KP1121469072
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
PERANCANGAN DESIGN WEBSITE
COMPANY PROFILE PADA
PT. TELKOM AKSES
Disusun Oleh :
1121469072 DWI FITRI PARMANIA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK )RAHARJA
TANGERANG
(2013/2014)
LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
PERANCANGAN DESIGN WEBSITE
COMPANY PROFILE PADA
PT. TELKOM AKSES
Diajukan guna melengkapi sebagai syarat untuk mengikuti Skripsi Pada Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja
STMIK Raharja Tahun Akademik 2013/2014.
Tangerang, Juni 2014
Dosen Pembimbing
( Lusyani Sunarya S.Sn )
NID. 06124
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK (KKP)
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
PERANCANGAN DESIGN WEBSITE
COMPANY PROFILE PADA
PT. TELKOM AKSES
Saya yang bertandatangan di bawah ini,
NIM |
: 1121469072
|
Nama |
|
Jenjang Studi |
: Strata Satu
|
Jurusan |
: Teknik Informatika
|
Konsentrasi |
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting
|
Menyatakan bahwa Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab serta bersedia menerima sanksi jika ternyata pernyataan diatas tidak benar.
Tangerang, Juni 2014 | |
Dwi Fitri Parmania | |
NIM. 1121469072 |
)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;
ABSTRAKSI
Perkembangan media internet mengharuskan penyedia jasa komunikasi terpacu untuk menyediakan akses media internet dengan layanan dan fasilitas serta speed yang tidak mengecewakan penggunanya. PT. Telkom Akses, yang merupakan anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. bergerak di bidang konstruksi pembangunan dan manage service infrastruktur jaringan, berkontribusi untuk menyediakan akses internet broadband yang memungkinkan untuk mengakses internet dengan cepat dan selalu terkoneksi sehingga mudahkan pengguna layanan internet memperoleh informasi dari media internet, PT. Telkom Akses sendiri beralamat di Gedung Telkom Jl. S. Parman Kav.8, Jakarta Barat. Kuliah kerja praktek adalah salah satu kurikulum yang wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa STMIK Raharja Tangerang sebelum menempuh skripsi, dapat diartikan kuliah kerja praktek adalah sebagai suatu program yang mengacu pada sarana pelatihan untuk menerapkan dan memperluas berbagai wawasan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan awal sebagai pribadi yang siap menjadi lulusan sebagai sarjana komputer profesional. Dengan demikian Kuliah Kerja Praktek adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, baik berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintahan secara terbimbing. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Perusahaan atau Instansi tersebut adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja dibidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bidang yang mencangkup Design, Multimedia Audio Visual dan Broadcasting (MAVIB). Dan pada akhirnya, setiap tugas dan pekerjaan yang dilakukan penulis selama proses Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini, akan dirangkum kedalam “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PERANCANGAN DESIGN WEBSITE COMPANY PROFILE PADA PT. TELKOM AKSES”.
Kata Kunci: internet, broadband, akses, komputer, professional.
ABSTRACT
The development of the internet requires communications providers are encouraged to provide access to Internet media services and facilities as well as its speed does not disappoint. PT. Telkom Access, which is a subsidiary of PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. engaged in the construction of the network infrastructure and managed services, contributing to provide broadband Internet access that allows to access the Internet quickly and users are always connected to the internet service make it easy to obtain information from the internet, PT. Access Telkom Telkom building itself is located at Jl. Kav.8 S. Parman, West Jakarta. Lecture is one of the practical work curriculum that must be followed by all students STMIK Prog Tangerang before taking the thesis, the working class can be defined as a practice is a program that refers to the means of training to implement and expand the insights, attitudes, and skills in order to establish early as person is ready to become a graduate with a degree in computer professional. Thus Job Training is an activity which is mandatory for all students, either in the form of an internship or observation in companies or government agencies are guided. The reason the authors implement the Job Training in the company or agency is to gain knowledge and experience in the field of work that is being studied, particularly in the field that covers Design, Audio Visual and Multimedia Broadcasting (MAVIB). And in the end, each task and the author of the work done during the process of Kuliah Kerja Praktek (KKP), will be summarized into “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PERANCANGAN DESIGN WEBSITE COMPANY PROFILE PADA PT. TELKOM AKSES”.
Keywords: internet, broadband access, computer, professional.
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan Puji serta rasa Syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala anugerah, rahmat dan karunia–Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek ini sebagaimana mestinya dan tepat pada waktunya. Kuliah Kerja Praktek ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan program pendidikan Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB) STMIK Raharja Tangerang.
Dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini, penulis menemukan kesulitan yang dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan serta pengalaman yang penulis miliki, sehingga tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan arahan dari berbagai pihak terkait yang selama ini telah meluangkan waktu dan tenaganya. Maka pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada :
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
- Ibu Lusyani Sunarya, S.Sn., selaku Dosen Pembimbing yang telah banyak memberikan bimbingan dan sarannya kepada penulis yang sangat berarti dalam menyelesaikan laporan Kuliah Kerja Praktek ini.
- Bapak Ir. Verdi Prasiswa Huwae, SE. MT., yang telah bersedia memberikan penulis tempat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) pada PT. Telkom Akses dan memberikan nasehat serta saran yang membangun untuk penulis kedepannya.
- Bapak I Putu Anggara, S.T. selaku pembimbing lapangan yang telah banyak membantu dan memberikan saran kepada penulis, selama penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek pada PT. Telkom Akses.
- Seluruh Dosen STMIK Raharja yang telah banyak memberikan pelajaran maupun bimbingan guna menyempurnakan setiap tugas yang penulis laksanakan.
- Kedua orang tua saya serta keluarga, yang selalu mendo’akan yang terbaik dan memberikan support untuk saya.
- Sahabat – sahabat saya yang selalu berada dikantin atas yang senantiasa membantu dalam penulisan laporan ini dan seluruh mahasiswa STMIK Raharja yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang telah banyak membantu, memberikan doa, semangat, pengetahuan, dukungan serta saran dan kritik yang bermanfaat bagi penulis.
Penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan serta penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek ini, untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari seluruh pihak untuk menyempurnakan penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek ini. Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan pembaca umum laporan Kuliah Kerja Praktek ini, semoga Allah SWT senantiasa menyertai dan meridhoi langkah kita semua dalam meraih kesuksesan, Amin.
Tangerang, Juni 2014 | |
Dwi Fitri Parmania | |
NIM. 1121469072 |
Daftar isi
- 1 BAB I
- 2 BAB II
- 2.1 Teori Umum
- 2.1.1 Definisi Perancangan
- 2.1.2 Konsep Dasar Media
- 2.1.3 Konsep Dasar Data
- 2.1.4 Konsep Dasar Informasi
- 2.1.5 Pengertian Company Profile
- 2.1.6 Konsep Dasar Design
- 2.1.7 Definisi Tipografi
- 2.1.8 Definisi Tentang Psikologi Warna
- 2.1.9 Definisi Tentang Psikologi Warna
- 2.1.10 Definisi Tentang Simbolik Bentuk
- 2.1.11 Definisi Citra atau Image
- 2.2 Teori Khusus
- 2.3 Literatur Review
- 2.1 Teori Umum
- 3 BAB III
- 4 BAB IV
- 5 Daftar Pustaka
DAFTAR TABEL
Gambar 3.1 Data Perusahaan
Gambar 3.2 Daftar Relasi
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Siklus Pengolahan Data
Gambar 2.2 Siklus Pengolahan Data yang Dikembangkan
Gambar 3.1 Struktur Organisasi
Gambar 3.2 Skema Alur Kerja PT. Telkom Akses
Gambar 3.3 Alur Kerja Penerimaan Barang
Gambar 3.4 Alur Kerja Pengeluaran Barang
Gambar 3.5 Alur Rekonsiliasi & Stock Barang
Gambar 3.6 Pembuatan Design Web Compamy Profie
Gambar 3.7 Script HTML Untuk Template Konten Video
Gambar 3.8 Script CSS Untuk Template Konten Video
Gambar 3.9 Design Template Home
Gambar 3.10 Design Template Sejarah
Gambar 3.11 Design Template Visi Misi
Gambar 3.12 Design Template Kebijakan Mutu
Gambar 3.13 Design Template Struktur Organisasi
Gambar 3.14 Design Template Wilayah Layanan Operasi
Gambar 3.15 Design Template Keunggulan
Gambar 3.16 Design Template Penglaman Kerja
Gambar 3.17 Design Template Video Company Profile
Gambar 3.18 Design Template Layanan Pengelolaan
Gambar 3.19 Design Template Kontak
Gambar 3.20 Pembuatan Banner
Gambar 3.21 Design Banner
Gambar 3.22 Pembuatan Salah Satu Animasi (Komponen FTTH)
Gambar 3.23 Penyatuan Seluruh Komponen Video Animasi
Gambar 3.24 Pembukaan Video Animasi (00:13)
Gambar 3.25 Pengertian FTTH (00:52)
Gambar 3.26 Komponen FTTH (01:12)
Gambar 3.27 Perkembangan FTTH (02:11)
Gambar 3.28 Topologi FTTH (02:44)
Gambar 3.29 Kepanjangan ODC dan ODP (03:01)
Gambar 3.30 Kegunaan ODC dan ODP (03:19)
Gambar 3.31 Penutup Video Animasi (04:23)
BAB I
Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek
Pesatnya perkembangan telekomunikasi saat ini sangat berperan penting bagi masyarakat luas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelopor telekomunikasi yang berlomba – lomba menyajikan dengan merealisasikan jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi, baik melalui media cetak seperti koran, majalah, buku, maupun media elektronik seperti radio, televisi, telepon, dan internet.
Media internet sendiri saat ini memiliki perkembangan yang sangat pesat dibandingkan dengan media komunikasi lainnya. Hal ini memicu PT. Telkom Akses yang beralamat di Gedung Telkom Jl. S. Parman Kav.8, Jakarta Barat yang berada dibawah naungan PT. Telekomunikasi Tbk. Indonesia salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia untuk menyajikan jaringan komunikasi berupa akses internet broadband yang memungkinkan untuk mengakses internet dengan cepat dan selalu terkoneksi sehingga mudahkan pengguna layanan internet memperoleh informasi dari media internet.
Kuliah Kerja Praktek merupakan akumulasi dari seluruh kurikulum bagi setiap mahasiswa di Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer STMIK Raharja Tangerang, maka Kuliah Kerja Praktek ini dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan sarana pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan dan wawasan, serta sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan awal kepribadian mahasiswa di dunia kerja hingga menjadi sarjana informatika yang profesional.
Dengan demikian Kuliah Kerja Praktek adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, baik berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi pemerintahan secara terbimbing sebagai persyaratan kelulusan dengan menerapkan seluruh pengalaman belajar sebelumnya dan semua hal yang berhubungan dengan teknologi informasi. Kuliah Kerja Praktek merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh oleh Mahasiswa sebelum nantinya berlanjut mengerjakan skripsi. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek di Perusahaan atau Instansi tersebut adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman kerja dibidang yang sedang dipelajari, khususnya dalam bidang yang mencangkup Design, Multimedia Audio Visual dan Broadcasting (MAVIB).
Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek
Maksud Kuliah Kerja Praktek
1. Maksud dari Kuliah Kerja Praktek ini adalah untuk memberikan gambaran dan kesempatan kepada Mahasiswa untuk dapat menerapkan dan mempraktekkan ilmu yang telah didapat selama pembelajaran di perkuliahan.
2. Mahasiswa dapat belajar untuk bertanggung jawab sehingga mampu mengatasi segala hal yang terjadi di lingkungan kerja.
3. Mahasiswa di dalam KKP ini diharapkan bisa mendapatkan pengalaman bekerja yang berharga yang belum didapat sebelumnya di perkuliahan.
Tujuan Kuliah Kerja Praktek
1. Tujuannya antara lain adalah sebagai Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Khususnya konsentrasi Multimedia Audio Visual dan Broadcasting yang kelak akan lulus dan menjadi sarjana komputer bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya.
2. Dapat menambah dan memperluas pengetahuan tentang dunia kerja khususnya Broadcasting> dan Design, dan secara pribadi juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan, serta meningkatkan keterampilan dan kreatifitas sehingga dapat diterapkan saat di dunia kerja yang sesugguhnya.
Manfaat Kuliah Kerja Praktek
1. Melalui Kuliah Kerja Praktek kita akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga bagi Mahasiswa sebelum diterapkan pada dunia kerja, sebagai sarjana komputer yang berbasis Multimedia dan Broadcasting.
2. Kuliah Kerja Praktek juga menuntut Mahasiswa untuk dapat bekerja sama secara kelompok ataupun individu dalam mencapai target yang diberikan, selain itu Mahasiswa dapat merasakan realita apa dan bagaimana saat di dunia kerja yang sebenarnya.
Metodelogi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek
1. Observasi
Observasi adalah pengambilan data yang diperlukan untuk penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek melalui pengamatan dan membuat pencatatan secara sistematik terhadap unsur – unsur yang telah diteliti dengan tujuan secara langsung pada PT. Telkom Akses.
2. Wawancara
Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara bertatap muka langsung dengan orang yang akan diwawancarai, untuk memperoleh informasi yang lebih jelas dan gambaran mengenai design seperti apa yang diinginkan oleh PT. Telkom Akses.
3. Studi Pustaka
Studi pustaka adalah pengumpulan data – data berupa teori, mempelajari dan memahami buku – buku diktat yang berkaitan dengan penulisan Kuliah Kerja Praktek konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting (MAVIB).
SISTEMATIKA PENULISAN
BAB I PENDAHULUAN
Pada Bab ini berisikan tentang Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek, Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek, Manfaat Kuliah Kerja Praktek, Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek, Sistematika Penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada Bab ini berisikan tentang teori dasar yang melandasi penulisan laporan tugas magang sesuai penugasan yang diberikan kepada setiap mahasiswa yang melakukan magang KKP (Kuliah Kerja Praktek).
BAB III PEMBAHASAN
Pada Bab ini berisikan tentang Gambaran Umum Tentang Perusahaan meliputi Sejarah Perusahaan, Ruang Lingkup. Visi dan Misi Perusahaan, Struktur Organisasi, Tugas dan Kewajiban tiap Departemen, dan Daftar Klien. Tinjauan umum menjelaskan tentang Skema Alur Kerja dan Alur Kerja, sedangkan Tinjauan Khusus menjelaskan tentang Daftar Project serta latar belakang dan konsep desain selama Kuliah Kerja Praktek (KKP).
BAB IV PENUTUP
Pada Bab ini berisikan tentang Kesimpulan, Saran, dan Kesan yang diberikan penulis kepada Perusahaan selama KKP.
DAFTAR PUSTAKA
Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP).
LAMPIRAN
Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran-lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.
BAB II
Teori Umum
Definisi Perancangan
Menurut Nasution (2012:118)[1], “Desain atau perancangan adalah tahapan dimana dimulai analisa mengenai bentuk input sistem, rancangan database, output sistem dan skema alur kerja program”.
Menurut Iwan Binanto dalam bukunya yang berjudul Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya (2010:260 - 261)[2], menjelaskan bahwa Perancangan adalah tahap pembuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan material atau bahan untuk program. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene lain dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.
Proses Perancangan Secara Umum
Menurut Hendi Hendratman dalam buku Tips n Trix Komputer Graphics Design (2010:09 - 12)[3], Proses Perancangan Secara Umum sebagai berikut.
a. Persiapan Data
Data dapat berupa teks atau gambar yang terlebih dahulu diseleksi, apakah data tersebut sangat penting sehingga harus ditampilkan atau data kurang penting sehingga dapat ditampilkan lebih kecil, samar atau ditiadakan sama sekali. Data dapat berupa data Informatif yaitu berupa foto atau teks dan judul serta data estetis yaitu berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang.
b. Ide
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.
c. Konsep
Hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen yang dituju. Oleh karena itu, desain grafis menjadi desain komunikasi visual agar dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.
d. Media
Untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, wawancara dan lain-lain agar desain yang dibuat bisa efektif diterima dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan.
e. Visualisasi
Menentukan komponen desain, pemilihan warna, layout sampai finishing.
f. Produksi
Setelah desain yang dibuat selesai, sebaiknya terlebih dahulu di proofing (print preview sebelum cetak mesin). Jika warna dan komponen grafis lain tidak ada kesalahan, maka desain dapat dicetak dan diperbanyak.
Konsep Dasar Media
Pengertian Media
Menurut Dewi Immaniar Desrianti dalam jurnal CCIT (Vol.5 No.2 2012 : 133)[4], Media adalah segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi.
Menurut Maimunah dkk dalam jurnal CCIT (Vol. 5 No. 3 2012 : 284)[5], Media adalah sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada public dengan menggunakan berbagai unsur komunikasi grafis seperti teks atau gambar atau foto.
Media adalah saluran penyimpanan pesan komersial kepada khalayak sasaran atau dapat dikatakan salah satu komunikasi periklanan yang dilakukan melalui saluran media tertentu, seperti televisi, surat kabar, majalah, radio, internet, buku profil, media luar ruangan, iklan transit dan direct mail.
Alternatif Media
Menurut Rakhmat Supriyono dalam buku Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi (2010 : 136) [6], alternatif media sebagai berikut :
1. Media Cetak (Printed material)
Yaitu media yang statis dan mengutamakan pesan dengan jumlah kata, gambar, atau foto, baik dalam tata warna maupun hitam putih. Contoh : Poster, stiker, sampul buku, packaging, folder, leaflet, amplop & kop surat, tas belanja, katalog, iklan majalah dan surat kabar.
2. Media Elektronik (electronik)
Yaitu media dengan teknologi dan hanya bisa digunakan bila ada transmisi siaran. Contoh : Radio, televisi, internet, film, program video, animasi komputer.
3. Media Luar Ruangan (outdoor)
Yaitu media iklan (biasanya berukuran besar) yang dipasang ditempat-tempat terbuka seperti di pinggir jalan, di pusat keramaian, atau tempat-tempat khusus lainnya, seperti di bis, gedung, pagar tembok dan sebagainya. Contoh : spanduk, banner, papan nama, umbul-umbul, neon box, neon sign, billboard, baliho, mobil box.
4. Media Dalam Ruangan (indoor)
Yaitu media iklan yang biasanya berukuran kecil atau sedang yang bisa dipasang didalam ruangan . Contoh : Etalase ( windows display ), point of purchase, design gantung, floor stand.
5. Media Lini Atas (Above The Line)
Yaitu aktifitas promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image perusahaan sesuai yang diinginkan. Contoh : iklan di Televisi dengan berbagai versi.
Sifat media lini atas adalah merupakan media ‘tak langsung’ yang mengenai audience, karena sifatnya yang terbatas pada penerimaan audience.
6. Media Lini Bawah (Below The Line)
Yaitu segala aktifitas promosi yang dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan salah satu tujuannya adalah merangkul konsumen supaya tertarik dengan produk yang dipromosikan. Contoh : program bonus/hadiah, event, pembinaan konsumen dan lain-lain.
Menurut Lusyani Sunarya dalam Diktat Mata Kuliah Desain Karakter dan Modelling (2011 : 8 – 11) [7], Setiap jenis media grafis memilki karakteristik sendiri-sendiri, tergantung kepada tujuan penggunaan media tersebut. Untuk mengetahui secara fisik berikut akan dijelaskan dengan disertai visualisasi masing-masing contoh :
Poster
Poster merupakan media grafis yang memuat unsur teks dan gambar/illustrasi yang dipasang atau ditempel pada dinding. Visualisasi setiap unsurnya adalah rinci, jelas, sederhana, dan singkat dengan warna yang mencolok sesuai dengan misinya.
Sticker
Sticker merupakan media komunikas grafis tentang produk, jasa, atau identitas yang dapat dtempel pada berbagai tempat. Umumnya berbahan kertas Vinyl yang mengandung perekat.
Cover Buku
Cover buku merupakan perwajahan dari buku sekaligus sebagai keterangan isi dan bertujuan untuk menarik perhatian. Umumnya unsur-unsurnya terdiri dari warna, gambar atau illustrasi, pengarang, judul, dan penerbit. Banyak buku dilengkapi dengan unsur teks atau tulsan yang memberikan penjelasan singkat tentang isi buku.
Pembungkus(packaging)
Packaging selain berfungsi sebagai pengaman/pelindung namun juga berfungsi sebagai daya tarik dari suatu produk (media komunikasi grafis).
Konsep Dasar Data
Data
Klasifikasi Data
Pengolahan Data
Tahapan Pengumpulan Data
Konsep Dasar Informasi
Definisi Informasi
Fungsi Informasi
Siklus Informasi
Jenis - Jenis Informasi
Nilai Informasi
Kualitas Informasi
Pengertian Company Profile
Konsep Dasar Design
Definisi Design
Fungsi - Fungsi Design
Unsur - Unsur Design Grafis
Prinsip - Prinsip Design Grafis
Definisi Tipografi
Definisi Tentang Psikologi Warna
Definisi Tentang Psikologi Warna
Definisi Tentang Simbolik Bentuk
Definisi Citra atau Image
Teori Khusus
Definisi Adobe Photoshop
Konsep Dasar Dreamveaver
Definisi Dreamweaver
Konsep Dasar Website
Definisi Website
Konsep Dasar HTML
Definisi HTML
Tag Yang Sering Digunakan
Literatur Review
BAB III
Profil Perusahaan
Sejarah Perusahaan
PT. Telkom Akses, adalah anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. yang bergerak di bidang konstruksi pembangunan dan manage service infrastruktur jaringan. PT. Telkom Akses didirikan pada tanggal 12 Desember 2012 (12/12/12), dan sejak saat itu aktif dalam pekerjaan jasa konstruksi penggelaran jaringan akses broadband termasuk sebagai lessor penyediaan network terminal equipment (NTE), serta menyediakan pekerjaan jasa manage service operasi dan pemeliharaan (OM, operation & maintenance) jaringan akses broadband
Salah satu faktor yang menjadi pemicu berdirinya PT. Telkom Akses adalah besarnya peluang untuk ikut terlibat dalam peningkatan penetrasi broadband Indonesia yang saat ini baru mencapai 2%, menjadi 30% di akhir tahun 2015. Menurut data World Bank, setiap kenaikan 10% pertumbuhan broadband akan berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan nasional sebesar 1.38%.
Data Perusahaan
Tabel 3.1
Data Perusahaan
Nama Perusahaan | PT. Telkom Akses. |
---|---|
ISO | 5 April 2013
|
CIQS | 18 Feb 2013 *Valid until 17 Feb 2016 |
TECHNOLOGY OWN LICENSE (SUPPORT) | Alcatel Lucent, FIBERHOME, HUAWEI, ZTE. |
CERTIFICATION | CCNA, CCNP, PMP, Fiber Optic, Designer, Surveyor, PM. |
Strategic/Service Partner | Fujikura, JF Konsorsium, Huawei, ZTE, FIBERHOME, CISCO, Alcatel Lucent, SKT, Samsung, Konet, Knet. |
Tanggal Didirikan | 12 Desember 2012 |
Akte Pendirian | Notaris Siti Safarijah, No. 20, tanggal 26 Nov 2012 |
Lengkap Perusahaan | Alamat Gedung Telkom Jakarta Barat Jl. S. Parman Kav. 8 Jakarta Barat 11440
Telp. / Fax : +62-21-2933-7000 / +62-21-2933-6000 www.telkomakses.co.id |
Pengesahan Badan Hukum Perseroan | Keputusan MENKUMHAM nomor AHU-60691.AH.01.01.Tahun 2012, tanggal 28 November 2012 |
SIUP (Menengah) | No. 09599-04/PM/1.824.271, tanggal 4 Desember 2012 |
NPWP | No. 03.275.315.4-014.000 |
Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) | No. 1-906174-3171-2-04658, tanggal 22 Jan 2013 |
Sertifikasi Jaringan | CIQS 2000:2009, No TCIQS130003, tanggal 18 Februari 2013, Pelaksana Bidang Kontraktor (JARLOKAT, JARLOKAF, JARLOKAR) |
Contact | PT. TELKOM AKSES
email : [email protected] Telp : 021-2933-8000 |
Keunggulan
1. Berperan aktif dalam mempercepat proses pembangunan jaringan akses broadband.
2. Menerapkan lean operation concept sehingga proses bisnis berjalan lebih efektif dan efisien,
3. Memiliki tenaga ahli yang terampil dan kompeten di bidang konstruksi dan manage service jaringan akses broadband,
4. Memiliki continuity business process yang lebih terjamin, karena dikendalikan langsung oleh perusahaan induk secara efektif,
5. Memiliki capital management dan financing yang lebih kuat dan fleksible, karena didukung penuh oleh PT.Telekomunikasi Indonesia,
6. Mempunyai lebih dari 61 kantor perwakilan di seluruh Indonesia,
7. Memiliki kemampuan manage service end to end jaringan akses broadband baik untuk retail maupun corporate customer.
Pengalaman Kerja
PT. Telkom Akses telah berpengalaman dan mempunyai keahlian di bidang penggelaran jaringan infrastruktur akses broadband di Indonesia, karena seluruh personilnya direkrut dari induk perusahaan dan diseleksi sesuai dengan bidang keahlian yang diperlukan.
Di antara bidang keahlian yang dimilikinya adalah :
a. Survey & drafting,
b. Design & Planning,
c. Construction & Installation
d. Project Management,
e. Manage Service,
f. Operation & Maintenance Supervision.
PT. Telkom Akses memiliki pengalaman mengerjakan proyek : Node B, ALU-MSAN, FTTH serta penggelaran Wifi di Bali dan Jakarta. Untuk mendukung kemampuan personilnya, PT. Telkom Akses memiliki Access Learning Academy (ALA), yang berlokasi di seluruh Kantor Wilayah Telekomunikasi (WITEL) di Indonesia, bekerja sama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Beberapa personil PT. Telkom Akses mempunyai brevet jaringan, diantaranya CCNA, CCNP, Jaringan Akses Fiber serta sertifikasi terkait dengan Project Management.
Ruang Lingkup
OPERATION & MAINTANANCE
a. MS (STO Mandiri)
b. MS Active Node & OSP FO
c. MS HRB & CPN
Secara garis besar, pekerjaan Modernisasi dengan pola TITO meliputi :
1. Pengadaan dan pemasangan OSP FTTH:
2. Pengadaan dan pemasangan XGPON
3. Migrasi pelanggan dan service dari perangkat eksisting ke perangkat baru
4. Pelolosan atau pembongkaran aset
Visi dan Misi Perusahaan
a. VISI
Menjadi Perusahaan jasa operasi dan pemeliharaan jaringan broadband dan jasa konstruksi infratsruktur telekomunikasi yang terdepan dikawasan nusantara yang berorientasi kepada kualitas prima dan kepuasan seluruh stakeholder.
b. MISI
1. Mendukung suksesnya pengembangan perluasan dan peningkatan kualitas infrastuktur jaringan akses PT.Telekomunikasi Tbk.
2. Memberikan layanan prima dengan orientasi tepat mutu, tepat waktu dan tepat volume infrastruktur jaringan akses.
3. Menciptakan tenaga kerja yang profesional, handal dan cakap di bidang teknologi jaringan akses dan membina hubungan baik dengan lingkungan terkait pekerjaan konstruksi.
4. Memberikan hasil terbaik bagi seluruh stakeholder.
Struktur Organisasi
Gambar 3.1 Struktur Organisasi PT. Telkom Akses
Tugas dan Kewajiban tiap Departemen
DEWAN DIREKSI
1. Tugas, wewenang, dan kewajiban dikreksi, serta tata hubungan dengan komisaris diatur dalam Anggara Dasar Perusahaan PT. Telkom Akses.
2. Direksi menyelenggarakan Rapat Direksi yang merupakan sarana pengambilan keputusan untuk menetapkan kebijakan, strategi dan program perusahaan.
3. Tata cara penyelenggaraan Rapat Direksi diatur tersendiri dalam Keputusan Direksi yang mengacu pada implementasi Good Corporate Govermance.
4. Secara berkala melaporkan kinerja perusahaan kepada BOC baik dalam forum Rapat gabungan maupun laporan manajemen.
DIREKTUR UTAMA
1. Direksi dikoordinir oleh Direktur Utama (CEO), untuk selanjutnya disebut DIRUT.
2. DIRUT Sebagai ketua merangkap anggota Direksi, mempunyai tugas pokok mengarahkan, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan para Direktur dalam merencanakan, mengembangkan dan menetapkan kebijaksanaan umum perusahaan dalam rangka pengelolaan Perusahaan secara menyeluruh, serta melaksanakan fungsi pengawasan.
3. Tanggung jawab DIRUT meliputi hal – hal berikut :
a. Memastikan pencapaian target perusahaan.
b. Menetapkan arah, kebijakan, strategi, dan rencana strategis serta pengendalian pengelolaan bisnis perusahaan sesuai tingkat kebutuhan dan kewenangan.
c. Memimpin operasional organisasi, pengendalian, dan pengawasan sumber daya perusahaan serta memastikan pelaksanaannya mengikuti prinsip – prinsip efektifitas dan efesiensi.
d. Memastikan pengendalian resiko perusahaan dalam tingkatan yang dapat dikendalikan melalui mitigasi resiko, internal control dan tata kelola perusahaan yang baik.
e. Memastikan ketersediaan laporan kinerja perusahaan sesuai ketentuan yang berlaku termasuk ketersediaan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan (audited).
f. Memastikan implementasi dan pencapaian Kontrak Management (KM) & SLA (Service Level Agreement) sebagai fungsi pengedalian RKAP (Rencana Kerja Anggaran dan Pendapatan).
4. Dalam menjalankan perannya Direktur Utama berinteraksi dengan seluruh fungsi organisasi, secara khusus VP Internal Auditor & Consulting Management dan VP Corporate Secretary bertanggung jawab dan melapor langsung kepada Direktur Utama.
UNIT INTERNAL AUDIT & CONSULTING MANAGEMENT
1. Unit Internal Audit & Consulting Management dipimpin oleh seorang Vice President Internal Audit & Consulting Management (VP IA & Consulting Management)' yang bertanggung jawab terhadap fungsi audit perusahaan, serta secara proaktif memberikan saran dan informasi kepada Direksi, Komisaris dan Unit terkait pengelolaan perusahaan sehingga resiko pengelolaan perusahaan dapat dihindari.
2. VP IA & Consulting Management bertanggung jawab terhadap hal – hal sebagai berikut :
a. Menyusun program dan kebijakan perusahaan terkait implementasi Good Corporate Governance (GCG).
b. Menyusun, mengkoordinir, dan melaporkan hasil pelaksanaan audit manajemen yang diselenggarakan serta menindak lanjuti hasil audit manajemen.
c. Mengidentifikasi resiko bisnis perusahaan dan menyusun mitigasi plan.
d. Memberikan masukan kepada Direksi terkait resiko bisnis perusahaan.
f. Mengkoordinir pelaksanaan komite kinerja dan melaporkan perhitungan kinerja unit (triwulanan).
g. Memonitor pelaksanaan system manajemen mutu ISO 9001.
h. Membuat usulan penyempurnaan standarisasi proses bisnis, standarisasi sarana dan prasarana untuk mendukung efektifitas pengelolaan Operation Center untuk menunjang pemenuhan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008.
e. Memastikan ketersediaan laporan kinerja perusahaan sesuai ketentuan yang berlaku termasuk ketersediaan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan (audited).
i. Bertanggung jawab mengamankan Kontrak Management (KM) & SLA (Service Level Agreement) khususnya pada stream Financial (Revenue, Earning Before Interest dan Tax dan Net Income).
3. Dalam menjalankan perannya VP IA & Consulting Management dibantu oleh :
a. Manager Internal Audit & Risk Management
b. Manager Quality & Process Management
c. Manager KM & SLA Management
UNIT CORPORATE SECRETARY
1. Unit Corporate Secretary dipimpin oleh seorang Vice President Corporate Secretary (VP CS) yang bertanggung jawab atas pengelolaan fungsi kesekretariatan perusahaan, komunikasi perusahaan, fungsi legal compliance dan general affrairs.
2. VP CS bertanggung jawab atas hal – hal sebagai berikut :
a. Memastikan efektifitas pelaksanaan fungsi secretariat dan administrasi serta sistem dokumentasi kantor perusahaan.
b. Memastikan tersedianya informasi profil perusahaan dan kebijakan perusahaan tentang corporate branding serta sistem komunikasi perusahaan.
c. Membuat kebijakan mengawal mekanisme review manajemen.
d. Memastikan pengelolaan komunikasi perusahaan berjalan sesuai rencana dan arahan BOD baik secara internal maupun eksternal.
e. Memastikan tersedianya media komunikasi perusahaan bagi seluruh karyawan dan stakeholder perusahaan.
f. Memastikan instruksi / disposisi dari BOD sebagai bahan informasi yang harus ditindaklanjuti terkait dengan operasional Sekretariat serta melaporkan hasilnya.
g. Memastikan terlaksananya fungsi legal dan fungsi sistem pengendalian data dan dokumen legal perusahaan.
h. Memastikan fungsi General Affair terkoordinasi dan terimplementasi secara efektif dan efisien untuk melayani kebutuhan di head office.
i. Membuat usulan penyempuranaan standarisasi proses bisnis, standarisasi, sarana dan prasarana untuk mendukung efektifitas pengelolaan Operation Center untuk menunjang pemenuhan sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008.
j. Bertanggung jawab mengamankan Kontrak Management (KM) & SLA (Service Level Agreement) khusunya pada stream Financial (Revenue, Earning Before Interest and Tax dan Net Income).
3. Dalam menjalankan perannya, VP CS dibantu oleh :
a. Manager Secretary & Communication
b. Manager General Affair
c. Manager Legal & Compliance
DIREKTORAT
1. Pada struktur organisasi Corporate Office, setiap Direktur disamping tugasnya sebagai anggota Direksi, memiliki tugas menyelenggarakan pengelolaan fungsional secara terpusat, serta mengendalikan unit – unit organisasi dibawahnya.
2. Pengelolaan fungsional :
a. Direktorat West Contruction
b. Direktorat East Contruction
c. Direktorat Operation
d. Direktorat Business Development
e. Direktorat Finance & Human Resource Management
Daftar Klien
Tabel 3.2
Daftar Relasi
PT. KNET INDONESIA | PT. SUMBER ARTO ENGINEERING | PT. BANYU BIRU WISESA | PT. ICOMTEK |
PT. BERLIAN AKSES | PT. DHARMA KUMALA UTAMA | PT. TELEKOMINDO PRIMA KARYA | PT. Jakti Swakarya Utama |
PT. CITRA TELINTI MULIA | PT. GUNUNG SARI PRATAMA | PT. KARYA BANGUN MANDIRI | PT. MOTMAINNAH SEJAHTERA |
PT. LAKSANA ANEKA SARANA | PT. SANDHY PUTRA MAKMUR | PT. PROFEX PILAR HUTAMA | PT. ERA FIBKOM UTAMA |
PT. HARRITZ ALIYA | PT. CITRA DELTA MAKMUR | PT. BANGTELINDO | PT. PUTRA ARGA BINANGUN |
PT. METEOR INTI RAYA | PT. NATAJARING AKSES LOKAL | PT. ITQON SOLUTION | PT. ARYAGUNA ACCESS TECH. |
PT. GETRA ABADI MANDIRI | PT. MITKOM PERSADA | PT. MERBAU PRIMA SAKTI | PT. KURNIA INDAH CAHAYA |
PT. PANCA JAYA KOMUNIKA | PT. DADALI CITRA MANDIRI | PT. TRACKOMINDO | PT. GOTRANS ENGINEERING |
PT. LUMINTU | PT. MDR INDONESIA | PT. Akurasi Kuatmega Indonesia | PT. ACKIRA CIRA PERKASA |
PT. CAKRAWALA UJO MANDIRI | PT. MULTI MITRA TEKNIKATAMA | PT. SINERGI SELARAS HARMONIC | PT. JOHNSON COM INDONESIA |
Tinjuan Umum
Skema Alur Kerja
Gambar 3.2 Skema Alur Kerja PT. Telkom Akses
Gambar 3.3 Alur Kerja Penerimaan Barang
Gambar 3.4 Alur Kerja Pengeluaran Barang
Gambar 3.5 Alur Rekonsiliasi & Stock Barang
Alur Kerja
Tinjauan Khusus
Daftar Project
Selama penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek (KKP) di PT. Telkom Akes, penulis mendapatkan tugas untuk membuat design yang nantinya akan dipergunakan sebagai alternative untuk memperbaharui tampilan web company profile pada PT. Telkom Akses, selain itu penulis juga mendapatkan tugas lain diantaranya sebagai berikut :
1. Design template untuk web company profile PT. Telkom Akses.
2. Design Banner untuk PT. Telkom Akses.
3. Membuat video animasi tentang “Pengenalan FTTH (Fiber To The Home)” dengan serial film upin & ipin sebagai karakter dalam animasi tersebut.
Latar Belakang dan Konsep Design
1. Design template untuk web company profile PT. Telkom Akses.
a. Latar Belakang
Design ini dibuat sebagai alternavite untuk pembaharuan web company profile PT. Telkom Akses baik dari segi tampilan maupun isi konten pada web sebelumnya.
b. Karakteristik Sasaran :
Demografi :
Sex : Unisex (pria / wanita)
Sasaran : Client dan masyarakat yang ingin mengetahui tentang PT. Telkom Akses.
Geografi :
Sasaran : Wilayah Indonesia.
c. Konsep Design
Tampilan Template
Untuk design template ini penulis mencoba untuk membuatnya dengan bentuk portrait dan ukurun yang masih bisa disesuaikan untuk kebutuhan dan menggabungkan beberapa gambar yang berhubungan dengan PT. Telkom Akses serta memadukkannya dengan logo PT. Telkom Akses, menu bar, kotak pencarian, image slider pada template home dan tulisan untuk isi kontek web tersebut agar terlihat simple namun terkesan lebih formal layaknya web yang diperuntukan untuk sebuah perusahaan dan tetap menarik dalam segi design.
Warna & Font yang digunakan
Warna
Warna yang penulis gunakan untuk rancangan design template ini adalah warna merah dan putih yang merupakan warna simbolis yang dipergunakan pada logo PT. Telkom Akses dan penulis menambahkan warna abu – abu pada menu bar agar terlihat lebih menarik.
Font yang digunakan
Untuk font yang dipergunakan dalam rancangan design template, penulis menggunakan font Times New Roman agar web company profile terkesan lebih formal namun masih terlihat simple.
Software
Dalam menyelesaikan design template ini penulis menggunakan 2 (dua) software sebagai media untuk rancangan design awal hingga menjadi sebuah web company profile yang dapat di akses pada media browser, diantaranya :
Adobe Photoshop CS 3
Penulis menggunakan Adobe Photoshop CS 3 sebagai media untuk membuat rancangan awal design template yang nantinya akan dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan design template web company profile.
Gambar 3.6 Pembuatan Design Web Company Profile
Adobe Dreamweaver CS 3
Software Adobe Dreamweaver CS 3 ini penulis gunakan untuk mengaplikasikan design template sesuai dengan rancangan awal design yang penulis buat sebelumnya pada Adobe Photoshop CS 3 untuk selanjutnya dijadikan web company profile yang dapat diakses pada media browser, dengan isi konten berupa informasi mengenai PT. Telkom Akses yang penulis dapat kan dari web sebelumnya.
Gambar 3.7 Script HTML untuk Template Konten Video
Gambar 3.8 Script CSS Untuk Template Konten Video
d. Visual
Design Terpilih
Gambar 3.9 Design Template Home
Gambar 3.10 Design Template Sejarah
Gambar 3.11 Design Template Visi Misi
Gambar 3.12 Design Template Kebijakan Mutu
Gambar 3.13 Design Template Struktur Organisasi
Gambar 3.14 Design Template Wilayah Layanan Operasi
Gambar 3.15 Design Template Keunggulan
Gambar 3.16 Design Template Pengalaman Kerja
Gambar 3.17 Design Template Video Company Profile
Gambar 3.18 Design Template Layanan Pengelolaan
Gambar 3.19 Design Template Kontak
2. Design Banner untuk PT. Telkom Akses.
a. Latar Belakang
Design banner ini penulis buat untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh pembimbing lapangan, sebagai pengingat untuk karyawan PT. Telkom Akses dan pemberi informasi kepada client yang berkeperluan datang ke gedung PT. Telkom Akses mengenai apa – apa saja yang berkaitan dengan PT. Telkom Akses.
b. Karakteristik Sasaran :
Demografi :
Sex : Unisex (pria / wanita)
Sasaran : Client dan karyawan PT. Telkom Akses.
Geografi :
Sasaran : Indoor PT. Telkom Akses.
c. Konsep Design
Tampilan Banner
Tampilan yang penulis buat pada design banner ini berbentuk portrait. Memadukkan warna, gambar, dan tulisan agar terlihat lebih menarik untuk dibaca dengan informasi yang berkaitan dengan PT. Telkom Akses.
Warna & Font yang digunakan
Warna yang penulis gunakan dalam mendesign banner adalah warna seperti warna merah, putih dan biru untuk nantinya dipadukan dengan tulisan dan gambar. Dan untuk font yang penulis pergunakan adalah Times New Rowan agar terkesan lebih formal dan memudahkan dan pembacaan.
Software
Untuk mendesign banner tersebut penulis menggunakan software Adobe Photoshop CS 3.
Gambar 3.20 Pembuatan Banner
d. Visual
Design terpilih
Gambar 3.21 Design Banner
3. Membuat video animasi tentang “Pengenalan FTTH (Fiber To The Home)” dengan serial film upin & ipin sebagai karakter dalam animasi tersebut.
a. Latar Belakang
Video animasi ini penulis buat untuk memberitahukan mengenai FTTH, apa kepanjangan FTTH, apa pengertian dari FTTH, bagaimana terjadinya FTTH dan apa saja komponennya, bagaimana topologi FTTH tersebut hingga membahas mengenai kepanjangan dari ODC dan ODP.
b. Karakteristik Sasaran :
Demografi :
Sex : Unisex (pria / wanita)
Sasaran : Karyawan PT. Telkom Akes dan masyarakat semua umur.
Geografi :
Sasaran : Lingkungan PT. Telkom Akses.
c. Konsep Design
Tampilan video
Video ini penulis tujukan untuk memberitahukan mengenai FTTH mulai dari kepanjangan FTTH itu sendiri, pengertian, perkemabngan FTTH, komponen terjadinya FTTH, topologi FTTH hingga kepanjangan dari ODC dan ODP yang merupakan beberapa komponen dari topologi FTTH.
Dalam pembuatan video animasi ini penulis menggabungkan beberapa materi mengenai FTTH dengan film serial animasi “Upin & Ipin”, dengan tujuan untuk mempermudah pemahaman dari materi yang disampaikan dengan durasi kurang dari 5 menit.
Dialog dalam video animasi
Upin : Hai … Saya Upin dan ini adik saya Ipin.
Ipin : Hai …
Upin : Ini kisah kami berdua.
Ipin : Episode 1 pengenalan FTTH.
Upin : Kawan – kawan mau belajar tak? Nahh duduk – duduk, duduk … mulanya macam ini. Eeh Ipin Ipin.
Ipin : (Berbisik)
Upin : Aaaahh … kami lagi makan malam waktu itu.
Ipin : Betul … betul … betul.
Ipin : Ka Rose jadi ngajarin FTTH ga?
Ka Rose : Jadi …
Ipin : Haahhh … Bagus, bagus.
Ka Rose : Kita mulai sekarang! Ehhemm … jadi FTTH itu singkatan dari Fiber To The Home yaitu format pengantar isyarat optik dari pusat penyedia provider ke kawasan pengguna dengan menggunakan serat optik sebagai medium penghantaran.
Ini adalah beberapa komponen bagaimana bisa terjadinya FTTH.
Premises adalah rumah tinggal atau tempat usaha, baik satu unit maupun multi unit.
Homepass adalah jumlah potensi rumah atau bangunan yang memiliki operator dengan kemampuan untuk menghubungkan layanan didaerah tersebut. Naahh … kalo untuk Home connected merupakan jaringan yang terhubung dalam beberapa jumlah rumah atau bangunan yang terhubung sampai titik pelanggan, Sedangkan Subscriber adalah rumah atau bangunan yang terhubung dengan jaringan B-FTTH menggunakan setidaknya satu layanan koneksi dan didukung dengan kontrak komersial.
Ipin : Aka … Aka … Kalo untuk perkembangan FTTH gimana?
Ka Rose : Naahh … Kalo untuk perkembangan FTTH itu didorong oleh keinginan untuk mendapatkan layanan yang dikenal dengan istilah Triple Play Service yaitu layanan untuk mengakses internet dengan cepat, layanan jaringan telepon, dan layanan TV kabel, yang berada dalam satu infrastruktur pada unit. Sekarang kita lanjut ke topologi FTTH ok?
Ipin : Ohhh … Boleh, boleh, boleh …
Ka Rose : Naahh … Ini dia topologi FTTH
Upin : oooo … itu Aka ada ODC, ODP itu apa sih Aka?
Ka Rose : Gampang pertanyaan Upin, sini Aka kasih tau … naah! ODC Optical Distribution Cabinet, sedangkan ODP Optical Distribution Point.
oooo … Tapi Aka itu kan kepanjangannya kalo kegunaannya apa ka?
Ka Rose : Kalo kegunaannya, naahh … Gimana kalo kalian tanya saja sama Pak Verdi, atau Pak Parman, eeemm atau Pak Putu … Beliau – beliau itu paham betul tentang FTTH, kalian bisa tanya banyak sama beliau.
Ipin : Ok … Ipin duluan yang tanya.
Upin : Upin juga mau tanya.
Ka Rose : OK!
Ipin : Tapi Aka kita orang tidur dulu yah udah ngantuk nii, terima kasih Aka informasinya.
Ka Rose : ceeekk … haii … aaahhhh … Upin & Ipin yang sudah tertidur saat selesai pembelajaran tentang FTTH tadi, mencium aroma ayam goreng.
Ipin : Ayam!!
Ka Rose : Mau ayam? Pergi cuci muka dulu.
Upin : Haaa … itu baru pengenalan FTTH belum nanti yang lainnya …
Ipin : Betul … betul … betul.
Sounds
Untuk dubbing suara Upin, Ipin dan Ka Rose penulis menggunakan suara penulis sendiri dengan menggunakan perangkat handphone untuk recording sound yang kemudian di convert menggunakan software converter Mp3 untuk dirubah menjadi ekstensi mp3.
BackSounds
Penulis menggunakan BackSounds untuk video animasi bertujuan agar pembelajaran menjadi lebih enjoy sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Backsounds yang penulis gunakan untuk melengkapi video animasi tersebut, yaitu :
a. Ost Camp Rock 2 – Introducing me (Karaoke Version) by Nick Jonas.
b. Ost Tonari no Seki-kun – Meiwaku Spectacle (Karaoke Version) by Kana Hanazawa.
Software yang digunakan
PhotoScape
Software ini penulis gunakan untuk memotong dan merapihkan gambar – gambar yang nantinya akan penulis gunakan dalam pembuatan animasi untuk setiap penjelasan tentang materi FTTH agar lebih mudah untuk dipahami.
Adobe Flash CS 3 Professional
Dalam pembuatan animasi gambar untuk materi FTTH, penulis menggunakan software Adobe Flash CS 3 Professional dengan menggabungkan gambar – gambar yang telah dipotong menjadi beberapa bagian pada software PhotoScape sebelumnya, hingga menjadi animasi gambar yang menjelaskan tentang materi FTTH yang akan dibahas.
Gambar 3.22 Pembuatan Salah Satu Animasi (Komponen FTTH)
Adobe Premiere Pro CS 3
Penulis menggunakan Adobe Premiere Pro CS 3 untuk membuat video animasi dengan menyusun semua komponen untuk pembuatan video animasi tersebut. Mulai dari film serial animasi Upin & Ipin, animasi gambar yang penulis buat pada Adobe Flash CS 3 Professional sebelumnya, dubbing suara, dan backsounds. Hingga menjadi video animasi tentang “Pengenalan FTTH” dengan durasi kurang dari 5 menit dengan film serial animasi Upin & Ipin sebagai karakter utamanya.
Gambar 3.23 Penyatuan Seluruh Komponen Video Animasi
d. Visual
Gambar 3.24 Pembukaan Video Animasi (00:13)
Gambar 3.25 Pengertian FTTH (00:52)
Gambar 3.26 Komponen FTTH (01:12)
Gambar 3.27 Perkembangan FTTH (02:11)
Gambar 3.28 Topologi FTTH (02:44)
Gambar 3.29 Kepanjangan ODC dan ODP (03:01)
Gambar 3.30 Kegunaan ODC dan ODP (03:19)
Gambar 3.31 Penutup Video Animasi (04:23)
BAB IV
Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan Kuliah Kerja Praktek pada PT. Telkom Akses selama 180 jam atau kurang lebih selama 3 bulan dengan pelaksanaan setiap kamis dan jum’at, penulis mendapatkan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman kerja yang belum pernah didapatkan sebelumnya, penulis juga bisa merasakan bagaimana suasana dari lingkungan dunia kerja sesungguhnya. Untuk melaksanakan Kuliah Kerja Praktek ini penulis dituntut untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang harus kembali diperdalam agar dapat menyelesaikan project yang diberikan oleh pembimbing di PT. Telkom Akses.
Selama melaksanakan Kuliah Kerja Praktek penulis mendapatkan tugas dari pembimbing lapangan untuk membuat design web company profile. Pada kesempatan kali ini penulis menggunakan software Adobe Photoshop CS3 sebagai tahap perancangan awal untuk design web secara keseluruhan baik tampilan web maupun isi didalam web tersebut dan software Adobe Dreamweaver CS3 untuk design finishing agar nantinya rancangan web tersebut dapat dioperasikan pada web browser.
Penulis pun perlu untuk memahami dan mempelajari lebih dalam lagi baik mengenai design maupun rancangan web itu sendiri, bagaimana membuat rancangan web yang efisien dan mudah dalam pengaksesan (user friendly) namun terlihat simple dalam tampilan, dan dengan harapan rancangan design web yang dibuat dapat bermanfaat untuk PT. Telkom Akses.
Saran
Adapun saran yang penulis berikan untuk PT. Telkom Akses meliputi :
a. Perlunya penambahan isi content pada web PT. Telkom Akses agar client serta pembaca bisa lebih mengenal dan mengetahui terkait dengan pembaharuan informasi umum dan pencapaian project PT. Telkom Akses.
b. Pembaharuan tampilan design web harus terus dilakukan agar didapat tampilan yang simple, jelas dalam informasi dan efektif dalam pengaksesan.
c. Semoga saran – saran dari penulis diatas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan pengelolaan terhadap web PT. Telkom Akses.
Kesan
Selama penulis melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Praktek di PT. Telkom Akses, penulis merasa senang selain menambah pengalaman, wawasan dan keterampilan penulis juga bisa belajar bagaimana bersosialisasi serta menempatkan diri terhadap lingkungan baru yang menuntut penulis untuk berorganisasi, berpendapat dan bernegosiasi di lingkungan dunia kerja sebenarnya, yang bisa penulis jadikan sebagai acuan saat berada pada situasi kerja yang akan penulis alami nantinya.
Daftar Pustaka
- ↑ Nasution, Ruslan Efendi. 2012. “Implementation Sms Gateway In The Development Web Based Information System Schedule Seminar Thesis.” Lampung: Unila.
- ↑ Iwan Binanto. 2010. “Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangnya.”
- ↑ Hendi Hendratman. 2010. “Tips n Trix Komputer Graphics Design.”
- ↑ Dewi Immaniar Desrianti. 2012. “Jurnal CCIT Vol. 5 No. 2”
- ↑ Maimunah, dkk. 2012. “Jurnal CCIT Vol. 5 No. 3”
- ↑ Rakhmat Supriyono. 2010. “Design Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi.”
- ↑ Lusyani Sunarya. 2011. “Diktat Mata Kuliah Design Karakter dan Modelling.”