SI0811461421

Dari widuri
Lompat ke: navigasi, cari


PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN SPP

BERBASIS WEBSITE PADA SMA AL-HUSNA


SKRIPSI


Logo stmik raharja.jpg


Disusun Oleh :

NIM
: 0811461421
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

2017/2018



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

 

PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN SPP

BERBASIS WEBSITE PADA SMA AL-HUSNA


Disusun Oleh :

NIM
: 0811461421
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Informasi
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen

 

 

Disahkan Oleh :

Tangerang, 23 Januari 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
STMIK RAHARJA
       
Jurusan Sistem Informasi
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja M.T.I.,MM)
       
(Nur Azizah, M.Akt M.Kom)
NIP : 000594
       
NIP : 078010


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS

WEBSITE PADA SMA AL-HUSNA


Dibuat Oleh :

NIM
: 0811461421
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Infomasi

Konsentrasi Komputer Akuntansi

Tahun Akademik 2017/2018


Disetujui Oleh :

Tangerang, 23 Januari 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
(Bayu Pramono, S.Kom.,MT)
   
NID : 14023
   
NID : 06126


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA


LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI


PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS

WEBSITE PADA SMA AL-HUSNA


Dibuat Oleh :

NIM
: 0811461421
Nama

Disetujui setelah berhasil dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian

Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi Manajemen

Tahun Akademik 2017/2018


Disetujui Penguji :


Tangerang, 23 Januari 2018

Ketua Penguji
 
Penguji I
 
Penguji II
         
         
         
         
(_______________)
 
(_______________)
 
(_______________)
NID :
 
NID :
 
NID :


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS

WEBSITE PADA SMA AL-HUSNA


Disusun Oleh :

NIM
: 0811461421
Nama
Jenjang Studi
: Strata Satu
Jurusan
: Sistem Infomasi
Konsentrasi
: Sistem Informasi Manajemen

 


 


Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan diatas tidak benar.

Tangerang, 23 Januari 2018

 
 
 
 
 
NIM : 0811461421

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;


ABSTRAK

SSaat ini telah berkembang sistem informasi di bidang pendidikan yang menangani tentang pembayaran SPP. Pembayaran SPP sangat penting dalam membantu kebutuhan Siswa/i dan pengajar. Untuk mendukung sistem pembayaran komite dibutuhkan sistem komputerisasi yang lebih akurat, cepat dan efisien. Namun pada kenyataannya hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan yang hendak dicapai karena batasanya sistem dan dana di SMA Al-Husna Kab. Tangerang. Dalam pengolahan data Pembayaran komite yang dilakukan oleh SMA Al-Husna Kab. Tangerang ini masih menggunkan buku kas besar sebagai penyimpanan data pembayaran dan kertas untuk siswa setelah melakukan pembayaran. Tujuan dari Penelitian yang dilakukan penulis adalah membuat Aplikasi Pembayaran SPP pada SMA Al-Husna Kab. Tangerang dengan menggunakan , bahasa pemograman PHP, UnifiedModeling Language (UML) dan database SQL. Selain itu dapat dihasilkan juga sistem database baru yang dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam pengembangan sistem guna mendukung dan meningkatkan kinerja kegiatan operasional khususnya pada divisi Keuangan. Maka penulis mengambil judul penelitian yaitu “PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEBSITE PADA SMA ALHUSNA.” Supaya pada perancangan dan penelitian ini menjadi bermanfaat bagi SMA Al-Husna Kab. Tangerang, sehingga dapat memberikan hasil dan solusi dari peneliti yang baik dan lebih akurat.


Kata Kunci: Pembayaran, PHP, SQL, dan UML.


ABSTRACT

Currently there has been growing information systems in the field of education that deal with the payment of tuition fees. SPP payments are very important in assisting the needs of Students and teachers. To support the committee's payment system requires a more accurate, fast and efficient computerized system. But in fact it is sometimes not in accordance with the wishes and expectations to be achieved because batasanya system and funds in SMA Al-Husna Kab. Tangerang. In processing data Payment committee conducted by SMA Al-Husna Kab. Tangerang is still using a large cash book as storage of payment and paper data for students after making payment. The purpose of the research conducted by the author is to make the Application of SPP Payment at SMA Al-Husna Kab. Tangerang by using, PHP programming language, UnifiedModeling Language (UML) and SQL database. In addition it can also generate a new database system that can be used as a reference in the development of systems to support and improve the performance of operational activities, especially in the Finance division. So the author took the title of research that is " PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEBSITE PADA SMA ALHUSNA." So that in designing and this research becomes beneficial for SMA AlHusna Kab. Tangerang, so it can provide results and solutions from good researchers and more accurate.


Keywords: Payments, PHP, SQL, and UML.



KATA PENGANTAR


"Bismillahirrahmanirrahim”.

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah mencurahkan nikmat hidup dan sehat serta senantiasa melimpahkan hidayah Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Skripsi ini dengan baik, adapun judul yang penulis uraikan dalam laporan ini adalah “PERANCANGAN APLIKASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEBSITE PADA SMA AL-HUSNA”.

Tujuan dari penulisan laporan ini sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang Strata Satu (S1) pada Perguruan Tinggi Raharja.

Dalam kesuksesan penyusunan laporan Skripsi, penulis banyak menerima bantuan dari berbagai pihak. Penulis menyadari tanpa adanya bimbingan dan dorongan tersebut, laporan Skripsi ini tidak dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada:

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I, MM selaku Ketua Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua Bidang Akademik STMIK Raharja
  3. Ibu Nur Azizah, M.Akt.,M.Kom., selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi Perguruan Tinggi Raharja Raharja.
  4. Ibu Bayu Pramono, S.Kom.,MT selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Erna Astriyani, S.Kom selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberikan banyak ilmu pengetahuan, pengarahan serta motivasi kepada penulis sehingga Laporan Skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik.
  5. Bapak dan Ibu Dosen serta staff Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  6. Ibu Titi Mulyati, S.Pd sebagai stakeholder bagi saya.
  7. Kedua orang tua, adik-adik dan keluarga besar yang selalu memberikan dukungan baik moril, materi maupun doa serta memberikan semangat dalam mengerjakan Skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Skripsi ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati dan keterbukaan, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun, penulis harapkan sebagai pemicu untuk dapat berkarya lebih baik lagi.

Tangerang, 23 Januari 2018
Iwan Setiawan
NIM. 0811461421



DAFTAR TABEL
  1. Tabel 3.1 Elasitasi Tahap 1
  2. Tabel 3.2 Elisitasi Tahap 2
  3. Tabel 3.2 Elisitasi Tahap 3
  4. Tabel 3.4 Final Draft Elisitasi
  5. Table 4.1 Rancangan Admin
  6. Table 4.2 Rancangan Siswa
  7. Table 4.3 Rancangan SPP
  8. Table 4.4 Buku Cetak
  9. Table 4.5 Daftar Ulang
  10. Table 4.6 Rancangan Kelas
  11. Table 4.7 Rancangan Angkatan
  12. Tabel 4.8 Tabel Black Box
  13. Tabel 4.9 Schedule Implementasi
  14. Tabel 4.10 Estimasi Biaya


DAFTAR GAMBAR
  1. Gambar 2.1 Karakteristik Suatu Sistem
  2. Gambar 2.2 Komponen Dari Sistem Informasi
  3. Gambar 2.3 Pilar-pilar informasi
  4. Gambar 3.1 Struktur Organisasi
  5. Gambar 3.2 Use Case Diagram Pembayaran SPP
  6. Gambar 3.3 Activity Diagram Pembayaran SPP
  7. Gambar 4.1 UseCase Diagram Yang Diusulkan
  8. Gambar 4.2 Activity Diagram Pembayaran Yang Diusulkan
  9. Gambar 4.3 Activity Diagram Laporan Yang Diusulkan
  10. Gambar 4.4 Sequence Diagram Yang Diusulkan
  11. Gambar 4.5 State Machine Diagram Sistem Yang Diusulkan
  12. Gambar 4.6 Class Diagram Yang diusulkan
  13. Gambar 4.7 Prototype Halaman Login
  14. Gambar 4.8 Prototype Halaman Home
  15. Gambar 4.9 Prototype Halaman Angkatan
  16. Gambar 4.10 Prototype Halaman Pembayaran SPP
  17. Gambar 4.11 Prototype Halaman Laporan SPP
  18. Gambar 4.12 Rancangan Login Admin
  19. Gambar 4.13 Rancangan Tampilan Awal
  20. Gambar 4.14 Rancangan Input Siswa Baru
  21. Gambar 4.15 Rancangan Angkatan
  22. Gambar 4.16 Rancangan Daftar Nama Siswa
  23. Gambar 4.17 Rancangan Print Out Kwitansi Pembayaran


DAFTAR SIMBOL


DAFTAR SIMBOL


Gambar 1. Simbol Use Case Diagram


Gambar 2. Simbol Sequence Diagram


Gambar 3. Simbol Activity Diagram



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Komputer sebagai peralatan pemecahan masalah, dan dapat juga disebut sebagai alat pengolah data. Pada saat ini teknologi sudah berkembang pesat dengan adanya komputer yang bukan hanya sebagai pengolahan data tetapi juga bisa menampilkan informasi. Perkembangan teknologi informasi membuat hidup manusia menjadi mudah, terutama saat diciptakannya jaringan internet, komunikasi menjadi semakin tidak terbatas dan tanpa hambatan.

Pada bab ini penulis akan menjelaskan tentang sistem pembayaran pada SMA Al-Husna. SMA Al-Husna terletak di daerah berkembang Kabupaten Tangerang, sistem informasi dan penggunaan komputer terbilang masih sangat kurang. Permasalahan yang dialami SMA Al-Husna adalah tidak adanya sistem yang dapat mengelola data keuangan pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) siswa. Peningkatan jumlah siswa setiap tahunnya mengharuskan petugas tata usaha (TU) dapat memberikan pelayanan yang cepat. Penerapan sistem komputerisasi dalam pembayaran SPP pada SMA Al-Husna dirasa sangat tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Selama ini proses pembayaran SPP tersebut masih menggunakan aplikasi spreadsheet, buku harian, dan buku besar. Penerapan komputer di sekolah dilihat dari sisi optimalisasi dapat dikatakan sangat kurang, hal ini berdasarkan hasil pengamatan dan hasil wawancara pada bagian TU SMA A-Husna. Bila terjadi transaksi pembayaran, petugas TU harus menuliskan data siswa yang membayar kedalam sebuah buku, serta bukti pembayaran berupa kartu SPP ditulis secara manual yang menyebabkan kurang cepatnya pelayanan terhadap siswa dan keamanan data sering tidak bisa dijaga sering terjadi kehilangan data, sehingga menimbulkan kesalahan pada proses pembuatan laporan. Selain itu jika siswa kehilangan kartu SPP petugas akan mengalami kesulitan mengetahui data pembayaran yang sudah dilakukan sebelumnya, karena petugas harus memeriksa lagi spreadsheet, buku harian dan buku besar yang tentunya tidak efisien waktu.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu dilakukan rancang bangun sistem informasi pembayaran SPP yang dapat menangani proses pembayaran lebih efisien dengan teknologi informasi, sehingga diharapkan dapat menjadi solusi proses pembayaran SPP siswa yang terkelola dengan baik dan mengurangi terjadinya keterlambatan pembayaran siswa maka diperlukan pengembangan dalam input biaya serta mengolah laporan pembayaran SPP pada SMA Al-Husna, dengan adanya sistem informasi pembayaran berbasis website yang diharapkan ke seluruhan sistem pembayaran SPP yang ada di SMA Al-Husna dapat teratasi lebih efektif dan efisien. Sistem pembayaran termasuk salah satu kegiatan administrasi khususnya proses pengolahan biaya pendidikan.

Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis mengambil judul “Perancangan Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Website Pada SMA Al-Husna”.


Rumusan Masalah

Dengan latar belakang di atas, maka mendapatkan suatu rumusan masalah diantaranya :

  1. Bagaiamana cara mengatasi pembayaran SPP di SMA Al-Husna yang masih dilakukan secara manual?
  2. Kendala apa saja yang terjadi pada sistem pembayaran SPP yang berjalan saat ini?
  3. Bagaimana cara merancang sebuah sistem pembayaran SPP yang dapat mengurangi kesalahan pencatatan?


Ruang Lingkup Penelitian

Karena luasnya permasalahan yang ada di SMA Al-Husna dan untuk membatasi ruang lingkup penelitian. Maka disini penulis hanya membahas tentang permasalahan yang terfokus pada sistem pembayaran yang meliputi laporan biaya SPP secara periodik yang tidak efektif dan efisien waktu.


Tujuan dan Manfaat

Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk :

  1. Untuk mengetahui gambaran dan masalah-masalah apa saja yang timbul dari sistem yang berjalan.

  2. Untuk mempermudah bagian Administrasi dalam melayani pembayaran SPP.

  3. Memperbaiki sistem lama dan menggantikannya dengan sistem baru, yang barjalan dengan aplikasi website.


Manfaat

Adapun manfaat-manfaat yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut

  1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam menyelesaikan laporan pembayaran SPP.

  2. Meningkatkan keamanan dalam penyimpanan data pembayaran SPP siswa.

  3. Menambah pengalaman di segala bidang terutama didalam dunia teknologi informasi khususnya tentang pembayaran.

  4. Dapat membantu permasalahan yang dihadapi, khususnya tentang sistem informasi pembayaran SPP dan memberikan alternatif pemecahan masalah.

  5. Dapat memberikan informasi pembayaran SPP siswa kepada orang tua wali dengan lebih jelas dan detail.


Metodologi Penelitian

Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode sebagai berikut :

Metode Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi

    Adalah metode yang dilakukan penulis untuk mengumpulkan data dan mendapatkan hal–hal yang diperlukan untuk proses penelitian dengan cara mendatangi obyek penelitian secara langsung ke sekolah . Pada metode observasi ini cara mendapatkan suatu data dengan jalan pengamatan dan melaksanakan pencatatan–pencatatan secara sistematis dan lebih mendetail lagi terhadap unsur–unsur yang diteliti, dan menganalisa cara sekolah memberikan info kepada orang tua wali murid.

  2. Metode Wawancara

    Pada metode wawancara ini, untuk mendapatkan suatu data dengan cara berbincang–bincang atau menanyakan secara langsung dengan seorang responden yang tentunya sangat mempunyai peranan Administrasi sekolah tersebut dan tentunya untuk mencari kelengkapan dan kebenaran suatu data, yang akan dibuat menjadi sebuah laporan yang benar serta akurat.

  3. Metode Studi Pustaka

    Adalah suatu metode untuk mendapatkan data dengan cara membaca teori dari buku–buku, literature–literature yang berhubungan dengan sistem.


Metode Analisa

Dalam penelitian ini digunakan metode analisa sistem dengan metode analisa SWOT. SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.


Metode Perancangan

Dalam metode perancangan ini, menggunakan UML ( Unified Modelling Language) diantaranya yang digunakan Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, spesifikasi basis data, normalisasi, spesifikasi proses, Black Box, dan kamus data.


Metode Pengujian

Metode pengujian ini digunakan untuk menganalisis suatu sistem untuk mendeteksi perbedaan antara kondisi yang diinginkan dengan kondisi yang ada (errors/bugs/defects) dan mengevaluasi kondisi dan fitur dari entitas software yang diinginkan untuk mengetahui dari suatu sistem yang terjadi saat sistem diterapkan. Metode pengujian yang digunakan adalah blackbox testing. Blackbox testing merupakan metode pengujian perangkat lunak yang memfokuskan kepada keperluan software, oleh karena itu metode blackbox testing ini dapat mengetahui dan memastikan apakah pemasukan data diterima dengan benar dan keluaran data yang dihasilkan sesuai yang diharapkan.


Sistematika Penulisan

Secara garis besar penelitian ini, terdiri dari bab dan sub bab yang terstruktur, berikut ini sistematika penulisan Skripsi yang dipakai sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai berbagai masalah yang akan dibahas dalam Skripsi ini, diantaranya latar belakang, rumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, serta uraian sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tentang definisi ilmu yang berkaitan dengan permasalahan pada penelitian tersebut, seperti landasan teori yang membahas tentang konsep dasar sistem, konsep dasar data, konsep dasar Informasi, konsep dasar sistem informasi, Analisa sistem, definisi pembayaran.

BAB III ANALISA SISTEM YANG BERJALAN
Dalam bab ini menjelaskan mengenai analisa organisasi, gambaran umum perusahaan, strukrur organisasi, tugas serta wewenangnya, proses pembayaran, cara memberikan pembayaran, Flowcahart, dan konfigurasi sistem.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DI USULKAN
Bab ini berisi tentang perancangan sistem yang baru menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language) dengan software Visual Paradigma for UML 6.4 enterprise edition untuk menggambarkan Use Case Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram, class Diagram rancangan basis data, dan rancangan tampilan sistem yang diusulkan sampai dengan implementasi program.

BAB V PENUTUP
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai kesimpulan dan saran yang di dapat dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN



BAB II
LANDASAN TEORI

TEORI UMUM


BAB III
ANALISA SISTEM YANG BERJALAN

Gambaran Umum SMA Al-Husna

Sejarah Singkat SMA Al-Husna

SMA Al-Husna terletak di lokasi yang tenang, sangat cocok untuk belajar. Selain itu jam efektif belajarnya dimulai dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 15.00. Pendiri yang merangkap sebagai Direktur Utama bernama P. Parij Wadji, M.Pd. Sekolah ini berlokasi di Jalan Kh. Abdul Wahid No. 05 Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang.


Visi SMA Al-Husna

SMA Al-husna menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki ilmu dan akhlak.


Misi SMA Al-Husna

Adapun misi dari SMA Al-Husna sebagai berikut:

  1. Sarana dan prasarana yang memadai.

  2. Meningkatkan kemampuan siswa sejak dini dengan kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah.

  3. Kurikulum yang sempurna dan ditambah dengan pengetahuan yang lebih mendalam.


Tujuan SMA Al-Husna

Tujuan SMA Al-Husna adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, akhlak yang baik, dan memiliki keterampilan sejak dini.

SMA Al-Husna adalah sekolah yang menitikberatkan pada keunggulan kompetitif yang mempunyai kepekaan, kecerdasan, kemampuan mengembangkan bakat siswa dengan kegiatan extrakurikuler dan membentuk akhlak yang baik sejak dini. Dengan fasilitas yang ada seperti laboratorium komputer, lapangan olah raga yang disediakan oleh pihak sekolah.

Saat ini jumlah siswa-siswi SMA Al-Husna yang berlokasi di Jalan Kh. Abdul Wahid No. 05 Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang berjumlah 365 siswa. Yang dibagi menjadi 9 kelas yaitu :

  1. Kelas X berjumlah 123 siswa

  2. Kelas XI berjumlah 122 siswa

  3. Kelas XII berjumlah 120 siswa

Dengan memiliki beberapa ruangan yaitu :

  1. Ruang tata usaha

  2. Ruang kepala sekolah

  3. Ruang guru

  4. Ruang BP

  5. Ruang UKS

  6. Ruang Perpustakaan

  7. Ruang laboraturium komputer

  8. Mushola

  9. Ruang aula

  10. Ruang kelas

  11. Lapangan sepak bola


Struktur Organisasi

Sebuah organisasi atau perusahaan harus mempunyai struktur organisasi yang digunakan untuk memudahkan pengkoordinasian dan penyatuan usaha, untuk menunjukan kerangka hubungan diantara fungsi, tugas dan wewenang serta tanggung jawab dan untuk menunjukan rantai atau garis perintah dan perangkapan fungsi maka diperlukan struktur organisasi.

STRUKTUR ORGANISASI SMA AL-HUSNA

Gambar 3.1 Struktur Organisasi


Tugas dan Tanggung Jawab

SMA Al-Husna yang dibawahi oleh Lembaga Pendidikan Nurul Ikhwan, yang sama dengan sekolah lain terdapat wewenang dan tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Wewenang dan tanggung jawab bagian-bagian yang ada di SMA Al-Husna adalah sebagai berikut :

  1. Direktur Utama

    1. Memberikan perintah langsung kepada seluruh karyawan.
    2. Membuat strategi yang akan diambil yang bertujuan untuk mengembangkan sekolah.
  2. Kepala Sekolah

  3. Merupakan pemimpin sekolah tersebut.

    Tugas dan kewajibannya adalah :

    1. Menjalankan dan mengawasi kedisiplinan dan peraturan yang ditetapkan oleh lembaga.
    2. Mengawasi penyusunan RPP dan silabus.
    3. Memberi bimbingan dan penyuluhan, siraman rohani pada siswa-siswi baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
    4. Mengawasi dan menindak murid yang melanggar aturan.
    5. Melaksanakan rapat dan pelatihan menyangkut bidang akademis dan kesiswaan.
    6. Membantu kepanitiaan dalam lingkup sekolah.
    7. Hal-hal lain yang menyangkut dengan KBM.
  4. Kepala Bidang Kurikulum

    1. Menyusun program kurikulum.
    2. Menyusun jadwal kegiatan belajar mengajar.
    3. Menyusun pembagian tugas megajar.
    4. Menyusun jadwal pelajaran, program tahunan dan program semester.
    5. Menyusun jadwal evaluasi
    6. Menyusun program pelaksanaan Ujian Nasional.
    7. Menentukan kriteria kelas dan keberhasilan Ujian Nasional.
    8. Menyusun personil wali kelas dan piket bersama dengan kepala sekolah.
    9. Membimbing dan mengarahkan penyusunan program pembelajaran.
    10. Mengkoordinasikan penyusunan.
  5. Kepala Bidang Kesiswaan

    1. Mengkoordinasikan pelaksanaan program bimbingan, pengarahan dan pengendalian program kesiswaan.
    2. Menyusun program kesiswaan.
    3. Mengkoordinasikan hubungan sekolah dengan orang tua siswa.
    4. Mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan siswa.
    5. Menyusun program pelaksanaan program kesiswaan.
  6. Kepala Program Bimbingan Penyuluhan

    1. Memantau dan menginvestarisasi kondisi dan aktifitas.
    2. Memberikan pelayanan kepada siswa yang membutuhkan bimbingan.
    3. Menyusun dan melaksanakan administrasi BP.
    4. Melaksanakan koordinasi dengan kepala sekolah dan wali kelas.
    5. Membuat laporan program BP.
  7. Laboran

    1. Menyusun jadwal pemakaian lab komputer.
    2. Membuat laporan pemakaian lab.
    3. Memantau dan menjaga ketertiban dalam pemakaian lab.
  8. Pustakawan

    1. Menyusun program kerja perpustakaan.
    2. Menyediakan bahan bacaan yang diminta siswa dan guru.
    3. Merencanakan pengadaan buku perpustakaan.
    4. Meningkatkan minat baca para siswa dan guru.
  9. Komite Sekolah

    1. Mengkoordinasikan hubungan sekolah dan orang tua siswa.
    2. Membantu pelaksanaan kegiatan sekolah dan orang tua siswa.
    3. Ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan saran-saran dari orang tua siswa kepada sekolah.
  10. Dewan Guru

    1. Menyusun RPP dan silabus
    2. Membuat soal untuk PR dan ulangan harian dan mengoreksinya.
    3. Memberi bimbingan, siraman rohani dan penyuluhan bagi siswa di dalam maupun di luar kelas.
    4. Mengawasi dan menindak siswa yang melanggar peraturan.
    5. Membantu kepanitiaan dalam lingkup sekolah.
    6. Melaksanakan rapat, pertemuan dan pelatihan menyangkut bidang akademis dan kesiswaan.
    7. Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar.
  11. Tata Usaha

    1. Mengelola keluar masuknya uang.
    2. Membuat pertanggung jawaban keuangan dalam buku kas harian yang disahkan oleh bendahara lembaga.
    3. Membuat laporan pertanggung jawaban perbulan dan menyimpan bukti pembayaran.
  12. Unit K3 (Keamanan, Kebersihan, dan Keindahan)

    1. Menjaga keamanan dan kebersihan sekolah.
    2. Menyediakan fasilitas untuk kebersihan dan keamanan sekolah


    Analisa Sistem yang Berjalan

    Dalam penelitian Perancangan Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Web pada SMA Al-Husna, penelitian dapat menyimpulkan kekurangan pada sistem tersebut :

    1. Sebagian pembayaran spp sekolah dilakukan secara manual dengan mengunakan buku besar baru menginput ulang ke komputer dengan memakai Ms.Excel sebagai database.

    2. Proses pencarian data untuk melakukan pembayaran masih terbilang rumit karena data tidak terkelompokan dengan baik.

    3. masih menggunakan program Ms.Excel padahal data yang di masukkan tergolong cukup banyak.


    Analisa Kekurangan Sistem Yang Berjalan

    Dalam penelitian Perancangan Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Web pada SMA Al-Husna, penelitian dapat menyimpulkan kekurangan pada sistem tersebut :

    1. Sebagian pembayaran spp sekolah dilakukan secara manual dengan mengunakan buku besar baru menginput ulang ke komputer dengan memakai Ms.Excel sebagai database.

    2. Proses pencarian data untuk melakukan pembayaran masih terbilang rumit karena data tidak terkelompokan dengan baik.

    3. Masih menggunakan program Ms.Excel padahal data yang di masukkan tergolong cukup banyak.

    Berdasarkan analisa yang dilakukan, Sistem Informasi Pembayaran SPP sudah baik, namun sejalan dengan kemajuan dan perkembangan teknologi serta kebutuhan bagian keuangan pada khususnya dan siswa pada umumnya atas informasi mengenai keuangan siswa, maka sistem ini masih memerlukan pengembangan lebih banyak lagi sehingga sistem yang benar-benar handal dan dapat berfungsi semaksimal mungkin untuk memberikan informasi serta memenuhi kebutuhan sistem tersebut :

    Oleh karena itu berdasarkan analisa dari segi kekurangan serta kebutuhaan saat ini, kebutuhan pengembangan terhadap sistem hendaknya :

    1. Dapat menambah data-data serta informasi yang dibutuhkan oleh bagian keuangan dalam proses pengambilan keputusan juga dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan dari sistem yang telah ada saat ini.

    2. Dapat menambahkan beberapa menu baru terutama untuk laporan transaksi baik laporan harian, bulanan, tahunan, maupun keseluruhan.

    3. Dapat memberikan informasi yang akurat dan cepat sehingga informasi yang didapatkan relevan sesuai dengan kebutuhan bagian keuangan.


    Analisa Batasan Sistem

    Setiap sistem mempunyai batasan sistem (boundary) yang memisahkan sistem dengan lingkungan luarnya. Kesatuan luar merupakan kesatuan di luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi dan sistem lainnya yang memberikan input atau menerima output dari sistem.

    Melihat permasalahan yang ada pada SMA Al-Husna, maka penulis membatasi permasalahan mengenai analisa sistem informasi pengolahan data pembayaran SPP, agar terhindar dari kerancuan data sehingga data tunggakan dapat diketahui dengan cepat dan akurat.


    Urutan Prosedur

    Prosedur pembayaran SPP adalah :

    1. Pengambilan formulir ke bagian kasir

    2. Pengisian data siswa, jenis pembayaran, dan jumlah yang dibayarkan.

    3. Orang tua murid atau murid melakukan pembayaran.

    4. Orang tua murid atau murid mendapatkan kwitansi pembayaran bukti lunas.


    Analisa Kontrol

    Pada sistem pembayaran SPP yang berjalan saat ini proses pengontrolan dilakukan secara manual oleh bagian administrasi, dengan melakukan pengecekan pembayaran pendaftaran dan data siswa sebelum melanjutkan dengan meneliti penerimaan pembayaran SPP.


    Konfigurasi Sistem

    1. Spesifikasi (Hardware)

      1. Processor : Intel Pentium IV
      2. Monitor : CRT 15”
      3. Mouse : USB
      4. RAM : 256 MB
      5. Harddisk : 60 GB
      6. Keyboard : PS/2 Standard keybord
      7. Printer : Laser Jet
    2. Spesifikasi (Software)

      1. Microsoft Windows XP Profesional
      2. Microsoft Excel 2007
      3. NetBean IDE 8.0
      4. XAMPP
    3. Brainware

    4. Untuk mengoperasikan atau mengolah data yang dibutuhkan dapat dilakukan oleh 3 (tiga) orang yaitu :

      1. Kepala sekolah
      2. Bagian Tata Usaha
      3. Bagian Keuangan


      Tata Laksana Sistem Yang Sedang Berjalan Saat Ini

      Untuk menganalisis sistem yang berjalan, pada penelitian ini digunakan program Unified Modeling Language (UML) untuk menggambarkan prosedur dan proses yang berjalan saat ini, sebagai berikut :

      Gambar 3.2 Use Case Diagram Pembayaran SPP

      Berdasarkan gambar 3.2 Use Case Diagram pada Sistem Pembayaran SPP yang berjalan saat ini terdapat:

      1. 1 Sistem yang mencakup seluruh kegiatan Sistem pembayaran SPP pada SMA Al-Husna.
      2. 3 Actor yang melakukan kegiatan, yaitu: Siswa, Staff TU, dan Bendahara lembaga.
      3. 6 Use Case yang biasa dilakukan oleh actor-actor tersebut diantaranya : siswa biasanya mengambil folmulir, lalu isi fulmulir, mengembalikan folmulir, membayar uang spp, staff TU menulis kwitansi dan terakhir merekap ke buku besar untuk laporan pembayaran SPP.


      Analisa Sistem yang Berjalan Saat ini pada Activity Diagram

      Gambar 3.3 Activity Diagram Pembayaran SPP

      Berdasarkan gambar 3.3 Activity Diagram pada Sistem Pembayaran SPP yang berjalan saat ini terdapat:

      1. 1 Initial Node, objek yang di awali.
      2. 8 Action, state dari sistem yang mencerminkan eksekusi dari suatu aksi diantaranya: siswa biasanya mengambil folmulir, lalu isi fulmulir, mengembalikan folmulir, membayar uang spp, staff TU menulis kwitansi dan terakhir merekap ke buku besar untuk laporan pembayaran SPP.
      3. 1 Marge Node.
      4. 1 Activity Final Node : aktifitas yang diakhiri.

Contributors

Iwan Setiawan