SI1522489651

Dari widuri
Revisi per 2 Agustus 2019 14.16 oleh Fahrul (bicara | kontrib)


Lompat ke: navigasi, cari

 

RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN

DAN MINUMAN BERBASIS WEB PADA PLATINUM

RESTO SUPERMALL KARAWACI

 


SKRIPSI



Disusun Oleh :

NIM
: 1522489651
NAMA


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI SOFTWARE ENGINEERING

UNIVERSITAS RAHARJA

TANGERANG

TA. 2018/2019


UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI


RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN

DAN MINUMAN BERBASIS WEB PADA PLATINUM

RESTO SUPERMALL KARAWACI

Disusun Oleh :


NIM
: 1522489651
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering


Disahkan Oleh :

Tangerang, 2019


Rektor
       
Ketua Program Studi
Universitas Raharja
       
Program Studi Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si)
       
(Ruli Supriati, S.Kom, M.T.I )
NIP : 000063
       
NIP : 073009



UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN

DAN MINUMAN BERBASIS WEB PADA PLATINUM

RESTO SUPERMALL KARAWACI


Dibuat Oleh :

NIM
: 1522489651
Nama

Telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

Disetujui Oleh :


Pembimbing I
 
Pembimbing II
         
         
         
         
(Denny Andwiyan, S.T., M.T.)
 
(Sugeng Santoso, M.Kom)
NID : 05072
 
NID : 03009

UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN

DAN MINUMAN BERBASIS WEB PADA PLATINUM

RESTO SUPERMALL KARAWACI

Disusun Oleh :

NIM
: 1522489651
Nama


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Fakultas Sains dan Teknologi

Program Studi Teknik Informatika

Konsentrasi Software Engineering

TA. 2018/2019


Disetujui Penguji :

Tangerang, September 2019


Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :__________
 
NID :__________
 
NID :__________


UNIVERSITAS RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN

DAN MINUMAN BERBASIS WEB PADA PLATINUM

RESTO SUPERMALL KARAWACI

Dibuat Oleh :

NIM
: 1522489651
Nama
Fakultas
: Sains dan Teknologi
Program Pendidikan
: Strata 1
Program Studi
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Software Engineering


Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana baik di lingkungan Universitas Raharja maupun di Universitas lain serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 2019
FAHRUL
NIM. 1522489651

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAK

Proses pemesanan makanan dan minuman pada sebuah restoran adalah hal yang penting dalam bisnis restoran. Proses pemesanan menu yang cepat dan mudah akan menjadi daya tarik sendiri untuk sebuah restoran. Pada umumnya beberapa restoran masih menggunakan sistem pemesanan menu secara manual mulai dari mencatat daftar pesanan di kertas, memberikan catatan daftar pesanan ke bagian dapur sampai proses pembayaran. Pada Platinum Resto ada beberapa masalah yang terjadi terutama jika keadaan restoran sedang ramai. Para waiter disibukkan dengan para customer yang ingin meminta buku menu, melakukan pemesanan menu sampai ingin meminta bill tagihan, karena proses pemesanan masih bersifat manual. Dalam penelitian ini ada beberapa metode yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, studi pustaka untuk metode pengumpulan data. Metode analisis menggunakan Analisi SWOT, metode UML (Unified Modelling Languange) untuk metode perancangan sistem dan menggunakan metode Black box testing untuk pengujian sistem. Adapun hasil dari penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pemesanan makanan dan minuman berbasi web yang diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah yang terjadi.

Kata Kunci: Pemesanan, Aplikasi, Restoran, Berbasis web


ABSTRACT

The process of ordering food and drinks at a restaurant is important in the restaurant business. The process of ordering a menu that is fast and easy will be your own attraction for a restaurant. In general, some restaurants still use the menu ordering system manually starting from registering a list of orders on paper, giving a list of orders to the kitchen until the payment process. At Platinum Resto there are several problems that occur especially if the restaurant is crowded. The waiters are preoccupied with customers who want to request a menu book, order a menu until they want to ask for a bill, because the order process is still manual. In this study there are several methods used, among others, the method of interview, observation, literature study for data collection methods. The analytical method uses SWOT Analysis, the UML (Unified Modelling Language) method for system design methods and uses the Black box testing method for system testing. The results of this study produce a web-based food and beverage ordering system that is expected to provide solutions to problems that occur.

Keywords : Ordering, Applications, Restaurants, Web-based


KATA PENGANTAR


Alhamdulillah, puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul "RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN BERBASIS WEB PADA PLATINUM RESTO SUPERMALL KARAWACI”

Tujuan penulisan Laporan Skripsi ini adalah sebagai syarat dalam menyelesaikan Program Pendidikan Strata 1 Program Studi Teknik Informatika pada Universitas Raharja.

Penulis menyadari bahwa tanpa adanya bimbingan dan dorongan dari banyak pihak penulis tidak akan dapat menyelesaikan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini pula penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :

Pada kesempatan ini, peneliti ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihakyang telah membantu serta mendukung peneliti dalam menyelesaikan laporan penelitian ini, diantaranya :

  1. Bapak Dr. Po. Abas Sunarya, M.Si selaku Rektor Universitas Raharja.
  2. Bapak Dr. Henderi, S.Kom., M.Kom. selaku Dekan Fakultas Universitas Raharja.
  3. Bapak Padeli, M.Kom selaku Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Raharja.
  4. Ibu Ruli Supriati, S.Kom,. M,T,I. selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika.
  5. Bapak Denny Andwiyan, S.T., M.T. sebagai Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik.
  6. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom. sebagai Dosen Pembimbing II yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan dan motivasi kepada penulis.
  7. Bapak Irfan Mawardo selaku stakeholder yang telah memberikan kontribusi besar di dalam lancarnya proses penelitin skripsi ini.
  8. Bapak dan Ibu Dosen serta Staff Universitas Raharja yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan motivasi kepada penulis.
  9. Orang tua beserta keluarga tercinta yang telah memberikan doa, dukungan moril maupun materil sehingga Skripsi ini apat terselesaikan dengan baik
  10. Teman - teman seperjuangan yang selalu ada dan memberikan semangat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga Laporan ini bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan.


Tangerang, 18 Juli 2019
FAHRUL
NIM. 1522489651


DAFTAR GAMBAR


Gambar 3.1 Struktur Organisasi Platinum Resto
Gambar 3.2 Use case diagram sistem yang berjalan
Gambar 3.3 Activity diagram sistem yang berjalan
Gambar 3.4 Sequence diagram sistem yang diusulkan
Gambar 4.1 Use case diagram sistem yang diusulkan
Gambar 4.2 Activity diagram sistem yang diusulkan
Gambar 4.3 Sequence diagram sistem yang diusulkan
Gambar 4.4 Class diagram sistem yang diusulkan
Gambar 4.5 Tampilan Prototype Home
Gambar 4.6 Tampilan Prototype Halaman Reservasi Meja
Gambar 4.7 Tampilan prototype Daftar Menu Foods
Gambar 4.8 Tampilan prototype Daftar Menu Drinks
Gambar 4.9 Tampilan prototype Daftar Menu Appetizer
Gambar 4.10 Tampilan keranjang Belanja
Gambar 4.11 Tampilan Homepage
Gambar 4.12 Tampilan Daftar Menu Foods
Gambar 4.13 Tampilan Daftar Menu Drinks
Gambar 4.14 Tampilan Daftar Menu Appetizer
Gambar 4.15 Tampilan About Us
Gambar 4.16 Tampilan Contact Us
Gambar 4.17 Tampilan Form Login User
Gambar 4.18 Tampilan Form Register User

DAFTAR TABEL


Tabel 3.1 Analisis SWOT Sistem Berjalan
Tabel 3.2 Elisitasi Tahap I
Tabel 3.3 Elisitasi Tahap II
Tabel 3.4 Elisitasi Tahap III
Tabel 3.5 Final Draft Elisitasi
Tabel 4.1 Perbedaan prosedur sistem yang berjalan dan sistem usulan
Tabel 4.2 Spesifikasi tabel user
Tabel 4.3 Spesifikasi tabel menu
Tabel 4.4 Spesifikasi tabel kategori menu
Tabel 4.5 Spesifikasi tabel pemesanan
Tabel 4.6 Spesifikasi tabel pemesanan menu
Tabel 4.7 Spesifikasi tabel pembayaran
Tabel 4.8 Black Box Testing
Tabel 4.9 Time Schedule
Tabel 4.10 Estimasi Biaya

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

DAFTAR SIMBOL CLASS DIAGRAM



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Teknologi informasi saat ini berkembang dengan cepat, dari tahun ke tahun selalu ada inovasi dan pengembangan dari teknologi terdahulu. Perkembangan teknologi informasi juga merambah bisnis kuliner. Banyak restoran yang melakukan inovasi pelayanan guna bersaing dengan restoran lain dan meningkatkan jumlah customer. Pada umumnya beberapa restoran masih menggunakan sistem pemesanan menu secara manual mulai dari mencatat daftar pesanan di kertas, memberikan catatan daftar pesanan ke bagian dapur sampai proses pembayaran.

Pada Platinum Resto Supermall Karawaci ada beberapa masalah yang terjadi dari sisi pelayanan antara lain, buku menu yang harus diantarkan oleh waiter kepada setiap customer yang datang. Buku menu yang harus diantarkan ini menjadi masalah jika restoran dalam keadaan ramai, terutama diakhir pekan atau hari libur yang bisa mencapai 600-800 orang. Hal itu karena waiter sibuk melayani customer yang ingin melakukan proses pemesanan menu, mengantar pesanan atau meminta bill tagihan. Untuk melakukan proses pemesanan customer harus memanggil waiter guna mencatat daftar pesanan dan melakukan konfirmasi pesanan dengan membacakan ulang daftar pesanan. Customer juga harus memanggil kembali waiter untuk meminta bill tagihan sebelum melakukan pembayaran. Dari proses pemesanan menu sampai proses pembayaran diatas dirasa kurang efektif dan efisien karena harus membuat customer menunggu untuk dilayani.

Dari uraian diatas, maka penelitian ini dilakukan guna mengatasi beberapa masalah yang terjadi dengan cara membuat aplikasi pemesanan menu berbasis web. Maka dari itu penulis mengambil judul untuk laporan Skripsi ini yaitu dengan judul “RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN BERBASIS WEB PADA PLATINUM RESTO SUPERMALL KARAWACI”.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah diatas, maka dapat di uraikan rumusan masalah, antara lain:

  1. Bagaimana sistem pemesanan menu yang berjalan saat ini?
  2. Bagaimana merancang sebuah aplikasi pemesanan menu berbasis web pada Platinum Resto Supermall Karawaci?
  3. Apakah aplikasi pemesanan menu berbasis web dapat mempecepat proses pemesanan menu?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar dalam pembahasan masalah menjadi terarah dan berjalan baik maka perlu adanya ruang lingkup penelitian yang akan dibahas, antara lain: penelitian ini mengambil studi kasus pada Platinum Resto Supermall Karawaci, aplikasi pemesanan menu dibuat berbasis web, peneliti membahas mengenai proses pemesanan menu mulai dari pemilihan menu, bill tagihan, pembayaran, sampai pembuatan laporan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian skripsi ini, antara lain:

  1. Tujuan Operasional
    1. Merancang sebuah aplikasi pemesanan menu berbasis web agar proses pemesanan lebih efisien.
    2. Menganalisa dan memecahkan masalah yang terjadi pada sistem pemesanan menu yang berjalan saat ini.
  2. Tujuan Fungsional
    1. Untuk memudahkan customer melakukan pemesanan menu.
    2. Mempersingkat proses pemesanan menu agar lebih efesien.
  3. Tujuan Individual
    1. Sebagai syarat kelulusan jenjang Strata Satu (S1) di Universitas Raharja.
    2. Menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama perkulihan.
    3. Untuk mendapatkan pengalaman dalam merancang sebuah aplikasi pemesanan menu berbasis web.

Manfaat Penelitian

  1. Bagi Peneliti
    1. Memberikan pengalaman kepada peneliti tentang cara merancang sebuah aplikasi pemesanan menu berbasis web.
    2. Meningkatkan kemampuan menganalisis dan memecahkan sebuah masalah.
  2. Bagi Platinum Resto Supermall Karawaci
    1. Agar Platinum Resto memiliki sebuah aplikasi pemesanan menu yang memudahkan proses pemesanan menu.
    2. Memudahkan manajer restoran untuk mengakses laporan penjualan.
    3. Meringankan pekerjaan waiter melayani customer, terutama ketika restoran dalam keadaan ramai.
  3. Bagi Universitas Raharja
    1. Menciptakan mahasiswa yang dapat mengimplementasikan hasil belajar selama perkulihan di tempat penelitian.
    2. Menjadi referensi bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian selanjutnya.

Metodologi Penelitian

Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data yang digunakan penulis, antara lain:

  • Metode Observasi (Pengamatan)

      Metode ini dilakukan penulis dengan cara melakukan pengamatan langsung ke Platinum Resto. Disini penulis melakukan pengamatan bagaimana sistem pemesanan menu yang berjalan, mulai dari cara pemesanan, pencatatan menu, sampai proses pembayaran.

  • Metode Wawancara

      Metode ini dilakukan penulis dengan cara melakukan wawancara secara langsung dengan stakeholder yaitu manajer restoran, karyawan restoran dan customer untuk mendapatkan data dan informasi mengenai sistem pemesanan menu yang berjalan.

  • Metode Studi Pustaka

      Studi pustaka adalah metode pengumpulan data yang di arahkan kepada pencarian data dan informasi melalui berbagai buku referensi. Metode studi kepustakaan dilakukan untuk menunjang metode wawancara dan observasi yang telah dilakukan.

    Metode Pengumpulan Data

  • Metode Wawancara

      Pada penelitian ini, penulis melakukan wawancara kepada pihak perusahaan yaitu pada bagian marketing yang terkait untuk mengetahui bagaimana sistem penjualan barang yang dilakukan oleh PT. Arai Rubber Seal Indonesia serta kebutuhan-kebutuhan yang di perlukan dalam sistem penjualan yang telah ada sekarang.

  • Metode Observasi

      Observasi adalah metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dan untuk mendapatkan hal-hal yang diperlukan untuk proses penelitian dengan cara mengadakan pengamatan langsung ke PT. Arai Rubber Seal Indonesia terhadap suatu objek serta melakukan pencatatan langsung secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati.

  • Metode Studi Pustaka

      Merupakan metode penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan judul yang diambil penulis pada berbagai sumber seperti buku, jurnal, skripsi, dll guna dijadikan referensi.

    Metode Analisis

    Metode Analisis sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis SWOT, yang terdiri dari kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), kesempatan (Opportunities), dan ancaman (Threats).

    Metode Perancangan Sistem

    Dalam perancangan sistem penulis menggunakan metode UML (Unified Modelling Language) dan metode prototype untuk menggambarkan rancangan program yang akan dibuat.

    Metode Testing

    Untuk menguji sistem yang dirancang penulis menggunakan metode Blackbox Testing. Blackbox Testing merupakan sebuah metode uji coba untuk mengalisa suatu sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi (error/bug/defect) serta fitur-fitur yang diinginkan untuk mengetahui kualitas dari sebuah sistem.


    Sistematika Penulisan

    Untuk mempermudah membuat penulisan laporan dan pembahasan secara sistematis, maka penulisan laporan Skripsi ini terdiri dari beberapa sub bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut:

    BAB I PENDAHULUAN

      Pada bab ini berisikan mengenai latar belakang penelitian, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

    BAB II LANDASAN TEORI

      Pada bab ini dijelaskan beberapa teori umum dan teori khusus yang sesuai dengan penelitian serta terdapat beberapa literature review penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan judul penelitian yang diambil.

    BAB III PEMBAHASAN

      Bab ini berisikan gambaran umum Platinum Resto Supermall Karawaci, seperti sejarah singkat, visi dan misi, struktur organisasi, tugas dan wewenang, tata laksana sistem yang berjalan, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, serta elisitasi tahap I, II, III, dan final draft elisitasi.

    BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN DAN IMPLEMENTASI

      Bab ini berisi rancangan sistem yang diusulkan dalam bentuk UML dan spesifikasi database, rancangan prototype, serta testing dan implementasi sistem.

    BAB V PENUTUP

      Bab ini merupakan bab terakhir yang bersisikan kesimpulan dan saran terhadap sistem yang diusulkan.

    DAFTAR PUSTAKA

    LAMPIRAN


    BAB II
    LANDASAN TEORI

    Teori Umum

    Konsep Dasar Sistem

    Definisi Sistem

    Menurut Dini Hamidini dalam Jurnal ICIT. Vol. 4 No. 1 (2018:16) “Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen berupa data, jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, sumber daya manusia, teknologi baik hardware maupun software yang saling berinteraksi sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan/sasaran tertentu yang sama”.

    Menurut Sutabri yang dikutip oleh Janu Ilham Saputro, dkk dalam Jurnal SENSI Vol 3 No.1 (2017:2), “Suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu”.

    Menurut Mulyadi dalam Widiana Mulyani dan Bambang Eka Purnama (2015:16), “Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan”.

    Dari beberapa pengertian diatas disimpulkan bahwa sistem adalah sekumpulan elemen-elemen berupa data, jaringan prosedur yang saling beinteraksi, saling tergantung satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama.

    Karakteristik Sistem

    Menurut Elisabeth Yunaeti Anggraeni (2017:24), sistem mempunyai karakteristik atau sifat tertentu, antara lain:

    1. Komponen Sistem (Component)
      Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang saling membentuk suatu komponen sistem.
    2. Batasan Sistem (Boundary)
      Merupakan daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan kerjanya.
    3. Subsistem
      Bagian-bagian dari sistem yang beraktifitas dan berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan dengan sasarannya masing-masing.
    4. Lingkungan Luar Sistem (Environment)
      Suatu sistem yang ada diluar batas sistem yang dipengaruhi oleh operasi sistem.
    5. Penghubung Sistem (Interface)
      Media penghubung antara suatu sub sistem dengan sub sistem lain. Dengan adanya penghubung ini memungkinkan berbagai sumber daya mengalir dari suatu sistem ke sub sistem lainnya.
    6. Masukan Sistem (Input)
      Energi yang masuk ke dalam sistem, berupa perawatan dan sinyal. Masukkan perawatan adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat berinteraksi.
    7. Keluaran Sistem (Output)
      Hasil energi yang diolah dan diklarifikasi menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.
    8. Pengolahan Sistem (Process)
      Suatu sisten dapat mempunyai suatu bagian pengolahan yang akan mengubah masukkan menjadi keluaran.
    9. Sasaran Sistem (Object)
      Tujuan yang ingin dicapai oleh sistem, akan dikatakan berhasil apabila mengenai sasaran atau tujuan.

    Klasifikasi Sistem

    Klasifikasi sebuah sistem menurut Tyoso (2016:5-7) terbagi menjadi beberapa sistem yaitu sebagai berikut:

    1. Sistem Alamiah (Natural System)
      Sistem alamiah merupakan sistem yang muncul secara alami tanpa canpur tangan dari manusia.
    2. Sistem Tiruan (Artificial System)
      Sistem tiruan merupakan sistem yang diciptakan untuk mendukung tuuan tertentu.
    3. Sistem Deterministik (Deterministic System)
      Sistem deterministik merupakan sistem yang pekerjannya dapat diramalkan sebelum terlaksana.
    4. Sistem Probalilistik (Probabilistic System)
      Sistem probabilistik merupakan sistem yang hanya dapat dilacak menggunakan nilai distribusi probabilitas, sebab selalu terdapat nilai ketidakpastian yang sesungguhnya pada setiap waktu.
    5. Sistem Tertutup (Closed System)
      Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak terjadi pertukaran atau penggunaan sumber daya dengan atau dari lingkungannya, sebab tidak menggunakan input dari lingungannya maka output yang dihasilkan tidak bertalian pula dengan lingkungannya.
    6. Sistem Terbuka (Opened System)
      Sistem terbuka merupakan sistem yang menggunakan sumber daya dari lingkungannya, sehingga keluarannya (output) berkaitan dengan lingkungannya juga.

    Konsep Dasar Informasi

    Definisi Data

    Menurut Gordon B. Davis dalam buku karya Hutahaen (2015:8), “Data adalah bahan mentah bagi informasi, dirumuskan sebagai kelompok lambang-lambang tidak acak menunjukan jumlah-jumlah, tindakan-tindakan, hal-hal dan sebagainya”.

    Menurut Edy Irwansyah (2014:2), “Data sendiri ialah kumpulan item yang belum diproses, yang dapat mencakup teks, angka, gambar, audio dan video”.

    Menurut Suprihadi dalam Jurnal CCIT (2013:310), “Data merupakan sekumpulan keterangan atau bukti kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri, belum di organisasikan dan belum diolah atau diproses”.

    Dari beberapa definisi data diatas maka dapat disimpulkan data merupakan sekumpulan informasi yang belum diolah atau diproses yang dapat berupa teks, angka, gambar, audio dan video.

    Definisi Informasi

    Menurut Ageng Setiani Rafika dalam Jurnal SENSI Vol.4 No.1 (2018:78), informasi ialah “Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimannya”.

    Menurut I Putu Agus Eka Pramata yang dikutip oleh Maimunah dalam Jurnal CCIT Vol. 11 No.2 (2018:193), “Informasi merupakan hasil pengolahan data dari satu atau berbagai sumber, yang kemudian diolah, sehingga memberikan nilai, arti, dan manfaat”.

    Menurut Muslihudin, dkk (2016:9), “Informasi merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang berguna untuk membuat keputusan. Informasi berguna untuk membuat keputusan karena informasi menurunkan ketidakpastian (atau meningkatkan kepastian)”.

    Dari pengertian informasi diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna dan memberikan manfaat bagi penerimanya.

    Kualitas Informasi

    Menurut Jogiyanto (2014:11) kualiitas informasi dipengaruhi oleh lima hal sebagai berikut:

    1. Relavan (Relevancy), dalam relevan ini merupakan seberapa jauh tingkat informasi tersebut terhadap kenyataan masa lalu, kejadian hari ini, dan kejadian yang akan datang. Informasi yang berkualitas dapat menunjukan kejadian yang terjadi.
    2. Akurat (Accuracy), dikatakannya suatu sistem yaitu dengan menghasilkan dat informasi yang akurat, seluruh pesan yang ada di dalamnya benar atau sesuai, serta pesan yang disampaikan sudah lengkap dengan apa yang diinginkan oleh user.
    3. Tepat Wakru (Timeliness), dengan melakukan tepat waktu, laporan-laporan yang dibutuhkan disampaikan tepat waktu.
    4. Ekonomis (Economy), informasi yang dihasilkan mempunyai daya jual yang tinggi, serta biaya operasional yang dihasilkan informasi tersebut mampu memberikan dampak yang luas terhadap laju pertumbuhan ekonomi.
    5. Efisien (Efficiency), informasi yang berkualitas harus mempunyai sifat yang memiliki kalimat sederhana tidak berbelit-belit ataupun puitis, namun mampu memberikan makna dan hasil yang mendalam.
    6. Dapat dipercaya (Reliability), informasi yang didapatkan dari sumber yang dapat dipercaya. Sumber tersebut juga telah diuji tingkat kejujurannya.

    Nilai Informasi

    Menurut Jogiyanto, H.M dalam Boyke (2014:20), “Suatu informasi dikatakan bernilai bila informasi lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya”.

    Informasi dalam konteks sistem informasi akan menjadi bernilai, semakin formal, dan ideal apabila didasarkan pada sepuluh sifat menurut Burch dan Strater yang dikutip oleh Sri Ati, dkk dalam Jurnal SENSI Vol.4 No.2 (2014:6) sebagai berikut:

    1. Mudah diakses (Accesibility): sifat ini menunjukkan mudah dan cepatnya diperoleh keluaran informasi.
    2. Luas dan lengkapnya (Comprehensiveness): sifat ini menunjukkan lengkapnya suatu informasi. Hal ini tidak berarti mengenai volumenya, tetapi juga mengenai output informasinya.
    3. Ketelitian (Accuracy): berhubungan dengan tingkat kebebasan dari keseluruhan pengeluaran informasi.
    4. Kecocokan (Appropriateness): sifat ini menunjukkan seberapa jauh keluaran informasi berhubungan dengan permintaan para pemakai. Isi informasi harus berhubungan dengan masalah.
    5. Ketepatan waktu (Timeliness): berhubungan dengan waktu yang dilalui dan yang lebih pendek pada saat diperolehnya informasi.
    6. Kejelasan (Clarify): atribut ini menunjukkan tingkat keluaran informasi dan bebas dari intilah-istilah yang sulit dipahami.
    7. Keluwesan (Flexibility): sifat ini berhubungan dengan dapat disesuaikannya keluaran informasi.
    8. Dapat dibuktikan (Veriflability): atribut ini menunjukkan kemampuan beberapa pangguna informasi untuk menguji keluaran informasi dan sampai pada kesimpulan yang sama.
    9. Tidak ada prasangka (Freedom from bias): sifat ini berhubungan dengan tidak adanya keingingan untuk mengubah informasi guna mendapatkan kesimpulan yang telah dipertimbangkan sebelumnya.
    10. Dapat diukur (Quantifiable): sifat ini menunjukkan hakikat informasi yang dihasilkan pada sistem informasi formal.
  • Contributors

    Admin, Fahrul