BAB I WIDURI KKP

Dari widuri
Revisi per 11 Juli 2013 08.03 oleh Kiki Amalia (bicara | kontrib) (1.1. Latar Belakang)


Lompat ke: navigasi, cari

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Di zaman sekarang ini informasi berkembang dengan sangat pesat dan tidak bisa dikendalikan. Perkembangan informasi saat ini menuntut suatu teknologi untuk mampu berinteraksi dan memuat data yang memiliki kapasitas tinggi. Terlebih lagi dengan berkembangnya informasi berbasis multimedia. Selain itu, semakin bervariasi pula perkembangan berbagai macam sarana untuk mengemas solusi dan pemecahan masalah tersebut. Penggunaan teknologi komputer dan komunikasi sebagai alat bantu untuk mengelola suatu pekerjaan menjadi kebutuhan yang sangat penting dimana informasi yang cepat, akurat, handal dan berkualitas menjadi suatu hal yang sangat memungkinkan untuk dilakukan. Informasi yang berkualitas tersebut bisa digunakan sebagai alat untuk pengambilan keputusan.


Rhj.jpg

Gambar 1. Logo Perguruan Tinggi Raharja


Perguruan Tinggi Raharja merupakan perguruan tinggi yang bergerak di bidang komputer dan telah menerapkan sistem pembelajaran iLearning. Di bawah ini merupakan kutipan Ilearning menurut Ir. Untung Rahardja, M.T.I yang diambil dari blog pribadi berjudul “iLearning Start From Here !” , iLearning Media (iMe). 2013, http://untungrahardja.ilearning.me/2013/01/04/ilearning-start-from-here/ , (Tanggal akses 8 Febuari 2013). “iLearning sendiri menurut saya adalah 4B, yaitu Belajar, Bekerja, Berdoa & Bermain, dimana dengan media iPad ini semua pelaksanaan 4B tersebut dapat menjalankan langsung 2 fungsi otak manusia, yaitu otak kiri & otak kanan. Dan saya meyakini hal ini akan membuat mahasiswa menjadi lebih aktif, karena cara seperti ini fungsi otak dilakukan dengan sangat optimal dengan menyeimbangkan kerja otak kiri dan otak kanan. Tidak seperti metode yang lain, metode iLearning ini tidak hanya membuat mahasiswa aktif di kelas tetapi juga merasakan seperti ada semangat baru dalam belajar, mahasiswa tidak lagi perlu membawa alat lain selain iPad untuk mendukung iLearning ini. Selain itu, betapa pedulinya saya juga tentang global warming, perguruan tinggi yang saya dirikan ini bukan hanya disebut Green Campus saja, namun juga melalui metode iLearning ini saya ingin menunjukkan konsep “paperless” yang mampu mengurangi penggunaan kertas di dalam kegiatan belajar mengajar”.


Ilearning.jpg

Gambar 2. Infrastruktur 4B ilLearning


Dengan metode iLearning, mahasiswa tidak perlu membawa buku yang berat dan banyak di setiap mata kuliahnya. Dan di setiap tugas, mahasiswa pun tidak perlu repot mencetak tugas yang terkadang banyaknya hingga berlembar-lembar. Jadi tidak perlu mengeluarkan waktu, biaya dan tenaga lebih dalam perkuliahan. Sehingga perkuliahan pun menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Pemberian fasilitas yang baik dan berkualitas kepada mahasiswa adalah hal utama yang sangat diperhatikan dan menjadi suatu tujuan yang harus dicapai guna memberikan kepuasan dan kemudahan dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan bagi mahasiswa sesuai dengan visi misi dan tujuan Perguruan Tinggi Raharja. Dengan sistem informasi yang lebih baik maka mahasiswapun akan terbantu dengan kemudahan yang diberikan dan tidak akan kecewa. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu sistem atau aplikasi khusus dengan didukung metode pembelajaran berbasis sistem iLearning agar akses informasi menjadi lebih mudah dan sesuai dengan yang dibutuhkan mahasiswa. Seperti misalnya sistem atau aplikasi untuk menulis artikel yang terkolaborasi, makalah, jurnal, riwayat hidup dan lain sebagainya serta mengumpulkan tugas-tugas tersebut secara online, dengan hanya memberikan link ke dosen ataupun mahasiswa yang bersangkutan. Artikel atau tulisan yang ditulis di aplikasi tersebut bisa juga untuk bahan referensi orang lain yang memiliki tugas serupa. Artikel tersebut juga bisa untuk memperkaya isi portfolio mahasiswa.

Ini tentunya akan menjadi sangat berguna, lebih efektif dan lebih efisien. Sehingga aplikasi ini memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas dengan cepat dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dan dosen pun dapat dengan mudah memberikan penilaian atas keaktifan mahasiswa dan ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis mencoba untuk melakukan analisis dan kajian terhadap kelayakan sistem berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja yang penulis tuangkan dalam sebuah laporan ilmiah dengan judul “Analisa Sistem Widuri Sebagai Media Informasi Pengajaran dan Tugas Pada Perguruan Tinggi Raharja”.

1.2. Perumusan Masalah

Permasalahan itu muncul karena adanya gap (kesenjangan) antara kondisi nyata dengan kondisi yang diharapkan, atau bisa juga antara target dengan ketercapaiannya. Dalam penelitian tentang sistem Wiki ini berarti terkait dengan pelayanan fasilitas sistem pembelajaran iLearning pada Perguruan Tinggi Raharja. Fasilitas ini berupa belum optimalnya sistem Wiki yang mendukung pembelajaran yang tersentralisasi dan terkolaborasi di Perguruan Tinggi Raharja. Terdapat 2 (dua) permasalahannya yang ada mengenai sistem Wiki ini, diantaranya yaitu untuk permasalahan pertama perihal belum dikenalnya Widuri di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja. Permasalahan kedua yaitu belum adanya sosialisasi mengenai penggunaan sistem Wiki kampus. Sehingga masih banyak yang tidak bisa menggunakannya. Untuk permasalahan ketiga yaitu permasalahan yang terakhir perihal materi dari isi sistem Wiki. Isi materi sistem harus dirumuskan sesuai dengan kebutuhan mengenai informasi seputar kampus Perguruan Tinggi Raharja.

Rumusan masalah yang telah dijabarkan diatas pada sistem Wiki yang berjalan saat ini bisa dikatakan terbatas karena hanya memfokuskan pada sosialisasi sistem Wiki yang belum optimal. Disamping terdapat kekurangan, terdapat pula kelebihan dalam sistem yang berjalan saat ini, yaitu dari segi data dan informasi yang tersentralisasi, artikel yang dapat dilakukan kolaborasi, sehingga mencapai artikel yang selalu update hasil dari kontribusi penggunanya, dapat mengetahui riwayat dan aktifitas artikel dan pengguna. Sehingga semua aktivitas dan jejak pada sistem tersebut dapat terekam.

Dari banyaknya pelayanan fasilitas yang ada dan masalah yang mucul didalam sistem Wiki kampus ini, maka yang menjadi fokus dalam sebuah pembahasan ini hanyalah membahas informasi seputar kampus dan mengenai tempat pembelajaran iLearning yang tersentralisasi dan terkolaborasi.

Berdasarkan uraian diatas maka di dapat rumusan masalah yang terjadi didalam penggunaan sistem Wiki iDu Raharja iLearning (Widuri), didapat beberapa pokok permasalahan, diantaranya :

1. Apakah sistem Wiki dapat mendukung fasilitas iLearning yang tersentralisasi dan terkolaborasi di Perguruan Tinggi Raharja?

2. Apakah sistem Wiki di Perguruan Tinggi Raharja sudah optimal?

1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.3.1 Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah :

Tujuan penelitian menguraikan secara jelas tujuan yang dilaksanakan peneliti pada objek penelitian yang dipilih untuk objek penelitian/organisasi. Tujuan penelitian berkaitan erat dengan rumusan masalah yang ditetapkan dan jawabannya terletak pada kesimpulan penelitian. Adanya tujuan penelitan adalah untuk menentukan arah dari suatu penelitian. Tujuan merinci apa saja yang ingin diketahui, sehingga jika permasalahan sudah terjawab maka tujuan penelitian sudah tercapai. Dan dalam menentukan tujuan penelitian juga harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang ada.

1. Tujuan operasional dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kendala-kendala apa saja yang ada pada sistem Wiki yang sedang berjalan saat ini.

2. Tujuan Fungsional dari penelitian ini yaitu agar hasil dari penelitian dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh Perguruan Tinggi Raharja sebagai referensi dasar untuk mendapatkan informasi seputar kampus dan membantu proses pembelajaran online yang tersentralisasi dan terkolaborasi sehingga menjadi lebih mudah dan menarik.

3. Tujuan Individual adalah untuk menambah ilmu pengetahuan, pengalaman, pengenalan dan pengamatan sebuah sistem Wiki pada Perguruan Tinggi Raharja sehingga penulis melakukan penelitian untuk menyelesaikan Tugas Kuliah Kerja Praktek (KKP).

Terdapat pula tujuan lain dari penelitian ini, yaitu :

1. Memudahkan mahasiswa untuk menulis artikel yang terkolaborasi, jurnal, ataupun makalah serta CV agar dapat menjadi bahan referensi bagi mahasiswa lain.

2. Menghilangkan media kertas untuk mengerjakan dan mencetak tugas, artikel, makalah ataupun jurnal.

1.3.2 Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

1. Manfaat Teoritis

Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan yang bermanfaat bagi studi komunikasi dan informasi yang akhir-akhir ini makin banyak memperoleh kajian dari berbagai disiplin ilmu baik melalui kajian teoritis maupun melalui kajian riset di bidang terapan.

2. Manfaat Praktis

Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat: mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan untuk meningkatkan sistem iLearning pada Perguruan Tinggi Raharja, mengatasi kendala-kendala pada sistem, merefleksikan efektifitas penggunaan sistem Wiki, baik penerapan dan pengelolaannya, serta tidak kalah pentingnya bahwa penelitian ini dapat memperkaya hasil penelitian pada ilmu komunikasi tentang sistem Wiki di Perguruan Tinggi Raharja yaitu Widuri (Wiki iDu Raharja iLearning), untuk menjadi fasilitas iLearning yang tersentralisasi dan terkolaborasi, yang memuat seluruh informasi mengenai kampus, yang kemudian diharapkan dapat memberikan informasi seputar Perguruan Tinggi Raharja yang up to date dan terpercaya.

3. Manfaat Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Hasil penelitian ini dapat memberi sumbangan yang sangat berharga pada perkembangan ilmu pendidikan, terutama pada penerapan model-model pembelajaran untuk meningkatkan hasil proses pembelajaran dan hasil belajar di kelas.

4. Manfaat Bagi Perguruan Tinggi

Sebagai bahan masukan bagi Perguruan Tinggi untuk memperbaiki praktik-praktik pembelajaran agar dosen agar menjadi lebih kreatif, efektif dan efisien sehingga kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa meningkat.

5. Manfaat Bagi Mahasiswa

Meningkatkan hasil belajar dan solidaritas siswa untuk menemukan pengetahuan dan mengembangkan wawasan, meningkatkan kemampuan menganalisis suatu masalah melalui pembelajaran dengan model pembelajaran inovatif.

6. Manfaat Bagi Calon Peneliti

Sebagai referensi bahan penelitian mengenai sistem Widuri di Perguruan Tinggi Raharja dan bahan kajian penentuan hipotesis lainnya yang berkaitan dengan Wiki. Sebagai sumber informasi dan referensi dalam pengembangan penelitian mengenai sistem Wiki dan menumbuhkan budaya meneliti agar terjadi inovasi pembelajaran.

7. Manfaat Bagi Peneliti

Sebagai sarana belajar untuk mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan dengan terjun langsung sehingga dapat melihat, merasakan, dan menghayati sistem Wiki, apakah pembelajaran dengan menggunakan sistem Wiki yang dilakukan selama ini sudah efektif dan efisien.

8. Manfaat Bagi Masyarakat

Diharapkan menghasilkan informasi seputar kampus yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi yang lengkap dan terpercaya.


[1][2]

1.4. Ruang Lingkup

Untuk mempermudah penulisan laporan KKP ini dan agar lebih terarah dan berjalan dengan baik, maka perlu dibuat suatu batasan masalah. Adapun ruang lingkup permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan laporan KKP ini yaitu hanya pada lingkup Perguruan Tinggi Raharja. Pada penelitian ini hanya membahas tentang kolaborasi tugas di sistem Wiki iDu Raharja iLearning (Widuri).

Untuk mendaftar sebagai pengguna dalam sistem Wiki, hanya Pribadi Raharja yang menggunakan akun email (@raharja.co) atau (@raharja.info). Hal ini dilakukan agar dalam pembuatan artikel dan kolaborasi artikel hanya dapat diakses oleh Pribadi Raharja dengan email tersebut. Sehingga menjadikan sistem lebih terjaga keamanannya. Dalam sebuah proses approve terhadap Pribadi Raharja yang melakukan pendaftaran di sistem Wiki, akan mendapatkan email konfirmasi otomatis. Dalam sistem Wiki, pengguna dapat membuat artikel yang berisi tugas atau bahkan informasi seputar kampus, baik informasi mengenai tenaga pengajar pada Perguruan Tinggi Raharja maupun fasilitasnya.

Dalam sistem Wiki juga diharapkan dapat melakukan upload gambar dan sisip gambar untuk mendukung tulisan sehingga menjadi lebih menarik dan berwarna. Dan terdapat pula sistem keamanan untuk artikel berupa, pengguna yang tidak login, maka tidak dapat menyunting artikel. Karena perlindungan artikel tersebut telah diatur secara otomatis. Terdapat pula pengelompokkan artikel berdasarkan kategori-kategori tertentu.

1.5. Metode Penelitian

1.5.1. Lokasi Penelitian

Penelitian yang berjudul Analisa Sistem Widuri Sebagai Media Informasi Pengajaran Dan Tugas Pada Perguruan Tinggi Raharja dilakukan di Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang.

1.5.2. Jenis Penelitian

Penelitian mengenai Analisa Sistem Widuri Sebagai Media Informasi Pengajaran Dan Tugas Pada Perguruan Tinggi Raharja, merupakan suatu penelitian deskriptif karena penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Fenomena itu bisa berupa bentuk, aktivitas, karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan fenomena lainnya (Sukmadinata, 2006:72). Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu, misalnya kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang berkembang, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi, atau tentang kecenderungan yang tengah berlangsung.[3]. Tujuan dari penelitian deskriptif ini untuk mendeskripsikan secara analisis mengenai sistem Widuri.

1.5.3. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Penelitian Lapangan. Penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan oleh penulis dengan secara langsung ke lapangan untuk meneliti serta mencari data-data dan informasi yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti, agar dapat dibahas berdasarkan informasi atau bukti data-data yang ditemukan. Dan penelitian lapangan yang Penulis gunakan adalah metode pengamatan (observasi)[4] dan juga studi pustaka.

1. Pengamatan (observasi) adalah suatu teknik yang dilakukan penulis dalam pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung ke objek yang diteliti. Observasi atau pengamatan adalah kegiatan keseharian manusia dengan menggunakan panca indra. Tetapi observasi sebenarnya adalah kegiatan mengumpulkan data yang digunakan untuk menghimpun data dalam penelitian melalui panca indra atau diartikan sebagai pengamatan dalam pencatatan secara sistematis terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. Teknik observasi yang akan dilakukan ialah observasi langsung (participant observation). Maksudnya, peneliti melakukan pengamatan langsung terhadap proses penggunaan sistem Wiki, yang mencakup proses pembuatan artikel, pengelompokan artikel berdasarkan kategori, penggantian judul, perlindungan artikel. Observasi dalam penelitian ini akan difokuskan pada aktivitas penggunaan Wiki dalam penulisan artikel yang berisi informasi seputar kampus.

2. Studi Pustaka. Studi Pustaka adalah suatu metode dengan menggunakan teknik dokumentasi atau studi pustaka, untuk mendapatkan informasi dengan mempelajari buku-buku dan literature yang ada dan laporan-laporan yang berkaitan dengan judul penelitian. Serta melakukan searching pada internet.

3. Elisitasi Final. Elisitasi Final merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.

Dari ketiga metode penelitian yang telah dijabarkan diatas, maka peneliti akan menggunakan ketiga metode tersebut. Dikarenakan dengan memakai metode observasi, peneliti diharapkan dapat secara langsung mengetahui kendala-kendala yang timbul dalam pemakaian sistem tersebut, dan dapat langsung mencari tahu penyelesaiannya. Dengan memakai metode studi pustaka, peneliti diharapkan mendapat teori-teori maupun literatur dari penelitian sebelumnya, agar peneliti tidak membuat ulang penelitian yang sudah ada. Dan dengan menggunakan metode elisitasi final, peneliti diharapkan dapat fokus meneliti sesuai dengan permintaan dari stakeholder.

1.6. Sistematika Penulisan

Pada garis besarnya masalah yang akan dibahas dalam penulisan laporan KKP ini dibagi menjadi beberapa bab. Sistematika penulisan KKP yang dipakai sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini menjelaskan secara umum Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Ruang Lingkup, Metode Penelitian, serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini berisi beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian dan beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III PEMBAHASAN

Pada bab ini berisikan analisa organisasi, gambaran umum perusahaan, sejarah singkat, struktur organisasi, penjelasan tentang wewenang dan tanggung jawab, elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi, analisa masukan, analisa proses dan analisa keluaran.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang diberikan penulis dari hasil laporan KKP.