KKP 1521488445

Dari widuri
Revisi per 7 Januari 2021 10.22 oleh Mahendra (bicara | kontrib)

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK

MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

PADA PT. RUMAH MUSIK INDONESIA

KOTA TANGERANG


KULIAH KERJA PRAKTEK





Disusun Oleh :

NIM : 1521488445

NAMA : MAHENDRA PRATAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MULTIMEDIA AUDIO VISUAL AND BROADCASTING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2020/2021


ABSTRAKSI

Pada era digital seperti saat ini dan berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih dengan hadirnya dunia internet. Content Creator merupakan salah satu divisi perusahaan yang membutuhkan video untuk mengkomunikasikan suatu pesan ke media sosial. Sebuah video harus bisa semenarik mungkin agar bisa menyampaikan pesan efektif dalam media sosial. Dan juga penulis melakukan kuliah kerja praktek ini dilaksanakan pada bagian Content Creator di PT. Rumah Musik Indonesia dan tujuan kuliah kerja praktek ini, untuk membantu bagian pembuatan video dan mempromosikan video dari PT. Rumah Musik Indonesia. Pelaksanaan magang ini juga dapat meningkatkan wawasan serta keterampilan terhadap penulis dalam membuat suatu video dan metode penelitian yang digunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Pada perancangan video menggunakan aplikasi Adobe After Effect, Adobe Premiere dan Adobe Photoshop. Setelah melaksanakan magang di bagian Content Creator penulis mendapatkan ilmu baru khususnya dalam bagian video dan pengalaman kerja dengan bisa merasakan langsung bagaimana suasana dari lingkungan dunia kerja sesungguhnya.

Kata kunci :[Content Creator, Video, Informasi, Promosi]


ABSTRACT


In the digital era like today and developing along with the development of increasingly sophisticated technology with the presence of the internet, Content Creator is a company division that requires video to communicate a message to social media. A video must be as attractive as possible in order to convey an effective message on social media. And also the author did this practical work lecture held at the Content Creator at PT. Rumah Musik Indonesia and the purpose of this practical work lecture is to help the part of making videos and promoting videos from PT. Rumah Musik Indonesia. The implementation of this internship can also increase the knowledge and skills of the writer in making a video and the research methods used by observation, interviews and literature study. In designing the video using Adobe After Effects, Adobe Premiere and Adobe Photoshop applications. After carrying out an internship in the Content Creator section, the author gets new knowledge, especially in the video section and work experience by being able to experience firsthand how the atmosphere of the real world of work is.

Keywords: [Content Creator, Video, Informasi, Promosi]

Daftar Pustaka

  1. Andriyanto, Arfa dan Virhaz Kurnia. 2019. Desain Majalah Penunjang Promosi dan Informasi Pada AFC Indonesia. Tangerang : STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN : 2356-5209. Online ISSN: 2655-3058. Vol.5, No.1 : 83.
  2. Anto. 2017. Belajar Typography Masa Sekarang. Medan : Pustaka Bangsa.
  3. Anton. 2017. Pengertian Warna Buat Si Kecil. Medan : Pustaka Bangsa.
  4. Ayuningtyas. 2017. Belajar Desain Grafis. Jakarta : Graha Ilmu.
  5. Anggraini, Mita Dwi. Abid Muhtarom dan Nurus Safaatillah. 2019.Implementasi Strategi Pemasaran Dengan menggunakan Analisis SWOT Dalam Meningkatkan penjualan dan Pendapatan Pada Ud.Yoga Putrabangkit Sambeng Lamongan. Lamongan : Universitas Islam Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM). p-ISSN:2502-3780. Vol.4, No.2 : 967.
  6. Ayub Kanda. Novaria Maulina dan Muhammad Alif, (2017). Self Disclosure Chef Agus Sasirangan di Media Sosial Instagram.Banjarmasin : Universitas Lambung Mangkurat. Meta Communication: Journal of Communication Studies, E-ISSN:2580-3832. Vol 1, No. 2 : 1-13.
  7. Astuti, Misni. 2017. Konstruksi Sosial Media Terhadap Kekuatan Personal Branding. Medan : Pustaka Bangsa
  8. Budiarto. 2019. Penjelasan Pemrograman HTML. Semarang : Salemba.
  9. Binanto. 2018. Multimedia Digital (Dasar Teori dan Pengembangannya).Yogyakarta : Erlangga. 
  10. Bravo, Julia Bello. Anne Namatsi Lutomia. Lawrence Mbhekiseni Madela and Barry Robert Pittendrigh. 2017. “Malaria Prevention And Treatment Using Educational Animations: A Casestudy In Kakamega County, Kenya”. Washington : Institute of Education Sciences. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT). ISSN-1814-0556. Vol.13, No.1.
  11. Chandra. 2017. Pengetahuan Media Visual di dalam pembuatan Video.Yogyakarta : Erlangga.
  12. Delil, Semih. 2017. The Impact of Infographic Animation Videos On Data Visualization. India : DergiPark Akademik. International Journal of Social Sciences and Education Research. ISSN : 2149-5939. Vol.3,No.4.
  13. Degey. 2017. Perancangan Video Profile. Medan : Mitra Group.
  14. Ernawati. 2019. Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual.Sidoarjo : Universitas Maarif Hasyim Latif. Art and Design Journal.ISSN 2655 - 464X. Vol. 2, No. 1 : 27-34.
  15. Epley. 2017. Using Promotional Videos May Help The Professional Meet The Need of Audiences Online. Yogyakarta : Erlangga
  16. Etim, Paulinus J. Atim Edet Itighise dan Iniobong Bassey Ema. 2016. Use of Educational Animation and Academic Performance of Business Studies Students in Akwa Ibom State. United States : Macrothink Institue. International Journal of Education.  ISSN 1948-5476. Vol.8,No.4.
  17. Fatmawati. 2017. Pengertian Warna Dalam Kehidupan. Medan : Pustaka Bangsa
  18. Firmansyah. 2019. Promosikan Perusahaan Secara Online. Medan : Pustaka Bangsa 
  19. Hamzah, Faisal Rudiansyah. Panji Wira Sona dan Indri Rahmawati. 2017. Promosi dan Informasi Media Audio Visual Berbentuk Video Profile Pada SMK PGRI 11 Ciledug Kota Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN : 2356 -5209. Vol.3, No.1 : 38. 
  20. Hanafri. 2017. Elisitasi di Dalam Kehidupan. Medan : Group Mitra
  21. Hedynata, Marceline Livia. dan Wirawan E.D Radianto. 2017. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Yogyakarta : Gava Media.
  22. Hidayat. 2018. Promosi Desain Dalam Kehidupan Sehari-hari. Medan Media Group.
  23. Imron, Moh. Jamaluddin. 2019. Dampak Multimedia Bagi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah. Bangkalan:Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al - Ibrohimy Bangkalan. Jurnal : Pendidikan dan keilmuan Islam (Al-Ibrah). Vol. 4, No.1 : 4.
  24. Lestari, Komang Dewi. Ketut Agustini dan Nyoman Sugihartini. 2019. Pengembangan Modul Ajar Storyboard Berbasis Project Based Learning untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika). ISSN: 2252-9063. Vol 8, No 2 : 310.
  25. Sakti, Hadi Gunawan. 2017. Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Matapelajaran Desain Grafis. Mataram : FIPIKIP Mataram. Jurnal Realita .ISSN : 2503 – 1708. Vol. 2, No. 2 : 3.
  26. Syahbani M. Fariz dan Arry Widodo (2017), “Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media”, Medan : Pustaka Bangsa 
  27. Khalifa. 2018. Pengertian SWOT dalam Skripsi. Medan : Pustaka Bangsa
  28. Maulani, Giandari. Sugeng Widada dan Nabila Geysaka Amir. 2020. Media Sistem Informasi Video Profile SMA Permata Insani Menggunakan Adobe Creative Cloud. Tangerang : Universitas Raharja. SENSI Journal. ISSN: 2461-1409. Online ISSN: 2655-5298.  Vol.6, No.1 : 30.
  29. Manaf, Ahmad Azaini Abdul dan Yousef Khaled A. Alallan. 2017. Examining the effectiveness of animated cartoons as brand awareness in TV advertisement: Evidence from survey in Malaysia and Jordan. Malaysia : Universiti Malaysia Sarawak.  International Journal of Business and Society. ISSN : 427-438. Vol.18, No.3. 
  30. Maimunah, David Ericson Manalu dan Dian Budi Kusuma. 2017. Perancangan Prototype Visual pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi pada PT Sulindafin. Yogyakarta: STMIK  Amikom Yogyakarta. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN : 2302-3805. Vol 5, No.1: 38.
  31. Ponza, Putu Jerry Radita. I Nyoman Jampel dan I Komang Sudarma. 2018. Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Edutech Undiksha,E-ISSN : 2615-6091. Vol.6, No 1 : 10.
  32. Rahmawati. 2017. Penerapan Game Education Untuk Meningkatkan Daya Ingat Belajar Anak Usia Dini. Padang : Universitas Putra Indonesia YPTK. Jurnal Teknologi. EISSN : 2180-3722. Vol. 6, No.2 : 68.
  33. Rahayu, Yayuk Sri dan Miftahurrizqi M. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Media Pembelajaran Audio visual pada Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Palangkaraya : Bitnet . Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. ISSN : 2502-1923. Vol. 4, No. 1: 37.
  34. Riswanto, asti ideliana dan Siti. 2018. Pengertian Broadcasting dalam video. Yogyakarta : K-Media 
  35. Wibowo, Edi. Dewi Popi Romika dan Mega Cut Ryana. 2017. Perancangan video profil sebagai penunjang media informasi pads SMA Citra Islami Tangerang. Yogyakarta: Universitas AMIKOM Yogyakarta. Semnasteknomedia. online ISSN:2302-3805. Vol. 5, No.1: 62.
  36. Noor, Muhammad dan Ratna Sari. 2018. Sistem Informasi Kartu Inventaris Barang Berbasis Web di Pertambangan dan Energi Kabupaten Tanah Laut. Kalimatan Selatan : Politeknik Negeri Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika. PISSN :2459-9549, EISSN : 2502-096X. Vol. 2, No.1 : 63.
  37. Sidik. 2017.Penjelasan Tentang Typography. Medan : Media Group.
  38. Sayugi. 2018. Menjadi Content Creator Yang Menarik. Yogyakarta : Navalia.
  39. Sarnan, 2018, Pengertian Secara Umum Perfilman, Yogyakarta : K-Media.
  40. Sunarya Lusyani, Hirzi Supriadi Saputra, dan Dwi Rahmadhiani. 2017. Perancangan Video Profil Pada Smk Islamic Village Karawaci Kabupaten Tangerang. Tangerang : STMIK Raharja. Sensi Journal. ISSN: 2461-1409.Vol. 3 No. 2: 22.
  41. Sundawa, 2018, Pengertian Content creator. Yogyakarta : Erlangga.
  42. Sofiana, 2017, Tahapan-Tahapan Perancangan Sistem. Medan : Mitra Grup. 
  43. Sunarya, Lusyani. Rindang kusumaninggar dan Adrian Syahputra. 2017. Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. Bali : STIKOM Bali. Eksplora Informatika. ISSN : 2460-3694. Vol. 6, No. 2 : 109.
  44. Sunarya, Lusyani. Maimunah dan Kris Budiyanto. 2020. Video Promosi Beasiswa Student Get Student Pada Universitas Raharja. Tangerang : Universitas Raharja. Journal CICES. ISSN: 2356-5209. Online ISSN: 2655-3058.  Vol.6, No.1 : 93,95,96.
  45. Putra, Azwar Aditya dan Vella Carissa 2019. Video Kabupaten Tangerang Pada Dinas Disporabudpar Pariwisata. Tangerang : STMIK Raharja. Journal CICES. ISSN:2356-5209. Vol.5, No.1 : 65.
  46. Subario. 2017. Beragam Aplikasi Yang Digunakan Pengeditan Video. Semarang : Andi Semarang
  47. Sari. 2017. Pembelajaran Cara Membuat Tugas Akhir. Semarang : Formaci Semarang
  48. Suwandi. 2017. Pembelajaran Buat Mahasiswa Membuat Tugas Akhir. Medan : Penerbit Kalya
  49. Syahbani, M. Fariz dan Arry Widodo. 2017. Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media. Medan : Buku Titi Gantung
  50. Teguh. 2017. Pembuatan Video Profile. Medan : Matroska
  51. Umar, M. Kasyif Gufran. 2017. Analysis and Development Film Legend of The Galela Using Three Dimensional Animation. Yogyakarta : STMIK Amikom Yogyakarta.  International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology (IJARCET). ISSN : 2278 – 1323. Vol.6, No.7.
  52. Wibowo. 2019 . Memberikan Pengetahuan Tentang Warna Kepada Anak. Medan : Group Mitra 
  53. Wananto. 2017. Pengetahuan Video Secara Umum. Medan : Mitra Group.
  54. Yulianjani. 2019. Unsur-Unsur Desain Grafis. Padang : Pustaka Galeri Mandiri

Contributors

Mahendra