
  3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang melanggar tata tertib karyawan
  4. Mengusulkan kepada ADO untuk pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.

Tanggung Jawab:

  1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi POM mulai dari persiapan hingga pada penutupan setiap semesternya.
  2. Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi batal tambah dan jumlah mahasiswa yang melakukan POM.
  3. Bertanggung jawab atas seluruh informasi mengenai registrasi mahasiswa.

B. Perkuliahan dan Ujian (PU)

Wewenang :

  1. Mengusulkan kepada ADO atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar serta kebijakan yang diambil.
  2. Mengusulkan kepada ADO tentang pengangkatan dan pemberhentian staff binaannya.
  3. Memberikan sanksi kepada staff binaannya yang dianggap telah melanggar tata tertib karyawan.
  4. Mengusulkan kepada kepala jurusan untuk kelas perkuliahan yang dapat dibuka.

Tanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan dan pendokumentasian perkuliahan dan ujian.


Struktur Organisasi

Sebuah organisasi atau perusahaan harus mempunyai suatu sktruktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha untuk menunjukkan kerangka – kerangka hubungan diantara fungsi, bagian – bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. Serta untuk menunjukkan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu oragnisasi.Sama halnya dengan Perguruan Tinggi Raharja yang mempunyai struktur organisasi manajemen sebagai berikut.

Strk.jpg

Gambar 3.3. Stuktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja

Tata Laksana Sistem Yang Berjalan

Prosedur Sistem Berjalan

Isi Paragraf


Rancangan Sistem Yang Berjalan

Untuk menganalisa sistem berjalan, penelitian ini menggunakan program Unified Modelling Language (UML) untuk menggambarkan prosedur dan proses yang berjalan saat ini.

Analisa sistem yang berjalan pada Use Case Diagram

Gambar 3.4. Use Case Diagram

Berdasarkan gambar 3.4. Use Case Diagram diatas terdapat :

....


Analisa Sistem Pada Activity Diagram

Gambar 3.5. Activity Diagram

Berdasarkan gambar 3.5. Activity Diagram diatas terdapat :

a. ....


Analisa Sistem Pada Sequence Diagram
Sequence wini.png

Gambar 3.6. Sequence Diagram

Berdasarkan gambar 3.6. Sequence Diagram diatas terdapat :

a)...


Konfigurasi Sistem Yang Berjalan

Di dalam membuat analisa program untuk penulisan laporan Skripsi, penulis menggunakan komputer dengan konfigurasi sebagai berikut:

1.Perangkat Keras ( Hardware )

a. Processor : Intel Pentium Processor P6100

b. Monitor : 14.0” HD LED LCD

c. RAM : 1 GB DDR3 Memory

d. Hardisk : 320 GB HDD

2.Spesifikasi Software

a. Windows 7

b. HTML 4.01

c. XHTML 1.0

d. CSS 2.1 and partial CSS3

e. ECMAScript 3 (JavaScript)

f. DOM Level 2

g. Google Chrome

h. Mozilla Firefox

3.Hak Akses (Brainware)

Untuk mengoperasikan Widuri dapat dilakukan oleh seluruh Pribadi Raharja, baik mahasiswa, dosen maupun manajemen pada Perguruan Tinggi Raharja.

Permasalahan yang dihadapi dan Alternatif Pemecahan Masalah

Permasalahan Yang Dihadapi

Analisa Permasalahan

Isi Paragraf

  1. ....
  2. ....


Analisa Batasan Sistem

Isi Paragraf

Analisa Kelebihan dan Kekurangan Sistem Yang Berjalan

Isi Paragraf


Alternatif pemecahan masalah

Isi Paragraf


BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Rancangan desain dan pengontrolan sistem keamanan kendaraan bermotor memanfaatkan arduino uno berbasis mikrokontroller atmega328 melalui media handphone, Rancangan ini mempunyai komponen utama berupa arduino uno atau ATMega328, Bluetooth HC-06, Sensor PIR dan komponen-komponen kecil lainya beserta handphone sebagai I/O nya. Secara keseluruhan dari hasil pengamatan, percobaan dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Metode ini mampu membuat alarm pada kendaraan bermotor (sepeda motor) menggunakan ArduinoUNO (Mikrokrontroller ATMega 328) dengan menggunakan bantuin dari Bluetooth HC-06 melalui handphone.
  2. ArduinoUNO (Mikrokrontroller ATMega 328) dapat mengakses alarm pada kendaraan bermotor (sepeda motor) dengan menggunakan aplikasi BLUETOOTH TERM yang terdapat di handphone.
  3. Handphone menggunakan aplikasi BLUETOOTH TERM yang sudah dikoneksikan dengan Bluetooth HC-06 dan telah diisi dengan program dari ArduinoUNO (Mikrokrontroller ATMega 328)

Saran

Dengan melihat kesimpulan diatas, ada beberapa saran yang diberikan yaitu sebagai berikut :

  1. Metode ini dapat digunakan disetiap lokasi/tempat yang terjangkau oleh jaringan Bluetooth melalui media handphone.
  2. Desain ini mempunyai kelemahan apabila handphone yang ada aplikasi BLUETOOTH TERMnya mati maka alat tidak akan berfungsi karena tidak ada perintah yang dikirimkan oleh user.

DAFTAR PUSTAKA

  • Jogiyanto HM, MBA, Akt., (2008), Sistem Teknologi Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta.
  • Franky Chandra, Deni Arifianto, (2011), Jago Elektronika Rangkaian Sistem Otomatis, Penerbit PT Kawan Pustaka, Cetakan Kedua.
  • Dayat Kurniawan, (2009), Mikrokontroler AT89C51 dan Aplikasinya, Penerbit Elex Media Komputindo, Jakarta.
  • Tim Lab Mikrokontroler, (2011), Pemrograman Mikrokontroler AT89S51, C.V. ANDI OFFSET, Yogyakarta.
  • Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.
  • Mustakini, Jogiyanto Hartono. 2009. “Sistem Informasi Tekonologi”. Yogyakarta: Andi Offset.
  • Malik dan Mohammad Unggul Juwana 2009, “ada beberapa fitur yang pada umumnya ada di dalam mikrokontrolerPIC166F84/a”. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  • Rusmadi, Dedy. 2009. MENGENAL KOMPONEN ELEKTRONIKA. Bandung: Pionir Jaya.
  • Saputra, Dedy Cahyadi, dan Awang H.K. 2010. “Sistem Otomasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID)”. Jurnal Informatika Mulawarman Vol 5 No. 3 September 2010.
  • Sutarman. 2012. “Buku Pengantar Teknologi Informasi”. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Syaifurrahman, 2010. “Selektor Antena Frekuensi Radio Menggunakan Mikrokontroller AT 89S51”, Jurnal ELKHA Vol.2, No.3 November 2010.

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran A:

A.1.Surat Pengantar KKP

Lampiran B:

B.1. Penilaian Objectif iDu

Contributors

Admin, Andry Bastian