SI1421477647

Dari widuri
Revisi per 26 Agustus 2018 16.30 oleh Arsanugraha (bicara | kontrib) (Struktur Organisasi PT. Arka Mahesa Pratama)


Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY

(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN

INFORMASI PADA PT. ARKA

MAHESA PRATAMA

JAKARTA


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg



Disusun Oleh :

NIM
: 1421477647
NAMA


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

KONSENTRASI MAVIB

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2017/2018



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY

(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN

INFORMASI PADA PT. ARKA

MAHESA PRATAMA

JAKARTA


Disusun Oleh :

NIM
: 1421477647
Nama
: Arsa Nugraha
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Teknik Informatika
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Juli 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Teknik Informatika
           
           
           
           
(Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM.)
       
(Junaidi, M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 001405


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY

(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN

INFORMASI PADA PT. ARKA

MAHESA PRATAMA

JAKARTA


Disusun Oleh :

NIM
: 1421477647
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Wahyu Hidayat, S.I. Kom.)
   
(Sendy Zulfiandy, S.Kom.)
NID : 12002
   
NID : 05078


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY

(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN

INFORMASI PADA PT. ARKA

MAHESA PRATAMA

JAKARTA


Disusun Oleh :

NIM
: 1421477647
Nama


Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Teknik Informatika

Konsentrasi Multimedia Audio Visual and Broadcasting

Tahun Akademik 2017/2018

Disetujui Penguji :

Tangerang, September 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI

PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY

(GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN

INFORMASI PADA PT. ARKA

MAHESA PRATAMA

JAKARTA


Saya yang bertandatangan di bawah ini,

NIM
: 1421477647
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
Konsentrasi
: Multimedia Audio Visual and Broadcasting

 


Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik dilingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.


Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, Januari 2018

 
 
NIM : 1421477647

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAKSI

Saat ini keterbukaan akses informasi memungkinkan informasi dapat dengan mudah diperoleh kapanpun dan dimanapun. Informasi menjadi hal penting, karena dengan informasi orang akan mendapat semua yang diinginkan. Penyebaran informasi tersebar melalui media cetak atupun media elektronik berbentuk multimedia, dari media itulah masyarakat dapat memperoleh informasi. PT. Arka Mahesa Pratama Jakarta yang terbilang baru dan masih mnggunakan media lisan dan tulisan, pameran, event dan website namun media tersebut kurang efektif untuk menginformasikan dan memperkenalkan PT. Arka Mahesa Pratama Jakarta, maka pihak PT. Arka Mahesa Pratama Jakarta membutuhkan media iklan informasi untuk menunjang berbagai kegiatan seperti menginformasikan kepada masyarakat luas website, design advertising, jurnalis, dan juga event. Pada konsep tersebut terdapat tahapan preproduction, production dan postproduction. Agar menghasilkan rancangan media berbasis video iklan yang menarik dan berkualitas digunakan aplikasi penunjang Adobe Illustrator CC 2017, Audition CC 2017, dan Adobe After Effect CC 2017, Adobe Media Encoder CC 2017, Maka dari itu karena kebutuhan tersebut penulis melakukan perancangan video yang dituangkan dalam laopran skripsi yang berjudul “PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY (GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN INFORMASI PADA PT. ARKA MAHESA PRATAMA JAKARTA”.

Kata Kunci: Informasi, Media dan Program Promosi

ABSTRACT

The development of information technology is advancing so rapidly a business entity is more likely to take advantage of developments in information technology as a means of socialization of the program of promotion of the products you want to offer to the public, for it takes the form of media that can be used as visual appeal. As in SMK Kusuma Bansga Tangerang which until now has means of supporting information promotion programs in accordance with the results of interviews conducted by researchers that the media used today considered not provide communication functions effectively to it as the need to support programs upcoming promotions willed form media-shape design that can address the needs of means of information that is effective, efficient, and well targeted. In a research opportunities Thesis I as students of Informatics Engineering Program Concentration MAVIB (Multimedia Audio Visual and Broadcasting) that dominate the field of multimedia and graphic design take on a research topic with the title "Design Media Design Shaped Magazine For Media Information and Promotion On SMK Kusuma Banga Tangerang". From the results of the draft media if it has been implemented is expected from the school can improve the effectiveness of the promotion program information so that there is an increase of approximately 20% per year.

Keywords: Information, Media and Promotion Program


KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahiim

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat rahmat dan anugerah-Nya serta senantiasa melimpahkan hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan Skripsi ini dengan baik dan tepat pada waktunya.

Hanya karena kasih sayang dan kekuatan-Nya lah penulis mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul “PERANCANGAN MEDIA VIDEO IKLAN SPORT PARTY (GOFIT) GUNA PENUNJANG PROMOSI DAN INFORMASI PADA PT. ARKA MAHESA PRATAMA JAKARTA”.

Penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa tersusunnya skripsi ini bukan hanya atas kemampuan dan usaha penulis semata, namun juga berkat bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :

  1. Bapak Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I.,MM. selaku Ketua STMIK Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom., selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Bapak Junaidi, M.Kom., selaku Kepala Jurusan Teknik Informatika dan Stakeholder Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan banyak masukan dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi penulis.
  4. Bapak Wahyu Hidayat, S.I. Kom., selaku Pembimbing I yang telah bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. Bapak Sendy Zulfiandy S.Kom., MM selaku pembimbing II yang telah memberikan arahan serta motivasi demi terselesainya laporan skripsi.
  6. Bp. Yoga Pratama S.I.Kom selaku Stakeholder yang telah membantu berjalannya projek skripsi.
  7. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan pengetahuan kepada penulis.
  8. Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah ikut membantu dalam penyusunan laporan Skripsi ini.



Tangerang, Juli 2018
Arsa Nugraha
NIM. 1421477647

 


Daftar isi


DAFTAR TABEL

Tabel 3.1. Material Produk

Tabel 3.2. Kondisi Pesaing

Tabel 3.3. Analisis SWOT

Tabel 3.4. Budget Produksi Media

Tabel 3.5. Elisitasi Tahap I

Tabel 3.6. Elisitasi Tahap II

Tabel 3.7. Elisitasi Tahap III

Tabel 3.8. Final Draft Elisitasi




DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1. Struktur Organisasi

Gambar 3.2. Skema Alur Kerja

Gambar 4.1. Layout Kasar Halaman 1

Gambar 4.2. Layout Kasar Halaman 2

Gambar 4.3. Layout Kasar Halaman 3

Gambar 4.4. Layout Kasar Halaman 4

Gambar 4.5. Layout Kasar Halaman 5

Gambar 4.6. Layout Kasar Halaman 6

Gambar 4.7. Layout Kasar Halaman 7

Gambar 4.8. Layout Kasar Halaman 8

Gambar 4.9. Layout Kasar Halaman 9

Gambar 4.10. Layout Kasar Halaman 10

Gambar 4.11. Layout Kasar Halaman 11

Gambar 4.12. Layout Kasar Halaman 12

Gambar 4.13. Layout Kasar Halaman 13

Gambar 4.14. Layout Kasar Halaman 14

Gambar 4.15. Layout Kasar Halaman 15

Gambar 4.16. Layout Kasar Halaman 16

Gambar 4.17. Layout Kasar Halaman 17

Gambar 4.18. Layout Kasar Halaman 18

Gambar 4.19. Layout Kasar Halaman 19

Gambar 4.20. Layout Kasar Halaman 20

Gambar 4.21. Layout Kasar Halaman 21

Gambar 4.22. Layout Kasar Halaman 22

Gambar 4.23. Layout Kasar Halaman 23

Gambar 4.24. Layout Kasar Halaman 24

Gambar 4.25. Layout Komprehensif Halaman 1

Gambar 4.26. Layout Komprehensif Halaman 2

Gambar 4.27. Layout Komprehensif Halaman 3

Gambar 4.28. Layout Komprehensif Halaman 4

Gambar 4.29. Layout Komprehensif Halaman 5

Gambar 4.30. Layout Komprehensif Halaman 6

Gambar 4.31. Layout Komprehensif Halaman 7

Gambar 4.32. Layout Komprehensif Halaman 8

Gambar 4.33. Layout Komprehensif Halaman 9

Gambar 4.34. Layout Komprehensif Halaman 10

Gambar 4.35. Layout Komprehensif Halaman 11

Gambar 4.36. Layout Komprehensif Halaman 12

Gambar 4.37. Layout Komprehensif Halaman 13

Gambar 4.38. Layout Komprehensif Halaman 14

Gambar 4.39. Layout Komprehensif Halaman 15

Gambar 4.40. Layout Komprehensif Halaman 16

Gambar 4.41. Layout Komprehensif Halaman 17

Gambar 4.42. Layout Komprehensif Halaman 18

Gambar 4.43. Layout Komprehensif Halaman 19

Gambar 4.44. Layout Komprehensif Halaman 20

Gambar 4.45. Layout Komprehensif Halaman 21

Gambar 4.46. Layout Komprehensif Halaman 22

Gambar 4.47. Layout Komprehensif Halaman 23

Gambar 4.48. Layout Komprehensif Halaman 24

Gambar 4.49. Final Artwork Halaman 1

Gambar 4.50. Final Artwork Halaman 2

Gambar 4.51. Final Artwork Halaman 3

Gambar 4.52. Final Artwork Halaman 4

Gambar 4.53. Final Artwork Halaman 5

Gambar 4.54. Final Artwork Halaman 6

Gambar 4.55. Final Artwork Halaman 7

Gambar 4.56. Final Artwork Halaman 8

Gambar 4.57. Final Artwork Halaman 9

Gambar 4.58. Final Artwork Halaman 10

Gambar 4.59. Final Artwork Halaman 11

Gambar 4.60. Final Artwork Halaman 12

Gambar 4.61. Final Artwork Halaman 13

Gambar 4.62. Final Artwork Halaman 14

Gambar 4.63. Final Artwork Halaman 15

Gambar 4.64. Final Artwork Halaman 16

Gambar 4.65. Final Artwork Halaman 17

Gambar 4.66. Final Artwork Halaman 18

Gambar 4.67. Final Artwork Halaman 19

Gambar 4.68. Final Artwork Halaman 20

Gambar 4.69. Final Artwork Halaman 21

Gambar 4.70. Final Artwork Halaman 22

Gambar 4.71. Final Artwork Halaman 23

Gambar 4.72. Final Artwork Halaman 24


BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Penelitian

Dunia teknologi khususnya dalam bidang informasi dan promosi di Indonesia ini semakin berkembang. Oleh karena itu setiap perusahaan atau lembaga dalam mempromosikan produknya membutuhkan media yang dapat memberikan nilai tambah terhadap perusahaan atau lembaga dalam program promosi tersebut. Banyak cara yang dilakuakan perusahaan atau lembaga dalam menyampaikan informasi dan promosi kepada masyarakat, antara lain melalui media cetak, diantaranya dengan brosur, pamflet, majalah, spanduk dan lain sebagainya. Sampai saat ini, cara tersebut masih banyak ditemui di sekitar. Terbukti bahwa cara tersebut mampu menginformasikan dan mempromosikan produk kepada masyarakat secara luas.

Media merupakan sarana perantara yang efektif untuk menyampaikan pesan berupa informasi. Pemilihan media merupakan hal terpenting yang harus dilakukan agar suatu pesan atau informasi dapat sampai pada target. Media Informasi memiliki beberapa macam diantaranya media cetak, media massa, media elektronik, media film, dan lain sebagainya. Media juga bisa sebagai bahasa yang berfungsi untuk penyebaran informasi, memperkuat eksistensi informasi, dan menghibur. Media adalah salah satu penyebaran informasi terpenting dalam menyediakan informasi secara lengkap dan mendalam mengenai pesan yang disampaikan.

SMK Kusuma Bangsa Tangerang adalah sebuah lembaga pendidikan yang beralamatkan di Jl. Aster Iv Perum. Bumi Indah Tahap 1 Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Saat ini SMK Kusuma Bangsa Tangerang masih menggunakan media brosur dan spanduk untuk menyampaikan informasi dan promosi kepada calon siswa-siswi baru yang hendak bergabung di SMK Kusuma Bangsa Tangerang. Media brosur dan spanduk dirasa masih kurang lengkap dan jelas dalam menyampaikan informasi dan promosi. Sehingga pihak sekolah membutuhkan media baru yang dapat menyampaikan informasi dan promosi menjadi lebih lengkap dan jelas.

Majalah adalah sebuah bentuk media cetak yang dirasa mampu menyampaikan informasi dan promosi lebih lengkap dan jelas dibanding dengan brosur atau spanduk. Sementara itu, SMK Kusuma Bangsa juga belum memiliki sebuah media desain informasi dan promosi berbentuk majalah. Maka dari itu, dengan dibuatnya media desain majalah, informasi dan promosi yang biasanya hanya dituangkan dalam brosur, nantinya dapat dimuat dengan lebih lengkap dan jelas di majalah. Seperti halnya, latar belakang sekolah, visi & misi, jurusan, sarana & pra sarana, ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah. Beberapa hal tersebut akan dituangkan dan dibalut dengan desain semenarik mungkin, agar dapat menambah minat pembacanya untuk bergabung dengan SMK Kusuma Bangsa Tangerang.

Maka dari itu, dikarenakan media informasi dan promosi yang dimiliki oleh SMK Kusuma Bangsa Tangerang masih kurang lengkap dan jelas dalam penyampaiannya. Penulis menyimpulkan dan menentukan topik penelitian yang diberi judul “PERANCANGAN MEDIA DESAIN BERBENTUK MAJALAH GUNA PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI PADA SMK KUSUMA BANGSA TANGERANG”


Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah tertulis diatas, maka penulis mengemukakan hal-hal yang akan dibahas pada topik ini sebagai berikut:

  1. Media desain seperti apa yang mampu menyampaikan informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang secara lebih lengkap dan jelas?

  2. Bagaimana merancang sebuah desain majalah yang mampu memberikan informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang secara lebih lengkap dan jelas?

  3. Setelah perancangan media desain majalah dapat diimplementasikan, berapa target yang diinginkan oleh SMK Kusuma Bangsa Tangerang?

Ruang Lingkup Penelitian

Agar pembahasan lebih terarah tidak menyimpang dari topik penelitian, penulis dalam hal ini membatasi permasalahan yang akan dibahas. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang yang akan dibuat pada media desain berbentuk majalah. Seperti, latar belakang sekolah, visi & misi, jurusan, sarana & pra sarana, ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah. Sehingga, dapat digunakan sebagai penunjang informasi dan promosi yang lebih lengkap dan jelas. Serta, diharapkan mampu meningkatkan perolehan penerimaan siswa baru di setiap tahunnya.

Tujuan Dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

  1. Merancang media desain yang menyajikan informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang secara lebih lengkap dan jelas.

  2. Untuk meningkatkan kualitas SMK Kusuma Bangsa dalam meyampaikan informasi dan promosi.

  3. Untuk meningkatkan minat calon siswa-siswi baru untuk bergabung dengan SMK Kusuma Bangsa Tangerang.

Manfaat Penelitian

  1. Melalui perancagan media desain majalah, informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang dapat disampaikan dengan lebih lengkap dan jelas.

  2. Dengan adanya media desain majalah, mampu meningkatkan daya tarik SMK Kusuma Bangsa Tangerang di mata masyarakat khususnya para calon siswa-siswi baru.

  3. Dengan melihat isi dari desain majalah, dapat meningkatkan minat para calon siswa-siswi yang hendak bergabung dengan SMK Kusuma Bangsa Tangerang.

Metodologi Penelitian

Analisa Permasalahan

Analisa permasalahan didapatkan dari hasil interview yang dilakukan penulis pada hari Jumat, 13 April 2018 di SMK Kusuma Bangsa Tangerang dengan Bpk. Taopiq Ermawan, SS. sebagai stakeholder.

Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi

  2. Penulis melakukan peninjauan langsung dengan cara mendatangi SMK Kusuma Bangsa Tangerang yang berada di Jl. Aster IV Perum. Bumi Indah Tahap 1 Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang untuk memperoleh data yang diperlukan berkaitan dengan penelitian.

  3. Metode Wawancara (Interview)

  4. Penulis melakukan tanya jawab langsung dengan pihak SMK Kusuma Bangsa Tangerang untuk memperoleh informasi guna mendukung perlengkapan penulisan laporan penelitian dan pengembangan dalam perancangan media desain majalah.

  5. Studi Pustaka

  6. Materi-materi yang dipergunakan sebagai dasar landasan diperoleh dari berbagai sumber tertulis, yaitu buku-buku panduan yang terkait dan memuat informasi-informasi yang diperlukan untuk digunakan dalam penyusunan laporan penelitian.

Sumber Data

  1. Data Internal

  2. Data yang menggambarkan keadaan atau kejadian di dalam suatu instansi atau lembaga, agar mendapatkan beberapa keterangan atau data yang diperlukan untuk pembuatan laporan skripsi ini.

  3. Data Eksternal

  4. Data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan diluar suatu instansi atau lembaga.

Analisa Perancangan Media

Media komunikasi visual dirancang berdasarkan analisa kebutuhan stakeholder dengan pengolahan data, informasi yang didapatkan dan diproduksi menggunakan aplikasi program computer grafis seperti Adobe Illustrator CS6 dan Adobe Photoshop CS6.

Konsep Desain

Dalam konsep desain akan disampaikan tahapan-tahapan proses desain media yaitu :

  1. Perencanaan Media

  2. Perencanaan Media adalah proses penyusunan rencana penjadwalan yang menunjukkan bagaimana waktu dan ruang periklanan akan mencapai tujuan pemasaran, perencanaan media yang dipersiapkan dengan baik akan menghasilkan komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mendapat perhatian lebih besar dari target audiensi.

  3. Perencanaan Pesan

  4. Pada tahap perencanaan pesan. Menjelaskan informasi serta isi konsep yang berisikan pesan yang akan disampaikan kepada para calon siswa dan siswi baru, bahwa didalam informasi tersebut harus menjelaskan pesan yang akan disampaikan kepada audience.

  5. Perencanaan Visual

  6. Pada tahap perencanaan visual. Terlebih dahulu menyiapkan konsep dari desain yang akan dirancang seperti tujuan dan image yang akan ditunjukan. Visual strategi yang dibuat untuk menyampaikan informasi kepada audience.

Sistematika Penulisan

Pada sistematika penulisan terbagi menjadi lima bab dan setiap bab terbagi dalam sub bab dengan urutan pembahasan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis menguraikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Ruang Lingkup, Tujuan dan Manfaat, Metode Penelitian serta Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis menjelaskan teori-teori umum dan khusus yang berkaitan dengan judul pengembangan yang dapat dijadikan sebagai dasar acuan untuk penulisan bab selanjutnya.

BAB III IDENTIFIKASI MASALAH

Dalam bab ini penulis menggambarkan objek yang dibuat mengenai sejarah singkat sekolah, Struktur Organisasi, Wewenang dan Tanggung Jawab tiap-tiap bagian, Product Information, Market Analysis, Market Potential, Market Segmentation dan Marketing Objective.

BAB IV KONSEP DESAIN

Berisi tahapan-tahapan : Perencanaan Media berisi Tujuan Media, Strategi Media dan Program Media. Perencanaan Pesan, yang berisi Tujuan Pesan dan Strategi Pesan. Perencanaan Visual, yang berisi Tujuan Visual, Strategi Visual dan Proses Desain. Pada Proses Desain terdapat Layout Kasar, Layout Komprehensif dan Final Art Work.

BAB V PENUTUP

Berisikan tentang kesimpulan, saran, dan kesan yang dapat di berikan oleh penulis dari hasil penelitian selama observasi.

DAFTAR PUSTAKA

Berisikan tentang referensi yang digunakan dalam penyusunan hasil laporan skripsi.

LAMPIRAN

Berisikan daftar dari keseluruhan lampiran – lampiran yang melengkapi laporan sebagai lampiran.


BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

  1. Pengertian Perancangan

  2. Proses Perancangan Secara Umum

Konsep Dasar Media

  1. Pengertian Media

  2. Alternatif Media

Konsep Dasar Promosi

  1. Pengertian Promosi

  2. Tujuan Promosi

  3. Bentuk Promosi

Konsep Dasar Informasi

  1. Pengertian Data

  2. Pengertian Informasi

  3. Kualitas Informasi

  4. Nilai Informasi

Konsep Dasar Analisis SWOT

  1. Pengertian Analisis SWOT

  2. Faktor Analisis SWOT

Teori Khusus

Konsep Dasar Desain

  1. Definisi Desain

  2. Fungsi-fungsi Desain

  3. Prinsip Desain Grafis

Konsep Dasar Majalah

  1. Definisi Majalah

  2. Sifat Majalah

  3. Bentuk-bentuk Majalah

Pengertian Tipografi

Pengertian Warna

Konsep Dasar Layout

  1. Pengertian Layout

  2. Jenis-jenis Layout

Teori Desain Komunikasi Visual

Program Aplikasi Penunjang Produksi Media

  1. Adobe Photoshop CS6

  2. Adobe Illustrator CC

Konsep Dasar Elisitasi

Literature Review

BAB III

IDENTIFIKASI MASALAH

Gambaran Umum Obyek Yang Diteliti

Sejarah Singkat PT. Arka Mahesa Pratama

PT. Arka Mahesa Pratama adalah perusahaan dibidang usaha penerbitan yang meliputi penerbitan artikel website, design advertising,jurnalis, dan juga event. PT. Arka Mahesa Pratama didirikan sejak tahun 2009, PT. Arka Mahesa Pratama atau yang juga dikenal dengan Arka Media adalah perusahaan penerbitan terpadu yang memiliki kepercayaan kuat terhada nilai-nilai komunikasi organik, dimana kejujuran, keterlibatan, dan keuntungan bersama harus dicapai secara bersamaan.

Pada Mulai dengan pasar majalah bulanan Market +, lalu memperluas lini bisnis kami berdasarkan disposisi itu. Dan saat ini, apa yang di percaya membawa PT. Arka mahesa pratama pada kemitraan yang menyenangkan dengan entitas berani.

Dari tiga staf di awal, sekarang PT. Arka mahesa pratama bekerja dengan lebih dari empat puluh orang berbakat dan menghitung lebih banyak di masa depan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil telah membantu kita mengembangkan kreativitas kita dalam menghubungkan titik-titik.

PT. Arka mahesa pratama tidak hanya bermain dengan warna, garis, nada, dan huruf, tapi juga pesan dan harapan. Kami menggabungkan media cetak, media digital, dan aktivasi merek sebagai sarana komunikasi yang efektif. Ini menghasilkan kepercayaan dan kesetiaan pada kedua belah pihak.


Moto, Visi Dan Misi PT. Arka Mahesa Pratama

Sesuai dengan tuntutan, kebutuhan dan persaingan yang semakin ketat kini PT. Arka Mahesa Pratama yang bergerak dibidang penerbitan yang meliputi penerbitan artikel website, design advertising, jurnalis, dan juga event. akan terus berinovasi dan lebih fokus melayani kebutuhan konsumen dengan pelayanan yang lebih memuaskan, karena kepuasan konsumen adalah tolak ukur dari kesuksesan kami.

  1. Moto
    1. Kerja Keras
      Mengembangkan proses kerja yang excellent dan melakukan perbaikan secara berkesinambungan dengan berorientasi kepada kepuasan konsumen.
    2. Kedisiplinan
      Konsisten memelihara mutu pelayanan yang prima dan selalu berusahamemperbaiki pelayanan sesuai kebutuhan konsumen.
    3. Integritas
      Membangun kemitraan yang setara dengan rekanan dan memelihara kepercayaan konsumen.
  2. Visi
    Menjadi Mitra Pembiayaan terkemuka yang mengutamakan kualitas usaha.
  3. Misi
    Menyediakan pembiayaan konsumen dengan diversifikasi produk yang menjangkau semua lapisan masyarakat.

Struktur Organisasi PT. Arka Mahesa Pratama

Sebuah perusahaan maupun organisasi harus mempunyai sebuah struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasikan dan penyatuan usaha, untuk menunjukan kerangka-kerangka hubungan diantara fungsi, bagian-bagian maupun tugas dan wewenang serta tanggung jawab. PT. Arka Mahesa Pratama mempunyai struktur organisasi sebagai berikut :

Bagan 3.1. Struktur Organisasi
PT. Arka Mahesa Pratama

 

Wewenang Dan Tanggung Jawab

PT. Arka Mahesa Pratama dalam manajemen lembaganya terdapat bagian-bagian yang mempunyai wewenang serta tenaggung jawan dalam menyelesaikan semua pekerjaannya. Berikut wewenang serta tanggung jawab dari bagian-bagian yang ada pada PT. Arka Mahesa Pratama.

  1. CEO
    Bagian CEO mempunyai wewenang dan tanggung jawab berikut ini :
    1. Merencanakan, mengelola, dan menganalisis segala aktivitas fungsional bisnis seperti operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran.
    2. Merencanakan dan mengelola proses penganggaran, lalu mengamati dan menganalisis apabila ada kejanggalan dalam prakteknya.
    3. Mengelola perusahaan sesuai dengan tujuan strategis perusahaan dengan keefektivan dan biaya seefisien mungkin.
    4. Merencanakan dan mengelola kinerja pada sumber daya manusia agar sumber daya manusia yang berkompeten teridentifikasi dan dapat ditempatkan pada posisi yang sesuai sehingga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan.
    5. Merencanakan, mengelola, dan mengeksekusi perencanaan strategi bisnis atau korporat baik untuk jangka waktu menengah maupun panjang dengan mengacu pada visi dan misi perusahaan.
  2. Sekretaris
    Bagian Sekretaris mempunyai wewenang dan tanggung jawab berikut ini :
    1. Menyiapkan rapat dan membuat notulen.
    2. Mengonsep surat perjanjian kerjasama dengan relasi atau instansi luar.
    3. Menyusun surat rahasia (confidential).
    4. Menyiapkan perjalanan dinas pimpinan (pemesanan tiket, booking hotel, menyusun agenda perjalanan pimpinan sampai mencatat pengeluaran biaya perjalanan dinas).
    5. Menyusun acara pertemuan.
    6. Menyusun makalah, pidato untuk pimpinan.
    7. Mendatangi perusahaan lain atau instansi pemerintahuntuk mencari informasi atau menyampaikan informasi.
  3. General Manager
    Bagian General Manager mempunyai wewenang dan tanggung jawab berikut ini :
    1. Memimpin perusahaan dan menjadi motivator bagi karyawannya.
    2. Mengelola operasional harian perusahaan.
    3. Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi, mengawasi dan mengalisis semua aktivitas bisnis perusahaan.
    4. Mengelola perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
    5. Merencanakan, mengelola dan mengawasi proses penganggaran di perusahaan.
    6. Merencanakan dan mengeksekusi rencana startegis perusahaan jangka menengah dan jangka panjang untuk kemajuan perusahaan.

    Informasi Produk

    Produk

    Produksi

    Latar Belakang Produk

    Perkembangan Produk

    Material Produk

    Spesifikasi Produk

    Harga Produk

    Market Analysis

    Market Positioning

    Kondisi Pesaing

    Market Potential

    Market Segmentation

    Marketing Objective

    Marketing Strategy

    Konfigurasi Perancangan

    Spesifikasi Hardware

    Software yang Digunakan

    Budget Produksi Media


    Elisitasi

    Elisitasi Tahap I

    Elisitasi Tahap II

    Elisitasi Tahap III

    Final Draft Elisitasi

    BAB IV

    KONSEP DESAIN

    Perancangan Media

    Tujuan Media

    Strategi Media

    Perancangan Pesan

    Tujuan Kreatif

    Strategi Kreatif

    Perancangan Visual

    Tujuan Visual

    Strategi Visual

    Penulisan Naskah

    Pengarahan Visualisasi

    Proses Desain (Designing)

    BAB V

    PENUTUP

    Kesimpulan

    Setelah penulis melakukan observasi dan wawancara dengan stakeholder di SMK Kusuma Bangsa Tangerang didapat beberapa kesimpulan yaitu:

    1. Dengan adanya media desain majalah, informasi dan promosi SMK Kusuma Bangsa Tangerang dapat disajikan lebih lengkap dan jelas. Serta mampu meningkatkan minat calon siswa - siswi baru untuk bergabung.
    2. Media desain majalah yang menyajikan latar belakang sekolah, visi & misi, jurusan, sarana & pra sarana, ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah. Serta dibalut dengan desain yang menarik. Mampu menambah pemahaman calon siswa – siswi tentang SMK Kusuma Bangsa Tangerang.
    3. Setelah media desain majalah SMK Kusuma Bangsa Tangerang diimplementasikan, target yang diinginkan adalah meningkatkan pemahaman dan kualitas SMK Kusuma Bangsa Tangerang kepada calon siswa-siswi baru. Dari hal tersebut, diharapkan untuk angka pendaftaran siswa - siswi baru meningkat sekitar 20% dari tahun sebelumnya.

    Saran

    Berdasarkan penelitian yang telah disimpulkan, terdapat beberapa saran untuk SMK Kusuma Bangsa Tangerang, diantaranya:

    1. Agar kedepannya media desain majalah terus diperbarui setiap tahunnya dan sebaiknya SMK Kusuma Bangsa melakukan penerapan yang lebih efektif agar dapat dilihat oleh masyarakat luas.
    2. Agar SMK Kusuma Bangsa membentuk suatu tim yang beranggotakan siswa – siswi untuk memperbarui media desain majalah di setiap tahunnya. Dengan demikian akan lebih mengasah kemampuan siswa – siswi dalam hal desain dan jurnalistik.
    3. Agar SMK Kusuma Bangsa terus melakukan pengembangan yang mampu menambah nilai jual dan kualitas, misalnya dalam hal program studi, tenaga pengajar, sarana dan prasarana, kegiatan, prestasi sekolah dan lain sebagainya.

    DAFTAR PUSTAKA

Contributors

Arsanugraha