SI1514490205

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA



SKRIPSI





Disusun Oleh :

NIM : 1514490205

NAMA : IRMA KURNIA JULIANY


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA (2019/2020)




UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA


Disusun Oleh :

NIM
: 1514490205
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata Satu
Program Studi
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Sistem Informasi
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
NIP : 000603
       
NIP : 060003



UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1514490205
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dann Teknologi

Program Studi Sistem Informasi

Konsentrasi Komputer Akuntansi

Tahun Akademik 2019/2020


Disetujui Oleh :

Tangerang, Juli 2019

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Sri Rahayu, ST,. MMSI
   
(Erna Astriyani, S. Kom,. M.T.I)
NID : 08182
   
NID : 15017




UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA


Dibuat Oleh :

NIM
: 1514490205
Nama

 

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dann Teknologi

Program Studi Sistem Informasi

Konsentrasi Komputer Akuntansi

Tahun Akademik 2019/2020


Disetujui Penguji :

Tangerang,

Ketua Penguji
   
Penguji I
   
Penguji II
       
       
       
       
(_____________)
   
(_____________)
   
(_____________)
NID :
   
NID :
   
NID :




UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI

BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA


Disusun Oleh :

NIM
: 1514490205
Nama
Program Pendidikan
: Strata Satu
Program Studi
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Komputer Akuntansi

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab. Serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Juli 2019

|-

 
 
NIM : 1514490205

 

)*Tanda tangan dibubuhi materai 6.000;




ABSTRAKSI

PT BIMASAKTI KARYAPRIMA merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sepatu dengan brand “Sepatu FANS Indonesia”. Produksi merupakan proses inti dalam perusahaan manufaktur. Dan perusahaan tentu perlu mempunyai informasi berapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan saat akan melakukan produksi per-periodenya. Dalam mencapai hal itu, Sistem yang lama belum sepenuhnya dapat membantu. Dikarenakan pembuatan Consumption Sheet pada proses perincian material dan proses costing sepatu berada pada dua perangkat yang berbeda sistem operasi. Sehingga, perlu pengetikkan ulang data-data pada Consumption Sheet agar dapat melakukan costing dan penentuan biaya produksi. Karena saat ini belum memiliki database, melakukan perbaruan atau revisi data cukup sulit. Mengganti satu persatu di tiap sheet-nya. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu merancang Aplikasi Informasi Biaya Produksi berbasis website, membuat database yang sesuai kebutuhan perusahaan yang mempermudah dalam pengelolaan data biaya produksi. Dan manfaat penelitian ini untuk memberikan informasi biaya produksi sepatu pada perusahaan, mempermudah melakukan input, update, dan proses data-data dalam pembuatan projek, dan mengurangi penggunaan kertas cetak. Metode penelitian yang digunakan ialah metode pengumpulan data, metode analisis PIECES (Performance, Information, Efficiency, Control, Eco¬nomy, Service), metode Requirement Elisitasi untuk mengetahui kebutuhan sistem yang terbagi menjadi 4 tahap, metode perancangan dengan UML Diagram, dan metode pengujian sistem dengan Blackbox testing. Hasil yang didapat dari penelitian ini ialah sebuah sistem aplikasi informasi biaya yang membantu perusahaan dalam mengelola data-data. Mulai dari penentuan spesifikasi komponen dan material produksi sepatu hingga sampai ke proses costing dimana akan didapatkan total biaya sepasang sepatu tiap modelnya. Sistem ini juga memiliki fitur catatan revisi, approval project, dan dapat menghitung kebutuhan biaya produksi dalam periodenya.

Kata Kunci: Biaya Produksi, Sepatu, website


ABSTRACT


PT BIMASAKTI KARYAPRIMA is a manufacturing company that produces shoes under the brand “Sepatu FANS Indonesia”. Production is a core process in manufacturing companies. In the production process, of course there are costs incurred, and the company certainly needs to have information on how much costs need to be incurred when going to do production per period. To achieve that thing, the existing system is not reliable yet. This was because in a making of Consumption Sheet and Costing process are in separated device and System Operation. Thus, it is necessary to retype the data(s) on the Consumption Sheet. The system has not have a database. Therefore, the purpose of this study is to design a website-based production cost information application, creating a database that fits the needs of the company that facilitates the management of production cost data. Where from this goal has the benefit of providing information on the cost of producing shoes for the company, making it easier to input, update, and process data in making projects, and reduce the use of printed paper. The research method used is data collection method, PIECES analysis method (Performance, Information, Efficiency, Control, Economy, Service), Requirement Elicitation method to determine the system requirements which are divided into 4 (four) stages, design methods with UML diagrams, and testing methods system with Black-box testing. The results obtained from this study are a cost information application system that helps companies manage data. Starting from determining the specifications of the components and material of shoe production to the costing process where a total cost of a pair of shoes will be obtained for each model. This system also has a revision note feature, project approval, and can calculate production costs on a large scale.

Keywords: Cost production, shoes, website




KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan judul “RANCANG BANGUN APLIKASI INFORMASI BIAYA PRODUKSI BERBASIS WEB PADA PT BIMASAKTI KARYAPRIMA”.

Tujuan penulisan laporan Skripsi ini disusun adalah sebagai salah satu syarat guna melengkapi kurikulum perkuliahan dan mengikuti Skripsi. Sebagai bahan penulisan, penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa Skripsi ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu tidak menutup kemungkinan isinya masih terdapat berbagai kekurangan dan kelemahan. Kritik dan saran sangat diterima agar kesalahan demi kesalahan tidak terulang lagi.

Namun demikian berkat adanya bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, akhirnya Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Untuk itu pada kesempatan kali ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya terutama kepada:

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M. Si selaku Rektor Universitas Raharja
  2. Bapak Dr. Henderi, S. Kom., M. Kom selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja
  3. Bapak Padeli, M. Kom selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja
  4. Ibu Euis Sitinur Aisyah M. Kom. selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi Universitas Raharja
  5. Ibu Sri Rahayu ST., MMSI. Selaku Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan banyak masukan kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan.
  6. Ibu Erna Astriyani S. Kom., M.T.I. selaku Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan banyak masukan yang mendukung kepada penulis sehingga skripsi ini dapat diselesaikan
  7. Seluruh Dosen Universitas Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis
  8. Ibu Kartika selaku stakeholder pada PT BIMASAKTI KARYAPRIMA yang telah banyak membantu penulis dalam proses penelitian skripsi ini
  9. Kedua Orang tua penulis yang selalu mendoakan, dan memberikan dukungan baik materi maupun moral, serta seluruh keluarga besar penulis yang telah memberikan dukungan dan doanya
  10. Kepada seluruh anggota HMJ KOMASI Raharja dan kepada rekan-rekan seperjuangan; Miatri, Yuni, Deby yang saling mendukung dan membantu dalam penyusunan Skripsi ini
  11. Kepada Alfinsa yang selalu menyemangati dan memberi dukungan bagi penulis

Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan pembaca pada umumnya. Aamiin.

  
Tangerang, Juli 2019
   
(Irma Kurnia Juliany)
NIM : 1514490205




DAFTAR GAMBAR

  1. Gambar 3.1 Struktur Organisasi Sman 17 Kabupaten Tangerang
  2. Gambar 3.2 Use Case Diagram Proses Pengisian Raport
  3. Gambar 3.3 Sequence Diagram Proses Pengisian Raport
  4. Gambar 3.4 Activity Diagram Proses Pengisian Raport
  5. Gambar 4.1 Use Case Diagram Admin
  6. Gambar 4.2 Use Case Diagram Siswa
  7. Gambar 4.3 Sequence Diagram Admin Mengolah Data Eskul
  8. Gambar 4.4 Sequence Diagram Logout
  9. Gambar 4.5 Sequence Diagram Siswa Login
  10. Gambar 4.6 Sequence Diagram Siswa
  11. Gambar 4.7 Sequence Diagram Transkip Nilai
  12. Gambar 4.8 Sequence Diagram Siswa Logout
  13. Gambar 4.9 Activity Diagram Login
  14. Gambar 4.10 Activity Diagram Data Siswa
  15. Gambar 4.11 Activity Diagram Laporan Nilai
  16. Gambar 4.12 Activity Diagram Logout
  17. Gambar 4.13 Class Diagram Yang Diusulkan
  18. Gambar 4.14 Gambar Tampilan Login
  19. Gambar 4.15 Gambar Tampilan Home
  20. Gambar 4.16 Gambar Tampilan Input Data Siswa
  21. Gambar 4.17 Gambar Tampilan Input Data Guru
  22. Gambar 4.18 Gambar Tampilan Input Nilai
  23. Gambar 4.19 Gambar Tampilan Lihat Raport
  24. Gambar 4.29 Gambar Tampilan Raport

DAFTAR TABEL

  1. Tabel 3.1 Analisis SWOT Sistem Berjalan
  2. Tabel 3.2 Elisitasi Tahap I
  3. Tabel 3.3 Elisitasi Tahap 1I
  4. Tabel 3.4 Elisitasi Tahap II
  5. Tabel 3.5 Draf Final Elisitasi
  6. Tabel 4.1 Tabel User
  7. Tabel 4.2 Tabel Siswa
  8. Tabel 4.3 Tabel Guru
  9. Tabel 4.4 Tabel Kelas
  10. Tabel 4.5 Tabel Profil Sekolah
  11. Tabel 4.6 Tabel Mapel
  12. Tabel 4.7 Tabel Nilai Mapel
  13. Tabel 4.8 Tabel KKM
  14. Tabel 4.9 Tabel Prestasi
  15. Tabel 4.10 Tabel Eskul
  16. Tabel 4.11 Tabel Implementasi

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL CLASS DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL SEQUANCE DIAGRAM


BAB I

PENDAHULUAN


Latar Belakang

Untuk meningkatkan pengetahuan pendidikan beserta elemennya, tentu itu tidak terlepas dari penggunaan teknologi komputer sebagai salah satu media yang sangat banyak memberikan manfaat.

SMAN 17 Kabupaten Tangerang adalah sebagai lembaga pendidikan yang formal, merupakan salah satu komponen yang ikut bertanggung jawab untuk mencerdaskan anak bangsa serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional secara umum dan tujuan pendidikan sekolah secara internal.

Proses pembuatan raport di SMAN 17 Kabupaten Tangerang pada saat ini masih manual. Mulai dari penilaian dan pengolahan nilai raport diawali dengan tahapan pada saat guru dari masing-masing bidang mata pelajaran menyerahkan nilai kepada wali kelas, kemudian wali kelas membuat rekap nilai dari masing-masing mata pelajaran, selanjutnya wali kelas akan memasukkan nilai pada raport dan menyerahkannya kepada tata usaha untuk di cetak. Dimana nilai tersebuat akan menjadi nilai akademik pada sebuah buku laporan hasil perkembangan siswa dan diserahkan kepada wali murid. Sistem diatas masih banyak kekurangan karna masih banyak tugas, serta proses penilaian dan pengolahan data yang masih manual dimana metode proses penilaian raport belum memanfaatkan sistem aplikasi yang komputerisasi. Oleh karna itu proses penilaian siswa menjadi sangat lambat, serta terdapat peluang kesalahan dalam pengolahan nilai raport.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dari itu peneliti akan merancang dan membuat aplikasi dengan judul penelitian “APLIKASI RAPORT ONLINE BERBASIS WEBSITE PADA SMAN 17 KABUPATEN TANGERANG”.


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana sistem pembuatan raport pada SMAN 17 Kabupaten Tangerang yang berjalan saat ini ?
  2. Apa saja kendala yang terjadi pada sistem pembuatan raport di SMAN 17 Kabupaten Tangerang ?
  3. Bagaimana merancang sistem raport berbasis website yang dibutuhkan oleh SMAN 17 Kabupaten Tangerang ?


Ruang Lingkup (Batasan Masalah)

Masalah yang akan dibahas dalam penelitian pada pembuatan raport mulai dari penginputan nilai sampai ditulis dibuku raport.


Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui sistem pembuatan raport pada SMAN 17 Kabupaten Tangerang.
  2. Untuk mengetahui kendala yang terjadi saat pembuatan raport pada SMAN 17 Kabupaten Tangerang
  3. Menganalisa dan mengaplikasikan raport berbasis website pada SMAN 17 Kabupaten Tangerang agar lebih teratur.


Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini:

  1. Untuk membantu pihak Sekolah, baik guru maupun wali kelas dalam membuat laporan pada SMAN 17 Kabupaten Tangerang.
  2. Untuk menyelesaikan kendala dalam pembuatan raport pada SMAN 17 Kab. Tangerang.
  3. 3. Untuk meningkatkan mutu kualitas SMAN 17 Kabupaten Tangerang dalam melakukan penilaian.


Metodologi Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Dalam penulisan skripsi diperlukan suatu metologi untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut:

  1. Observasi

    Merupakan cara pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung ke SMAN 17 Kabupaten Tangerang dengan cara mengumpulkan data serta informasi.

  2. Wawancara

    Dilakukannya proses tanya jawab kepada guru atau staff SMAN 17 Kabupaten Tangerang yaitu Maria Imakulata Diaz, S.Pd selaku kurikulum SMAN 17 Kabupaten Tangerang

  3. Metode Studi Pustaka

    Studi pustaka merupakn metode pengumpulan data yang bersifat sekunder, data-data tersebut berasal dari buku-buku dan internet yang berhubungan dengan laporan ini.

Metode Analisa

Pada penelitian ini menggunakan metode analisa yakni dengan menganalisa data yang ada agar mendapatkan hasil akhir yang berguna. Dalam metode analisa ini dilakukan melalui 4 (empat) tahap yaitu:

  1. Identify, mengidentifikasi masalah.
  2. Understand, memahami sistem yang ada.
  3. Analize, menganalisa sistem.
  4. Report, membuat laporan hasil analisa.


Metode Perancangan Sistem

Metode perancangan yang digunakan, yang berorientasi objek melalui tahapan pembuatan dengan menggunakan sistem yang berjalan menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan Enterprise Architect. Program yang digunakan dalam membuat sistem yaitu menggunakan bahasa pemrograman PHP , Mysql sebagai database dan Adobe Dreamweaver CS6 sebagai interface aplikasi untuk mendesain tampilan sistem.


Metode Pengujian Sistem

Metode ini merupakan bagian akhir dalam pembuatan sistem yang akan dibuat. Tahapan yang akan dilakukan untuk menguji fungsi dari semua opsi dalam sistem yang telah dbuat agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.


Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan dari laporan Skripsi ini adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Bab I menjelaskan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat penulisan, metode penelitian, metode perancangan dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab II menjelaskan tentang teori dan definisi penganalisaan yang berkaitan dengan penelitian serta literature review untuk mendukung penelitian.

BAB III PEMBAHASAN

Bab III menjelaskan tentang sejarah SMAN 17 Kabupaten Tangerang, struktur organisasi, visi dan misi serta tata laksanasistem yang berjalan.

BAB IV HASIL PENELITIAN

Bab IV berisi tentang perancangan sistem yang diusulkan, diagram sistem yang diusulkan, pengoperasian dan implementasi sistem yang dibuat.

BAB V PENUTUP

Bab V merupakan bagian penutup yang berisikan kesimpulan dari hasil penelitian dan saran yang dapat diberikan agar permasalahan yang dihadapi dapat seselai dengan baik.


BAB II

LANDASAN TEORI

TEORI UMUM

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

Fat dalam Hutahaean (2014:1), [1],Sistem adalah suatu himpunan suatu ‘benda nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan berketergantunngan, saling mendukung secara keseluruhan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.

Indrajit dalam Hutahaen (2014:1)[1], mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Sistem menurut Murdick, R.G dalam Hutahaen (2014:2)[1], suatu sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau procedure-procedure/bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan tertentu.

Karakteristik Sistem

Menurut Hutahaen (2014:3-5)[1], Suatu sistem mempunyai karakteristik sistem, karakteristik sistem tersebut antara lain:

  1. Komponen

    Suatu sistem terdiri dari komponen-kompponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan, komponen sistem terdiri dari komponen yang berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem.

  2. Batasan Sistem

    Batasan sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan, batasan suatu sistem menunjukan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.

  3. Lingkungan Luar Sistem (Environment)

    Lingkungan luar sistem (environment) adalah diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan dapat bersifat menguntungan yang harus tetap dijaga dan yang merugikan harus dijaga dan dikendalikan, kalau tidak makan akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.

  4. Penghubung Sistem (Interface)

    Penghubung sistem merupakan media penghung antara sati subsistem dengan subsistem lainnya, melalui penghung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari subsistem ke subsistem lain. Keluaran (Output) dari subsistem akan menjadi masukkan (Input) untuk subsistem lain melalui penghubung.

  5. Masukkan Sistem (Input)

    Masukkan adalah energi yang dimasukkan kedalam sistem, yang dpat berupa perawatan (Maintenace Input), dan masukkan sinyal (Signal Input). Maintenace input adalah energi yang dimasukkan agar sistem dapat beroperasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan dikeluarkan. Contoh dalam sistem computer program adalah maintenace input sedangkan data adalah signal input untuk diolah menjadi infromasi.

  6. Keluaran Sistem (Output)

    Keluaran sistem adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran dan sisa pembuangan. Contoh komputer menghasikan panas yang merupakan sisa pembuangan, sedangkan informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.

  7. Pengolah Sistem

    Suatu sistem menjadi bagian pengolah yang akan merubah masukkan menjadi keluaran, sistem produksi akan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, sistem akuntasi akan mengolah data menjadi laporan-laporan keuangan.

  8. Sasaran Sistem

    Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (Goal) atau sasaran (Objective), sasaran dari sistem sangan menentukan input yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasikan sistem.

Klasifikasi Sistem

Menurut Hutahaean (2015:6-7)[2], Sistem dapat diklasifikasikan dalam beberapa sudut pandang :

  1. Klasifikasi Sistem Sebagai :
    1. Sistem Abstrak (Abstract System)

      Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikliran-pemikiran atau yang tidak tampak secara fisik.

    2. Sistem Fisik (Physical System)

      Sistem fisik adalah sistem yang ada secara fisik.

  2. Sistem diklasifikasikan sebagai :
    1. Sistem Alamiah (Natural System)

      Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak di buat oleh manusia. Misalnya sistem perputaran bumi.

    2. Sistem Buatan Manusia (Human Made System)

      Sistem buatan manusia adalah sistem yang dibuat oleh manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin (human machine system)

  3. Sistem diklasifikasikan sebagai :
    1. Sistem Tertentu (Deterministicl System)

      Sistem tertentu adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, sebagai keluaran sistem yang dapat diramalkan.

    2. Sistem Tak Tentu (Probabilistic System)

      Sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat dipredksi karena mengandung unsur probabilistic.

  4. Sistem diklasifikasikan sebagai :
    1. Sistem Tertutup (Close System)

      Sistem tertutup adalah sistem yang tidak terpengaruh dan tidak berhubungan dengan lingkungan luar, sistem bekerja otomatis tanpa ada turut campur lingkungan luar. Secara teoritis sistem tertutup ini ada, kenyataannya tidak ada sistem yang benar-benar tertutup, yang ada hanya relatively closed system.

    2. Sistem Terbuka (Open System)

      Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima input dan ouput dari lingkungan luar atau subsistem lainnya. Karena sistem terbuka terpengaruh lingkungan luar maka harus mempunyai pengendali yang baik.

Konsep Dasar Sistem Informasi

Defisini Sistem Informasi

Menurut Abdul Kadir dalam bukunya “Pengenalan Sistem Informasi” (2014:8)[3], “Sistem informasi mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja) ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi) dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran”.

Hutahaean, (2015: 13)[2], “Sistem informasi adalah suatu sistem didalarn suatu organisasi yang memperternukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dan suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan”

Menurut Pryio Sutopo, dkk (2016:24) mengutip dari Siregar[4], “Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualtas dan dipergunakan unutk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sistem Informasi yang akurat dan efektif.”

Komponen Sistem Informasi

Jeperson Hutahaean (2014:13)[1], mengemukakan bahwa “Sistem informasi terdiri dari komponen - komponen yang disebut blok bangunan (Building Block), yang terdiri dari blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data, dan blok kendali. Sebagai suatu sistem, keenam blok bangunan tersebut masing-masing saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran”. Blok bangunan itu terdiri dari :

  1. Blok Masukan (Input Block)

    Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

  2. Blok Model (Model Block)

    Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.

  3. Blok Keluaran (Output Block)

    Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.

  4. Blok Teknologi (Technology Block)

    Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Blok teknologi terdiri dari teknisi (Humanware atau Brainware), perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware).

  5. Blok Basis Data (Database Block)

    Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

  6. Blok Kendali (Controls Block)

    Banyak faktor yang dapat merusak sistem informasi, misalnya bencana alam, api, temperature tinggi, air, debu, kecurangan-kecurangan, kejanggalan sistem itu sendiri, kesalahan-kesalahan ketidakefisienan, sabotase dan sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung di atasi.

Konsep Dasar Aplikasi

Definisi Aplikasi

Menurut Meta Amalya Dewi dkk (2014:330)[5], “Aplikasi adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi front end dalam sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah data menjadi suatu informasi yang berguna orang-orang dan sistem yang bersangkutan.”

Menurut Meta Amalya Dewi dkk (2014:330)[5], mengutip dari Dhanta “Aplikasi (application) adalah software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugastugas tertentu, misalnya Microsoft Word, Microsoft Excel.

Menurut Hasanah Abdurahman dan Asep Ririh Riswaya (2014:62), menutip dari Jogiyanto[6], menutip dari Jogiyanto “Aplikasi adalah Penggunaan dalam suatu komputer, intruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemeikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

Konsep Dasar Program

Definisi Program

Menurut Andri Sulistyo (2017:53), mengutip dari Widoyoko[7], “serangkaian kegiatan yang direncanakan dengan seksama dan dalam pelaksanaannya berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan orang banyak”.

Menurut Rita Irviani dan Rossi Oktaviana (2017:64) mengutip dari Kadir[8], “program yang di buat oleh pemakai yang di tujukan untuk melakukan suatu tugas khusus. Program seperti ini biasa dikelompokkan menjadi dua, yaitu program aplikasi serbaguna dan program spesifik.”

Konsep Dasar Website

Definisi Website

Menurut M. Suhartanto (2017:2)[9], ”Website adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, suara, animasi, video) didalamnya yang menggunakan protokol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dan untuk mengaksesnya mengunakan perangkat lunak yang disebut browser.”

Menurut Menurut Priyo Sutopo, dkk (2016:25)[10], “web merupakan terobosan baru sebagai teknologi sistem informasi yang menghubungkan data dari banyak sumber dan layanan yang beragam macamnya di internet, karena kemudahan yang diberikan kepada pengguna internet untuk melakukan penelusuran, penjelajahan, dan pencarian informasi.”

Menurut Rulia Puji Hastati dkk (2015:1)[11], Website merupakan kumpulan halamanhalaman yang berisi informasi yang disimpan diinternet yang bisa diakses atau dilihat melalui jaringan internet pada perangkatperangkat yang bisa mengakses internet itu sendiri seperti komputer.”

TEORI KHUSUS

Konsep Dasar Raport dan Online

Definisi Raport


DAFTAR PUSTAKA

  1. 1,0 1,1 1,2 1,3 1,4 Hutahaen, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
  2. 2,0 2,1 Hutahaean, Jeperson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Deepublish.
  3. Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi.
  4. Sitopo Priyo, D. C. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 11 No 1.
  5. 5,0 5,1 Amalya, M. D. (2014). APLIKASI REKAPITULASI ELEKTRONIK ABSENSI GURU & PEGAWAI. SENTIKA, ISSN: 2089-9813.
  6. Amalya, M. D. (2014). APLIKASI REKAPITULASI ELEKTRONIK ABSENSI GURU & PEGAWAI. SENTIKA, ISSN: 2089-9813.
  7. Sulistyo, A. (2017). EVALUASI PROGRAM BUDAYA MEMBACA DI SEKOLAH. jurnal kelola, ISSN 2549-9661. Volume: 4, No. 1.
  8. Irviani, R. d. (2017). aplikasi perpustakaan pada SMAN 1 kelumbayan barat menggunakan Visual basic. Jurnal TAM (technology acceptance model), vol 8 no 1. p-ISSN : 2339-1103 e-ISSN : 2579-4221.
  9. Irviani, R. d. (2017). aplikasi perpustakaan pada SMAN 1 kelumbayan barat menggunakan Visual basic. Jurnal TAM (technology acceptance model), vol 8 no 1. p-ISSN : 2339-1103 e-ISSN : 2579-4221.
  10. Sitopo Priyo, D. C. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 11 No 1.
  11. Sitopo Priyo, D. C. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 11 No 1.


LAMPIRAN

Contributors

Admin, Irma Kurnia Juliany