SI1022465187
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
ONLINE JADWAL RENCANA STUDY ( OJRS+ )
DENGAN METODE AGTTA ( AUTO GENERATE TIMETABLE WITH ARRAY )
MENGGUNAKAN YII FRAMEWORK
Disusun Oleh :
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEEERING
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER
(STMIK) RAHARJA
TANGERANG
2013/2014
- Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I., selaku Ketua STMIK Raharja.
- Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
- Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika STMIK Raharja.
- Bapak Ary Budi Warsito, M.Kom., selaku dosen pembimbing I yang telah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
- Bapak Muhamad yusup, M.Kom., sebagai dosen pembimbing II yang telah membantu, membimbing dan membina dalam pembuatan laporan skripsi ini.
- Sodara Yulianto, S.Kom selaku pembimbing lapangan yang telah meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk membantu membimbing kepada penulis.
- Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
- Seluruh dosen dan asisten dosen, serta staff dan karyawan Perguruan Tinggi Raharja atas kerja samanya.
- Rekan – rekan mahasiswa/i khusunya ErlitaRasdiana, Jagad Kusumayudha, Joko Triwanto serta rekan – rekan yang lain yang telah mendukung saya dan yang saya banggakan.
- Dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan laporan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Pendahuluan
1.4.1 Tujuan Penulisan
b. Mencari solusi yang dapat membantu dan mempermudah mahasiswa, dalam menentukan mata kuliah yang akan diambil.
- Pengamatan (Observation Research)
Yaitu penulis mengadakan pengamatan langsung pada Perguruan Tinggi Raharja. metode ini dilakukan untuk mengumpulkan dokumen yang merupakan sumber informasi yang sangat penting yang dapat membantu dalam analisa dan untuk langkah selanjutnya dalam rangka pembangunan sistem tersebut. - Dokumentasi
Metode penelitian dengan cara mengumpulkan data-data dan form yang berkaitan dengan sistem yang sedang berjalan. - Studi Pustaka (Library Research)
Studi kepustakan yang dilakukan penulis bertujuan untuk memperoleh data melalui buku-buku literatur yang memiliki keterkaitan dengan penelitian sebagai bahan referensi, termasuk bahan-bahan yang diperoleh melalui bangku perkuliahan. Buku referensi maupun buku pegangan umum yang dipakai berhubungan dengan masalah yang dihadapi guna membedakan dan memperoleh pendekatan teoritis juga untuk landasan teori yang mendukung pembahasan, juga melalui media internet untuk memperoleh data yang berkaitan guna menunjanh kelengkapan data.
Gambar 1.1 Bagan Waterfall
LANDASAN TEORI
- Klasifikasi data menurut jenis data, yaitu:
- Klasifikasi data menurut sifat data, yaitu:
- Klasifikasi data menurut sumber data, yaitu:
- Penyimpanan Data (Data Storage)
- Penanganan Data (Data Handling)
Sistem yang umumnya dalam penyimpanan data (filing) ialah berdasarkan lembaga, perorangan, produksi, atau lain-lainnya, tergantung dari sifat organisasi yang bersangkutan. Kadang-kadang dijumpai kesulitan apabila menghadapi suatu data dalam bentuk surat, misalnya yang menyangkut ketiga klasifikasi tadi. Metode yang terbaik adalah "referensi silang" (cross reference) antara file yang satu dengan file yang lain. Untuk memperoleh kemudahan dalam pencarian data (searching) di dalam file maka file dibagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:
Gambar 2.1 Komponen Dari Sistem Informasi
- Blok Masukan (Input Block)
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input yang dimaksud adalah metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar. - Blok Model (Model Block)
Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan. - Blok Keluaran (Output Block)
Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem. - Blok Teknologi (Technology Block)
Teknologi merupakan "tool box" dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mnegirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 (tiga) bagian utama, yaitu teknisi, perangkat lunak, dan perangkat keras. - Blok Basis Data (Database Block)
Basis data merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System). - Blok Kendali (Control Block)
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, temperatur, air, debu, kecurangan, kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase, dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk menyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.
Sumber Mustakini (2009:36)
Gambar 2.2 Pilar-Pilar Informasi Yang Berguna.
- Studi Lapangan
yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung pada perusahaan yang bersangkutan untuk memperoleh data primer dan informasi yang dibutuhkan, dengan cara : - Studi Kepustakaan
Yaitu mencari dan mengumpulkan bahan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti untuk memperoleh data sekunder dengan membaca, mempelajari, dan mendalami literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
- Observasi
Teknik penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung dalam perusahaan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan penelitian yang dilakukan. - Wawancara
Teknik penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dengan cara menanyakan secara langsung kepada pihak yang berkaitan dengan penelitian. - Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Penelitian yang di lakukan dengan cara mempelajari dan mengumpulkan bahan-bahan kepustakaan, dan literatur-literatur yang ada kaitannya dengan penulisan skripsi ini.
- Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi-fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan.
- Membantu para pengambil keputusan, yaitu para pemimpin, untuk mendapatkan bahan perbandingan sebagai tolak ukur hasil yang telah dicapainya.
- Mengevaluasi sistem-sistem yang telah ada dan berjalan ssmpai saat ini, baik pengolahan data maupun pembuatan laporannya.
- Merumuskan tujuan-tujuan yang ingin dicapai berupa pola pengolahan data dan pembuatan laporan yang baru.
- Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem dan penerapannya serta perumusan langkah dan kebijaksanaan
- Mengumumkan penelitian sistem
Ketika perusahaan menerapkan aplikasi komputer baru manajemen mengambil langkah untuk memastikan kerjasama dari para pekerja. Perhatian mula-mula ditunjukan pada kekhawatiran pegarawai mengenai cara komputer mempengaruhi kerja mereka. - Mengorganisasikan tim proyek
Tim proyek yang akan melakukan penelitian sistem dikumpulkan. Banyak perusahaan mempunyai kebijakan menjadi pemakai dan bukan spesialis informasi sebagai pemimpin proyek. Agar proyek berhasil, pemakai perlu berperan aktif daripada hanya pasif. - Mendefinisikan kebutuhan informasi
Analisis mempelajari kebutuhan informasi pemakai dengan terlibat dalam berbagai kegiatan pengumpulan informasi, wawancara perorangan, pengamatan, pencarian catatan, dan survey. - Mendefinisikan kriteria kinerja sistem
Setelah kebutuhan informasi manajer didefinisikan, langkah selanjutnya adalah menspesifikasikan secara tepat apa yang harus dicapai oleh sistem, yaitu kriteria kinerja sistem. - Menyiapkan usulan rancangan
Analisis sistem memberikan kesempatan bagi manajer untuk membuat keputusan untuk meneruskan atau menghentikan untuk kedua kalinya. Disini manajer harus menyetujui tahap rancangan dan dukungan bagi keputusan itu termasuk di dalam usulan rancangan. - Menyetujui atau menolak rancangan proyek
Manajer dan komite sistem mengevaluasi usulan rancangan dan menentukan apakah akan memberikan persetujuan atau tidak. Dalam beberapa kasus, tim mungkin dimintas melakukan analisis lain dan menyerahkan kembali atau proyek mungkin ditinggalkan. Jika persetujuan diberikan, proyek akan maju ke tahap rancangan.
Sumber Rizky (2011:113)
Gambar 2.3 Aspek Software Requirement System
- Fungsi dari perangkat lunak
Apa yang nanti akan dilakukan oleh perangkat lunak tersebut dan apakah fungsi utama yan diharapkan mucul didalam SRS. - Antar muka eksternal
Bagaimana hubungan perangkat lunak dengan pengguna perangkat keras yang akan digunakan serta pengaruh dengan perangkat lunak lainnya. - Kinerja
Bagaimana kinerja yang diharapkan dari perangkat lunak tersebut, baik dari sisi keamanan, kecepatan, kemampuan serta waktu respon terhadap masalah yang ditimbulkan. - Atribut
Apakah dengan atribut yang terkait dalam perangkat lunak tersebut, dari sisi pemeliharaan ataupun kebenaran dari input serta output yang diharapkan. - Kendala desain
Apakah terdapat batasan khusus yang hasrus ada di dalam desain perangkat luak, seperti masalah kultur, peraturan organisasi dan keterbatasan perangkat keras yang dimiliki.
- Perancangan Sistem
Dalam tahapan perencanaan sistem ini dijelaskan bagaimana langkah-langkah dalam perancangan aplikasi kemahasiswaan dengan teknologi mobile. - Analisa Sistem
Melakukan analisa sistem yang akan dirancang, serta melakukan penelitian terhadap kebutuhan-kebutuhan sistem, apa saja kekurangannya. - Perancangan
Yaitu tahapan untuk melakukan perancangan aplikasi mobile, terdapat tiga tahapan perancangan, yaitu: perancangan interface, perancangan isi, dan perancangan program - Testing
Setelah sistem berhasil dirancang, langkah selanjutnya adalah pengujian untuk melihat apakah sistem telah dibuat sesuai dengan kebutuhan. Dalam tahap ini, juga dilakukan penyesuaian-penyesuaian akhir. - Implementasi
Pada tahap ini, program yang telah diuji secara offline kemudian diimplementasikan online dan dipublish secara resmi. - Maintenance
Langkah terakhir dari SDLC yaitu maintenance dimana pada tahap ini sistem secara sistematis diperbaiki dan ditingkatkan
- Melakukan evaluasi serta merumuskan pelayanan sistem yang baru secara rinci dan menyeluruh dari masing-masing bentuk informasi yang akan dihasilkan.
- Mempelajari dan mengumpulkan data untuk disusun menjadi sebuah struktur data yang teratur sesuai dengan sistem yang akan dibuat yang dapat memberikan kemudahan dalam pemrograman sistem serta keluwesan atau fleksibilitas keluaran informasi yang dihasilkan.
- Penyusunan perangkat lunak sistem yang akan berfungsi sebagai sarana pengolahan data dan sekaligus penyaji informasi yang dibutuhkan.
- Menyusun kriteria tampilan informasi yang akan dihasilkan secara keseluruhan sehingga dapat memudahkan dalam hal pengindentifikasian, analisis, dan evaluasi terhadap aspek-aspek yang ada dalam permasalahan sistem yang lama.
- Penyusunan buku pedoman (manual) tentang pengoperasian perangkat lunak sistem yang akan dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan serta penerapan sistem sehingga sistem tersebut dapat dioperasikan oleh organisasi atau instansi yang bersangkutan.
- Menyiapkan rancangan sistem yang terperinci
Analis bekerja sama dengan pemakai mendokumentasikan rancangan sistem baru dengan alat yang dijelaskan dalam modul teknis. Beberapa alat memudahkan analis untuk menyiapkan dokumentasi secara to-down, dimulai dengan gambaran besar secara bertahap mengarah lebih terinci. - 2. Mengindentifikasikan berbagai alternatif konfigurasi sistem
Sekarang analis harus mengidentifikasikan konfigurasi (bukan merek atau model) peralatan komputer yang akan memberikan hasil terbaik bagi sistem untuk menyelesaikan pemrosesan. Identifikasi merupakan suatu proses yang berurutan, dimulai dengan identifikasi berbagai kombinasi yang dapat menyelesaikan setiap tugas. - 3. Mengevaluasi berbagai alternatif konfigurasi sistem
Analis bekerjasama dengan manajer, mengevaluasi berbagai alternatif. Alternatif yang dipilih adalah yang paling memungkinkan subsistem memenuhi kriteria kinerja dengan kendala yang ada. Dengan memakai sistem pemasukan pesanan sebagai contoh, anggaplah bahwa pilihannya adalah alternatif tiga. Tiga subsistem yang lain yaitu persediaan, penagihan, dan piutang dievaluasi dengan cara yang sama. - Memilih konfigurasi yang terbaik
Analis mengevaluasi semua konfigurasi subsistem dan menyesuaikan kombinasi peralatan sehingga semua subsistem menjadi satu konfigurasi tunggal. Setelah selesai, analisa membuat rekomendasi kepada manajer untuk disetujui. Saat manajer menyetujui konfigurasi tersebut, persetujuan selanjutnya dilakukan oleh komite pengarah. - Menyiapkan usulan penerapan
Analis menyiapkan usulan penerapan yang mengikhtisarkan tugas penerapan yang harus dilakukan, keuntungan yang diharapkan dan biayanya - Menyetujui atau menolak penerapan sistem
Keputusan untuk terus pada tahap penerapan ini sangat penting karena usaha ini akan sangat berpengaruh terhadap jumlah orang yang terlibat. Jika keuntungan yang diharapkan dari sistem melebihi biaya, penerapan akan disetujui.
Sumber Rizky (2011:140)
Gambar 2.4 Relasi Antara Analisa dan Perancangan
- Hasil perancangan harus mengimplementasikan hasil analisa secara eksplisit dan memenuhi kebituhan pengguna secara implisit.
- Hasil perancangan harus daat dimengerti oleh pihak pengembang perangkat lunak yang akan mengimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman.
- Hasil perancangan harus menyediakan gambaran yang lengkap mengenai perangkat lunak yang akan dibuat, baik dari segi data, fungsi serta perilaku yang akan dijalankan oleh perangkat lunak tersebut.
- Pengkajian mengenai rangkaian sistem, perangkat lunak, dan perangkat keras dalam bentuk sistem jaringan informasi terpusat agar dapat diperoleh sebuah bangunan atau arsitektur sistem informasi.
- Melakukan uji coba perangkat lunak sistem sebagai pengolah data sekaligus penyaji informasi yang dibutuhkan.
- Merencanakan penerapan
Karena hanya tinggal satu tahap pengembangan yang tersisa sebelum sistem baru digunakan, manajer dan spesialis informasi harus memahami dengan baik pekerjaan yang diperlukan untuk menerapkan rancangan sistem. Mereka dapat menggunakan pengertahuan ini untuk mengembangkan rencana penerapan yang sangat rinci. - Mengumumkan penerapan
Penerapan proyek diumumkan kepada para pegawai dengan cara yang sama seperti pada penelitian sistem. Tujuan pengumuman ini adalah menginformasikan kepad pegawai mengenai keputusan untuk menerapkan sistem baru dan meminta kerjasama pegawai. - Mendapatkan sumber daya perangkat keras
Rancangan sistem disediakan bagi para pemasok berbagai jenis peralatan komputer yang terdapat pada konfigurasi yang disetujui. Setiap pemasok diberikan Request For Proposal. Penjelasan dari rancangan sistem memungkinkan pemasok untuk memilih unit komputer yang terbaik unutk melakukan tugas tersebut. Ketika para pemasok bersaing untuk mendapatkan pesanan, mereka masing-masing menyiapkan usulan tertulis. - Mendapatkan sumber daya perangkat lunak
Saat perusahaan memutuskan untuk menciptakan sendiri perangkat lunak aplikasinya, programmer menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analis sitem sebagai titik awal. Programmer dapat menyiapkandokumentasi yang lebih rinci, seperti bahasa inggris tersruktur atau bagan arus program. Pengkodean dilakukan dan program diuji. Hasil akhirnya adalah software library dari program aplikasi. Jika perangkat lunak aplikasi jadi dibeli, pemilih pemasok peangkat lunak dapat mengikuti prosedur yang sama seperti yang digunakan untuk memilih pemasok perangkat keras yaitu RFP dan usulan. - Menyiapkan database
DBA bertanggung jawab untuk semua kegiatan yang berhubungan dengan data dan ini mencakup persiapan database. Dalam beberapa kasus, perlu dikumpulkan data baru dan dalam kasus ini, data yang telah ada perlu dibentuk kembali sehingga sesuai dengan rancangan sistem baru. Tugas ini dilaksanakan dan data dimasukan dalam database. Jika perusahaan belum menggunakan sistem manajemen database, DBA akan berperan penting dalam pemilihan perangkat lunak itu - Menyiapkan fasilitas fisik
Jika perangkat keras dari sistem baru tidak sesuai dengan fasilitas yang ada, perlu dilakukan konstruksi baru atau perombakan. Ruang komputer yang menyimpan mainframe atau komputer mini berskala besar merupakan kombinasi yang rumit. Pembangunan fasilitas tersebut dapat menjadi tugas berar dan harus dijadwalkan sehingga sesuai dengan keseluruhan rencana proyek - Mendidik peserta dan pemakai
Sistem baru kemungkinan besar akan mempengaruhi banyak orang. Beberapa orang akan membuat sistem bekerja. Mereka ini disebut dengan peserta, yang meliputi operator pemasukan data, pegawai coding, dan pegawai adaministrasi lainnya. Orang lain akan menggunakan output sistem. Semuanya harus dididik tentang peran mereka dalam sistem. Pendidikan harus dijadwalkan jauh setelah siklus hidup dimulai, tepat sebelum bahan yang dipelajari. - Masuk ke sistem baru
Proses penghentian penggunaan sistem lama dan memulai penggunaan sistem baru disebut Cut Over. Ada empat pendekatan dasar, yaitu: percontohan, serentak, bertahap, dan paralel.
Sumber Rizky (2011:61)
Gambar 2.6 Waterfall Life Cycle
- Definisi kebutuhan (Requirement Definition)
- Desain sistem dan perangkat lunak (Software Design and System)
- Implementasi dan testing unit (Implementation and Unit Testing)
- Integrasi dan testing sistem (Integration and Systen Testing)
- Uji coba (Testing)
- Operasional dan pemeliharaan (Operation and Maintenance)
- Perancangan Sistem (SystemEnginering)
Perancangan sistem sangat diperlukan, karena piranti lunak biasanya merupakan bagian dari suatu sistem yang lebih besar. Pembuatan sebuah piranti lunak dapat dimulai dengan melihat dan mencari apa yang dibutuhkan oleh sistem. Dari kebutuhan sistem tersebut akan diterapkan kedalam piranti lunak yang dibuat. - Analisa Kebutuhan Piranti Lunak (SoftwareRequirementAnalysis)
Merupakan proses pengumpulan kebutuhan piranti lunak. Untuk memahami dasar dari program yang akan dibuat, seorang analisis harus mengetahui ruang lingkup informasi, fungsi-fungsi yang dibutuhkan, kemampuan kinerja yang ingin dihasilkan dan perancangan antarmuka pemakai piranti lunak tersebut. - Perancangan (Design)
Perancangan piranti lunak merupakan proses bertahap yang memfokuskan pada empat bagian penting, yaitu: struktur data, arsitektur piranti lunak, detil prosedur, dan karakteristik antarmuka pemakai. - Pengkodean (Coding)
Pengkodean piranti lunak merupakan proses penulisan bahasa program agar piranti lunak tersebut dapat dijalankan oleh mesin - Pengujian (Testing)
Proses ini akan menguji kode program yang telah dibuat dengan memfokuskan pada bagian dalam piranti lunak. Tujuannya untuk memastikan bahwa semua pernyataan telah diuji dan memastikan juga bahwa input yang digunakan akan menghasilkan output yang sesuai. Pada tahap ini pengujian dibagi menjadi dua bagian, pengujian internal dan pengujian eksternal. Pengujian internal bertujuan menggambarkan bahwa semua statement sudah dilakukan pengujian, sedangkan pengujian eksternal bertujuan untuk menemukan kesalahan serta memastikan output yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. - Pemeliharaan (Maintenance)
Proses ini dilakukan setelah piranti lunak telah digunakan oleh pemakai atau konsumen. Perubahan akan dilakukan jika terdapat kesalahan, oleh karena itu piranti lunak harus disesuaikan lagi untuk menampung perubahan kebutuhan yang diinginkan konsumen.
Gambar 2.7 Struktur Statis Aplikasi Yii (Yii, 2012)
- Menggunakan pola MVC.Yii mengadopsi pola standar pengembangan aplikasi yang memisahkan tampilan (view), logika program (controller), dan modelnya (model).
- Data Access Objects (DAO), Query Builder, Active Record, dan DB Migration.Yii memungkinkan pengembang menggunakanberbagai model database dengan objek yang dapat mengurangi kompleksitas menulis pernyataan SQL berulang serta memudahkan interaksi antar database.
- Form input dan validasi.Yii menyediakan form input dan validasi yang memudahkan pengembang untuk bekerja dengan form dan melakukan validasi input dari form.
- AJAX Widget.Yii menyediakan AJAXwidgetyang terintegrasi dengan jQuery,berupa kontrol yang memiliki fungsi seperti auto complete, treeview, data grid dan lain-lain.
- Authenticationdanauthorization. Dukungan autentikasi dan autorisasi internal sehingga memudahkan pengembangan aplikasi dengan fitur autentikasi dan autorisasi.
- Skin dan theme.Yii mengimplementasikan skin dan theme yang memudahkan pengembangan aplikasi dalam merancang tampilan aplikasi.
- Internationalization (I18N) danlocalization (L10N).Yii mendukung pengembangan aplikasi dalam multi bahasa dan lokasi seperti penggunaan waktu dan tanggal dan terjemahan antarmuka.
- Web Services. Yii mendukung manajemen penanganan layananweb services.
- Skema layer cache. Yii mendukung layer cache untuk cache data, cache halaman, dan keseluruhan aplikasi sehingga dapat meningkatan performa dengan beragam pilihan media cache. Penggunaan media cache seperti database, APC, memcache, dan sebagainya diatur tanpa melakukan perubahan besar pada kode.
- Penanganan error dan logging, sehingga memudahkan pengembangan dalam melakukan debuging aplikasi dalam masa pengembangan aplikasi.
- Keamanan. Yii dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan untuk membantu mencegah aplikasi Web dari serangan seperti SQL injection, cross-site scripting (XSS), cross-site request forgery (CSRF), dan cookie tampering.
- Pengujian unit danfungsional. Yii menyediakan dukungan untuk menulis dan menjalankan pengujian unit serta pengujian fungsional, menggunakan PHPUnit dan Selenium.
- Penghasil kode otomatis. Yii menyediakan penggunaan beragam perintah otomatis seperti meng-generate struktur dasar aplikasi, model,dan CRUD.
- Librari ekstension. Yii menyediakan dukungan ekstensi dan komponen tambahan sehingga beragam fitur tambahan dapat ditambahkan
- Memberikan model yang siap pakai, bahasa pemodelan visual yang ekspresif untuk mengembangkan dan saling menukar model dengan mudah dan dimengerti secara umum.
- Memberikan bahasa pemodelan yang bebas dari berbagai bahasa pemrograman dan proses rekayasa.
- Menyatukan praktek-praktek terbaik yang terdapat dalam permodelan.
- Use CaseMenurut Murad (2013:57), "Diagram Use Case adalah diagram yang bersifat status yang memperlihatkan himpunan use case dan aktor-aktor (suatu jenis khusus dari kelas). Diagram ini memiliki 2 fungsi, yaitu mendefinisikan fitur apa yang harus disediakan oleh sistem dan menyatakan sifat sistem dari sudut pandang user".
- Activity DiagramMenurut Murad (2013:53), "Activity diagram merupakan diagram yang bersifat dinamis. Activity diagram adalah tipe khusus dari diagram state yang memperlihatkan aliran dari suatu aktifitas ke aktifitas lainnya dalam suatu sistem dan berfungsi untuk menganalisa proses".Menurut Vidia (2013:20), "Activity diagram dibuat berdasarkan aliran dasar dan aliran alternatif pada skenario use case diagram. Pada activity diagram digambarkan interaksi antara aktor pada use case diagram dengan sistem".Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa activity diagram dibuat berdasarkan use case diagram yang telah dibuat, maka dapat digambarkan activity diagram yang menggambarkan alur kerja untuk setiap use case.</li>
- Sequence Diagram
Menurut Vidia (2013:21), "Sequence diagram dibuat berdasarkan activity diagram dan class diagram. Sequence diagram menggambarkan aliran pesan yang terjadi antar kelas yang dideskripsikan pada class diagram dengan menggunakan operasi yang dimiliki kelas tersebut. Untuk aliran pesan, sequence diagram merujuk pada alur sistem activity diagram yang telah dibuat sebelumnya".</li>- Class Diagram
Menurut Vidia (2013:21), "Class diagram dibuat berdasarkan use case diagram dan activity diagram".Berdasarkan pendapat yang dikemukakan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa class diagram memperlihatkan himpunan kelas-kelas, antarmuka-antarmuka, kolaborasi-kolaborasi, serta relasi-relasi. Diagram ini umum dijumpai pada pemodelan sistem berorientasi objek.</li></ol>2.2.5 Konsep Dasar Dreamwever2.2.5.1 Definisi DreamweverDreamwaver merupakan software aplikasi yang digunakan sebagai HTML editor profesional untuk mendesain web secara visual, aplikasi ini juga yang biasa dikenal dengan istilah WYSIWYG (What You See What You Get) , yang intinya adalah bahwa user tidak harus berurusan dengan tag-tag HTML untuk membuat sebuah situs. Selain itu, dreamwaver juga memberikan keleluasaan kepada user untuk menggunakannya sebagai media penulisan bahasa pemrograman web. Dengan kemampuan fasilitas yang optimal dalam jendela desain membuat program ini memberikan kemudahan untuk mendesain web meskipun untuk para web desainer pemula sekalipun (Madcom, 2010:1).Dikutip dari Jurnal CCIT,menurut Untung Raharja dkk "Macromedia Dreamwaver yaitu sebuah program web editor yang dapat digunakan untuk membuat dan mendesain web". Dreamwaver mempunyai kehandalan dalam membuat dan desain web tanpa harus menuliskan tag-tag HTML satu persatu, dreamwaver juga memiliki kemampuan untuk mendukung pemrograman Server Side dan Client Side. ( Raharja dkk, 2009:223)2.2.5 Konsep Dasar Database2.2.5.1 Definisi Database"Database merupakan sekumpulan tabel-tabel yang berisi data dan merupakan kumpulan field atau kolom." (Anhar, 2010:45), Sedangkan Menurut Untung Raharja dkk dalam jurnal CCIT (20011:238) "Database adalah kumpulan fakta-fakta sebagai respresentasi dari dunia nyata yang saling berhubungan dan mempunyai arti tertentu."Menurut Martono, dkk (2009:307), "Database adalah kumpulan data dari penempatan tenaga kerja yang saling terkait dan mempengaruhi sesuai dengan tingkat kepentingannya sehingga data tersebut terintegrasi dan independence".Menurut Prasetio (2012:181), "Database adalah sebuah struktur yang umumnya dikategorikan dalam 2 (dua) hal, sebuah database flat dan sebuah database relasional. Database relasional lebih disukai karena lebih masuk akal dibandungkan database flat".Menurut Mustakini (2009:46), "Database adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yanglainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasi".Dari definisi ini, terdapat tiga hal yang berhubungan dengan database, yaitu sebagai berikut ini:- Data itu sendiri yang diorganisasikan dalam bentuk database.
- Simpanan permanen (storage) untuk menyimpan database tersebut. Simpanan ini merupakan bagian dari teknologi perangkat keras yang digunakan di sistem informasi. Simpanan permanen yang umumnya digunakan berupa hard disk.
- Perangkat lunak untuk memanipulasi database. Perangkat lunak ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer atau dibeli dalam bentuk suatu paket. Banyak paket perangkat lunak yang disediakan untuk memanipulasi databse. Paket perangkat lunak ini disebut dengan DBMS (Database Management System).
Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan diatas dapat ditarik kesimpulan database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi informasi dari basis data tersebut.2.2.5.2 Jenis Database Yang Digunakan- Web ServerMenurut Arief (2011:19), "Web server adalah program aplikasi yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan dokumen-dokumen web. Jadi semua dokumen web baik yang ditulis menggunakan client side scripting maupun server scripting tersimpan didalam direktori utama web server (document root)".Menurut Oktavian (2010:11), "Web Server adalah aplikasi yang berguna untuk menerima permintaan informasi dari pengguna melalui web browser, dan mengirimkan permintaan kembali informasi yang diminta melalui HTTP (HyperText Transfer Protocol). Biasanya web server diletakkan di komputer tertentu pada web hosting".Menurut Arief (2011:19), "Web server adalah program aplikasi yang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan dokumen-dokumen web. Jadi semua dokumen web baik yang ditulis menggunakan client side scripting maupun server scripting tersimpan didalam direktori utama web server (document root)".Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan diatas, maka dapat disimpulkan web server merupakan sebuah perangkat lunak yang bertugas menerima permintaan client melalui port HTTP maupun HTTPS dan merubah isi yang ada ke dalam format HTML.
- XAMPPMenurut Madcoms (2010:341), sekarang ini banyak paket software instalasi webserver yang disediakan secara gratis diantaranya menggunakan XAMPP. Dengan menggunakan paket software instalasi ini, maka sudah dapat melakukan beberapa instalasi software pendukung webserver, yaitu Apache, PHP, phpMyAdmin, dan database MySQL.Menurut Wardana (2010:8), "XAMPP adalah paket software yang didalamnya sudah terkandung Web Server Apache, database MySQL dan PHP Interpreter".Menurut Nugroho (2009:74), XAMPP merupakan paket PHP yang berbasis Open Source yang dikembangkan oleh sebuah komunitas Open Source. Sebagai informasi, nama XAMPP diambil dari singkatan berikut:X: program ini dapat dijalankan di banyak sistem operasi.
- PhpMyAdminMenurut Nugroho (2009:88), "PhpMyAdmin adalah suatu aplikasi Open Source yang berbasis web, aplikasi ini dibuat menggunakan program PHP, fungsi aplikasi ini adalah untuk mengakses database MySQL".Dengan adanya aplikasi ini akan sangat mempermudah dan mempersingkat kerja Kita dalam mengelola database MySQL. Dengan adanya kelebihan yang dimilikinya mengakibatkan para pengguna awam tidak harus mampu untuk mengetahui perintah-perintah MySQL dalam pembuatan database dan tabel.Menurut Arief (2011:429), "PhpMyAdmin adalah salah satu aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang digunakan untuk mengeolal database MySQL".Menurut Prasetio (2012:53), "PhpMyadmin merupakan tools berbasis web yang berguna untuk mengelola database MySQL".Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan PhpMyAdmin, maka aplikasi ini dapat membantu Anda dalam menavigasi beberapa database, table, log, dan beberapa hal lainnya.
- PHPMenurut Nugroho (2009:113), "PHP merupakan bahasa standar yang digunakan dalam dunia website, PHP adalah bahasa program yang berbentuk skrip yang diletakkan di dalam serve web".Menurut Arief (2011:43), definisi PHP adalah sebagai berikut:PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Karena merupakan server-side scripting maka sintaks dan perintah-perintah PHP akan dieksekusi di server kemudian hasilnya dikirimkan ke browser dalam format HTML.Menurut Wardana (2010:7), "PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML (kode dasar website) dan dijalankan pada server side. Artinya, semua sintaks PHP yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan pada server, sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja".Menurut Prasetio (2012:122), "PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah bahasa script yang ditanam di sisi server".Menurut Prasetio (2012:122), "PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah bahasa script yang ditanam di sisi server".
- Hanya dapat dijalankan menggunakan web server, misal: Apache.
- Kode PHP diletakkan dan dijalankan di web server.
- Kode PHP dapat digunakan untuk mengakses database, seperti: MySQL.
- Merupakan software yang berdifat open source.
- Gratis untuk di-donwload dan digunakan.
- Memiliki sifat multipaltform, artinya dapat dijalankan menggunakan sistem operasi apapun, seperti: Linux, Unix, Windows, dan lain-lain.
Menurut Anhar (2010:3), definisi PHP adalah sebagai berikut:PHP singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor yaitu bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source. PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting). PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru atau up to date. Semua script PHP dieksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan. - MySQLMenurut Nugroho (2009:91), definisi MySQL adalah sebagai berikut:MySQL (My Structured Query Language) atau yang biasa dibaca ,ai-se-kuel adalah sebuah program pembuatan dan pengelola database atau yang sering disebut dengan DBMS (Database Management System). Kelebihan lain dari MySQL adalah menggunakan bahasa query (permintaan) standar SQL (Structured Query Language). SQL adalah suatu bahasa permintaan yang terstruktur.Menurut Madcoms (2010:367), penyimpanan data yang fleksibel dan cepat aksesnya sangat dibutuhkan dalam sebuah website yang interaktif dan dinamis. Database sendiri berfungsi sebagai penampungan data yang anda input melalui form website. Selain itu dapat juga di balik dengan menampilkan data yang tersimpan dalam database ke dalam halaman website. Jenis database yang sangat popular dan digunakan pada banyak website di internet sebagai bank data adalah MySQL. MySQL menggunakan SQL dan bersifat gratis, selain itu MySQL dapat berjalan di berbagai platform, antara lain Linux, Windows, dan sebagainya.Menurut Anhar (2010:21), definisi MySQL adalah sebagai berikut:MySQL (My Structure Query Languange) adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (Database Management System) atau DBMSdari sekian banyak DBMS, seperti Oracle, MS SQL, Postagre SQL, dan lain-lain. MySQL merupakan DBMNS yang multithread, multi-user yang bersifat gratis di bawah lisensi GNU General Public Licence (GPL).Menurut Arief (2011:151), "MySQL adalah salah satu jenis database server yang sangat terkenal dan banyak digunakan untuk membangun aplikasi web yang menggunakan database sebagai sumber dan pengelolaan datanya".Berdasarkan pendapat yang dikemukakan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa,MySQL salah satu jenis database server yang menggunakan SQL sebagai bahasa dasar untuk mengakses databasenya. MySQL termasuk jenis RDBMS (Relational Database Management System). Itu sebabnya istilah seperti tabel, baris dan kolom digunakan pada MySQL. Pada MySQL, sebuah database mengandung satu atau sejumlah tabel. Tabel terdiri dari sejumlah baris dan setiap baris mengandung satu atau beberapa kolom.
A: Apache, merupakan aplikasi web server.M: MySQL, merupakan aplikasi database server.P: PHP, bahasa pemrograman web.P: Perl, bahasa pemrograman.Beberapa aplikasi pendukung XAMPP, yaitu:2.2.6 Konsep Dasar Website2.2.6.1 Definisi WebsiteMenurut Murad (2013:49), "Web adalah sistem dengan informasi yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lainnya yang tersimpan dalam sebuah server web internet yang disajikan dalam bentuk hypertext".Menurut Arief (2011:7), "Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, suara, animasi, video) di dalamnya yang menggunakan protokol HTTP (hypertext transfer protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser".Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan diatas, maka dapat disimpulkan website adalah sebuah tempat di internet, yang menyajikan informasi dengan berbagai macam format data seperti text, image, bahkan video dan dapat diakses menggunakan berbagai aplikasi client shingga memungkinkan penyajian informasi yang lebih menarik dan dinamis dengan pengelolaan yang terorganisasi.2.2.6.2 Jenis-Jenis WebsiteMenurut Arief (2011:8), ditinjau dari aspek content atau isi, web dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: web statis dan web dinamis. Selain dari sisi content atau isi, web statis dan web dinamis dapat dilihat dari aspek teknologi yang digunakan untuk membuat jebis web tersebut. Adapun jenis-jenis web:- Web statis adalah web yang isinya atau content tidak berubah-ubah. Maksudnya adalah isi dari dokumen web tersebut tidak dapat diubah secara cepat dan mudah. Ini karena teknologi yang digunakan untuk membuat dokumen web ini tidak memungkinkan dilakukan perubahan isi atau data. Teknologi yang digunakan untuk web statis adalah jenis client side scripting seperti HTML, Cascading Style Sheet (CSS). Perubahan isi atau data halaman web statis hanya dapat dilakukan dengan cara mengubah langsung isinya pada file mentah web tersebut.
- Web dinamis adalah jenis wen yang content atau isinya dapat berubah-ubah setiap saat. Web yang banyak menampilkan animasi flash belum tentu termasuk web dinamis karena dinamis atau berubah-ubah isinya tidak sama dengan animasi. Untuk melakukan perubahan data, user cukup mengubahnya langsung secara online di internet melalui halaman control panel atau administrasi yang biasanya telah disediakan untuk user administrator sepanjang user tersebut memiliki hak akses yang sesuai.
2.2.7 ElisitasiMenurut Saputra (2012:51), "Elisitasi merupakan rancangan yang dibuat berdasarkan sistem yang baru yang diinginkan oleh pihak manajemen terkait dan disanggupi oleh penulis untuk di eksekusi". Elisitasi didapat melalui metode wawancara dan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu:- Tahap I
Berisi seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan oleh pihak manajemen terkait melalui proses wawancara. - Tahap II
Hasil pengklasifikasian elisitasi tahap I berdasarkan metode MDI. Metode MDI bertujuan memisahkan antara rancangan sistem yang penting dan harus ada sistem baru dengan rancangan yang disanggupi oleh penulis untuk di eksekusi. M pada MDI berarti mandatory (penting). Maksudnya, requirement tersebut harus ada dan tidak boleh dihilangkan pada saat membuat sistem baru. D pada MDI berarti desirable, maksudnya requirement tersebut tidak terlalu penting dan boleh dihilangkan. Namun, jika requirement tersebut digunakan dalam pembentukan sistem maka akan membuat sistem tersebut lebih sempurna. I pada MDI berarti inessential, maksudnya requirement tersebut bukanlah bagian sistem yang dibahas, tetapi bagian dari luar sistem. - Tahap III
Merupakan hasil penyusutan elisitasi tahap II dengan cara mengeliminasi semua requirement dengan option I pada metode MDI. Selanjutnya semua requirement yang tersisa diklasifikasikan kembali melalui TOE, yaitu:- T artinya teknikal, bagaimana tata cara atau teknik pembuatan requirement dalam sistem disusulkan.
- O artinya operasional, bagaimana tata cara pengguna requirement dalam sistem akan dikembangkan.
- E artinya ekonomi, berapakah biaya yang diperlukan guna membanguan requirement di dalam sistem.
- High (H) : Sulit untuk dikerjakan, karena teknik pembuatan dan pemakaiannya sulit serta biayanya mahal. Maka requirement tersebut harus di eliminasi.
- Middle (M) : Mampu dikerjakan.
- Low (L) : Mudah dikerjakan.
Metode TOE tersebut dibagi kembali menjadi beberapa option, yaitu: - Final Draft Elisitasi
Final draft elisitasi merupakan hasil akhir yang dicapai dari suatu proses elisitasi yang dapat digunakan sebagai dasar pembuatan suatu sistem yang akan dikembangkan.
2.2.8 Konsep Dasar Literature Review2.2.8.1 Definisi Literature ReviewMenurut Hermawan (2009:43), "Tinjauan pustaka adalah menganalisis secara kritis pustaka penelitian yang ada saat ini. Telaah pustaka tersebut perlu dilakukan secara ketat".Menurut Semiawan (2010:104), mendefinisikan Literature Review sebagai berikut:Literature review adalah bahan yang tertulis berupa buku, jurnal yang membahas tentang topik yang hendak diteliti. Tinjauan pustaka membantu peniliti untuk melihat ide-ide, pendapat, dan kritik tentang topik tersebut yang sebelum dibangun dan dianalisis oleh para ilmuwan sebelumnya. Pentingnya tinjauan pustaka untuk melihat dan menganalisa nilai tambah penelitian ini dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya.Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan diatas, maka dapat disimpulkan literature review adalah analisa sistem berupa kritik (membangun maupun menjatuhkan) dari peneliti yang sedang dilakukan terhadap suatu bagian keilmuan.2.2.8.2 Tujuan Literature ReviewMenurut Hermawan (2009:45), tinjauan pustaka berisi penjelasan secara sistematik mengenai hubungan antara variabel untuk menjawab perumusan masalah penelitian. Tinjauan pustaka dalam suatu penelitian memiliki beberapa tujuan, yaitu:- Untuk berbagi informasi dengan para pembaca mengenai hasil-hasil penelitian sebelumnya yang erat kaitannya dengan penelitian yang sedang kita laporkan.
- Untuk menghubungkan suatu penelitian ke dalam pembahasan yang lebih luas serta terus berlanjut sehingga dapat megisi kesenjangan-kesenjangan serta memperluas atau memberikan kontribusi terhadap penelitian-penelitian sebelumnya.
- Menyajikan suatu kerangka untuk menunjukan atau meyakinkan pentingnya penelitian yang dilakukan dan untuk membandingkan hasil atau temuan penelitian dengan temuan-temuam penelitian lain dengan topik serupa.
Menurut Yuniarti (2012:3), studi pustaka bertujuan untuk mendapatkan landasan teoritis yang berguna sebagai tolok ukur dalam membahas dan menganalisa data serta mengambil kesimpulan dan saran dalam analisis laporan keuangan perusahaan tertentu.2.2.9 Literature ReviewBerikut ini adalah penelitian yang telah dilakukan dan memiliki kolerasi yang searah dengan penelitian yang akan dibahas dalam Skripsi ini diantara lain:Tabel 2.1. Literatur Review
Judul dan Penulis
Hasil
Adopsi
Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian: Studi Kasus Yayasan Bunda Hati Kudus (Kristanto , Fransiscus Xaverius Eko Budi.2013)
Hasil yang di peroleh adalah menjelaskan bagaimana mengembangkan sebuah sistem dengan menggunakan Yii Framework dengan berbasis objek orientied programming
Penulis mengambil konsep pengkodingan dengan menggunakan Yii Framework
Bab III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN3.1 Analisa Organisasi3.1.1 Gambaran Umum Perguruan Tinggi RaharjaDengan semakin maraknya perguruan-perguruan tinggi di daerah Tangerang khususnya dalam bidang komputer ternyata hal tersebut masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh data secara komputerisasi di setiap bidang.Dunia komputer dan alat-alat canggih serta otomatis lainnya dalam dunia perkantoran, baik instansi pemerintah maupun swasta sangat cepat sekali perkembangannya, sehingga selalu berubah setiap saat. Oleh karena itu Perguruan Tinggi Raharja dalam pendiriannya mempunyai misi untuk ikut membantu program pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi era globalisasi.Telah menjadi tekad para pendiri Perguruan Tinggi ini untuk membantu pemerintah dan masyarakat kota Tangerang dalam pendirian Perguruan Tinggi Raharja yang diselenggarakan oleh Yayasan Nirwana Nusantara (YRI) yang didirikan pada tahun 2001 dan merupakan pendidikan yang terbaik dalam bidang pendidikan komputer.3.1.2 Sejarah Singkat Perguruan Tinggi RaharjaPerguruan Tinggi Raharja bermula dari sebuah lembaga kursus komputer yang bernama LPPK (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Komputer) Raharja yang terletak di Jl. Gatot Subroto Km.2 Harmoni Mas Cimone Tangerang.LPPK Raharja diresmikan pada tanggal 3 Januari 1994 oleh Bapak Walikota Tangerang Drs. H. Zakaria Machmud, Raharja telah terdaftar pada Depdiknas Kotamadya Tangerang dengan Nomor 201/PLSM/02.4/L.93. Lembaga inilah yang mempelopori penggunaan Operating System Windows dan aplikasinya di wilayah Tangerang dan sekitarnya, hal tersebut mendapat respon positif dan jumlah peminatnya pun meningkat pesat seiring dengan kerjasama yang dilakukan oleh lembaga ini dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Tangerang.Karena semakin pesatnya perkembangan dan pertumbuhan akan komputerisasi dan meningkatnya peminat masyarakat Tangerang maka pada tanggal 24 Maret 1999 LPPK Raharja berkembang menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Raharja Informatika yang diresmikan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 56/D/O/1999 yang diserahkan langsung dari Bapak Prof. Dr. Udju D. Rusdi selaku Koordinator KOPERTIS wilayah IV Jawa Barat kepada Ketua Yayasan Nirwana Nusantara Ibu Kasarina Sudjono. Pada tanggal 2 Februari 2000, dengan menyelenggarakan jurusan Manajemen Informatika.Pada tanggal 2 Februari 2000 AMIK Raharja Informatika menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang menjalankan studi formal untuk program Diploma I (DI) dengan memberikan gelar Ahli Pratama dan Program Diploma II (DII) dengan memberikan gelar Ahli Muda dan Diploma III (DIII) dengan memberikan gelar Ahli Madya kepada lulusannya. sesuai dengan Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta wilayah IV Jawa Barat dengan Nomor 3024/004/KL/1999.Kemudian pada tanggal 7 September 2000 sesuai dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 354/Dikti/Kep/2000, menambah 2 program yakni D3 Teknik Informatika dan D3 Komputerisasi Akuntansi.Kini AMIK Raharja Informatika mempuanyai 3 (tiga) program studi Diploma III dengan jurusan Manajemen Informatika (MI), Teknik Informatika (TI) dan Komputerisasi Akuntansi (KA) yang masing-masing jurusan memberikan gelar Ahli Madya (A.md), Ahli Muda (AM), dan Ahli Pratama (AP) kepa lulusannya.Pada tanggal 20 Oktober 2000 dalam usahanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas daripada lulusan, AMIK RAHARJA INFORMATIKA meningkatkan statusnya dengan membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) RAHARJA. Dengan surat keputusan Nomor 42/01/YNN/PR/II/200, ketua Yayasan Nirwana Nusantara mengajukan permohonan pendirian STMIK RAHARJA kepada Mendiknas KOPERTIS Wilayah IV Jawa Barat dengan 3 (tiga) program studi SI jurusan Sitem Informasi (SI), Teknik Informatika (TI) dan Sistem Komputer (SK). Hal tersebut telah mendapat tanggapan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dengan surat keputusan Nomor 5706/D/T/2000. Tidak hanya sampai disini, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas lulusan RAHARJA sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Raharja, bahwa dalam kurun waktu tidak lebih dari 5 tahun sudah berdiri Universitas RAHARJA.Pada saat ini, Perguruan Tinggi Raharja pun telah meningkatkan mutu dan kualitasnya melalui Sertifikat Akreditasi, diantaranya yaitu sebagai berikut :- Pada tanggal 5 April 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 00117/Ak-I-DIII-03/DFXMEI/IV/2002 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika terakreditasi B.
- Pada tanggal 4 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08479/Ak-X-S1-001/CAGTLF/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Strata 1 Teknik Informatika di STMIK Raharja terakreditasi B.
- Pada tanggal 11 Mei 2006 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 08523/Ak-X-S1-002/CAGSIM/V/2006 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Strata 1 Sistem Informasi di STMIK Raharja terakreditasi B.
- Pada tanggal 3 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 006/BAN-PT/AK-VII/DPI-III/VIII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma III Manajemen Informatika di AMIK Raharja Informatika terakreditasi B.
- Pada tanggal 25 Agustus 2007 dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 019/BAN-PT/AK-X/S1/VIII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Strata 1 Sistem Komputer di STMIK Raharja terakreditasi B.
- Pada tanggal 29 Desember 2007 sesuai Surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 017/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/XII/2007 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma Tiga Teknik Informastika di AMIK Raharja Informatika dengan terakreditasi B.
- Pada tanggal 18 Januari 2008 sesuai Surat Keputusan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 019/BAN-PT/AK-VII/Dpl-III/I/2008 yang berisi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menyatakan bahwa program studi Diploma Tiga Komputerisasi Akuntansi di AMIK Raharja Informatika terakreditasi A
3.1.3. Visi, Misi, dan Tujuan3.1.3.1 Visi Perguruan Tinggi RaharjaMenuju Perguruan Tinggi unggulan pada tahun 2010 yang menghasilkan lulusan kompeten dibidang Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Sistem Komputer serta memiliki daya saing yang tinggi dalam era globalisasi.3.1.3.2 Misi Perguruan Tinggi Raharja- Menyelenggarakan pendidikan komputer (Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Sistem Komputer) yang menghasilkan lulusan bermoral, terampil, dan kreatif serta memiliki daya saing tinggi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
- Menyelenggarakan program-program penelitian dan pengembangan guna menghasilkan keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis dengan kebutuhan pembangunan sosial-ekonomi dan industri Indonesia, serta mengantisipasi semakin maraknya globalisasikehidupan masyarakat.
- Melaksanakan dan mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat melalui inovasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi
3.1.3.3 Tujuan Perguruan Tinggi Raharja- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan dapat menerapkan,mengembangkan serta memperluas informatika dan komputer secara profesional.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengadakan penelitian dalam bidang informatika dan komputer, yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dilapangan.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang informatika dan komputer secara profesional kepada masyarakat
3.1.4. Struktur OrganisasiSebuah Organisasi atau perusahaan harus mempunyai suatu struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha, untuk menunjukkan kerangka-kerangka hubungan di antara fungsi, bagian-bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. Serta untuk menunjukan rantai (garis) perintah dan perangkapan fungsi yang diperlukan dalam suatu organisasi.Sama halnya dengan Perguruan Tinggi Raharja yang mempunyai struktur organisasi manajemen sebagai berikut :
Gambar 3.1
Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Raharja3.1.5. Wewenang dan Tanggung JawabSeperti halnya dengan sebuah perusahaan, Perguruan Tinggi Raharja dalam manajemen akademiknya terdapat bagian-bagian yang mempunyai wewenang serta tanggung jawab dalam menyelesaikan semua pekerjaannya.Wewenang serta tanggung jawab bagian-bagian yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja adalah sebagai berikut :- KetuaWewenang:
- Menyelenggarakan program kerja yang berpedoman pada visi, misi, fungsi dan tujuan pendirian Perguruan Tinggi Raharja.
- Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
- Menyelenggarakan kegiatan pengembangan administrasi.
- Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi.
Tanggung jawab:Memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga pendidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan hubungannya dengan lingkungan. - Pembantu Ketua I (Bidang Akademik)Wewenang:
- Menjalankan program kebijaksanaan akademik.
- Mengawasi dan membina serta mengembangkan program studi sesuai kebijaksanaan yang telah digariskan.
- Membina dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
- Mengadakan afiliasi.
- Membina dan mengembangkan kelembagaan.
Tanggung jawab :Membantu Ketua dalam memimpin pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. - Asisten Direktur AkademikWewenang:
- Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan proses belajar mengajar.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor staf binaannya.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan, pemberhentian staf binaannya.
- Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
- Memberikan sangsi kepada staf binaannya yang melanggar tata tertib karyawan
- Mengusulkan kepada Direktur tentang pengangkatan dan pemberhentian dosen.
Tanggung jawab :- Bertanggung jawab atas penyusunan JRS yang efektif dan efisien.
- Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan proses belajar mengajar.
- Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pelayanan Akademik yang berkesinambungan.
- Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.
- Asisten Direktur OperasionalWewenang:
- Mengusulkan kepada Direktur atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang kenaikan honor.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang kepangkatan, pemberhentian staf binaannya.
- Mengusulkan kepada Direktur tentang unit layanan baru yang dibutuhkan.
- Memberikan sanksi kepada staf binaannya yang melanggar tata tertib karyawan.
Tanggung jawab :- Bertanggung jawab atas penyusunan kalender akademik tahunan.
- Bertanggung jawab atas pengimplementasian pelaksanaan pada bidangnya.
- Bertanggung jawab atas kemajuan kualitas pelayanan yang berkesinambungan pada bidangnya.
- Bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar.
- Kepala JurusanWewenang:
- Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang perubahan mata kuliah dan materi kuliah yang dianggap telah kadaluarsa bahkan perubahan Kurikulum Jurusan.
- Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang kenaikan honor dosen binaannya.
- Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pengadaan seminar, pelatihan, penambahan kelas perkuliahan, pengangkatan dosen baru, pemberhentian dosen.
- Memberikan kebijakan administratif akademik seperti cuti kuliah, perpindahan jurusan, ujian susulan, pembukaan semester pendek.
- Mengusulkan kepada Asisten Direktur Akademik tentang pembukaan peminatan/konsentrasi baru dalam jurusannya.
- Memberikan sanksi akademik kepada mahasiswa yang melanggar tata tertib Perguruan Tinggi Raharja.
Tanggung jawab :- Bertanggung jawab atas penyusunan dan pengimplementasian kurikulum, SAP dan Bahan Ajar.
- Bertanggung jawab atas monitoring kehadiran dosen dalam perkuliahan, jam konsultasi dan tugas-tugas yang disampaikan ke dosen.
- Bertanggung jawab atas terlaksananya penelitian dan pelaksanaan seminar.
- Bertanggung jawab atas pembinaan mahasiswa dan dosen binaannya.
- Bertanggung jawab atas prestasi Akademik mahasiswa.
- Bertanggung jawab atas peningkatan jumlah mahasiswa dalam jurusannnya.
- Registrasi Perkuliahan dan Ujian (RPU)Bagian Registrasi Perkuliahan dan Ujian terdiri dari dua bagian antara lain :
- Layanan Registrasi Mahasiswa (LRM)Wewenang:
- Berwewenang memberikan kebijaksanaan yang berhubungan dengan proses registrasi mahasiswa.
- Memberikan kebijakan pelaksanaan layanan pada bidangnya.
Tanggung Jawab:- Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi POM mulai dari persiapan hingga pada penutupan setiap semesternya.
- Bertanggung jawab atas pelaksanaan registrasi batal tambah.
- Layanan Registrasi Mahasiswa (LRM)
- Perkuliahan dan Ujian (PU)Wewenang:
- Mengusulkan kepada ADO atas prosedur pelaksanaan pelayanan proses belajar mengajar serta kebijakan yang diambil
- Mengusulkan kepada Kepala Jurusan untuk kelas perkuliahan yang dapat dibuka.
Tanggung Jawab:- Bertanggung jawab atas pelaksanaan perkuliahan dan ujian.
- Bertanggung jawab atas pendokumentasian pelaksanaan perkuliahan dan ujian
3.2. Tata Laksana Sistem Yang BerjalanUntuk menganalisis sistem yang berjalan, pada penelitian ini digunakan program unified modeling language (UML) untuk menggambarkan prosedur dan proses yang berjalan saat ini, pada penggambaran kali ini digunakan use case diagram, sequence diagram, activity diagram, yaitu sebagai berikut :3.2.1. Analisa Sistem Yang Berjalan Pada Use Case Diagram
Gambar 3.2 Use Case Diagram sistem berjalanPada Gambar 3.2 diatas dapat di jelaskan bahwa untuk dapat mengatur jadwal rencana study mahasiswa harus melakukan pembayaran registrasi, setelah aktiv barulah mahasiswa dapat mengatur jadwal rencana study.3.2.2. Activity Diagram Sistem Yang Berjalan3.2.2.1 Activity Diagram Sistem Yang Berjalan Pada Registrasi
Gambar 3.3 Activity Diagram sistem berjalan pada registrasi</div>Dapat dijelaskan pada gambara 3.3 diatas bahwa untuk mengaktivkan dan menyusun jadwal rencana study mahasiswa harus terlebih dahulu melakukan pembayaran registrasi.3.2.2.2 Activity Diagram Sistem Yang Berjalan Pada SIS Box<center>
Gambar 3.4 Activity Diagram sistem berjalan pada SIS Box</center>Dapat dijelaskan pada gambara 3.4 diatas bahwa setelah mahasiswa aktiv, mahasiswa dapat menyusun jadwal rencana study di SIS Box.3.2.3. Sequence Diagram Sistem Yang Berjalan<center>
Gambar 3.5 Sequence Diagram sistem berjalan</center>Dapat dijelaskan pada gambara 3.5 diatas bahwa mahasiswa aktiv melakukan penyusunan jadwal rencana study setelah melakukan login dengan swift PRC di SIS box.3.3. Permasalahan Yang DihadapiBerdasarkan hasil analisa yang dilakukan, maka penulis memutuskan permasalahan yang dihadapi oleh Pribadi Raharja pada Perguruan Tinggi Raharja pada sistem yang berjalan saat ini, ada beberapa masalah yang dihadapi dalam menjalankan sistem yang sedang berjalan seperti :- Pengaksesan SIS yang masih dilakukan secara manual dimana mahasiswa harus datang sendiri ke bagian SIS Box untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas akademik mahasiswa tersebut, dalam hal ini pembuatan jadwal rencana study.
- Penggunaann Login SIS Box yang masih menggukan sweep card jika hal sweep card ini rusak/hilang maka mahasiswa tidak dapat menggunakan SIS.
- Database belum normalisasi yang mengakibatkan data redundancy
3.4. Alternatif Pemecahan MasalahSebagai salah satu solusi atau alternatif pemecahan masalahnya adalah dengan merancang, membangun, dan menyediakan suatu sistem informasi student berbasis website yang mampu memudahkan proses mahasiswa mendapatkan hasil daftar nilai atau ipk serta sistem yang lebih mudah dikembangkan dan mudah dimaintenance.3.5. Elisitasi Sistem Yang Diusulkan3.5.1. Requirement Elisitasi Tahap I<center>Tabel 3.1 Elisitasi Tahap I
Functional
No
Saya ingin :
Keterangan
1
Sistem Login terintegrasi dengan Rinfo
2
Sistem dapat Menampilkan Slide Show pada halaman Login
3
Sistem memiliki Fasilitas Smart Searching
4
Tampilan Sistem Responsive
5
Sistem dapat menampilkan photo mahasiswa yang login
6
Sistem dapat menampilkan photo dosen tiap mata kuliah
7
Sistem dapat menampilkan Informasi Halaman yang sering Dikunjungi ( Most Viewed )
8
Sistem dapat menampilkan Breadcrumbs
9
Sistem dapat menampilkan peringatan / warning jika data tidak sesuai kriteria
10
Sistem dapat mengirim informasi KSTF lewat email
11
Sistem dapat mengetahui User terakhir Login / History Login
12
Sistem dapat menampilkan form kurikulum
13
Sistem dapat menceklis mata kuliah yang akan diambil
14
Sistem dapat Mencetak jadwal kartu rencana study dalam bentuk PDF
15
Sistem menampilan Icon Favicon dengan Logo SiS+
16
Sistem dapat menampilkan email sebagai status login
17
Sistem memiliki Navbar Fixed Scrool
18
Sistem dapat menampilkan Foto Kepala Jurusan masing masing
19
Sistem dapat menampilkan informasi Kepala Jurusan masing masing
20
Sistem menampilkan Menu di Fasilitas Smart Searching
21
Sistem dapat menampilkan Jumlah Total Pengunjung
22
Sistem dapat menampilkan Site Map
23
Sistem dapat menampilkan Pop Up selamat datang kepada pengunjung
24
Sistem memiliki fasilitas memberikan saran , pesan dan kritik
25
Sistem dapat menonaktifkan User
26
Sistem dapat menampilkan data riwayat/history user pada page yang dikunjungi
27
Sistem dapat menampilkan tanggal dan waktu
28
Sistem dapat menampilkan ucapan ulang tahun pada user
29
Sistem dapat menampilkan Menu Help
30
Sistem dapat menampilkan jam dan tanggal
31
Sistem dapat mengimport data dari csv
32
Sistem dapat mengimport dari dari excel
33
Sistem dapat mengupdate email Rinfo
34
Sistem dapat menampilkan informasi Contact us
35
Sistem terproteksi dari copy paste
36
Sistem daapt mengetahui statistic jumlah print setiap mahasiswa
37
Sistem dapat menampilkan Barcode QRCode pada PDF
38
Sistem menampilkan Logo SIS+ dengan Animasi
39
Sistem dapat memfilter Login SIS+
40
Sistem menampilkan warning jika account sis+ belum aktif
41
Menampilkan Kalender
42
Menampikan menu registrasi untuk pengguna baru
43
Menambahkan email notifikasi terhadap pengguna baru
Non Functional
No
Saya ingin sistem :
Keterangan
1
Dapat di akses menggunakan we browser
2
Memiliki desain yang simple namun menarik
3
Ringan dijalankan
4
User Friendly
5
Memakai bahasa yang umum
3.5.2. Requirement Elisitasi Tahap II<center>Tabel 3.2 Elisitasi Tahap II
Functional
No
Saya ingin sistem :
Keterangan
M
D
I
1
Sistem Login terintegrasi dengan Rinfo
v
2
Sistem dapat Menampilkan Slide Show pada halaman Login
v
3
Sistem dapat menampilkan Biodata Mahasiswa
v
4
Sistem dapat menampilkan Daftar Nilai
v
5
Sistem memiliki Fasilitas Smart Searching
v
6
Tampilan Sistem Responsive
v
7
Sistem dapat menampilkan Status Online/Offline Idu Help
v
8
Sistem memiliki Link Pendaftaran Email Raharja Info
v
9
Sistem dapat menampilkan Foto Mahasiswa pada biodata
v
10
Sistem memiliki fasilitas Edit Data pada Biodata Mahasiswa
v
11
Sisten dapat menampilkan Informasi Pengumuman / Berita
v
12
Sistem dapat memfilter Login Pribadi Raharja
v
13
Sistem dapat menampilkan Informasi Halaman yang sering Dikunjungi ( Most Viewed )
v
14
Sistem menampilkan Logo Animasi
v
15
Sistem dapat memiliki fasilitas mengirim Email terhadap Kajur masing – masing
v
16
Sistem dapat menampilkan peringatan / warning jika data tidak sesuai kriteria
v
17
Sistem dapat memiliki fasilitas Upload Foto Mahasiswa
v
18
Sistem dapat menampilkan Breadcrumbs
v
19
Sistem dapat mengetahui User terakhir Login / History Login
v
20
Sistem dapat memiliki fasilitas user jumlah login dan viewed
v
21
Sistem dapat memiliki fasilitas pencarian mahasiswa
v
22
Sistem dapat menampilkan Perubahan Terakhir Biodata
v
23
Sistem dapat Mencetak Biodata Mahasiswa dalam bentuk PDF
v
24
Sistem dapat mencetak Data Daftar Nilai dalam bentuk PDF
v
25
Sistem menampilan Icon Favicon dengan Logo SiS+
v
26
Sistem dapat menampilkan email sebagai status login
v
27
Sistem memiliki Navbar Fixed Scrool
v
28
Sistem dapat menampilkan Foto Kepala Jurusan masing masing
v
29
Sistem dapat menampilkan informasi Kepala Jurusan masing masing
v
30
Sistem menampilkan Menu di Fasilitas Smart Searching
v
31
Sistem dapat menampilkan Jumlah Total Pengunjung
v
32
Sistem dapat memfilter Email RInfo dan Google
v
33
Sistem dapat menampilkan Site Map
v
34
Sistem dapat menampilkan Daftar Team Green Dragon dengan Pop Up Javascript
v
35
Sistem memiliki fasilitas memberikan saran , pesan dan kritik
v
36
Sistem dapat menonaktifkan User
v
37
Sistem dapat menampilkan data riwayat/history user pada page yang dikunjungi
v
38
Sistem dapat menampilkan tanggal dan waktu
v
39
Sistem dapat menampilkan ucapan ulang tahun pada user
v
40
Sistem dapat menampilkan Menu Biodata
v
41
Sistem dapat menampilkan Menu Daftar Nilai
v
42
Sistem dapat menampilkan Menu Help
v
43
Sistem dapat menampilkan jam dan tanggal
v
44
Sistem dapat mengimport data dari csv
v
45
Sistem dapat mengimport dari dari excell
v
46
Sistem dapat mengupdate email Rinfo
v
47
Sistem dapat menampilkan informasi Contact us
v
48
Sistem terproteksi dari copy paste
v
49
Sistem memiliki Hit Counter
v
50
Sistem memiliki banyak template
v
51
Sistem dapat menampilkan mahasiswa berdasarkan jurusan
v
52
Sistem daapt mengetahui statistic jumlah print setiap mahasiswa
v
53
Sistem dapat menampilkan Barcode QRCode pada PDF
v
54
Sistem menampilkan Logo SIS+ dengan Animasi
v
55
Sistem dapat memfilter Login SIS+
v
56
Sistem menampilkan warning jika account sis+ belum aktif
v
57
Menampilkan Kalender
v
58
Menampikan menu registrasi untuk pengguna baru
v
59
Menampilkan kalimat welcome kepada mahasiswa
v
60
Menambahkan email notifikasi terhadap pengguna baru
v
Non Functional
No
Saya ingin sistem :
Keterangan
M
D
I
1
Dapat di akses menggunakan web browser
v
2
Memiliki desain yang simple namun menarik
v
3
Ringan dijalankan
v
4
User Friendly
v
5
Memakai bahasa yang umum
v
Keterangan :
M (Mandatory) : Dibutuhkan atau penting
D (Desirable) : Diinginkan atau tidak terlalu penting
I (Innessential) : Di luar sistem atau di eliminasi3.5.3. Requirement Elisitasi Tahap III<center>Tabel 3.3 Elisitasi Tahap III
<col width="44" /> <col width="500" /> <col width="44" span="9" />
</center>Functional No Saya ingin sistem : T O E Keterangan L M H L M H L M H 1 Sistem Login terintegrasi dengan Rinfo v v v 2 Sistem dapat Menampilkan Slide Show pada halaman Login v v v 3 Sistem dapat menampilkan Biodata Mahasiswa v v v 4 Sistem dapat menampilkan Daftar Nilai v v v 5 Sistem memiliki Fasilitas Smart Searching v v v 6 Tampilan Sistem Responsive v v v 7 Sistem dapat menampilkan Status Online/Offline Idu Help v v v 8 Sistem memiliki Link Pendaftaran Email Raharja Info v v v 9 Sistem dapat menampilkan Foto Mahasiswa pada biodata v v v 10 Sistem memiliki fasilitas Edit Data pada Biodata Mahasiswa v v v 11 Sisten dapat menampilkan Informasi Pengumuman / Berita v v v 12 Sistem dapat memfilter Login SIS+ v v v 13 Sistem dapat menampilkan Informasi Halaman yang sering Dikunjungi ( Most Viewed ) v v v 14 Sistem menampilkan Logo SIS+ dengan  Animasi v v v 15 Sistem dapat memiliki fasilitas mengirim Email terhadap Kajur masing - masing v v v 16 Sistem dapat menampilkan peringatan / warning jika data tidak sesuai kriteria v v v 17 Sistem dapat memiliki fasilitas Upload Foto Mahasiswa v v v 18 Sistem dapat menampilkan Breadcrumbs v v v 19 Sistem dapat mengetahui User terakhir Login / History Login v v v 19 Sistem dapat mengetahui User terakhir Login / History Login v v v 20 Sistem dapat memiliki fasilitas user jumlah login dan viewed v v v 23 Sistem dapat Mencetak Biodata Mahasiswa dalam bentuk PDF v v v 24 Sistem dapat memilki Print Biodata dan Daftar Nilai dalam bentuk PDF v v v 25 Sistem dapat menampilkan Barcode QRCode pada PDF v v v Non Functional No Saya ingin sistem : T O E Keterangan L M H L M H L M H 1 Dapat di akses menggunakan web browser v v v 2 Memiliki desain yang simple namun menarik v v v 3 Ringan dijalankan v v v 4 User Friendly v v v 5 Memakai bahasa yang umum v v v Keterangan :
T : Technical L : Low
O : Operational M : Middle
E : Economic H : High3.5.4. Final Draft Elisitasi<center>Tabel 3.4 Final Elisitasi
Functional
No
Saya ingin sistem :
Keterangan
1
Sistem Login terintegrasi dengan Rinfo
2
Sistem dapat Menampilkan Slide Show pada Halaman Login
3
Sistem dapat menampilkan Biodata Mahasiswa
4
Sistem dapat menampilkan Daftar Nilai
5
Sistem memiliki Fasilitas Smart Searching
6
Sistem dapat memilki Print Biodata dan Daftar Nilai dalam output PDF
7
Sistem dapat menampilkan Barcode QRCode pada PDF
8
Sistem dapat update email Rinfo
9
Sistem dapat memfilter Login SIS+
10
Sistem menampilkan form
Non Functional
No
Saya ingin sistem :
Keterangan
1
Dapat di akses menggunakan web browser
2
Memiliki desain yang simple namun menarik
3
Ringan dijalankan
4
User Friendly
5
Memakai bahasa yang umum
Mengetahui,
Pembimbing I
Ary Budi Warsito, M.Kom
NID. 10013Pembimbing II
Muhamad Yusup, S.Kom
NID. 07132Menyetujui,
Stakeholder
Ir. Untung Rahardja, M.T.I
NID. 99001Kepala Jurusan
Maimunah, M.Kom
NID. 02012
Bab IV
RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN4.1. Rancangan Dan Implementasi Sistem Yang Diusulkan4.1.1. Diagram Rancangan Sistem Yang DiusulkanUntuk menganalisa sistem yang diusulkan, pada penelitian ini digunakan program Visual Paradigm for UML 6.4 Enterprise Edition untuk menggambarkan Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram.4.1.2. Use Case Diagram Yang DiusulkanDiagram Use Case adalah sebuah diagram yang digunakan untuk menunjukkan tampilan grafis dari fungsionalitas yang diberikan oleh sistem dilihat dari sisi aktor, tujuan aktor, dan hal yang berkaitan dengan use case yang ada.Bab V
KESIMPULAN DAN SARAN5.1. KesimpulanSetelah mempelajari permasalahan sistem yang ada dan masalah yang dihadapi, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan dan solusi pemecahan masalah yang ditawarkan, yaitu sebagai berikut:- Sistem OOJRS yang berjalan saat ini di perguruan Tinggi Raharja belum mampu menyediakan informasi yang maksimal seperti dalam penggunaannya yang masih menggukan sweep card jika hal sweep card ini rusak/hilang maka mahasiswa tidak dapat menggunakan SIS. Dan pengaksesan OOJRS yang masih dilakukan secara local dimana mahasiswa harus datang sendiri ke bagian SIS Box untuk menyusun jadwal rencana study.
- Dengan adanya sistem OJRS+ yang diusulkan akan lebih mudah dan cepat mahasiswa dapat menyusun jadwal rencana study di manapun tanpa harus antri di SIS box.
- Pengembangan system OJRS+ dimulai dari pembuatan diagram UML yang terdiri dari empat buah diagram yaitu usecase diagram, sequence diagram, dan activity diagram dan class diagram, selanjutnya dibuatlah programming dengan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan Yii Framework sesuai dengan objek orientied programming dan juga menggunakan MySql sebagai database yang dibangun. Sebagai media tampilan menggunakan Bootstrap 2.3.2 sehingga dapat menyelesaikan desain lebih teratur.
- Penerapan Login Rinfo dalam sistem informasi OJRS+ ini mempermudah mahasiswa dalam menggunakan aplikasi yang ada. Mahasiswa tidak perlu menghapal banyak account, hanya satu account dan tidak perlu berulang kali login, cukup dengan sekali login.
5.2. SaranUntuk dapat meningkatkan dan menanggulagi masalah yang terjadi pada proses penyusunan jadwal rencana study pada Perguruan Tinggi Raharja, maka penulis bermaksud memberikan beberapa saran yaitu:- Untuk memaksimalkan sistem yang telah dirancang diperlukan adanya pelatihan kepada karyawan terkait atau admin yang akan menggunakan program tersebut agar lebih di mengerti dan familiar.
- Setelah dilakukan implementasi sistem, tidak menutup kemungkinan pengembangan sistem yang ada seiring dan sesuai kebutuhan yang ada, agar kekurangan sistem yang telah dibuat dapat terlengkapi dengan cara diperbaiki maupun ditambah juga dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang akan datang.
- Dari beberapa saran dan kekurangan yang telah disebutkan, pada rancangan sistem informasi yang telah dibuat agar dapat dikembangkan kembali supaya menjadi lebih baik dan mencakup keseluruhan system
Demikian kesimpulan dan saran yang pnulis dapat berikan dari hasil penulis karya ilmiah skripsi ini, semoga apat menjadi bahan acuan bagi perguruan tinggi raharja tempat penulis melakukan penelitian maupun bagi pihak-pihak lainya - Sequence Diagram