SI1831492219

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PENGEMBANGAN KURIKKULUM INTERAKTIF BISNIS DIGITAL BERBASIS MAGIC BOARD


SKRIPSI





Disusun Oleh :


NIM
: 1831492219
NAMA


PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER

KONSENTRASI COMPUTER SYSTEM

TANGERANG

TA. 2021/2022




ABSTRAK

Pada kurikulum Bisnis Digital, khususnya dalam segi penyampaian materi bukan hanya lewat zoom atau google meet saja, kini bisa juga menggunakan media pembelajaran terbarukan yaitu Magic Board, dimana yang awalnya hanya papan tulis biasa kini bertransformasi menjadi papan tulis akrilik yang diterangi LED Strip, tidak hanya berfokus pada bahan ajar saja, media pembelajaran juga harus diperhatikan maka dari itu pemanfaatan platform YouTube dimanfaatkan untuk penyimpanan video course yang selalu bisa dilihat dan diulang kapan saja.

Penelitian yang dilakukan di lingkungan pendidikan bertujuan untuk memajukan pendidikan dan memperluas jangkauan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terus ditingkatkan setiap tahun dengan menerapkan sistem baru yang menggunakan dan mengintegrasikan teknologi yang ada. Memanfaatkan proyek ini, "Magic Board" kini telah berkembang menjadi 5 novelty, di mana sebelumnya hanya ada 3 novelty. Harapan dari penelitian ini adalah pendidikan di Indonesia semakin berkembang hingga naik ke posisi nomor 1 di ASEAN. Dan salah satu tujuan lainnya adalah untuk mendesentralisasikan konten pendidikan di platform YouTube yang dapat diakses secara online dan kapan saja sehingga konten pendidikan tidak terabaikan dalam tujuan penelitian ini. Penelitian ini merupakan salah satu inovasi besar yang harus dimanfaatkan karena Indonesia masih menduduki peringkat ke-4 di ASEAN, sekaligus bertujuan untuk memperluas pendidikan dan memajukan negara sebagai talenta yang lebih baik. Penelitian yang dikembangkan ini berdasarkan implementasi pencirian perguruan tinggi yang sesuai dengan dengan RIRN (Rencana Induk Riset Nasional) dan Rencana Strategis (RENSTRA) Universitas Raharja. Tingkat kesiapan teknologi (TKT) penelitian ini adalah skala 3 (untuk tahun 1, dan 2).


Kata Kunci: Magic Board, Pendidikan, Sumber Daya Manusia, Video Course, Bisnis Digital



DAFTAR PUSTAKA

[1] F. E. Nastiti and A. R. Ni’mal‘Abdu, “Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0,” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 61–66, 2020.

[2] Rencana, “RINGKASAN EKSEKUTIF.”

[3] “RIRR 2021-2025 Universitas Raharja 5.0 Watermark V1”.

[4] N. F. Chikmawati, “PENGANGKATAN UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI KEBIJAKAN PERLINDUNGAN HUKUM DAN PEMBERDAYAAN,” Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, vol. 10, no. 1, pp. 1–19, 2022.

[5] “SALINAN Menimbang PRESIDEN REPUEL|K INDONESIA UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 11 TAHUN 2O2O.”

[6] M. Kusmadiani, J. Jenih, and T. Sugiarso, “PERANCANGAN APLIKASI LAYANAN E-KONSULTASI AKADEMIK KEMAHASISWAAN PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS RESPATI INDONESIA,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2021.

[7] H. I. Hakam, A. B. Malkan, J. Pratama, I. G. Husein, and S. Suryatiningsih, “Aplikasi Konsultasi Kesehatan Kulit Online Berbasis Website,” eProceedings of Applied Science, vol. 7, no. 5, 2021.

[8] E. S. Octaviani, Y. Sari, and E. Suhandono, “PERANCANGAN APLIKASI KONSULTASI ONLINE UNTUK GANGGUAN JIWA BERBASIS WEB,” Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, pp. 9–16, 2019.

[9] N. Upadhyay, M. Singh, M. Shrivastava, and A. Mishra, “Analysis And Comparison With Modern Software Development Approaches,” NVEO-NATURAL VOLATILES & ESSENTIAL OILS Journal| NVEO, pp. 7553–7559, 2021.

[10] Y. Nugraha, “Information System Development With Comparison of Waterfall and Prototyping Models,” JURNAL RISTEC: Research in Information Systems and Technology, vol. 1, no. 1, pp. 126–131, 2020.

[11] T. Pricillia, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD),” Jurnal Bangkit Indonesia, vol. 10, no. 1, pp. 6–12, 2021.

[12] N. Lutfiani, E. P. Harahap, Q. Aini, A. Ahmad, and U. Rahardja, “Inovasi Manajemen Proyek I-Learning Menggunakan Metode Agile Scrumban,” InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, vol. 5, no. 1, pp. 96–101, 2020.

[13] H. R. Suharno, N. Gunantara, and M. Sudarma, “Analisis penerapan metode scrum pada sistem informasi manajemen proyek dalam industri & organisasi digital,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 19, no. 2, p. 203, 2020.

[14] A. A. Kurniawan, “Analisis Performa Progressive Web Application (PWA) Pada Perangkat Mobile,” Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, vol. 25, no. 1, pp. 18–31, 2020.

[15] M. Z. Zahid, “Aplikasi berbasis android untuk pembelajaran: Potensi dan metode pengembangan,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2018, vol. 1, pp. 910–918.

[16] F. A. Nurdi and D. Tricahyono, “Pengaruh Faktor-Faktor Kesuksesan Agile System Development terhadap Efektifitas Pengembangan Produk Perangkat Lunak di PT XYZ dengan Menggunakan Metode Scrum,” Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 7, no. 1, pp. 1839–1853, 2022.

[17] S. R. Hartono, B. Praptono, and I. Y. Arini, “Perancangan Aplikasi Pencatatan Persediaan Gudang Berbasis Website Pada Cv. wahana Langgeng Sembada Dengan Metode Agile Scrum Development,” eProceedings of Engineering, vol. 8, no. 5, 2021.

[18] K. R. Yudistira, B. Praptono, and I. Y. Arini, “Perancangan Aplikasi Pencatatan Persediaan Gudang Pada Bengkel Muara Jaya Motor Dengan Menggunakan Metode Agile Scrum,” eProceedings of Engineering, vol. 8, no. 5, 2021.

Contributors

Admin, Muhamad Fabio