Pembicaraan Pengguna:Lusiintannuraini

Dari widuri
Revisi per 18 Januari 2018 03.09 oleh Lusiintannuraini (bicara | kontrib) (Karakteristik Sistem)

Lompat ke: navigasi, cari

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI IURAN

SEKOLAH BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR

SWASTA (SDS) KEMURNIAN JAKARTA BARAT


SKRIPSI



Logo stmik raharja.jpg




Disusun Oleh :

NIM
: 1214471957
NAMA


JURUSAN SISTEM INFORMASI

KONSENTRASI KOMPUTER AKUNTANSI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

STMIK RAHARJA

TANGERANG

(2017/2018)



LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI IURAN

SEKOLAH BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR

SWASTA (SDS) KEMURNIAN JAKARTA BARAT


Disusun Oleh :

NIM
: 1214471957
Nama
Jenjang Studi
Jurusan
Konsentrasi

   

Disahkan Oleh :

Tangerang, Januari 2018

Ketua
       
Kepala Jurusan
       
           
           
           
           
(Ir. Untung Rahardja, M.T.I)
       
(Nur Azizah, M.Akt., M.Kom)
NIP : 00594
       
NIP : 078010



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING


PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI IURAN

SEKOLAH BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR

SWASTA (SDS) KEMURNIAN JAKARTA BARAT

Dibuat Oleh :

NIM
: 1214471957
Nama

 

Telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Tim Penguji Ujian Komprehensif

Jurusan Sistem Informasi

Konsentrasi Komputer Akuntansi

Disetujui Oleh :

Tangerang, Januari 2018

Pembimbing I
   
Pembimbing II
       
       
       
       
Sutrisno, M.Kom
   
Mulyati, SE., MM., M.Pd
NID : 10020
   
NID : 11003



SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER

(STMIK) RAHARJA

 

LEMBAR KEASLIAN SKRIPSI


PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRANSAKSI IURAN

SEKOLAH BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR

SWASTA (SDS) KEMURNIAN JAKARTA BARAT


Disusun Oleh :

NIM
: 1214471957
Nama
Jenjang Studi
Jurusan
Konsentrasi

   

Menyatakan bahwa Skripsi ini merupakan karya tulis saya sendiri dan bukan merupakan tiruan, salinan, atau duplikat dari Skripsi yang telah dipergunakan untuk mendapatkan gelar Sarjana Komputer baik di lingkungan Perguruan Tinggi Raharja, maupun di Perguruan Tinggi lain, serta belum pernah dipublikasikan.

Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab, serta bersedia menerima sanksi jika pernyataan di atas tidak benar.

Tangerang, Januari 2018

 
 
 
 
 
NIM : 1214471957

 

)*Tandatangan dibubuhi materai 6.000;



ABSTRAKSI


Sistem transaksi iuran sekolah pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat saat ini proses transaksi, penyajian informasi, dan hasil laporannya masih berjalan manual. Data-data transaksi yang disimpan dan proses transaksi masih menggunakan format manual pada buku besar begitu juga penyampaian informasi transaksi masih kurang akurat sehingga mengakibatkan banyak kerugian seperti proses transaksi iuran sekolah yang berjalan lambat, penumpukan berkas data-data transaksi, juga hasil laporan transaksinya. Hal ini menjadi dasar dalam pembuatan merancang sebuah sistem transaksi iuran sekolah yang terkomputerisasi dengan menggunakan sistem berbasis web. Data-data yang dibutuhkan untuk merancang sistem ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Setelah itu data dianalis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada sistem. UML dan prototype digunakan sebagai metode perancangan. Blackbox testing digunakan sebagai metode pengujian sistem. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat rancangan UML adalah Visual Paradigm for 6.4 Enterprise Edition, untuk sistem rancangan yang dibangun menggunakan software Adobe Dreamweaver CS6 dan XAMPP. Dari hasil penelitian ini berupa aplikasi “Sistem Transaksi Iuran Sekolah Berbasis Web” yaitu sistem transaksi yang dapat diakses melalui komputer maupun handphone dan mendapatkan informasi tentang transaksi iuran sekolah melalui web tanpa harus datang ke sekolah.

Kata kunci: Sistem Informasi, Transaksi



ABSTRACTION


Transaction system school tuition at a private elementary school Kemurnian of West Jakarta’s current transaction process, precentation of information, and the result of its report is still running manually. The transaction data stored and the transaction process still use manual format in the ledger as well as the delivery of transaction information is still less accurate resulting in many losses such as the process of school tuition transactions are running slow, accumulation of data files transactions, as well as the results of transaction reports. This is the basis for the design of a system of school fee transactions that are computerized using a web-based system. The data needed to design this system was collected by observation, interview, and literature study. After that the data is analyzed using SWOT analysis to know the strengths, weaknesses, opportunities and threats on the system. UML and prototype are used as design methods. Blackbox testing is used as a system testing method. The software used to create UML designs is Visual Paradigm for 6.4 Enterprise Edition, for design systems built using Adobe Dreamweaver CS6 and XAMPP software. From the results of this study in the form of application "Transaction System Web-Based School Fee" is a transaction system that can be accessed via computer or mobile phone and get information about school fee transactions through the web without having to come to school.

Keywords: Information System, Transaction



KATA PENGANTAR


Alhamdulillahirabbil’alamin,

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kemudahan serta melimpahkan segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga laporan Skripsi Penulis yang berjudul “Perancangan Sistem Informasi Transaksi Iuran Sekolah Berbasis Web pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat” dapat berjalan dengan baik dan selesai dengan semestinya.

Penulisan laporan Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) untuk jenjang S1 di Perguruan Tinggi Raharja. Sebagai bahan penulisan, Penulis memperoleh informasi berdasarkan hasil observasi, wawancara, survey, serta studi pustaka dari berbagai sumber yang mendukung penulisan laporan ini.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan selaksa pujian dan ucapan terimakasih kepada :

  1. Bapak Ir. Untung Rahardja, M.T.I selaku Presiden Direktur Perguruan Tinggi Raharja.
  2. Bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku Pembantu Ketua I Bidang Akademik STMIK Raharja.
  3. Ibu Nur Azizah,M.Akt.,M.Kom selaku Kepala Jurusan Sistem Informasi.
  4. Bapak Sutrisno, M.Kom selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis.
  5. Ibu Mulyati, SE.,MM.,M.Pd selaku Dosen Pembimbing II yang telah memberi banyak masukan dalam penulisan skripsi.
  6. Bapak dan Ibu Dosen Perguruan Tinggi Raharja yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.
  7. Ibu Sony Herlina dan Bapak Rony Edward selaku orang tua tercinta yang telah memberikan dukungan moril, materil, serta doa.
  8. Keluarga besar SDS Kemurnian Jakarta Barat.
  9. Fikry Hardiyansyah, suami tercinta yang selalu memberikan semangat kepada penulis.
  10. Semua rekan mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi Raharja yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan Skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa penulisan laporan Skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang.

Akhir kata, semoga laporan Skripsi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya bagi mahasiswa dalam menambah ilmu pengetahuan.

Tangerang, Januari 2018
Lusi Intan Nuraini
NIM. 1214471957

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Analisis SWOT

Tabel 3.2 Elisitasi Tahap I

Tabel 3.3 Elisitasi Tahap II

Tabel 3.4 Elisitasi Tahap III

Tabel 3.5 Elisitasi Tahap Final

Tabel 4.1 Perbedaan Prosedur yang Berjalan dan Sistem Usulan

Tabel 4.2 Tabel Siswa

Tabel 4.3 Tabel Kelas

Tabel 4.4 Tabel Jenis Pembayaran

Tabel 4.5 Tabel Detail Jenis Pembayaran

Tabel 4.6 Tabel Transaksi Pembayaran

Tabel 4.7 Pengujian Blackbox pada Login

Tabel 4.8 Tabel Pengujian Black Box pada Menu Siswa, Menu Kelas, Menu Jenis Transaksi, Menu Detail Jenis Transaksi, Menu Transaksi Pembayaran, Menu Report

Tabel 4.9 Tabel Schedulle Implementasi

Tabel 4.10 Tabel Estimasi Biaya

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Metode Prototype

Gambar 2.2 Ruang Kerja Adobe Dreamweaver

Gambar 3.1 Struktur Organisasi Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kenurnian Jakarta Barat

Gambar 3.2 Use Case Diagram Transaksi Iuran Sekolah SDS Kemurnian Jakarta Barat

Gambar 3.3 Activity Diagram Transaksi Iuran Sekolah SDS Kemurnian Jakarta Barat

Gambar 4.1 Use Case Diagram Transaksi Iuran Sekolah yang Diusulkan

Gambar 4.2 Sequence Diagram Transaksi Iuran Sekolah yang Diusulkan

Gambar 4.3 Activity Diagram Transaksi Iuran Sekolah yang Diusulkan

Gambar 4.4 Class Diagram Transaksi Iuran Sekolah yang Diusulkan

Gambar 4.5 Prototype Halaman Login

Gambar 4.6 Prototype Menu Home

Gambar 4.7 Prototype Menu Add Siswa

Gambar 4.8 Prototype Menu Data Siswa

Gambar 4.9 Prototype Menu Add Kelas

Gambar 4.10 Prototype Menu Data Kelas

Gambar 4.11 Prototype Menu Add Jenis Pembayaran

Gambar 4.12 Prototype Menu Data Jenis Pembayaran

Gambar 4.13 Prototype Menu Add Detail Jenis Pembayaran

Gambar 4.14 Prototype Menu Data Detail Jenis Pembayaran

Gambar 4.15 Prototype Menu Add Transaksi Pembayaran

Gambar 4.16 Prototype Menu Report

Gambar 4.17 Halaman Login

Gambar 4.18 Menu Home

Gambar 4.19 Menu Add Siswa

Gambar 4.20 Menu Data Siswa

Gambar 4.21 Menu Add Kelas

Gambar 4.22 Menu Data Kelas

Gambar 4.23 Menu Add Jenis Pembayaran

Gambar 4.24 Menu Data Jenis Pembayaran

Gambar 4.25 Menu Add Detail Jenis Pembayaran

Gambar 4.26 Menu Data Detail Jenis Pembayaran

Gambar 4.27 Menu Add Transaksi Pembayaran

Gambar 4.28 Menu Data Transaksi Pembayaran

Gambar 4.29 Menu Import Transaksi Pembayaran

Gambar 4.30 Menu Report

Gambar 4.31 Menu Search Siswa Pembayaran

DAFTAR SIMBOL

DAFTAR SIMBOL USE CASE DIAGRAM

Daftar Simbol Use Case Diagram.png

DAFTAR SIMBOL ACTIVITY DIAGRAM

Daftar Simbol Activity Diagram.png


DAFTAR SIMBOL SEQUENCE DIAGRAM

Daftar Simbol Sequence Diagram.png

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sistem informasi merupakan sekumpulan sistem-sistem yang saling terintegrasi satu sama lain untuk menghasilkan suatu informasi yang dapat berguna bagi pemakainya. Dengan sistem informasi, data dan informasi akan tersimpan dalam suatu database sistem sehingga data menjadi teratur serta memudahkan pemakai apabila membutuhkan data tersebut. Oleh karena itu, hampir semua kalangan instansi saat ini memanfaatkan sistem termasuk juga dalam dunia pendidikan.

Salah satu lembaga pendidikan yang membutuhkan sistem informasi untuk menjalankan aktivitas kerjanya sehingga lebih teratur dan terarah dengan waktu yang lebih efisien adalah Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat. Dalam menjalankan aktivitasnya, sekolah ini sudah menggunakan perangkat komputer, tetapi belum menyeluruh hanya memanfaatkan untuk hal-hal kecil saja seperti dalam pembuatan surat-surat dan laporan-laporan. Sementara, dalam pengolahan data transaksi iuran sekolah seperti uang pangkal, iuran bulanan, iuran kegiatan, iuran native, dan iuran mandarin, sekolah ini masih menggunakan format penulisan manual atau tulis tangan pada buku besar sehingga datanya belum tersusun secara rapi. Setelah itu, berkas disimpan di lemari penyimpanan. Hal tersebut mengakibatkan penumpukan berkas di lemari penyimpanan dan dapat mengakibatkan kerusakan berkas dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencari data.

Oleh karena itu, Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian membutuhkan suatu sistem sebagai alat bantu untuk melaporkan transaksi pembayaran iuran sekolah setiap siswa yang dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan dengan cepat dan mudah, serta dapat memudahkan pihak administrasi dalam mengolah data dengan efektif dan efisien.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis memilih judul “Perancangan Sistem Informasi Transaksi Iuran Sekolah Berbasis Web pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat”.

Pembatasan Masalah

Ruang lingkup yang akan dibahas dalam masalah ini adalah proses transaksi pembayaran iuran sekolah yang masih menggunakan sistem manual atau tulis tangan dan mengembangkan sistem tersebut ke sistem yang telah terkomputerisasi, seperti login, upload hasil report pembayaran iuran sekolah yang diperoleh dari rekening virtual account ke dalam sistem, laporan transaksi iuran sekolah, dan logout. Ruang lingkup ini dibahas agar penelitian dapat lebih mengarah dan berjalan dengan baik.

Rumusan Masalah

Berdasarkan penjelasan singkat di atas pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat, terutama dalam bagian transaksi iuran sekolah, penulis mengidentifikasi beberapa masalah yang timbul terutama dalam bagian transaksi pembayaran iuran sekolah, yaitu :

  1. Bagaimana sistem transaksi iuran sekolah yang berjalan pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat saat ini ?
  2. Bagaimana bentuk sistem informasi transaksi iuran sekolah yang dapat meningkatkan kualitas laporan transaksi iuran sekolah pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat ?
  3. Bagaimana merancang sistem informasi transaksi iuran sekolah yang dapat meningkatkan kualitas laporan transaksi iuran sekolah pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat ?

Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penulis dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Tujuan Operasional

  1. Untuk menganalisa lebih dalam tentang sistem transaksi iuran sekolah pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat yang berjalan saat ini.
  2. Untuk mengetahui penyimpanan data–data transaksi pembayaran iuran sekolah pada SDS Kemurnian Jakarta Barat tersimpan secara baik, maka digunakan sistem berbasis web.
  3. Merancang sebuah sistem pembayaran iuran sekolah pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat yang dapat memudahkan bendahara dalam melakukan proses pembayaran iuran sekolah sehingga mengurangi resiko seperti lupa mencatat siswa yang sudah membayar iuran sekolah, kehilangan data sampai keterlambatan bendahara dalam membuat laporan transaksi pembayaran iuran sekolah setiap bulan.

2. Tujuan Fungsional

Supaya sistem transaksi iuran sekolah pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat dapat digunakan secara akurat, efektif, dan efisien.

3. Tujuan Individu

  1. Meningkatkan wawasan serta pengetahuan informasi bagi penulis.
  2. Sebagai syarat kelulusan dari mata kuliah skripsi pada STMIK RAHARJA Tangerang.
  3. Sebagai syarat memperoleh gelar sarjana komputer.

Manfaat Penelitian

1. Bagi Penulis

Menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis terutama mengenai sistem transaksi iuran sekolah pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian.

2. Bagi Peneliti lain

Memberi referensi mengenai perancangan sistem transaksi pembayaran iuran sekolah berbasis web sehingga tukar–menukar informasi akan sangat membantu dan menambah pengetahuan.

3. Bagi Perusahaan

  1. Meningkatkan kepercayaan orang tua/wali murid.
  2. Mengurangi terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi iuran sekolah.
  3. Menyajikan data-data transaksi iuran sekolah yang tersusun secara akurat.

Metode Penelitian

Dalam penyusunan laporan skripsi ini, penulis mengumpulkan data dan keterangan yang diperlukan untuk penelitian dengan metode sebagai berikut:

Metode Pengumpulan Data

  1. Metode Observasi (Pengamatan), yaitu melakukan tinjauan langsung ke Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai sistem transaksi iuran sekolah.
  2. Metode Wawancara, metode ini dilakukan melalui proses tanya jawab dengan seorang narasumber di tempat atau lokasi dimana objek penelitian dilakukan. Proses tanya jawab ini dilakukan dengan kepala sekolah, bendahara, staff dan guru di Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian.
  3. Studi Pustaka, yaitu penulis melakukan studi pustaka untuk mengumpulkan data-data dan informasi dengan membaca buku-buku atau melalui media internet yang berhubungan dengan sistem yang akan diteliti dalam penelitian ini.

Metode Analisa Sistem

Pada penelitian ini, metode analisis sistem dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT dengan didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) terhadap sistem transaksi iuran sekolah pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat.

Metode Perancangan

Dalam metode perancangan sistem yang diusulkan, penulis menggunakan metode waterfall. merupakan metode yang sering digunakan oleh penganalisa sistem pada umumnya. Inti dari metode waterfall adalah pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear. Jadi jika langkah ke-1 belum dikerjakan, maka langkah ke-2 tidak dapat dikerjakan. Jika langkah ke-2 belum dikerjakan maka langkah ke-3 juga tidak dapat dikerjakan, begitu seterusnya. Secara otomatis langkah ke-3 akan bisa dilakukan jika langkah ke-1 dan ke-2 sudah dilakukan.

Tahap dalam menentukan proses data yang diperlukan oleh sistem baru dengan tujuan memenuhi kebutuhan user dengan alat bantu Unified Modeling Language (UML) dengan software Visual Paradigm for 6.4 Enterprise Edition yaitu Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, dan Activity Diagram. Proses ini akan menerjemahkan syarat kebutuhan ke sebuah perancangan perangkat lunak yang dapat diperkirakan sebelum membuat coding. Proses ini berfokus pada struktur data menggunakan MySQL, arsitektur, presentasi interface dengan menggunakan Dreamweaver CS6, dan detail (algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirement. Dokumen inilah yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas pembuatan sistem, konfigurasi sistem dan menyiapkan usulan implementasi.

Metode Pengujian

Metode pengujian yang diajukan menggunakan Blackbox Testing yaitu metode uji coba yang memfokuskan pada keperluan software. Metode pengujian Blackbox Testing berusaha untuk menemukan kesalahan dalam beberapa kategori, diantaranya fungsi-fungsi yang salah atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal dan kesalahan performa. Oleh karena itu, penulis menggunakan pengujian Blackbox Testing sehingga dapat diketahui apakah sistem sesuai dengan apa yang diharapkan oleh stakeholder. Tahap implementasi adalah tahap dimana rancangan sistem yang dibentuk menjadi suatu kode (program) yang siap untuk dioperasikan, audit sistem, penjagaan, perbaikan dan pengembangan sistem.

Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah pembaca dalam membaca dan mengikuti aturan penulisan yang ada, penulis mengelompokkan laporan skripsi berjudul “Perancangan Sistem Informasi Transaksi Iuran Sekolah Berbasis Web pada Sekolah Dasar Swasta (SDS) Kemurnian Jakarta Barat” ini menjadi beberapa bab yang secara tingkat dapat dijelaskan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini berisikan teori yang berupa pengertian dan definisi yang diambil dari kutipan buku yang berkaitan dengan penyusunan laporan skripsi serta beberapa literature review yang berhubungan dengan penelitian.

BAB III PEMBAHASAN DAN ANALISIS SISTEM YANGBERJALAN

Bab ini berisikan gambaran dan sejarah singkat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang, struktur organisasi, permasalahan yang dihadapi, alternatif pemecahan masalah, analisa proses SWOT, UML (Unified Modeling Language) sistem yang berjalan, serta alternatif pemecahan masalah.

BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN

Dalam bab ini penulis menguraikan sistem yang akan diusulkan seperti, usulan prosedur yang baru, diagram rancangan sistem, rancangan basis data yang terdiri dari normalisasi dan spesifikasi dasis data sistem yang diusulkan, rancangan prototype, konfigurasi sistem, testing evaluasi schedule, implementasi dan estimasi biaya.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisikan simpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Umum

Konsep Dasar Perancangan

Definisi Perancangan

Perancangan adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk mendesign sistem baru yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan yang diperoleh dari pemilihan alternatif sistem yang terbaik, Al-Bahra Bin Ladjamudin, (2005:39)[1]

Sedangkan Krismiadi dalam bukunya yang berjudul sistem informasi akuntansi (2005:144)[2], menyebutkan bahwa : “Perancangan adalah terdiri dari perancangan logis yaitu melengkapi eksternal level schema dan menterjemahkan persyaratan data para pemakai dan program aplikasi kedalam conceptual level schema, sedangkan perancangan fisik adalah penyimpanan hasil rancangan konsep kedalam struktur penyimpanan fisik”.

Berdasarkan definisi di atas, penulis menyimpulkan bahwa perancangan merupakan suatu pola yang dibuat untuk mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan atau organisasi setelah melakukan analisis.

Konsep Dasar Sistem

Definisi Sistem

Menurut Sutabri (2012:16)[3], suatu sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Hartono, Dewi dan Yunita (2007:68)[4], mendefinisikan bahwa ada dua pendekatan dalam pendefinisian sistem. Pertama pendekatan sistem yang menekankan pada prosedur, sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu. Pendekatan yang kedua, sistem merupakan jaringan kerja dari prosedur lebih menenkankan urutan-urutan operasi didalam sistem.

Sedangkan Fredrick mengatakan bahwa “Suatu sistem beroperasi dan berinteraksi dengan lingkungannya untuk mencapai sasaran tertentu, suatu sistem menunjukan tingkah lakunya melalui interaksi diantara komponen-komponen dalam sistem dan diantara lingkungannya” (Maimunah, et all, 2007: 56)[5].

Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan suatu sistem pada dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu dengan yang lain yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Karakteristik Sistem

Menurut Sutabri (2012:20)[6], model umum sebuah sistem adalah input, process, dan output. Hal ini merupakan konsep sebuah sistem yang sangat sederhana sebab sebuah sistem dapat mempunyai beberapa masukan dan keluaran. Adapun karakteristik sistem yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Komponen Sistem (Components)

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem, setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan, suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar atau sering disebut “supra sistem”.

2. Batasan Sistem (Boundary)

Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membatasi antar sistem dengan sistem yang lain atau sistem dengan lingkungan luarnya, batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

3. Lingkungan Luar Sistem (Environtment)

Bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut disebut lingkungan luar sistem, lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Dengan demikian, lingkungan luar tersebut harus tetap dijaga dan dipelihara, lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan, jika tidak akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.

4. Penghubung Sistem (Interface)

Media yang menghubungkan sistem dengan subsistem lain disebut penghubung sistem atau interface, penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem lain melalui penghubung tersebut, dengan demikian dapat terjadi suatu integrasi sistem yang membentuk suatu kesatuan.

5. Masukan Sistem (Input)

Energi yang dimasukan ke dalam sistem disebut masukkan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (Signal Input). Contoh, di dalam suatu unit sistem komputer “program” adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan “data” adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.

6. Keluaran Sistem (Output)

Hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna, keluaran ini merupakan masukan bagi subsistem yang lain seperti sistem informasi. Keluaran yang dihasilkan adalah informasi, informasi ini dapat digunakan sebagai masukkan untuk pengambilan keputusan atau hal-hal yang menjadi input bagi subsistem lain.

7. Pengolahan Sistem (Proses)

Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran, contohnya adalah sistem akuntansi. Sistem ini akan mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pihak manajemen.

8. Sasaran Sistem (Objective)

Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic, jika suatu sistem tidak memiliki sasaran maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

Klasifikasi Sistem

Daftar Pustaka

  1. Bin Ladjamudin, Al Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Tangerang: Graha Ilmu.
  2. Krismiadi, 2005. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Akademi Manajemen. Perusahaan YKPN.
  3. Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
  4. Hartono, Dewi, Yunita. 2007. “Dua Pendekatan dalam Pendefinisian Sistem”.Journal CCIT Vol.1.No.8 September 2007. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
  5. Fredrick, Maimunah. 2007. “Definisi Sistem”.Journal CCIT Vol.1.No1 September 2007. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja
  6. Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.