BAB I WIDURI KKP

Dari widuri
Revisi per 28 Juni 2013 02.16 oleh Kiki Amalia (bicara | kontrib) (Created page with "<p style="text-align: center;">'''BAB I'''</p> <p style="text-align: center;">'''PENDAHULUAN'''</p> ==1.1. Latar Belakang== <p style="text-align: justify;">Di zaman sekaran...")

(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)

Lompat ke: navigasi, cari

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Di zaman sekarang ini informasi berkembang dengan sangat pesat dan tidak bisa dikendalikan. Perkembangan informasi saat ini menuntut suatu teknologi untuk mampu berinteraksi dan memuat data yang memiliki kapasitas tinggi. Terlebih lagi dengan berkembangnya informasi berbasis multimedia. Selain itu, semakin bervariasi pula perkembangan berbagai macam sarana untuk mengemas solusi dan pemecahan masalah tersebut. Penggunaan teknologi komputer dan komunikasi sebagai alat bantu untuk mengelola suatu pekerjaan menjadi kebutuhan yang sangat penting dimana informasi yang cepat, akurat, handal dan berkualitas menjadi suatu hal yang sangat memungkinkan untuk dilakukan. Informasi yang berkualitas tersebut bisa digunakan sebagai alat untuk pengambilan keputusan. Gambar 1. Logo Perguruan Tinggi Raharja <p style="text-align: justify;">Perguruan Tinggi Raharja merupakan perguruan tinggi yang bergerak di bidang komputer dan telah menerapkan sistem pembelajaran iLearning. Di bawah ini merupakan kutipan Ilearning menurut Ir. Untung Rahardja, M.T.I yang diambil dari blog pribadi berjudul “iLearning Start From Here !” , iLearning Media (iMe). 2013, http://untungrahardja.ilearning.me/2013/01/04/ilearning-start-from-here/ , (Tanggal akses 8 Febuari 2013). “iLearning sendiri menurut saya adalah 4B, yaitu Belajar, Bekerja, Berdoa & Bermain, dimana dengan media iPad ini semua pelaksanaan 4B tersebut dapat menjalankan langsung 2 fungsi otak manusia, yaitu otak kiri & otak kanan. Dan saya meyakini hal ini akan membuat mahasiswa menjadi lebih aktif, karena cara seperti ini fungsi otak dilakukan dengan sangat optimal dengan menyeimbangkan kerja otak kiri dan otak kanan. Tidak seperti metode yang lain, metode iLearning ini tidak hanya membuat mahasiswa aktif di kelas tetapi juga merasakan seperti ada semangat baru dalam belajar, mahasiswa tidak lagi perlu membawa alat lain selain iPad untuk mendukung iLearning ini. Selain itu, betapa pedulinya saya juga tentang global warming, perguruan tinggi yang saya dirikan ini bukan hanya disebut Green Campus saja, namun juga melalui metode iLearning ini saya ingin menunjukkan konsep “paperless” yang mampu mengurangi penggunaan kertas di dalam kegiatan belajar mengajar”. Gambar 2. Infrastruktur 4B ilLearning <p style="text-align: justify;">Dengan metode iLearning, mahasiswa tidak perlu membawa buku yang berat dan banyak di setiap mata kuliahnya. Dan di setiap tugas, mahasiswa pun tidak perlu repot mencetak tugas yang terkadang banyaknya hingga berlembar-lembar. Jadi tidak perlu mengeluarkan waktu, biaya dan tenaga lebih dalam perkuliahan. Sehingga perkuliahan pun menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. <p style="text-align: justify;">Pemberian fasilitas yang baik dan berkualitas kepada mahasiswa adalah hal utama yang sangat diperhatikan dan menjadi suatu tujuan yang harus dicapai guna memberikan kepuasan dan kemudahan dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan bagi mahasiswa sesuai dengan visi misi dan tujuan Perguruan Tinggi Raharja. Dengan sistem informasi yang lebih baik maka mahasiswapun akan terbantu dengan kemudahan yang diberikan dan tidak akan kecewa. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu sistem atau aplikasi khusus dengan didukung metode pembelajaran berbasis sistem iLearning agar akses informasi menjadi lebih mudah dan sesuai dengan yang dibutuhkan mahasiswa. Seperti misalnya sistem atau aplikasi untuk menulis artikel yang terkolaborasi, makalah, jurnal, riwayat hidup dan lain sebagainya serta mengumpulkan tugas-tugas tersebut secara online, dengan hanya memberikan link ke dosen ataupun mahasiswa yang bersangkutan. Artikel atau tulisan yang ditulis di aplikasi tersebut bisa juga untuk bahan referensi orang lain yang memiliki tugas serupa. Artikel tersebut juga bisa untuk memperkaya isi portfolio mahasiswa. Ini tentunya akan menjadi sangat berguna, lebih efektif dan lebih efisien. Sehingga aplikasi ini memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas dengan cepat dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dan dosen pun dapat dengan mudah memberikan penilaian atas keaktifan mahasiswa dan ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas. <p style="text-align: justify;">Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis mencoba untuk melakukan analisis dan kajian terhadap kelayakan sistem berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja yang penulis tuangkan dalam sebuah laporan ilmiah dengan judul “Analisa Sistem Widuri Sebagai Media Informasi Pengajaran dan Tugas Pada Perguruan Tinggi Raharja”.

1.2. Perumusan Masalah

<p style="text-align: justify;">Berdasarkan dari uraian diatas maka penulis mengambil beberapa pokok permasalahan :

  1. Bagaimana mengenalkan sistem wiki di Perguruan Tinggi Raharja ?
  2. Bagaimana mengelola media wiki sebagai penunjang pembelajaran berbasis iLearning dan sebagai tempat pengumpulan tugas yang terkolaborasi di Perguruan Tinggi Raharja?
  3. Bagaimana penerapannya di Perguruan Tinggi Raharja ?

1.3. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.3.1 Tujuan Penelitian

<p style="text-align: justify;">Tujuan dari penelitian ini adalah :

  1. Sebagai syarat kelulusan KKP.
  2. Menerapkan pembelajaran berbasis iLearning.
  3. Memudahkan mahasiswa untuk menulis artikel yang terkolaborasi, jurnal, ataupun makalah serta CV agar dapat menjadi bahan referensi bagi mahasiswa lain.
  4. Memudahkan dosen untuk menilai keaktifan mahasiswa dalam pengerjaan tugas.
  5. Meningkatkan motivasi mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan dan meningkatkan prestasi belajar mengajar.
  6. Menghilangkan media kertas untuk mencetak tugas, artikel, makalah ataupun jurnal.

1.3.2 Manfaat Penelitian

<p style="text-align: justify;">Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Raharja dengan membuat laporan penelitian secara ilmiah dan sistematis.
  2. Teridentifikasinya kebutuhan – kebutuhan untuk meningkatkan iLearning pada Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Mengatasi kendala – kendala dalam sistem yang berjalan

1.4. Ruang Lingkup

<p style="text-align: justify;">Untuk membatasi luasnya permasalahan yang ada, berikut ruang lingkup penelitian yang telah Penulis buat :

  1. Penulis sebatas meneliti hanya di Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Penulis sebatas menyediakan aplikasi pada wiki.
  3. Penulis menjelaskan bagaimana membuat account yang hanya dapat menggunakan email raharja.co atau raharja. info.
  4. Penulis menyediakan aplikasi ini hanya sebagai media pengumpulan tugas berupa artikel yang terkolaborasi.
  5. Penulis menjelaskan cara meng-edit profile.
  6. Penulis menjelaskan cara membuat artikel baru.
  7. Penulis menjelaskan cara mengganti judul artikel.
  8. Penulis menjelaskan cara meng-upload dan menyisipkan gambar untuk mendukung tulisan.
  9. Penulis menjelaskan cara melindungi artikel.
  10. Penulis menjelaskan user yang tidak login, tidak dapat mengedit artikel.

Metode Penelitian


<p style="text-align: justify;">Dalam penelitian ini, penulis, penulis menggunakan beberapa metode penelitian dalam pembuatan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah sebagai berikut:

  1. Metode Survey, penulis melakukan survey secara online pada aplikasi iSur, yang berisikan pertanyaan mengenai objek yang sedang penulis teliti dengan beberapa narasumber. Metode survey ini dilakukan untuk mencari kelengkapan dan kebenaran suatu data, yang akan menghasilkan informasi yang benar dan akurat.
  2. Metode Observasi, adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada objek yang diteliti dan meminta data yang diperlukan sebagai bahan untuk menulis laporan penelitian.
  3. Metode Studi Pustaka, yaitu metode untuk mendapatkan informasi dengan mempelajari buku-buku dan literature yang ada. Serta melakukan searching pada internet.

1.5. Sistematika Penulisan

<p style="text-align: justify;">Pada garis besarnya masalah yang akan dibahas dalam penulisan KKP ini dibagi menjadi beberapa bab. Sistematika penulisan KKP yang dipakai sebagai berikut : Pada garis besarnya masalah yang akan dibahas dalam penulisan laporan KKP ini dibagi menjadi beberapa bab. Sistematika penulisan KKP yang dipakai sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN

<p style="text-align: justify;">Pada bab ini menjelaskan secara umum Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Ruang Lingkup, Metode Penelitian, serta Sistematika Penulisan. BAB II LANDASAN TEORI

<p style="text-align: justify;">Pada bab ini berisi beberapa definisi yang sesuai dengan penelitian dan beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian. BAB III PEMBAHASAN

<p style="text-align: justify;">Pada bab ini berisikan analisa organisasi, gambaran umum perusahaan, sejarah singkat, struktur organisasi, penjelasan tentang wewenang dan tanggung jawab, elisitasi tahap I, elisitasi tahap II, elisitasi tahap III, dan final draft elisitasi, analisa masukan, analisa proses dan analisa keluaran. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

<p style="text-align: justify;">Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran yang diberikan penulis dari hasil laporan KKP.