SI1712491117

Dari widuri
(Dialihkan dari 1712491117)
Lompat ke: navigasi, cari

 

DIGITALISASI TRAINING iLEARNING DALAM

MENCIPTAKAN MAHASISWA YANG

KREATIF DAN INOVATIF


   

SKRIPSI

   

 

Disusun Oleh :

NIM
: 1712491117
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI BUSSINESS INTELLIGENCE

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

2020/2021



ABSTRAKSI

ABSTRAK

Pada zaman modernisasi saat ini teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat dan memiliki peranan yang sangat penting. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia pendidikan guna untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai contoh dari pesatnya perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran online atau iLearning. Hal yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini, seiring dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dan perkembangan pembelajaran online maka diperlukan sebuah training pembelajaran iLearning agar dapat meningkatkan minat dalam belajar dengan menggunakan teknologi pada mahasiswa dan menjadikan mahasiswa yang kreatif dan inovatif yang didasari dengan Permendikbud Nomor 109 Tahun 2013 yang membahas Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh pada Perguruan Tinggi. Penelitian ini merupakan salah satu dari sebuah pengembangan Teknologi Informasi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas mahasiswa dengan menerapkan metode iLearning dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi mengenai training pembelajaran iLearning. Permasalahan yang dihadapi saat ini masih banyak Perguruan Tinggi atau Universitas yang belum menerapkan pembelajaran online sehingga masih banyak mahasiswa yang belum memahami konsep pembelajaran iLearning. Belum adanya platform yang memberikan informasi mengenai pembelajaran online. Pemanfaatan dan penggunaan iLearning diharapkan dapat membantu dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan di Indonesia.


Kata kunci : iLearning, Training, Teknologi.




ABSTRACT

In today's modernization era technology is experiencing a very rapid development and has a very important role. The application of information and communication technology is needed in the world of education in order to improve the quality of education. An example of the rapid development of technology in the world of education is online learning or iLearning. The background of this research, along with the development of technology in the world of education and the development of online learning, it is necessary an iLearning learning training in order to increase interest in learning by using technology in students and make creative and innovative students based on Permendikbud No. 109 Year 2013 which discusses the Application of Distance Learning in Higher Education. This research is one of the developments of Information Technology that aims to increase student motivation and creativity by applying the iLearning method and providing convenience in obtaining information about iLearning learning training. The problems faced today are still many universities or universities that have not implemented online learning so there are still many students who do not understand the concept of iLearning learning. There is no platform that provides information about online learning. The utilization and use of iLearning is expected to help in improving the quality of education in Indonesia.


Keywords : iLearning, Training, Technology.




DAFTAR PUSTAKA

  1. Handayani, I., Febriyanto, E., & Kristanti, C. Y. (2019). PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN ILEARNING PLUS DI UNIVERSITAS RAHARJA. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2), 181-190.

  2. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

  3. Rahardja, U., Lutfiani, N., Lestari, A. D., & Manurung, E. B. P. (2019). Inovasi Perguruan Tinggi Raharja Dalam Era Disruptif Menggunakan Metodologi iLearning. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(1), 23-34.

  4. Rahardja, U., Lutfiani, N., Harahap, E. P., & Wijayanti, L. (2020). iLearning: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0. Technomedia Journal, 4(2), 261-276.

  5. Sunarya, P. A., Budiarto, M., Santoso, N. P. L., & Tangkaw, M. R. (2019, December). Desain Gamifikasi dalam Metode Ilearning Education (iDU) Untuk Menghadapi Era Disrupsi 4.0. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 119-126).

  6. Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241-255.

  7. Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

  8. Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22-27.

  9. Ghufron, G. (2018, September). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

  10. Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 1(1), 28-43.

  11. Febriyanto, E., Rahayu, N., Pangaribuan, K., & Sunarya, P. A. (2020, October). Using Blockchain Data Security Management for E-Voting Systems. In 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-4). IEEE.

  12. Ilmi, Z., Darma, D. C., & Azis, M. (2020). Independence in Learning, Education Management, and Industry 4.0: Habitat Indonesia during COVID-19. Journal of Anthropology of Sport and Physical Education, 4(4), 63-66.

  13. Kim, J. (2020). Learning and teaching online during Covid-19: Experiences of student teachers in an early childhood education practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145-158.

  14. Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

  15. Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99-106.

  16. Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 9(2), 192-202.

  17. Sunarya, P. A., Rahardja, U., Aini, Q., & Khoirunisa, A. (2019). Implementasi Gamifikasi Sebagai Manajemen Pendidikan Untuk Motivasi Pembelajaran. EDUTECH, 18(1), 67-79.

  18. Lutfiani, N., Harahap, E. P., Aini, Q., Ahmad, A. D. A. R., & Rahardja, U. (2020). Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 5(1), 96-101.

  19. Amany, D., & Desire, A. (2020). Pembelajaran Interaktif berbasis Gamifikasi guna Mendukung Program WFH pada saat Pandemic Covid-19. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(1), 48-55.

  20. Ariessanti, H. D., Warsito, A. B., & Rumoma, N. (2020). Pemanfaatan Google Drive Sebagai Media Pembelajaran iLearning Pada Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 9(1).



Contributors

Admin