KP1021465399

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

PADA DESIGN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

 

 

 

 

 

 

 

OLEH :

 

1021465399 YANUAR ARIF FEBRIYANA

 

 

 

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

TANGERANG

2013/2014

 

 

 

 

LEMBAR PERSETUJUAN

 

LEMBAR PERSETUJUAN

 

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

PADA DESIGN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

 

 

Diajukan guna melengkapi sebagian syarat untuk mengikuti skripsi

pada Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja

 

 

Tangerang, Juni 2014

 

Dosen Pembimbing

 

 

 

 

 

( Wahyu Hidayat, S.I.Kom )

NID:12002

 

Pembimbing Lapangan

 

 

 

 

 

( Eka Septiati, A.Md)

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN KULIAH KERJA PRAKTEK ( KKP )

 

LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

PADA DESIGN PROMOSI DI

CV. YUKA PRODUCTION

KOTA TANGERANG

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

 

Nama  : YANUAR ARIF FEBRIYANA

NIM  : 1021465399

Jurusan  : TEKNIK INFORMATIKA

Konsentrasi  : MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

 

Menyatakan bahwa Laporan Kuliah Kerja Praktek ini merupakan karya tulis saya sendiri bukan merupakan tiruan, salinan, ataupun duplikat dari Kuliah Kerja Praktek yang telah dipergunakan untuk melanjutkan dalam pembuatan Skripsi baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juni 2014

 

 

(Yanuar Arif Febriyana)

NIM : 1021465399

 

 

 

ABSTRAKSI

YUKA Production adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa video dokumentasi dan fotografi sebagai bahan informasi. yang selalu berupaya meningkatkan kualitas hasil video, di era globalisasi ini, selain pengembangan di bidang ilmu dokumentasi, juga dikembangkan jasa burning dalam waktu singkat, semua itu ditopang dengan fasilitas kemajuan teknologi yang sudah ada saat ini. Untuk mempermudah dalam mengakses tentang detail profil YUKA Production dibutuhkan sarana media yang lebih efektif untuk sosialisasi tentang informasi dan promosi yang ditujukan kepada masyarakat, sehingga masyarakat berminat menggunakan jasa YUKA production. Penulis mencoba menguraikannya dalam bentuk laporan dengan judul “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA DESAIN PROMOSI DI CV. YUKA PRODUCTION KOTA TANGERANG”

 

Kata kunci: video, media dokumentasi dan jasa burning.

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Bismillahirrahmannirahim

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek pada desain promosi di CV. Yuka Production.

Penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dimaksudkan untuk memenuhi mata kuliah dan sebagai salah satu syarat pembuatan Skripsi jenjang Strata I STMIK RAHARJA.

Menyadari kemampuan penulis yang terbatas, baik dalam penyajian materi penulisan maupun dalam tutur bahasa, bahkan dalam penyusunan dan penulisan ini tidak sedikit dialami penulis, namun berkat bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak akhirnya laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat diselesaikan.

Selanjutnya izinkanlah penulis menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada yang terhormat :

1.      Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.

2.      Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.

3.      Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.

4.      Bapak Wahyu Hidayat, S.I.Kom, selaku Pembimbing yang telah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk membantu dan memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis.

5.      Eka Septiati selaku pembimbing lapangan yang telah banyak memberikan pengarahkan dan ilmunya selama Penulis menjalani Kuliah Kerja Praktek.

6.      Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis

7.      Ayah dan mamaku tercinta yang telah memberikan motivasi dan bimbinganya secara moril, materil dan tak henti-hentinya memanjatkan doa demi kemudahan saya menyelesaikan Laporan Kuliah Kerja Praktek.

8.      Kepada teman-teman yang selalu membantu dan tak henti-hentinya memberikan semangat kepada penulis.

9.      Rekan-rekan mahasiswa/i yang membagi pengalamanya serta ilmunya yang sangat berharga bagi penulis.

10.  Semua pihak yang pada kesempatan ini yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan laporan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Akhir kata, besar harapan penulis sehingga penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini dapat bermanfaat, untuk semua pihak dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Tangerang, Juni 2014

 

 

Yanuar Arif Febriyanasyah

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

LEMBAR PERSETUJUAN

LEMBAR KEASLIAN

ABSTRAKSI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

 

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek

1.2 Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek

1.2.1 Maksud Kuliah Kerja Praktek

1.2.2 Tujuan Kuliah Kerja Praktek

1.3 Manfaat Kuliah Kerja Praktek

1.4 Metodologi Penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek

1.5 Sistematika Penulisan

 

BAB II LANDASAN TEORI

2.1 Konsep Dasar Laporan

2.2 Konsep Dasar KKP

2.3 Konsep Dasar Design

2.3.1 Definisi Desain

2.3.2 Fungsi – Fungsi Desain

2.3.3 Unsur-Unsur Desain Grafis

2.3.4 Prinsip-Prinsip Desain Grafis

2.3.5 Definisi Typografy

2.3.6 Definisi Tentang Psikologi warna

2.3.6.1 Pengertian Warna

2.3.6.2 Dimensi Warna

2.3.6.3 Jenis/bentuk warna

2.3.6.4 Makna Simbolik Warna

2.3.6.5 Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

2.3.6.6 Definisi Citra atau Image

2.4 Konsep Dasar Promosi

2.4.1 Pengertian Promosi

2.4.2 Tujuan Promosi

2.4.3 Bentuk Promosi

2.5 Program Aplikasi Penunjang Design

2.5.1 Adobe Photoshop CS2

 

BAB III PEMBAHASAN

3.1 Sejarah Singkat Perusahaan

3.1.1 Sejarah Perusahaan

3.1.2 Ruang Lingkup

3.1.3 Visi dan Misi Perusahaan

3.1.3.1 Visi Perusahaan

3.1.3.2 Misi Perusahaan

3.1.4 Struktur Organisasi

3.1.5 Tugas dan Kewajiban tiap Departemen

3.1.6 Daftar Klien

3.2 Tinjauan Umum

3.2.1 Skema Alur Kerja

3.2.2 Alur Kerja

3.3 Tinjauan Khusus

3.3.1 Daftar Projet

3.3.2 Latar Belakang dan Konsep Desain

BAB IV PENUTUP

4.1 Kesimpulan

4.2 Saran

4.3 Kesan

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 2.1. Tampilan Adobe Photoshop CS2

Gambar 3.1. Struktur Organisasi

Gambar 3.2. Skema Alur Kerja

Gambar 3.3. Visual Kolase Photo Wedding

Gambar 3.4. Visual Photo Kolase Ulang Tahun

Gambar 3.5. Visual Photo Kolase Pribadi

Gambar 3.6. Visual Foto Prewedding

Gambar 3.7. Visual Foto Prewedding

Gambar 3.8. Visual Logo

Gambar 3.9. Visual ID Card

Gambar 3.10. Visual Desai Alternatif Logo

Gambar 3.11. Alternatif Visual Kartu Nama

Gambar 3.12. Visual Alternatif Pembuatan kolase Photo Wedding

Gambar 3.13. Visual Desai Alternatif Logo

Gambar 3.14. Visual Alternatif Photo Kolase Pribadi

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

 

1. Kartu Bimbingan Kuliah Kerja Praktek Perguruan Tinggi Raharja

2. Kwitansi Pembayaran Kuliah Kerja Praktek

3. KSTF (Kartu Studi Tetap Final)

4. Validasi Kuliah Kerja Praktek

5. Surat keterangan Observasi dari STMIK Raharja

6. Surat Keterangan Kuliah Kerja Praktek di PT. Daya Gemilang Mandiri

7. Sertifikat Toefl

8. Pengukuhan Pribadi Raharja

9. Sertifikat Seminar

10. Form Program (TABEL) KKP

11. Form Uraian Pekerjaan KKP

12. Alternatif Desain

13. Daftar Riwayat Hidup

 

 

BAB I

 

 
PENDAHULUAN

 

1.1              Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek

Pada dasarnya kemajuan bidang komputerisasi khususnya multimedia kian hari semakin meningkat dan telah mendorong terjadinya arus globalisasi, dimana dalam hal ini perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dilihat dari kemampuan dibidang komputer saja, salah satu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang multimedia audio visual and broadcasting yang memiliki peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media untuk memenuhi, mengolah kreatifitas dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi untuk saat ini sumber daya manusia dibidang multimedia audio visual and broadcasting belum terpenuhi, oleh karena itu untuk menguasai dan memahami teknologi komputer secara optimal perlu diadakannya Kuliah Kerja Praktek yang diharapkan memberikan dampak yang positif bagi penyelesaian permasalahan diatas.

1

 

Kuliah Kerja Praktek (KKP) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa yakni proses perpaduan berbagai komponen pengetahuan teoristis dengan praktek, berupa magang atau observasi di perusahaan atau instansi

pemerintah secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan kelulusan.

Kuliah Kerja Praktek dilakukan dengan cara mengindentifikasi dan menganalisis permasalahan, mengembangkan gagasan kreatif dan pengenalan inovasi teknologi serta mendorong perubahan perilaku mengatasi permasalahan pembangunan dan lingkungan dalam masyarakat sesuai kompetensi mahasiswa.

YUKA Production adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa video dokumentasi dan fotografi sebagai bahan informasi. yang selalu berupaya meningkatkan kualitas hasil video, di era globalisasi ini, selain pengembangan di bidang ilmu dokumentasi, juga dikembangkan jasa burning dalam waktu singkat, semua itu ditopang dengan fasilitas kemajuan teknologi yang sudah ada saat ini. Untuk mempermudah dalam mengakses tentang detail profil YUKA Production dibutuhkan sarana media yang lebih efektif untuk sosialisasi tentang informasi dan promosi yang ditujukan kepada masyarakat, sehingga masyarakat berminat menggunakan jasa YUKA production.

Kuliah Kerja Praktek adalah salah satu syarat yang wajib di penuhi oleh mahasiswa untuk mencapai kelulusan, dengan mengikuti waktu yang telah ditetapkan yaitu minimal satu semester 160 jam. Dengan banyaknya turis, investor asing yang datang ke Indonesia maka penulis tertarik. Dalam Kuliah Kerja Praktek ini penulis mendapat kesempatan untuk memperdalam ilmu serta mampu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, agar kelak penulis memiliki pengalaman yang nantinya dapat digunakan dalam dunia pekerjaan khususnya di bidang Multimedia Audio Visual and Broadcasting. Maka penulis menyusun “LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK PADA DESIGN PROMOSI DI CV YUKA PRODUCTION KOTA TANGERANG”.

 

1.2              Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek

1.2.1        Maksud kuliah Kerja Praktek

a.       Memberikan kesempatan kepada Mahasiswa agar menerapkan atau mempraktekan ilmu yang telah didapat selama proses perkuliahan berlangsung kedalam dunia kerja.

b.      Mahasiswa dapat berlajar untuk bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi di lingkungan kerja dan dapat mengatasi maupun menghadapi permasalahan yang terjadi dalam pekerjaan secara optimal, serta mendapatkan pengalaman yang berharga dalam bekerja yang belum pernah didapat sebelumnya.

1.2.2        Tujuan Kuliah Kerja Praktek

a.       Mahasiswa mampu berkerja secara profesional dengan wawasan yang telah dimiliki untuk melengkapi kreatifitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari.

b.      Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat sebelumnya selama masa perkuliahan guna untuk tampil bekerja baik secara individu mapupun secara kelompok ke dalam dunia kerja.

1.3              Manfaat Kuliah Kerja Praktek

Melalui kuliah kerja Praktek Mahasiswa dapat mengetahui mengenai dunia kerja yang sesungguhnya, khususnya terhadap CV Yuka Production, yang secara langsung terjun kelapangan Mahasiswa dapat mempelajarinya kembali sejauh mana yang telah diterima diperkuliahan sehingga mengetahui segala kekurangan yang dimiliki, maka akan menjadikan pribadi yang siap ketika menerapkan kedunia kerja yang sebenernya. Berikut manfaat yang penulis dapatkan selama melakukan Kuliah Kerja Praktek.

Manfaat Kuliah Kerja Praktek :

1.      Penulis dapat bekerja secara individual dalam melaksanakan tugas yang diberikan.

2.      Penulis dapat merasakan bagaimana bekerja disebuah perusahaan atau instasi.

3.      Penulis mengetahui dengan nyata bahwa bidang desain dapat diterapkan pada perusahaan.

4.      Penulis mampu bekerja secara profesional dan mampu bersosialisasi dalam lingkungan kerja, baik secara individu maupun berkelompok.

1.4              Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek

Dalam kegiatan pengumpulan data yang diperlukan sebagai bahan penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.                  Observasi (Observation research)

Adalah pengambilan data melalui pengamatan dan melaksanakan pencatatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang diteliti dengan terjun secara langsung pada bagian desain CV Yuka Production.

2.                   Wawancara (Interview)

Adalah teknik pengumpulan data secara tatap muka langsung dengan orang yang diwawancarai untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai objek yang akan diteliti.

3. Studi Pustaka

Pengumpulan teori-teori dengan cara membaca, mempelajari dan memahami buku-buku, diktat-diktat bahan kuliah serta catatan-catatan yang berkaitan dengan pembahasan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek pada konsentrasi Multimedia Audio Visual And Broadcasting.

1.5              Sistematika Penulisan

Untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai masalah yang akan dibahas, penulis membagi menjadi beberapa bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Latar Belakang Kuliah Kerja Praktek, Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Praktek, Manfaat Kuliah Kerja Praktek, Metodologi Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek dan Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini berisi tentang teori dasar yang melandasi penulisan laporan tugas magang sesuai penugasan yang diberikan kepada setiap mahasiswa yang melakukan magang KKP (Kuliah Kerja Praktek)

BAB III PEMBAHASAN

Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Sejarah Perusahaan, Ruang Lingkup, Visi Perusahaan, Misi Perusahaan dan Struktur Organisasi Perusahaan.

BAB IV PENUTUP

Dalam bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil kuliah kerja praktek (KKP) serta saran-saran yang diperlukan untuk pengembangan sistem.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

 

 

BAB

II

LANDASAN TEORI

 

2.1.            Konsep Dasar Laporan

Laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang sesuatu keadaan atau suatu kegiatan yang berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada pelapor.

Laporan berdasarkan isinya dibedakan menjadi sebagai berikut:

a. Laporan ilmiah atau laporan hasil penelitian ilmiah adalah laporan yang disusun melalui tahapan-tahapan tertentu serta metode dan teori tertentu.

b. Laporan teknis adalah laporan tentang hal teknis penyelenggaraan kegiatan suatu badan atau instansi. Misalnya, laporan keadaan personil, keadaan inventaris, laporan keuangan, laporan perjalanan, laporan pelaksanaan tugas lain, dan sebagainya. Jenis fakta yang digunakan dalam laporan adalah benda, kesaksian, tabel, peristiwa, grafik, dan data matrikulasi.

Fungsi laporan antara lain sebagai berikut:

1.    Fungsi pertanggungjawaban

8

 
2.    Fungsi informasi

3.    Fungsi dokumentasi.

 

Ada beberapa bentuk laporan antara lain sebagai berikut:

1.    Bentuk formulir adalah laporan yang biasa dibuat dalam jumlah besar, pelapor tinggal mencantumkan keterangan yang lengkap sesuai kolom yang tersedia. Misalnya, formulir riwayat hidup, formulir perjalanan dinas, formulir kegiatan, formulir rapat.

2.    Bentuk artikel atau risalah adalah laporan yang dibuat seperti karangan dalam surat kabar. Dalam artikel juga dicantumkan teori, pendapat serta permasalahan.

3.    Bentuk surat adalah laporan yang dibuat dengan menggunakan format surat. Tata cara penulisannya tidak berbeda dengan penulisan dalam surat-surat resmi.

4.    Bentuk buku adalah laporan yang disajikan dalam bentuk buku karena bentuknya menyerupai buku, jumlah halaman relatif banyak, cukup tebal dan dijilid. Laporan ini dibuat dalam kegiatan yang berskala besar.

2.2.            Konsep Dasar KKP

2.1. Pengertian Kuliah Kerja Praktek

Praktek kerja lapangan dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat berubah. Praktek Kerja Lapangan (PKL) akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi dilapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas managerial mahasiswa dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupu kenyataan yang sebenarnya.

2.2. Tujuan Kuliah Kerja Praktek

1. Praktek kerja member kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mengetahui secara langsung tentang instansi sebagai salah satu penerapan disiplin dan pengembangan karier. Ketika dilapangan melaksanakan praktek kerja, mahasiswa dapat menilai tentang pengembangan dari ilmu yang mereka miliki.

2. menjadi media pengaplikasian dari teori yang diperoleh dari bangku kuliah ketempat kerja.

3. meningkatkan kerjasama antara perguruan tinggi dengan instansi.

4. Memperoleh wawasan tentang dunia kerja yang diperoleh di lapangan.

2.3. Konsep Dasar Design

2.3.1 Definisi Desain

Desain merupakan art direction, yaitu penampilan visual secara menyeluruh dari iklan. Hasil kerja sama antara art direction dan copywriter (berupa konsep verbal dan visual) dipadukan secara sinergis ke dalam desain melalui proses standar, yaitu membuat sketsa-sketsa kasar, menentukan alternatif desain, hingga final artwork (FAW).

2.3.2 Fungsi – Fungsi Desain

1. Fungsi Informasi

Desain selalu menyampaikan informasi dan pengirim pesan secara visual.

2. Fungsi Identifikasi

Desain selalu menyiratkan atau menyuratkan identitas pengirim pesannya lewat karakter visual.

3.      Fungsi Persuasi

Desain mampu mengekspresikan isi dari pesan dan menghadirkan resonansi atau getaran emosi lewat bahasa visualnya (seperti emosi dalam bahasa musikal) sehingga dapat menimbulkan persuasi.

 

2.3.3 Unsur-Unsur Desain Grafis

Desain yang menekankan tanpa keindahan akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. ’Menarik’ atau ’indah’ bisa dilihat dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin), maka desain akan menarik apabila indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. Keindahan yang dibahas disini lebih ditekankan pada kemampuan mata sebagai penilai.

Agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur-unsur dalam desain grafis. Unsur-unsur dalam desain grafis diantaranya adalah :

1.      Garis (line)

Garis didefinisikan sebagai sekumpulan titik yang dideretkan memanjang. Setiap garis menimbulkan kesan psikologis atau persepsi sendir. Misalnya garis yang membentuk ‘S’, sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. Bandingkan garis yang membentuk ‘Z’, terkesan tegas dan kaku.

2.      Bentuk (shape)

Bentuk disebut juga shape, dihasilkan dari garis-garis yang tersusun sedemikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra). Setiap bentuk mempunyai arti sendiri, tergantung budaya, geografis dan lain-lain. Contoh : segitiga bisa melambangkan konsep trinitas (ayah, ibu, anak), tetapi di mesir segitiga melambangkan simbol feminimitas (kewanitaan).

3.      Ilustrasi /Gambar /Image

Gambar di desain grafis bisa terbagi dari metodenya :

a. Manual / Hand Drawing / gambar tangan. Dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush, kuas, cat, spidol dan lain-lain. Cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide, karikatur, komik, lukisan dan lain-lain.

b. Computerized. Menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vektor atau bitmap. Format vektor yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logo dan gambar line-art. Format bitmap terdiri dari pixel-pixel, cocok untuk foto.

4.      Ruang (Space)

Dengan ruang, kita dapat merasakan jauh-dekat, tinggi-rendah, panjang-pendek, kosong-padat, besar-kecil dan lain-lain. Ukuran tersebut sifatnya relatif. ‘Besar’ menurut anda belum tentu sama dengan ‘besar’ menurut orang lain. Ukuran-ukuran tersebut muncul karena ada pembanding.

a.       Teks /Tipografi

Merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan pembaca dapat membaca semaksimal mungkin.

b.      Warna (Color)

Setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience secara efektif.

2.3.4 Prinsip-Prinsip Desain Grafis

Dalam mengkomposisi atau mengatur layout agar menarik menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :

1. Keseimbangan (Balance)

Secara keseluruhan komponen-komponen desain harus tampil seimbang. Mata kita akan menangkap keseluruhan atau halaman desain dalam satu komponen yang lebih kecil.

2. Irama (Rhythm)

Pengulangan atau variasi komponen-komponen desain grafis. Pengulangan tersebut bisa dalam bentuk urutan gerakan, pola atau pattern tertentu.

3. Skala dan Proporsi

Skala adalah perubahan ukuran atau size tanpa perubahan perbandingan ukuran panjang lebar atau tinggi, sedangkan proporsi adalah perubahan perbandingan antara panjang lebar atau tinggi sehingga gambar dengan perubahan proporsi sering terlihat distorsi.

4. Fokus

Tidak semua komponen grafis sama pentingnya, audience harus fokuskan atau diarahkan pada satu titik dan kontras pada penekanan karena ada perbedaan drastis atau konflik pada komponen desain grafis.

5. Kesatuan (Unity)

Semua bagian dan unsur grafis bersatu-padu dan serasi sehingga pembaca memahami sebagai satu kesatuan.

2.3.5 Definisi Typografy

Tipografi (typography) adalah ilmu yang mempelajari tentang huruf. Dengan perkembangan font-font komputer, kita akan leluasa memilih jenis font yang diinginkan. Namun memilih font adalah pekerjaan yang melelahkan karena sering banyaknya font yang tersedia.

2.3.6 Definisi Tentang Psikologi warna

2.4.6.1.Pengertian Warna

Secara obyektif warna adalah sifat cahaya yang dipancarkan dan terurai sebagai warna pelangi (merah, jingga, kuning, ungu). Jenis warna yang demikian disebut spectrum atau warna cahaya. Secara subyektif warna adalah bagian dari pengalaman indra penglihat (mata) yang diterima dari pantulan sinar atau cahaya pada suatu obyek atau benda tertentu.

 

2.4.6.2.Dimensi Warna

Secara garis besar dikenal adanya 2 dasar teori tentang warna :

1. Munsell system

2. Prang system, menurut teori Prang system warna dapat dibagi :

a. HUE (nama warna) : panas atau dinginnya warna

-      Menunjukkan nama-nama warna : merah, biru, hijau

-       Perbedaan warna adalah perbedaan HUE

-        Bila hijau menjadi kebiruan dapat dikatakan berubah HUEnya

b. VALUE : terang atau gelapnya warna

c. INTENSITY : cerah atau suramnya warna

 

2.4.6.3.Jenis/bentuk warna

1. Warna Primer

Warna primer adalah warna-warna yang tidak dapat dibuat dari warna lain, tetapi dapat untuk membuat warna lain. Disebut juga warna pokok atau warna pertama. Warna primer terdiri dari beberapa warna, antara lain: merah (Magenta), Kuning (Yellow), Biru (Cyan Blue). Komposisi warna-warna : kuat dan kontras.

 

2. Warna Sekunder

Warna-warna yang merupakan hasil pencampuran dua warna primer, dengan perbandingan yang sama akan mendapatkan tiga warna pula, yaitu jingga, (merah + kuning), hijau (kuning + biru), dan ungu (merah + biru).

3. Warna Quarter

Warna yang merupakan hasil percampuran dua warna sekunder, yaitu coklat jingga adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat merah, sedangkan coklat hijau adalah hasil percampuran warna coklat, kuning dan coklat biru.

4. Warna tersier

Warna pada tingkat ketiga sebagai hasil percampuran warna–warna sekunder yang menghasilkan tiga warna, yaitu orange – jingga, orange – hijau, dan hijau – jingga.

5. Warna Complementer

Dua warna yang dianggap saling berlawanan, seperti ungu dan kuning, merah dan hijau, biru dan jingga, dan lain sebagainya. Warna-warna ini di anggap dapat menghasilkan “gangguan optis“ bila digoyang sepertinya dapat bergerak.

2.4.6.4.Makna Simbolik Warna

1.  Warna Merah : semangat, keberanian, amarah, bahaya, kekerasan, kekejaman, kesakitan.

2.   Warna Kuning : Kegembiraan, keceriaan, kecemerlangan, keagungan, ciptaan

3.   Warna Kuning Emas : kemewahan, kejayaan, kemenangan, kemuliaan, kekuatan spiritual.

4.  Warna Hijau : pertumbuhan, kesuburan, keremajaan, keyakinan, pengharapan, kesanggupan, kehidupan, penelitian.

5.  Warna Biru : kebenaran, keteguhan, ketenangan, kesejukan, kesetiaan, kemurahan hati.

6.  Warna Putih : kesucian, kebenaran, perdamaian, kemurnian, kejujuran, ketentraman.

7.   Warna Hitam : ketabahan, kekuatan, ketegasan, kejantanan, kesengsaraan.

8.  Warna Abu-abu : ketaatan, rendah hati, kesholihan, modern.

9.    Warna Orange : kemajuan, semangat, perkembangan, energi.

10. Warna Violet : kemulyaan, kebesaran jiwa, kelembutan.

11.Indigo

ilmu pengetahuan, kemapanan, kedewasaan.

2.4.6.5.Definisi Tentang Simbolisasi Bentuk

Simbolisasi bentuk adalah bentuk bangun, rupa, figure, sosok suatu objek terungkap dalam kountur atau outline atau garis keliling dari objek yang bersangkutan.

2.4.6.6.Definisi Citra atau Image

Citra atau Image adalah data dalam bentuk gambar. Citra dapat berupa grafik, foto, hasil rontgen,dan tanda tangan, ataupun gambar yang lain.

 

2..4. Konsep Dasar Promosi

2.4.1 Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Pentingnya promosi dapat digambarkan lewat perumpamaan bahwa pemasaran tanpa promosi dapat diibaratkan seorang pria berkaca mata hitam yang dari tempat gelap pada malam kelam mengedipkan matanya pada seorang gadis cantik di kejauhan. Tak seorang pun yang tahu apa yang dilakukan pria tersebut, selain dirinya sendiri.

Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan setia pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

2.4.2        Tujuan Promosi

Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya.

2.4.3        Bentuk Promosi

Meskipun secara umum bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebut dapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khususnya. Beberapa tugas khusus itu atau sering disebut bauran promosi, adalah :

1.      Personal Selling

Personal selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.

2.      Mass Selling

Mass selling merupakan pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu. Metode ini memang tidak se-fleksibel personal selling namun merupakan alternatif yang lebih murah untuk menyampaikan informasi ke khalayak (pasar sasaran) yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar luas.

3.      Promosi Penjualan

Promosi pejualan adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

4.      Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Public Ralations merupakan upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi persepsi, opini, keyakinan, dan sikap berbagai kelompok terhadap perusahan tersebut.

5.      Direct Marketing

Sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur atau transaksi di sembarang lokasi.

 

2.5. Program Aplikasi Penunjang Design

2.5.1. Adobe Photoshop CS2

Adobe Photoshop CS2 adalah suatu perangkat lunak canggih yang dapat Anda gunakan untuk membuat, menyunting dan memanipulasi tampilan termasuk mengoreksi warna dan memberi efek tampilan atas sebuah gambar atau photo, hasil dari program ini merupakan sebuah gambar / image, di dalam komputer grafis terbagi menjadi 2 kelompok yaitu gambar Bitmap dan gambar Vektor. Kualiatas gambar tergantung pada jumlah pixel yang diperlukan pada gambar tersebut, maka anda harus menentukan dimensi (ukuran) pixel yang dibuat terhadap resolusi gambar yang akan dibuat, serta harap diperhatikan tentang monitor yang resolusinya dapat menunjang untuk tampilan gambar. Adobe Photoshop CS2 menyediakan berbagai piranti yang akan membantu dalam membuat gambar, dapat memformat tampilan gambar tersebut dengan menggunakan filter yang telah disediakan, dengan menggunakan filter dapat memberikan efek-efek tertentu untuk obyek gambar atau bahkan memberikan filter pada masing-masing layer sehingga menghasilkan gambar seperti yang diinginkan.

 

Gambar 2.1

Tampilan Adobe Photoshop CS2

 

 

 

 

BAB

III

PROFIL PERUSAHAAN

 

3.1 Sejarah Singkat Perusahaan

3.1.1. Sejarah Perusahaan

Yuka Production adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa video dokumentasi dan fotografi sebagai bahan informasi, Yuka Production telah berdiri sejak tahun 2006 dengan pendiri atau pemilik perusahaan Bpk Wahyu Hidayat, S.I.Kom dan pengelola keuangan Ibu Eka Septiati, A.Md yang beramat Jl. Margasari No.29 RT 001/004 Kelurahan Margasari Kota Tangerang Kode pos 15113 dengan menerima jasa Video Dokumentasi dan Photografi untuk berbagai acara seperti. Pre Wedding, Wedding, Wisuda, Khitanan, Perpisahaan Sekolah, Selamat Ulang tahun, dan lain-lain.

Selain acara-acara tersebut Yuka Production juga menerima pembuatan karya film. Dokumenter, Berita, Hiburan, Feature dan video klip, untuk berbagi keperluan tugas mulai dari proses Pra produksi, Produksi, hingga pasca produksi.

24

 

Pada tahun 2013 Yuka production menambah usaha dengan usaha barunya seperti jasa burning CD dan DVD dengan jumlah banyak dan waktu cepat, selain itu yuka production juga memiliki usaha online seperti jualan sepre, pakaian, bahan-bahan dan lain-lain yang saat ini masih menggunakan

sosialita.

Sumberdaya manusia yuka production adalah suatu tim video dokumentasi dan fotografi yang berangkat dari sekedar hobby lalu terjun kedunia profesional. Secara terus menerus. Yuka production didukung oleh tenaga yang kreatif dan profesional di bidangnya masing-masing, dan akan terus berusaha melayani anda dengan sebaik-baiknya.

Demi kepuasan pelanggan, yuka production menggunakan perangkat keras terkini di bidangnya video digital dan fotografi digital seperti, Kamera SLR Cannon serta kamera video 3CCD panasonic dan kamera Pd 117 Broadcasting quality. Dilengkapi perangkat lunak organik terbaik dibidang editing photo dan video editing, selain itu kamu juga menyediakan perangkat mini studio lengkap. Hasil album perangkat akan dicetak dengan teknologi Mesin mini lab terbaik dari Kodak dan Fuji, dan semua foto telah dilaminasi dengan lapisan anti gores serta untuk hasil video dalam bentuk DVD dengan kualitas terbaik.

3.1.2. Ruang Lingkup

Kebutuhan kegiatan promosi yang dilakukan oleh para klien dalam bentuk visual dan multimedia semakin banyak dilakukan guna memperkenalkan berbagai produk yang dihasilkan serta untuk meningkatkan nilai penjualan itu sendiri.

Tetapi tidak hanya dalam bidang promosi saja, namun kegiatan-kegiatan dalam bentuk peliputan untuk kebutuhan dokumentasi juga bisa dilakukan sebagai salah satu peluang bisnis yang dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Seperti telah diuraikan sebelumnya bahwa semakin berkembangnya kondisi perusahaan, maka semakin banyak pekerjaan atau pelayanan jasa yang dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh klien.

Bidang-bidang jasa yang dilakukan oleh perusahaan tidak hanya terbatas pada sisi disain pada bidang grafis tetapi juga melayani jasa bidang multimedia audio visual dan bermacam properti bentuk peralatan pendukungnya. Pada jasa bidang disain grafis dan multimedia bentuk pelayanan yang diberikan diantaranya adalah sebagai berikut :

a.       Menerima proses pekerja untuk mentransfer dokumentasi acara dalam bentuk format rekaman video dari perangkat kamera video menjadi suatu format Video Compact Disc (VCD) atau Digital Verstile Disc (DVD).

b.      Membuat berbagai macam dokumentasi kegiatan suatu acara, baik untuk kalangan personal maupun untuk perusahaan dalam format visual maupun format video.

c.       Menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk melaksanakan suatu event organizer serta membuat video untuk kebutuhan company profile perusahaan.

d.      Menerima jasa burning dengan waktu cepat dan jumlah yang banyak.

e.       Mejual Online Shoop berbagai macam bahan dan pakaian.

Dari berbagai macam kegiatan jasa dan pelayanan yang diberikan oleh CV. Yuka Production para pelanggannya, tidak dipungkiri bahwa bidang desain grafis dan multimedia mendapatkan peluang sebagai suatu bisnis yang memiliki prospek luas. Hal ini harus ditunjukan dengan kemampuan sumber daya manusia yang harus dimiliki oleh perusahaan agar bisa mengikuti trend dan perkembangan kemajuan jaman sehingga bisa menghasilkan jasa dan pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan.

3.1.3. Visi dan Misi Perusahaan

Untuk dapat meningkatkan kegiatan bisnis yang dilakukan, maka perusahaan harus memiliki komitmen yang jelas agar kegiatan usaha ini bisa tetap fokus berjalan. Komitmen ini disertai dengan adanya visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan sebagai bentuk pencitraan diri atas segala bentuk kegiatan usaha yang dilakukan.

 

 

3.1.3.1. Visi Perusahaan

Visi dari perusahaan adalah menjadi perusahaan yang memiliki kreatifitas dan pelayanan prima yang berorientasi pada pemenuhan harapan dan kebutuhan pelanggan serta mampu bersaing mengikuti kemajuan perkembangan teknologi dan jaman. Visi perusahaan ini dibuktikan dengan kemampuan perusahaan dalam megikuti keinginan dan kebutuhan yang disampaikan oleh pelanggan. Memanfaatkan penggunaan teknologi terkini serta membentuk sumber daya manusia yang bisa mengikuti perkembangan jaman.

3.1.3.2. Misi Perusahaan

Misi yang direncanakan oleh perusahaan adalah :

a.       Memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan berfokus pada pelayanan yang berkualitas unggul.

b.      Memiliki integritas yang tinggi dalam pekerjaan.

c.       Melakukan inovasi untuk kemajuan yang lebih baik.

d.      Menjadi perusahaan yang memberikan profit optimal bagi pelanggan.

e.       Menjadi perusahaan yang selalu bekerja keras untuk mencapai efektifitas dan efisiensi yang tinggi dalam pemanfaatan sumber daya manusia yang terdepan.

f.       Menjadi perusahaan yang terbaik dalam segala hal dan selalu menegakan tingkah laku etika bisnis yang tertinggi.

Dengan visi dan misi yang diterapkan ini diharapkan terciptanya etos kerja yang baik, terjalin kerjasama yang lebih luas lagi dengan pelanggan, sehingga perusahaan mampu bersaing.

3.1.4. Struktur Organisasi

Dalam mengembangkan dan membina sumber daya manusia untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi, sering kali mengalami kendala. Maka itu suatu organisasi membutuhkan struktur organisasi disertai deskripsi pekerjaan yang jelas.

Struktur organisasi ini merupakan gambaran yang menunjukan kedudukan, tugas serta tanggung jawab pada organisasi. Dengan struktur organisasi, spesialisasi kerja, standarisasi kerja, koordinasi, sentralisasi dalam pembuatan keputusan lebih efektif.

 

alur kerja2.JPG

 

Gambar 3.1

Struktur Organisasi

 

3.1.5. Tugas dan Kewajiban tiap Departemen

Director

-          Sebagai pimpinan perusahaan bertugas memimpin dan mengontrol jalannya perusahaan.

-          Bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yang terjadi mengatas namakan perusahaan.

Marketing Manager

-          Mengontrol kinerja para staff marketing.

-          Mempresentasikan produk yang ditawarkan perusahaan pada pelanggan.

-          Menganalisa anggaran terhadap suatu proyek produksi yang akan dikerjakan.

-          Bertanggung jawab terhadap segala permasalahan dan keluhan yang disampaikan pelanggan.

Staff Marketing

-          Melakukan penawaran produk pada calon konsumen.

-          Mempromosikan produk yang pernah dibuat perusahaan.

-          Membuat rancangan anggaran terhadap suatu produksi yang akan dibuat.

Finance Administrator

-          Mengatur administrasi keuangan perusahaan.

-          Menerima atau mengeluarkan dana sesuai anggaran yang ditetapkan.

 

 

Production Manager

-          Menerima informasi atau data atas suatu proyek produksi dari marketing.

-          Sebagai mediator atas kesepakatan kerja yang akan dilakukan dalam proses produksi.

-          Mengawasi serta mengontrol proyek yang berjalan.

Creative Art Supervisor

-          Membuat konsep produksi.

-          Mengkoordinasikan dan memberikan laporan pekerjaan yang sedang berjalan.

-          Bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dibawahnya.

Kameramen

-          Bertugas mengambil gambar video yang di lokasi dan jadwal yang sudah ditentukan.

-          Mengikuti prosedur dan konsep yang telah diberikan sebelumnya.

Photographer

-          Bertugas mengambil gambar foto dilokasi dan jadwal yang sudah ditentukan.

-          Mengikuti prosedur dan konsep yang telah diberikan sebelumnya.

 

Video Editor

-          Menerima hasil yang sudah dikerjakan oleh Kameramen atau photographer dan mengedit gambar video atau hasil photo tersebut sesuai dengan rancangan produksi yang akan dikerjakan.

Graphic Desainer

-          Memvisualisasikan konsep desain yang diberikan.

-          Membuat desain dengan rancangan produksi yang akan dikerjakan.

Kurir

-          Mengantarkan hasil produksi yang sudah selesai dikerjakan dengan tepat waktu.

 

3.1.6. Daftar Klien

Beberapa pelanggan yang melakukan kerjasama dan pernah menggunakan jasa dari CV. Yuka Production antara lain adalah :

1.      Dewi dan Tony, Jl. Suka Mulya III No. 23 Rt 03/05, Kel Sukasari Tangerang

2.      Gery dan Bowo, Jl. Perum Binong Permai Blok N 9 / 25 Curug Tangerang

3.      Reuni SMP 6 Jl. Cemara Raya

4.      Arif dan Sari Jl. Mulia IV No 16 Rt. 04 / 07 Blok M 9 cipondoh Makmur

5.      Harika Jausan Fariq Jl. Komp. Sek Neg. Blok D IV / Kebon Nanas Tangerang

6.      Alan dan Dina Jl. Tuntang Raya No. 29 Tangerang

7.      Octa dan Adam Jl. Jaya Pura dalam Rt 01/05 No. 54 Cimone Tangerang

8.      Ayu dan Agus Jl. Sukamanah I No. 38 A Rt 02/015 Tangerang

9.      Wijaya dan Novi Jl. Perum Bona Sarana Indah Blok T No. 23 Kebon Nanas

10.  Vina dan Ramdan Jl. Villa Tangerang Indah Blok HB 4/01 Rt 02/13 Kel. Gebang Raya Priuk

11.  Indah dan Rizky Jl. Flamboyan IV Blok B 7/9 Bugel Mas Indah Tangerang

12.  Dewi dan Angga Jl. Cempaka I Blok B 10 No. 9 Pondok Permai Kuta Bumi Tangerang

 

Dari beberapa yang disebutkan di atas, masih banyak pelanggan lain yang pernah melakukan bentuk kerjasama bisnis dengan CV. Yuka Production baik personal maupun instansi atau perusahaan.

 

3.2. Tinjauan Umum

3.2.1. Skema Alur Kerja

alur kerja1.JPG

3.2.2. Alur Kerja

Alur kerja berdasarkan pada skema pada halaman sebelumnya adalah sebagai berikut:

-             Staff marketing menerima order dari pelanggan dan membuat rancangan anggaran terhadap proyek yang akan dikerjakan.

-             Staff marketing melaporkan dan mendiskusikan rancangan anggaran produksi yang dibuat kepada marketing manager untuk dianalisa.

-             Hasil analisa dilaporkan kepada direktur untuk mendapatkan persetujuan.

-             Berdasarkan presentasi yang dilakukan oleh team marketing, data dan informasi yang diinginkan oleh pelanggan terhadap proyek yang akan dikerjakan kemudian diberikan kepada production manager.

-             Data dan informasi tersebut kemudian diolah menjadi beberapa bentuk desain produksi yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan oleh Creative Art Suprvisor.

-             Konsep desain produksi dipresentasikan kepada klien untuk mendapatkan persetujuan final.

-             Konsep yang telah disetujui diserahkan kepada team produksi untuk dibuat.

-             Hasil produksi desain final diserahkan pada production manager untuk dikirim kepelanggan setelah desain jadi.

 

 

3.3. Tinjauan Khusus

3.3.1. Daftar Projet

Beberapa daftar project yang pernah melibatkan penulis dalam kegiatan Kuliah Kerja Praktek adalah :

a.       Pembuatan Kolase Photo Wedding.

b.      Pembuatan Kolase Photo Ulang Tahun.

c.       Pembuatan Kolase Photo Pribadi.

d.      Pembuatan Photo Prewedding.

e.       Pembuatan Photo Prewedding.

f.       Pembuatan desain Logo.

g.      Pembuatan desain Kartu nama.

h.      Alternatif Pembuatan desain Logo.

i.        Alternatif Pembuatan desain Kartu Nama.

j.        Alternatif Pembuatan kolase Photo Wedding.

k.      Alternatif Pembuatan desain Logo.

l.        Alternatif Pembuatan Kolase Photo Pribadi.

 

3.3.2. Latar Belakang dan Konsep Desain

a.       Pembuatan Kolase Photo Wedding.

1.      Latar belakang desain

Karakteristik desain dibuat berdasarkan contoh katalog produksi yang dimiliki perusahaan dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi oleh Graphic desainer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Keluarga

3.      Konsep desain

-          Image utama diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan oleh team photographer

-          Penggunaan warna yang diinginkan berpadu dengan sesuai dengan desain.

-          Pengguanaan kolaborasi warna pada background dipakai untuk menciptakan keserasian dengan image yang sudah ada.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Bentuk Visual Kolase Photo Wedding.

9

Gambar 3.3

Visual Kolase Photo Wedding

b.      Pembuatan Kolase Photo Ulang Tahun.

1.      Latar belakang desain

Karakteristik desain dibuat berdasarkan contoh katalog produksi yang dimiliki perusahaan dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi oleh Graphic desainer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Keluarga

 

3.      Konsep desain

-          Image utama diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan oleh team photographer

-          Pengguanaan kolaborasi warna ungu pada background dipakai untuk menciptakan keserasian dengan image yang sudah ada.

-          Perpaduan penggunaan font “ Pristina “ pada penulisa “Happy Birtday”serta warna pada teks dibuat serasi dan dinamis dengan image utama.

4.      Bentuk Visual Photo Kolase Ulang Tahun

IMG_5115

Gambar 3.4

Visual Photo Kolase Ulang Tahun

c.       Pembuatan Kolase Photo Pribadi.

1.      Latar belakang desain

Karakteristik desain dibuat berdasarkan contoh katalog produksi yang dimiliki perusahaan dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi oleh Graphic desainer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Keluarga

 

3.      Konsep desain

-          Image utama diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan oleh team photographer

-          Penggunaan warna yang diinginkan berpadu dengan sesuai

-          Pengguanaan kolaborasi warna pada background dipakai untuk menciptakan keserasian dengan image yang sudah ada.

 

 

 

 

4.      Bentuk Visual Photo Pribadi.

DSC_0211

Gambar 3.5

Visual Photo Kolase Pribadi

 

d.      Pembuatan Foto Prewedding

1.      Latar belakang Foto Prewedding

Karakteristik Foto Prewedding dibuat berdasarkan persetujuan klien dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi oleh team photographer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Keluarga

 

 

3.      Konsep Foto

-          Foto ini diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan oleh team photographer

-          Penggunaan konsep telah mendapatkan persetujuan oleh klien.

-          Lokasi bertempatkan di kota tua Jakarta merupakan permintaan dari klien.

4.      Bentuk Visual Foto Prewedding

DSC_0245

Gambar 3.6

Visual Foto Prewedding

 

e.       Pembuatan Foto Prewedding.

1.      Latar belakang Foto Prewedding

Karakteristik Foto Prewedding dibuat berdasarkan persetujuan klien dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi oleh team photographer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Keluarga

3.      Konsep Foto

-          Foto ini diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan oleh team photographer

-          Penggunaan konsep telah mendapatkan persetujuan oleh klien.

-          Lokasi bertempatkan di kota tua Jakarta merupakan permintaan dari klien.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Bentuk Visual Foto Prewedding.

2

Gambar 3.7

Visual Foto Prewedding.

f.       Pembuatan Logo.

1.      Latar belakang Logo.

Karakteristik Logo dibuat berdasarkan persetujuan dan pertimbangan, lalu konsep ini sudah disetujui oleh pihak manajer produksi sebelumnya setelah di evaluasi oleh Graphic desainer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Umum

 

3.      Konsep logo

-          Image diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan dengan browsing.

-          Penggunaan warna putih sebagai dasar dominan disesuaikan dengan warna font agar terkesan menarik dan jelas.

-          Perpaduan penggunaan font “Rage Italic pada tulisan “Yuka Production” dan kolaborasi warna dibuat jelas dan ringkas agar mudah dibaca dan tidak cepat melelahkan mata dan penempatan teks kalimat disesuaikan agar tidak menghalangi image utama.

4.      Bentuk Visual Logo

logo yuka2

Gambar 3.8

Visual Logo

g.      Pembuatan desain Kartu Nama.

1.      Latar belakang desain

Karakteristik desain dibuat berdasarkan kemauan perusahaan produksi yang dimiliki perusahaan dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran

Kalangan Pengusaha, Perkantoran.

3.      Konsep desain

-          Image untuk logo perusahaan diambil dari foto yang sudah ada dari klien.

-          Penggunaan warna putih sebagai latar belakang agar terlihat formil dan pada bentuk lensa menggunakan warna orange agar terlihat menarik.

-          Penggunaan font “Rage Italic” untuk tulisan “Yuka Production” memberikan kesan tangguh dan kuat sebagai suatu Perusahaan yang tidak mudah di Saingi oleh pihak manapun.

-          Bentuk dibuat portrait disesuaikan dengan penggunaan bermacam format kertas agar lebih flexible.

 

 

4.      Bentuk Visual ID Card

ok1

Gambar 3.9

Visual ID Card

h.      Alternatif Pembuatan Desain Logo.

1.      Latar belakang Logo.

Karakteristik Logo dibuat berdasarkan persetujuan dan pertimbangan, lalu konsep ini sudah disetujui oleh pihak manajer produksi sebelumnya setelah di evaluasi oleh Graphic desainer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Umum

3.      Konsep logo

-          Image diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan dengan browsing.

-          Penggunaan warna putih sebagai dasar dominan disesuaikan dengan warna font agar terkesan menarik dan jelas.

-          Perpaduan penggunaan font “Rage Italic pada tulisan “Yuka Production “ Times New Roman” pada tulisan “Yuka Production” kolaborasi warna dibuat jelas dan ringkas agar mudah dibaca dan tidak cepat melelahkan mata dan penempatan teks kalimat disesuaikan agar tidak menghalangi image utama.

4.      Bentuk Visual Alternatif Pembuatan Desain Logo.

logo yuka2

Gambar 3.10

Visual Desai Alternatif Logo.

 

i.        Alternatif Pembuatan desain Kartu Nama.

1.      Latar belakang desain

Karakteristik desain dibuat berdasarkan kemauan perusahaan produksi yang dimiliki perusahaan dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran

Kalangan Pengusaha, Perkantoran.

3.      Konsep desain

-          Image untuk logo perusahaan diambil dari foto yang sudah ada dari klien.

-          Penggunaan warna orange sebagai latar belakang agar terlihat formil dan pada bentuk lensa menggunakan warna orange agar terlihat menarik.

-          Penggunaan font “Rage Italic” untuk tulisan Yuka Production memberikan kesan tangguh dan kuat.

-          Bentuk dibuat portrait disesuaikan dengan penggunaan bermacam format kertas agar lebih flexible.

 

 

 

 

4.      Bentuk Visual Alternatif Pembuatan desain Kartu Nama.

 

YUKA PRODUCTION

Jl. Margasari No.29 RT.001/004

Kel. Margasari Kota Tangerang Tlp 021-80346602

Gambar 3.11

Alternatif Visual Kartu Nama

j.        Alternatif Pembuatan kolase Photo Wedding.

1.      Latar belakang desain

Karakteristik desain dibuat berdasarkan contoh katalog produksi yang dimiliki perusahaan dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi oleh Graphic desainer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Keluarga

 

 

 

3.      Konsep desain

-          Image utama diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan oleh team photographer

-          Penggunaan warna yang diinginkan berpadu dengan sesuai dengan desain.

-          Pengguanaan kolaborasi warna pada background dipakai untuk menciptakan keserasian dengan image yang sudah ada.

4.      Bentuk Visual Alternatif Kolase Photo Wedding.

DSC_6708

Gambar 3.12

Visual Alternatif Pembuatan kolase Photo Wedding

 

k.      Alternatif Pembuatan Desain Logo.

1.      Latar belakang Logo.

Karakteristik Logo dibuat berdasarkan persetujuan dan pertimbangan, lalu konsep ini sudah disetujui oleh pihak manajer produksi sebelumnya setelah di evaluasi oleh Graphic desainer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Umum

3.      Konsep logo

-          Image diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan dengan browsing.

-          Penggunaan warna putih sebagai dasar dominan disesuaikan dengan warna font agar terkesan menarik dan jelas.

-          Perpaduan penggunaan font “ Times New Roman” pada tulisan “Yuka Production” kolaborasi warna dibuat jelas dan ringkas agar mudah dibaca dan tidak cepat melelahkan mata dan penempatan teks kalimat disesuaikan agar tidak menghalangi image utama.

 

 

4.      Bentuk Visual Alternatif Pembuatan Desain Logo.

logo yuka2

Gambar 3.13

Visual Desai Alternatif Logo.

 

L.     Pembuatan Photo Kolase Pribadi.

1.      Latar belakang desain

Karakteristik desain dibuat berdasarkan contoh katalog produksi yang dimiliki perusahaan dan konsep ini sudah disetujui oleh klien sebelumnya setelah di evaluasi oleh Graphic desainer.

2.      Demografi

Jenis kelamin  : Pria dan Wanita

Kelas Ekonomi  : Menengah

Sasaran  : Kalangan Keluarga

 

3.      Konsep desain

-          Image utama diambil dari seleksi hasil photo yang terbaik pada sesi pengambilan gambar yang dilakukan oleh team photographer

-          Penggunaan warna yang diinginkan berpadu dengan sesuai dengan desain.

-          Pengguanaan kolaborasi warna pada background dipakai untuk menciptakan keserasian dengan image yang sudah ada.

4.      Alternatif Bentuk Visual Photo Kolase Pribadi

Asli 1

Gambar 3.14

Visual Alternatif Photo Kolase Pribadi

 

 

 

 

 

 

BAB

IV

PENUTUP

 

4.1 Kesimpulan

Kuliah Kerja Praktek yang telah dilaksanakan oleh penulis pada CV. YUKA PRODUCTION selama kurang lebih tiga bulan atau sebanyak 160 jam memberikan pengalaman yang sangat berharga, terutama dalama hal membentuk dan mengembangkan kemampuan penulis dalam penguasaan Software desain Grafis.

Dalam proses KKP, penulis ditempatkan pada bagian desain produksi. Melalui Kuliah Kerja Praktek penulis banyak mendapatkan bimbingan dan pengalaman dalam mengerjakan desain yang diberikan. Kendala yang dihadapi dalam pekerjaan dapat terpecahkan dengan aktif bertanya dan berdiskusi untuk mencari solusi yang tepat, yang pada akhirnya dapat memberikan pengalaman baru bagi penulis untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

 

4.2 Saran

Saran penulis setelah melaksanakan Kuliah Kerja Praktek pada CV. YUKA PRODUCTION adalah kiranya pihak perusahaan dapat me-review kembali pesanan dari klien sesuai dengan sarana yang ada, dimana selama ini pekerjaan yang dilakukan terkesan terburu-buru dan efeknya adalah para desainer grafis tidak mempunyai cukup waktu untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya guna menghasilkan karya yang beragam dan lebih baik lagi.

Hal ini dapat teratasi dengan menambah jumlah perangkat komputer yang digunakan, sehingga pekerjaan yang demikian banyak dapat terselesaikan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dan tersedia cukup waktu untuk bisa mengerjakan project desain yang diberikan.

 

4.3 Kesan

Selama melaksanakan Kuliah Kerja Praktek penulis dapat merasakan suasana kekeluargaan dan keakraban diantara sesama karyawan, tidak merasa canggung untuk bertanya bila mendapat kendala. Penulis juga mendapatkan pengalaman selain itu penulis juga patut bersyukur atas diberikannya waktu yang flexible dalam menjalani Kuliah Kerja Praktek sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal perkuliahan dan pekerjaan yang lainnya.

Melalui kesempatan dalam kuliah kerja praktek CV. YUKA PRODUCTION, penulis mendapatkan banyak pengalaman yang sangat bermanfaat mulai dari bagaimana cara berorganisasi dan sistem kerja membuat suatu graphic desain, pengolahan ide, sketsa gambar serta desain di dalam komputer.

Adapun pengalaman selama kuliah kerja praktek tersebut, yaitu menambah wawasan penulis dalam mencari ide, layout, pengenalan bahan sampai penguasaan software. Untuk yang nantinya akan diterapkan dalam dunia kerja nyata, baik bekerja dalam lingkungan masyarakat ataupun pada suatu perusahaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contributors

Admin, Yanuar